Ilmu Pengetahuan

Top PDF Ilmu Pengetahuan:

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PER

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PER

Nabi Muhammad menyuruh muslim berlayar ke Cina adalah untuk merebut teknologinya, bukan jiwa dari teknologi tersebut. Jadi tidak masalah kita belajar ke negeri non-muslim di bidang iptek. Dengan prinsip tersebut, kaum muslimin berlomba-lomba mencari ilmu pengetahuan ke berbagai penjuru dunia. Sains yang berasal dari Yunani, Persia, India, dan Cina dikembangkan oleh islam menjadi sains yang islami, sehingga membawa kejayaan peradaban islam pertama sebelum jatuhnya Baghdad. Masa kejayaan ini dibuktikan dengan lahirnya tokoh- tokoh ilmuwan muslim yang berhasil mengembangkan sains di masa keemasannya.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Ilmu Manajemen

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Ilmu Manajemen

Ketika Bangsa Eropa mangalami masa kegelapan, kebangkitan justru menjadi milik Islam. Hal ini dimulai dari munculnya Nabi Muhammad SAW pada abad ke-6 M, perluasan wilayah, pembinaan hukum serta penerjemahan filsafat Yunani, dan kemajuan ilmu pengetahuan Islam pada abad ke-7 M sampai abad ke-12 M. Pada masa ini Islam mandapatkan masa keemasannya (Golden Age).

12 Baca lebih lajut

BAB I PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS - Filosofi Ilmu Pengetahuan

BAB I PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS - Filosofi Ilmu Pengetahuan

1) Apa yang dapat saya ketahui (Was kan ich wiesen) Pertanyaan ini mempunyai makna tentang batas mana yang dapat dan mana yang tidak dapat diketahui. Jawaban terhadap pertanyaan ini adalah suatu fenomena. Fenomena selalu dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal ini menjadi dasar bagi Epistomologi. Eksistensi Tuhan bukan merupakan kajian Epistomologi karena berada di luar jangkauan indera. Bahan kajian Epistomologi adalah yang berada dalam jangkauan indera. Kajian Epistomologi adalah fenomena sedang eksistensi Tuhan merupakan objek kajian Metafsika. Epilaomoiogi meliputi: Logika Pengetahuan (Knowledge), Ilmu Pengetahuan Ilmiah (Science) dan Metodologi.
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

IPA   Ilmu Pengetahuan Alam

IPA Ilmu Pengetahuan Alam

ilmu pengetahuan alam kelas I 8 88 88 semua bagian tubuh berguna setiap bagian berbeda kegunaannya semua bagian tubuh saling membantu rambut melindungi kepala dari panas matahari ram[r]

90 Baca lebih lajut

MEMBANGUN ILMU PENGETAHUAN UMUM

MEMBANGUN ILMU PENGETAHUAN UMUM

tetapi tidak wajib beriman kepadanya. Ayat-ayat tentang akhlak yang dikenal baru yang dipakai untuk sopan santun pergaulan. Fungsi akhlak yang lebih besar adalah sebagai dasar ilmu pengetahuan sosial dan budaya. Hal itu belum disadari dan kita menggunakan ilmu sosial barat yang dasar utamanya adalah peribahasa Yunani, "zoon politicon", manusia makhluk sosial. Oleh karena ada falsafah sebagai ibu ilmu pengetahuan dan logika sebagai alat analisisnya, walaupun peribahasa Yunani itu amat sederhana, dari padanya telah lahir beberapa ilmu pengetahuan sosial. Akhlak walaupun jauh lebih valid dari peribahasa Yunani sebagai dasar ilmu pengetahuan sosial dan budaya, karena pola pikir di dalam ajaran Islam sebagai alat untuk menganalisisnya belum dikembangkan, bahkan ditolak menggunakan akal dalam beragama, sampai saat ini akhlak itu belum menjadi dasar ilmu pengetahuan sosial dan budaya. Pola pikir yang terdapat di dalam Al Qur'an daya analisisnya jauh lebih tajam dari Falsafah Yunani. Sayangnya belum disadari keberadaanya. Bila suatu masa disadari keberadaan pola pikir ini dan dijadikan alat untuk meganalisis ayat serta hadits yang menjadi data ilmu pengetauan sosial, maka pada masa depan umat Islam mampu melahirkan ilmu pengetahuan umum yang kualitasnya lebih tinggi dari ilmu pengetahuan umum Barat saat ini. Walaupun demikian kita tidak dapat membuang sama sekali ilmu pengetahuan sosial dan budaya Barat, apalagi sains dan teknologi.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

BAB II HADITS TENTANG ILMU PENGETAHUAN DAN KEUTAMAANNYA - ILMU PENGETAHUAN DAN KEUTAMAANYA

BAB II HADITS TENTANG ILMU PENGETAHUAN DAN KEUTAMAANNYA - ILMU PENGETAHUAN DAN KEUTAMAANYA

Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abdil bar tersebut di atas, menjelaskan kepada kita betapa pentingnya menuntut ilmu pengetahuan, sekalipun ke tempat yang jauh dari tempat tinggal kita. Pentingnya menuntut ilmu pengetahuan berdasarkan hadits ini adalah dinyatakan tegas oleh Rasulullah saw dengan menggunakan kata perintah, yaitu: Tuntutlah atau carilah.

8 Baca lebih lajut

MEMBANGUN ILMU PENGETAHUAN UMUM

MEMBANGUN ILMU PENGETAHUAN UMUM

Karena pada masa depan tidak ada lagi batas yang tajam antara ilmu pengetahuan agama dengan ilmu pengetahuan umum, yang ada adalah spesialisasi, yang satu mempelajari spesialis ilmu agama dan lebih spesialis lagi ilmu tafsir misalnya, yang lain mempelajari ilmu pengetahuan umum seperti saat ini, tetapi dasar ilmu adalah Al Qur'an dan Hadits, maka kerjasama keilmuan antara berbagai cabang keilmuan itu harus juga dibina. Pada saat itu kemajuan ilmu berdasarkan Al Qur'an dan Hadits akan bertambah pesat dan penetrasi ilmu, terutama kebudayaan barat dapat dihambat.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Ilmu Pengetahuan Alam.docx

Ilmu Pengetahuan Alam.docx

Dari Cordoba, bangsa Barat memperoleh pengetahuan dan bangsa Arab, kemudian di negerinya dikembangkan dengan wadah-wadah lembaga pengetahuan, di antaranya di London didirikan Royal Society for Improving Natural Knowledge (1662), di Paris Academis des Sciencies (1966), di Berlin Academic der Wissenschffeen (1 700). di Saint Petersburg (Lenningrad sekanangi Akademic Sint Petersburg (1662), di Philadelphia (Amerika) didirikan The Amecican Philosophical Society of Philadelphia (1743), dan diJakarta, Hindia Belanda, didirikan Bataviaasch Genootschap van Kiesten en Welenschappen (1770). Di samping itu, banyak diterjemahkan buku-buku pengetahuan dari Timur; mula-mula dalam bahasa Latin, kemudian Inggris, Prancis, atau jerman. Semboyan yang terkenal ialah Nature, Reason, and Progress. Nature merupakan alam di luar manusia (external world) yang dijadikan objek untuk diselidiki. Nature memiliki hukum alam (natural law) yang disadari dan diperhitungkan kekuatannya oleh manusia. Dengan reason manusia berpikir dengan akalnya yang panjang dan disusun objeknya dalam ilmu pengetahuan. Progress merupakan proses ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia (enlightenment). Suatu kondisi yang memudahkan para cendikiawan mengembangkan din adalah adanya kebebasan dalarn mengadakan penyelidikan lan pencobaan, sehingga diperoleh penemuan.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang paling banyak berkaitan dengan hidup manusia sehari-hari, dimana kita tinggal pada sebidang tanah, menghirup udara, minum air, menikmati panas matahari dan sebagainya. Karena itu banyak pemahaman tentang lingkungan hidup kita, cara pemanfaatan sumber alam, berbagai tempat pemukiman manusia, serta perilaku manusia bisa diperoleh dari geografi. Dasar-dasar keilmuan geografi yang dikenal sekarang menyelidiki aspek-aspek fisik alamiah, hubungan manusia dengan lingkungan sosial, dan mempelajari tentang bumi, tanah, air, udara, iklim, sampai pada flora dan fauna, serta kedudukan bumi dalam tata surya. Konsep-konsep dasar geografi antara lain: lingkungan, lokasi/keruangan, wilayah, unsur-unsur biotik dan abiotik, sumber produksi, penduduk, bola dunia (globe), dan iklim.
Baca lebih lanjut

44 Baca lebih lajut

Islam dan Ilmu Pengetahuan

Islam dan Ilmu Pengetahuan

Kehidupan agama Islam di panggung sejarah peradaban manusia memiliki arti tersendiri, termasuk dalam bidang ilmu pengetahuan. Islam memberi warna khas corak peradaban yang di warisi Romawi – Yunani yang pernah berjaya selama satu millennium sebelumnya. Walaupun pada awalnya karakteristik ini tidak mudah bekerja, karena pengaruh peradaban helenisme yang begitu kuat namun dalam waktu yang tidak begitu panjang akhirnya kaum muslimin dapat memainkan sendiri peran berdabannya yang unik selama beberapa abad. Ilmu dalam Islam berdasarkan paham kesatu paduan yang merupakan inti wahyu Allah SWT Sebelum Nabi Muhamad SAW diutus untuk menjalankan dan menyebarkan risalah-Nya, sumber – sumber bagi dunia ilmu pengetahuan hanyalah pengembaraan akal yang di kusai oleh naluri dan berbagai nafsu manusia. Denga berbekal hal ini manusia mengembangkan pemikiran induktifnya dan kemudian melahirkan karya – karya yang dianggap besar pada zamannya. Turunnya wahyu Allah swt kepada nabi Muhamad SAW membawa semangat baru bagi dunia ilmu pengetahuan. Lahirnya Islam membawa manusia kepada sumber – sumber pengetahuan lain dengan tujuanakan baru yakni lahirnya tradisi intelek induktif.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN

ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN

dibanding dengan yg tidak berilmu. Atau dengan kata lain, kedudukan mulia tidak akan dicapai kecuali dengan ilmu. Firman Allah Swt. : "Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yg beriman diantara kamu dan orang-orang yg diberi ilmu pengetahuan beberapa

14 Baca lebih lajut

ILMU DAN HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN DALAM

ILMU DAN HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN DALAM

pengetahuan yang rasional, sistematik, konfrehensif, konsisten, dan bersifat umum tentang fakta dari pengamatan yang telah dilakukan. Dan berdasarkan definisi di atas terlihat jelas ada hal prinsip yang berbeda antara ilmu dengan pengetahuan. Pengetahuan adalah keseluruhan ilmu pengetahuan yang belum tersusun, baik mengenai matafisik maupun fisik. Dapat juga dikatakan pengetahuan adalah informasi yang ada dan berupa common sense, tanpa memiliki metode, dan mekanisme tertentu. Pengetahuan berakar pada adat dan tradisi yang menjadi kebiasaan dan pengulangan-pengulangan. Dalam hal ini landasan pengetahuan kurang kuat cenderung kabur dan samar- samar. Pengetahuan tidak teruji karena kesimpulan ditarik berdasarkan asumsi yang tidak teruji lebih dahulu. Pencarian pengetahuan lebih cendrung trial and error dan berdasarkan pengalaman belaka.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

FENOMENOLOGI PENGETAHUAN DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA PERANNYA DALAM ILMU KOMUNIKASI

FENOMENOLOGI PENGETAHUAN DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA PERANNYA DALAM ILMU KOMUNIKASI

Seperti yang diutarakan oleh Susanto, hingga kini masih banyak orang menganggap, bahwa publisistik sebagai ilmu di antara ilmu- ilmu lain terlalu muda. Anehnya pendapat yang demikian ini datang antara lain dari ilmu pengetahuan seperti sosiologi, ilmu politik dan ilmu negara, yaitu ilmu pengetahuan yang dalam abad ini sendiri, sekitar tahun 1920 – 1930 baru mendapat pengakuan sebagai ilmu pengetahuan. Adapun kesangsian atas nilai ilmu komunikasi atau publisitik sebagai ilmu pengetahuan didasarkan kepada pendapat, bahwa publisistik tidak bergerak dalam penelitian seperti ilmu lain. Salah satu alasan adalah, bahwa ilmu publisistik banyak memakai topik atau issue sebagai dasar pengetahuannya, dimana, topi atau issue saja adalah kurang bersifat ilmiah. Padahal sebenarnya sistem kerja ilmu publisistik banyak persamaannya dengan ilmu politik, yaitu berpangkal pada topik dan isu sebagai fase pra-ilmiahnya.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Bahan ilmu pengetahuan dan persoalan kita

Bahan ilmu pengetahuan dan persoalan kita

Teknologi ternyata sudah banyak digunakan manusia di dunia ini, kita ambil satu contoh yaitu Sistem Komputerisasi merupakan kemajuan teknologi saat ini dengan menerapkan sistem kerja dari teknologi terkini yaitu dengan cara sistem komputerisasi. Komputerisasi yaitu penggunaan setiap aktivitas dimana sistem pekerjaan banyak dilakukan oleh cara kerja sistem komputer. Dalam arti kita hanya mengendalikannya dari jarak jauh sistem kerja komputer sudah sangat mudah bisa dilakukan. Pengoperasian sistem ini sudah secara otomatis dilakukan untuk mengatur pekerjaan yang kita inginkan dengan memberi perintah kepada sistem tersebut, maka pekerjaan dengan otomatis berjalan dengan sendirinya. Sistem kerja komputerisasi atau bisa dimaksudkan kerja robot ini adalah cara yang sudah banyak dilakukan pada industri-industri negara- negara maju, dan Indonesia sendiri sudah mulai banyak menerapkannya. Untuk jangka waktu yang lama saya rasa peranan penerapan ilmu pengetahuan yang mendorong terjadinya teknologi baru bakal selalu menakjubkan hasilnya untuk masa depan mendatang. Kecanggihan daya pola pikir manusia sekarang sudah mulai mudah bermunculan. Jadi kedepannya pasti kecanggihan teknologi yang terdorong oleh ilmu pengetahuan yang tinggi bisa selalu menghasilkan berbagai macam penemuan-penemuan yang baru, sehingga menjadikan teknologi dalam menyongsong masa depan yang cerah selalu terlihat lebih hebat disetip masa- masanya atau waktunya maupun selalu berdiri kokoh disetiap kebutuhan- kebutuhannya.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

BAGAIMANA CARA MEMPEROLEH ILMU PENGETAHUAN

BAGAIMANA CARA MEMPEROLEH ILMU PENGETAHUAN

Dengan akal yang dimiliki manusia, semua pengetahuan dapat diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Informasi yang dapat disimpan dan diajarkan kepada generasi berikutnya, ditambah dengan pengetahuan yang diperoleh saat itu maka informasi tentang pengetahuan ini akan terus bertambah dan berkembang dari generasi ke generasi berikutnya. Berdasarkan uraian di atas, maka secara sederhana urutan perkembangan ilmu dimulai dari rasa ingin tahu terhadap sesuatu maka dilakukan suatu pengamatan. Berdasarkan pengamatanberulangkali diperoleh pengalaman. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang terus-menerus diperoleh pengetahuan, semisal sifat dari benda yang diamati. Kumpulan pengetahuan tentang sesuatu yang didapatkan secara sistematis dinyatakan ilmu pengetahuan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PENGETAHUAN ILMU PENGETAHUAN DAN METODOL

PENGETAHUAN ILMU PENGETAHUAN DAN METODOL

Ilmu pengetahuan adalah suatu hasil yang diperoleh oleh akal sehat,ilmiah,empiris dan logis. Ilmu adalah cabang pengetahuan yang berkembang pesat dari waktu ke waktu. Segala sesuatu yang berawal dari pemikiran logis dengan aksi yang ilmiah serta dapat dipertanggungjawabkan dengan sebuah bukti yang konkret. Harus mempercayai paradigm serta metode metode yang jelas yang juga dikorelasikan dengan bukti yang empiris yang mampu diterapkan secara transparan. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat nisbi atau relative.

4 Baca lebih lajut

MANUSIA DAN ILMU PENGETAHUAN

MANUSIA DAN ILMU PENGETAHUAN

ILMU BUDAYA DASAR Rowland Bismark Fernando Pasaribu... Tentang Nalar dan Horizonnya &.[r]

39 Baca lebih lajut

BAHASA DALAM PEMBENTUKAN ILMU PENGETAHUAN

BAHASA DALAM PEMBENTUKAN ILMU PENGETAHUAN

dalam kemungkinan) jika memiliki daya tukar. Foucault juga menyadari bahwa prinsip pertukaran barang ini memiliki latar belakang pada sistem barter yang merupakan prinsip pertukaran dalam ilmu ekonomi sebelumnya. Dalam sistem barter, pertukaran melibatkan prinsip apresiasi dan estimasi. Suatu barang dapat ditukar dengan barang lainya apabila kedua aktor masing mengapresiasi barang aktor lain sebagai bernilai bagi kepentinganya. Namun apresiasi nilai pada hubungan fisik semacam lenyap pada periode Klasik dan bergantinya barang pada pertukaran membuat seuruh persoalan-persoalan parktis seperti persoalan buruh dalam industri, perosalan kenaikan harga dipandang dengan cara lain. Keniakan nilai pasar misalnya tidak dilihat sebagai akibat dari tingginya nilai produksi barang dan jasa atau pada kontribusi kerja buruh melainkan pada tingginya daya belanja masyarakat di pasar. Maka naik turunnya suatu nilai diukur dari indikator yang fisik atau kuantitatif seberapa besar lenyap atau berkurangnya
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

FILSAFAT ILMU FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN (1)

FILSAFAT ILMU FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN (1)

• Pengetahuan ilmiah atau Ilmu, adalah pengetahuan yang diperoleh dengan cara khusus, bukan hanya untuk digunakan saja tetapi ingin mengetahui lebih dalam dan luas untuk mengetahui kebe[r]

30 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...