industri keramik

Top PDF industri keramik:

Perancangan Buku Informasi Sentra Industri Keramik Plered

Perancangan Buku Informasi Sentra Industri Keramik Plered

Plered pun harus mengalami masa kemunduran, dikarenakan munculnya hambatan- hambatan yang terjadi secara tidak langsung mengganggu kelancaran industri Keramik Plered sehingga perkembangan produksi Keramik Plered sulit untuk dipertahankan, bahkan pada tahun 1965an induk Keramik Plered praktis tidak berfungsi lagi. Sampai pada saat ini para pengusaha Keramik Plered masih terus bertahan meski tidak begitu ramai dikunjungi. Pada tahun 1985 industri Keramik Plered mulai berupaya untuk meningkatkan keramik gerabahnya baik secara kualitas dan kuantitasnya ke industri kerajinan keramik hias ditandai dengan penghargaan dari PBB dan Presiden (UPTD Litbang, 2010: 7).
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

Untuk M NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Untuk M NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Berdasarkan dari hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa mayoritas perusahaan keramik di Kasongan mengidentifikasi niche market sebagai segmen pasar. Faktor yang menjadi kunci utama dalam kesuksesan niche market adalah inovasi produk dan pemanfaatan media internet sebagai metode untuk memasarkan produk dan meraih pangsa pasar yang lebih luas. Keuntungan menjadi manfaat utama bagi semua responden. Kasongan yang sudah menjadi Desa wisata dan Sentra Industri Keramik membuka jalur bagi para pengrajin dan pengusaha untuk bersaing dengan pasar impor maupun ekspor dengan harga yang lebih murah.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENUTUP  NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

PENUTUP NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

2. Faktor yang paling berpengaruh untuk kesuksesan niche market bagi industri keramik di Kasongan adalah pemasaran melalui media internet yang bertujuan untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih luas. Produk yang inovatif dan kreatifitas perusahaan menjadi faktor untuk menarik minat beli konsumen. Adanya hubungan antara perusahaan dan pelanggan juga menjaga kontinuitas perusahaan untuk jangka panjang.

53 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERAMIK DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA PADA INDUSTRI KERAMIK DINOYO – MALANG

PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERAMIK DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA PADA INDUSTRI KERAMIK DINOYO – MALANG

Sentra industri keramik Dinoyo adalah salah satu daerah yang terkenal akan produksi keramik di kota Malang. Sebagian besar hasil produksi sentra industri keramik Dinoyo adalah berupa aneka souvenir keramik dengan berbagai bentuk dan ukuran mulai dari vas bunga, guci, pot dan produk lain, diantaranya gerabah, perlengkapan listrik, mangkuk, serta piring. Penjualan keramik tersebut tidak hanya dipasarkan ke dalam negeri bahkan sudah diekspor ke luar negeri, sehingga dapat dikatakan sentra industri keramik Dinoyo mempunyai peran yang besar dalam menunjang industri pariwisata dalam perolehan pendapatan daerah Malang.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

this PDF file Perilaku Wirausaha Industri Keramik Berskala Kecil untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Malang | Hadiati | Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 1 PB

this PDF file Perilaku Wirausaha Industri Keramik Berskala Kecil untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Malang | Hadiati | Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 1 PB

Untuk mengatasi rendahnya daya saing produk Indonesia dibandingkan produk dari negara lain, maka Pemerintah mengambil kebijakan proteksi melalui kenaikan tarif impor produk keramik. Pemerintah kembali memberikan perlindungan pada industri keramik nasional dari persaingan tidak sehat yang disebabkan industri impor. Dirjen Perdagangan Luar Negeri mengatakan “Pemerintah lebih menyukai aturan baru ini sebagai peningkatan daya saing sehingga industri keramik di dalam negeri bisa bersaing dengan keramik impor” (http://www. gacerindo.com/index, diakses tanggal 20 Agustus 2007). Sebenarnya perlindungan terhadap keramik sudah cukup lama, tetapi asosiasi keramik Indonesia masih meminta satu lagi perlindungan, akhirnya pemerintah memutuskan untuk memberlakukan verifikasi impor keramik di negara asal.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Analisis Sistem Informasi Bahan Baku Dan Industri Keramik Di Balai Besar keramik

Analisis Sistem Informasi Bahan Baku Dan Industri Keramik Di Balai Besar keramik

Maka penulis tertarik untuk menetapkan judul: “Analisis Sistem Bahan Baku Dan Industri Keramik Informasi Berbasis Web di Balai Besar Keramik” , yang nantinya diharapkan akan menjadi salah satu solusi mengurangi kesalahan input dan output data yang di hasilkan dengan proses media informasi online.

66 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Bagi Daerah Istimewa Yogyakarta, keberadaan industri keramik di Kasongan telah menjadikan salah satu ciri khas wilayah ini dan salah satu komoditi unggulan Yogyakarta yang dikenal tidak saja karena mutu yang tinggi, desain yang variatif dan kualitas yang bagus, tetapi juga dari nilai ekspornya yang tinggi. Krisis moneter yang terjadi tidak berpengaruh terhadap kegiatan industri ini, bahkan dengan menurunnya nilai rupiah justru memberikan nilai ekspor yang tinggi karena semakin tingginya pasaran gerabah ke manca negara, seperti Australia, Amerika, Jepang, Belanda, dan Perancis (Sumber: Bank Indonesia).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Potensi Penerapan Konsep Produksi Bersih pada Industri Keramik di Probolinggo Potensial Implementation of Cleaner Production Concept for Ceramic Industries in Probolinggo

Potensi Penerapan Konsep Produksi Bersih pada Industri Keramik di Probolinggo Potensial Implementation of Cleaner Production Concept for Ceramic Industries in Probolinggo

Sektor industri merupakan sektor yang sangat strategis untuk diandalkan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Walaupun demikian dalam sisi lainsektor ini memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap permasalahan degradasi lingkungan dan penurunan sumberdaya alam (SDA). Untuk mencegah terjadinya pemanfaan SDA yang boros dan tidak efisien serta mengurangipotensi dampak lingkungan maka industridalam pengoperasiannyaperlu menerapkankonsep produksi bersih (clean production). Kota Probolinggo memiliki banyak industri keramik yang masih belum efisien dalam menggunakan sumber daya dalam proses produksinya. Oleh karena itu, penelitian tentang penerapan konsep Produksi Bersih di industri keramik Kota Probolinggo ini dilaksanakan dengan tujuan untukmengidentifikasikan jenis keluaran yang non- produk atau Non Product Output(NPO), upaya penanganan NPO dan memberikan rekomendasi prioritas penanganan NPO tersebut dalam upaya peningkatan efisiensi produksi, penurunan tingkat pencemaran serta penurunan biaya produksi.Mengingat industri keramik merupakan industri yang berbasis pada penggunaan energi (energy intensive based industry) maka upaya peningkatan suhu pembakaran untuk mengurangi produk yang tidak sesuai (unspecification products)akan memberikan dampak pada penurunan limbah yang keluar.Selain itu,penggantian lampu biasa dengan lampu hemat energisertapemasangan meteran listrik (alat ukur konsumsi listrik) pada setiap peralatan produksi dapat memberikan informasi bagi manajemen dalam mengambil keputusan terkait dengan penghematan.Berdasarkan data empiris, potensi penghematan yang dapat dilakukan dengan penerapan konsep produksi bersih ini berkisar antara 10% dan 30% dari biaya produksi.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Temuan 1: Perusahaan B dan Perusahaan D mengatakan bahwa industri keramik Kasongan sudah mulai bisa memasuki pangsa pasar luar negeri. Banyaknya wisatawan asing yang datang menunjukan efek positif untuk bersaing di pasar ekspor. Perusahaan A mengatakan bahwa keramik asal Desa Kasongan memiliki ciri khas tersendiri dengan mengkombinasikan dengan tren yang sedang berkembang menurut selera pasar. Hal ini membawa daya tarik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Asumsi dari Perusahaan C dan Perusahaan D yaitu dengan adanya pameran seni dan kerajinan yang sering diadakan memungkinkan industri keramik terus berkembang di masa depan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

BAKU MUTU AIR LIMBAH BAGI USAHA DAN ATAU KEGIATAN INDUSTRI KERAMIK

BAKU MUTU AIR LIMBAH BAGI USAHA DAN ATAU KEGIATAN INDUSTRI KERAMIK

c. bahwa  berdasarkan  pertimbangan  sebagaimana  dimaksud  dalam  huruf  a  dan huruf  b  serta  untuk  melaksanakan  ketentuan  Pasal  21  ayat  (1)  Peraturan Pemerintah  Nomor  82  Tahun  2001  tentang  Pengelolaan  Kualitas  Air  dan Pengendalian  Pencemaran  Air,  perlu  menetapkan  Peraturan  Menteri  Negara Lingkungan Hidup tentang Baku Mutu Air Limbah Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Industri Keramik;

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN PENERAPAN TARGET COSTING PADA INDUSTRI BOGIMIN KERAMIK, KASONGAN, YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN PENERAPAN TARGET COSTING PADA INDUSTRI BOGIMIN KERAMIK, KASONGAN, YOGYAKARTA.

Yogyakarta memang berada di daerah Kasongan. Produk yang dihasilkan dari industri ini berupa pot, guci, meja set, dan juga segala macam kerajinan yang biasanya digunakan sebagai souvenir dalam acara pernikahan ataupun acara lainnya, seperti kipas, gantungan kunci,dan lain-lain. Sebagian besar industri keramik yang berada di daerah Kasongan ini sudah pernah melakukan ekspor ke berbagai negara-negara, antara lain Australia, Jepang, dan Malaysia.

7 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

TINJAUAN PUSTAKA NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Sebagai bidang keahlian, keramik menjadi tumpuan harapan hidup. Atas dasar keyakinan ini, dari satu generasi ke generasi berikutnya, sistem pewarisan keterampilan berlangsung. Dari usia muda, anak-anak telah giat berlatih dan mulai bergelut dengan tanah liat dengan sedikit menyisakan waktu untuk bermain dengan sebayanya. Menjelang remaja mereka sudah memiliki kecakapan dalam membuat keramik dan pada saat yang sama mulai terlibat dalam pengolahan bahan untuk mencari uang. Di Kasongan lekatnya keramik dalam kehidupan masyarakatnya terindikasi melalui penekunan keterampilan mengolah tanah sejak usia belia, remaja hingga dewasa. Hampir tidak ada waktu yang tersisa kecuali bergulat dengan tanah liat. Tanah liat menjadi bagian dari kehidupan dan merupakan kehidupan itu sendiri (Guntur, 2005).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MODEL STRATEGI BERSAING PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

PENGEMBANGAN MODEL STRATEGI BERSAING PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

1. Industri Keramik Pulutan di Kabupaten Minahasa masih kalah dalam persaingan oleh karena permasalahan yang dihadapi antara lain : Mutu atau kualitas produk yang dihasilkan masih banyak yang belum memenuhi standard, banyak konsumen belum puas akan hasil produk yang telah dihasilkan. Selain itu peralatan teknologi yang digunakan belum memadai/terbatas. Bahan baku tambahan masih sulit didapatkan karena keterbatasan sumber daya alam serta keterbatasan biaya. Untuk memasarkan produk para pengrajin kurang akses transportasi dan informasi yang memadai sehingga pemasaran produk menjadi terbatas dan tidak berkembang. Dari segi biaya/Modal sangat terbatas mengakibatkan permintaan konsumen dengan hasil produksi tidak sesuai. Disamping itu juga peran Institusi atau pemerintah setempat sangat kurang perhatian mengakibatkan IKM Keramik Pulutan tidak berkembang.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

113458 T 21253 Kinerja komposit Bibliografi

113458 T 21253 Kinerja komposit Bibliografi

[20] Suhanda, Soesilowati, Pengaruh Tingkat Distribusi Butir pada Sifat-Sifat Badan Keramik Porselen. Jurnal Keramik dan Gelas Indonesia, Bali Besar Industri Keramik Bandung, Volume 6 No 1 &2 tahun 1997 [21] http://www.kata-bags.com. Situs resmi PT, KATA, Israel, diakses 1

Baca lebih lajut

BAHAN KONSTRUKSI KIMIA ( INDUSTRI KERAMIK

BAHAN KONSTRUKSI KIMIA ( INDUSTRI KERAMIK

Keramik jenis ini mempunyai sifat mekanik yang baik. Antara bahan yang termasuk di dalam golongan ini ialah alumina, silicon karbida, silicon nitrida, komposite dan bahan yang di lapisi dengan keramik. Bahan ini sangat potensi di gunakan di dalam mesin diesel sebagai piston dan ruang pra pembakaran, turbo charge dan turbin gas. Ia di gunakan juga sebagai bahan penyekat ruang pembakaran bersuhu tinggi dan mata pahat potong logam (Cutting tool).

13 Baca lebih lajut

CHARACTERIZATION AND COBALT DISTRIBUTION STUDY OF CERAMIC BODY SYSTEM : BOJONEGORO CLAY– FELDSPAR – QUARTZ | Sulistya | Indonesian Journal of Chemistry 21749 40835 1 PB

CHARACTERIZATION AND COBALT DISTRIBUTION STUDY OF CERAMIC BODY SYSTEM : BOJONEGORO CLAY– FELDSPAR – QUARTZ | Sulistya | Indonesian Journal of Chemistry 21749 40835 1 PB

Industri keramik tradisional di Indonesia terutama berupa industri whiteware dan industri keramik gerabah, yang nilai total perdagangan mencapai 5 triliun rupiah [1]. Pada industri keramik besar badan keramik yang digunakan merupakan campuran kaolin, felspar, kuarsa dan aditif lain yang telah diuji sebelumnya. Pada industri keramik tradisional pengujian terhadap badan yang digunakan sering kali tidak dilakukan, sehingga tidak diketahui sifat-sifat badan secara kuantitatif, bahkan tidak jarang kualitasnya tidak memenuhi standar. Banyak industri keramik yang bahan badan keramiknya semata hanya lempung lokal, salah satunya adalah Lempung Bojonegoro. Kelemahan lempung ini adalah susut yang besar, cepat matang, kekuatan mekanik pada kondisi greenware yang rendah.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

1  Prarancangan Pabrik Asam Borat Dari Boraks Dan Asam Sulfat Dengan Proses Asidifikasi Kapasitas Produksi 10.000 Ton/Tahun.

1 Prarancangan Pabrik Asam Borat Dari Boraks Dan Asam Sulfat Dengan Proses Asidifikasi Kapasitas Produksi 10.000 Ton/Tahun.

Dengan melihat kenyataan tersebut, industri asam borat memiliki prospek ke depan yang cerah. Hal ini dikarenakan asam borat merupakan senyawa kimia anorganik yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk industri kimia lain seperti industri farmasi, industri keramik, industri kaca, dan lain-lain. Kegunaan asam borat antara lain sebagai reagen untuk analisis kimia, dalam bidang farmasi asam borat berfungsi sebagai antiseptik dan desinfektan. Pada saat ini kebutuhan asam borat di Indonesia sebagian besar diimpor dari negara-negara lain seperti China, USA dan Turki.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PROFIL INDUSTRI KERAJINAN KERAMIK PADA SENTRA KERAMIK KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA.

PROFIL INDUSTRI KERAJINAN KERAMIK PADA SENTRA KERAMIK KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif guna mengetahui profil industri kerajinan keramik pada sentra keramik Klampok di Kabupaten Banjarnegara. Selain itu juga untuk mengetahui kebijakan Pemerintah dalam upaya mengembangkan industri kerajinan Keramik Klampok. Lokasi penelitian ini adalah Sentra Keramik Klampok di Kecamatan Purworejo Klampok, Kabupaten Banjarnegara.

16 Baca lebih lajut

INDUSTRI KERAJINAN KERAMIK ELVIE DI DUKUH SAYANGAN DESA MELIKAN KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN.

INDUSTRI KERAJINAN KERAMIK ELVIE DI DUKUH SAYANGAN DESA MELIKAN KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN.

bentuk. (e) Nglambu , yaitu proses menggosok-gosok badan keramik dengan menggunakan kain kelambu sampai mengkilap. Setelah benda keramik selesai dibuat maka tahap selanjutnya adalah tahap pengeringan yang dilakukan dengan cara diangin-anginkan selama 4 sampai 7 hari. Lama tidaknya proses pengeringan dipengaruhi oleh cuaca. Setelah benada keramik benar-benar kering, barulah siap dibakar dengan menggunakan tungku pembakaran berbahan bakar kayu melalui proses penyusunan atau penataan, ngintir (api kecil) selama 6 sampai 9 jam, api besar selama 2 sampai 3 jam, dan pengasapan dengan menggunakan daun munggur selama 2 sampai 3 jam pula. Tahapan terakhir dalam proses produksi adalah proses finishing yang biasanya dilakukan menggunakan finishing cat (bila memperoleh pesanan khusus dari konsumen.) dan finishing kelambu (tanpa cat). (3) Jenis produk yang dihasilkan di Elvie Keramik adalah barang peralatan rumah tangga yaitu meliputi : Gentho (wadah atau tempat dawet), Wajan dengan tangkai, Wajan serabi(baskom), Piring Makan, Piring Daun Pisang, Piring Talas, Piring Pincuk, Piring Pare, Layah (Cobek), Empluk (tempat gudeg), Mangkok beserta Lepek, dan Mangkok Ronde, Gelas, Tempat Sambal dan barang hias berupa vas-vas bunga dengan berbagai bentuk dan ukuran.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAHAN TEKNIK

BAHAN TEKNIK

3. Timah hitam atau Timbal (Lead) Timah hitam atau Timbal (Lead) memiliki ketahanan terhadap serangan bahan kimia terutama larutan asam sehingga cocok digunakan pada Industri Kimia. Bahan Timah Hitam (Plumber) juga sering digunakan sebagai bahan flashing serta bahan paduan solder Juga digunakan sebagai lapisan bantalan paduan dengan penambahan free-cutting steel akan menambah sifat mampu mesin (Machinability).

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects