Komik Pendidikan Sains

Top PDF Komik Pendidikan Sains:

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN INKUIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN KOMIK PENDIDIKAN SAINS - repository UPI T IPA 1302878 Title

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN INKUIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN KOMIK PENDIDIKAN SAINS - repository UPI T IPA 1302878 Title

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN INKUIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN KOMIK PENDIDIKAN SAINS TESIS Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Magister Pend[r]

4 Baca lebih lajut

T IPA 1302878 Chapter 5

T IPA 1302878 Chapter 5

Hasil lain dari penelitian ini adalah bahwa dengan digunakannya komik pendidikan sains dalam pembelajaran inkuiri, skor kemampuan inkuiri siswa setiap indikator berkembang di setiap pertemuannya. Kemampuan inkuiri siswa didominasi oleh kelompok siswa dengan kategori “Cukup Terampil” dan didominasi pula oleh kelompok siswa dengan kategori kemampuan “Meningkat - Meningkat”.

3 Baca lebih lajut

T IPA 1302878 Table of Content

T IPA 1302878 Table of Content

A. Pemaparan dan Pembahasan: Karakteristik dan Kualitas Komik Pendidikan Sains: “Petualangan Pak Zoe dan Zeboo: Tongtong dan Seruling Ajaib” ..................................................................... B. Pemaparan dan Pembahasan: Kemampuan Inkuiri Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Komik Pendidikan Sains ............... C. Paparan dan Pembahasan: Tanggapan Siswa terhadap Pembelajaran dengan Menggunakan Komik dalam Pembelaran IPA ..............................................................................................
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

T IPA 1302878 Abstract

T IPA 1302878 Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan inkuiri ilmiah siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan komik pendidikan sains pada topik bunyi telah dilakukan. Penelitian ini melibatkan 42 siswa kelas VIII SMP dengan metode penelitian mix method . Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar penilaian media komik, jurnal pembelajaran, kuesioner dan angket, serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik pendidikan sains ini dibuat dengan menyajikan cerita yang berkaitan fenomena bunyi dalam kehidupan sehari-hari dengan konsep- konsep IPA yang sesuai dengan KD 3.10 dan tersusun sesuai indikator pembelajaran dengan proporsi 38% cerita, 15% humor, 41% gambar dan narasi konten materi, dan 5% cerita fenomena, dan bisa dipergunakan dalam pembelajaran IPA di kelas, termasuk salah satunya pembelajaran inkuri dengan kegiatan mengajukan pertanyaan. Kemampuan inkuiri yang berkembang setiap pertemuannya adalah kemampuan mengajukan pertanyaan pada indikator: mengajukan pertanyaan yang dapat diuji secara ilmiah. Siswa didominasi oleh kelompok siswa dengan kategori “Cukup Terampil” dan didominasi pula oleh kelompok siswa dengan kategori kemampuan “Meningkat - Meningkat”. Siswa menganggap bahwa pembelajaran IPA yang dikemas dalam bentuk komik menjadikan kegiatan belajar menjadi menyenangkan. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran IPA yang menggunakan komik.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN KOMIK SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA

PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN KOMIK SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA

Komik merupakan salah satu jenis media pembelajaran. Komik juga salah satu media hiburan dan memiliki nilai edukatif yang tidak diragukan. Pemakaian komik yang luas dengan ilustrasi berwarna, alur cerita yang ringkas, dengan perwatakan orangnya yang realistis menarik semua siswa dari berbagai tingkat usia (Sudjana & Rivai, 2010 : 68-69). Buku-buku komik dapat digunakan secara efektif oleh guru-guru dalam usaha membangkitkan minat, mengembangkan perbendaharaan kata-kata dan keterampilan membaca, serta untuk memperluas minat baca. Penggunaan komik dalam pembelajaran sebaiknya dipadu dengan metode pembelajaran sehingga komik akan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif. Menurut penelitian Alaba (2007), perlu dilakukan strategi pembelajaran yang kreatif seperti penggunaan media kartun dan komik yang sesuai usia agar siswa merasa nyaman sehingga mampu menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
Baca lebih lanjut

167 Baca lebih lajut

S BIO 1104172 Abstract

S BIO 1104172 Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil buku komik seri Why berjudul “Environment-Lingkungan”. Komik ini banyak beredar di toko buku di kota Bandung, akan tetapi belum diketahui bagaimana isinya. Analisis profil dari buku komik ini diperlukan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran lingkungan di sekolah terutama di tingkat SMA. Analisis komik ini dilakukan berdasarkan tiga aspek yaitu: (a) aspek literasi sains yang terdiri dari pengetahuan sains, sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara berfikir, dan interaksi sains teknologi dan masyarakat; (b) aspek materi yang terdiri dari kesesuaian dengan kurikulum dan kebenaran informasi; dan (c) aspek desain visual yang terdiri dari tipografi, layout, dan warna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Komik yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah satu buku yaitu komik seri Why berjudul “ Environment- Lingkungan”. Data dijaring menggunakan tiga lembar observasi yaitu: (a) lembar observasi literasi sains yang mengacu pada indikator-indikator yang dibuat oleh Chiappetta et al. (1993); (b) lembar observasi aspek materi; (c) lembar observasi aspek desain visual. Lembar observasi aspek materi dan aspek desain visual dimodifikasi dari penelitian Hidayah et al. (2014). Hasil dari penelitian ini disajikan sebagai berikut: (a) persentase empat aspek dalam literasi sains secara berturut-turut (pengetahuan sains, sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara berfikir, interaksi sains, teknologi, dan masyarakat) yaitu 73,00; 0,63; 11,10; dan 15,27. (b) persentase rata-rata aspek materi sebesar 90,52. Persentase dua indikator aspek materi (kesesuaian dengan kurikulum dan kebenaran informasi) secara berturut-turut yaitu: 91,67; dan 89,36. (c) persentase rata-rata aspek desain visual sebesar 99,54, persentase tiga indikator aspek desain visual (tipografi, layout, warna) secara berturut-turut yaitu 99,62; 100; dan 99,01. Berdasarkan perolehan persentase aspek materi dan aspek desain visual, komik seri Why berjudul “ Environment- Lingkungan” masuk dalam kategori sangat baik. Buku komik ini menyajikan semua aspek literasi sains walaupun tidak seimbang, dimana aspek pengetahuan sains yang berupa produk sains seperti fakta, konsep, dan prinsip merupakan aspek yang paling banyak disajikan. Berdasarkan hasil tersebut, buku komik ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran materi lingkungan khususnya materi pencemaran di SMA.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN KOMIK FISIKA DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN KOMIK FISIKA DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP.

kreatif, b) kritis dalam menggunakan dan mengelola tekhnologi informasi, c) melakukan penelitian beretika dengan berbagai metode dan sumber, d) menerapkan keterampilan metakognisi, merenungkan apa yang telah mereka pelajari dan apa yang mereka butuhkan untuk dipelajari, e) mengkomunikasikan ide-ide dan informasi dengan cara diinformasikan, terorganisir, dan meyakinkan (Alberta learning: 2003f). Menurut Starko (dalam Cheng: 2010) menyatakan bahwa di antara semua proses inquiry , pembuatan hipotesis dianggap sebagai salah satu hal penting untuk menciptakan hubungan antara pengetahuan dan pengalaman baru, dan juga melatih unsur kritis dari penyelidikan ilmiah dan peningkatan kreativitas. Kreativitas merupakan salah satu pengiring model inquiry dalam mencapai keterampilan sains siswa. Menurut Walterova& Mares (dalam TRONVA&TRNA : 2014) Kreativitas diartikan sebagai kemampuan mental yang berdasarkan proses kognitif dimana dan bagaimanapun, berperan penting dalam memainkan inspirasi, imajinasi, dan intuisi. Solusi kreatif tidak hanya benar, tapi hal baru, yang tidak biasa dan di luar dugaan. Hodson dan Reid (dalam Barrow: 2010) menyatakan bahwa kreativitas menjadi bagian integral ilmu pengetahuan dan proses ilmiah. Berfikir kreatif dalam belajar akan menciptakan siswa yang berkompetensi untuk mengaplikasikan gagasan terperinci (Anggraini: 2014). Melalui penerapan model inquiry training dan diiringi oleh kreativitas siswa mampu mencapai tujuan pendidikan terutama dalam pembelajaran fisika.
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

PENUTUP  PERSEPSI PECINTA KOMIK INDONESIA TERHADAP KOMIK IMPOR DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA (Studi kasus tentang pengaruh pada komunitas Adrian komik and scupaholic studio).

PENUTUP PERSEPSI PECINTA KOMIK INDONESIA TERHADAP KOMIK IMPOR DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA (Studi kasus tentang pengaruh pada komunitas Adrian komik and scupaholic studio).

Ya, lebih diperkenalkan lagi komik Indonesia itu seperti apa di masyarakat khususnya penggemar komik, misalkan dari acara even-even komik, promosi sampai masalah pendistribusian sehingga tidak semakin menghilang diantara komik impor yang ada di pasaran, ya seperti berkompetisi di pasaran

20 Baca lebih lajut

PENGARUH APOTEK HIDUP TERHADAP PENGENALAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 06 BROMO MEDAN T.A 2015/2016.

PENGARUH APOTEK HIDUP TERHADAP PENGENALAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 06 BROMO MEDAN T.A 2015/2016.

Penelitian dan kesimpulan diatas selaras juga dalam kajian pendidikan menurut Johann Heinrick Pestalozzi yang terkenal sebagai penulis dan pendidik, Salah satu prinsip pendidikan menurut Pestalozzi adalah konsep back to nature yang diartikan sebagai upaya agar anak gemar melakukan pengamatan terhadap sumber belajar di lingkungan alam sekitarnya, keaktifan anak berinteraksi dengan lingkungan alam menjadi pengalaman langsung dan selanjutnya menjadi pengetahuan baru bagi anak. Untuk itu setelah menganalisis dan berpedoman dengan teori dan penelitian terdahulu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Pengaruh Apotek Hidup terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 06 Bromo T.A 2015/2016”
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

Nota UPSR Sains - Sumber Pendidikan INFO SAINS

Nota UPSR Sains - Sumber Pendidikan INFO SAINS

Prinsip ini dapat mengurangkan daya geseran dan membolehkannya bergerak di atas permukaan air dan daratan Cahaya juga mempunyai kelajuan kerana cahaya bergerak dari satu tempat ke temp[r]

16 Baca lebih lajut

2016-Pendidikan Nilai dan Karakter Matematika-komik

2016-Pendidikan Nilai dan Karakter Matematika-komik

Pendidikan matematika yang menjadi pilihan kita, dipandang sebagian orang sebagai pendidikan akal semata. Namun, banyak bukti dari pengalaman ilmuwan, bahwa dengan mengoptimalkan fungsi akal untuk mendapatkan ilmu, terbentuk pula kesadaran bahwa ada sesuatu dibalik akal, yang masih tak terungkapkan, terbentuk pula kebiasaan-kebiasaan bekerja yang bernilai baik, seperti cermat dan sistematis. Salah satu contoh adalah pengakuan Einstein, tentang ilmu tanpa agama, dan agama tanpa ilmu. Kita pun pernah merasakan bahwa akal kita mulai bekerja, karena ada bisikan kalbu (ilham).

12 Baca lebih lajut

S PSR 1000733 Chapter5

S PSR 1000733 Chapter5

2. Bagi pecinta komik agar membuka diri untuk membaca beragam bentuk komik yang ada, tidak hanya terpaku pada satu bentuk atau jenis cerita saja. Hal ini untuk menghindari perbandingan satu bentuk dengan bentuk lainnya yang biasanya tidak setara dan seharusnya tidak perlu dibandingkan.

2 Baca lebih lajut

Reformulasi Pendidikan Sains pada Pergur

Reformulasi Pendidikan Sains pada Pergur

Satu hal terpenting yang dilakukan Kuhn adalah membawa konsep nilai ke dalam tubuh sains. Pasca aliran Kuhn, sudah tidak relevan lagi untuk berpendapat bahwa pendidikan sains benar-benar bebas nilai dan obyektif. Sekalipun obyektiitas adalah tujuan utama sains modern, tak urung keseluruhan faktor subyektif akan selalu mempengaruhi persepsi, teori, seleksi dan proses pengolahan data. Sebaliknya, iman dan nilai bukanlah merupakan persoalan pilihan pribadi yang sederhana, akan tetapi memiliki satu realitas di luar individu dalam mengikat masyarakat dengan sekat moral yang akan memperkuat landasan etikanya. Sementara itu, sebuah sistem pendidikan sekuler tidak memiliki sikap yang holistik pada kehidupan dan hanya memberi sedikit perhatian pada upaya peningkatan nilai-nilai positif Ketuhanan dan Kesucian. Pemahaman akan pentingnya iman dan nilai inilah yang mendorong para ilmuwan dan cendekiawan muslim untuk memasukkan semangat nilai- nilai Islam sebagai pandangan dunia dan peradaban Islam ke dalam sains.
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

Inkuiri dalam Pendidikan Sains dan Imple

Inkuiri dalam Pendidikan Sains dan Imple

Harry Kelle dari USA menyimpulkan: definsi mengenai scientific inquiry. Pengajaran sains haruslah mengandung dua tujuan utama: 1) belajar konsep-konsep dasar sains dan 2) mengembangkan pemikiran sains. Penggunaan laboratorium sangat mendukung kegiatan yang ke dua. Dia menambahkan Sains mungkin merupakan sinonim dengan inkuiri dalam sains. Lebih lanjut,istilah sains berarti implementasi keterlibatan pikiran secara aktif dan kreatif terhadap alam dan berupaya untuk memahaminya.

7 Baca lebih lajut

PENDIDIKAN SAINS, SOSIAL DAN ALAM SEKITAR

PENDIDIKAN SAINS, SOSIAL DAN ALAM SEKITAR

Tahap Penguasaan (TP) merujuk kepada aras penguasaan tertentu yang disusun secara hierarki, dan diguna bagi tujuan pelaporan. Jadual 2 menyenaraikan maksud dan tafsiran umum tentang setiap TP. Jadual 3 pula menyediakan tafsiran tentang TP yang diguna pakai dalam mentafsir prestasi murid bagi mata pelajaran Pendidikan Sains, Sosial dan Alam Sekitar.

46 Baca lebih lajut

silabus Praktikum Pendidikan Sains

silabus Praktikum Pendidikan Sains

13-14 Pameran Sains Komunikasi Ilmiah Laboratorium biologi Kontrak praktikum Pendidikan Sains: 1.[r]

2 Baca lebih lajut

silabus kuliah pendidikan sains

silabus kuliah pendidikan sains

Rencana Materi perkuliahan pendidikan sains Pertemuan ke Topic Tugas Petugas I Learning contract Pembagian kelompok Pembagian tugas Memahami garis besar isi kliah Memahami tugas kelo[r]

1 Baca lebih lajut

silabus Praktikum Pendidikan Sains

silabus Praktikum Pendidikan Sains

Mendidihkan air dalam mangkuk kertas 3x Kertas semi 1-2 Bahan lain 3-4 Cairan lain 3-4 Melakukan latihan percobaan secara semi guided inquiry: 1.. Berlatih menyiapkan alat / bahan pemb[r]

2 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...