kelembaban tanah

Top PDF kelembaban tanah:

Memanfaatkan Sensor Dht22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Atmega8 Chapter III V

Memanfaatkan Sensor Dht22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Atmega8 Chapter III V

1. Prinsip Kerja Sensor DHT22 adalah modul sensor suhu dan kelembaban udara relative dalam satu paket. Modul ini memerlukan konsumsi daya yang rendah sehingga cocok digunakan untuk aplikasi monitoring dan kontrol luar ruangan. 2. Dalam aplikasi alat pendeteksi kelembaban tanah dapat disimpulkan bahwa

13 Baca lebih lajut

Model Pengukur Kelembaban Tanah Untuk Ta (1)

Model Pengukur Kelembaban Tanah Untuk Ta (1)

smartphone dengan memasukan IP Address, modul LCD 16x2 sebagai tampilan langsung dari alat pengukur kelembaban tanah untuk tanamna cabai, buzzer sebagai penanda bunyi bahwa cocok untuk tanaman cabai dan LED sebagai petunjuk nilai kering basah, cocok untuk tanaman cabai, sensor soil moisture sebagai input untuk menetukan kadar air didalam tanah. Dengan menggunakan alat pengukur kelembaban tanah ini lebih modern melihat saran dari jarak jauh menggunakan modul wifi dan hasil nilai pertumbuhan pengujian dapat terlihat jelas perbedaan antara pot 1 yang telah di uji coba dengan alat pengukur kelembaban tanah dengan pot 2 yang hanya dalam pemeliharaan penyiraman tanaman cabai dengan manual menggunakan gayung, perbandingan pertumbuhan pot 1 lebih baik sesuai dengan kriteria dari parameter yang sudah jelas nilai analisis.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Sensor kelembaban tanah multi point nirkabel dengan tampilan grafik.

Sensor kelembaban tanah multi point nirkabel dengan tampilan grafik.

Perkembangan teknologi dapat mendukung di segala aspek kehidupan, termasuk juga dalam sektor pertanian. Intensifikasi pertanian adalah pengolahan tanah yang dilakukan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Intensifikasi pertanian terdiri dari : pengolahan tanah yang baik, pengairan yang teratur, pemilihan bibit unggul, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, dan pengolahan pasca panen. Tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah membatu memonitoring kelembaban tanah di beberapa tempat, tanpa harus ke sawah secara langsung. Dan akan ditampilkan secara langsung dalam bentuk grafik.
Baca lebih lanjut

114 Baca lebih lajut

Perancangan Alat Ukur Kelembaban Tanah Menggunakan Metode Konfigurasi Wenner Berbasis Mikrokontroler Atmega 16

Perancangan Alat Ukur Kelembaban Tanah Menggunakan Metode Konfigurasi Wenner Berbasis Mikrokontroler Atmega 16

Pendeteksi kadar kelembaban tanah telah berhasil dilakukan menggunakan sensor elektroda empat titik berdasarkan meetode konfigurasi Wenner. Pengukuran dilakukan dengan mencampurkan tanah kompos dan air dan kemudian, diinjeksi arus listrik kedalam tanah antara dua elektroda terluar. Sebagai hasil dari injeksi, dihasilkan beda potensial antara dua elektroda yang lainnya yang berada di tengah. Perbedaan dalam nilai tegangan dipengaruhi oleh volume air. Dalam penelitian ini, variasi volume air berturut-turut adalah 100, 200, 300, 400 dan 500 mL dalam 1000 gr tanah kompos. Hasilnya menunjukkan bahwa tegangan output sensor adalah 957.94, 553.10, 423.99, 329.71, 272.93 mV untuk volume air masing-masing 100, 200, 300, 400 dan 500 mL. Dari data diperoleh nilai konduktivitas adalah 0.048, 0.083, 0.109, 0.14, 0.169 untuk volume air masing- masing 100, 200, 300, 400 dan 500 mL. Berarti bahwa kenaikan konduktivitas dipengaruhi oleh kenaikan volume air. Hasil yang lain menggunakan metode Gravimetri menunjukkan bahwa persentase kadar kelembaban tanah adalah 13, 20, 32, 38, 47 % untuk volume air masing-masing 100, 200, 300, 400 dan 500 mL. Ini berarti bahwa kenaikan persentase kadar kelembaban tanah adalah sebanding dengan kenaikan volume air. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kenaikan nilai konduktivitas mengindikasikan kenaikan dalam persentase kadar kelembaban tanah. Oleh karena itu, metode konfigurasi Wenner dapat digunakan untuk mendeteksi kadar kelembaban tanah dengan bebrapa keunggulan seperti mudah, cepat, praktis dan ekonomis.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Model Pengukur Kelembaban Tanah Untuk Ta (1)

Model Pengukur Kelembaban Tanah Untuk Ta (1)

Indonesia sebagai negara yang memiliki bidang pertanian sangat besar, hampir setiap penduduk diindonesia adalah sebagai petani buah, sayuran, terutama tanaman cabai sangat diminati oleh masyarakat untuk pembuatan makanan sehari-hari. Dalam penanaman tanaman cabai perlu perawatan khusus karena tanaman cabai rentan terhadap kondisi kekurangan dan kelebihan air didalam tanah, masalah yang dihadapi ialah petani lebih sering memperkirakan kondisi hanya dengan melihat keadaan permukaan tanah. Dengan perkembangan teknologi yang telah maju dan pesat dalam perkembangan dunia elektronika ini dimanfaatkan dalam pembuatan model pengukur kelembaban tanah untuk tanaman cabai menggunakan sensor kelembaban tanah dengan tampilan output web server berbasis mikrokontroler ATMega328. Alat ini akan mempermudah petani untuk mengetahui nilai kelembaban tanah yang telah dihitung nilai validasinya untuk tanaman cabai, agar dalam pertumbuhan tanaman cabai tumbuh dengan kualitas yang baik.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Sensor kelembaban tanah multi point nirkabel dengan tampilan grafik

Sensor kelembaban tanah multi point nirkabel dengan tampilan grafik

Perkembangan teknologi dapat mendukung di segala aspek kehidupan, termasuk juga dalam sektor pertanian. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pemilihan bibit yang baik, dan perawatan tanaman yang baik akan dapat menghasilkan padi yang baik, dan meningkatkan hasil padi yang baik. Selain itu untuk meningkatkan hasil pertanian banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya: dengan intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, diversifikasi pertanian, mekanisme pertanian dan rehabilitasi pertanian. Intensifikasi pertanian adalah pengolahan tanah yang dilakukan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Intensifikasi pertanian terdiri dari : pengolahan tanah yang baik, pengairan yang teratur, pemilihan bibit unggul, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, dan pengolahan pasca panen [1]. Humidity adalah kelembaban udara yang berhubungan dengan kadar uap di udara yang juga berpengaruh pada proses pertumbuhan tanaman, sedangkan Moisture merupakan kelembaban tanah yang dipengaruhi jumlah partikel partikel air yang berpengaruh pada tingkat kelembaban tanah. Pengairan yang teratur juga akan berpengaruh dengan kelembaban tanah, apabila pengairan terlalu banyak maka akan terlalu tinggi kelembabannya, sehingga diperlukan alat untuk mengukur kelembaban tanah yang akan membantu petani dalam mengetahui kelembaban tanah tanpa harus mengukur secara langsung, melainkan bisa mengukur jarak jauh.
Baca lebih lanjut

112 Baca lebih lajut

Alat Ukur Kelembaban Tanah Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535

Alat Ukur Kelembaban Tanah Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535

Dalam makalah ini disajikan perancangan dan realisasi alat pengukur kelembaban tanah berbasis mikrokontroler ATMega 8535. Sensor kelembaban tanah berupa dua buah probe bertipe yl-69. Sensor kelembaban ini dihubungkan pada generator sinyal. Bila kelembaban tanah berubah, maka impedansi sensor akan berubah, sehingga frekuensi sinyal keluaran generator berubah sesuai dengan kelembaban tanah. Perubahan frekuensi ini yang kemudian dideteksi dan digunakan untuk mengetahui tingkat kelembaban tanah.Dari hasil uji coba diperoleh bahwa alat yang dibuat dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Alat yang dibuat juga dilengkapi sinyal kendali on-off, sehingga alat yang dibuat dapat digunakan untuk pengendalian kelembaban tanah.
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

Alat Monitoring Kelembaban Tanah dalam P (1)

Alat Monitoring Kelembaban Tanah dalam P (1)

Pada Untuk mengetahui kadar air di dalam tanah pada pot tanaman, diperlukan sebuah sensor kelembaban tanah (moisture) yang terhubung ke port ADC mikrokontroler. Sensor ini akan mengukur resistansi di dalam tanah. Semakin tinggi resistansi tanah, maka tanah tersebut semakin kering, diikuti nilai tegangan yang terbaca pada ADC semakin kecil. Demikian pula sebaliknya, semakin kecil resistansi tanah, maka tanah tersebut semakin basah, diikuti nilai tegangan yang terbaca pada ADC semakin besar. Nilai pada tegangan ADC inilah yang akan diinisialisasi oleh mikrokontroler untuk diketahui persentase kadar air di dalam tanah. Output dari mikrokontroler berupa nilai persentase kadar air di dalam tanah sekaligus pesan-pesan yang akan ditampilkan pada situs twitter. Data output dari mikrokontroler yang berupa data string tersebut akan diteruskan ke konverter RS 232 to ethernet. Data ini akan melalui jaringan LAN untuk terhubung ke internet dan mengakses situs www.twitter.com tanpa melalui PC. Apabila tanaman telah disiram penuh, maka status akun tanaman di twitter akan tertulis ” Terima kasih telah disiram ” . Apabila kelembaban tanah semakin berkurang, maka penurunan persentase kelembabannya akan muncul di status twitter. Apabila tanah kering, maka status di twitter akan tertulis “ Minta air … ” .
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Alat Ukur Kelembaban Tanah Menggunakan Sensor YL-69 Berbasis Android Phone

Alat Ukur Kelembaban Tanah Menggunakan Sensor YL-69 Berbasis Android Phone

Dalam makalah ini disajikan perancangan dan realisasi alat pengukur kelembaban tanah berbasis Arduino Uno.Sensor kelembaban tanah berupa dua buah probe bertipe YL-69.Sensor kelembaban ini dihubungkan pada generator sinyal. Bila kelembaban tanah berubah, maka impedansi sensor akan berubah, sehingga frekuensi sinyal keluaran generator berubah sesuai dengan kelembaban tanah. Perubahan frekuensi ini yang kemudian dideteksi dan digunakan untuk mengetahui tingkat kelembaban tanah. Dari hasil uji coba diperoleh bahwa alat yang dibuat dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Alat yang dibuat juga dilengkapi dengan HC-05 (Bluetooth) ,sehingga hasilnya dapat di tampilkan dan dibaca di layar handphone.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Sistem Penyiram Tanaman Berdasarkan Kelembaban Tanah Serta Monitoring Melalui Media Sosial Twitter

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Sistem Penyiram Tanaman Berdasarkan Kelembaban Tanah Serta Monitoring Melalui Media Sosial Twitter

Pada skripsi ini akan dibuat suatu sistem yang dapat membantu pemilik tanaman yang tidak memiliki waktu untuk menyiram tanaman tersebut dengan melakukan monitoring dan control penyiram tanaman. Sistem terhubung dengan akun twitter dan akan memilah data yang didapat dari akun twitter untuk melakukan penyiraman dan update gambar. Pemilik tanaman akan mendapatkan update kelembaban tanah, suhu, dan gambar pada akun twitter dan dapat memerintahkan penyiraman melalui akun twitter pemilik tanaman. Sistem yang dibuat terdiri dari sensor kelembaban (terbuat dari batang tembaga untuk mengukur kelembaban tanah), sensor suhu, sensor cahaya, pompa air penyiram tanaman, dan microcontroller sebagai control utama yang mengolah data penyiraman dan sistem update pada akun twitter.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Memanfaatkan Sensor Dht22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Atmega8

Memanfaatkan Sensor Dht22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Atmega8

Tanah sangatlah vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung semua kehidupan tumbuhan dengan menyediakan unsur hara dan air sekaligus penopang akar. Dalam bidang pertanian agar tanaman dapat hidup dengan subur, selain dipengaruhi oleh faktor cuaca, kandungan unsur hara didalam tanah, dan selain dari proses pemupukan, tanaman juga harus memperoleh cukup air. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah merancang sebuah alat dengan memanfaatkan sensor DHT22 sebagai pendeteksi kelembaban tanah berbasis mikrokontroler AT Mega 8 terkhusus bagi tanaman setek dan juga sebagai bahan pembelajaran. Dalam pengaplikasiannya alat ini ditempatkan di dalam tanah persemaian tanaman setek. Sehingga tanaman setek tidak akan mati karena kekurangan air atau kondisi tanah yang kering. Dengan adanya alat pemanfaatan sensor DHT22 sebagai pendeteksi kelembaban tanah berbasis mikrokontroler AT Mega 8 ini, sensor kelembaban tanah akan membaca kelembaban tanah. Ketika nilai kelembaban tanah tidak sesuai dengan yang diharapkan maka buzzer akan dibunyikan.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

DESAIN PENYIRAM TAMAN OTOMATIS TENAGA SURYA MENGACU PADA KELEMBABAN TANAH   Desain Penyiram Taman Otomatis Tenaga Surya Mengacu Pada Kelembaban Tanah.

DESAIN PENYIRAM TAMAN OTOMATIS TENAGA SURYA MENGACU PADA KELEMBABAN TANAH Desain Penyiram Taman Otomatis Tenaga Surya Mengacu Pada Kelembaban Tanah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pompa air aquarium dapat menyala dan mati secara otomatis tanpa perantara manusia, hal ini karena adanya sensor kelembaban tanah, apabila sensor menunjukkan nilai diatas 700 maka arduino uno akan menyalurkan daya output menuju rangkaian relay sehingga pompa air menyala. Sebaliknya, jika sensor kelembaban menunjukkan nilai kurang dari 700 maka arduino uno tidak menyalurkan daya output menuju rangkaian relay sehingga sumber DC dari baterai tidak dapat disalurkan ke pompa air. Pengujian pompa air tanpa menggunakan panel surya mampu menghidupkan pompa air aquarium selama 25 menit. Hal ini karena secara penuh energi disuplai oleh aki (accu). Sedangkan saat menggunakan panel surya untuk intensitas tertinggi yang didapat saat penelitian adalah 102.000 lux, mampu menghidupkan pompa air aquarium selama 55 menit. Pompa air aquarium dapat bekerja lebih lama dengan selisih waktu 30 menit dibanding tanpa menggunakan panel surya.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah Berbasis Arduino

Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah Berbasis Arduino

Tulisan ini membahas tentang penyiraman otomatis dengan menggunakan sensor kelembaban tanah berbasis ARDUINO. Pengendali utama pada alat ini menggunakan Mikrokontroler ATMEGA328. Alat ini bekerja secara otomatis dengan merespon berapa besar persen kelembaban tanah yang dideteksi oleh sensor kelembaban tanah dan akan tersiram secara otomatis, Mikrokontroler kemudian memproses tingkat kelembaban tanah tersebut dan memberikan output yang telah diprogram sebelumnya.

2 Baca lebih lajut

PENGUKURAN KELEMBABAN TANAH DENGAN KADAR

PENGUKURAN KELEMBABAN TANAH DENGAN KADAR

Tanah merupakan salah satu media yang digunakan untuk media hidup dari berbagai macam tumbuhan.. Tanaman memerlukan air untuk dapat tumbuh secara optimal. Untuk itulah kondisi kelembaban tanah harus dijaga pada suatu keadaan tertentu yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Kelembaban tanah sering menjadi faktor penentu dari keberhasilan tumbuhnya tanaman disamping faktor lain seperti kandungan mineral tanah. Di sisi lain, keterbatasan indera manusia menyebabkan kondisi kadar air tanah untuk dapat diketahui secara tepat. Kekurangan kadar air atau kelebihan kadar air dapat mengakibatkan tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang bekerja secara otomatis dan cerdas untuk melakukan penyiraman tanaman. Sistem ini akan menjaga kadar air pada tanah yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Kondisi kadar air tanah diperoleh dari sensor kelembaban tanah dan dipengaruhi juga oleh suhu udara.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Memanfaatkan Sensor Dht22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Atmega8

Memanfaatkan Sensor Dht22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Atmega8

Tanah sangatlah vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung semua kehidupan tumbuhan dengan menyediakan unsur hara dan air sekaligus penopang akar. Dalam bidang pertanian agar tanaman dapat hidup dengan subur, selain dipengaruhi oleh faktor cuaca, kandungan unsur hara didalam tanah, dan selain dari proses pemupukan, tanaman juga harus memperoleh cukup air. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah merancang sebuah alat dengan memanfaatkan sensor DHT22 sebagai pendeteksi kelembaban tanah berbasis mikrokontroler AT Mega 8 terkhusus bagi tanaman setek dan juga sebagai bahan pembelajaran. Dalam pengaplikasiannya alat ini ditempatkan di dalam tanah persemaian tanaman setek. Sehingga tanaman setek tidak akan mati karena kekurangan air atau kondisi tanah yang kering. Dengan adanya alat pemanfaatan sensor DHT22 sebagai pendeteksi kelembaban tanah berbasis mikrokontroler AT Mega 8 ini, sensor kelembaban tanah akan membaca kelembaban tanah. Ketika nilai kelembaban tanah tidak sesuai dengan yang diharapkan maka buzzer akan dibunyikan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Alat Pengukur Kelembaban Tanah Berbasis Mikrokontroler PIC 16F84.

Alat Pengukur Kelembaban Tanah Berbasis Mikrokontroler PIC 16F84.

Prinsip kerja penggunaan sensor ini untuk pengukuran kelembaban tanah adalah sebagai berikut, moisture probe dimasukkan dalam tanah yang akan diukur kelembabannya dan dihubungkan dengan generator sinyal. Bila kadar air (kelembaban) tanah berubah, maka probe akan menghasilkan perubahan nilai kapasitansi, akibat permitivitas dielektriknya berubah. Perubahan nilai kapasitansi (impedansi) ini akan mengubah besarnya frekuensi gelombang keluaran generator sinyal. Dengan demikian, frekuensi gelombang keluaran generator sinyal akan berubah sesuai dengan kelembaban tanah. Perubahan frekuensi yang terjadi ini selanjutnya akan diproses untuk mengetahui persentase kelembaban di dalam tanah.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pengukur Kelembaban Tanah dan Suhu Udara

Pengukur Kelembaban Tanah dan Suhu Udara

(Wireless) untuk memonitor kondisi fisis atau kondisi lingkungan suatu tempat pada lokasi yang berbeda dengan kondisi sensor dengan pemrosesan datanya terpisah pada tempat berbeda. Sistem monitoring ini terdiri dari beberapa node, dimana tiap node nya terdiri dari beberapa sensor. Hasil pembacaan sensor seperti kelembaban tanah, suhu udara dan kelembaban udara pada tiap node tersebut yang akan dikirimkan menggunakan media Wireless dan akan ditampilkan pada sebuah grafik pada Server. [2][3]

9 Baca lebih lajut

SISTEM PENGONTROLAN KELEMBABAN TANAH PAD

SISTEM PENGONTROLAN KELEMBABAN TANAH PAD

Dari data pengujian pada tabel 4, diperoleh perbedaan kecepatan pompa air sebesar 9 RPM sampai 10 RPM antara hasil perhitungan secara manual dan hasil perhitungan sistem. Perbedaan ini disebabkan oleh penggunaan jenis data yang berbeda pada tampilan LCD sistem dan penggunaan data pada perhitungan sistem. Jenis data pada tampilan LCD menggunakan data bilangan bulat sedangkan data yang diproses oleh sistem menggunakan data bilangan pecahan. Hasil pembulatan yang ditampilkan oleh LCD kemudian diproses dengan perhitungan manual akan melalui dua kali proses pembulatan yaitu pada saat pembulatan nilai kelembaban tanah dan pada saat proses konversi ke satuan RPM, sedangkan pada perhitungan sistem hanya meng- gunakan satu kali pembulatan yaitu hanya pada proses konversi ke satuan RPM.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Memanfaatkan Sensor Dht22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Atmega8

Memanfaatkan Sensor Dht22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Atmega8

tanah dan udara yang tinggi sehingga mengakibatkan perkembangbiakan dengan menyetek yang akan gagal dengan demikian sehingga diperlukan suatu alat monitoring terhadap kelebaban tanah dan kelembaban udara saat terjadi proses setek sehingga proses menyetek dapat berjalan sesuai dengan yang kita kehendaki.

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...