materi Bahasa Indonesia kelas 12 sma

Top PDF materi Bahasa Indonesia kelas 12 sma:

Materi Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 1/2 Pelajaran 6

Materi Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 1/2 Pelajaran 6

bahwa pihaknya akan tetap dalam prinsip semula, yakni menata kawasan Tanah Abang secara terpadu dan kompre hensif. Ter masuk membongkar dan membangun kembali Blok B-E Pasar Regional Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain itu, sesuai hasil rapat pihak PD Pasar Jaya bersama Walikota Jakarta Pusat, Muhayat, Minggu (5/12) malam, semua pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Tanah Abang tetap diter tib kan. Mengenai putusan sita jaminan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat atas Blok B-E, Prabowo menegaskan tidak ter pengaruh kebijakan Gubernur DKI Fauzi Bowo. Pasalnya,

20 Baca lebih lajut

Silabus Bahasa Indonesia SMA MA Kelas 10 11 12 KTSP Berkarakter

Silabus Bahasa Indonesia SMA MA Kelas 10 11 12 KTSP Berkarakter

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu[r]

120 Baca lebih lajut

 SMA MA Kelas 12 Bahasa Dan Sastra Indonesia Program IPA IPS

SMA MA Kelas 12 Bahasa Dan Sastra Indonesia Program IPA IPS

Dalam proses pendidikan, penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran merupakan tujuan utama sekaligus tujuan bersama. Konsep ini tentu sangat mudah kita terima dan kita pahami. Meskipun demikian, konsep tersebut memerlukan proses yang sangat sulit untuk mewujudkannya. Kesulitan tersebut tentunya harus dihadapi sebagai sebuah tantangan. Kesiapan guru dalam menyampaikan materi di kelas sangat diperlukan untuk memahami pengetahuan yang ingin disampaikan kepada para siswa. Aspek ini dalam dunia pendidikan modern akan sangat menentukan keberhasilan proses belajar-mengajar. Kemampuan guru dalam hal ini tidak hanya berkenaan dalam penguasaan materi pelajaran, tetapi juga dalam hal metode penyampaian, sehingga dapat; 1) membangkitkan motivasi murid untuk terus belajar, 2) pelajaran mudah dimengerti, 3) suasana belajar menjadi semakin hidup karena keaktifan murid dan bukan hanya keaktifan guru yang mendominasi jalannya proses belajar. Rendahnya “keaktifan” siswa di dalam kelas, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas proses belajar dalam mencapai tujuan (Yuliati, 1998). Dalam proses belajar mengajar di kelas gurulah yang memiliki peran penting dalam menghidupkan suasana kelas, sehingga siswa betul-betul terlibat dalam proses belajar mengajar, baik secara fisik maupun mental. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Oleh karena itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan pengajaran secara saksama dalam upaya meningkatkan “kesempatan” siswa untuk belajar.
Baca lebih lanjut

202 Baca lebih lajut

Materi Bahasa Indonesia kelas XII SMA MA

Materi Bahasa Indonesia kelas XII SMA MA

Mira W dan Marga T adalah dua sastrawan wanita Indonesia yang menonjol dengan fiksi romantis yang menjadi ciri-ciri novel mereka. Pada umumnya, tokoh utama dalam novel mereka adalah wanita. Bertolak belakang dengan novel-novel Balai Pustaka yang masih dipengaruhi oleh sastra Eropa abad 19 dimana tokoh utama selalu dimatikan untuk menonjolkan rasa romantisme dan idealisme, karya-karya pada era 80-an biasanya selalu mengalahkan peran antagonisnya. Namun yang tak boleh dilupakan, pada era 80-an ini juga tumbuh sastra yang beraliran pop (tetapi tetap sah disebut sastra, jika sastra dianggap sebagai salah satu alat komunikasi), yaitu lahirnya sejumlah novel populer yang dipelopori oleh Hilman dengan Serial Lupus-nya. Justru dari kemasan yang ngepop inilah diyakini tumbuh generasi gemar baca yang kemudian tertarik membaca karya-karya yang lebih "berat". Budaya barat dan konflik-konfliknya sebagai tema utama cerita terus mempengaruhi sastra Indonesia sampai tahun 2000.
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

Kelas 12 SMA Bahasa Inggris Siswa

Kelas 12 SMA Bahasa Inggris Siswa

Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pendidikan Menengah Kelas XII yang disajikan dalam buku ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Penyajiannya adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Inggris sebagai wahana komunikasi. Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan siswa menangkap makna yang tersurat dan tersirat dalam suatu teks; juga untuk menyajikan gagasan dalam bentuk teks yang mudah dipahami makna kandungannya dan diapresiasi keindahan pilihan rangkaian katanya.
Baca lebih lanjut

256 Baca lebih lajut

Kelas 12 SMA Bahasa Inggris Guru

Kelas 12 SMA Bahasa Inggris Guru

Pada kegiatan ini siswa secara berkelompok diminta menulis teks report tentang suatu gejala sosial yang sederhana. Mereka dapat mencari topik yang menarik melalui Internet, berdiskusi dengan teman dan guru IPS dan bahasa Inggris. Atau, dengan bimbingan guru IPS dan bahasa Inggris mereka bisa melakukan pengamatan sederhana terhadap perilaku masyarakat sekolah yang meliputi para guru, siswa, dan pegawai. Diharapkan siswa bisa menemukan dan melaporkan temuan-temuan menarik tentang kebiasaan atau perilaku masyarakat sekolah mereka sendiri.

176 Baca lebih lajut

Buku Pegangan Guru Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013

Buku Pegangan Guru Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013

Melalui kegiatan proyek pengembangan teks, di kalangan peserta didik, juga akan tumbuh sikap tanggung jawab, setia, dan bangga akan keberadaan bahasa Indonesia di tengah lingkungan pergaulan dunia global. Sikap itulah yang melandasi terwujudnya bahasa Indonesia menjadi sumber aktualisasi diri. Sementara itu, sebagai sumber pengembangan kegiatan ilmiah atau VDLQWL¿NSURVHVSHPEHODMDUDQWHNVGHQJDQEHUEDVLVSUR\HNEHUEDVLVPDVDODK dan berbasis penemuan tetap ditempuh secara bertahap dari pembangunan konteks dan pemodelan teks, kerja bersama membangun teks, serta kerja mandiri menciptakan teks yang sesuai dengan teks model. Semua tahapan pembelajaran teks itu, selain terarah dan terukur, juga dilakukan secara terkendali oleh pendidik atau pembelajar melalui kegiatan evaluasi/penilaian autentik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Baca lebih lanjut

464 Baca lebih lajut

MODUL BAHASA JEPANG SMA Kelas 12

MODUL BAHASA JEPANG SMA Kelas 12

KK bentuk NAI ほうが いいです。 Cara Pembentukan Kata Kerja Bentuk nai グルプ ます形 ない ない形 いみ みます みなない Tidak Melihat III きます こない Tidak Datang I.. Ubah kata kerja dibawah ini sesuai bentuknya Be[r]

3 Baca lebih lajut

ppl2_2301409007_R112_1349753591. 546.83KB 2013-07-11 22:14:37

ppl2_2301409007_R112_1349753591. 546.83KB 2013-07-11 22:14:37

A. Kekuatan dan Kelemahan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Prancis Bahasa Prancis merupakan bahasa asing pilihan yang diajarkan di pendidikan formal di Indonesia, baik di tingkat SMA, MA, maupun SMK. Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa resmi internasional yang digunakan di 53 negara di dunia, sebagai bahasa resmi di lembaga internasional (PBB, Uni Eropa, Komisi Internasional Olimpiade) dan paling banyak digunakan di 5 benua (setelah bahasa Inggris).

116 Baca lebih lajut

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X II Semester 2 DOC Bahasa Indonesia 12

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X II Semester 2 DOC Bahasa Indonesia 12

5. Esai adalah karangan pendek tentang suatu fakta yang dibahas menurut pandangan pribadi penulisnya. Esai merupakan salah satu bentuk wacana. Biasanya esai menjelaskan suatu permasalahan. Esai membahas masalah aktual yang sedang ramai dibicarakan umum. Karangan berbentuk esai singkat, padat, dan fokus pada objek yang dibahas. Esai disampaikan dengan bahasa yang ringan.

36 Baca lebih lajut

Bab 6 Menilai karya Melalui Kritik dan Esai

Bab 6 Menilai karya Melalui Kritik dan Esai

Mencermati perkembangan kepengarangan Eka Kurniawan, kekuatan narasi itu sesungguhnya sudah tampak dalam Coret-Coret di Toilet (Yogyakarta: Yayasan Aksara Indonesia, 2000), sebuah antologi cerpen yang mengusung berbagai tema. Dalam antologi itu, Eka terkesan bercerita lepas-ringan, meski di dalamnya banyak kisah tentang konteks sosial zamannya. Di sana, ia tampak masih mencari bentuk. Belakangan, cerpennya ”Bau Busuk” (Jurnal Cerpen, No. 1, 2002) cukup mengagetkan dengan eksperimennya. Dengan hanya mengandalkan sebuah alinea dan 21 kalimat, Eka bercerita tentang sebuah tragedi pembantaian yang terjadi di negeri antah-berantah (Halimunda). Di negeri itu, mayat tak beda dengan sampah. Pembantaian bisa jadi berita penting, bisa juga tak penting, sebab esok akan diganti berita lain atau hilang begitu saja, seperti yang terjadi di negeri ini.
Baca lebih lanjut

63 Baca lebih lajut

Makalah bahasa indonesia kelas 12

Makalah bahasa indonesia kelas 12

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya Lah sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Adapun tujuan penulisan ini yaitu diajukan sebagai tugas bahasa indonesia yang diberikan kepada penulis.

15 Baca lebih lajut

KelasXII BahasaIndonesia BG   www.divapendidikan.com

KelasXII BahasaIndonesia BG www.divapendidikan.com

11) Masih pada paragraf ketiga, kata hari itu dalam kalimat tersebut menunjukkan keterangan yang selalu muncul pada setiap teks berita. Di dalam teks berita, penggunaan keterangan adalah sebuah keharusan. Istilah keterangan dalam tata bahasa disebut dengan adverbia. Keterangan merupakan unsur kalimat yang memberikan informasi lebih lanjut tentang sesuatu yang dinyatakan dalam kalimat; misalnya, memberi informasi tentang tempat, waktu, cara, sebab, dan tujuan. Keterangan ini dapat berupa kata, kelompok kata, atau anak kalimat. Keterangan yang berupa kelompok kata ditandai oleh preposisi, seperti di, ke, dari, dalam, pada, kepada, terhadap, tentang, oleh, dan untuk. Keterangan yang berupa anak kalimat ditandai dengan kata penghubung, seperti ketika, karena, meskipun, supaya, jika, dan sehingga. Berikutnya, guru meminta siswa menemukan keterangan yang terdapat dalam teks berita itu. Setelah siswa menemukannya, siswa diminta untuk mengisikannya ke dalam kolom berikut. Nomor 1 sebagai contoh.
Baca lebih lanjut

464 Baca lebih lajut

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 SMA/K Kurikulum 2013 Lengkap Chapter 1 Les

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 SMA/K Kurikulum 2013 Lengkap Chapter 1 Les

Sentence 1: If you visit Seattle, feel the fresh air on your face as you sail to Bainbridge Island on a Washington State Ferry... READ THE FOLLOWING CONVERSATION Father : Exam is arou[r]

14 Baca lebih lajut

Soal Usbn Bahasa Indonesia Kelas 12 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Usbn Bahasa Indonesia Kelas 12 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Cemara menderai sampai jauh Terasa hari akan menjadi malam Ada beberapa dahan di tingkap merapuh Aku sekarang orangnya bisa … Sudah berapa waktu bukan kanak lagi Tapi dulu memang ada [r]

18 Baca lebih lajut

RPP Bahasa Indonesia SMA MA Kelas 10 11 12 KTSP Berkarakter

RPP Bahasa Indonesia SMA MA Kelas 10 11 12 KTSP Berkarakter

KEGIATAN PEMBELAJARAN TAHAP KEGIATAN PEMBELAJARAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa PEMBUKA Apersepsi  Siswa ditanya mengenai pengertian novel Indonesia & terjemahan  Siswa ditanya [r]

435 Baca lebih lajut

this PDF file KAJIAN STILISTIKA KUMPULAN PUISI ASAL MUASAL PELUKAN KARYA CANDRA MALIK SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS | Lestari | BASASTRA 1 SM

this PDF file KAJIAN STILISTIKA KUMPULAN PUISI ASAL MUASAL PELUKAN KARYA CANDRA MALIK SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS | Lestari | BASASTRA 1 SM

Kemampuan menganalisis unsur-unsur puisi khususnya gaya bahasa sangat penting bagi siswa karena dengan kemampuan tersebut siswa diharapkan mampu mengapresiasi puisi yang dibaca. Selain itu, kemampuan menganalisis gaya bahasa dengan tepat akan memudahkan siswa untuk dapat menciptakan puisi hasil karyanya sendiri. Hal tersebut selaras dengan apa yang diungkapkan oleh Gloriani & Novia (2012: 1) dalam penelitiannya yang berjudul Analisis Diksi, Rima, dan Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Sindangagung Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2012/2013 bahwa dengan mengetahui unsur-unsur atau anatomi puisi maka siswa akan merasa lebih mudah dalam melakukan apresiasi. Sesuai kepekaannya terhadap kesenian seseorang akan mampu menulis puisi apa adanya. Kemampuan menulis puisi akan sesuai dengan kemampuannya dalam memahami atau menguasai diksi, rima, dan gaya bahasa.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Buku Pegangan Guru Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 www.matematohir.wordpress.com

Buku Pegangan Guru Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 www.matematohir.wordpress.com

2ULHQWDVL 1. Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.
Baca lebih lanjut

464 Baca lebih lajut

SILABUS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

SILABUS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 KELAS XI SMA KATOLIK SOVERDI TUBAN BADUNG BALI IDENTIFIKASI MATERI POKOK... TAHUN PELAJARAN 2013/2014 KELAS XI SMA KATOLIK [r]

17 Baca lebih lajut

Ringkasan Materi UN Bahasa Indonesia SMA

Ringkasan Materi UN Bahasa Indonesia SMA

 Berita merupakan laporan peristiwa sesuai fakta. Laporan ini disusun dengan menggunakan bahasa yang menarik dan aktual sehingga pendengar dapat memahami isi laporan yang disampaikan. Adapun syarat suatu laporan fakta dikatakan berita adalah sebagai berikut.

18 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...