kebijakan harga BBM

Top PDF kebijakan harga BBM:

DAMPAK KEBIJAKAN HARGA BBM TERHADAP KEMI

DAMPAK KEBIJAKAN HARGA BBM TERHADAP KEMI

Gejolak perekonomian global melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Untuk itu, berbagai kebijakan pengendalian harga BBM telah dilakukan pemerintah yang berdampak pada tingkat PDB, jumlah pengangguran, serta jumlah orang miskin. Data BPS menyebutkan jumlah orang miskin 2008 sebesar 15.42 % penduduk Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kebijakan harga BBM dengan angka kemiskinan. Sehingga diketahui variabel-variabel yang berpengaruh terhadap sistem untuk dapat mengelaborasi pengaruh kebijakan harga BBM terhadap masyarakat miskin di Indonesia. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah permodelan sistem dinamik untuk mengevaluasi kebijakan yang telah dilakukan. Variabel yang mempengaruhi kemiskinan antara lain adalah pendapatan, pendidikan, kesehatan dan tingkat kesempatan kerja.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

DAMPAK KEBIJAKAN HARGA BBM TERHADAP KEMI

DAMPAK KEBIJAKAN HARGA BBM TERHADAP KEMI

transportasi, biaya produksi sehingga berpengaruh juga padaharga-harga barang yang lain. Kebutuhan bahanmakanan pokok pun juga terpengaruh, antara lain beras dan minyak goreng.Untuk mengetahui kebijakan pemerintahyang selama ini belum dilakukan dalam rangkameningkatkan kesejahteraan masyarakat diIndonesia, maka diperlukan suatu kajian atau studiyaitu dengan penghampiran permodelan sistem.Salah satu teknik yang dapat digunakan adalahmelalui pendekatan sistem dinamik.

9 Baca lebih lajut

ANALISIS KEBIJAKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) OLEH PEMERINTAH TERHADAP HARGA SAHAM,ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (Studi Kasus pada Sektor Aneka Industri dan Sektor Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015).

ANALISIS KEBIJAKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) OLEH PEMERINTAH TERHADAP HARGA SAHAM,ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (Studi Kasus pada Sektor Aneka Industri dan Sektor Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015).

Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan setelah adanya kebijakan harga BBM oleh pemerintah pada sektor perbankan dan sektor aneka industri dan terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity sebelum dan setelah kenaikan harga BBM tanggal 17 November 2014 pada sektor perbankan, namun pada sektor aneka industri tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada peritiwa penurunan harga BBM tanggal 1 Januari 2015 dan 21 Januari 2015 pada sektor perbankan dan sektor aneka industri tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Proposal Skripsi Media dan Indoensia

Proposal Skripsi Media dan Indoensia

Umum Nasional Demokrat. Kedua aktor pemilik media tersebut sama-sama mencalonkan diri sebagai Calon Presiden pada pemilu tahun ini. Oleh karena itu, untuk melihat secara spesifik intervensi aktor pemilik media online terhadap media online maka kedua aktor tersebut merupakan pilihan yang tepat. untuk menunjukkan intervensi pada media online dalam mengkonstruksikan pemberitaan tentang kebijakan harga BBM.

12 Baca lebih lajut

FGD   Kenaikan Harga BBM

FGD Kenaikan Harga BBM

Satu-satunya komoditas yang memiliki resonansi global adalah Minyak. Harga minyak merupakan fakta ekonomi sekaligus fakta politik yang saling berkaitan. Sebagai faktor produksi, minyak merupakan jenis komoditas strategis. Kenaikan harga minyak akan memicu kenaikan harga barang-barang lainnya.

1 Baca lebih lajut

Pengaruh kenaikan harga BBM terhadap harga pokok dan jumlah permintaan kayu olahan jenis kamper Samarinda oven pada CV. Sinar Bogor

Pengaruh kenaikan harga BBM terhadap harga pokok dan jumlah permintaan kayu olahan jenis kamper Samarinda oven pada CV. Sinar Bogor

Harga pokok waktu sebelum terjadinya kenaikan harga BBM rata–rata lebih rendah apabila dibandingkan dengan sesudah terjadinya kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM membuat harga pokok pada perusahaan CV Sinar Bogor meningkat sebesar 0,70 %-20,55 %. Hal ini disebabkan karena setelah harga BBM naik, biaya produksi meningkat seiring dengan melonjaknya harga hampir semua barang dan jasa yang menjadi input bagi proses produksi pembuatan kusen, pintu dan jendela. Kenyataan ini seperti yang ditulis oleh Zamroni (2003), bahwa dampak penghapusan subsidi BBM akan mempengaruhi produksi yang ada di masyarakat. Dampak penghapusan subsidi BBM akan berpengaruh pada biaya produksi, baik berupa peningkatan biaya BBM, maupun secara tidak langsung berupa meningkatnya biaya transportasi. Kenaikan harga BBM sekecil apapun pasti memberikan dampak terhadap transportasi yang mengakibatkan produsen menaikan harga barang. Nugroho (2005) menyatakan bahwa kenaikan bahan bakar minyak akan mendorong harga barang lain untuk meningkat karena bahan bakar minyak digunakan sebagai input produksi barang-barang lain, sehingga ketika harga minyak naik biaya produksi juga ikut naik.
Baca lebih lanjut

87 Baca lebih lajut

DAMPAK KEBIJAKAN KENAIKAN HARGA BBM DAN

DAMPAK KEBIJAKAN KENAIKAN HARGA BBM DAN

Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika/Vol 1, No,1, Desember 2011.ISSN No.2089-4309 Page 2 Dari sisi individu masyarakat, kenaikan harga BBM telah membuat daya beli menjadi turun. Mereka akan melakukan penyesuaian pola konsumsinya. Hal ini karena jumlah pendapatan tidak mengalami kenaikkan. Apabila mereka harus mempertahankan tingkat utilitas sebelum kenaikan harga minyak, maka diperlukan dana kompensasi kenaikan BBM agar utilitas mereka tidak mengalami perubahan. Apabilia kompensasi tidak dilakukan, maka masyarakat akan melakukan pengurangan konsumsi non makanan dan dampaknya terjadi penurunan utilitas sebagai dampak dari pendapatan (income effect) yang tidak mampu mempertahankan utilitas masyarakat (Nicholson, 2000). Akibat hal ini, kenaikan harga mempunyai pengaruh pada tingkat kemiskinan (poverty effect). Program BLT dapat digunakan sebagai dana kompensasi dari kenaikan harga minyak. Tentu tidak semua individu masyarakat dapat diberikan kompensasi secara penuh. Pemerintah telah menetapkan jumlah kompensasi dari kenaikan harga minyak diberikan kepada penduduk yang berada dalam garis kemiskinan sebesar Rp100.000 per bulan per rumah tangga (bukan per kepala).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

HARGA BBM dan id. doc

HARGA BBM dan id. doc

JAKARTA, KOMPAS – Komisi VII DPR akan meminta penjelasan pemerintah yang menaikkan harga bahan bakar minyak jenis premium dan solar mulai 28 maret lalu. Pemerintah dinilai kurang terbuka dalam penetapan harga dasar premium dan solar dan tidak menyepakati evaluasi harga yang dilakukan setiap awal bulan.

1 Baca lebih lajut

Tugas Mata Kuliah Analisis Kebijakan Pub

Tugas Mata Kuliah Analisis Kebijakan Pub

Jika mengacu pada UUD tersebut, penulis berpendapat bahwa pemerintah tidak boleh mengurangi kesejahteraan masyarakat dengan membuat masyarakat tidak mampu membeli BBM, selain itu BBM adalah komoditas yang memiliki multiplier effect besar terhadap perekonomian, saat BBM dinaikkan, maka harga rata-rata komoditas lain akan mengalami peningkatan, oleh karena itu kebijakan yang seharusnya dilakukan adalah mengkondisikan masyarakat seminimal mungkin menggunakan bahan bakar minyak.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Pengontrolan Harga BBM dan. docx

Pengontrolan Harga BBM dan. docx

 Pengontrolan Harga BBM Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas migas merekomendasikan kepada pemerintah untuk tetap mengendalikan harga bahan bakar minyak BBM agar masyarakat Indones[r]

1 Baca lebih lajut

Analisis Kebijakan Kenaikan Harga BBM Pada Masa Pemerintahan SBY-JK Periode 2004-2009

Analisis Kebijakan Kenaikan Harga BBM Pada Masa Pemerintahan SBY-JK Periode 2004-2009

terkait hampir ke semua sektor produksi, sehingga mempengaruhi struktur biaya produsen. Jika biaya produksi naik, maka harga produknya pun pasti dinaikkan. Hal ini lah yang akan sangat memberatkan masyarakat. Rendahnya tingkat pendapatan yang dimiliki oleh masyarakat jika ditambah lagi dengan tingginya biaya hidup, maka akan membuat hidup mereka semakin menderita. Program BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang diajukan oleh pemerintah sebagai dana kompensasi bagi masyarakat miskin juga dirasakan sangat tidak mencukupi memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Dana sebesar Rp100 ribu per bulan masih sangat terlalu kecil jika dibandingkan harga kebutuhan pokok yang sudah melambung tinggi. Hal ini ditambah lagi dengan resiko pendistribusian dana yang tidak merata karena data yang dipakai pemerintah untuk menetapkan penduduk yang berhak mendapatkan dana bantuan itu mengacu pada data BPS (Badan Pusat Statistik) yang terkadang tidak lagi relevan dengan kondisi riil yang ada. 8 Para pengamat ekonomi juga sudah memprediksi angka masyarakat miskin akan semakin bertambah pasca kenaikan harga BBM. Jika sebelum kenaikan BBM yang ketiga kali nya jumlah penduduk miskin sekitar 36,6 juta jiwa (16,85), diprediksi angka tersebut akan melonjak tajam hingga mencapai 52 juta jiwa (25,4%) pasca kenaikan harga BBM. Jumlah pengangguran pun diprediksi akan jauh bertambah yaitu sebesar 18,61 juta jiwa (sehingga total penganggur terbuka mencapai 29,61juta lebih). Sementara harga barang juga akan mengalami kenaikan sekitar 26,94 %.
Baca lebih lanjut

77 Baca lebih lajut

Efek Naik Turun Harga BBM Bikin Pusing b

Efek Naik Turun Harga BBM Bikin Pusing b

Agak kaget ketika mendengar kabar, bilamana harga bahan bakar akan diturunkan pada pukul 00.00 tanggal 1 Januari 2015. Apakah turunnya harga bahan bakar adalah aspirasi dari demo di beberapa daerah atau memang hal wajar dan wajib untuk menurunkan harga BBM? Lalu kemudian akan melepas harga BBM sesuai dengan harga pasar dunia, yang artinya jika harga minyak dunia terbang bagai roket ya harga di Indonesia juga akan sama. Akibatnya tentu rakyat kecil lagi yang merasakan dampaknya.

3 Baca lebih lajut

selebaran membaca dan menulis alquran aksi

selebaran membaca dan menulis alquran aksi

Sudah lelah kita sebagai warga negara indonesia yang selalu disibukan dengan kondisi-kondisi real ketidakadilan . Harga sembako yang kian membumbung tinggi , seakan kemudian kita bekerja hanya untuk mengkonsumsi tanpa menghasilkan sesuatu yang dapt membangun kesejahteraan masyarakat . Ketika pemerintah tidak mampu mensejahterakan masyarakat dan hanya

1 Baca lebih lajut

140006 AKJ 2005 09 23 News Reader

140006 AKJ 2005 09 23 News Reader

NEWS READER : rencana kenaikan harga bbm KELANGKAAN BBM YANG TERJADI DI INDONESIA / SUDAH MULAI DIRASAKAN OLEH MASYARAKAT // SEMENTARA / RENCANA PEMERINTAH MENAIKKAN HARGA BBM / TERUS [r]

8 Baca lebih lajut

Konsep Pembangunan Pemerintahan Susilo B

Konsep Pembangunan Pemerintahan Susilo B

Dengan kondisi harga minyak yang sudah turun dibawah USD 50 per barel, namun harga jual premium yang masih Rp 4500 per liter (sedangkan harga ekonomis ~Rp 3800 per liter). Maka sangat ironis bahwa dalam kemiskinan, para supir angkot harus mensubsidi setiap liter premium yang dibelinya kepada pemerintah. Sungguh ironis ditengah kelangkaan minyak tanah, para nelayan turut mensubsidi setiap liter solar yang dibelinya kepada pemerintah. Dalam kesulitan ekonomi global, pemerintah bahkan memperoleh keuntungan Rp 1 triluin dari penjualan premium dan solar kepada rakyatnya sendiri. Inilah sejarah yang tidak dapat dilupakan. Selama lebih 60 tahun
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Analisis Terhadap Kenaikan Harga BBM Tah

Analisis Terhadap Kenaikan Harga BBM Tah

masalah dan tujuan, formulasi kebijakan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan. Sementara jika dilihat dari segi struktur, terdapat lima unsur kebijakan. Unsur pertama, tujuan kebijakan. Seperti penjelasan sebelumnya, suatu kebijakan dibuat karena ada tujuan yang ingin dicapai. Tanpa ada tujuan, tidak perlu ada kebijakan. Kebijakan yang baik mempunyai tujuan yang baik. Tujuan yang baik sekurang-kurangnya memenuhi empat kriteria yaitu; diinginkan untuk dicapai, rasional atau realistis, jelas, dan berorientasi ke depan. Unsur kedua, masalah. Masalah merupakan unsur yang sangat penting dalam kebijakan. Kesalahan dalam menentukan masalah secara tepat dapat menimbulkan kegagalan total dalam seluruh proses kebijakan. Dengan kata lain, jika suatu masalah telah dapat diidentifikasikan secara tepat berarti sebagian pekerjaan dapat dianggap sudah dikuasai. Unsur ketiga, tuntutan. Tuntutan muncul antara lain karena salah satu dari dua sebab : Pertama, karena terabaikannya kepentingan suatu golongan dalam proses perumusan kebijakan, sehingga kebijakan yang dibuat pemerintah dirasakan tidak memenuhi atau merugikan kepentingan mereka. Kedua, karena munculnya kebutuhan baru setelah suatu tujuan tercapai atau suatu masalah terpecahkan. Unsur keempat, dampak. Dampak merupakan tujuan lanjutan yang timbul sebagai pengaruh dari tercapainya suatu tujuan. Seberapa besar dampak yang terjadi untuk tiap jenis kebijakan sulit diperhitungkan karena : tidak tersedianya informasi yang cukup, dalam bidang sosial pengaruh dari satu kebijakan sulit dipisahkan dari pengaruh kebijakan lain, proses berjalannya pengaruh dari sesuatu kebijakan di bidang sosial sulit untuk diamati. Unsur kelima, sarana atau alat kebijakan. Suatu kebijakan dilaksanakan dengan menggunakan sarana yang dimaksud. Beberapa dari sarana ini antara lain : kekuasaan, insentif, pengembangan kemampuan, simbolis, dan perubahan kebijakan itu sendiri.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PHP File Tree Demo 4.3.1 agenda 3

PHP File Tree Demo 4.3.1 agenda 3

Kompleksitas masalah kemiskinan tentu tidak bisa dijawab melalui program pembangunan yang bersifat parsial apalagi kontradiktif, tetapi diperlukan sebuah rumusan kebijakan yang bersifat holistik, ada keterkaitan satu sama lain meskipun tidak bisa menghindari pendekatan sektoral. Rumusan kebijakan pembangunan hendaknya disatukan oleh dua isu sentral dan mendasar yaitu penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja. Program yang khusus ditujukan untuk mengatasi masalah kemiskinan diorientasikan pada upaya peningkatan pendapatan dan pengurangan beban masyarakat miskin melalui pendekatan pemberdayaan usaha, pemberdayaan manusia dan pemberdayaan lingkungan. Implementasi pendekatan program disesuaikan dengan kondisi potensi dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat miskin setempat, dengan menghindari penyeragaman program.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Kebijakan fiskal untuk pemb  BBM

Kebijakan fiskal untuk pemb BBM

Apapun pertimbangan menaikkan harga BBM, bagi kalangan miskin atau nyaris miskin, impliaksinya hanya satu: kenaikan harga kebutuhan pokok.”Belum karuan naik aja, sudah pada naik semua, sembako dan lain-lain. Orang gaji naik cuma 10-20% ini malah lebih,” protes Suryati, seorang buruh anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Seluruh Indonesia, FSPMI asal Bekasi, yang pekan lalu turut berdemo ke depan Istana Merdeka. Buruh lain, seperti Freddy yang datang dari Pasar Minggu, kurang lebih mengeluhkan hal yang sama.”Enggak mungkin dalam kondisi begini naikin harga BBM, karena gaji buruh juga belum mencukupi.” Sebaliknya menurut pemerintah, tak mungkin kas negara terus-menerus dipakai untuk menambal subsidi BBM karena sektor lain menjadi terbengkalai. Menurut catatan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, tahun lalu besaran subsidi
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...