Kitab Kisah Para Rasul

Top PDF Kitab Kisah Para Rasul:

Presuposisi Kitab Kisah Para Rasul dalam Rancang Bangun Teologi Pentakosta

Presuposisi Kitab Kisah Para Rasul dalam Rancang Bangun Teologi Pentakosta

Lukas tidak berniat menyajikan laporan sejarah gereja mula-mula, karena selain hanya menyebut sebagian kecil rasul saja dalam kitab ini, Lukas juga mengabaikan perluasan gereja yang mencakup beberapa wilayah seperti: Ilirkum, Kapadokia, Mesopotamia, hingga Mesir. Yang perlu dipertimbangkan adalah, bahwa Lukas merupakan seorang ilmuwan yang memilki latar belakang budaya Helenis yang kuat, sehingga narasi sejarah yang disajikan merupakan ekspresi historiografi-Helenisme, bukan sejarah pada konsep modern. Lukas hanya menarasikan fakta sejarah dengan tujuan teologis, sesuai dengan fungsi historiografi-Helenis, bukan untuk melaporkan peristiwa, melainkan mengajarkan. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa presuposisi kitab Kisah Para Rasul adalah presuposisi teologis, sehingga memberi landasan filosofis sekaligus teologis yang sangat kuat serta normatif untuk menjadikan peristiwa Pentakosta sebagai preseden teologis bagi gereja masa kini.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Ulasan Buku: MENJALANKAN MISI BERSAMA YESUS: Pesan-pesan bagi Gereja dari Kisah Para Rasul

Ulasan Buku: MENJALANKAN MISI BERSAMA YESUS: Pesan-pesan bagi Gereja dari Kisah Para Rasul

mengungkapkan arah dari kitab Kisah Para Rasul, ketika mereka melihat karya Allah di dalam kita, mereka akan mendengar dan merespons pesan keselamatan Allah. Ketika mereka mendengar firman Allah dari kita, mereka akan mendengar dan menanggapi pesan keselamatan Allah (hal. 504-511).

10 Baca lebih lajut

SILABUS AGAMA KRISTEN SMK X

SILABUS AGAMA KRISTEN SMK X

Mengkaji bagian Alkitab yang berbicara mengenai peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman dari kitab Kisah Rasul Mengeksplorasi  Mengkaji peran Roh Kudus berdasarkan [r]

15 Baca lebih lajut

Kata kunci: Kisah Para Rasul, Jemaat Perdana, Radikalisme, Solidaritas, Dialog, Cinta Pluralisme. PENDAHULUAN - REVOLUSI MENTAL DENGAN MEMBANGUN KARAKTER CINTA PLURALITAS (Refleksi Biblis-Eklesiologis atas Kisah Para Rasul)

Kata kunci: Kisah Para Rasul, Jemaat Perdana, Radikalisme, Solidaritas, Dialog, Cinta Pluralisme. PENDAHULUAN - REVOLUSI MENTAL DENGAN MEMBANGUN KARAKTER CINTA PLURALITAS (Refleksi Biblis-Eklesiologis atas Kisah Para Rasul)

William S. Kurz, menulis bahwa masalah besar yang dibicarakan Lukas, penulis Injil Markus dan Kisah Para Rasul, adalah masalah jati diri orang Kristen Perdana. Jika pendiri jemaat Kristen Perdana ini adalah Mesias dan mereka diandaikan menerima janji-janji yang diberikan kepada para bapa bangsa Yahudi, mengapa begitu banyak bangsa lain dan begitu sedikit orang Yahudi yang menjadi anggota Gereja pada jaman Lukas. Kebingungan mulai makin jelas ketika kelompok Yahudi dan orang-orang Kristen mengakui orang bukan Yahudi sebagai sama-sama Kristen tanpa harus menjadi Yahudi lebih dahulu (Bergant, ed., 2002: 207-208). Proses pengakuan ini merupakan sebuah keterbukaan yang luar biasa dari jemaat Kristen perdana. Sebuah tahapan peralihan yang sangat menentukan kiprah Gereja perdana di tengah-tengah bangsa-bangsa lain. Sikap jemaat perdana yang inklusif ini tentunya tidak bisa terlepas dari berbagai kisah dan tokoh yang berperan dalam Kisah Para Rasul, yang akan ditampilkan di bawah ini.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

MAKALAH BERIMAN KEPADA KITAB ALLAH

MAKALAH BERIMAN KEPADA KITAB ALLAH

Percaya kepada kitab-kitab Allah SWT hukumnya adalah wajib ‘ain atau wajib bagi seluruh warga muslim di seluruh dunia. Dilihat dari pengertian atau arti defenisi, kitab Allah SWT adalah kitab suci yang merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT melalui rasul-rasulnya untuk dijadikan pedoman hidup umat manusia sepanjang masa. Orang yang mengingkari serta tidak percaya kepada Al-quran disebut orang- orang murtad.

6 Baca lebih lajut

KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 20122013

KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 20122013

30. Ayam Jantan dari Timur adalah salah satu sebutan yang diberikan kepada Sultan Hasanudin. Belanda mendapat perlawanan yang sengit dari Sultan Hasanudin. Sultan Hasanudin bersama rakyatnya mengangkat senjata melawan penjajahan Belanda. Pada kisah di atas, merupakan perjuangan masyarakat Islam terhadap pendudukan Belanda di daerah ....

6 Baca lebih lajut

PAI SD MI Kelas 5. Pelajaran 2

PAI SD MI Kelas 5. Pelajaran 2

Kitab suci yang wajib kita percayai ada empat, yaitu Zabur, Taurat, Injil, dan Al Quran. Jadi, iman kepada kitab Allah adalah mempercayai atau meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. telah menurunkan beberapa kitab kepada para rasul-Nya agar dijadikan pedoman dalam hidupnya.

8 Baca lebih lajut

MATERI PEMBAHASAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMA

MATERI PEMBAHASAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMA

A llah sangat menyayangi hamba- Nya. Salah satu buktinya Allah menurunkan kitabkitab-Nya kepada para rasul sebagai petunjuk dan pedoman bagi umat manusia. Turat, Zabur dan Injil adalah kitab- kitab yang diturunkan mendahului Al-Qur’an. Kitab-kitab tersebut diturunkan Allah untuk menuntun manusia menuju jalan kebenaran. Namun sayang, dari dulu hingga sekarang tidak semua umat manusia beriman kepada kitab-kitab Allah. Sebagian dari mereka enggan mengikuti perintah dan petunjuk yang tertuang dalam kitab Allah. Padahal mereka tahu bahwa itu adalah kebenaran. Mereka telah menutup hatinya rapat-rapat. Nah, tentu kita tidak ingin mengikuti jejak mereka, bukan? Oleh karena itu kita harus beriman kepada kitab Allah, yakni Al-Qur’an dan kitab- kitab sebelumnya. Untuk mempertebal keimanan kita, pada BAB ini kita akan mengupas perihal iman kepada kitab Allah.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya KISAH NABI HARUN

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya KISAH NABI HARUN

Nabi Harun bin Imran bin Qahits bin Lawi bin Yaakub bin Ishak bin Ibrahim . Nabi Harun adalah kakak kandung Nabi Musa. Nabi Harun dilahirkan tiga tahun sebelum Nabi Musa di lahirkan. Kisahnya di dalam Al-Qur’an selalu disebut bersama dengan kisah adiknya itu. Ia mendampingi Nabi Musa menemui Fir’aun untuk meminta agar Fir’aun melepaskan Bani Israil dari perbudakan . Mereka menyampaikan wahyu Tuhan kepada raja Mesir itu, dan mengingatkannya serta meluruskan jalan hidupnya yang melampaui batas (tidak rela melepaskan Bani Israil dari perbudakan) serta menyimpang dari ajaran Allah Swt. Dengan lemah lembut, Musa dan Harun menghadapi keangkuhan Fir’aun yang mengaku diri tuhan. Akhirnya Musa dan Harun berhasil membawa keluar Bani Israil dari Mesir.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya Kisah Nabi Yusuf

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya Kisah Nabi Yusuf

“Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu sambil berkata: “Marilah ke sini." Nabi Yusuf berkata: “Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik. “Sesungguhnya orang-orang yang dzalim tidak akan beruntung.” (Lihat Surat Yusuf ayat 23). Kisah Nabi Yusuf - Tersiarnya Kabar ke Penjuru Kota

3 Baca lebih lajut

Analisis KI dan KD Pendidikan Agama Isla

Analisis KI dan KD Pendidikan Agama Isla

4.5 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab Suci Allah swt 4.6 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT 4.7 Menampilkan perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras 4.8 Menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan

3 Baca lebih lajut

KOHESI GRAMATIKAL PENGACUAN DEMONSTRATIF PADA KISAH NABI MUHAMMAD SAW DALAM BUKU “KISAH-KISAH TELADAN 25  Kohesi Gramatikal Pengacuan Demonstratif Pada Kisah Nabi Muhammad SAW Dalam Buku “Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul” Karya MB. Alamsyah.

KOHESI GRAMATIKAL PENGACUAN DEMONSTRATIF PADA KISAH NABI MUHAMMAD SAW DALAM BUKU “KISAH-KISAH TELADAN 25 Kohesi Gramatikal Pengacuan Demonstratif Pada Kisah Nabi Muhammad SAW Dalam Buku “Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul” Karya MB. Alamsyah.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kisah Nabi Muhammad sawdalam buku Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah. Data dalam penelitian ini adalah sebuah pengacuan demonstratif waktu dan tempat pada kisah Nabi Muhammad dalam buku Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah. Sumber data dalam penelitian ini kisah Nabi Muhammad saw dalam buku Kisah-kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah.

12 Baca lebih lajut

Jelaskan pengertian pranata sosial menur

Jelaskan pengertian pranata sosial menur

malaikat adalah jamak dari kata malakun yang artinya utusan. Menurut terminologi malaikat adalah makhluk rohani yang bersifat gaib, diciptakan dari nur, selalu taat, tunduk serta patuh kepada Allah SWT dan tidak pernah ingkar kepadanya. beriman kepada malaikat adalah pangkal keimanan kepada wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada para rasul-Nya. Hal itu disebabkan, Allah SWT menurunkan wahyu kepada para rasul-Nya melalui perantara

7 Baca lebih lajut

aqidah dan pengaruhnya dalam kehidupan

aqidah dan pengaruhnya dalam kehidupan

Rukun iman yang pertama ialah iman kepada Allah swt. Iman kepada Allah yang paling pokok dan mendasari seluruh ajaran Islam dan ia harus diyakinkan dengan ilmu yang pasti, seperti ilmu yang terdapat dalam kalimat syahadat “ ه ااا اا” . Ialah yang menjadi awal, inti dan akhir dari seluruh seruan Islam sebagaimana wasiat Rasulullah saw. kepada sahabat Mu’adz ketika beliau mengutusnya ke negeri Yaman “Sesungguhnya engkau akan mendatangi suatu kaum dari Ahli Kitab, maka hendaklah engkau mengawali dakwahmu kepada mereka dengan penyaksian bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, kemudian jika mereka telah taat kepadamu, maka ajarkan lagi kepada mereka bahwa Allah mewajibkan atasnya salat lima waktu” 4
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Pendidikan Agama Islam I Kelas 1 Ngatmin Abbas Dariyanto dan Suratmi 2011

Pendidikan Agama Islam I Kelas 1 Ngatmin Abbas Dariyanto dan Suratmi 2011

Buku ini dilengkapi dengan mutiara hikmah yang berisi ayat Al-Qur’an atau hadis yang berisi pesan-pesan moral yang patut direnungkan siswa. Selanjutnya, disajikan kisah teladan berisi kisah para nabi dan rasul serta kisah para sahabat yang perlu diteladani oleh siswa.

168 Baca lebih lajut

Soal UAS Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP MTs Semester 1 (Ganjil)

Soal UAS Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP MTs Semester 1 (Ganjil)

Wahyu Allah kepada Rasul yang harus disampaikan manusia b.. Kitab dibukukan suhuf tidak b.[r]

2 Baca lebih lajut

soal UAS Aqidah Akhlak kelas 8 SMPMTS semester 1

soal UAS Aqidah Akhlak kelas 8 SMPMTS semester 1

Wahyu Allah kepada Rasul yang harus disampaikan manusia b.. Kitab dibukukan suhuf tidak b.[r]

3 Baca lebih lajut

MUSABAQAH KARYA TULIS ILMIAH KANDUNGAN A

MUSABAQAH KARYA TULIS ILMIAH KANDUNGAN A

Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat- Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.”Q.S An-Nisa ay[r]

20 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Kohesi Gramatikal Pengacuan Demonstratif Pada Kisah Nabi Muhammad SAW Dalam Buku “Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul” Karya MB. Alamsyah.

PENDAHULUAN Kohesi Gramatikal Pengacuan Demonstratif Pada Kisah Nabi Muhammad SAW Dalam Buku “Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul” Karya MB. Alamsyah.

Tidak sedikit pengacuan demonstratif yang digunakan dalam buku Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul khususnya kisah Nabi Muhammad saw . Hal ini sangat menarik untuk dikaji karena dapat memperkaya pemerolehan bahasa bagi pembaca serta dapat mengetahui pemerolehan bahasa yang dipakai penulis buku tersebut. Pengacuan demonstratif dibedakan menjadi dua, yaitu pronomina demonstratif waktu dan tempat. Di bawah ini diuraikan salah satu bentuk analisis yang terdapat dalam buku bacaan yang sudah disebutkan di atas.

7 Baca lebih lajut

BENTUK TUBUH RASULULLAH SAW

BENTUK TUBUH RASULULLAH SAW

"Aku masuk ke rumah rasulullah saw. tatkala beliau sedang sakit yang membawa ajalnya. Di kepalanya ada balutan kain kuning. Kepadanya kuucapkan salam, kemudian beliau bersabda : "Wahai Fadlal, apa kabarmu?" Aku menjawab : "Baik wahai Rasulullah !" Rasulullah bersabda : "Kuatkan balutan yang ada di kepalaku ini !" Fadlal meneruskan ceritanya :"Maka kulakukan perintah Rasulullah saw. itu. Kemudian beliau duduk, lalu meletakkan tangannya di atas bahuku, kemudian beliau berdiri lalu masuk ke masjid." Dan kisah selanjutnya terdapat dalam hadist perihal wafatnya Rasulullah saw.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Show all 5026 documents...