jati diri bangsa

Top PDF jati diri bangsa:

Memudarnya Eksistensi Jati Diri Bangsa dan Cara Mengatasinya | Karya Tulis Ilmiah

Memudarnya Eksistensi Jati Diri Bangsa dan Cara Mengatasinya | Karya Tulis Ilmiah

Globasisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat mendunia, dimana batas wilayah bukan lagi hambatan yang berarti. Hubungan antar bangsa berlangsung lebih aktif. Setiap bangsa pun tidak menutup diri dari bangsa lain. Indonesia ssebagai bangsa yang terbuka harus siap menerima pengaruh tersebut. Negara yang berhasil mewujudkan globalisasi harus dapat memanfaatkan globalisasi dalam segi kehidupan tetapi juga harus mampu menyaringnya melalui ideologi bangsa yang kokoh, dengan begitu negara tersebut akan berkembang secara cepat. Sebaliknya, apabila ketahanan ideologi dan pandangan hidup suatu bangsa rapuh, globalisasi justruakan membuat jati diri bangsa tersebut memudar. Dibawah ini merupakan beberapa hal yang harus dilakukan untuk antisipasi dampak budaya asing.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Paper : DEKONSTRUKSI JATI DIRI BANGSA MINANGKABAU.

Paper : DEKONSTRUKSI JATI DIRI BANGSA MINANGKABAU.

Penelitian ini berjudul “Dekonstruksi Jati Diri Bangsa Minangkabau”, masalah pada penelitian ini adalah bagaimana problema tragedi jati diri bangsa Minangkabau dalam novel Tambo (Sebuah Pertemuan) dan novel Ular Keempat karya Gus tf Sakai. Seandainya tidak dikaji persoalan ada apa dibalik tragedi problema jati diri bangsa Minangkabau, maka apakah Indonesia akan kehilangan salah satu kekayaan yang mendasar. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif post-positivisme, lebih tepatnya post-strukturalis dengan teori dekonstruksi “jejak” (trace) Jaques Derrida.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Dari uraian di atas pemerintah perlu mengeluarkan undang- undang untuk mengatur semua itu. Dalam hal ini Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menerbitkan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Hal tersebut ditempuh pemerintah karena pada zaman era globalisasi seperti sekarang ini bangsa Indonesia dituntut untuk dapat mempertahankan diri di tengah-tengah pergaulan antar bangsa. Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah persoalan jati diri bangsa yang dituangkan melalui jati diri bahasa. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemerintah mempunyai tanggungjawab yang besar terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia, sebagai upaya pemerintah untuk mempertahankan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa. Kita sadari saat ini bangsa kita justru seolah-olah sedang bergeser untuk menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris untuk kepentingan dunia pendidikan atau ekonomi. Tak heran kata-kata serapan dari bahasa asing kian banyak memperkaya kosa kata bahasa Indonesia. Tuntutan kepentingan dunia pendidikan yang berpadu dengan tuntutan serapan dunia kerja (ekonomi) menjadikan bahasa asing Inggris menjadi bahasa wajib di tanah air.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Memudarnya Eksistensi Jati Diri Bangsa dan Cara Mengatasinya

Memudarnya Eksistensi Jati Diri Bangsa dan Cara Mengatasinya

Masuknya budaya asing ke indonesia disebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi yang meracuni indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. Begitu cepatnya pengaruh budaya asing tersebut menyebabkan terjadi mundurnya jati diri bangsa (culture shock), yaitu suatu keadaan dimana masyarakat tidak mamapu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Adanya penyerapan unsur budaya luar yang di lakukan secara cepat dan tidak melalui suatu proses internalisasi yang mendalam dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan antara wujud yang di tampilkan dan nilai-nilai yang menjadi landasannya atau yang biasa disebut ketimpangan budaya.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Bagaimana jati diri bangsa indonesia sekarang

Bagaimana jati diri bangsa indonesia sekarang

- Tidak, karena akan merusak kepribadian bangsa Indonesia yang seharusnya sesuai dengan nilai-nilai pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia. Untuk itu kita perlu menyaring budaya- budaya yang mengglobalisasi hingga masuk ke negara kita danmelindungi budaya bangsa kita melalui pengajaran nilai – nilai budaya bangsa Indonesia yang sesuai jati diri bangsa

2 Baca lebih lajut

Membangun Jati Diri Bangsa Melalui Pendidikan Profetik

Membangun Jati Diri Bangsa Melalui Pendidikan Profetik

sebagai   epigon   dari   barat   yang   belum   tentu   sesuai   dengan   kondisi masyarakat.   Ajaran   lokal   yang   sarat   dengan   nilai   moral   seringkali dianggap   kuno   dan   tidak   sesuai   dengan   jamannya   karena   teropong modernitas telah menjebak membentuk pemikiran bahwa sesuatu yang modern   diposisikan   sebagai   sesuatu   yang   lebih   baik.   Pendidikan   kita agaknya   sedang   menderita   “sakit   leher”   karena   keengganan   untuk kembali menengok ajaran moral dan nilai­nilai lokal untuk diintegrasikan dalam praktek pendidikan. Atau materialisasi pendidikan melalui budaya konsumerisme juga sudah meracuni dunia pendidikan. Bongkar pasang kurikulum mulai dari konsep CBSA, MBS (School Based Management), Manajemen  Berbasis  Masyarakat (Community  Based Management),  Life Skill  sampai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) mungkin ada dan   terus   dilakukan.   Proses   tambal   sulam     dan   uji   coba   (triar   error) merupakan   indikator   sederhana   bahwa   dunia   pendidikan   telah kehilangan identitas dan rasa percaya dirinya bahwa wilayah garapannya demikian strategis dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa.  
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

REVITALISASI JATI DIRI BANGSA SEBAGAI PE

REVITALISASI JATI DIRI BANGSA SEBAGAI PE

Justru budaya yang beraneka ragam tersebut mampu berhubungan dan berinteraksi satu dengan yang lainnya secara selaras dan serasi. Oleh sebab itulah perlu selalu disadari dan dipahami bersama bahwa bangsa Indonesia ini memang dibentuk dari suku-suku bangsa yang memiliki budaya yang beraneka ragam. Maka langkah utama yang perlu ditempuh dalam rangka membangun kehidupan baru bagi bangsa Indonesia di masa depan adalah menggunakan salah satu asas dalam konsepsi kemandirian lokal, yaitu “pendekatan kebudayaan”, sebagai bagian utama dari strategi pembangunan masyarakat dan bangsa. Implementasi pendekatan kebudayaan dalam pembangunan bangsa diyakini akan dapat menumbuhkan kebanggaan pada setiap anak bangsa terhadap diri dan budayanya dan pada gilirannya akan menumbuhkan pula toleransi dan pengertian akan keberadaan budaya lainnya. Hal ini merupakan faktor utama perekat persatuan bangsa.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

DEKONSTRUKSI JATI DIRI BANGSA MINANGKABAU.

DEKONSTRUKSI JATI DIRI BANGSA MINANGKABAU.

Dalam penelitian ditemukan dekonstruksi teks dan dekonstruksi jejak. Teks dan jejak tragedi jati diri tidak hanya pada bangsa Minangkabau tetapi juga untuk seluruh bangsa- bangsa di Indonesia. Tragedi itu adalah rekayasa politik kekuasaan dengan cara mengacaukan defenisi bangsa. Padahal Indonesia bukanlah sebuah bangsa tetapi multi- bangsa atau multi-nation. Koentjaraningrat mengukuhkan konsep “sukubangsa” yang merupakan konsep kamuplase politik kekuasaan sentralistik, bukan konsep realitas sosio- budaya antropologis.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAHASA MELAYU DI PERSIMPANGAN: ANTARA JATI DIRI DENGAN REMPUHAN GLOBALISASI (THE MALAY LANGUAGE AT CROSSROADS: BETWEEN IDENTITY AND THE ONSLAUGHT OF GLOBALISATION)

BAHASA MELAYU DI PERSIMPANGAN: ANTARA JATI DIRI DENGAN REMPUHAN GLOBALISASI (THE MALAY LANGUAGE AT CROSSROADS: BETWEEN IDENTITY AND THE ONSLAUGHT OF GLOBALISATION)

Kita melihat kembali kepada kes bangsa Melayu. Ada kes bangsa lain, seperti bangsa Maori di New Zealand yang mengalami proses penenggelaman oleh bangsa lain yang baru datang. Hal ini bermula dengan kedatangan penjajah Inggeris. Sebelum itu, bangsa Maori berasal daripada leluhur yang sama. Pada masa ini penduduk New Zealand terdiri daripada 20 peratus Maori, tujuh peratus Asia, tujuh peratus Polinesia dan 66 peratus Eropah. Setelah berlaku perkahwinan campur, maka jati diri bangsa Maori turut berubah. Adakah generasi Maori yang akan datang masih mempunyai jati diri yang sama? Hal ini kerana apabila wujud banyak bangsa yang berlainan, maka konsep 'apa-apa yang bukan kita' menjadi semakin penting dalam menentukan jati diri sesuatu bangsa (Morris 2005, 7 dalam Asmah 2005a). Hal ini bermakna, apabila terdapat banyak kaum lain bermastautin dalam sesebuah negara, maka prinsip 'apa-apa yang bukan kita'akan lebih diutamakan dalam menentukan jati diri sesebuah bangsa. Di Malaysia jelas dilihat isu ini apabila Cina dan India tidak diterima sebagai Melayu. Mereka kekal sebagai Cina atau India, tidak menjadi Melayu kerana tidak menganuti agama Islam. Bagi orang Austronesia lain selain Melayu (umpamanya Iban) yang bukan Islam juga tidak digelar Melayu tetapi diberikan istilah bumiputera. Menuturkan Bahasa yang Sama
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PARIWISATA DAN PEMBANGUNAN KARAKTER JATI DIRI BANGSA

PARIWISATA DAN PEMBANGUNAN KARAKTER JATI DIRI BANGSA

Nilai-nilai budaya yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan dasar bagi pengembangan jati diri bangsa yang membentuk karakter bangsa Indonesia. Pariwisata sebagai sarana untuk membina dan meningkatkan jati diri bangsa melalui pengembangan individu sehingga mampu mengembangkan potensi dirinya. Dalam skala bangsa, tanpa adanya jati diri, suatu bangsa akan mudah terombang-ambing dan kehilangan arah dalam menghadapi era global yang ditandai dengan meluasnya perdagangan bebas.

1 Baca lebih lajut

121925 AKJ 2005 06 14 Refleksi Semangat Kebangsaan di UST

121925 AKJ 2005 06 14 Refleksi Semangat Kebangsaan di UST

Stetment : (pembangunan jati diri bangsa...................................pemahamaan terhadap budaya ) Pembangunan dan jati diri bangsa ditunjukan untuk mewujudkan karakter bangsa dan system social yang berakar / unik / moderen dan unggul / jati diri tersebut merupakan kombinasi antara nilai luhur bangsa / religius / kebersamaan dan persatuan / nilai modern yang universal / etos kerja dan prinsip tata kepemerintahan yang baik // diharapkan budaya yang inovatif / berorientasi iptek terus kembangkan agar bangsa indonesia / mampu berjaya diera persaingan global / pengembangan iptek serta keseniaan diletakkan dalam rangka peningkatan harkat dan martabat dan peradapan manusia //Iqbal melaoprkan untu AKJ/RBTV//
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Mahfud MD: Anomali Terlalu Lama, Lunturkan Jati Diri Bangsa

Mahfud MD: Anomali Terlalu Lama, Lunturkan Jati Diri Bangsa

Hadir di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Dr Mahfud MD, disambut hangat oleh rektor, Dr Muhadjir Effendy, MAP, Rabu (20/07). Kehadiran Mahfud terkait undangan sebagai pembicara seminar dan dialog kebangsaan yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Selain Mahfud, pembicara lain adalah Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dr. Saleh Daulay. Dialog mengambil tema Jati Diri Bangsa dalam Perspektif Hukum, Sosial dan Politik.

1 Baca lebih lajut

Kajian Etnomatematika Dan Jati Diri Bangsa

Kajian Etnomatematika Dan Jati Diri Bangsa

Jati diri atau disebut juga identitas merupakan ciri khas yang menandai seseorang, sekelompok orang, atau suatu bangsa. Jati diri bangsa adalah pandangan hidup yang berkembang di dalam masyarakat yang menjadi kesepakatan bersama, berisi konsep, prinsip, dan nilai dasar yang diangkat menjadi dasar negara sebagai landasan statis, ideologi nasional, dan sebagai landasan dinamis bagi bangsa yang bersangkutan dalam menghadapi segala permasalahan menuju cita-citanya. Tidak ada suatu bangsa yang hidup terpisah dari akar budayanya dan tidak ada suatu bangsa yang hidup tanpa pengaruh dari luar. Bangsa yang besar adalah bangsa yang hidup dengan kelenturan budayanya untuk mengadaptasi unsur-unsur luar yang dianggap baik dan dapat memperkaya nilai-nilai lokal yang dimiliki. Ketidakmampuan beradaptasi dengan budaya luar akan menempatkan bangsa tersebut ke dalam kekeringan atau kekerdilan identitas. Pada akhirnya terobsesi dengan budaya luar dan pada saat yang sama mencampakkan tradisi dan nilai baik lokal sehingga menjadikan bangsa tersebut kehilangan identitas. Akibatnya bangsa tersebut tidak pernah menjadi dirinya sendiri. Bangsa Indonesia menjadikan Pancasila menjadi sebagai jati diri bangsa yang mengandung arti bahwa Pancasila menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang tidak akan ditemukan pada bangsa lain berikut dengan semboyan bhineka tunggal ika.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Review Jurnal Budaya Bangsa Jati Diri da

Review Jurnal Budaya Bangsa Jati Diri da

Dalam jurnalnya yang berjudul “Budaya Bangsa, Jati Diri dan Integrasi Nasional”, Prof. Heddy Shri Ahimsa Putra memaparkan apa itu kebudayaan dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan kebudayaan. Dijelaskan bahwa arti kebudayaan yang paling relevan atau tepat adalah yang sesuai dengan hakikat manusia sebagai makhluk yang berbudaya dan memberikan implikasi penting yang bermanfaat untuk integrasi nasional dan jati dir bangsa. Manusia dianggap sebagai homo ludens (makhluk yang selalu bermain) dan homo economicus (keinginan memperoleh hasil).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Mobnas dan Jati Diri Bangsa

Mobnas dan Jati Diri Bangsa

Beberapa hari yang lalu kita telah memperingati Hari Teknologi Nasional.   Presiden   dalam   amanatnya   menegaskan   bahwa   industri maju memerlukan teknologi transportasi serta rancang bangun dan kontruksi yang handal. Bangsa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam   mengirim   barang   dari   satu   tempat   ke   tempat   lain   serta menampung   gerak   manusia   yang  makin   dinamis.   Apabila teknologi transportasi tidak dikuasai   pembangunan tentunya akan tersendat   dan   pemerataan   akan   sulit   kita   wujudkan.   Dengan demikian bangsa Indonesia perlu menguasai ilmu pengetahuan dan memanfaatkan   teknologi.   Penguasaan   teknologi   ini   memang   sudah diamanatkan   rakyat    melalui   GBHN.  Sektor   industri   sejak   satu dasawarsa yang lalu menjadi anak “emas” politik ekonomi  nasional dan   dianggap  sebagai     suatu   andalan   dalam   memacu  pertumbuhan ekonomi.   Karenanya,  tidak   mengherankan   kebijaksanaan   dan reformasiekonomi   seperti   wujud   dalam   alokasi   dana, pembangunan  jaringan infrastruktur dan sarana  pendukung lainnya seperti   SDM  sampai   pada . tindakan   proteksi   secara  langsung   yang
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Pendidikan Kesos Perkuat Jati Diri Bangsa

Pendidikan Kesos Perkuat Jati Diri Bangsa

Pembentukan karakter bangsa yang saat ini menjadi tema dalam pendidikan nasional menjadi pembahasan di setiap lini pendidikan, tak terkecuali dalam pendidikan kesejahteraan sosial. Setelah melalui beberapa agenda yang menyangkut tentang Kesejahteraan Sosial, dan yang terakhir tentang kurikulum inti pekerjaan sosial, Jurusan Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan kuliah tamu, Selasa (10/11).

2 Baca lebih lajut

KINERJA PANSUS BANK CENTURY  DALAM PERSPEKTIF PERS DAERAH  KINERJA PANSUS BANK CENTURY DALAM PERSPEKTIF PERS DAERAH (Analisis Framing Terhadap Teks Tajuk Rencana Harian Jawa Pos Dalam Mengkonstruksi Kinerja Panitia Khusus Hak Angket Bank Century).

KINERJA PANSUS BANK CENTURY DALAM PERSPEKTIF PERS DAERAH KINERJA PANSUS BANK CENTURY DALAM PERSPEKTIF PERS DAERAH (Analisis Framing Terhadap Teks Tajuk Rencana Harian Jawa Pos Dalam Mengkonstruksi Kinerja Panitia Khusus Hak Angket Bank Century).

Karya penelitian ini, disusun sebagai tugas akhir dalam program strata-1, sekaligus menjadi upaya penulis dalam meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi. Fokus pada kajian framing media, penelitian ini mengulas apa dan bagaimana harian Jawa Pos membingkai setiap realitas yang hadir mengenai Kasus dan Kinerja Pansus Century. Bingkai itu, yang dibangun oleh juga sejumlah pengaruh, kemudian menjadi pembatas sekaligus pijakan dalam setiap produk pemberitaan di Jawa Pos, termasuk teks tajuk rencananya: Jati Diri.

Baca lebih lajut

Show all 9955 documents...