Lingkungan bisnis

Top PDF Lingkungan bisnis:

Analisa Lingkungan Bisnis Bank Danamon

Analisa Lingkungan Bisnis Bank Danamon

Suatu organisasi atau perusahaan tidak akan pernah lepas dari lingkungan sekitarnya. Lingkungan perusahaan atau lingkungan bisnis dapat menjadi faktor pendukung maupun penghambat organisasi, dan juga sebaliknya aktivitas organisasi dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Lingkungan bisnis adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung terhadap manajemen organisasi atau aktifitas usaha. Setiap perubahan dalam lingkungan bisnis akan dapat berdampak secara langsung ataupun tidak langsung pada perusahaan, sehingga perusahaan harus mampu beroperasi dan menyesuaikan diri secara optimal dalam kondisi lingkungan yang hampir selalu mengalami perubahan setiap waktu.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Lingkungan Bisnis global lingkungan (4)

Lingkungan Bisnis global lingkungan (4)

Sedangkan lingkungan bisnis dalam ilmu ekonomi adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Lingkungan bisnis dikelompokkan menjadi dua yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Faktor yang ada pada lingkungan internal adalah tenaga kerja (Man), modal (Money), material / bahan baku (Material), peralatan/perlengkapan produksi (Machine), metode (Methods). Sedangkan lingkungan eksternal dikelompokkan menjadi dua yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro. Faktor yang mempengaruhi aktifitas bisnis di lingkungan mikro adalah pemerintah, pemegang saham (shareholders), kreditor, pesaing, public, perantara (broker), pemasok dan konsumen. Sedangkan faktor yang terdapat pada lingkungan makro adalah ekonomi, teknologi, hukum dan politik, sosio kultur, demografi dan internasional.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Lingkungan bisnis budaya organisasi pera

Lingkungan bisnis budaya organisasi pera

Budaya organisasi yang menguat mempunyai peranan penting terhadap strategi bisnis. BUS secara terus menerus dan berkelanjutan berupaya untuk menjaga dan memastikan bahwa budaya organisasi dilaksanakan dengan baik, yang tujuan- nya adalah untuk menjaga kepercayaan, tran- paransi, pengungkapan informasi dan melindungi kepentingan stakeholder melalui berbagai program sosialisasi kepada seluruh jajaran bank. Budaya organisasi BUS dalam tahap transisi antara perbankan konvensional dan syariah yang akan menyebabkan terjadinya proses penyesuaian tujuan (goal) antar kelompok atau manajemen dalam organisasi, disamping proses penyesuaian, pemahaman, dan pelaksanaan persepsi umum tentang nilai-nilai budaya yang berbasis pada akhlak nubuwah (siddiq, amanah, tabligh, fatonah) yang bersumber dari asumsi dasar kebenaran hakiki Islam.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Analisis Lingkungan Bisnis dan id

Analisis Lingkungan Bisnis dan id

Faktor lingkungan yang dipilih harus dijabarkan ke dalam variabel . Sebuah conceot dapat diartikan ke dalam variabel yang berbeda . Sebagai contoh, situasi politik dapat diukur dengan menggunakan beberapa variabel seperti ketidakstabilan , kehandalan, dan efek jangka panjang . Ekonomi lingkungan mungkin mencakup banyak variabel seperti Per Kapita , PDB , dan kebijakan ekonomi yang dapat diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam berbagai variabel lain . Variabel merupakan dasar pengukuran dalam proses analisis lingkungan . Variabel dapat dibandingkan , dikelompokkan , berkorelasi , dan diperkirakan akan menemukan gambaran yang lebih jelas dari konsep yang lebih luas . Oleh karena itu , diperlukan untuk
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

MENGHADAPI TURBULENSI LINGKUNGAN BISNIS

MENGHADAPI TURBULENSI LINGKUNGAN BISNIS

bisnis. Strategi pengembangan organisasi cenderung lebih adaptif dalam hal perencanaan dan aplikasinya. Oleh karena itu, pengembangan organisasi bukanlah sekedar sebuah rancang bangun ( blueprint ) belaka yang menyangkut bagaimana sesuatu itu dapat dikerjakan. Jadi, pengembangan organisasi pada dasarnya melibatkan perencanaan mengenai bagaimana mendiagnosis masa- lah-masalah yang dihadapi organisasi dan bagaimana memberikan solusinya. Hanya saja, di dalam pengembangan organisasi, perencanaan semacam itu sifatnya fleksibel dan mudah direvisi, diubah sesuai kebutuhan, berkaitan dengan informasi baru yang berisi mengenai bagaimana program-program perubahan dilaksanakan. Namun, yang menjadi pusat perhatian adalah moti- vasi kerja para pegawai, berbagai program pengayaan kerja ( job enrichment ) boleh saja direncanakan untuk diterapkan atau dilaksanakan di awal-awal kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar organisasi dapat mengakses, mengidenti- fikasi, dan mengetahui motivasi-motivasi potensial para pekerja atas peker- jaan-pekerjaan yang sudah ada. Selain itu, hal tersebut juga dapat digunakan untuk merancang ulang pekerjaan-pekerjaan tersebut bila diperlu-kan. Rancangan atau rancang ulang itu dapat saja dimodifikasi bila dari hasil penilaian atau evaluasi ditemukan bahwa yang menjadi masalah bukanlah perencanaannya melainkan reward system, atau kehadiran pegawai, sehingga hal itulah yang dianggap sebagai penyebab motivasi para pegawai merosot. 4. Pengembangan organisasi juga diawali dari implementasi program-program
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Mengelola Dalam Lingkungan Bisnis Dinami

Mengelola Dalam Lingkungan Bisnis Dinami

Pengusaha seperti San Walton (Wal-Mart) dan Bill Gates (Microsoft) tidak hanya menjadikan diri mereka kaya raya dengan memulai bisnis yang sukses; mereka juga menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Wal-Mart saat ini merupakan pemberi kerja swasta terbesar di Amerika Serikat. Karyawan- karyawan membayar pajak yang digunakan pemerintah Negara bagian dan masyarakat local untuk membangun rumah sakit-rumah sakit, sekolah- sekolah, taman-taman bermain dan fasilitas-fasilitas lainnya. Pajak juga digunakan untuk membantu menjaga kebersihan lingunan dan membantu orang-orang yang memerlukan. Perusahaan-perusahaan membayar pajak kepada pemerintah Negara bagian dan masyarakat lokal. Uang tersebut dapat digunakan untuk sekolah, perpustakaan, rumah sakit, dan fasilitas-fasilitas lain yang sejenis. Dengan demikian, kekayaan yang dihasilkan bisnis dan pajak yang mereka bayarkan dapat membantu semua orang dalam komunitasnya. Perusahaan-perusahaan yang dimiliki suatu bangsa merupakan bagian dari satu sistem perekonomian yang member sumbangan pada standar kehidupan dan kualitas hidup bagi setiap orang di Negara tersebut.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Lingkungan Bisnis dan modernisas (1)

Lingkungan Bisnis dan modernisas (1)

Perusahaan harus mampu beroperasi secara optimal dalam kondisi lingkungan yang hampir selalu mengalami perubahan setiap waktu. Ketika pemerintah menetapkan mengurangi subsidi bahan bakar minyak tentunya akan mempengaruhi harga jual barang itu secara langsung yang selanjutnya akan dibebankan kepada konsumen. Harga jual yang tinggi menyebabkan menurunnya penjualan dan produk menjadi kurang kompetitif. Jika perusahaan tidak dapat meresponnya dengan baik akan berdampak buruk terhadap kondisi bisnis usahanya. Begitupula ketika Serikat Pekerja melakukan demonstrasi besar-besaran akan berdampak buruk terhadap operasional perusahaan. Meski demikian banyak pula hal-hal positif bagi perusahaan yang berasal dari lingkungannya. Seperti adanya kemajuan tekhnologi di bidang komputer dan IT yang membuat operasional usaha menjadi lebih efisien.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Lingkungan Bisnis tentang pengantar  (2)

Lingkungan Bisnis tentang pengantar (2)

Lingkungan umum meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, sosial budaya, demografi, teknologi, dan kondisi global yang mungkin mempengaruhi organisasi. Perubahan lingkungan umum biasanya tidak mempunyai dampak sebesar perubahan lingkungan khusus, namun demikian manajer harus memperhatikannya ketika merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan serta mengendalikan aktivitas organisasi bisnis.

4 Baca lebih lajut

BISNIS PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN BISNIS

BISNIS PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN BISNIS

Di Indonesia dan sebagian besar negara-negara lain, orang bebas untuk memulai usaha dan keuntungan dari mereka. Negara-negara lain juga seperti Amerika Serikat, di mana orang dapat membuat bisnis mereka sendiri untuk melayani preferensi dan kebutuhan konsumen, memiliki ekonomi pasar bebas. Pemerintah ekonomi pasar bebas mengakui keuntungan yang memungkinkan kepemilikan bisnis. Tidak hanya bisnis melayani konsumen, tetapi dengan menciptakan pekerjaan untuk pemilik usaha dan karyawan, mereka juga mengurangi pengangguran di negara itu. Di negara-negara sosialis seperti Uni Soviet, bisnis yang biasanya dimiliki oleh pemerintah dan tidak berorientasi keuntungan. Tanpa prospek mendapatkan keuntungan, kebanyakan orang tidak mampu untuk menciptakan bisnis dan harus menemukan beberapa bentuk alternatif pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan. Selanjutnya, tanpa motif keuntungan, bisnis harus ada insentif untuk menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen. Akibatnya, konsumen tidak dapat memperoleh beberapa produk yang mereka inginkan. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemerintah di negara-negara ini telah menjual mantan usaha pemerintah untuk pemilik pribadi dan juga memungkinkan orang untuk memulai bisnis baru. Di sebagian besar negara, individu kini diizinkan untuk memiliki bisnis, meskipun beberapa pemerintah memberikan insentif lebih daripada yang lain untuk mendorong individu untuk menciptakan bisnis baru.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

LINGKUNGAN BISNIS GLOBAL Lingkungan Poli

LINGKUNGAN BISNIS GLOBAL Lingkungan Poli

4. Dengan pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif tersebut. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut adalah perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi ke dalam perusahaannya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Dengan adanya layanan electronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat. Dengan adanya era teknologi yang canggih saat ini para pelanggan yang ingin mengakses e-commerce tidak harus berada di suatu tempat, hal itu dikarenakan di kota kota besar di Indonesia telah banyak tempat tempat yang menyediakan suatu fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan laptop/notebook ataupun dengan Personal Digital Assistant (PDA) dengan menggunakan teknologi wifi.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Bisnis konstruksi dan lingkungan bisnis

Bisnis konstruksi dan lingkungan bisnis

Kegiatan bisnis konstruksi yang katanya mempunyai peranan besar dalam pembangunan nasional sering dianak-emas-kan sebegitu rupa, sehingga kurang diawasi dan kenakalan mereka dibiarkan. Hubungan antara bisnis konstruksi dan lingkungan hidup kemudian menampakan wajah yang buruk. Misalnya, lahan dieksloitasi untuk pembangunan perumahan tanpa memperhatikan keseimbangan lingkungan yang berakhir dengan kerusakan lingkungan dan timbul banjir dimana-mana. Mereka menggangap seolah-olah mereka hidup tanpa tetangga, tanpa orang lain. Mereka tidak mau tahu bahwa kelakuan mereka telah amat merugikan orang lain, juga merusak lingkungan hidup. Para pelaku konstruksi seolah-oleh hanya mengejar keuntungan diri sendiri dan merasa layak membuat rugi orang lain. Bisnis konstruksi memang bertujuan mencari keuntungan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Pemilihan Letak Bisnis dan lingkungan bisnis

Pemilihan Letak Bisnis dan lingkungan bisnis

1. TEMPAT KEDUDUKAN BISNIS IALAH TEMPAT BISNIS MENGADAKAN AKTIVITAS ADMINISTRASINYA. DALAM TEMPAT INI KITA HANYA MENDAPATKAN BARANG BARANG SEPERTI ALMARI BUKU, MEJA TULIS, KOMPUTER DAN ALAT-ALAT KANTOR LAINNYA. TEMPAT KEDUDUKAN BISNIS BIASANYA DILETAKKAN DI KOTA, PUSAT-PUSAT PERDAGANGAN, DEKAT DENGAN PELABUHAN DAN

21 Baca lebih lajut

Organisasi bisnis lingkungan bisnis manajemen

Organisasi bisnis lingkungan bisnis manajemen

Makalah yang berjudul “Organisasi Bisnis” ini membahas keseluruhan bentuk- bentuk organisasi. Dibuatnya makalah ini, dilatar belakangi karena masih banyak masyarakat umum yang belum mengetahui apa saja bentuk-bentuk organisasi bisnis dan bagaimana cara bila ingin mendirikan suatu usaha bisnis.

11 Baca lebih lajut

lingkungan bisnis maklah

lingkungan bisnis maklah

Perubahan global telah membawa isu yang berkenaan dengan bisnis besar maupun bisnis kecil. Dimana perubahan ini memberikan dampak yang nyata yaitu bergesernya bisnis yang terbatas pada bisnis domestik (nasional) yang terisolasi, karena berbagai akibat seperti perbedaan budaya, jarak dan waktu menuju kepada sistem bisnis global yang terintegrasi atau kerjasama yang mempunyai saling ketergantungan satu sama lain. Dan keadaan ini belum pernah dihadapi sebelumnya oleh manajer bisnis dimana bisnis global ini membawa dampak berupa peluang dan juga ancaman baru.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

lingkungan bisnis manajemen dan sumber

lingkungan bisnis manajemen dan sumber

Rencana pengembangan infrastruktur ini mendapatkan respon yang positif dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (“Pemprov Kepri”) dimana Pemprov Kepri sangat mengharapkan adanya percepatan pengembangan infrastruktur Gas Bumi di Wilayah Kepri sehingga masyarakat Kepri dapat segera memanfaatkan kebaikan dari energi Gas Bumi yang diproduksi dari bumi pertiwi, ramah lingkungan dengan harga terjangkau (lebih murah dari harga LPG tabung).

12 Baca lebih lajut

ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK SOLID FURNITURE PADA PT. WIRAMAS INTI LESTARI.

ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK SOLID FURNITURE PADA PT. WIRAMAS INTI LESTARI.

Dengan demikian perusahaan mulai berfikir untuk menyusun suatu strategi pemasaran yang baik dan tepat. Pendekatan dalam menganalisa lingkungan bisnis perusahaan merupakan hal yang sangat penting mengingat faktor eksternal dan factor internal lingkungan bisnis melahirkan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang harus diperhatikan untuk diantisipasi keadaan tersebut karena erusahaan tidak ingin kehilangan kepercayaan dari pelanggannya. Agar dapat bertahan dan mampu bersaing di pasar. Perusahaan harus tahu bagaimana cara menyesuaikan diri dengan pasar yang terus menerus berubah.
Baca lebih lanjut

137 Baca lebih lajut

Penyusunan Dokumen Rencana Strategi Bisnis (RSB) mpdf

Penyusunan Dokumen Rencana Strategi Bisnis (RSB) mpdf

perencanaan yang harus dibuat oleh setiap organisasi yang mencari laba maupun yang nirlaba. Sebagai Puskesmas, RSUD, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, atau UPDB milik pemerintah harus memiliki RSB sebagai syarat agar bisa ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Lingkungan bisnis yang terus berubah memerlukan pengelolaan perubahan yang dapat

3 Baca lebih lajut

Etika Bisnis Bisnis dan Lingkungan Ekste

Etika Bisnis Bisnis dan Lingkungan Ekste

Bisnis merupakan kegiatan yang berhubungan dan berkepentingan dengan lingkungan. Justru ada pihak – pihak atau variabel – variabel atau faktor – faktor yang tersedia di lingkungan ddan yang terkait dengan bisnis itulah dapat diselenggarakan kegiatan bisnis. Dengan ungkapan lain dapat dinyatakan bahwa bisnis merupakan kegiatan pengelolaan sumber – sumber ekonomi yang disediakan oleh lingkungannya. Disamping itu bisnis tidak terlepas dengan adanya faktor – faktor lingkungan yang mendukung maupun yang menghambat atas tujuan yang ingin dicapai bisnis. Di lain pihak lingkungan bisnis merupakan seluruh karakter dan faktor yang dapat mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap bisnis. Sebalikna bisnis dapat secara langsung maupun tidak dapat mempengaruhi atau menciptakan pengaruh terhadap lingkungannya. Oleh karena itu interaksi antara bisnis dan lingkungannya atau sebaliknya menjadi tema pencermatan yang cukup penting dan sangat urgen bagi kegiatan bisnis terhadap masyarakat. Sehingga eksistensi bisnis layak diterima atau memberikan pengaruh tertentu yang positif atau negatif terhadap lingkungannya. Hal ini merupakan indikasi yang memeberikan status tertentu terhadap peran yang diberikan bisnis dan eksistensinya terhadap masyarakat, terutama jika dilihat dari sudut kepentingan lingkungannya.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

BISNIS LINGKUNGAN HIDUP DAN ETIKA

BISNIS LINGKUNGAN HIDUP DAN ETIKA

Perkembangan perusahaan ini semakin pesat seiring dengan penawaran umum perdana yang dilakukan. Puncaknya terjadi saat perusahaan berhasil mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ) sejak Juni 2004 dengan kode ENRG. Usaha perusahaan untuk terus menjadi salah satu perusahaan migas terpadu di Indonesia dilakukan dengan terus mengakuisisi beberapa perusahaan serta menjalin kerjasama dengan mitra bisnis lainnya. Bulan Agustus 2004, EMP kembali mengambil alih Energi Mega Pratama Inc. yang merupakan pemegang kepemilikan akan Kangean PSC melalui EMP Exploration (Kangean) Ltd. dan EMP Kangean Ltd.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...