Media Komik

Top PDF Media Komik:

PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MEMBINA KARAKTER KEWARGANEGARAAN : Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII E di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung.

PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MEMBINA KARAKTER KEWARGANEGARAAN : Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII E di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung.

Subjek penelitian adalah sebuah sarana yang untuk mendapatkan informasi. Adapun subjek yang dijadikan dalam penelitian adalah Guru mata pelajaran PKn yaitu Ibu Widaningshih, S.Pd sebagai guru yang mererapkan media komik dalam pembelajaran PKn untuk membina karakter kewarganegaraan, dan sebagai subjek penelitian lain yaitu kelas VII E SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung dengan jumlah siswa 28 orang. Alasan dipilihnya kelas ini karena kelas tersebut merupakan kelas yang memiliki motivasi belajar rendah, Dalam proses pembelajaran siswa juga memiliki respon yang pasif. kelas VII E termasuk kedalam kelas nilai dibawah rata-rata. Karena siswa dikelas ini merupakan siswa yang terpilih melalui proses tes saringan masuk yang diakan oleh sekolah.
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA.

EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA.

1. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika yang menggunakan media komik dengan pembelajaran matematika yang tidak menggunakan media komik (konvensional) terhadap prestasi belajar siswa. 2. Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3. Untuk mengetahui interaksi antara penggunaan media komik dan minat

9 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERGAMBAR MATER

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERGAMBAR MATER

Sistem saraf merupakan salah satu materi pelajaran biologi yang cukup rumit, karena mempelajari bagian-bagian saraf yang sulit dilihat tanpa alat bantu, banyak menggunakan istilah asing sehingga sulit dipahami siswa. Berdasarkan sifatnya media komik pembelajaran mempunyai sifat seder- hana, jelas, mudah untuk dipahami oleh siswa (Novianti, 2010). Pembelajaran dengan media komik bergambar mengharap- kan dapat meningkatkan minat peserta didik untuk lebih memahami materi sistem saraf yang bersifat rumit. Penggunaan komik da- lam proses pembelajaran dapat merangsang motivasi dan ketertarikan siswa terhadap suatu pokok bahasan yang dianggap sulit untuk dimengerti, merangsang aktivitas diskusi, membangun pemahamanan dan memperpanjang daya ingat (Mallia dalam Beard dkk, 2002).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK EFEKTIFIT

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK EFEKTIFIT

Tahap ini dilakukan analisis kebutuhan terhadap hasil wawancara dengan guru.Perlu adanya pengembangan media pembelajaran, khusunya untuk mata pelajaran IPA. Media yang dikembangkan merupakan komikyang berisi muatan materi pembelajaran tentang faktor perubahan lingkungan fisik terhadap daratan. Media komik yang dikembangkan didesain untuk memberikan efek rileks pada anak dalam belajar memahami faktor perubahan lingkungan fisik terhadap daratan, anak juga dapat belajar dengan melihat animasi jalan dan membaca alur cerita komik yang disajikan sesuai dengan lingkungan belajar yang siswa temui.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PENGARUH LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA KOMIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-MUAWANAH KENDALDOYONG TAHUN AJARAN 2016 2017 -

PENGARUH LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA KOMIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-MUAWANAH KENDALDOYONG TAHUN AJARAN 2016 2017 -

Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Design yang digunakan adalah pre test post test control group design. Popuulasi penelitian ini adalah 127 siswa kelas VIII Mts Al-Muawanah Kendaldoyong, yang terdiri dar 31 siswa kelas VIII A, 33 siswa kelas VIII B, 32 siswa kelas VIII C, dan 31 siswa kelas VIII D. Sampel dalam penilitian ini yaitu menggunakan sampling purposive yaitu 32 Siswa kelas VIII B sebagai Kelompok control dan 31 siswa kelas VIII D sebagai kelompo eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis yaitu skala minat belajar yang berjumlah 38 item. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan informasi melalui media komik memiliki pegaruh pengaruh positif terhadap minat belajar pada siswa kelas VII D, dibuktikan dengan peningkatan minat belajar yang dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) minat belajar siswa kelas VII D sebelum memperoleh layanan berada pada kriteria sedang (54,11%); 2) minat belajar siswa kelas VII D stetlah memperoleh layanan berada pada kriteria tinggi (70,59%); 3) adanya pengaruh layanan informasi melalui media komik yang dibuktikan dengan perbedaan dengan minat belajarsebelum dan setelah mendapatkan layanan dengan hasil 16,4%. Hasil uji t menunjukan t hitung kurang dari p yang arti hipotesis yang
Baca lebih lanjut

68 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP

Pada Tabel 2., terlihat sebanyak dua puluh orang siswa tuntas pada posttest materi tata nama senyawa kimia hal ini karena siswa telah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media komik. Hasil wawancara dengan tiga orang siswa tuntas posttest, diperoleh keterangan ketiganya dapat menjawab soal karena dapat mengingat aturan tata nama senyawa dan nama beberapa senyawa beserta rumus kimianya setelah membaca komik yang diberikan. Heru D. Waluyanto (2005), menyatakan bahwa komik memadukan kekuatan gambar dan tulisan yang dirangkai dalam suatu alur cerita, gambar membuat informasi lebih mudah diserap, teks membuatnya lebih mudah dimengerti, dan alur membuatnya lebih mudah untuk diikuti dan diingat.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Be

Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Be

Abstrak. Media komik dan media handout memiliki persamaan dan perbedaan tertentu. Adapun persamaannya yaitu kedua media ini tergolong ke dalam media hasil teknologi cetak. Sedangkan perbedaannya terletak pada isi dari masing-masing media. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan ditemukan bahwa guru mata pelajaran PAI di SDN 2 Sabang telah menerapkan media cetak pada proses pembelajaran, tetapi hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar PAI Di SDN 2 Sabang tahun ajaran 2015/2016. Pada siklus pertama bahwa hasil belajar siswa secara individual tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 60,9% dengan kata lain yang tuntas sebanyak 14 siswa dan 9 siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya. Sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan dari persentase siklus pertama dimana hasil belajar siswa secara individual tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar ,87,0% dengan kata lain yang tuntas sebanyak 20 siswa dan 3 siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 45%, itu artinya siswa hanya menjawab 9 soal yang benar dari 20 soal. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal terjadi peningkatan yaitu sebesar 85%, ini berarti dari 20 soal siswa mampu menjawab 17 soal dengan benar.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHA

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHA

berkali-kali berikut dengan beberapa metode yang pas untuk pembelajaran dengan media komik. Uji coba sampel dan pemberian treatment tersebut dilakukan sekali hal ini dikarena situasi waktu pengajaran hampir bersamaan dengan berakhirnya masa sekolah yang akan mempersiapkan ujian kenaikan kelas, sistem pengajaran IPS ekonomi di sekolah tersebut mengunakan sistem IPS terpadu. Sehingga mata pelajaran ekonomi diajarkan satu kali dalam seminggu, hal ini membuat peneliti harus menata ulang untuk melaukan uji coba sampel. Ada kemungkinan kepandaian siswa-siswa dikedua kelas tersebut tersebut merata, ada kepandaiannya diatas rata-rata, kepandaiaanya rata-rata dan dibawah rata-rata (bisa dilihat pada lampiran nilai gain skor).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENGARUH PENERAPAN MEDIA KOMIK DAN POSTE

PENGARUH PENERAPAN MEDIA KOMIK DAN POSTE

Dengan hormat, kami ajukan karya ilmiah yang disusun oleh: Hertiana Dwi Lestari. Nomor induk siswa (NIS): 9993211942, dengan judul karya ilmiah “Pengaruh Penerapan Media komik dan Poster Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Prestasi Belajar Siswa ” . Kami telah mengadakan kajian terhadap karya ilmiah tersebut, dan telah diadakan perbaikan sehingga memenuhi syarat untuk dilaksanakan Ujian Sidang Karya Ilmiah guna memenuhi salah satu syarat kelulusan santri VI (Enam) Madrasatul Mu’alimin Al -islamiyah (MMI) Pondok Pesantren Ass’adah. Dan kami memohon dapat dilakukan proses ujian sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Baca lebih lanjut

86 Baca lebih lajut

KEEFEKTIFAN MEDIA KOMIK DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DRAMA.

KEEFEKTIFAN MEDIA KOMIK DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DRAMA.

Hasil analisis dan pembahasan data penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran apresiasi drama menggunakan media komik berjalan dengan baik. Terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam mengapresiasi drama, baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol. Selanjutnya, kemampuan siswa dalam mengapresiasi drama di kelas eksperimen yang menggunakan media komik lebih tinggi dibandingkan kemampuan siswa di kelas kontrol yang menggunkan media teks drama. Hal ini berdasarkan hasil penghitungan uji normalitas, homogenitas, uji t pretes dan postes, gain, dan N- gain. Pada kemampuan menulis naskah drama siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata gain sebesar 36,86 sedangkan pada kelas kontrol 18,41. Dan pada kelampuan performansi siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata gain sebesar 2,32 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,82.
Baca lebih lanjut

50 Baca lebih lajut

MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al- Mutmainnah Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitianyang dilakukanpada kelas VII dengan jumlah populasi 2 kelas. Setelah dilakukan uji homogenitas diperoleh kedua kelas ini adalah kelas yang homogen sehingga penentuan kelas control dan kelas eksperimen dilakukan dengan tehnik random sampling. Di dapat kelas VII A sebagai kelaseksperimen sedangkan kelas VII Bsebagai kelas pembanding atau kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikanperlakuan yaitu pemberian media komik sebagai bahan ajar adau pegangan siswa. media komik yang dimaksud adalah mendesain bahan ajar segitiga dalam bentuk komik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka didapat U Hitung = 118,5> U Tabel = 112 dengan demikian maka kita dapat
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGK

EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGK

Menurut Rogers dalam Notoatmodjo 9 mengungkapkan bahwa sebelum orang mengadopsi perilaku baru (berprilaku baru), didalam diri orang tersebut terjadi proses yang berurutan, disingkat AIETA, yang artinya: Awareness (kesadaran), yakni orang tersebut menyadari dalam arti mengetahui stimulus (objek) terlebih dahulu; Interest, yakni orang mulai tertarik kepada stimulus; Evaluation (menimbang-nimbang baik dan tidaknya stimulus tersebut bagi dirinya). Hal ini, berarti sikap responden sudah lebih baik lagi. Trial, orang telah mencoba berperilaku baru; Adoption, subjek telah berprilaku baru sesuai dengan pengetahuan, kesadaran dan sikapnya terhadap stimulus. Hal ini memperlihatkan jika kelompok eksperimen masuk kedalam urutan proses yang ketiga (evaluation). Mereka mulai menimbang baik dan tidaknya stimulus berupa media komik bagi diri mereka, dengan kata lain berarti sikap responden mengalami peningkatan.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengembangan Media Pembelajaran Komik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Dampak Aktivitas Manusia Terhadap Lingkungan Alam SISWA SMP KELAS VII.

PENDAHULUAN Pengembangan Media Pembelajaran Komik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Dampak Aktivitas Manusia Terhadap Lingkungan Alam SISWA SMP KELAS VII.

Salah satu materi pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII SMP adalah materi tentang dampak interaksi manusia dengan lingkungan alam. Materi ini mencakup berbagai jenis dampak yang ditimbulkan dari interaksi antar komponen yang ada di alam, seperti adanya pencemaran lingkungan akibat eksploitasi berlebih terhadap sunber daya alam, terjadinya berbagai macam bencana, seperti kebakaran hutan, tanah longsor, dan benjir seperti yang telah tertera dalam gambar 1.1 berikut. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mencoba mengembangkan komik sebagai salah satu media pembelajaran bagi siswa SMP kelas VII. Peneliti bermaksud mengangkat permasalahan tersebut menjadi penelitian dengan tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kelayakan teoritis media komik IPS terpadu sebagai media pembelajaran pada materi interaksi manusia dengan lingkungan, tema dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam berdasarkan penilaian oleh validator serta mendiskripsikan kriteria media komik IPS terpadu sebagai media pembelajaran pada materi interaksi manusia dengan lingkungan dengan tema dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam berdasarkan respon siswa.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Pembuatan Komik Fisika Tentang Mikroskop Sebagai Media Pembelajaran

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Pembuatan Komik Fisika Tentang Mikroskop Sebagai Media Pembelajaran

Buku paket merupakan salah satu sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran fisika biasanya didominasi dengan tulisan yang panjang sehingga untuk memahami materi mengalami kesulitan dan siswa pun jadi malas membaca. Siswa pada umumnya lebih suka baca komik, muncul ide penelitian ini mengemas penjelasan materi dalam bentuk komik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat komik fisika dengan topik mikroskop yang bisa digunakan siswa sebagai media pembelajaran, membuat RPP dengan media komik dan membuat siswa paham tentang mikroskop. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dimana guru yang melaksanakan penelitian di kelas dengan sampel kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengamati efektivitas komik sebagai media pembelajaran, tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kuisioner ketertarikan siswa terhadap komik. Hasilnya sebagian besar siswa tertarik dan termotivasi belajar fisika menggunakan media komik dalam proses pembelajaran dan dapat memahami konsep fisika tentang mikroskop .
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DI

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DI

Abstrak Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V masih menerapkan metode pembelajaran konvensional dimana siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru atau (teacher centre). Pembelajaran IPS oleh siswa dianggap membosankan, kurang menarik, tidak begitu penting, dan relatif sulit. Sebagai akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran masih rendah. Tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal. Media yang biasa digunakan guru sebatas pada gambar-gambar yang ada dalam buku teks. Kondisi ini dapat diatasi dengan pengembangan media yang ada, salah satunya adalah pengembangan media komik digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan penelitian pengembangan atau R &D (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan adanya ketertarikan minat belajar siswa dengan penggunaan media komik digital materi Peristiwa Sekitar Proklamasi untuk mata pelajaran IPS kelas V SD. Media pembelajaran yang dikembangkan, dinyatakan layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi, validasi ahli media, validasi dan hasil ujicoba oleh guru serta tanggapan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital dapat dikembangan dan layak untk digunakan pada proses pembelajaran materi Peristiwa Sekitar Proklamasi utnuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Komik Persib Sebagai Media Interaksi Bobotoh Persib Bandung.

Komik Persib Sebagai Media Interaksi Bobotoh Persib Bandung.

Berdasarkan hasil penelitian, “Komik Persib” merupakan media komik yang memanfaatkan media sosial untuk me mpublikasikan karyanya. Dalam “K omik Persib” terdapat tiga kategori pesan yaitu kartun, komik, dan kar ikatur yang memiliki perbedaan dalam pengemasan pesan dalam. Keterlibatan bobotoh dalam “K omik P ersib” adalah sebagai pembuat serta pembaca yang kemudian menyebarluaskan dan memberikan saran untuk “Komik Persib”. Interaksi yang terjadi dalam “K omik Persib” membah as isu- isu yang diangkat oleh “Komik Persib” dalam pesan yang dikemas dalam kart un, komik dan karikatur. “Komik Persib” sebagai media interaksi mampu menjadi media alternatif bagi bobotoh Persib Bandung untuk berinteraksi satu sama lain.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELA (1)

PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELA (1)

Setelah melalui berbagai tahap yaitu pembuatan proposal skripsi, pengembangan produk, penelitian, pengolahan data, dan beberapa revisi, akhirnya skripsi yang berjudul Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Saraf Manusia Untuk SMP/MTs Kelas IX Semester Ganjil dapat terselesaikan dengan baik. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis memperoleh data dari penelitian yang telah dilakukan pada bulan Agustus 2014 di Madrasah Tsanawiyah Al-Falaah Pandak Bantul.

Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PERSEPSI PECINTA KOMIK INDONESIA TERHADAP KOMIK IMPOR DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA (Studi kasus tentang pengaruh pada komunitas Adrian komik and scupaholic studio).

PENDAHULUAN PERSEPSI PECINTA KOMIK INDONESIA TERHADAP KOMIK IMPOR DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA (Studi kasus tentang pengaruh pada komunitas Adrian komik and scupaholic studio).

Di masa sekarang ini komik merupakan fenomena budaya di Indonesia terutama di kota-kotanya. Bahkan Arswendo Atmowiloto, seorang pemerhati budaya, menyebutkan bahwa komik dapat memberikan sumbangan pada proses pertumbuhan kebudayaan nasional. Dalam tulisan yang dikemukakan bahwa komik sebagai media ekspresi pribadi sekaligus terlibat dalam apa yang disebut kebudayaan nasional. Mereka (komikus-komikus) adalah dinamikator-dinamikator yang kalau dilihat dari sejarah dan hasilnya, komik mampu menampung masalah sosilal, politik, agama, sejarah, perjuangan, penerangan dan aspek-aspek lain dalam kebudayaan. Sebagai bahasa gambar, komik menarik minat para ahli semiotik dan linguistik, seperti ungkapan seorang ahli komunikasi masa berkebangsaan Italia, Umberto Eco, “Komik menjadi sebuah bidang kajian yang luas dan sulit dijelajahi, tetapi terbuka bagi ‘semiotika pesan gambar’.” Demikian pula yang ditegaskan Arthur Asa Berger, di akhir salah satu tulisannya, dalam buku Sign in Contemporary Culture, ia mengatakan komik memiliki banyak hal yang dapat kita baca, namun hanya jika peduli. 1
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI PAUD BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018/2019 - Raden Intan Repository

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI PAUD BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018/2019 - Raden Intan Repository

Berdasarkan hasil wawancarapeneliti dengan dewan guru di PAUD Mutiara Miftahul Jannah Sabah Balau pada tanggal 22 Januari 2018 bahwasanya pembelajaran di PAUDMutiara Miftahul Jannah Sabah Balau sudah menggunakan sistem pembelajarn tematik dimana pembelajaran disesuaikan dengan tema. Materi pembelajaran yang disampaikan harus sesuai dengan tema pada hari itu. Dalam penyampaian materi pembelajaran anak akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh gurunya apabila menggunakan media pembelajaran konkret karena anak akan lebih mudah apabila mereka melihat bendanya secara langsung. Di PAUDMutiara Miftahul Jannah Sabah Balau guru menyampaikan materi pembelajaran sudah menggunakan APE sehingga dapat dilihat, dipegang dan dimainkan oleh anak secara langsung. Akan tetapi dalam meningkatkan perkembangan moral anak guru hanya mengamatinya dalam kegiatan yang dilakukan oleh anak sehari-hari.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS

DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS

Adapun pembelajaran yang sering digunakan untuk memecahkan permasalahan yang telah diuraikan di atas seperti penggunaaan media dalam pembelajaran yang mungkin bisa menarik siswa dalam memahami konsep yang diberikan oleh guru seperti media pembelajaran, akan tetapi dari berbagai metode pembelajaran yang disebutkan, peneliti menawarkan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan peneliti juga tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “desain media pembelajaran

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...