Kabel Bawah Tanah

Top PDF Kabel Bawah Tanah:

ANALISIS TERMAL TERHADAP KABEL BAWAH TANAH PADA SALURAN DISTRIBUSI 20 KV MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD UNTUK MENGETAHUI PENGARUH KONDISI TERMAL TERHADAP AMPACITY KABEL

ANALISIS TERMAL TERHADAP KABEL BAWAH TANAH PADA SALURAN DISTRIBUSI 20 KV MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD UNTUK MENGETAHUI PENGARUH KONDISI TERMAL TERHADAP AMPACITY KABEL

Dengan ini saya menyatakan bahwa isi sebagian maupun keseluruhan Tugas Akhir saya dengan judul “ Analisis Termal Terhadap Kabel Bawah Tanah pada Saluran Distribusi 20 kV Menggunakan Finite Element Method untuk Mengetahui Pengaruh Kondisi Termal terhadap Ampacity Kabel ” adalah benar-benar hasil karya mandiri, diselesaikan tanpa menggunakan bahan-bahan yang tidak diijinkan dan bukan merupakan karya pihak lain yang saya akui sebagai karya sendiri. Semua referensi yang dikutip maupun dirujuk telah ditulis secara lengkap pada daftar pustaka.Apabila ternyata pernyataan ini tidak benar, saya bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku.
Baca lebih lanjut

122 Baca lebih lajut

Jenis Kabel Bawah Tanah Indonesia

Jenis Kabel Bawah Tanah Indonesia

Cara bekerjanya minyak sebagai isolasi adalah jika pada penghantar / konduktor, temperaturnya naik maka minyak akan mencair, ini akan mengalir kedalam lubang minyak dan bila temperaturnya turun minyak kembali akan membeku di dalam kabel dengan demikian tidak terjadi gelembung udara, sehingga dapat mencegah timbulnya kerusakan kabel.

12 Baca lebih lajut

Jenis jenis kabel  Bawah Tanah Indonesia

Jenis jenis kabel Bawah Tanah Indonesia

kabel dengan jalinan yang berbeda-beda tiap incinya. Semakin rapat jalinan tersebut, tingkat transimisi dan harganya semakin tinggi. Kabel UTP ini menggunakan konektor RJ-45 yang biasa digunakan untuk Ethernet, ISDN, atau sambungan telepon. Dengan kabel UTP, kita dapat mengirimkan data lebih banyak dibandingkan LAN. Sedangkan, kabel STP terdiri dari sepasang kabel yang dilindungi oleh timah, dan masing-masing kabel tersebut dibungkus oleh pelindung.

18 Baca lebih lajut

Bab 3 Kabel Bawah Tanah

Bab 3 Kabel Bawah Tanah

a. Apabila disepanjang rute galian kabel tidak terdapat hambatan-hambatan yang berarti ( misalnya ; menyeberang jalan, rel kereta api, parit atau sungai dan lain-lain ) dan berada di tepi tepi jalan, maka penarikan kabel dapat dilaksanakan dengan cara sebagai berikut :

11 Baca lebih lajut

adendum Risalah lampu LED 24 (lelang 2)

adendum Risalah lampu LED 24 (lelang 2)

Dalam pekerjaan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Sistem Kabel Bawah Tanah ini, Ornament lampu jalan yang digunakan adalah Ornament lampu yang menggunakan lampu Ligh Emmiting Dioede (LED) yang memiliki IP 66 , dan dibuktikan dengan sertifikat resmi. Kap Lampu Penerangan Jalan Umum tersebut dilengkapi dengan beberapa komponen, yaitu sebagai berikut :

4 Baca lebih lajut

Efisiensi Komunikasi Serat Optik untuk P

Efisiensi Komunikasi Serat Optik untuk P

ADSS (All-Dielectric Self-Supporting) adalah konsep paling sederhana untuk kabel Fiber- Optic udara: kabel Serat Optik bawah tanah dibuat lebih kuat agar bisa dipasang dengan menempelkannya ke serangkaian kutub. Kabel harus kuat secara fisik karena hanya didukung di setiap tiang di sepanjang rute dan harus menopang beratnya sendiri melintasi rentang setengah di setiap sisi tiang. Hal ini berbeda dengan kabel bawah tanah yang didukung penuh di dalam duktus atau di parit berisi seluruh panjangnya. Selain beratnya sendiri, kabel ADSS harus mendukung beban ekstra yang dipaksakan oleh tekanan angin dan dengan membangun es saat ini menjadi masalah di lokasi yang terpapar. Beban tambahan ini bisa signifikan dan memerlukan klem yang dirancang dengan hati-hati untuk menyebarkan regangan mekanis beberapa meter kabel di setiap tiang untuk mencegah risiko kerusakan. Kabel ADSS memiliki kelebihan sehingga mereka benar-benar bebas dari jaringan pasokan listrik, walaupun dipasang di tiang yang sama. Berpotensi kedua jaringan tersebut dapat dimiliki, dikelola dan dipelihara oleh berbagai organisasi, walaupun ada isu keselamatan saat orang melakukan pekerjaan instalasi dan perawatan di dekat konduktor listrik hidup.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Materi 6

Materi 6

C ontoh aplikasinya adalah penempatan pipa dan kabel bawah tanah, perencanaan fasilitas perawatan, pelayanan jaringan telekomunikasi 13.[r]

12 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN RADAR PENDETEKSI SALURAN KABEL LISTRIK DI BAWAH TANAH

RANCANG BANGUN RADAR PENDETEKSI SALURAN KABEL LISTRIK DI BAWAH TANAH

Radar pendeteksi saluran kabel bawah tanah adalah sebuah peralatan yang berfungsi mendeteksi objek benda di bawah permukaan tanah pada jarak tertentu menggunakan gelombang radio. Prototipe Radar terdiri atas 3 elemen penting, yaitu; Antena, pemancar dan penerima. Radar dirancang untuk keperluan dapat mendeteksi objek kabel listrik yang tertanam pada berbagai karakteristik elektrik medium tanah dan bekerja pada frekuensi 500 MHz dan amplitude 17 dBm. Metode yang digunakan untuk mengobservasi saluran kabel listrik menggunakan gelombang radio RF yang dipancarkan oleh antena ke dalam tanah. Jika tanah bersifat homogen, maka sinyal yang dipantulkan sangat kecil. Jika sinyal menabrak suatu inhomogenitas di dalam tanah, maka sinyal yang dipantulkan ke antena penerima levelnya besar. Sinyal ini kemudian diproses untuk mengetahui jarak objek saluran kabel listrik dalam tanah. Elemen radar disusun dari sub-sistem antena Tx dan Rx yang memiliki impedansi input sebesar 49 dan 48  , VSWR Tx dan RX 1,18 dan 1,58 beamwidth Tx dan Rx 30 0 , gain 3,1 dan 3,4 dBi serta bandwidth antena Tx \dan Rx adalah 28 dan 18 MHz. sub-sistem pemancar dapat memancar sinyal dengan daya maksimum 17 dBm. Sub-sitem penerima terdiri dari Low Noise Amplifier yang bekerja pada frekuensi RF 20-500 MHz dengan daya 1-5 watt. Filter berfungsi melewatkan sinyal yang bekerja pada frekuensi 16 MHz. Sub-sistem pemproses dibangun dari ATmega 328 Arduino. ATmega 328 memiliki 32 KB, 0,5 KB diduduki oleh bootloader. Ia juga memiliki 2 KB dari SRAM dan 1 KB EEPROM yang dapat dibaca dan ditulis dengan perpustakaan EEPROM. terhubung ke pin yang sesuai dari ATmega 8U2 USB-to-TTL Serial Chip. PWM : 3, 5, 6, 9, 10, dan 11. Memberikan 8-bit PWM output dengan analogWrite () fungsi. Tampilan display LCD digunakan sebagai alat untuk indikator pembacaan jarak benda didalam tanah. Berdasarkan hasil pengujian pada media pasir kering, radar dapat mendeteksi kabel listrik pada kedalaman 2 meter dengan standar deviasi sebesar 1,19. Pada media pasir basah, radar mendeteksi keberadaan kabel listrik pada jarak 160 cm dengan standar deviasi sebesar 1,20. Pada media lempung kering diketahui bahwa radar dapat mendeteksi kabel listrik pada kedalaman 160 cm dengan deviasi pengukuran sebesar 1,40. Deteksi pengukuran menyimpang pada arah negatif dengan simpangan terbesar sebesar 4 cm lebih kecil dari kondisi sebenarnya. Pada tanah lempung basah jarak deteksi lebih pendek dengan yang lainnya, yaitu sebesar 140 cm dengan standar deviasi 1,11. Pada pengukuran ini diketahui bahwa jarak penetrasi gelombang kedalam tanah, mengalami penurunan pada tanah yang memiliki permetifitas dielektrik yang lebih besar.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

METODE PENAMBANGAN BAWAH TANAH (1)

METODE PENAMBANGAN BAWAH TANAH (1)

Tahapan selanjutnya setelah penyiapan lahan adalah proses hydroseeding. Hydroseeding adalah aktivitas penyebaran atau penyemaian lahan reklamasi dengan bibit tanaman perintis (umumnya yang digunakan adalah centrocema) yang sebelumnya telah dicampurkan dengan fertilizer dan aditif lainnya. Penyebaran dilakukan dengan truck hydro seeder. Hydro seeding ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tanah sehingga tanaman akan mendapatkan lingkungan yang baik.

14 Baca lebih lajut

Metode Penambangan Bawah Tanah urug

Metode Penambangan Bawah Tanah urug

Ada berbagai macam cara penambangan. ada tambang terbuka, ada tambang bawah tanah, dan ada tambang bawah air. tambang terbuka adalah tambang yang berhubungan langsung dengan udara bebas. sedangkan Tambang bawah tanah adalah, tambang dimana kegiatan penambangnya tidak langsung berkaitan dengan alam terbuka, atau udara bebas.

14 Baca lebih lajut

DETEKSI KABEL LISTRIK BAWAH TANAH DENGAN

DETEKSI KABEL LISTRIK BAWAH TANAH DENGAN

Kabel listrik yang umum diketahui masyarakat adalah pada tiang-tiang listrik. Namun pada kenyataannya, kebanyakan kabel itu tidak terlihat dan terpendam, baik itu di dalam tanah atau di dalam dinding beton. Masalah akan timbul ketika tanah atau dinding itu akan dilakukan pekerjaan, sehingga perlu diketahui posisi kedalaman kabel tersebut. Artikel ini akan mengetengahkan sebuah metode otomata secara aplikasi komputer dalam melacak keberadaan kabel listrik bawah tanah. Metode ini diimplementasikan menjadi perangkat lunak, sehingga tidak lagi sangat membutuhkan kepakaran seorang teknik untuk melacak dan menganalisa keberadaan kabel.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Analisis Termal Kabel Tanah Tegangan Menengah Menggunakan Metode Numerik

Analisis Termal Kabel Tanah Tegangan Menengah Menggunakan Metode Numerik

Kemampuan hantar arus suatu kabel tenaga dapat dihitung dengan metode analitik dan metode numerik. Metode analitik menggunakan persamaan rating arus dengan formula pendekatan yang terdapat pada standar IEC 60287. Metode numerik membutuhkan pendekatan iteratif untuk menentukan arus konduktor pada nilai tertentu dan menghitung suhu konduktor yang bersangkutan, kemudian arus diatur dan perhitungan suhu diulang hingga diperoleh nilai suhu tertentu dalam toleransi tertentu. Akan tetapi, metode numerik memberikan kemudahan dalam menganalisis sistem kabel yang kompleks dan memberikan kondisi batas yang lebih realistis.
Baca lebih lanjut

112 Baca lebih lajut

Metoda Penambangan Bawah Tanah (1)

Metoda Penambangan Bawah Tanah (1)

homogen yg terletak dibwh overburden bersifat segera runtuh -bat penutup mpy sifat runtuh -bjh bersifat kuat saat berlangsung dev dan segera runtuh bila undercut diledakan -daerah bjh relatif kering utk menghindari terbentuknya Lumpur yg akan mempersulit kontrol penarikan bijih -diperlukan kadar yg terdistribusi cukup seragam, mengingat block caving bersifat tdk selektif -ceb porphyry copper yg mpy bijih dan capping yg lemah. +: -biaya penambangan rendah -output tinggi 10000-100000 ton/hari -bersifat mekanisasi shg buruh sdkt -timber sdkt shg mengurangi bhy fire -prod terkonsentrasi shg pengawasan mudah -memungkinkan ventilasi natural dgn baik -kecelakaan ta rendah -: modal relatif besar dan periode waktu sebelum ta berprod cukup lama -tjd dilution bjh dgn waste -bjh kdr rendah pd capping dan pd bts bb akan hilang -tdk fleksibel, tdk dpt diubah ke met lain Pemilihan Metode Scr Numerik Parameter yg digunakan: 1.geometri dan distribusi kadar cebakan 2.kekuatan massa batuan utk daerah bijih, hangingwall dan footwall 3.biaya penambangan dan modal yg dibutuhkan 4.laju penambangan 5.tipe kemampuan buruh/ tenaga kerja 6.masalah lingkungan 7.pertimbangan2 khusus lainnya Data Yg diperlukan 1. Geologi Interpretasi geologi mrpkn bag penting dlm evaluasi min. Dr interpretasi tsb dpt dibuat peta2 penampang dan potongan geologi yg dpt menunjukan tipe bat utama, zona alterasi, urat, sumbu lipatan dll. 2. Geometri Cebakan dan Distribusi Kadar Dr interpretasi geologi dpt ditetapkan geometri dan distribusi kadar. Geometri ceb dinyatakan dlm: -Bentuk : dimensi teratur, lembaran-tabung, tak beraturan. -Ketebalan bijih : tipis, sedang, tebal, sangat tebal -Penunjaman : datar, sedang, curam -Kedalaman bijih -Distribusi kadar : seragam, bertahap, tak menentu 3.Karakteristik Mek-Bat Meliputi : -Kekuatan batuan intack : mrpkn nisbah kuat tekan uniaxial thd tek tanah penutup. -Spasi rekahan : ditentukan berdasarkan banyaknya pecahan per meter atau RQD (rock Quality Designation). RQD adl jml pjg semua potongan inti yg > atau sama dgn 2 kali diameter inti, dibagi dengan total pjg pemboran. -Kuat geser pecahan (lemah, sedang, kuat)
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Sistem Pentanahan Pada Jaringan Tegangan

Sistem Pentanahan Pada Jaringan Tegangan

Sistem pentanahan pada jaringan distribusi digunakan sebagai pengaman langsung terhadap peralatan dan manusia bila terjadinya gangguan tanah atau kebocoran arus akibat kegagalan isolasi dan tegangan lebih pada peralatan jaringan distribusi. Petir dapat menghasilkan arus gangguan dan juga tegangan lebih dimana gangguan tersebut dapat dialirkan ke tanah dengan menggunakan sistem pentanahan.

12 Baca lebih lajut

Metode Pada Tambang bawah tanah adalah

Metode Pada Tambang bawah tanah adalah

Sub Level Caving merupakan suatu cara penambangan yang mirip top slicing tetapi penambangan dari sub level artinya penambangan dari atas ke bawah dan setiap penambangan pada suatu level dilakukan lateral atau meliputi seluruh ketebalan bijih. Endapan bijih antara dua sub level ditambang dengan cara meruntuhkan atau mengambrukkan.

7 Baca lebih lajut

Catatan dari Bawah Tanah Proses Kemenjad

Catatan dari Bawah Tanah Proses Kemenjad

Kesimpulannya, novel Catatan dari Bawah Tanah ini merupakan perjalanan tokoh aku dalam menjadi diri sendiri. Kemenjadian ini dilewati melalui proses hubungan dengan individu lain. Namun proses menjadi diri sendiri ini belum usai selama tokoh aku tersebut hidup. Sebab pengalaman tokoh aku belum usai, pengalaman itu tak terbatas dan tak selesai; menulis catatan merupakan salah satu cara melestarikan hubungan dengan diri sendiri. Sartre mengatakan, aku bukan diriku, dan aku akan menjadi diriku. Dengan membuat catatan tersebut tokoh aku berusaha menuju ke arah 'akan menjadi diri' dengan jalan mengabstraksi pengalaman yang sudah dilaluinya untuk menapak pengalaman-pengalaman yang akan dilaluinya.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Aktivitas penambangan bawah tanah istora

Aktivitas penambangan bawah tanah istora

Mucking pemuatan/loading Pemuatan pada tbt istilahnya hamper sama dengan pemuatan tambang terbuka tb yaitu pemuatan broken ore, dimuat keatas alat angkut untuk selanjutnya diangkut kelua[r]

3 Baca lebih lajut

Catatan Dari Bawah Tanah Proses Kemenjad

Catatan Dari Bawah Tanah Proses Kemenjad

Darurat Tanah Melayu telah berlaku bermula 1948 dan berakhir pada tahun 1960. Pada asasnya ianya adalah persengketaan antara Parti Komunis Malaya (PKM) dengan kerajaan British di Tanah Melayu. Semasa pendudukan Jepun di Tanah Melayu PKM telah berkerjasama dengan British dalam menentang kerajaan Jepun. Setelah Jepun menyerah kalah dan sementara British mengambil semula kuasa, PKM dan MPAJA keluar dari hutan lalu mengambil pemerintahan. Mereka telah melakukan penganiayaan keatas penduduk tempatan dan yang bersubahat dengan Jepun. Selama 3 bulan dalam masa peralihan, PKM mengadakan perbicaraan tersendiri melakukan kezaliman, membunuh ramai orang Melayu dan Cina serta mengancam seluruh penduduk. Kezaliman tersebut memuncak kepada pergaduhan yang besar apabila orang-orang melayu mengambil tindakan balas terhadap orang-orang cina di luar bandar. Apabila pentadbiran Tentera British (BMA) menguasai semula semenanjung, tiga orang pengurus ladang berbangsa Inggeris telah dibunuh di Sungai Siput Perak pada 16 Jun 1948, kerajaan menganggap pembunuhan ini telah dirancang oleh PKM dalam usaha mahu merampas kuasa. Peristiwa ini membawa kepada pengisytiharan darurat di Perak dan Johor pada 18 Jun 1948 1 , keesokkan harinya seluruh Tanah Melayu
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

METODE TAMBANG BAWAH TANAH (1)

METODE TAMBANG BAWAH TANAH (1)

Ada dua tahap utama dalam metode tambang bawah tanah: development (pengembangan) dan production (produksi). Pada tahap development, semua yang digali adalah batuan tak berharga. Tahap development termasuk pembuatan jalan masuk dan penggalian fasilitas-fasilitas bawah tanah lain.

18 Baca lebih lajut

Tambang Bawah Tanah 2 (1)

Tambang Bawah Tanah 2 (1)

Berbagai macam jenis gas berbahaya, tumpah ruah dan banyak terdapat di dalam tambang bawah tanah. Metan adalah gas berbahaya yang ditemui di tambang batubara bawah tanah. Sedangkan utuk tambang bijih bawah tanah, gas yang paling berbahaya adalah carbonmonodioxide (CO). Para pekerja tambang bawah tanah rawan terpapar dengan gas beracun. Akibat sirkulasi udara terowongan yang terbatas, gas-gas beracun tidak bisa langsung terlepas ke atmosfer. Beberapa gas beracun ini antara lain CO, CO2, H2S, NOx, dan SO2. Gas ini dapat terjadi akibat proses peledakan, emisi kendaraan dan alat berat maupun gas yang terlepas alami oleh kondisi batuan. Pada banyak kondisi, sulit membuat kadar masing- masing gas itu menjadi benar-benar nol. Oleh karena itu ditetapkanlah ambang batas. Tidak ada satupun pun gas yang boleh melebihi ambang batas ini. Jika terdapat dalam kadar tinggi, gas-gas ini dapat menyebabkan kematian.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...