laporan persediaan barang dagang

Top PDF laporan persediaan barang dagang:

LKP : Rancang Bangun Sistem Informasi Laporan Persediaan Barang Dagang Pada CV. Rahayu Sentosa Surabaya.

LKP : Rancang Bangun Sistem Informasi Laporan Persediaan Barang Dagang Pada CV. Rahayu Sentosa Surabaya.

Dalam metode ini barang yang dipakai untuk produksi atau dijual akan dibebani harga pokok rata-rata. Perhitungan harga pokok rata-rata dilakukan dengan cara membagi jumlah harga perolehan dengan kuantitasnya. Artinya harga perolehan barang di gudang ditambah harga perolehan barang yang baru dibeli dibagi kuantitas / jumlah barang di gudang dan jumlah barang yang dibeli. Hasil pembagian inilah yang akan digunakan sebagai pedoman menghitung harga pokok penjualan.Metode ini disebut juga rata-rata bergerak karena harganya berubah-ubah setiap terjadi pembelian. Artinya setiap ada pembelian akan merubah harga pokok barang yang tersedia untuk dijual.
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

T1 232008028 Full text

T1 232008028 Full text

Selama ini pemilik tidak dapat memastikan berapakah barang yang tersedia untuk dijual pada saat yang dibutuhkan, sehingga mengakibatkan pembeli yang datang tidak semuanya mendapatkan barang yang diinginkan karena persediaan habis. Selain itu, pemilik tidak dapat membuktikan saat beliau menemukan kejanggalan pada jumlah persediaannya yang mengganggu stabilitas operasi Toko Obat Batik Yan Jaya. Oleh sebab itu, pemilik membutuhkan laporan persediaan barang dagang yang menunjang aktivitas bisnisnya. Berikut adalah tabel analisis kebutuhan informasi :
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

ANALISIS PENERAPAN METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV SURYA ADI PRATAMA PALEMBANG

ANALISIS PENERAPAN METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV SURYA ADI PRATAMA PALEMBANG

Puji dan Syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, dan shalawat serta salam tercurah kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW karena berkat rahmat dan hidayah-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan akhir ini guna memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan pada program Diploma III Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya. Judul dari Laporan Akhir ini adalah “Analisis Penerapan Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang Dagang pada CV Surya Adi Pratama Palembang ”
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

364524311 AUDIT ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PT docx

364524311 AUDIT ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PT docx

Standar Auditing merupakan suatu ukuran pelaksanaan tindakan yang merupakan pedoman umum bagi auditor dalam melakukan audit atas laporan keuangan historis. Standar auditing dibuat oleh Komite Standar Auditing organisasi profesi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Standar auditing berkaitan dengan kriteria atau ukuran audit, dan berkaitan dengan tujuan yang hendaknya menggunakan prosedur yang ada. Berdasrkan PSAK No. 02, Standar auditing dikelompokkan kedalam tiga bagian, yaitu :

19 Baca lebih lajut

ANALISIS LAPORAN PENJUALAN MENGGUNAKAN WEBSITE DALAM KAITANNYA TERHADAP PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV. PACIFIC ACCESSORIES & CAR AUDIO - eprints3

ANALISIS LAPORAN PENJUALAN MENGGUNAKAN WEBSITE DALAM KAITANNYA TERHADAP PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV. PACIFIC ACCESSORIES & CAR AUDIO - eprints3

Sistem Penjualan adalah suatu sistem yang saling berhubungan melalui prosedur – prosedur serta sarana pendukung untuk menghasilkan sebuah informasi pemesanan dan terjadinya suatu keseriusan dalam bertransaksi. Sistem Penjualan menggunakan website juga berguna untuk membantu para pekerja dalam melihat laporan data penjualan yang sudah terjadi. Keuntungan dari sistem penjualan menggunakan website ini adalah kita dapat melihat transaksi penjualan dimanapun dan kapanpun, walaupun kita sedang tidak berada di perusahaan tetapi kita juga bisa dapat melihat transaksi penjualan yang sedang terjadi. Sistem penjualan menggunakan website ini juga berguna dalam persediaan barang dagang. Karena pada system penjualan online tersebut memiliki data yang dapat melihat stok atas persediaan barang dagang tersebut.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

ANALISIS PENERAPAN SISTEM PERPETUAL DAN METODE FIFO PADA PERSEDIAAN BARANG DAGANG PD MANAU JAYA PALEMBANG

ANALISIS PENERAPAN SISTEM PERPETUAL DAN METODE FIFO PADA PERSEDIAAN BARANG DAGANG PD MANAU JAYA PALEMBANG

Laporan akhir ini disusun untuk mengetahui penerapan sistem perpetual dan metode FIFO pada persediaan barang dagang PD Manau Jaya. Data yang digunakan dalam penyusunan laporan akhir ini diperoleh dengan perusahaan melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, pencatatan dan penilaian persediaan barang dagang pada perusahaan belum sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum. Pencatatan persediaan barang dagang dicatat pada kartu persediaan, namun catatan tersebut tidak menggunakan metode apapun. Penilaian persediaan barang dagang juga tidak menggunakan metode apapun, dimana persediaan akhir dinilai dengan mengalikan jumlah unit yang tersisa dengan harga beli terakhir. Sedangkan beban pokok penjualan dinilai dengan mengalikan jumlah unit yang terjual dengan harga beli terakhir juga. Berdasarkan hasil analisis, sebaiknya perusahaan menggunakan metode perpetual untuk pencatatan persediaan, karena dengan metode tersebut perusahaan dapat mengetahui nilai persediaan akhir setiap saat tanpa harus melakukan perhitungan fisik. Dalam penilaian persediaan, perusahaan dapat memilih menggunakan metode FIFO. Hal ini tergantung pada kebijakan perusahaan, namun perusahaan harus menerapkan metode tersebut secara konsisten. Berdasarkan hasil analisis, perusahaan sebaiknya menggunakan metode FIFO (First in First out) atau Masuk Pertama Keluar Pertama, karena perusahaan dapat memperoleh laba kotor lebih besar.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Sistem informasi persediaan barang dagang pada CV.Multi Teknik

Sistem informasi persediaan barang dagang pada CV.Multi Teknik

Sistem yang ada pada CV Multi Teknik saat ini masih manual untuk proses penyimpanan dan pengolahan data. Kesulitan menghitung stok barang yang ada di gudang karena hanya mengandalkan alat tulis kantor dan kalkulator akan memakan waktu dalam menentukan daftar barang yang akan dipesan. Kesulitan lain yang timbul ketika membuat dokumen atau laporan transaksi yang saat ini masih tersimpan dalam bentuk lembaran kertas atau arsip sehingga keamanan dan keutuhan data tidak terjamin, serta waktu pencarian data memerlukan waktu cukup lama.
Baca lebih lanjut

146 Baca lebih lajut

ANALISIS PENERAPAN METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PD RATU AMAL PALEMBANG

ANALISIS PENERAPAN METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PD RATU AMAL PALEMBANG

Laporan akhir ini disusun untuk mengetahui penerapan metode pencatatan dan penilaian persediaan barang dagang pada PD Ratu Amal Palembang. Data yang digunakan dalam penyusunan laporan akhir ini diperoleh dari perusahaan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh, pencatatan dan penilaian persediaan barang dagang pada perusahaan belum sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum. Pencatatan persediaan barang dagang sudah dicatat pada kartu persediaan, namun kartu persediaan tersebut belum menggunakan metode apapun. Penilaian persediaan barang dagang juga belum menggunakan metode apapun, persediaan akhir dinilai dengan cara mengalikan harga beli paling akhir dengan jumlah unit persediaan pada akhir periode akuntansi tertentu. Berdasarkan hasil analisis, sebaiknya perusahaan menggunakan metode perpetual dalam melakukan pencatatan persediaan, karena dengan metode tersebut perusahaan dapat mengetahui nilai persediaan akhir setiap saat tanpa harus melakukan perhitungan fisik ke gudang. Sedangkan untuk penilaian persediaan barang dagang, sebaiknya perusahaan menggunakan metode MPKP, karena perusahaan dapat menghasilkan laba kotor lebih besar daripada metode Rata-rata Tertimbang.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

ANALISIS AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAG

ANALISIS AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAG

PT. Enseval Putera Megatrading.Tbk adalah sebuah usaha dagang yang mempunyai aktifitas utama mendistribusi obat-obatan, susu dan kebutuhan lainya. Usaha ini diperlukan pencatatan dan penilaian persediaan yang akurat sehingga menghasilkan laporan keuangan yang akurat sesuai dengan PSAK NO.14, karena metode yang digunakan dalam mencatat dan menilai persediaan membantu pihak manajemen dalam membuat keputusan agar tidak terjadi kekurangan dan kelebihan barang sehingga selalu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, demikian juga dalam hal sistem pencatatan dan penilaian menentukan jumlah persediaan serta harga pokok penjualan yang nantinya akan dilaporkan dan disajikan dalam laporan keuangan rugi laba perusahaan.
Baca lebih lanjut

57 Baca lebih lajut

AUDIT OPERASIONAL TERHADAP PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV.SINAR CEMERLANG BAHAGIA PALEMBANG

AUDIT OPERASIONAL TERHADAP PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV.SINAR CEMERLANG BAHAGIA PALEMBANG

Fenomena yang akan diambil oleh peneliti, yaitu sering terjadi selisih antara barang yang berada di gudang pada pemeriksaan fisik terhadap persediaan barang, yang kemudian membandingkan dengan laporan persediaan. Sering terjadi Barang yang keluar tidak sama sesuai dengan faktur penjualan Sehingga terjadi selisih antara stok yang ada diprogram komputer dan stok yang berada digudang. Oleh karena itu perlu adanya keterlitian didalam mengeluarkan barang yang untuk dikirim dan keterlitian didalam pencatatan barang yang keluar sesuai dengan faktur penjualan harus adanya perbaikan didalam manajemen pergudangan dan barang yang masuk lalu datanya dimasukkan diprogram juga ada kesalahan didalam memasukkan data barang masuk yang diinput di program yang tidak sesuai dengan faktur pembelian barang.Sehingga timbul adanya perbedaan stok di dalam program dan kelebihan stok didalam gudang. Pengauditan telah dilakukan setiap tahunnya untuk menilai apakah nilai persediaan barang dagangan di sistem sama dengan yang berada dilapangan. Namun ada saja perbedaan jumlah barang yang terjadi setiap tahunnya, masih terdapat barang elektonik yang tidak tercatat oleh sistem di program tetapi ditemukan dilapangan,dan terdapat barang elektronik yang tidak ditemukan dilapangan namun tercatat didalam sistem. Maka dari itu perlu dilakukannya perbaikan pada audit operasional yang telah melakukan pengauditan untuk mengetahui apakah saran dari audit internal telah dilaksanakan oleh CV. Sinar Cemerlang Bahagia Cabang Palembang.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Peranan Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagangan Dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Pupuk Sriwidjaja Kantor Pemasaran Daerah Sumatera Utara

Peranan Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagangan Dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Pupuk Sriwidjaja Kantor Pemasaran Daerah Sumatera Utara

Pengendalian internal persediaan barang dagangan dapat berperan jika dapat mencapai tujuannya untuk mencapai pengelolaan persediaan barang dagangan yang efektif. Dengan diterapkannya unsur-unsur dan tujuan pengendalian internal persediaan barang dagangan tersebut, diharapkan dapat menciptakan pengendalian internal persediaan barang dagangan yang memadai. Efektif tidaknya pengelolaan persediaan barang dagangan dapat diukur dari sejauh mana perusahaan dapat melaksanakan unsur- unsur pengelolaan persediaan barang dagangan yang efektif. Dengan demikian pengendalian internal persediaan barang dagangan yang merupakan salah satu alat untuk mencapai syarat-syarat pengelolaan persediaan barang dagang yang efektif yaitu penetapan tanggung jawab dan kewenangan yang jelas terhadap persediaan, sasaran dan kebijakan yang dirumuskan dengan baik, fasilitas pergudangan dan penanganan yang memuaskan, klasifikasi dan identifikasi persediaan secara layak, standarisasi dan simplikasi persediaan, catatan dan laporan yang cukup serta tenaga kerja yang memuaskan.
Baca lebih lanjut

75 Baca lebih lajut

Analisis Akuntansi Persediaan dan Pengaruhnya Terhadap Laba Perusahaan sesuai dengan PSAK No. 14 Pada PT. Elektronic City Indonesia Cabang Medan

Analisis Akuntansi Persediaan dan Pengaruhnya Terhadap Laba Perusahaan sesuai dengan PSAK No. 14 Pada PT. Elektronic City Indonesia Cabang Medan

akurat juga sangat penting bagi para pengambil keputusan dalam perusahaan dan para pengambil keputusan di luar perusahaan. Terutama sangat berkepentingan dengan persoalan seperti memutuskan kapan harus melakukan pemesanan persediaan dan berapa banyak persediaan yang akan dibeli setiap kali melakukan pemesanan. Unit ini menitikberatkan pada pengaruh pelaporan persediaan terhadap laporan keuangan, yang dipergunakan oleh investor dan kreditor di luar perusahaan. Jika persediaan tidak diukur dan dilaporkan menurut dasar yang tepat dan benar dapat menyesatkan pengambilan keputusan mengenai laba, asset, dan ekuiti perusahaan. Jika persediaan dilaporkan terlalu kecil akan mempunyai pengaruh terhadap pelaporan harga pokok penjualan barang menjadi terlalu besar, pelaporan laba bersih menjadi terlalu kecil, pelaporan asset dan total modal menjadi terlalu rendah. Sedangkan jika dilaoprkan terlalu besar akan mempunyai pengaruh sebaliknya. Jadi bila persediaan dilaporkan salah pada akhir periode maka laba bersih dari periode tersebut akan dilaporkan salah, demikian juga laba bersih untuk periode berikutnya.
Baca lebih lanjut

64 Baca lebih lajut

Jurnal khusus biasanya digunakan pada pe

Jurnal khusus biasanya digunakan pada pe

Jurnal Penjualan adalah Jurnal yang digunakan khusus untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit. Sumber pencatatan Jurnal Penjualan yaitu Faktur Penjualan. Posting Jurnal Penjualan ke Buku Besar biasanya dilakukan secara periodic, biasanya tiap akhir bulan. Bentuk Jurnal Penjualan sangat sederhana karena hanya memiliki satu kolom jumlah untuk akun Piutang Dagang dan akun Penjualan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar berikut :

32 Baca lebih lajut

Perencanaan dan Pengawasan Persediaan Barang Dagangan untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Persediaan Pada PT. Sinar Baru Medan.

Perencanaan dan Pengawasan Persediaan Barang Dagangan untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Persediaan Pada PT. Sinar Baru Medan.

4) Barang setengah jadi / dalam proses (Work in Process / Progess Stock) Persediaan ini adalah keluaran dari tiap-tiap bagian dalam proses produksi atau yang telah diolah menjadi suatu bentuk, tetapi masih perlu diproses lebih lanjut menjadi barang jadi. Produk dalam proses, pada umumnya dinilai berdasarkan jumlah harga pokok bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik ( biaya produksi tidak langsung lainnya ) yang telah dikeluarkan atau terjadi sampai dengan tanggal tertentu.

73 Baca lebih lajut

PENGARUH PERSEDIAAN TERHADAP PENJUALAN P

PENGARUH PERSEDIAAN TERHADAP PENJUALAN P

Saat ini, sudah sangat banyak berbagai macam perusahaan di Indonesia. Perkembangan ini terus-menerus meningkat seiring dengan perkembangannya zaman. Maka dari itu, penulis sangat tertarik untuk meneliti tentang “Pengaruh Persediaan terhadap Penjualan”. Dalam hal ini menggunakan serial waktu dimana menggunakan data laporan keuangan yang ada di website idx.com selama 6 tahun, mulai dari tahun 2010 sampai dengan 2015. Metode analisis yang akan digunakan adalah metode regresi linier, yaitu menghubungkan secara linier antara satu variabel independen dengan variabel dependen. Metode analisis ini untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah positif atau negatif. Dari hasil analisis pengaruh aset tetap terhadap laba bersih perusahaan yang sudah diuji pada program SPSS yang mana penulis menggunakan 30 perusahaan dapat disimpulkan bahwa persediaan pada perusahaan berpengaruh signifikan terhadap penjualan perusahaan.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

BAB 1  PENENTUAN JUMLAH PERSEDIAAN BARANG DAGANG DAN PERANCANGAN ULANG TATA LETAK GUDANG TOKO BANGUNAN SEMANGAT MAJU.

BAB 1 PENENTUAN JUMLAH PERSEDIAAN BARANG DAGANG DAN PERANCANGAN ULANG TATA LETAK GUDANG TOKO BANGUNAN SEMANGAT MAJU.

harus dijaga. Gudang adalah sebuah area terpisah yang digunakan untuk menyimpan bahan baku, part, dan juga persediaan (Meyers and Stephens, 2005). Kondisi gudang yang baik bukan berarti harus memiliki luas area yang besar namun yang harus diperhatikan adalah tata letak yang dapat mempermudah dalam pengecekan dan pencarian persediaan barang dagang yang ada. Tata letak barang yang tidak teratur akan mempengaruhi keuntungan penjualan perusahaan karena adanya barang yang terselip atau tidak terlihat oleh personel toko dan juga dapat mengakibatkan stockout maupun overstock.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Bahan bikin label ta buka ini

Bahan bikin label ta buka ini

Dalam perusahaan, persediaan akan mempengaruhi neraca maupun laporan laba rugi. Dalam neraca perusahaan dagang, persediaan pada umumnya merupakan nilai yang paling signifikan dalam aset lancar. Dalam laporan laba rugi, persediaan bersifat penting dalam menentukan hasil operasi perusahaan dalam periode tertentu.

3 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN - 13. modul mengelola kartu persediaan barang dagang

BAB I PENDAHULUAN - 13. modul mengelola kartu persediaan barang dagang

Dalam perusahaan dagang persediaan terdiri atas satu golongan yaitu persediaan barang dagangan yang merupakann barang yang dibeli intuk dijual kembali . Sistim akuntansi persediaan barang dagangan bertujuan untuk mencapai mutasi tiap – tiap jenis persediaan yang disimpan di gudang , hal ini berkaitan erat dengan pembelian atau penerimaan barang dagangan, retur pembelian , penjualan barang dagangan atau pengeluaran dan retur penjualan.

22 Baca lebih lajut

Tinjauan atas penilaian dan pencatatan persediaan barang dagang pada PD.Karya Mandiri Putra

Tinjauan atas penilaian dan pencatatan persediaan barang dagang pada PD.Karya Mandiri Putra

Ikatan Akuntan Indonesialebih jauh menjelaskan persediaan meliputi barang yang dibeli dan disimpan untuk dijual kembali, misalnya barang dagang dibeli oleh pengecer untuk dijual kembali, atau pengadaan tanahdan property lainnya untuk dijual kembali. Persediaan juga mencakupi barang jadi yang telah diproduksi. Atau barang dalam penyelesaian yang sedang diproduksi perusahaan dan termasuk bahan serta perlengkapan-perlengkapan yang akan digunakan dalam proses produksi. Bagi perusahaan jasa persediaan meliputi biaya jasa, dimana pendapatan yang bersangkutan belum diakui perusahaan. Biaya persediaan perusahaan jasa meliputi upah dan biaya personalia lainnya secara langsung menangani pemberian jasa, termasuk tenaga personalia dan overhead yang di atribusikan. Upah dan biaya lainnyayang menyangkut personalia penjualan serta administrasi umum tidak termasuk biaya persediaan, tapi diakui beban pada periode terjadi.
Baca lebih lanjut

74 Baca lebih lajut

PROTOTYPE SISTEM PERSEDIAAN DAN PENJUALA

PROTOTYPE SISTEM PERSEDIAAN DAN PENJUALA

Dalam proses pengolahan data alat kesehatan masih dilakukan pencatatan kedalam buku kegiatan harian baik dalam pendataan persediaan barang maupun transaksi penjualan, sehingga kurang efisien dan masih kemungkinan adanya kesalahan dalam perhitungan jumlah persediaan barang, baik itu pemasukan atau pengeluaran dalam pembuatan laporan keuangan harian dan bulanan. Selain itu data pelaporan masih menggunakan alat sederhana berupa mesin ketik dengan menggunakan kertas kop surat. Dengan pelaporan menggunakan mesin ketik, hal tersebut memerlukan waktu yang lama pada saat bagian administrasi membutuhkannya kembali.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...