Kerja Keras Belajar

Top PDF Kerja Keras Belajar:

PENDAHULUAN  Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatan Kerja Keras Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun 2012/2013.

PENDAHULUAN Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatan Kerja Keras Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun 2012/2013.

Namun, pada kenyataannya kerja keras yang dimiliki siswa masih kurang. Hal ini terjadi karena matematika dianggap sebagai momok bagi siswa. Matematika adalah pelajaran yang membosankan dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengutak-atik rumus-rumus matematika.

5 Baca lebih lajut

BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Deskripsi Teori 1. Pendidikan Karakter - UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PANTUN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING CHIPS (KANCING GEMERINCING) DI KELAS IV

BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Deskripsi Teori 1. Pendidikan Karakter - UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PANTUN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING CHIPS (KANCING GEMERINCING) DI KELAS IV

Kerja keras perlu diterapkan tidak hanya di dalam usaha pekerjaan, tetapi juga pada usaha belajar. Kerja keras dalam usaha belajar akan membawa dirinya pada suatu hasil yang memuaskan. Perlu diterapkan suatu sikap kerja keras belajar agar siswa dapat memperoleh hasil yang memuaskan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dari pernyataan di atas kerja keras adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang secara sungguh-sungguh dan tidak mudah putus asa dalam mengatasi suatu masalah atau hambatan belajar agar mendapatkan hasil yang lebih produktif serta dapat meningkatkan prestasi belajar.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN  KERJA KERAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA  Penerapan Strategi Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kerja Keras Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Ke

PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penerapan Strategi Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kerja Keras Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Ke

Menurut Slameto (2003) mengatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil dari pengukuran serta penilaian usaha belajar. . Pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif(Hisyam Zaini dkk,2008: xiv). Adapun indicator – indicator kerja keras belajar siswa dapat diklasifisika sebagai berikut (menurut Sutama, hand out etos hidup yang harus di miliki siswa. 05 Nop 2011): 1) Pantang menyerah, 2) Tekun, 3)Sungguh – sungguh.

14 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI GRUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN  KERJA KERAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA  Penerapan Strategi Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kerja Keras Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kel

PENERAPAN STRATEGI GRUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penerapan Strategi Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kerja Keras Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kel

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja keras dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Group Investigation siswa kelas VII A SMP N 2 Karanggede. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru sebagai pelaku tindakan kelas, dan guru bidang studi matematika sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIIA berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerja keras dan hasil belajar pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini adalah 1) Adanya peningkatan kerja keras belajar siswa melalui strategi Group Investigation, hal ini dapat di lihat dari aspek a) siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 8,50 % dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 84,00%, b) siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 10,00 % dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 92,32%, c) siswa mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 15,00 % dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 88,20%, 2) Ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat di lihat nilai siswa yang mencapai KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 50,00% dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 92,32%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi Group Investigation dapat meningkatkan kerja keras dan hasil belajar siswa.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Tentang Latar Penelitian 1. Sejarah Berdiri Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Huda Rogowungu Lampung Tengah. - ETOS KERJA KEPALA MADRASAH MI ROUDLOTUL HUDA ROGOWUNGU LAMPUNG TENGAH - Raden Intan Reposit

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Tentang Latar Penelitian 1. Sejarah Berdiri Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Huda Rogowungu Lampung Tengah. - ETOS KERJA KEPALA MADRASAH MI ROUDLOTUL HUDA ROGOWUNGU LAMPUNG TENGAH - Raden Intan Reposit

Sikap disiplin dalam Islam sangat di anjurkan, bahkan diwajibkan. Sebagaimana manusia dalam kehidupan sehari-hari memerlukan aturan-aturan atau tata tertib dengan tujuan segala tingkah lakunya berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Apabila seseorang tidak dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, maka waktu itu akan membuat kita sendiri sengsara, oleh karena itu kita hendaknya dapat menggunakan dan memanfaatkan waktu dengan baik, termasuk waktu di dalam belajar. Islam juga memerintahkan umatnya untuk selalu konsisten terhadap peraturan Allah yang telah ditetapkan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Huud ayat 112 :
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Penanaman Karakter Kerja Keras Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Firdaus Tahun Pelajaran 2015/2016.

PENDAHULUAN Penanaman Karakter Kerja Keras Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Firdaus Tahun Pelajaran 2015/2016.

Pada situasi dan kondisi inilah guru seharusnya mulai menjalankan perannya sebagai seorang pendidik. Guru harus mampu membantu siswa mengatasi kesulitan siswa dalam belajar matematika. Guru tidak hanya dituntut untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalahnya, namun guru juga harus mampu menanamkan karakter-karakter yang baik melalui proses pembelajaran matematika. Menurut Hidayatullah ( 2010 : 13) karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral, akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yang menjadi pendorong dan penggerak, serta yang membedakan dengan individu lain.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

BUDAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA ETNIS BATAK TOBA DAN ETNIS JAWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA.

BUDAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA ETNIS BATAK TOBA DAN ETNIS JAWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA.

Pendidikan merupakan kegiatan yang esensial didalam setiap kehidupan masyarakat. Pendidikan tidak mungkin terjadi atau terlepas dari kehidupan bermasyarakat. Oleh karena setiap masyarakat mempunyai kebudayaannya, maka pendidikan merupakan suatu kegiatan budaya. Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan karakter individu. Karakter yang dimaksud berkenaan dengan pengembangan intelektual serta prestasi sebagai tujuan akhir dari pendidikan. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Melalui sekolah, siswa belajar berbagai macam hal. Pendidikan adalah sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan output yang berkualitas. Dari berbagai macam karakteristik input yang masuk, bagaimana pendidikan itu mampu menghasilkan output yang baik dan berkualitas.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Komparasi Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kerja Keras Dan Kondisi Lingkungan Belajar Bagi Siswa Kelas VIII SMP N 1 Pracimantoro.

PENDAHULUAN Komparasi Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kerja Keras Dan Kondisi Lingkungan Belajar Bagi Siswa Kelas VIII SMP N 1 Pracimantoro.

Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya dari dalam diri dan lingkungan luar siswa. Faktor dari dalam diri siswa dapat berupa rasa ingin tahu, kerja keras, keaktifan, kedisiplinan, motivasi, minat, kemampuan belajar siswa dan sebagainya. Faktor dari lingkungan luar siswa berupa pola asuh orang tua, guru, kurikulum, sarana prasarana, kondisi lingkungan belajar, masyarakat, sekolah dan sebagainya.

5 Baca lebih lajut

Subtema 1 Kerja Keras Berubah Kesuksesan

Subtema 1 Kerja Keras Berubah Kesuksesan

Dalam hal peningkatan perekonomian, bukan hanya industri besar, penyelenggaraan SEA Games juga berpotensi memajukan perekonomian Sumatera Selatan secara keseluruhan. Menjelang acara, pertumbuhan ekonomi provinsi ini mengalami peningkatan hingga 6,4% disebabkan pembangunan fisik sarana dan prasarana SEA Games yang menggunakan tenaga kerja besar-besaran. Persiapan SEA Games terlihat telah meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di Palembang dan sekitarnya, setidaknya sejak awal tahun 2011. Geliat ekonomi ini terlihat dari dibangunnya sejumlah hotel baru, terserapnya sekitar 4.000 tenaga buruh untuk pembangunan, serta meningkatnya kegiatan di sentra kerajinan rakyat untuk pembuatan cendera mata. Sekitar 5.000 atlet dari negara di Asia Tenggara, termasuk dari Indonesia akan berpartisipasi dalam ajang ini.
Baca lebih lanjut

62 Baca lebih lajut

Kerja Keras ala Rencana Pengamanan Air

Kerja Keras ala Rencana Pengamanan Air

[BANDUNG] Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik penyusunan dan pelaksanaan Rencana Pengamanan Air (RPA) di kawasan Sungai Cikapundung, Bandung. Rencana tersebut merupakan upaya sejumlah kementerian yang tergabung dalam Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) yang didukung oleh Waspola Facility. RPA merupakan agenda nasional dalam peningkatan air minum yang memenuhi persyaratan kuantitas, kualitas, kontinuitas dan keterjangkauan (4K).

8 Baca lebih lajut

DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KERJA KERAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA  Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kerja Keras Siswa Kelas VII SMP Neger

DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KERJA KERAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kerja Keras Siswa Kelas VII SMP Neger

Hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh 7,71838 > 3,98 . Maka Ho ditolak yang berarti ada pengaruh strategi problem based learning dan project based learning terhadap hasil belajar matematika. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Mariani (2014) menyimpulkan bahwa problem based learning sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PBL memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat dilihat pada tabel 4.9 yang menyajikan rerata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan strategi PBL dan kelas kontrol dengan menggunakan strategi PjBL.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

ppl2_7101409140_R112_1349761407. 1.31MB 2013-07-11 22:16:19

ppl2_7101409140_R112_1349761407. 1.31MB 2013-07-11 22:16:19

Untuk mencapai keberhasilan kegiatan PBM disekolah latihan terdapat komponen-komponen perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ketersedian sarana maupun prasarana PBM yaitu media dan sumber belajar. Untuk sumber belajar di sekolah latihan khususnya untuk kelas X siswa dituntut untuk aktif dalam mencari dan melengkapi materi yang diajarkan dan diberikan oleh guru. Sebagai Rintisan Sekolah Berstandar Internasional ( RSBI ), sarana dan prasarana di SMA N 1 Pekalongan ini sudah cukup tersedia dengan baik. Untuk media ajar sendiri yang ada di sekolah latihan sendiri pada dasarnya mengunakan media yang sudah maju mengingat ditetapkannya SMA N 1 Pekalongan menjadi sekolah RSBI sarana dan prasarana yang ada pun sangat lengkap. Yaitu adanya laboratorium bahasa, komputer, fisika, kimia, biologi, ruang multimedia dan sarana olah raga. Ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di dalam kelas adalah setiap ruang kelas dilengkapi dengan white board, komputer dan LCD, serta lemari yang berisi buku-buku pelajaran untuk menunjang pelaksanaan PBM.
Baca lebih lanjut

81 Baca lebih lajut

STUDI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS CERDAS ISTIMEWA BAKAT ISTIMEWA (CIBI) SMP NEGERI 2 SURAKARTA | Munawaroh | 5729 12277 1 SM

STUDI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS CERDAS ISTIMEWA BAKAT ISTIMEWA (CIBI) SMP NEGERI 2 SURAKARTA | Munawaroh | 5729 12277 1 SM

Berdasarkan analisis data wawancara tentang kendala yang dihadapi oleh guru dan solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala yang dihadapi. Diperoleh data kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan karakter keingintahuan, yaitu tidak semua siswa mau berpikir terlalu keras sehinga kurang memberikan respon yang baik terhadap stimulus yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi kendala tersebut guru biasanya memberi reward berupa nilai. Aktivitas yang dilakukan oleh guru adalah salah satu strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara eksternal dengan cara pemberian imbalan/reward berupa nilai. Hal tersebut senada dengan pendapat Abdul Madjid dan Dian Andayani (2014: 309) Sistem pemberian imbalan dapat mendorong individu untuk berperilaku dalam mencapai tujuan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KERJA KERAS SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS).

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KERJA KERAS SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS).

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar dan Kerja Keras Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dan Model Jigsaw Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS)”. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan.

19 Baca lebih lajut

SKRIPSI PENGARUH SIKAP KERJA KERAS DALAM MENYELESAIKAN TUGAS DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGERI PRUPUK SELATAN 04

SKRIPSI PENGARUH SIKAP KERJA KERAS DALAM MENYELESAIKAN TUGAS DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGERI PRUPUK SELATAN 04

belajar matematika (Y). Perhitungan analisis data uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas regresi serta uji hipotesis dengan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian uji prasyarat menunjukkan bahwa data variabel tersebut normal, homogen dan linier. Pada hasil analisis korelasi dan regresi (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap kerja keras dalam menyelesaikan tugas terhadap prestasi belajar matematika (2) Terdapat pengaruh antara Disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (3) Terdapat pengaruh antara sikap kerja keras dalam menyelesaikan tugas dan disiplin belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

BAB II ADHI PRASTOWO PGSD'14

BAB II ADHI PRASTOWO PGSD'14

Sikap kerja keras dan disiplin belajar merupakan faktor yang penting dalam menunjang prestasi belajar. Sikap kerja keras terutama dalam menyelesaikan tugas individu tentunya melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh di sekolah, dengan kata lain akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Disiplin belajar juga demikian, jika belajar dilakukan dengan prosedur yang sesuai aturan atau ketentuan yang meliputi seperti: kondisi, tempat, situasi yang baik dsb akan mempengaruhi seberapa besar prestasi belajar matematika dapat meningkat. Jika segala ketentuan yang berkaitan dengan belajar dapat diatur dan ditaati maka akan tercapai prestasi belajar matematika yang diharapkan.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Implementasi Aspek Religius Dan Kerja Keras Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

PENDAHULUAN Implementasi Aspek Religius Dan Kerja Keras Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

6. Pembelajaran. Menurut Sagala (2003:61), pembelajaran ialah membelajarkan siswa dengan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Jadi pembelajaran adalah suatu proses kegiatan yang sengaja dilakukan berdasarkan atas asas pendidikan atau teori belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.

10 Baca lebih lajut

8 analisis tujuan mat

8 analisis tujuan mat

Kreatif, rasa ingin tahu, komukatif Kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, komunikatif Kreatif, kerja keras, rasa ingin tahu Kreatif, demokratis, dan komunikatif Disiplin, kerja kera[r]

1 Baca lebih lajut

BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Nilai - Pengertian Nilai

BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Nilai - Pengertian Nilai

Hanum selalu berusaha mengitari Kakbah sedekat mungkin walaupun kakinya semakin susah melangkah. Injakan kaki-kaki besar manusia nan kuat saling bertubrukan di kakinya. Itu lah sikap kerja keras yang dilakukan Hanum, ia rela berdesak-desakan bahkan kakinya selalu terinjak-rinjak oleh kaki-kaki manusia yang berduyun-duyun ingin mendekati Kakbah sedekat mungkin. Sikap kerja keras yang diperlihatkan Hanum dalam kutipan novel di atas dapat dijadikan contoh bagi siswa bahwa sebesar apapun cobaan yang sedang dihadapi, dengan kerja keras yang kita lakukan, kita akan menikmati hasil yang baik dari usaha kita tersebut.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

RELEVANSI VISI MISI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)SURAKARTA DENGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA

RELEVANSI VISI MISI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)SURAKARTA DENGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA

Cerdas yang dimaksudkan dalam visi misi FKIP adalah mahasiswa bukan hanya mampu dan pintar dalam hal kognitif (intelektual) saja tetapi juga harus diimbangi dengan kecerdasan emosional dan spiritual, sehingga dapat mencerminkan pribadi luhur yang bisa terlihat dari keseharian yaitu cara memecahkan masalah, cara bersosialisasi, keteguhan dan tanggung jawab, kerja keras yang tinggi, menjunjung tinggi nilai agama dan moral dengan tidak pernah melalaikan tugas dan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan (yang beragama Islam selalu menjalankan sholat lima waktu), dan hal lain yang berkaitan dengan emosional dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan secara kognitif terlihat dari rata-rata informan yaitu Rk, Dh, Ln, Lo, Am, Ns, Wk, Bd dan Nt yang memiliki IPK diatas 3.00 juga terlihat bagaimana informan melakukan sosialisasi seperti Ps, Ln, Lo, Am,dan Ns yang mengaku gemar mengikuti kegiatan kampus untuk menambah wawasan dan
Baca lebih lanjut

130 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...