Ikatan Dokter

Top PDF Ikatan Dokter:

IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA 2009 PEDOMA

IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA 2009 PEDOMA

Setelah melalui perjalanan panjang, Pedoman Pelayanan Medis (PPM) buku pertama terbit juga. Kata PPM, menggantikan standar pelayanan medis (SPM) yang telah terbit sebelumnya, disepakati pada rapat kerja IDAI 29 November - 1 Desember 2008,di Palembang. Pada hakikatnya pedoman merupakan suatu panduan umum yang dapat disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia pada tempat pelayanan kesehatan.Buku pertama ini terdiri dari PPM hasil karya 14 Unit Kerja Koordinasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (UKK-IDAI) secara original. Proses penyusunan dimulai dengan usulan topik yang dianggap penting oleh masing-masing UKK, kemudian dilakukan pemilihan berdasar prioritas. Topik-topik yang telah disepakati diinformasikan kepada UKK untuk segera disusun sesuai format yang disepakati dan dikembalikan ke editor. Pada mulanya bidang ilmiah IDAI mengharapkan penyusunan PPM disesuaikan dengan berbagai tingkat pelayanan, namun pada akhirnya disepakati penyusunan dilakukan secara umum dengan tingkat pelayanan yang paling mungkin dilakukan dipusat pelayanan kesehatan anak pada umumnya.
Baca lebih lanjut

344 Baca lebih lajut

IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA 2016 Buku S

IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA 2016 Buku S

Buku dosis obat pediatrik dibuat berdasarkan formularium pediatri PP IDAI dan asupan seluruh Unit Kelompok Kerja Ikatan Dokter Anak Indonesia terkait, dari obat-obat yang sering digunakan oleh dokter anak di Indonesia. Tentunya buku dosis obat ini dibuat sebagai panduan, yang harus dievaluasi dan direvisi secara berkala, sesuai perkembangan DOEN, FORNAS, dan panduan pelayanan medik di Indonesia.

92 Baca lebih lajut

ANGGARAN DASAR IKATAN DOKTER INDONESIA MUKADIMAH

ANGGARAN DASAR IKATAN DOKTER INDONESIA MUKADIMAH

profesionalisme dengan berpegang teguh pada sumpah dokter dan kode etik kedokteran Indonesia, menuju kehidupan masyarakat yang sehat dan sejahtera, sebagaimana diamanatkan dalam UUD 45 pasal 28H ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan Iingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

38 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang - Tanggung Jawab Dokter Akibat Terjadinya Kesalahan Medis Dari Sudut Hukum Perdata (Studi Pada Ikatan Dokter Indonesia Cabang Asahan)

BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang - Tanggung Jawab Dokter Akibat Terjadinya Kesalahan Medis Dari Sudut Hukum Perdata (Studi Pada Ikatan Dokter Indonesia Cabang Asahan)

mengikatkan diri tersebut. Dengan sifat sukarela maka perjanjian harus lahir dari kehendak dan harus dilaksanakan sesuai dengan maksud dari pihak yang membuat perjanjian. Pernyataan “sukarela” menunjukan pada kita semua bahwa perikatan yang bersumber dari perjanjian tidak mungkin terjadi tanpa dikehendaki oleh para pihak yang terlibat atau membuat perjanjian tersebut. Ini berbeda dari perikatan yang lahir dari undang-undang, yang menerbitkan kewajiban bagi salah satu pihak dalam perikatan tersebut, meskipun sesungguhnya para pihak tidak menghendakinya. 13 Dalam bidang hukum perdata, hukum perikatan merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam hubungan-hubungan hukum dibidang harta kekayaan yang dilakukan sehari-hari sehingga hukum perikatan juga berlaku dalam hubungan antara pasien dengan dokter.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENGURUS BESAR IKATAN DOKTER INDONESIA J

PENGURUS BESAR IKATAN DOKTER INDONESIA J

Menjalani P2KB merupakan kewajiban profesi (professional imperative) bagi setiap dokter dan merupakan prasyarat untuk meningkatkan mutu layanan kedokteran. Berbeda dengan prinsip dalam pendidikan kedokteran dasar dan pendidikan pasca dokter yang terstruktur, P2KB merupakan kegiatan belajar mandiri dengan ciri self-directed dan practice-based. Oleh karena itu keberlangsungan program P2KB sangat bergantung pada motivasi para dokter itu sendiri. Selain untuk mendorong pengembangan profesionalisme, P2KB bertujuan mempertahankan dan meningkatkan kompetensi seorang dokter, yang sangat penting untuk memenuhi tuntutan pasien dan tuntutan sistem pelayanan kesehatan, serta menjawab tantangan kemajuan ilmu kedokteran (5) .
Baca lebih lanjut

64 Baca lebih lajut

IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA 2011 PEDOMA

IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA 2011 PEDOMA

Hiperbilirubinemia adalah keadaan transien yang sering ditemukan baik pada bayi cukup bulan (50-70%) maupun bayi prematur (80-90%). Sebagian besar hiperbilirubinemia adalah fisiologis dan tidak membutuhkan terapi khusus, tetapi karena potensi toksik dari bilirubin maka semua neonatus harus dipantau untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya hiperbilirubinemia berat. Hiperbilirubinemia seringkali dianggap menakutkan, baik oleh dokter maupun keluarga sehingga dibutuhkan panduan yang jelas agar tidak terjadi overtreatment maupun underdiagnosis. Pemahaman yang baik mengenai patofisiologi dan tata laksana hiperbilirubinemia dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diharapkan, seperti kecemasan, penghentian menyusui, terapi yang tidak perlu, dan biaya yang berlebihan.
Baca lebih lanjut

360 Baca lebih lajut

this PDF file pengaruh kondisi rumah dan pendapatan keluarga | Sangadji | Berita Kedokteran Masyarakat 2 PB

this PDF file pengaruh kondisi rumah dan pendapatan keluarga | Sangadji | Berita Kedokteran Masyarakat 2 PB

paru melalui pemeriksaan dokter berdasarkan sistem             skoring Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan               tercatat dalam register rawat jalan BKPM dan RSUD                 Kota Salatiga pada tahun 2015–2016. b) Kontrol adalah                 anak usia         ≤ 15 tahun yang tinggal di Kota Salatiga pada               tahun 2015–2016 dan tidak terdiagnosa TB paru me-                 lalui pemeriksaan dokter berdasarkan sistem skoring             Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan tercatat da-                 lam register (data       ​ suspect   TB) BKPM Kota Salatiga pada           tahun 2015–2016. Sementara kriteria eksklusi adalah a)               Anak tinggal di rumah yang direnovasi dalam periode                 waktu 2 tahun sebelum diagnosis sampai dengan wak-                 tu penelitian, b) Responden yang menolak, c) Alamat                 yang tidak jelas, d) Kontrol yang tidak               ​ matching   dengan   kasus. 
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

SKDirjen126 Dikti Kep 2001

SKDirjen126 Dikti Kep 2001

3. Prof. Dr. dr. F. A. Moeloek, SpOG, Wakil Ketua Umum I / Ketua terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia dalam hal ini bertindak dalam jabatannya untuk dan atas nama Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia, selanjutnya disebut PIHAK KETIGA;

Baca lebih lajut

Buku Panduan Praktik Klinis Dokter Layan

Buku Panduan Praktik Klinis Dokter Layan

Bagi tenaga kesehatan dokter, Ikatan Dokter Indonesia yang mendapat amanah untuk menyusun standar profesi bagi seluruh anggotanya, dimulai dari standar etik (Kode Etik Kedokteran Indonesia – KODEKI), standar kompetensi yang merupakan standar minimal yang harus dikuasasi oleh setiap dokter ketika selesai menempuh pendidikan kedokteran, kemudian disusul oleh standar pelayanan kedokteran yang harus dikuasai ketika berada di lokasi pelayanannya. Pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia tahun 2012, dari 736 daftar penyakit terdapat 144 penyakit yang harus dikuasai penuh oleh para lulusan karena diharapkan dokter layanan primer dapat mendiagnosis dan melakukan penatalaksanaan secara mandiri dan tuntas. Selain itu terdapat 275 ketrampilan klinik yang juga harus dikuasai oleh lulusan program studi dokter. Selain 144 dari 726 penyakit, juga terdapat 261 penyakit yang harus dikuasai lulusan untuk dapat mendiagnosisnya sebelum kemudian merujuknya, apakah merujuk dalam keadaaan gawat darurat maupun bukan gawat darurat.
Baca lebih lanjut

594 Baca lebih lajut

buku obes 02 15. pdf

buku obes 02 15. pdf

Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI) mengucapkan selamat kepada Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI yang telah menerbitkan ‘Rekomendasi Diagnosis, Tata Laksana, dan Pencegahan Obesitas pada Anak dan Remaja’. Rekomendasi yang dibuat oleh satu organisasi profesi  bertujuan untuk memberi panduan dan menyamakan persepsi kepada anggotanya dalam menangani penyakit atau kondisi yang terlihat sangat lebar perbedaannya, sehingga memberikan hasil tata laksana yang tidak optimal dan tentunya merugikan pasien.

63 Baca lebih lajut

Rangkuman Ikatan KIMIA Kelas 10 - Pembahasan ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan logam.  - DATA KERJA GURU DAN INFORMASI PNS ikatan kimia

Rangkuman Ikatan KIMIA Kelas 10 - Pembahasan ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan logam. - DATA KERJA GURU DAN INFORMASI PNS ikatan kimia

Ikatan kovalen polar adalah ikatan kovalen yang PEInya cenderung tertarik ke salah satu atom yang berikatan. Kepolaran suatu ikatan kovalen ditentukan oleh keelektronegatifan suatu unsur. Senyawa kovalen polar biasanya terjadi antara atom-atom unsur yang beda keelektronegatifannya besar, mempunyai bentuk molekul asimetris, mempunyai momen dipol (u = hasil kali jumlah muatan dengan jaraknya) ≠ 0.

Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah - 13.93.0048 Wellem Hendra Balubun.BAB I

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah - 13.93.0048 Wellem Hendra Balubun.BAB I

Salah satu tujuan Undang-Undang Praktik Kedokteran yang di dalamnya diatur tentang ketentuan sanksi disiplin dokter adalah untuk melindungi hak penerima pelayanan kesehatan, maka dengan dibuatnya Undang-Undang Praktik Kedokteran hak penerima pelayanan kesehatan untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas seharusnya dapat terwujud. Namun kenyataan menunjukkan bahwa hampir secara berkala dapat dibaca dalam media cetak maupun dilihat di media elektronik adanya berbagai berita tentang malpraktik medis. Pertanyaan yang muncul adalah apakah ketentuan sanksi Disiplin Kedokteran sudah cukup efektifdalam melindungi hak pasien? Menurut Soerjono Soekanto, salah satu faktor yang mempengaruhi penegakan hukum adalah hukumnya sendiri. Teori pembentukan perundang-undangan mengatakan bahwa dalam pembentukan suatu perundang-undangan (produk hukum) harus berpedoman pada asas pembentukan perundang-undangan. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah ketentuan sanksi disiplin dibentuk sesuai dengan asas pembentukan perundang-undangan?.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

KEBIJAKAN INFORMED CONSENT DALAM PELAYANAN GIGI DI INDONESIA DENTAL CARE INFORMED CONSENT POLICY IN INDONESIA | Oktarina | Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan 2611 4511 1 SM

KEBIJAKAN INFORMED CONSENT DALAM PELAYANAN GIGI DI INDONESIA DENTAL CARE INFORMED CONSENT POLICY IN INDONESIA | Oktarina | Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan 2611 4511 1 SM

Peraturan yang sejalan dengan informed consent adalah peraturan yang mengatur tentang hak pasien yaitu UU No. 29/2004 tentang Praktik Kedokteran (Pasal 52 Ayat 2) dan UU Kesehatan No.23/1992 (Pasal 53 Ayat 2). Adapun hak pasien dalam praktik kedokteran yaitu mendapatkan penjelasan lengkap tentang tindakan medis (hak informasi), meminta pendapat dokter dan dokter gigi lain (hak atas pendapat kedua), mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan medis, memberikan persetujuan, menolak tindakan medis dan mendapatkan isi rekam medis (hak atas rahasia kedokteran). Pemenuhan hak-hak pasien juga selaras dengan Pasal 4 UU No.8/1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU No.29/2004). Undang- Undang (UU) No.23/1992 tentang Kesehatan Pasal 53 bunyinya tenaga kesehatan berhak memperoleh perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya. Tenaga kesehatan dalam melakukan tugasnya berkewajiban untuk mematuhi standar profesi dan menghormati hak pasien. Hak pasien antara lain hak informasi hak untuk memberikan persetujuan, hak atas rahasia kedokteran dan hak atas pendapat kedua (second opinion). Dokter melakukan tindakan medis tanpa informed consent dari pasien atau keluarganya saksi administratif berupa pencabutan surat ijin praktiknya. Bila tidak informed consent pasien bisa menuntut. 13
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Ikatan kovalen adalah sejenis ikatan kim

Ikatan kovalen adalah sejenis ikatan kim

Ikatan kovalen adalah sejenis ikatan kimia yang memiliki karakteristik berupa pasangan elektron yang saling terbagi (pemakaian bersama elektron) di antara atom-atom yang berikatan. Singkatnya, stabilitas tarikan dan tolakan yang terbentuk di antara atom-atom ketika mempergunakan bersama elektron dikenal sebagai ikatan kovalen.

Baca lebih lajut

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Di Indonesia aborsi merupakan salah satu isu yang menarik untuk dibahas karena meskipun oleh hukum dilarang, tetapi aborsi tetap dilakukan.Penelitian Faisal dan Ahmad (1997) menemukan bahwa walaupun aborsi dilarang oleh hukum, praktek aborsi di Indonesia, baik oleh dokter, bidan, maupun dukun tergolong tinggi, dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Sampai tahun 1997 diperkirakan dalam setahun di Indonesia terjadi 750.000 – 1.000.000 aborsi yang disengaja atau dengan resiko 16,7 – 22,2 aborsi per kelahiran hidup 1

19 Baca lebih lajut

Kasus 8 Trik Penjualan Produk Farmasi

Kasus 8 Trik Penjualan Produk Farmasi

golongan yaitu obat bebas dan obat bebas terbatas. Obat bebas adalah ini merupakan tanda obat yang paling "aman" . Obat bebas, yaitu obat yang bisa dibeli bebas di apotek, bahkan di warung, tanpa resep dokter, ditandai dengan lingkaran hijau bergaris tepi hitam.

Baca lebih lajut

Perbandingan Tindak Pidana Aborsi Menurut Hukum Positif Di Indonesia Dan Hukum Islam

Perbandingan Tindak Pidana Aborsi Menurut Hukum Positif Di Indonesia Dan Hukum Islam

Penjelasan madzhab Hanafi tentang kepribadian janin di atas, maka kita bisa mengatakan bahwa ada perbedaan tingkat antara kehormatan ibu dan kehormatan janinnya, dan kita pun bisa memilih mana yang lebih didahulukan jika terjadi pertentangan antara kedua kehormatan tersebut. Mungkin adanya perbedaan tingkat kehormatan ini juga telah terdetik dalam pikiran pada fuqaha klasik. Mereka terlalu terpengaruh untuk tetap berpegang pada kaidah aslinya, sehingga mereka tidak punya cukup alasan untuk keluar darinya. Khususnya karena pengetahuan mereka tentang kedokteran tidak sampai pada tingkat yakni bahwa keberadaan janin itu di dalam perut ibunya dapat menyebabkan kematian ibunya dan jika digugurkan dapat menyebabkan hidupnya. Ibnu Abidin berpendapat, “Kematian si ibu masih meragukan, maka tidak boleh membunuh manusia hidup untuk suatu yang meragukan.”pemahaman yang dapat diambil dari pernyataan itu bahwa saendainya perkara itu tidak meragukan, berarti meyakinkan, maka boleh mengorbankan janin untuk menyelamatkan hidup ibunya. Perkembangan Dunia yang sekarang, para dokter bisa mengetahui keselamatan ibu itu secara pasti. 98
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

UKK NUTRISI DAN PENYAKIT METABOLIK 2011

UKK NUTRISI DAN PENYAKIT METABOLIK 2011

Malnutrisi terjadi karena kurangnya perhatian terhadap ANP yang dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain: kurangnya ke- sadaran dari dokter, kurangnya pengetahuan, keterampilan dan strate- gi penanganan terapi nutrisi, serta berbagai kendala seperti tingginya biaya dukungan nutrisi, adanya komplikasi yang terjadi akibat dukung- an nutrisi tersebut, dan lain sebagainya.

Baca lebih lajut

Show all 5966 documents...