Islam pada masa Dinasti Tang

Top PDF Islam pada masa Dinasti Tang:

Perkembangan dan peranan umat Islam di Cina pada masa kekaisaran dinasti Ming (1368-1644 m)

Perkembangan dan peranan umat Islam di Cina pada masa kekaisaran dinasti Ming (1368-1644 m)

Perlu diketahui masyarakat Cina lebih mematuhi adat istiadat para leluhur mereka, serta kepatuhannya terhadap para dewa-dewa di langit termasuk persoalan mistis. Bahkan para Kaisar-Kaisar yakin bahwa mereka memerintah dengan mandat dari langit (dewa-dewa), sebagai “The Son of Heaven” putera langit. Setiap aspek kehidupan masyarakat Cina, selalu diwarnai dengan adat istiadat leluhur mereka, bahkan di dalam mengatur tata ruangan ataupun arsitektur rumah dan kehidupan, masyarakat Cina selalu menggunakan jasa Geomancer. Hal ini mereka lakukan untuk mengetahui posisi Feng Shui yang cocok bagi mereka. Feng Shui sendiri berkembang pada masa Dinasti Tang (618-905 M) 33 . Perlu diketahui bahwa cara berpikir dan pandangan hidup bangsa Cina, adalah mengikuti para leluhur, dengan melakukan pemujaan terhadap para leluhur mereka. Para penguasa baik yang kecil maupun yang besar, hidupnya tergantung kepada leluhurnya 34 .
Baca lebih lanjut

71 Baca lebih lajut

Sejarah Perkembangan Islam Di Nusantara

Sejarah Perkembangan Islam Di Nusantara

Sufyan) ke Kerajaan Ho Ling (Kalingga) di Jawa yang diperintah oleh Ratu Shima. Ta-Shih juga ditemukan dari berita Jepang yang ditulis tahun 748 M. Diceritakan pada masa itu terdapat kapal-kapal Po-sse dan Ta-Shih KUo. Menurut Rose Di Meglio, istilah Po-sse menunjukan jenis bahasa Melayu sedangkan Ta- Shih hanya menunjukan orang-orang Arab dan Persia bukan Muslim India. Juneid Parinduri kemudian memperkuat lagi, pada 670 M, di Barus Tapanuli ditemukan sebuah makam bertuliskan HaMim. Semua fakta tersebut tidaklah mengherankan mengingat bahwa pada abad ke-7, Asia Tenggara memang merupakan lalu lintas perdagangan dan interaksi politik antara tiga kekuasaan besar, yaitu Cina dibawah Dinasti Tang (618-907), Kerajaan Sriwijaya (abad ke-7-14), dan Dinasti Umayyah (660-749).
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Islam di antara Arab, Cina, dan Nusantara.

Islam di antara Arab, Cina, dan Nusantara.

Selama Dinasi Tang, Cina sangat toleran terhadap agama baru dan Cina berhubungan dengan utusan-utusan asing dengan baik. Islam diperkenalkan ke Cina melalui jalan sutra oleh bangsa Arab. Meskipun banyak yang percaya bahwa Islam tiba di Cina selama masa Dinasti Sui, namun laporan resmi pertama dari kedatangan Islam terjadi selama Dinasti Tang. Orang-orang Islam mennguasai perdagangan asing selama Dinasti Song, dan, ketika imigrasi berjalan lambat selama Dinasis Yuan dan Ming, Islam sangat terintegrasi dalam masyarakat Cina.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

BAB IX PERADABAN ISLAM DI SPANYOL

BAB IX PERADABAN ISLAM DI SPANYOL

Al-Manshur Billah meninggal tahun 1002 M di Madinaceli. Ia merupakan negarawan dan jendral Arab yang terbesar di Spanyol. Menurut ahli sejarah, Dozy, pada masa ini rakyat lebih makmur dari masa sebelumnya Dia digantikan oleh anaknya bernama al- Muzaffar yang berhasil mempertahankan kondisi ini, selama 6 tahun. Muzaffar mewariskan jabatannya kepada saudaranya bernama Abdur Rahman yang julukannya Sanchol, yang tidak memiliki kualitas bagi jabatan itu. Sepeninggal Muzaffar, Spanyol dilanda kerusuhan dan akhirnya mengalami kehancuran total. Pada tahun 1009 M Khalifah mengundurkan diri. Bebarapa orang yang dicoba untuk menduduki jabatan itu tidak ada yang sanggup memperbaiki keadaan . Akhirnya pada trahun 1013 M, Dewan Menteri yang memerintah Cordova menghapus jabatan Khalifah (Watt, 1990:217-218).
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN

PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN

Perlakuan kejam Abbul Abbas tidak hanya terbatas pada mereka yang masih sidup saja, bahkan ia menodai makam-makam keturunan Umayyah. Ia mengeluarkan jenazah mereka dari kuburan lalu membakarnya menjadi abu. Dengan cara demikian Abbul Abbas membuktikaan gelar dirinya sebagai as-Saffah (si pernumpah darah atau si haus darah) dan sekaligus merealisasikan sumpahnya suaktu penobatan sebagai khalifah. Masa pemerintahan Abbul Abbas tidak berjalan lama, hanya sekitar lima tahun. Ia meninggal di istana Ambariyah pada tahun 133 H/ 754 M. Akibat serangan penyakit cacar. Namun sebelum meninggal, ia telah menunjuk saudaranya yang bernama Abul Jaa’far sebagai pengganti tahta kerajaan. Sekalipun ia terkenal kejam. namun masa pemerintahannya dipandang sebagai pemerinyahan yang disiplin. Ia diakui sebagai penguasa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN ISLAM DI ASIA TENGAH

PERKEMBANGAN ISLAM DI ASIA TENGAH

Semasa Dinasti Golden Horde yang berada dilembah Sungai Embu dan Danau Ural, telah lahir seorang politikus yang ulung seperti Berke, seorang pendiri Sarai Baru dan penghapus Yassa dengan syari'at Islam dan pelindung Islam. Ia merupakan penguasa terbaik pada abad XIII M. Selanjutnya Uzbeg Khan yang merupakan periode kejayaan Golden Horge. Ia menerapkan semua administrasi negara dengan aturan Islam yang telah dibangun semasa Berke. Uzbeg telah mendirikan bangunan yang indah termasuk masjid dan lembaga-lembaga pendidikan, perdagangan pun maju pesat dan banyak dikunjungi wisatawan dari belahan dunia termasuk dari China. Pada masa kepemimpinannya, sejarah telah mencatat dalam dinasti Golden Horde bahwa periode ini merupakan negara Islam yang paling sempurna berkat jasa Uzbeg.Dinasti selanjutnya adalah dinasti Ilkhan, yaitu dinasti yang mana islamisasinya paling maju dan terdepan dalam sejarah bangsa Mongol. Diantara penguasanya yang sukses adalah Ghazan Khan yang memerintah di Iran. Ia adalah penguasa VII yang paling berbakat, meskipun ia keturunan Mongol tetapi gaya kepemimpinannya berbeda dengan pendahulunya. Pemimpin yang adil dan bijaksana yang paling dicintai rakyat dari berbagai lapisan. Reformasi disegala sistem pemerintahan seperti sistem ekonomi ia bangun
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

sosiologi 012

sosiologi 012

Shalahuddin al Ayyubi sangat berusaha keras dalam menghadapi perang salib, dan dalam membentengi umat Islam dari kristenisasi. Misalnya memberi sumber untuk pembangunan masjid, pembuatan sekolah gratis kepada siswa muslim yang tidak mampu, dan pemberian sandang pangan bekas namun masih layak pakai. Sikap seorang negarawan yang tegas dan berani sepertinya patut dicontoh apalagi pada saat sekarang ini yang lebih mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama. Seperti sikap tegas Shalahuddin yang langsung mencopot jabatan para amir yang lemah di mana keberadaan mereka justru mengganggu gerakan jihad yang mulai digelar olehnya, para aparatur yang melakukan korupsi, dan yang bersekongkol dengan penjahat dan perampok. Rasa yang sangat mengutamakan pendidikan dan pengetahuan juga penting untuk dilanjutkan pada setiap generasi. Karena ilmu dan pendidikan merupakan modal utama untuk menjaga dan mempertahankan kebudayaan atau peradaban Islam. Ilmu juga mendapat tempat yang sama pentingnya dengan agama, yaitu untuk mengetahui ajaran- ajaran agama dan hukum-hukum Islam.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

SEJARAH SENI RUPA CINA UNTUK MEMENUHI TU

SEJARAH SENI RUPA CINA UNTUK MEMENUHI TU

Tiga ribu tahun lalu, Tiongkok telah mencapai kemajuan cukup besar di bidang seni lukis. Dalam kitab-kitab kuno sudah terdapat catatan tentang kegiatan seni lukis. Pada zaman dinasti Qin dan Han, 2000 tahun lebih yang lalu, adalah masa awal imperium feodal dengan kekuasaan monarki. Selama masa itu, seni lukis Tiongkok kebanykan adalah lukisan dinding untuk

9 Baca lebih lajut

RPP SKI MTs Kurikulum 2013 Kelas 7,8,9 Semester 1 dan 2 -  Administrasi Sekolah

RPP SKI MTs Kurikulum 2013 Kelas 7,8,9 Semester 1 dan 2 - Administrasi Sekolah

Islamiyah. 1.1. Menghayati nilai-nilai perjuangan Walisongo dalam mensyiarkan Islam. 1.2. Menghayati usaha dakwah yang dilakukan Abdul Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyári dalam beramar ma’ruf nahi munkar.

8 Baca lebih lajut

Omar Khayyam (1048-1131) kontribusinya terhadap peradaban Islam pada masa Dinasti Saljuk.

Omar Khayyam (1048-1131) kontribusinya terhadap peradaban Islam pada masa Dinasti Saljuk.

Pengaruhnya kepada rakyat makin lama makin besar. Akhirnya timbullah kekhawatiran permaisuri dari Khagar (raja) Uighur yang bernama Khagar Baigu, jika pengaruh Saljuk akan melebihi pengaruh suaminya. Kemudian Ia pun direncanakan akan dibunuh. Akan tetapi rencana ini diketahui oleh Saljuk, maka Ia pun mengumpulkan seluruh keluarga dan sukunya untuk meninggalkan daerah tersebut membela pegunungan Thian Shandan menuju daerah kesebelah barat, yaitu daerah kekuasaan Islam. Akhirnya saljuk dan pengikutnya sampai di daerah kekuasaan Amir Abdul Malik ibn Nuh (343-350/954-961M) penguasa daulat Samaniah dan pengikutnya mendiami daerah Jundi, sebuah wilayah dekat Bukhara. Sesampainya di wilayah Samaniah ini merekapun memeluk agama Islam dengan aliran Sunni. 3
Baca lebih lanjut

89 Baca lebih lajut

Hadhoroh Sejarah Perkembangan Islam. docx

Hadhoroh Sejarah Perkembangan Islam. docx

Pada tahun 1453, Turki dibawah pimpinan Sultan Muhammad II berhasil menaklukkan Byzantium dengan terlebih dahulu menyerang Konstantinopel dari arah belakang yakni laut hitam sehingga mengejutkan tentara byzantium timur. Dari Byzantium, tentara turki usmani terus melakukan perlawanan sampai ke kota Wina di Austria. Setelah itu, tentara Turki Usmani mundur kembali ke Semenanjung Balkan dan menguasai daerah ini selama kurang lebih empat abad. Baru pada abad ke-19, daerah ini berhasil melepaskan diri dari kekuasaan Islam. Akan tetapi, kota konstantinopel masih tetap dikuasai dinasty Umayyah dan berubah menjadi Istanbul. Semenjak tentara Islam menginjakan kakinya di Andalusia hingga jatuhnya kerajaan Islam terakhir disana, Islam memainkan peranan yang sangat besar. Masa itu berlangsung lebih dari tujuh setengah abad. Sejarah panjang yang dilalui umat Islam di Andalusia itu dapat dibagi menjadi berberapa periode.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PERANAN QUTAIBAH BIN MUSLIM DALAM PERLUASAN WILAYAH ISLAM PADA MASA DINASTI UMAYYAH

PERANAN QUTAIBAH BIN MUSLIM DALAM PERLUASAN WILAYAH ISLAM PADA MASA DINASTI UMAYYAH

Mereka berkata “jadikan kami satuan tersendiri dan biarkan kami memerangi mereka, jika memang mereka menginginkan perang dan pembantaian”. 57 Muhammad Ali menulis dalam bukunya Para Panglima Islam Penakluk Dunia, Qutaibah bin Muslim setuju dan menzinkan kabilah tersebut, sehingga kabilah Azud bergerak maju untuk berperang. Sementara Qutaibah bin Muslim duduk dengan mengenakan pakaian kuning sambil melihat mereka beraksi. Kedua kubu menjalani peperangan yang mematikan. Keunggulan rupanya berpihak pada para pasukan sekutu Wardan. Tidak lama kemudian, mereka berhasil menghancurkan kekokohan pasukan Azud. Mereka terus maju hingga memasuki wilayah unit pengaturan dan perkemahan wanita. Para wanita pun keluar untuk menghadapi kekuatan musuh, hingga berhasil menebas kepala-kepala kuda. Qutaibah bin Muslim turun tangan dan memerintahkan kepada pasukannya untuk mengepung pasukan sekutu Wardan dan menghancurkannya. Pasukan musuh segara mundur dan melarikan diri ke kawasan yang lebih tinggi untuk berlindung. Lantas Qutaibah bin Muslim berkata. “siapa yang bisa menghilangkan mereka dari tempat ini?” tidak
Baca lebih lanjut

114 Baca lebih lajut

SKI VII MTs BUKU SISWA 2013.A

SKI VII MTs BUKU SISWA 2013.A

Namun karena Hasan ternyata lemah sementara Mu’awiyah bin Abi Sufyan bertambah kuat, maka Hasan bin Ali menyerahkan pemerintahannya kepada Mu’awiyyah bin Abi Sufyan. Mu'awiyah merupakan pendiri dinasti Bani Umayyah. Karier politik Mu'awiyah mulai meningkat pada masa pemerintahan Umar bin Khattab. Setelah kematian Yazid bin Abu Sufyan pada peperangan Yarmuk, Mu'awiyah diangkat menjadi kepala di sebuah kota di Syria. Karena sukses memimpinya, menjadi gubernur Syria oleh khalifah Umar. Mu'awiyah selama menjabat sebagai gubernur Syria, giat melancarkan perluasan wilayah kekuasaan Islam sampai perbatasan wilayah kekuasaan Bizantine. Pada masa pemerintahan khalifah Ali Ibn Abu Thalib, Mu'awiyah terlibat konflik dengan khalifah Ali untuk mempertahankan kedudukannya sebagai gubernur Syria. Sejak saat itu Mu'awiyah mulai berambisi untuk menjadi khalifah dengan mendirikan dinasti Umayyah. Setelah menurunkan Hasan Ibn Ali, Mu'awiyah menjadi penguasa seluruh imperium Islam,dan menaklukan Afrika Utara merupakan peristiwa penting dan bersejarah selama masa kekuasaannya.
Baca lebih lanjut

187 Baca lebih lajut

Dinasti Mamluk: Sumbangannya Terhadap Islam

Dinasti Mamluk: Sumbangannya Terhadap Islam

Abstraksi: Sejarah perkembangan Islam di dunia banyak mengalami perkembangan yang bersifat fluktuasi, dinasti demi dinasti bermunculan dan kemudian saling tenggelam. Namun semua dinasti tersebut telah tercatat dalam perkembangan sejarah dunia, dan masing-masing dinasti tersebut telah memberikan sumbangan yang besar dalam sejarah perkembangan Islam. Tidak terkecuali dinasti Mamluk. Pemerintahan dinasti Mamluk yang panjang, merupakan negara Islam yang paling lama bertahan hidup diantara imperium Abbasiyah dan Ummaiyah, dapat dibagi menjadi dua periode. Pertama pemerintaan mamluk Bahri, dimulai sejak berdirinya dinasti Mamluk pada tahun 1250 sampai berakhirnya pemerintahan Hajji II 1390 M. Kedua, periode pemerintahan Mamluk Burji (al-Mamalik al-Burjiyah) yang mulai memerintah pada tahun 1390 M, ketika Barquq berkuasa untuk kedua kalinya dan berakhir ketika pemerintahan ini dikalahkan oleh kerajaan Turki Utmani pada tahun 1517 M. Dalam pemerintahan dinasti mamluk mulai saat ini berkembang ilmu sosiologi dan filsafat sejarah, ilmu politik, ilmu tata usaha, ilmu peperangan dan ilmu kritik sejarah. Dinasti mamluk juga banyak mengalami kemajuan di bidang arsitektur. Banyak arsitek di datangkan ke Mesir untuk membangun sekolah-sekolah dan masjid-masjid yang indah. Bangunan-bangunan lain yang didirikan pada masa ini diantaranya adalah rumah sakit, museum, perpustakaan, Villa, makam, kubah dan menara masjit.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Soal UKK   UAS SKI Kelas 8 SMP   MTs Semester 2   Genap

Soal UKK UAS SKI Kelas 8 SMP MTs Semester 2 Genap

Salah satu ibrah yang dapat dipetik bagi seorang ulama dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah adalah ..... waspada terhadap upaya kristenisasi c.[r]

3 Baca lebih lajut

21882776 Dinamika Intelektual Masa Dinasti Muwahhidun

21882776 Dinamika Intelektual Masa Dinasti Muwahhidun

istilah abad keemasan (‘ashr adzdzhab). Pada masa ini seluruh aktivitas intelektual mengalami kejayaan mulai dari pemunculan ide-ide intelektual, lahirnya karya-karya ilmiah, dinamisnya institusi pendidikan dan maraknya lawatan ilmiah yang dilakukan para ilmuwan ke berbagai pusat-pusat pengetahuan. Umat Islam masa klasik memiliki semangat untuk meningkatkan kondisi manusia melalui pengetahuan. Rangkaian prestasi intelektual yang dicapai pada masa dinasti Muwahhidundapat menjadi catatan penting untuk mengangkatnya dalam deskripsi singkat agar menjadi renungan untuk umat Islam dalam mengembalikan semangat keintelektualan umat Islam yang pernah ada.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

RPP SKI MTs Kurikulum 2013 Kelas 7,8,9 Semester 1 dan 2 -  Administrasi Sekolah PROGRAM SEMESTER 2

RPP SKI MTs Kurikulum 2013 Kelas 7,8,9 Semester 1 dan 2 - Administrasi Sekolah PROGRAM SEMESTER 2

Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang 4 JP 2 2 2.5... ADE ISYA ANSHORI, M.MPd.[r]

2 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang - Penerapan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII B MTs Muslimat NU Palangka Raya - Digital Library IAIN Palangka Raya

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang - Penerapan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII B MTs Muslimat NU Palangka Raya - Digital Library IAIN Palangka Raya

observasi awal, ketika proses pembelajaran di kelas ada sebagian siswa yang kurang memperhatikan pelajaran saat guru menjelaskan materi, ketidakaktifan siswa dalam bertanya, berdiskusi, kurangnya menyumbangkan ide atau pendapat, kurang percaya diri, dan kurangnya kerja sama dengan siswa lain, pada saat belajar mengajar hanya menerima materi yang disajikan guru. Dan juga suasana kelas yang tidak kondusif karena di dalam satu kelas terdapat 40 orang siswa sehingga proses belajar mengajar kurang efektif. 6 Pada saat observasi ke dua, sama halnya yang terjadi pada observasi awal, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran, dan juga kurangnya penekanan guru terhadap siswa pada materi perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti abbasiyah 7 . Serta dari hasil wawancara dengan ibu M sebagai guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muslimat NU Palangka Raya kelas VIII B bahwa belum pernah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Proses pembelajaran SKI dominan menggunakan metode ceramah dan
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

SILABUS SKI Kls 8 MTs

SILABUS SKI Kls 8 MTs

Menanya - Memberikan tanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentang tokoh-tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah..[r]

19 Baca lebih lajut

Silabus SKI Kelas 8

Silabus SKI Kelas 8

Menanya - Memberikan tanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentang tokoh-tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.. [r]

3 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...