Kendali Otomatis

Top PDF Kendali Otomatis:

Prototype Sistem Kendali Otomatis Robot Mobil Untuk Parkir Pintar Menggunakan Komunikasi Nirkabel.

Prototype Sistem Kendali Otomatis Robot Mobil Untuk Parkir Pintar Menggunakan Komunikasi Nirkabel.

Teknologi robotika telah berkembang pesat untuk membantu kerja masyarakat dengan mesin sesuai kebutuhan. Sesuai tujuan dasar dari pengembangan teknologi robotika yaitu untuk membantu manusia dalam mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan keakuratan tinggi, memiliki resiko tinggi, dan pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang. Salah satu aplikasi teknologi robotika yang berhubungan dengan sistem kontrol adalah prototype dari sistem kendali otomatis robot mobil untuk parkir pintar menggunakan komunikasi nirkabel. Sistem ini menggunakan bluetooth HC-05 berbasis sistem kontrol ATmega32.
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

SISTEM KENDALI OTOMATIS BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE(SMS) GATEWAY

SISTEM KENDALI OTOMATIS BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE(SMS) GATEWAY

Sistem kendali otomatis merupakan sistem pengaturan elektronis yang diperlukan untuk membantu pekerjaan manusia dalam mengendalikan suatu kegiatan tertentu supaya dapat lebih meringankan pekerjaannya sehari hari.Sistem Short Message Service (SMS) Gateway merupakan sarana komunikasi pesan singkat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh operator penyedia layananPublik land Mobile Network (PLMN).

8 Baca lebih lajut

Bab 6 Wirausaha Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis

Bab 6 Wirausaha Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis

Proses produksi pada industri dapat dibantu dengan robot. Robot merupakan mesin hasil rakitan manusia yang dapat bekerja tanpa lelah untuk membantu pekerjaan manusia yang bersifat nonstop dan penjelajah lingkungan yang berbahaya misalnya untuk penelitian, membantu proses produksi di industri, transportasi, kesehatan. Kendali pada robot dapat dilakukan secara otomatis dan teleoperasi. Kendali otomatis robot dapat bergerak berdasarkan perintah- perintah yang telah diprogram pengendalinya yang dilengkapi dengan sensor dan semua input yang diterima oleh sensor akan memberikan data untuk diproses lebih lanjut oleh mikrokontroler. Program yang telah dibuat dan mikrokontroler melakukan aksi untuk menggerakkan roda, kaki, atau lengan robot. Kemampuan prosesor tergantung pada kecepatan, memori, dan fasilitas input /output (I/O). Karakteristik robot dapat digambarkan sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN GPS TERHADAP KENDALI OTOMATIS PADA DRONE PEMANTAU KEADAAN LALU LINTAS

PEMANFAATAN GPS TERHADAP KENDALI OTOMATIS PADA DRONE PEMANTAU KEADAAN LALU LINTAS

Dengan ini menyatakan bahwa tugas akhir yang berjudul "Pemanfaatan GPS Terhadap Kendali Otomatis Pada Drone Pemantau KeadaanLalu Lintas" merupakan hasil penelitian saya sendiri, tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar ahli madya Perguruan Tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pemah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diakui dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

11 Baca lebih lajut

Perancangan Sistem Kendali Otomatis Untuk Penahapan Suhu Media Pembeku

Perancangan Sistem Kendali Otomatis Untuk Penahapan Suhu Media Pembeku

Mesin pembeku eksergetik dengan suhu media bertahap terbukti dapat meningkatkan efisiensi eksergi. Penggunaan tiga katup ekspansi (expansion valve/EV) untuk mengatur suhu setiap tahapan proses pembekuan, yaitu pre- cooling (penurunan suhu menuju titik beku air), freezing (proses pelepasan panas laten di titik beku), dan sub-freezing (penurunan suhu di bawah titik beku air) ternyata kurang efektif karena pengguna harus mengatur putaran baut EV setiap kali akan digunakan. Pada penelitian ini dikembangkan sistem kendali otomatis untuk mengendalikan suhu evaporator sesuai tahapan. Sistem kendali yang dirancang adalah sistem kendali dengan logika PID dengan mengatur waktu buka- tutup solenoid valve (SV) untuk mengatur aliran refrigeran yang menuju EV. Sistem kendali yang dirancang menggunakan dua katup ekspansi. Katup ekspansi pertama (EV1) diatur pada suhu di bawah -20 o C, sedangkan EV2 diatur pada suhu diatas 0 o C. Pengaturan ini bertujuan untuk menurunkan dan menaikan suhu di antara -20 o C – 0 o C. Berdasarkan hasil penentuan parameter Kp, Ki, dan Kd secara trial and error didapatkan nilai 200, 50, 5 secara berturut-turut dengan error rata- rata di atas setpoint sebesar 2.41 o C dan error di bawah setpoint sebesar -0.98 o C dan rata-rata peroide osilasi 2.5 menit.
Baca lebih lanjut

54 Baca lebih lajut

Prorotype Sistem Kendali Otomatis Robot Mobil Untuk Parkir Pintar Menggunakan Komunikasi Nirkabel.

Prorotype Sistem Kendali Otomatis Robot Mobil Untuk Parkir Pintar Menggunakan Komunikasi Nirkabel.

Penelitian tentang robot mobil saat ini telah banyak dilakukan, terutama yang berkaitan dengan perancangan perangkat keras serta metode pergerakan pada robot mobil. Namun, dari penelitian tersebut belum ada yang melakukan penelitian mengenai pengembangan pengendalian pergerakan robot mobil yang secara mudah dapat dilakukan oleh setiap orang, karena sebagian besar robot mobil saat ini dikendalikan dengan menggunakan remote control atau kendali secara otomatis. Melalui penelitian mengenai prototype sistem kendali otomatis robot mobil untuk parkir pintar menggunakan komunikasi nirkabel, diharapkan mampu untuk mempermudah mengendalikan pergerakan dari robot mobil pada saat menelusuri ruangan. Berikut ini beberapa referensi yang dapat dijadikan acuan dalam menjelaskan mengenai penelitian tentang prototype sistem kendali otomatis robot mobil.
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Sistem Kendali Otomatis Traktor Roda Empat

Rancang Bangun Sistem Kendali Otomatis Traktor Roda Empat

Akan tetapi, penggunaan traktor secara terus-menerus masih dapat mengakibatkan kelelahan bagi operatornya sehingga pekerjaan menjadi kurang optimal. Hal ini dapat menyebabkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan menurun sehingga dibutuhkan penggantian oleh operator baru yang tenaganya masih segar. Namun, di zaman sekarang ini tenaga di bidang pertanian semakin berkurang, hal ini terkait dengan paradigma masyarakat bahwa pekerjaan di bidang pertanian adalah bukan pekerjaan yang menjanjikan. Kesimpulannya, penggantian terhadap operator yang mengalami kelelahan adalah bukan solusi yang tepat Untuk mengatasi masalah tersebut, otomasi sistem kendali pada traktor merupakan salah satu solusinya. Dengan melakukan otomasi pada traktor ini dapat mengurangi beban kerja, kelelahan yang dialami operator dan kemungkinan terjadinya overlapping hasil pengolahan tanah serta dapat pula meningkatkan ketelitian dan produktivitas operasi traktor.
Baca lebih lanjut

144 Baca lebih lajut

PERANCANGAN SISTEM KENDALI OTOMATIS PADA SMART HOME MENGGUNAKAN MODUL ARDUINO UNO

PERANCANGAN SISTEM KENDALI OTOMATIS PADA SMART HOME MENGGUNAKAN MODUL ARDUINO UNO

Abstrak - Efisiensi, efektifitas dan penghematan energi listrik telah menjadi topik penelitian yang menarik banyak peneliti sekarang ini. Model teknologi telah banyak yang diusulkan untuk meningkatkan efektifitas dan hemat energi listrik bagi hajat hidup masyarakat. Salah satu contohnya adalah model teknologi Smart Home. Model Smart Home yang diusulkan pada penelitian ini dikendalikan secara terpusat oleh sebuah mikrokontroler Arduino Uno. Mikrokontroler mendeteksi output dari dua sensor magnetik yang terpasang di pintu masuk. Tanggapan mikrokontroler terhadap dua output sensor magnetik berupa kendali terhadap lampu ruang, kipas angin, perangkat pengusir nyamuk dan tampilan LCD. Sistem akan bekerja otomatis ketika seseorang masuk ke dalam rumah. Lampu ruang akan menyala secara otomatis, kipas angin akan bekerja sesuai dengan kondisi suhu ruang dan perangkat pengusir nyamuk akan bekerja secara otomatis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model Smart Home yang diusulkan dapat bekerja dengan baik sesuai perancangan dengan tingkat keberhasilan sebesar 100%.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Perancangan sistem transportasi udang dan ikan hidup metoda kering dengan sistem kendali otomatis

Perancangan sistem transportasi udang dan ikan hidup metoda kering dengan sistem kendali otomatis

hidup yang efisien dengan tingkat mortalitas yang rendah. Penambahan air dan oksigen dalam volume dan bobot yang besar diharapkan tidak digunakan lagi, karena membuat transportasi menjadi mahal, mortalitas tinggi dan sulit penanganannya. Secara keseluruhan sistem ini terdiri dari: 1. Mesin pemingsan udang dan ikan yang menggunan penurunan suhu secara bertahap sebagai cara pemingsanannya, 2. Kotak pengemasan produk terbuat dari styrofoam yang diisi serbuk gergaji sebagai media pemegang produk, dan 3. Peti kemas dengan sistem kendali Fuzzy. Sistem 1 dan 3 dikendalikan secara otomatik menggunakan sistem kendali elektronik yang dapat di set sesuai dengan komoditas yang di transportasikan.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Kendali Otomatis SAP

Kendali Otomatis SAP

11 Mikrokon-troller Pengantar miktrokontroler Ceramah, diskusi Tanya jawab Mahasiswa memahami cara kerja dan susunan perangkat keras mikrokontroler 1,2,3,4, 7,8 12 –13 Pemrog[r]

4 Baca lebih lajut

MIKROKONTROLER AT89C51 SEBAGAI KENDALI OTOMATIS MESIN MEMBUAT CERIPING

MIKROKONTROLER AT89C51 SEBAGAI KENDALI OTOMATIS MESIN MEMBUAT CERIPING

Prinsip kerja pemotong ceriping ini sangat sederhana yaitu power on maka semua sistem dalam keadaan ready, pada posisi ini motor konveyor telah aktif bekerja. Untuk memulai suatu perintah pemrosesan maka tekan tombol pemilih antara auto atau manual. Apabila dipilih posisi auto maka program akan mejalankan proses pengerjaaan secara otomatis. Pemilihan tombol pemilih akan menentukan jumlah potongan ceriping. misal ditekan tombol test maka pisau pemotong akan memotong bahan pembuatan ceriping sebanyak 10 potongan, hal ini dapat dilihat pada penampil. Kemudian mikro akan memproses perintah selanjutnya apakah akan diulang atau delay 10 detik. Proses tersebut akan berulang terus sanpai ditekan tombol reset.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

RPP Praktek Kendali Otomatis

RPP Praktek Kendali Otomatis

Semester 6 Aplikasi PLC di Industri 2 X 50 menit RPP/EKO/EKK 235/16 Revisi : 00 Tgl : 21 Juni 2010 Hal 1 dari 2 Dibuat oleh : Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh isi dokumen tan[r]

32 Baca lebih lajut

materi kuliah kendali otomatis

materi kuliah kendali otomatis

Mikrokontroler Materi : • Pengenalan Mikrokontroler •Pemprograman I/O •Pemprograman Timer/counter.[r]

7 Baca lebih lajut

Perancangan Modul Pengendali Menggunakan Microcontroller AT 89S52 pada Prototipe Alat Penimbang Otomatis.

Perancangan Modul Pengendali Menggunakan Microcontroller AT 89S52 pada Prototipe Alat Penimbang Otomatis.

Seiring dengan kemajuan teknologi, mesin atau peralatan yang digunakan dapat ditingkatkan kualitasnya, baik kualitas mesin maupun kualitas produk yang dibuat. Salah satunya dengan menggunakan sistem kendali otomatis yang banyak diterapkan pada dunia industri saat ini. Sistem kendali otomatis adalah sistem kendali umpan balik dengan acuan masukan atau keluaran yang dikehendaki dapat konstan atau berubah secara perlahan dengan berjalannya waktu (Katsuhiko, 1994).

12 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN ALAT SISTEM PENGONTROLAN SUHU MENGGUNAKAN KONTROL PID DENGAN PROGRAM MATLAB.

RANCANG BANGUN ALAT SISTEM PENGONTROLAN SUHU MENGGUNAKAN KONTROL PID DENGAN PROGRAM MATLAB.

Pemakaian sistem kendali otomatis saat ini merupakan kebutuhan yang sangat utama untuk menjaga agar proses produksi berjalan seperti yang direncanakan, mengurangi beban pekerjaan manusia dan mendapatkan hasil yang cepat, tepat dan efisien. Penggunaan sistem kendali otomatis digunakan dalam banyak ruang lingkup kegiatan manusia. Sebagai contoh, pada lingkup industri seperti pabrik, peralatan dan mesin yang digunakan proses kendali yang dapat memantau suhu secara otomatis, sehingga parameter-parameter proses pengolahan atau manufaktur tetap terjaga dengan baik. Misal, pada pabrik kelapa sawit, dibutuhkan kondisi suhu yang konstan agar proses pemisahan antara batu kelapa sawit dengan kulitnya untuk dijadikan sebagai minyak goreng, berjalan baik. Pada lingkup kegiatan yang lain, misalkan instansi kesehatan seperti rumah sakit, jenis pengendalian secara otomatis banyak dipergunakan untuk mengontrol suhu ruangan. Suhu ruangan perlu dikendalikan dan terjaga untuk keperluan khusus seperti ruangan penyimpanan darah, ruang perawatan bayi dan sebagainya.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

APLIKASI PENGENDALIAN LOGIKA SAMAR (FLC) UNTUK KENDALI POSISI MOTOR DC SEBAGAI PENENTU TEGANGAN ANODA AKSELERATOR IMPLANTASI ION - e-Repository BATAN

APLIKASI PENGENDALIAN LOGIKA SAMAR (FLC) UNTUK KENDALI POSISI MOTOR DC SEBAGAI PENENTU TEGANGAN ANODA AKSELERATOR IMPLANTASI ION - e-Repository BATAN

Kendali logika samar telah berhasil diterapkan untuk mengendalikan posisi motor DC akselerator implantasi ion. Kendali ini mampu memberikan respon yang cepat dengan tingkat overshoot rendah dan offset kecil. Selain itu kendali logika samar juga mampu merespon dengan baik perubahan setpoint. Fungsi keanggotaan optimal yang didapat melalui simulasi adalah sinusoidal dengan e+=10 dan e- =-10. Semakin besar nilai e+ dan atau e- yang digunakan, respon kendali semakin lambat namun faktor peredaman gangguannya semakin baik. Sebaliknya, semakin kecil nilai e+ dan atau e- yang digunakan, respon kendali akan semakin cepat namun faktor peredaman gangguannya semakin buruk
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI PINTU AIR OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER (BAGIAN II) TUGAS AKHIR - RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI PINTU AIR OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER(BAGIAN II) Repository - UNAIR REPOSITORY

RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI PINTU AIR OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER (BAGIAN II) TUGAS AKHIR - RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI PINTU AIR OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER(BAGIAN II) Repository - UNAIR REPOSITORY

Segala puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaiakan laporan tugas akhir ini yang berjudul “ Rancang Bangun Sistem Kendali Pintu Air Otomatis Berbasis Mikrokontroller ” dengan baik.

13 Baca lebih lajut

Sistem Kendali Pengungkit Tutup pada Proses Recycle Tinta Spidol Whiteboard

Sistem Kendali Pengungkit Tutup pada Proses Recycle Tinta Spidol Whiteboard

Pada makalah ini telah dirancang sistem kendali pengungkit tutup pada proses recycle tinta spidol whiteboard. Sistem ini terdiri dari catudaya, penggerak motor DC, driver motor DC, pengolah data mikrokontroller Atmega16, rangkaian saklar dan sistem mekanik. Pada bagian catudaya digunakan untuk mensuplai tegangan DC 12 volt dan 15 volt dengan menggunakan IC regulator IC LM7812 sebagai penyuplai mikrokontroller dan LM7815 sebagai penyuplai driver motor DC. Catudaya teregulasi dapat menghasilkan tegangan keluaran yang nilai tegangannya senantiasa selalu tetap setiap saat sesuai dengan yang diharapkan (Sunomo, 1996).
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Buku Pegangan Guru Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas 12 Kurikulum 2013

Buku Pegangan Guru Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas 12 Kurikulum 2013

Potensi daerah yang kaya dan dukungan serta peluang pasar membuat pangan khas daerah menjadi pilihan potensial untuk wirausaha. Pengembangan pangan khas daerah selain dapat membuka peluang usaha yang cukup besar, juga otomatis dapat memperluas lapangan pekerjaan, peningkatan penghasilan dan kesempatan berusaha masyarakat khususnya di daerah, sehingga akan mendorong dan menumbuhkan  perekonomian masyarakat daerah. Pangan khas daerah atau pangan tradisional, sangat potensial dikembangkan, karena berbasis pada bahan baku yang tersedia di sekitarnya. Pangan tradisional ini dapat mencakup segala jenis makanan olahan termasuk makanan utama, kudapan, maupun minuman yang dikenal dan lazim dikonsumsi di daerah tersebut. Kekhasan bahan baku, cara memasak, dan filosofi dari pangan khas daerah selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional.
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

Show all 4524 documents...

Related subjects