jati diri bangsa

Top PDF jati diri bangsa:

Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

teknologi, bahkan dalam segala bidang. Namun yang perlu kita sadari jangan sampai bangsa Indonesia keblablasan dalam menggunakan bahasa asing tidak sesuai dengan kebutuhan. Jika hal tersebut terjadi terus bagaimana kedudukan bangsa Indonesia? Tentu jati diri bangsa akan ternodai, sehingga lambat laun dan secara perlahan-lahan generasi muda lebih senang dan bangga menggunakan bahasa asing dan akan malu menggunakan bahasa Indonesia apalagi jika merasa kampungan kalau menggunakan bahasa Indonesia. Itulah masalah yang mungkin akan muncul dan tentu masih banyak permasalahan lagi jika pemerintah tidak bertindak atau mengambil sikap. Maka kita harus menumbuhkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia. Untuk itu pemerintah melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dalam upaya pengembangan dan pembinaan bahasa di Indonesia, maka diterbitkanlah Undang-undang republic Indonesia Nomor 24 tahun 2000 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta lagu Kebangsaan. Dalam hal ini terutama bab III tentang bahasa Negara sebagai paying hukumnya.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Kajian Etnomatematika Dan Jati Diri Bangsa

Kajian Etnomatematika Dan Jati Diri Bangsa

Jati diri atau disebut juga identitas merupakan ciri khas yang menandai seseorang, sekelompok orang, atau suatu bangsa. Jati diri bangsa adalah pandangan hidup yang berkembang di dalam masyarakat yang menjadi kesepakatan bersama, berisi konsep, prinsip, dan nilai dasar yang diangkat menjadi dasar negara sebagai landasan statis, ideologi nasional, dan sebagai landasan dinamis bagi bangsa yang bersangkutan dalam menghadapi segala permasalahan menuju cita-citanya. Tidak ada suatu bangsa yang hidup terpisah dari akar budayanya dan tidak ada suatu bangsa yang hidup tanpa pengaruh dari luar. Bangsa yang besar adalah bangsa yang hidup dengan kelenturan budayanya untuk mengadaptasi unsur-unsur luar yang dianggap baik dan dapat memperkaya nilai-nilai lokal yang dimiliki. Ketidakmampuan beradaptasi dengan budaya luar akan menempatkan bangsa tersebut ke dalam kekeringan atau kekerdilan identitas. Pada akhirnya terobsesi dengan budaya luar dan pada saat yang sama mencampakkan tradisi dan nilai baik lokal sehingga menjadikan bangsa tersebut kehilangan identitas. Akibatnya bangsa tersebut tidak pernah menjadi dirinya sendiri. Bangsa Indonesia menjadikan Pancasila menjadi sebagai jati diri bangsa yang mengandung arti bahwa Pancasila menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang tidak akan ditemukan pada bangsa lain berikut dengan semboyan bhineka tunggal ika.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PARIWISATA DAN PEMBANGUNAN KARAKTER JATI DIRI BANGSA

PARIWISATA DAN PEMBANGUNAN KARAKTER JATI DIRI BANGSA

Nilai-nilai budaya yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan dasar bagi pengembangan jati diri bangsa yang membentuk karakter bangsa Indonesia. Pariwisata sebagai sarana untuk membina dan meningkatkan jati diri bangsa melalui pengembangan individu sehingga mampu mengembangkan potensi dirinya. Dalam skala bangsa, tanpa adanya jati diri, suatu bangsa akan mudah terombang-ambing dan kehilangan arah dalam menghadapi era global yang ditandai dengan meluasnya perdagangan bebas.

1 Baca lebih lajut

REVITALISASI JATI DIRI BANGSA SEBAGAI PE

REVITALISASI JATI DIRI BANGSA SEBAGAI PE

Dengan demikian, dalam kondisi masyarakat yang sedang dilanda krisis ini, Pancasila menjadi satu unsur penting. Melalui revitalisasi Pancasila sebagai wujud pemberdayaan Identitas Nasional inilah, pembangunan nilai-nilai berbudaya akan direalisasikan, jati diri bangsa akan semakin menguat sehingga mewujudkan satu Identitas yang Nasional di negeri kita.

5 Baca lebih lajut

Paper : DEKONSTRUKSI JATI DIRI BANGSA MINANGKABAU.

Paper : DEKONSTRUKSI JATI DIRI BANGSA MINANGKABAU.

Bangsa Minangkabau itu dihancurkan mentalitas jati dirinya habis-habisan (character assasination) oleh politik stigma pemberontak PRRI. Minangkabau mengalami ketercerabutan oleh empat hal, pertama oleh penaklukan, kedua oleh perang, ketiga oleh revolusi, keempat oleh narasi patriakhat. Bangsa Minangkabau yang “tidak mempunyai sejarah” adalah bangsa yang kalah dan tertindas. Adapun persoalan yang tersembunyi dibalik tragedi problema jati diri adalah persoalan kemanusiaan yang tragik. Salah satu jawaban dari pertanyaan mengapa tidak tumbuh lagi intelektual di Minangkabau adalah akibatnya jati diri bangsa Minangkabau sudah hancur menjadi “berserpihan” dan kehilangan integritas kosep jati diri.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Mahfud MD: Anomali Terlalu Lama, Lunturkan Jati Diri Bangsa

Mahfud MD: Anomali Terlalu Lama, Lunturkan Jati Diri Bangsa

Hadir di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Dr Mahfud MD, disambut hangat oleh rektor, Dr Muhadjir Effendy, MAP, Rabu (20/07). Kehadiran Mahfud terkait undangan sebagai pembicara seminar dan dialog kebangsaan yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Selain Mahfud, pembicara lain adalah Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dr. Saleh Daulay. Dialog mengambil tema Jati Diri Bangsa dalam Perspektif Hukum, Sosial dan Politik.

1 Baca lebih lajut

Pendidikan Kesos Perkuat Jati Diri Bangsa

Pendidikan Kesos Perkuat Jati Diri Bangsa

Dalam dunia pendidikan hal yang menjadi perhatian adalah generasi penerus, yang dalam hal ini Wawan menggambarkan mahasiswa selaku kaum yang dianggap intelek. Untuk itu dalam perguruan tinggi perlu dikembangkan budaya-budaya akademik yang menonjolkan karakter aktivis. Karena sejatinya pendidikan adalah cara yang paling efektif dalam mengembalikan jati diri bangsa.

2 Baca lebih lajut

Upaya Mewujudkan Jati Diri Bangsa Melalui Pembelajaran Kesantunan Konstruktif Dalam Pendidikan Bahasa

Upaya Mewujudkan Jati Diri Bangsa Melalui Pembelajaran Kesantunan Konstruktif Dalam Pendidikan Bahasa

panjang. Setidaknya sebagai pribadi, saya mengajak agar mewujudkan jati diri bangsa Indonesia dimulai dari cara sederhana sampai cara satu tingkat lebih komplek dan perlu pemikiran tingkat tinggi sesuai profesinya masing-masing. Contoh sederhana yang patut kita lakukan adalah bersikap layaknya orang Indonesia yang mencerminkan nilai- nilai Pancasila di manapun kita berada termasuk apabila kita sedang berada di negara asing. Dengan sikap bangsa Indonesia yang ramah tamah dan kejujuran, orang luar negeri akan memahami bahwa kita punya harga diri yang patut disegani dan dihormati. Begitu juga apa bila kita kedapatan tamu orang asing di Indonesia sudah sewajarnya jika kita beretika. Mereka kita jamu sebaik mungkin yang kita bisa. Kita berusaha melestarikan budaya leluhur kita, memakai, dan bangga atas apa yang kita miliki. Apabila anda seorang ayah maupun ibu mari kita kenalkan anak-anak kita warisan budaya seni dan adat-istiadat Indonesia ke generasi kita agar budaya Indonesia tetap terjaga. Dengan bersikap saling teposeliro dan saling menghormati tetangga. Saya yakin lambat laun proses upaya perwujudan jati diri bangsa ini akan terwujud.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Seminar Jati Diri BAngsa

Seminar Jati Diri BAngsa

UNIT PELAKSANA TEKNIS HUMAS UNIVERSITAS DIPONEGORO KLIPING Klasifikasi : Universitas Diponegoro Tema : Seminar Jati Diri Bangsa Surat Kabar / Majalah : Kedaulatan Rakyat Hari Kam[r]

1 Baca lebih lajut

Memudarnya Eksistensi Jati Diri Bangsa dan Cara Mengatasinya | Karya Tulis Ilmiah

Memudarnya Eksistensi Jati Diri Bangsa dan Cara Mengatasinya | Karya Tulis Ilmiah

Globasisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat mendunia, dimana batas wilayah bukan lagi hambatan yang berarti. Hubungan antar bangsa berlangsung lebih aktif. Setiap bangsa pun tidak menutup diri dari bangsa lain. Indonesia ssebagai bangsa yang terbuka harus siap menerima pengaruh tersebut. Negara yang berhasil mewujudkan globalisasi harus dapat memanfaatkan globalisasi dalam segi kehidupan tetapi juga harus mampu menyaringnya melalui ideologi bangsa yang kokoh, dengan begitu negara tersebut akan berkembang secara cepat. Sebaliknya, apabila ketahanan ideologi dan pandangan hidup suatu bangsa rapuh, globalisasi justruakan membuat jati diri bangsa tersebut memudar. Dibawah ini merupakan beberapa hal yang harus dilakukan untuk antisipasi dampak budaya asing.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Bagaimana jati diri bangsa indonesia sekarang

Bagaimana jati diri bangsa indonesia sekarang

- Tidak, karena akan merusak kepribadian bangsa Indonesia yang seharusnya sesuai dengan nilai-nilai pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia. Untuk itu kita perlu menyaring budaya- budaya yang mengglobalisasi hingga masuk ke negara kita danmelindungi budaya bangsa kita melalui pengajaran nilai – nilai budaya bangsa Indonesia yang sesuai jati diri bangsa

2 Baca lebih lajut

JATI DIRI BANGSA DAN KEUNAIRAN

JATI DIRI BANGSA DAN KEUNAIRAN

excellence with morality Jati Diri Bangsa Di berbagai negara sering dikenal istilah karakter atau character dari bahasa asing/Barat Pengertian jatidiri lebih luas dibandingkan de[r]

39 Baca lebih lajut

Membangun Jati Diri Bangsa Melalui Budaya, Pendidikan Karakter, Dan Sopan Santun Berbahasa

Membangun Jati Diri Bangsa Melalui Budaya, Pendidikan Karakter, Dan Sopan Santun Berbahasa

Pentingnya sopan santun berbahasa (Masnur Muslich 06 Maret 2010). Pepatah mengatakan bahasa menunjukkan bangsa, bahasa menunjukkan identitas kita. Dalam UUD 1945 pasal 36 mengamanatkan dengan jelas bahwa “Bahasa negara adalah Bahasa Indonesia. Jangan sampai kita mengingkari amanat tersebut. Sekarang saat yang tepat untuk mengampanyekan kembali sopan santun berbahasa, baik dalam media elektronik, media cetak, atau dalam kehidupan sehari-hari. Jati diri bangsa bisa terlihat dari pengguna bahasa Indonesia, rasa memiliki sehingga apabila ada pengguna bahasa Indonesia yang
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Memudarnya Eksistensi Jati Diri Bangsa dan Cara Mengatasinya

Memudarnya Eksistensi Jati Diri Bangsa dan Cara Mengatasinya

Jati diri?atau yang lazim juga disebut identitas?merupakan ciri khas yang menandai seseorang, sekelompok orang, atau suatu bangsa. Jika ciri khas itu menjadi milik bersama suatu bangsa, hal itu tentu menjadi penanda jati diri bangsa tersebut. Seperti halnya bangsa lain, bangsa Indonesia juga memiliki jati diri yang membedakannya dari bangsa yang lain di dunia. Jati diri itu sekaligus juga menunjukkan keberadaan bangsa Indonesia di antara bangsa lain. Salah satu simbol jati diri bangsa Indonesia itu adalah bahasa, dalam hal ini tentu bahasa Indonesia. Hal itu sejalan dengan semboyan yang selama ini kita kenal, yaitu ?bahasa menunjukkan bangsa?.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

140931 AKJ 2009 06 25 Pembangunan Jati Diri Bangsa Di DPD Golkar DIY

140931 AKJ 2009 06 25 Pembangunan Jati Diri Bangsa Di DPD Golkar DIY

Judul : pembangunan jati diri bangsa di DPD golkar DIY Tempat : DPD golkar DIY Rep : tim Tanggal.[r]

1 Baca lebih lajut

Membangun Jati Diri Bangsa Melalui Pendidikan Profetik

Membangun Jati Diri Bangsa Melalui Pendidikan Profetik

sebagai   epigon   dari   barat   yang   belum   tentu   sesuai   dengan   kondisi masyarakat.   Ajaran   lokal   yang   sarat   dengan   nilai   moral   seringkali dianggap   kuno   dan   tidak   sesuai   dengan   jamannya   karena   teropong modernitas telah menjebak membentuk pemikiran bahwa sesuatu yang modern   diposisikan   sebagai   sesuatu   yang   lebih   baik.   Pendidikan   kita agaknya   sedang   menderita   “sakit   leher”   karena   keengganan   untuk kembali menengok ajaran moral dan nilai­nilai lokal untuk diintegrasikan dalam praktek pendidikan. Atau materialisasi pendidikan melalui budaya konsumerisme juga sudah meracuni dunia pendidikan. Bongkar pasang kurikulum mulai dari konsep CBSA, MBS (School Based Management), Manajemen  Berbasis  Masyarakat (Community  Based Management),  Life Skill  sampai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) mungkin ada dan   terus   dilakukan.   Proses   tambal   sulam     dan   uji   coba   (triar   error) merupakan   indikator   sederhana   bahwa   dunia   pendidikan   telah kehilangan identitas dan rasa percaya dirinya bahwa wilayah garapannya demikian strategis dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa.  
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Show all 9955 documents...