Hasil Belajar Siswa

Top PDF Hasil Belajar Siswa:

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ...  JURNAL UNTAN 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ... JURNAL UNTAN 1 PB

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan pembelajaran dengan metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Dari hasil pengamatan menperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang pada siklus I hanya rata-rata 4,72 , menjadi 6,45 pada siklus ke II . Kemampuan dalam diskusi kelompok juga mengalami kemajuan yang sangat berarti, hal ini dapat dilihat dari sudah mulai terbiasa dengan belajar dalam kelompok, dengan hasil belajar yang dapat mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah. Hasil belajar siswa dalam kelompok mencapai kesempurnaan setelah siklus II, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa mencapai 1,73 %. Melalui metode Discovery siswa membangun sendiri pengetahuan, menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa baik secara individu maupun kelompok. Dengan pembelajaran Discovery pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga nilai siswa dapat mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah .
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN

Abstrak. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di SDN karyawangi 2 selama ini masih rendah. Model pembelajaran yang digunakan selama ini masih menggunakan model konvensional dan hanya guru sebagai pusat pembelajaran. Tujuan dari penelitian perbaikan pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi menjaga keutuhan negara Indonesia dengan menggunakan model make a match. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus perbaikan pada menjaga keutuhan, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 30 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan sebagai metode pokok adalah tes tertulis. Hasil belajar dapat menunjukkan bahwa pembelajaran menjaga keutuhan negara Indonesia mengalami peningkatan. Metode penelitian ini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Dari hasil dapat disimpulkan bila penggunaan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menjaga keutuhan negara indonesia pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas 5 SDN Karyawangi 2.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ...  JURNAL UNTAN 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ... JURNAL UNTAN 1 PB

2. Hasil belajar siswa kelas X C SMA Negeri 10 Pontianak adalah kemampuan siswa kelas X C pada kompetensi dasar mengapresiasi karya seni tari setelah mengikuti pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dengan metode Jigsaw. Adapun hasil belajar tersebut yakni peningkatan rata-rata nilai siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 13,89 atau 24,33%, sementara dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,16 atau 19,95%. Jadi, antara sebelum dilakukan tindakan (pra siklus) dan setelah dilakukannya tindakan kedua (siklus II), rata-rata siswa mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 28,03 atau 49,14%. Peningkatan hasil belajar siswa kelas X C SMA Negeri 10 Pontianak juga dapat diketahui dari jumlah siswa yang berhasil tuntas dalam pembelajaran SBK dengan metode Jigsaw. Pada saat prasiklus jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 32 orang, ketika dilaksanakan tindakan metode Jigsaw pertama (siklus I) siswa yang tidak tuntas menjadi 5 orang yakni berkurang sebanyak 31 orang, dan ketika dilaksanakan tindakan metode Jigsaw kedua (siklus II) seluruh siswa berhasil tuntas dari KKM yang ditetapkan. Semakin berkurangnya siswa yang tidak tuntas tersebut menunjukkan keberhasilan dalam menerapkan metode Jigsaw pada pembelajaran SBK. Berdasarkan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengapresiasi seni tari dalam pembelajaran seni tari di kelas X C SMA Negeri 10 Pontianak.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE ... 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE ... 1 PB

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Inpres Tunggaling? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN Inpres Tunggaling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek siswa Kelas III SDN Inpres Tunggaling sebanyak 9 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu: (1) rencana tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Pada tes kemampuan awal yang dilakukan yaitu hanya 3 dari 9 siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas, dengan nilai rata-rata kelas 5,66. Peningkatan motivasi belajar dan peningkatan hasil belajar siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata 6,77 dengan ketuntasan klasikal 66,66%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 8,11 dengan ketuntasan klasikal 88,88%. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran berada pada kriteria baik (A). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Inpres Tunggaling.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Jurnal Ilmiah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP IPA Biologi |  Makalah Dan Jurnal Gratis Jurnal Ilmiah(3)

Jurnal Ilmiah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP IPA Biologi | Makalah Dan Jurnal Gratis Jurnal Ilmiah(3)

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 pada mata pelajaran IPA Biologi dengan Materi Ajar Sistem Pencernaan dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS di SMP Negeri 4 Parepare tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian dengan pendekatan sistem siklik yang meliputi 4 tahapan tindakan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3 pengamatan, dan (4) refleksi. Pelaksanaan penelitian pada semester ganjil mulai Agustus sampai dengan Oktober 2009 selama 2 (dua) siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi ajar Sistem Pencernaan dan memperoleh pengalaman belajar dari kegiatan praktikum sehingga nilai rata-rata kelas pada siklus I dari 66,56 menjadi 72,50 pada siklus II demikian juga kenaikan prosentase ketuntasan kelas pada siklus I dari 56,25 % menjadi 75,00 % pada siklus II.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

meningkatkan hasil belajar siswa

meningkatkan hasil belajar siswa

Menurut Elibrahim dan Solihin (2011:37) Guru sebagai seorang pendidik juga Pembina sikap mental yang menyangkut aspek-aspek manusiawi dengan karakteristik yang beragam antara satu siswa dengan siswa yang lain. Oleh karena itu pemilihan model Group Investigation variasi dengan model Direct Instruction adalah untuk memenuhi karakteristik siswa yang beragam. Bukanlah seorang siswa yang menyesuaikan diri dengan pembelajaran yang diberikan, akan tetapi gurulah yang mengkondisikan pembelajaran dan memilih alternatif-alternatif atau cara yang baik untuk membelajarkan siswa. Selain itu model Direct Instruction juga dapat diterapkan pada siswa dalam kondisi apapun karena model ini dapat membantu guru untuk memberikan pijakan atau langkah secara objektif atau secara nyata sesuai Jurnal Internasional yang di tulis oleh Penelope L. Peterson pada tahun 1979 yang berjudul Direct Instruction: Effective For What And For Whom ?.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

this PDF file PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARIHARI | Zakiyah | Lantanida Journal 1 SM

this PDF file PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARIHARI | Zakiyah | Lantanida Journal 1 SM

yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Secara umum siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan rata-rata pretest 56,72 meningkat menjadi nilai rata-rata posttest yaitu 129,54. Peningkatan nilai rata-rata pemahaman konsep pada materi bahan kimia yaitu sebesar 72,82 (dari 56,72 menjadi 129,54). Berdasarkan data tersebut maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari secara umum ketuntasan siswa diperoleh melebihi dari kriteria yang telah ditetapkan di SMPN 1 Sukamakmur tahun ajaran 2014/2015 yaitu ≥ 70%. Data hasil belajar siswa yang berupa pretest dan postest ini menghasilkan data yang normal, hasil perhitungan dengan menggunakan spss 20, didapat hasil pretest yaitu 0,808 yang berarti normal (diterima) karena jika H 0 > 0,05 (diterima)
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI

bekerjasama hingga berhasil, dan permainan merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi peserta didik. Menurut J. Piaget yang dikutip oleh Hendy (2010:34) bahwa dalam aplikasi praktisnya sangat mementingkan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses belajar, sehingga hanya dengan mengaktifkan peserta didik maka proses asimilasi /akomodasi pengetahuan dan pengalaman dapat terjadi dengan baik. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat membangkitkan perhatian peserta didik hingga terjadilah komunikasi timbal balik, sehingga metode kooperatif dengan teknik bermain peran ini cocok dilaksanakan pada suatu pembelajaran di madrasah.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ... 1 SM

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ... 1 SM

Adapun alasan peneliti memilih metode diskusi, karena bermanfaat metode ini dapat memunculkan keberanian dan kepercayaan diri sehingga termotivasi untuk melakukan aktifitas untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar. Dari uraian di atas peneliti mengangkat menjadi penelitian dengan judul “ Penerapan Metode Diskusi dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 002 Muara Lembu Kecamatan Singingi”.

6 Baca lebih lajut

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran/pelatihan. (Haryanto, 2012:online)

23 Baca lebih lajut

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI

Belajar dengan menggunakan indera ganda, pandang dan dengar berdasarkan konsep yang mengatakan bahwa ada dua sistem ingatan manusia, satu untuk mengolah symbol-simbol verbal kemudian menyimpannya dalam proposisi image, dan yang lainnya untuk mengolah image nonverbal yang kemudian disimpan dalam bentuk proposisi verbal. Akan memberikan keuntungan bagi peserta didik. Peserta didik akan belajar lebih banyak dari pada jika materi pelajaran disajikan hanya dengan stimulus pandang atau hanya dengan stimulus dengar.” 6
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui

Diskusi kelompok merupakan strategi yang memungkinkan siswa menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui satu proses yang memberi kesempatan untuk berpikir, berinteraksi sosial, serta berlatih bersikap positif. Dengan demikian diskusi kelompok dapat meningkatkan kreativitas siswa, serta membina kemampuan berkomunikasi termasuk di dalamnya ketrampilan berbahasa.

5 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ...  JURNAL UNTAN 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ... JURNAL UNTAN 1 PB

Abstrak: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Cuaca Melalui Metode Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Bruder Melati Pontianak. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi cuaca dengan menerapkan metode discovery. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi cuaca dengan menggunakan metode pembelajaran discovery. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan nilai dari siklus -1 dengan rata-rata 6,0 dan pada pelaksanaan tindakan siklus -2 meningkat menjadi 8,17. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 101896 KIRI HULU I KEC. TG. MORAWA T.A. 2013/2014.

HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 101896 KIRI HULU I KEC. TG. MORAWA T.A. 2013/2014.

Penelitian ini bersifat penelitian empiris dan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Melalui korelasional akan dicari hubungan antara dua variabel yaitu bimbingan belajar dengan hasil belajar, meskipun ada juga yang bersifat kualitatif sebagai data pendukungnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I – VI SD Negeri 101896 Kiri Hulu I Tg. Morawa yang mengikuti Bimbingan Belajar yang berjumlah 110 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Cluster Sampling (sampel gugus sederhana) dengan mengambil 50% dari jumlah populasi, maka didapat sampel berjumlah 55 orang siswa.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Lingkungan sekolah merupakan segala sesuatu yang ada diluar individu, yang berkaitan secara langsung dalam kegiatan pembalajaran.Hal itu meliputi seluruh elemen dalam sekolah tersebut, yang diciptakan guna mencapai tujuan yang diharapkan.Lingkungan sekolah yang nyaman, secara tidak langsung memberikan pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.Oleh karena itu, penyelenggara sekolah dan guru tidak bisa mengabaikan begitu saja terhadap lingkungan sekolah.Selain itu terlihat jelas bahwa lingkungan adalah suatu keadaan yang dapat memberikan pengaruh yang besar kepada individu baik pengaruh positif maupun negatif.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Hasil Belajar | Karya Tulis Ilmiah Hasil Belajar

Hasil Belajar | Karya Tulis Ilmiah Hasil Belajar

Ketiga ranah tersebut menjadi obyek penilaian hasil belajar. Di antara ketiga ranah itu, ranah kognitiflah yang paling banyak dinilai oleh para guru karena berkaitan dengan kemampuan para siswa dalam menguasai isi bahan pelajaran. Hasil belajar dapat dilihat dari hasil nilai ulangan harian (formatif), nilai ulangan tengah semester (subsumatif), dan nilai ulangan semester (sumatif). Dalam penelitian tindakan kelas ini, yang dimaksud hasil belajar siswa adalah hasil nilai harian yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran TIK. Ulangan harian dilakukan setiap selesai proses pembelajaran dalam satuan bahasan atau kompetensi tertentu. Ulangan harian ini terdiri dari seperangkat soal yang harus dijawab para peserta didik, dan tugas-tugas terstruktur yang berkaitan dengan konsep yang sedang dibahas. Ulangan harian minimal dilakukan tiga kali dalam setiap semester. Tujuan ulangan harian untuk memperbaiki modul dan program pembelajaran serta sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan nilai bagi para peserta didik.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENDAHULUAN   Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Gatak Tahun 2012/2013.

PENDAHULUAN Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Gatak Tahun 2012/2013.

Pengembangan model pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar siswa yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan kualitas pendidikan. Hasil belajar adalah perolehan nilai dari kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa meliputi tiga aspek yaitu aspek kognitif (berfikir), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (karakteristik). Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Dalam melakukan proses mengajar, guru harus dapat melihat kondisi siswa baik psikis maupun sosiologis karena hal tersebut akan berpengaruh saat KBM berlangsung. Hasil belajar siswa merupakan akibat yang dari kegiatan belajar yang dilakukannya, Hasil belajar siswa dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, kemampuan siswa menerangkan materi kepada siswa lain, kemampuan siswa mendapatkan nilai ≥ rata -rata kelas dan kemampuan siswa mendapatkan nilai ≥ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA

Proses pembelajaran merupakan penentu kualitas hasil belajar siswa. Salah satu persoalan yang sering terjadi dalam proses tersebut adalah cara mengajar guru. Khususnya dalam bidang matematika, cara mengajar yang diterapkan guru matematika saat ini cenderung kurang kreatif, variatif, dan korektif dan terjebak dalam proses pembelajaran yang kaku, dan membuat peserta didik pasif dan membosankan. Banyak hasil di bidang matematika yang cenderung lemah dan masih memprihatinkan. Dalam hal ini bahwa proses pembelajaran matematika perlu diperbaiki guna meningkatkan hasil belajar siswa. Karena itulah penelitian ini mencoba menguji secara komparatif hasil belajar siswa bidang matematika pada pokok bahasan kubus dan balok dengan dua metode yang lebih kreatif dan dinamis, yakni metode Reciprocal Teaching (RT) dan metode Auditory Intellectualy Repetition (AIR).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester II SD Negeri Munding Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 20

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester II SD Negeri Munding Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 20

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. BSNP (2007: 13)
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGARUH GAYA DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MARKETING KELAS X PEMASARAN SMK IMMANUEL

PENGARUH GAYA DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MARKETING KELAS X PEMASARAN SMK IMMANUEL

Keberhasilan siswa dapat diketahui dari kemampuan siswa di dalam penguasaan materi pelajaran yang dipelajarinya Hal ini juga dapat dilihat dari nilai ulangan pertengahan smester Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 70 untuk pelajaran Marketing di SMK Kristen IMMANUEL II Sungai Raya yang telah ditetapkan oleh sekolah tersebut. Dapat dilihat masih banyak siswa yang belum mecapai nilai tuntas, hal ini berarti masih banyak siswa yang belum memahami materi yang telah dipelajarinya Adapun penelitian yang relevan dalam penelitian ini yang dilakukan oleh khairat pada tahun 2016 yang berjudul “Pengaruh Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Man 2 Pontianak ” .Terdapat pengaruh positif antara sikap belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN 2 Pontianak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap belajar dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 2 Pontianak. Ditunjukkan dengan formulasi Y = 108,626 – 0,494X1 – 0,364 X2, sedangkan F tabel 2.002, dari hasil tersebut dibandingkan antara f hitung dan f tabel. Dihasilkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 2,192 > 2,002. Oleh karena itu f hitung > f tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh positif sikap belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN 2 Pontianak. Dari paparan di atas maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang “ Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Pemasaran SMK Kristen IMMANUEL II Sungai Raya. ”
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...