Kantor Pertanahan

Top PDF Kantor Pertanahan:

MEDIASI DALAM SENGKETA PERTANAHAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PATI.

MEDIASI DALAM SENGKETA PERTANAHAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PATI.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana jenis perkara/sengketa pertanahan yang diselesaikan melalui mediasi di kantor pertanahan Kabupaten Pati, (2) apa latar belakang masyarakat memilih proses mediasi dalam penyelesaian sengketa pertanahan di kantor pertanahan Kabupaten Pati,(3) bagaimana proses penyelesaian sengketa pertanahan melalui mediasi di kantor pertanahan Kabupaten Pati,(4) bagaimana hambatan atas penyelesaian sengketa atas tanah tersebut di kantor pertanahan Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui sengketa hukum atas yang menyebabkan konflik,(2) untuk mengetahui mengapa masyarakat sering memilih proses mediasi dalam penyelesain sengketa,(3) untuk mengetahui langkah-langkah dan proses penyelesaian sengketa pertanahan yang diselesaikan dengan mediasi,(4) mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan selama proses penyelesaian sengketa serta hasil akhir atas sengketa tanah.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

NASKAH PUBLIKASI  PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK TANGGUNGAN   Pelaksanaan Pendaftaran Hak Tanggungan Sebagai Implementasi Asas Publisitas Dalam Hak Tanggungan (Studi di Kantor Pertanahan Kota Surakarta).

NASKAH PUBLIKASI PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK TANGGUNGAN Pelaksanaan Pendaftaran Hak Tanggungan Sebagai Implementasi Asas Publisitas Dalam Hak Tanggungan (Studi di Kantor Pertanahan Kota Surakarta).

Pendaftaran Hak Tanggungan terlebih dahulu harus dibuatkan Akta Pembebanan Hak Tanggungan di Kantor Notaris PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) ,setelah memperoleh Akta tersebut kemudian di daftarkan pada Kantor Pertanahan setempat dalam tenggang waktu 7 hari setelah Akta tersebut dibuat oleh Notaris PPAT. Pendaftaran Hak Tanggungan di Kantor Pertanahan ini merupakan implementasi dari asas Publisitas dalam Hak Tanggungan karena Hak Tanggungan wajib didaftarkannya di kantor pertanahan setempat sesuai Pasal 13 Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan. Pemberian Hak Tanggungan wajib didaftarkan pada Kantor Pertanahan. Selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja setelahpenandatanganan APHT. PPAT wajib mengirimkan APHT yang bersangkutan dan warkah lain yang diperlukan kepada Kantor Pertanahan. Pendaftaran Hak Tanggungan dilakukan oleh Kantor Pertanahan dengan membuatkan buku-tanah Hak Tanggungan dan mencatatnya dalam buku- tanah hak atas tanah yang menjadi obyek HakTanggungan serta menyalin catatan tersebut pada sertipikat hak atas tanah yang bersangkutan. Di dalam Sertipikat Hak Tanggungan terdapat irah- irah “ DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANANYANG MAHA ESA ”. Selain itu juga terdapat APHT yang menyertainya dan dibendel menjadi satu dengan Sertipikat Hak Tanggungan. Yang kemudian Sertipikat Hak Tanggungan tersebut diberikan kepada Pemegang hak Tanggungan. Dimana Pendafatarn Hak Tanggungan di Kantor Pertanahan Kota Surakarta ini sesuai dengan Ketentuan Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

UPDATING DATA PERSIL PADA APLIKASI GEO KKP KEL. LABUHAN DALAM KEC. TANJUNG SENENG KANTOR PERTANAHAN KOTA BANDAR LAMPUNG

UPDATING DATA PERSIL PADA APLIKASI GEO KKP KEL. LABUHAN DALAM KEC. TANJUNG SENENG KANTOR PERTANAHAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Salah satu sistem informasi pertanahan yang terdapat di Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung adalah Aplikasi Geo KKP (Geospasial Komputerisasi Kantor Pertanahan), terkait dengan aplikasi tersebut khususnya Kelurahan Labuhan Dalam Kecamatan Tanjung Seneng adalah wilayah yang data spasial maupun tekstual yang belum di update sehingga dibutuhkan proses pembaruan data (update) dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan selanjutnya di Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung seperti melihat persil-persil tanah, jenis hak tanah,dll.
Baca lebih lanjut

66 Baca lebih lajut

PENUTUP  TUGAS DAN FUNGSI KANTOR PERTANAHAN DALAM PENYELESAIAN SERTIPIKAT TANAH HAK MILIK GANDA (OVERLAPPING) UNTUK MEWUJUDKAN KEPASTIAN HUKUM DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS).

PENUTUP TUGAS DAN FUNGSI KANTOR PERTANAHAN DALAM PENYELESAIAN SERTIPIKAT TANAH HAK MILIK GANDA (OVERLAPPING) UNTUK MEWUJUDKAN KEPASTIAN HUKUM DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS).

menujukkan batas tanah yang salah sehingga terjadi tumpang tindih (overlapping) , Kantor Pertanahan perlu membuat blanko sertipikat yang tidak dapat dipalsukan, melakukan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi pencurian blanko sertipikat baik oleh oknum Kantor Pertanahan atau pihak luar serta meningkatkan kedisiplinan aparat Kantor Pertanahan.

12 Baca lebih lajut

Implementasi Sistem Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Implementasi Sistem Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat, Nikmat, Hidayah dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul “IMPLEMENTASI SISTEM KOMPUTERISASI KANTOR PERTANAHAN (KKP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Langkat). Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan di Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, dalam memperoleh gelar sarjana Ilmu Administrasi Negara. Semoga Rahmat dan Karunia dari Allah SWT selalu mengalir dan menyertai penulis dalam menyempurnakan karya ilmiah ini.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Sebagai Prediktor Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pertanahan Kota Ambon T2 832009010 BAB V

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Sebagai Prediktor Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pertanahan Kota Ambon T2 832009010 BAB V

Berdasarkan uraian dan hasil analisis statistik dalam bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja dapat dijadikan sebagai prediktor terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kota Ambon.

5 Baca lebih lajut

Analisis peran kantor pertanahan kantor pertanahan

Analisis peran kantor pertanahan kantor pertanahan

Upaya permohonan sertifikasi tanah Paku Alam telah dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Seksi Pengukuran, Bapak Obed 5 . Beliau mengatakan bahwa, “ Ya kami telah melaksanakan permohonan pensertifikatan PAG melalui dana keistimewaan dari Pemda DIY. Salah satunya di Karangwuni yang luasan lahannya 50- an hektare.” Hasil inventarisasi yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo berupa peta bidang tersebut digunakan untuk pengumuman. Setelah pengumuman tersebut selama dua bulan maka sertifikat atas tanah Paku Alam Ground tersebut sudah dapat diterbitkan.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Implementasi Sistem Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Implementasi Sistem Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Pelayanan publik yang selama ini cenderung di citrakan jelek terus menjadi masalah, baik itu di tingkat publik maupun di lingkungan pemerintahan itu sendiri. Perkembangan zaman pun mengharuskan pemerintah harus membuat suatu strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Hal inilah yang di lakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Langkat dalam meningkatkan kualitas pelayanannya dengan menerapkan sistem Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya dibidang pertanahan terhadap masyarakat.

1 Baca lebih lajut

Kantor e Beckett kantor pertanahan

Kantor e Beckett kantor pertanahan

Non c’è modo qui di approfondire temi di tanta portata, ma forse si dovrà almeno sottolineare come l’idea kantoriana di «realtà del rango pi basso» riguardi direttamente la sua visione dell’essere umano in quanto oggetto e non pi soggetto della Storia (si pensi qui alla centralità del manichino, nonch in seguito alla sua stessa nozione di bio-oggetto, intro - dotta nel saggio l l ogo teatrale). fronte di un ormai ineluttabile «di - sprezzo dell’artista verso la storia universale’ e ufficiale» (cos Kantor in Salvare dall’oblio) 17 , e nell’attesa di un impossibile ritorno di Odisseo
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

JURNAL AHP KANTOR 2014 kantor pertanahan

JURNAL AHP KANTOR 2014 kantor pertanahan

Kriteria-kriteria yang mempengaruhi penentuan lokasi rencana pemindahan pusat perkantoran Kota Pekanbaru adalah sebagi berikut, yaitu: (i) Kriteria fisik yang meliputi ketersediaan dan kepemilikan lahan, jenis tanah dalam kawasan dan daya dukung tanah dalam mendukung pembangunan, (ii) Kriteria aksesibilitas yang meliputi waktu tempuh ke lokasi (titik tinjauan kantor Gubernur Riau), jarak tempuh ke lokasi (titik tinjauan kantor Gubernur Riau), dan biaya transportasi, (iii) Kriteria infrastruktur yang meliputi ketersediaan akses jalan menuju kawasan, ketersediaan jaringan air bersih, ketersediaan jaringan listrik, dan ketersediaan sarana telekomunikasi, dan (iv) Kriteria lingkungan yang meliputi kawasan bebas dari banjir, bebas dari polusi suara, dan jauh dari tempat pembuangan akhir sampah (TPAS). Tingkat pengaruh kriteria-kriteria penentuan lokasi pemindahan pusat perkantoran Kota Pekanbaru antara lain kriteria aksesibilitas 42,5%, kriteria fisik 28,2%, kriteria infrastruktur 21,3%, dan kriteria lingkungan 8%. Berdasarkan analisa AHP terhadap kriteri-kriteria secara keseluruhan, usulan lokasi untuk pemindahan pusat perkantoran kota Pekanbaru adalah di Jalan Badak, Kelurahan Sail Kecamatan Tenayanraya dengan persentase kriteria sebesar 43,5%.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009

Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud dalam pasal 6, Pejabat Perwakilan Kantor Pertanahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 bertindak untuk dan atas nama Kepala Kantor Pertanahan Induk dan wajib menggunakan stempel Kantor Pertanahan Induk dan membuat laporan bulanan pelaksanan tugasnya kepada Kepala Kantor Pertanahan Induk dengan tembusan kepada Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca lebih lajut

Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2009

Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2009

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud dalam pasal 6, Pejabat Perwakilan Kantor Pertanahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 bertindak untuk dan atas nama Kepala Kantor Pertanahan Induk dan wajib menggunakan stempel Kantor Pertanahan Induk dan membuat laporan bulanan pelaksanan tugasnya kepada Kepala Kantor Pertanahan Induk dengan tembusan kepada Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca lebih lajut

Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2009

Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2009

Menimbang : a. bahwa sehubungan dibentuknya Kabupaten Buton Utara yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Muna, maka dalam rangka peningkatan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanahan perlu dibentuk Perwakilan Kantor Pertanahan;

Baca lebih lajut

keputusan kepala bpn nomor 76 tahun 2008 ttg pakaian dinas pns bpn

keputusan kepala bpn nomor 76 tahun 2008 ttg pakaian dinas pns bpn

KETIGA : Segala biaya yang diperlukan dalam rangka pengadaan Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia dibebankan pada anggaran masing-masing Satuan Unit Kerja (Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional dan Kantor Pertanahan).

Baca lebih lajut

peraturan kepala bpn nomor 7 tahun 2007 ttg panitia pemeriksaan tanah

peraturan kepala bpn nomor 7 tahun 2007 ttg panitia pemeriksaan tanah

Di sini harus dilakukan analisi secara mendalam dan secara utuh atas seluruh aspek yang diperlukan bagi penetapan hak atas tanah dimaksud. Harus ditelaah semua pembiayaan yang akan dikeluarkan oleh subyek hak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Di sini juga harus disajikan dan ditelaah seluruh syarat dan batasan (hak dan kewajiban) pemegang hak serta proses administrasi yang harus diikuti baik oleh subyek hak maupun oleh Kantor Pertanahan. Hal yang terakhir ini sangat diperlukan untuk nantinya melakukan pengendalian atas hak yang telah ditetapkan. Cara termudah untuk menetapkan hak dan kewajiban bagi subyek hak adalah dengan menurunkan seluruh aturan yang berkaitan dengan hak atas tanah, tentu tergantung jenis hak yang ditetapkan dan proses perolehan haknya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009

Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6, Pejabat Perwakilan Kantor Pertanahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 bertindak untuk dan atas nama Kepala Kantor Pertanahan Induk dan wajib menggunakan stempel Kantor Pertanahan Induk dan membuat laporan bulanan pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Kantor Pertanahan Induk dengan tembusan kepada Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca lebih lajut

PELAKSANAAN BALIK NAMA SERTIFIKAT HAK MILIK  DALAM JUAL BELI  TANAH Pelaksanaan Balik Nama Sertifikat Hak Milik Dalam Jual Beli Tanah.

PELAKSANAAN BALIK NAMA SERTIFIKAT HAK MILIK DALAM JUAL BELI TANAH Pelaksanaan Balik Nama Sertifikat Hak Milik Dalam Jual Beli Tanah.

Pemeriksaan sertifikat hak atas tanah tersebut diperlukan untuk memastikan kesesuaian data teknis dan yuridis antara sertifikat tanah dengan buku tanah di Kantor Pertanahan. Pemeriksaan sertifikat hak atas tanah juga dilakukan PPAT yang bertujuan untuk memastikan bahwa tanah yang menjadi objek jual beli tersebut sedang tidak terlibat dalam sengketa hukum, sedang tidak dijaminkan, tidak sedang berada dalam penyitaan pihak yang berwenang, serta tidak ada pemblokiran. Dimana jika ada catatan di dalam buku tanah yang ada di BPN, maka penjual berkewajiban terlebih dahulu untuk membersihkan catatan tersebut. Jika catatan tersebut berupa pemblokiran, maka blokir tersebut harus diangkat terlebih dahulu. Karena tanpa proses ini jual beli tidak akan bisa dilakukan. Dalam hal ini pihak penjual harus juga menyertakan surat pernyataan bahwa objek tanah yang diperjual- belikan tidak dalam sengketa hukum.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Surat Edaran Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 SE V 2013 Tanggal 17 Mei 2013

Surat Edaran Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 SE V 2013 Tanggal 17 Mei 2013

Dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance), perlu ditunjuk juru bicara pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional dan Kantor Pertanahan.

Baca lebih lajut

Sistem Dan Prosedur Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PTPN III Unit Sei Mangkei

Sistem Dan Prosedur Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PTPN III Unit Sei Mangkei

Dijelaskan bahwa khusus terhadap pencatatan hapusnya hak atas tanah yang dibatasi masa berlakunya ( seperti Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, Hak Pakai) dan diperlukan penegasan dari Pejabat yang berwenang. Pendaftaran hapusnya hak atas tanah yang disebabkan oleh dilepaskan hak tersebut oleh pemegangnya dilakukan oleh Kepala Kantor Pertanahan berdasarkan permohonan dari pihak yang berkepentingan dengan melampirkan: Dalam acara melepaskan hak maka selain harus ada bukti, bahwa yang melepaskan adalah pemegang haknya, juga perlu diteliti apakah pemegang hak tersebut berwenang untuk melepaskan hak yang bersangkutan.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2005

Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2005

Dalam hal terdapat keadaan yang bersifat khusus yang berkaitan dengan teknis pelayanan, administrasi keuangan, kondisi geografis dan transportasi di daerah, tanggal mulai berlakunya SPOPP dan jangka waktu pelaksanaan penyelesaian pelayanan pertanahan ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Propinsi berdasarkan usul Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...