Hasil Belajar Siswa

Top PDF Hasil Belajar Siswa:

this PDF file PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARIHARI | Zakiyah | Lantanida Journal 1 SM

this PDF file PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARIHARI | Zakiyah | Lantanida Journal 1 SM

Model pembelajaran yang digunakan guru seharusnya dapat membantu proses analisis peserta didik. Salah satu model tersebut adalah model PBL (Problem Based Learning). Diharapkan model PBL lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Keefektifan model ini adalah peserta didik lebih aktif dalam berpikir terhadap permasalahan yang nyata di sekitarnya sehingga siswa mendapatkan kesan yang mendalam dan lebih bermakna tentang apa yang dipelajari.

13 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO. 104214 DELITUA TAHUN AJARAN 2012 / 2013.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO. 104214 DELITUA TAHUN AJARAN 2012 / 2013.

Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari 42 orang siswa, ketuntasan yang diperoleh siswa pada tes awal (pre tes) yaitu terdiri dari 4 orang siswa yang tuntas dengan persentase 9,5%, dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 38 orang siswa dengan persentase 90,5%, dengan nilai rata – rata ketuntasan 42,9. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari tes awal (pre tes), peneliti melaksanaan tindakan Siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh pada saat tes awal. Dari pembelajaran yang diberikan guru pada Siklus I diperoleh nilai ketuntasan 62,3 dengan perolehan jumlah siswa yang tuntas yaitu 20 orang siswa dengan persentase 47,6%. Dari perolehan hasil belajar siswa pada Siklus I ini siswa belum dikatakan tuntas walaupun hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan, sehingga perlu dilakukan lagi proses belajar mengajar pada Siklus II dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) agar dapat memperbaiki hasil belajar siswa yang diperoleh pada Siklus I dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari proses belajar mengajar pada siklus II ini diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat dari sebelumnya, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 37 orang siswa dengan persentase 88,1%, dan siswa yang tidak tuntas yaitu sebanyak 5 orang siswa dengan persentase 11,9% dengan nilai rata – rata ketuntasan 80.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN

Abstrak. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di SDN karyawangi 2 selama ini masih rendah. Model pembelajaran yang digunakan selama ini masih menggunakan model konvensional dan hanya guru sebagai pusat pembelajaran. Tujuan dari penelitian perbaikan pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi menjaga keutuhan negara Indonesia dengan menggunakan model make a match. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus perbaikan pada menjaga keutuhan, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 30 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan sebagai metode pokok adalah tes tertulis. Hasil belajar dapat menunjukkan bahwa pembelajaran menjaga keutuhan negara Indonesia mengalami peningkatan. Metode penelitian ini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Dari hasil dapat disimpulkan bila penggunaan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menjaga keutuhan negara indonesia pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas 5 SDN Karyawangi 2.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ... 1 SM

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ... 1 SM

Adapun alasan peneliti memilih metode diskusi, karena bermanfaat metode ini dapat memunculkan keberanian dan kepercayaan diri sehingga termotivasi untuk melakukan aktifitas untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar. Dari uraian di atas peneliti mengangkat menjadi penelitian dengan judul “ Penerapan Metode Diskusi dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 002 Muara Lembu Kecamatan Singingi”.

6 Baca lebih lajut

HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 101896 KIRI HULU I KEC. TG. MORAWA T.A. 2013/2014.

HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 101896 KIRI HULU I KEC. TG. MORAWA T.A. 2013/2014.

Namun kenyataan yang kita hadapi saat ini, banyak ditemukan hasil belajar siswa disekolah dasar yang belum memuaskan para hati orang tua siswa. Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari kemampuan diri dan lingkungan. Selama ini mungkin kita hanya terfokus pada kemampuan diri siswa dan tidak melihat faktor dari luar siswa yaitu lingkungan. Penyebab hasil belajar siswa menurun yang berasal dari lingkungan adalah kondisi teman bergaul dilingkungan rumah dan sekolah yang buruk. Fenomena tersebut dapat terlihat dari aktivitas siswa setelah pulang sekolah, masih saja ada teman – teman yang mengajak berbuat sia – sia seperti bermain game, dan tidak bolos dari les tambahan.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE ... 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE ... 1 PB

71 bahwa: Metode demonstrasi adalah cara menyajikan pelajaran atau pun bahan dengan meragakan atau mempertunjukan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik sebenarnya maupun tiruan, yang juga tidak luput disertai dengan penjelasan lisan atau dengan kata lain metode ceramah sehingga dapat memperkuat hasil belajar siswa pada materi. Sedangkan menurut Sumantri (1999:154) mengemukakan bahwa metode demonstrasi adalah sebagai cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada peserta didik sesuatu proses, sesuatu benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk yang sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukan oleh guru atau sumber belajar yang memahami atau ahli dalam topik bahasan yang harus didemonstrasi.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI

Berdasarkan hasil tes pada siklus III maka diperoleh hasil rata rata nilai dari siklus III adalah 79.2 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 70. Hasil ini menunjukan bahwasanya setelah dilakukan tindakan III adanya perubahan pada hasil belajar siswa. Beberapa siswa yang pada siklus 1 dan II yang nilainya masih dibawah atau sama dengan nilai kriteria ketuntasan minimal, pada siklus III peserta didik tersebut mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Proklamasi Kemerdekaan ini yaitu 70.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Jurnal Ilmiah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP IPA Biologi |  Makalah Dan Jurnal Gratis Jurnal Ilmiah(3)

Jurnal Ilmiah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP IPA Biologi | Makalah Dan Jurnal Gratis Jurnal Ilmiah(3)

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 pada mata pelajaran IPA Biologi dengan Materi Ajar Sistem Pencernaan dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS di SMP Negeri 4 Parepare tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian dengan pendekatan sistem siklik yang meliputi 4 tahapan tindakan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3 pengamatan, dan (4) refleksi. Pelaksanaan penelitian pada semester ganjil mulai Agustus sampai dengan Oktober 2009 selama 2 (dua) siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi ajar Sistem Pencernaan dan memperoleh pengalaman belajar dari kegiatan praktikum sehingga nilai rata-rata kelas pada siklus I dari 66,56 menjadi 72,50 pada siklus II demikian juga kenaikan prosentase ketuntasan kelas pada siklus I dari 56,25 % menjadi 75,00 % pada siklus II.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ...  JURNAL UNTAN 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ... JURNAL UNTAN 1 PB

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan pembelajaran dengan metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Dari hasil pengamatan menperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang pada siklus I hanya rata-rata 4,72 , menjadi 6,45 pada siklus ke II . Kemampuan dalam diskusi kelompok juga mengalami kemajuan yang sangat berarti, hal ini dapat dilihat dari sudah mulai terbiasa dengan belajar dalam kelompok, dengan hasil belajar yang dapat mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah. Hasil belajar siswa dalam kelompok mencapai kesempurnaan setelah siklus II, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa mencapai 1,73 %. Melalui metode Discovery siswa membangun sendiri pengetahuan, menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa baik secara individu maupun kelompok. Dengan pembelajaran Discovery pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga nilai siswa dapat mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah .
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ...  JURNAL UNTAN 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ... JURNAL UNTAN 1 PB

Abstrak: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Cuaca Melalui Metode Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Bruder Melati Pontianak. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi cuaca dengan menerapkan metode discovery. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi cuaca dengan menggunakan metode pembelajaran discovery. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan nilai dari siklus -1 dengan rata-rata 6,0 dan pada pelaksanaan tindakan siklus -2 meningkat menjadi 8,17. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ...  JURNAL UNTAN 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ... JURNAL UNTAN 1 PB

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengapresiasi karya seni tari melalui metode Jigsaw di kelas XC SMA Negeri 10 Pontianak. Adapun penelitian ini menggunakan teori pembelajaran, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, dan metode Jigsaw. Kemudian dalam penelitian ini juga dikaji tentang mata pelajaran SBK dan Tari Serampang Dua Belas. Metodologi penelitian yang dipergunakan adalah penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa pertama, metode Jigsaw merupakan penerapan pembelajaran dengan mengembangkan kerja sama antar siswa kelas X C SMA Negeri 10 Pontianak dengan membentuk kelompok ahli; dan kedua, penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X C SMA Negeri 10 Pontianak khususnya pada materi mengapresiasi seni tari.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 12 SIAK Disusun oleh Nur’aini Sofyan Suri Marwoto Saiman Email: aini_history08yahoo.com 085274833588 AB

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 12 SIAK Disusun oleh Nur’aini Sofyan Suri Marwoto Saiman Email: aini_history08yahoo.com 085274833588 AB

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMP Negeri 12 Siak oleh peneliti dapat ditemukan permasalahan tentang masih rendahnya hasil belajar untuk mata pelajaran IPS. Penyebabnya adalah karena kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, seperti tidak mau bertanya bila kurang jelas dan kurang memperhatikan disaat guru menjelaskan pelajaran. Kemudian metode yang digunakan guru hanya ceramah yang membuat siswa mudah bosan dan kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Selain itu juga, pendidikan orang tua yang tergolong masih rendah membuat mereka kurang mengontrol kegiatan belajar anak di rumah, mereka menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah. Hal ini berdampak buruk dengan hasil belajar siswa.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Perbandingan Hasil Belajar Siswa Berdasa

Perbandingan Hasil Belajar Siswa Berdasa

yang terdiri dari 30 orang siswa perempuan dan 30 orang siswa laki-laki, yang diambil menggunakan teknik random sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa perempuan dengan siswa laki-laki pada mata pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri Model Jambi. Hasil peneletian ini menyarankan guru lebih memperhatikan perbedaan-perbedaan yang terdapat pada siswanya.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui

Selain faktor bawaan dan lingkungan, guru berperan penting dalam hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru harus mempunyai keterampilan-keterampilan yang dapat mendukung kinerja mereka pada saat di kelas. Banyak siswa yang gagal dalam menguasai materi atau mencapai tuuan pembelajaran karena guru yang kurang baik dalam mengajar. Untuk itu perlu adanya penilaian terhadap kinerja guru oleh siswa.

5 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA.

HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA.

Observasi merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan secara sistematis dan disengaja melalui pengamatan dan pencatatan terhadap gejala yang diselidiki. Peneliti melakukan observasi pasif karena peneliti tidak ikut serta dalam aktivitas pembelajaran baik dalam memilih dan mengembangkan bahan kajian, menyusun dan merencanakan proses belajar mengajar. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas sehari-hari semua yang terlibat dalam populasi penelitian. Kegiatan observasi akan difokuskan pada pengamatan Minat, Cara Belajar, dan Hasil Belajar Siswa. Kegiatan ini dilakukan dalam selang waktu dari bulan April sampai Juli 2009 sehingga diperoleh data yang meyakinkan. 2. Kuesioner
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran/pelatihan. (Haryanto, 2012:online)

23 Baca lebih lajut

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI

Manfaat penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar sangat penting. Kehadiran media sangat membantu peserta didik dalam memahami konsep tertentu, yang tidak atau kurang mampu dijelaskan dengan bahasa. Ketidakmampuan guru menjelaskan suatu bahan itulah dapat diwakili oleh peranan media . tidak hanya pada mata pelajaran umum yang diajarkan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pada mata pelajaran agama Islam pun dianjurkan untuk menerapkan penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Khususnya penggunaan media audio visual, karena media ini dianggap memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding dengan media audio ataupun media visual.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

perbandingan hasil belajar siswa dengan

perbandingan hasil belajar siswa dengan

2 015/2016 Oleh : Ruth Hariati Nababan NIM 4123141085 Program Studi Pendidikan Biologi SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS MATEMATIK[r]

1 Baca lebih lajut

meningkatkan hasil belajar siswa

meningkatkan hasil belajar siswa

Selanjutnya menurut Tyson dan Carrol yang dikutip dalam Elibrahim dan Solihin (2011:64) mereka menyatakan bahwa mengajar adalah sebuah cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yang sama-sama aktif melakukan kegiatan. Adapun konsep baru tentang mengajar adalah membina siswa bagaimana belajar, bagaimana berfikir dan bagaimana menyelidiki. Oleh karena itu dengan model Group Investigation variasi dengan model Direct Instruction, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dan berfikir melalui menyelidiki, belajar melalui benda konkret pada saat guru melakukan Direct Instruction sehingga pembelajaran tidak hanya bersifat satu arah dan tidak bersifat abstrak, namun adanya contoh dari guru, adanya penjelasan serta adanya kesempatan untuk siswa bekerjasama dalam kelompok dalam menyelidiki dan memecahkan suatu masalah.Aktivitas siswa pada saat pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 secara klasikal mendapat skor 67,14% dengan kriteria cukup aktif, siklus I pertemuan 2 mendapat 81,89% dengan kriteria Cukup Aktif Siklus II pertemuan 1secara klasikal meningkat menjadi 94,87% dengan kriteria Aktif.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...