industri keramik

Top PDF industri keramik:

Perancangan Buku Informasi Sentra Industri Keramik Plered

Perancangan Buku Informasi Sentra Industri Keramik Plered

Plered pun harus mengalami masa kemunduran, dikarenakan munculnya hambatan- hambatan yang terjadi secara tidak langsung mengganggu kelancaran industri Keramik Plered sehingga perkembangan produksi Keramik Plered sulit untuk dipertahankan, bahkan pada tahun 1965an induk Keramik Plered praktis tidak berfungsi lagi. Sampai pada saat ini para pengusaha Keramik Plered masih terus bertahan meski tidak begitu ramai dikunjungi. Pada tahun 1985 industri Keramik Plered mulai berupaya untuk meningkatkan keramik gerabahnya baik secara kualitas dan kuantitasnya ke industri kerajinan keramik hias ditandai dengan penghargaan dari PBB dan Presiden (UPTD Litbang, 2010: 7).
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

this PDF file Perilaku Wirausaha Industri Keramik Berskala Kecil untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Malang | Hadiati | Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 1 PB

this PDF file Perilaku Wirausaha Industri Keramik Berskala Kecil untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Malang | Hadiati | Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 1 PB

Penelitian ini bertujuan mencari penjelasan tentang perilaku wirausaha keramik terhadap faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi daya saing industri keramik berskala kecil di Malang. Secara spesifik penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap strategi dan daya saing serta pengaruh strategi terhadap daya saing industri keramik berskala kecil di Malang. Faktor-faktor lingkungan tersebut dapat dikelompokkan kedalam faktor internal dan eksternal perusahaan. Penelitian diambil dari 107 industri keramik berskala kecil yang dipilih secara acak sederhana dari 180 unit usaha yang ada di Malang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam. Variabel dalam penelitian dibagi menjadi 4 kelompok yaitu, faktor lingkungan internal dan eksternal dari usaha kecil, strategi dan daya saing industri keramik berskala kecil. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dari paket software statistik AMOS. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor lingkungan tersebut mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap strategi daya saing diindustri keramik berskala kecil. Untuk meningkatkan daya saing industri keramik berskala kecil dibutuhkan usaha dari asosiasi produsen atau industri tersebut dalam beberapa aspek seperti ketetapan bahan baku, menetapkan harga produk, dan pemasaran. Pelatihan, pendidikan, dan riset perlu untuk dikembangkan dan ditingkatkan oleh pemerintah lokal dan institusi pendidikan lebih tinggi.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Berdasarkan dari hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa mayoritas perusahaan keramik di Kasongan mengidentifikasi niche market sebagai segmen pasar. Faktor yang menjadi kunci utama dalam kesuksesan niche market adalah inovasi produk dan pemanfaatan media internet sebagai metode untuk memasarkan produk dan meraih pangsa pasar yang lebih luas. Keuntungan menjadi manfaat utama bagi semua responden. Kasongan yang sudah menjadi Desa wisata dan Sentra Industri Keramik membuka jalur bagi para pengrajin dan pengusaha untuk bersaing dengan pasar impor maupun ekspor dengan harga yang lebih murah.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PERILAKU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA: Survei Terhadap Para Pengusaha di Sentra Industri Keramik Plered.

PERILAKU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA: Survei Terhadap Para Pengusaha di Sentra Industri Keramik Plered.

Selain mempersiapkan usaha dan memperkirakan tingkat keberhasilan, wirausaha harus siap untuk menghadapi resiko kegagalan dalam menjalankan usahanya serta bagaimana cara mengatasinya yaitu dengan menyikapi setiap kendala yang timbul dalam usahanya dengan sikap dan cara yang bijak sekaligus menikmati proses sampai menemukan titik terang dan berhasil menemukan kiat untuk keluar dari kendala tersebut, oleh karena itu sikap inilah yang paling pentung dimiliki oleh pengrajin di Sentra Industri Keramik Plered sebagai seorang wirausahawan, hal ini dikarenakan keberhasilan suatu usaha tidak lepas dari peran seorang wirausaha dalam menjalankan usaha tersebut. Selanjutnya sikap ini diaplikasikan dalam suatu tindakan yang lazimnya kita sebut sebagai perilaku.
Baca lebih lanjut

59 Baca lebih lajut

Analisis Sistem Informasi Bahan Baku Dan Industri Keramik Di Balai Besar keramik

Analisis Sistem Informasi Bahan Baku Dan Industri Keramik Di Balai Besar keramik

Bidang Sarana Riset dan Standarisasi mempunyai tugas melakukan kegiatan perencanaa, pengelolaan, dan pengkoordinasian penggunaan sarana dan prasarana kegiatan penelitian dan pengembangan, serta penanggulangan pencemaran industri di lingkungan BBK, serta penyusunan dan penerapan standar produk industri keramik. Dalam melaksanakan tugas nya Bidang Sarana Riset dan Standarisasi.

66 Baca lebih lajut

PENUTUP  NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

PENUTUP NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

2. Faktor yang paling berpengaruh untuk kesuksesan niche market bagi industri keramik di Kasongan adalah pemasaran melalui media internet yang bertujuan untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih luas. Produk yang inovatif dan kreatifitas perusahaan menjadi faktor untuk menarik minat beli konsumen. Adanya hubungan antara perusahaan dan pelanggan juga menjaga kontinuitas perusahaan untuk jangka panjang.

53 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERAMIK DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA PADA INDUSTRI KERAMIK DINOYO – MALANG

PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERAMIK DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA PADA INDUSTRI KERAMIK DINOYO – MALANG

Sentra industri keramik Dinoyo adalah salah satu daerah yang terkenal akan produksi keramik di kota Malang. Sebagian besar hasil produksi sentra industri keramik Dinoyo adalah berupa aneka souvenir keramik dengan berbagai bentuk dan ukuran mulai dari vas bunga, guci, pot dan produk lain, diantaranya gerabah, perlengkapan listrik, mangkuk, serta piring. Penjualan keramik tersebut tidak hanya dipasarkan ke dalam negeri bahkan sudah diekspor ke luar negeri, sehingga dapat dikatakan sentra industri keramik Dinoyo mempunyai peran yang besar dalam menunjang industri pariwisata dalam perolehan pendapatan daerah Malang.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Untuk M NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Untuk M NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus atas berkat, kasih, dan karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Niche Market Strategy pada Industri Keramik Kasongan, Yogyakarta”. Penulisan skripsi ini merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

17 Baca lebih lajut

Potensi Penerapan Konsep Produksi Bersih pada Industri Keramik di Probolinggo Potensial Implementation of Cleaner Production Concept for Ceramic Industries in Probolinggo

Potensi Penerapan Konsep Produksi Bersih pada Industri Keramik di Probolinggo Potensial Implementation of Cleaner Production Concept for Ceramic Industries in Probolinggo

Sektor industri merupakan sektor yang sangat strategis untuk diandalkan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Walaupun demikian dalam sisi lainsektor ini memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap permasalahan degradasi lingkungan dan penurunan sumberdaya alam (SDA). Untuk mencegah terjadinya pemanfaan SDA yang boros dan tidak efisien serta mengurangipotensi dampak lingkungan maka industridalam pengoperasiannyaperlu menerapkankonsep produksi bersih (clean production). Kota Probolinggo memiliki banyak industri keramik yang masih belum efisien dalam menggunakan sumber daya dalam proses produksinya. Oleh karena itu, penelitian tentang penerapan konsep Produksi Bersih di industri keramik Kota Probolinggo ini dilaksanakan dengan tujuan untukmengidentifikasikan jenis keluaran yang non- produk atau Non Product Output(NPO), upaya penanganan NPO dan memberikan rekomendasi prioritas penanganan NPO tersebut dalam upaya peningkatan efisiensi produksi, penurunan tingkat pencemaran serta penurunan biaya produksi.Mengingat industri keramik merupakan industri yang berbasis pada penggunaan energi (energy intensive based industry) maka upaya peningkatan suhu pembakaran untuk mengurangi produk yang tidak sesuai (unspecification products)akan memberikan dampak pada penurunan limbah yang keluar.Selain itu,penggantian lampu biasa dengan lampu hemat energisertapemasangan meteran listrik (alat ukur konsumsi listrik) pada setiap peralatan produksi dapat memberikan informasi bagi manajemen dalam mengambil keputusan terkait dengan penghematan.Berdasarkan data empiris, potensi penghematan yang dapat dilakukan dengan penerapan konsep produksi bersih ini berkisar antara 10% dan 30% dari biaya produksi.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Bagi Daerah Istimewa Yogyakarta, keberadaan industri keramik di Kasongan telah menjadikan salah satu ciri khas wilayah ini dan salah satu komoditi unggulan Yogyakarta yang dikenal tidak saja karena mutu yang tinggi, desain yang variatif dan kualitas yang bagus, tetapi juga dari nilai ekspornya yang tinggi. Krisis moneter yang terjadi tidak berpengaruh terhadap kegiatan industri ini, bahkan dengan menurunnya nilai rupiah justru memberikan nilai ekspor yang tinggi karena semakin tingginya pasaran gerabah ke manca negara, seperti Australia, Amerika, Jepang, Belanda, dan Perancis (Sumber: Bank Indonesia).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

BAKU MUTU EMISI SUMBER TIDAK BERGERAK BAGI USAHA DAN ATAU KEGIATAN INDUSTRI KERAMIK

BAKU MUTU EMISI SUMBER TIDAK BERGERAK BAGI USAHA DAN ATAU KEGIATAN INDUSTRI KERAMIK

Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia, sebagaimana telah diubah terakhir dengan P[r]

6 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

TINJAUAN PUSTAKA NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA.

Sebagai bidang keahlian, keramik menjadi tumpuan harapan hidup. Atas dasar keyakinan ini, dari satu generasi ke generasi berikutnya, sistem pewarisan keterampilan berlangsung. Dari usia muda, anak-anak telah giat berlatih dan mulai bergelut dengan tanah liat dengan sedikit menyisakan waktu untuk bermain dengan sebayanya. Menjelang remaja mereka sudah memiliki kecakapan dalam membuat keramik dan pada saat yang sama mulai terlibat dalam pengolahan bahan untuk mencari uang. Di Kasongan lekatnya keramik dalam kehidupan masyarakatnya terindikasi melalui penekunan keterampilan mengolah tanah sejak usia belia, remaja hingga dewasa. Hampir tidak ada waktu yang tersisa kecuali bergulat dengan tanah liat. Tanah liat menjadi bagian dari kehidupan dan merupakan kehidupan itu sendiri (Guntur, 2005).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

BAKU MUTU AIR LIMBAH BAGI USAHA DAN ATAU KEGIATAN INDUSTRI KERAMIK

BAKU MUTU AIR LIMBAH BAGI USAHA DAN ATAU KEGIATAN INDUSTRI KERAMIK

c. bahwa  berdasarkan  pertimbangan  sebagaimana  dimaksud  dalam  huruf  a  dan huruf  b  serta  untuk  melaksanakan  ketentuan  Pasal  21  ayat  (1)  Peraturan Pemerintah  Nomor  82  Tahun  2001  tentang  Pengelolaan  Kualitas  Air  dan Pengendalian  Pencemaran  Air,  perlu  menetapkan  Peraturan  Menteri  Negara Lingkungan Hidup tentang Baku Mutu Air Limbah Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Industri Keramik;

6 Baca lebih lajut

BAHAN KONSTRUKSI KIMIA ( INDUSTRI KERAMIK

BAHAN KONSTRUKSI KIMIA ( INDUSTRI KERAMIK

Tujuan pengolahan bahan ini adalah untuk mengolah bahan baku dari berbagai material yang belum siap pakai menjadi badan keramik plastis yang telah siap pakai. Pengolahan bahan dapat dilakukan dengan metode basah maupun kering, dengan cara manual ataupun masinal. Didalam pengolahan bahan ini ada proses-proses tertentu yang harus dilakukan antara lain pengurangan ukuran butir, penyaringan, pencampuran, pengadukan (mixing), dan pengurangan kadar air. Pengurangan ukuran butir dapat dilakukan dengan penumbukan atau penggilingan dengan ballmill. Penyaringan dimaksudkan untuk memisahkan material dengan ukuran yang tidak seragam. Ukuran butir biasanya menggunakan ukuran mesh. Ukuran yang lazim digunakan adalah 60 – 100 mesh.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Modul Analisis Bahan Industri Keramik

Modul Analisis Bahan Industri Keramik

• Ceramic Composite keramik Campur Bahan Keramik + Metal sebagai penghantar panas, Digunakan pada alat penerbangan dan Aero space As : Roket nozle, Ram Jet Chamber, Gb Ramjet Chamb[r]

20 Baca lebih lajut

SOSIALISASI DAN POLA INTERAKSI KELUARGA PENGRAJIN KERAMIK (Studi Keluarga Yang Memiliki Home Industri Keramik diKelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

SOSIALISASI DAN POLA INTERAKSI KELUARGA PENGRAJIN KERAMIK (Studi Keluarga Yang Memiliki Home Industri Keramik diKelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Peradapan manusia yang mengalami perkembangan yang cukup signifikan memberikan perubahan-perubahan didalam masyarakat, hal ini nampak jelas dari perkembangan masyarakat itu sendiri. Mulai dari masyarakat pertanian primitif kemudian menjadi masyarakat feodal dan akhirnya sampai pada masyarakat industri hingga saat ini.

1 Baca lebih lajut

PROFIL INDUSTRI KERAJINAN KERAMIK PADA SENTRA KERAMIK KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA.

PROFIL INDUSTRI KERAJINAN KERAMIK PADA SENTRA KERAMIK KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA.

Studi ini memiliki beberapa keterbatasan antara lain rekapitulasi data dari tahun ke tahun mengenai industri keramik Klampok dari Disperindag setempat yang tidak lengkap. Hal ini menyebabkan peneliti kesulitan membandingkan perkembangan dari tahun ke tahun mengenai industri keramik di Banjarnegara. Sehingga pada penelitian selanjutnya diharapkan bisa melengkapi keterbatasan penelitian ini.

16 Baca lebih lajut

CHARACTERIZATION AND COBALT DISTRIBUTION STUDY OF CERAMIC BODY SYSTEM : BOJONEGORO CLAY– FELDSPAR – QUARTZ | Sulistya | Indonesian Journal of Chemistry 21749 40835 1 PB

CHARACTERIZATION AND COBALT DISTRIBUTION STUDY OF CERAMIC BODY SYSTEM : BOJONEGORO CLAY– FELDSPAR – QUARTZ | Sulistya | Indonesian Journal of Chemistry 21749 40835 1 PB

Industri keramik tradisional di Indonesia terutama berupa industri whiteware dan industri keramik gerabah, yang nilai total perdagangan mencapai 5 triliun rupiah [1]. Pada industri keramik besar badan keramik yang digunakan merupakan campuran kaolin, felspar, kuarsa dan aditif lain yang telah diuji sebelumnya. Pada industri keramik tradisional pengujian terhadap badan yang digunakan sering kali tidak dilakukan, sehingga tidak diketahui sifat-sifat badan secara kuantitatif, bahkan tidak jarang kualitasnya tidak memenuhi standar. Banyak industri keramik yang bahan badan keramiknya semata hanya lempung lokal, salah satunya adalah Lempung Bojonegoro. Kelemahan lempung ini adalah susut yang besar, cepat matang, kekuatan mekanik pada kondisi greenware yang rendah.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN PENERAPAN TARGET COSTING PADA INDUSTRI BOGIMIN KERAMIK, KASONGAN, YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN PENERAPAN TARGET COSTING PADA INDUSTRI BOGIMIN KERAMIK, KASONGAN, YOGYAKARTA.

Daur hidup usaha keramik ini tidak selalu stabil. Terkadang ramai pembeli namun terkadang pula sepi akan pembeli ataupun pesanan. Penjualan produk biasanya terjadi secara musiman. Biasanya pada saat liburan hari-hari besar di mana banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang pergi ke sentra industri keramik di Kasongan ini untuk membeli cendera mata khas dari Yogyakarta. Bogimin Keramik merupakan salah satu industri keramik yang berada di daerah Kasongan, Yogyakarta. Bogimin Keramik ini sudah 5 tahun berdiri dengan pemiliknya yang bernama Bogimin, S. Sos. Bapak Bogimin mengelola sendiri industri ini bersama dengan istrinya serta dibantu oleh beberapa tenaga kerja yang berasal dari masyarakat di daerah sekitar desa Kasongan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects