media pembelajaran matematika virtual

Top PDF media pembelajaran matematika virtual:

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA VIRTUAL DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI UNTUK SISWA SMP KELAS VII.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA VIRTUAL DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI UNTUK SISWA SMP KELAS VII.

Selain itu, media pembelajaran dengan pendekatan realistik ini juga berpengaruh baik terhadap proses belajar siswa. Hal ini didukung dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Der-Ching Yang dan Wan-Ru Wu yang menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dengan pendekatan realistik memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Zeynep dan Ali Sabri (2008) dengan judul “ The Effect of Realistic Mathematics Education on 7 th Grade Students’ Achievements in Multiplication of Integers ” juga menunjukkan hal yang sama. Sehingga, penggunaan media pembelajaran dengan pendekatan realistik juga dapat berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata- rata kelas yang berada di atas KKM (75) yaitu mencapai 77,107. Oleh karena itu maka media pembelajaran ini sesuai dengan kriteria efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini efektif digunakan untuk pembelajaran.
Baca lebih lanjut

284 Baca lebih lajut

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN  Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Matematika Virtual Bagi Siswa Kelas IV Sekolah

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Matematika Virtual Bagi Siswa Kelas IV Sekolah

Puji syukur, Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahamat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat meneyelesaiakn penyusunan skripsi dengan judul “Peningkatan motivasi belajar matematika melalui media pembelajaran berbasis computer dengan menggunakan matematika virtual bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 5” sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana S-1.

16 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Matematika Virtual Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 5.

PENDAHULUAN Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Matematika Virtual Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 5.

Teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat dewasa ini berkembang dengan sangat cepat. Sekolah sebagai bagian dari masyarakat informasi masa kini, teknologi hendaknya harus menjadi bagian yang terintegrasi di sekolah dan pembelajaran di kelas. Teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, memberikan cara bagaimana mentransfer dan mentransformasikan informasi, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman-pengalaman yang diperlukan oleh peserta didik. Pengaruh perkembangan teknologi tidaklah selalu positif bagi setiap orang terlebih bagi peserta didik, banyak anak “terjebak” oleh teknologi, misalnya anak-anak menghabiskan waktunya berjam-jam untuk bermain games, facebook dan mengakses situs-situs yang tidak penting di internet
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL DAN MEDIA REAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL DAN MEDIA REAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN.

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat-Nya penyusunan skripsi ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Adapun judul dari skripsi ini adalah “ Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Virtual Dan Media Real Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan ”. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. Diharapkan skripsi ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam pengembangan proses belajar mengajar di sekolah khususnya pembelajaran materi kimia.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONSEPTUAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MEMINIMALKAN KUANTITAS MISKONSEPSI PADA MATERI KALOR.

PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONSEPTUAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MEMINIMALKAN KUANTITAS MISKONSEPSI PADA MATERI KALOR.

Salah satu permasalahan besar dalam proses pembelajaran fisika saat ini kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran adalah merupakan proses aktif yang berlangsung antara guru, siswa dan materi subjek, sehingga hasil pembelajaran tidak tergantung pada apa yang disampaikan guru saja, tetapi bagaimana siswa mengolah informasi yang diterima dan memprosesnya berdasarkan pengertian dan pengetahuan yang dimilikinya. Penggunaan metode konvensional telah mendominasi proses belajar mengajar selama ini. Kelemahan lain dari metode pengajaran fisika secara konvensional adalah pengajaran yang terlampau matematis, setiap pembahasan konsep fisika terlalu cepat melibatkan pemakaian konsep matematika tidak mempedulikan apakah siswa betul-betul telah paham konsep. Hal inilah yang kemudian mengesankan fisika itu rumit dan ditakuti, padahal sangat boleh jadi sumber kerumitan itu bukan dari konsep fisikanya melainkan justru dari perumusan matematikanya.
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Menggunakan 3d Studio Max Terhadap Pemahaman Konsep Matematik Siswa (Quasi Eksperimen Di Smpn 242 Jakarta, Pokok Pembahasan Himpunan)

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Menggunakan 3d Studio Max Terhadap Pemahaman Konsep Matematik Siswa (Quasi Eksperimen Di Smpn 242 Jakarta, Pokok Pembahasan Himpunan)

Selain teori kognitif pieget yang dapat dijadikan landasan psikologis adalah hierarki pengalaman belajar berdasarkan kerucut pengalaman (the cone of experiences) Edgar Dale (Gambar 2.1) 24 . Edgar Dale dalam kerucut pengalaman Dale (Dale’s Cone Experience) mengemukakan: “Hasil belajar seseorang diperoleh melalui pengalaman langsung (konkrit), kenyataan yang ada di lingkungan kehidupan seseorang kemudian melalui benda tiruan, sampai kepada lambang verbal (abstrak). Semakin ke atas puncak kerucut semakin abstrak media penyampaian pesan itu. Proses belajar dan interaksi mengajar tidak harus dari pengalaman langsung, tetapi dimulai dengan jenis pengalaman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kelompok siswa yang dihadapi dengan mempertimbangkan situasi belajar. Pengalaman langsung akan memberikan informasi dan gagasan yang terkandung dalam pengalaman itu, oleh karena ia melibatkan indera penglihatan, perasaan, penciuman, dan peraba”. 25 Perolehan pengetahuan siswa yang digambarkan oleh Edgar Dale menunjukkan bahwa pengetahuan akan semakin abstrak apabila hanya disampaikan melalui bahasa verbal. Siswa hanya akan mengetahui tentang kata tanpa memahami makna yang terkandung dalam kata tersebut. Sehingga akan menimbulkan kesalahan persepsi siswa. Oleh sebab itu, sebaiknya diusahakan agar pengalaman siswa menjadi lebih konkret.
Baca lebih lanjut

215 Baca lebih lajut

Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus

Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus

Biologi merupakan cabang dari ilmu sains yang mempelajari gejala-gejala alam melalui observasi, eksperimentasi dan analisis yang rasional sehingga dihasilkan fakta dan konsep. Pembelajaran biologi akan lebih efektif apabila potensi siswa dikembangkan berdasarkan student centered learning. Kegiatan yang mengarah pada student centered learning dapat dilakukan melalui proses penemuan yang mengembangkan keterampilan proses dengan metode ilmiah. Selama proses kegiatan sains tersebut, keberadaan laboratorium sangat penting perannya. Oleh karena itu, guru biologi sebaiknya mengajak siswa melakukan kegiatan di laboratorium. Tujuan diadakannya kegiatan pembelajaran di laboratorium adalah mengembangkan ketrampilan siswa seperti pengamatan, penggunaan alat, melatih siswa bekerja secara cermat dan mengenal batas-batas kemampuan pengukuran laboratorium, melatih ketelitian mencatat, melaporkan hasil percobaan, merangsang daya berpikir kritis analitis melalui penafsiran eksperimen, memperdalam pengetahuan, dan mengembangkan kejujuran dan tanggung jawab serta melatih siswa merencanakan dan melaksanakan percobaan (Kertiasa 1979).
Baca lebih lanjut

133 Baca lebih lajut

PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD MENGGUNAKAN LINGKUNGAN

PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD MENGGUNAKAN LINGKUNGAN

Pembelajaran Matematika SD dengan menggunakan benda sekitar sebagai media pembelajaran, maka akan lebih mudah dipahami siswa, karena hal yang dibicarakan yang tadinya abstrak akan menjadi lebih konkrit. Pada waktu guru memperkenalkan konsep membilang di kelas I SD maka alangkah baiknya jika dihadirkan benda konkrit seperti : lidi, sedotan, kelereng, dan sebagainya.

1 Baca lebih lajut

Contoh Proposal Media Pembelajaran Matematika

Contoh Proposal Media Pembelajaran Matematika

Sejalan dengan semakin lengkapnya sarana dan prasarana pembelajaran guna peningkatan mutu pendidikan, maka SMP Negeri 3 Saketi, Kab. Pandeglang dalam jangka panjang akan menjadi sekolah yang mampu mengedepan kualitas dengan memberikan pengalaman kongkrit (nyata), serta membekali sejumlah keterampilan yang dibutuhkan bagi berkembangnya insan-insan yang cerdas.

15 Baca lebih lajut

Media Pembelajaran Matematika Kelas 3SD.

Media Pembelajaran Matematika Kelas 3SD.

Perangkat keras (hardware) yang digunakan adalah satu unit komputer / laptop dengan spesifikasi yang cukup memadai untuk desain grafis guna menunjang hasil karya yang indah dan maksimal. Untuk output atau hasil produk, digunakan pengemasan dengan media CD atau DVD. Berikut ini adalah daftar perangkat keras (hardware) yang digunakan :

15 Baca lebih lajut

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RIIL DAN MEDIA VIRTUAL DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RIIL DAN MEDIA VIRTUAL DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID.

Model pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran dengan seni merekayasa situasi-situasi yang sedemikian rupa sehingga siswa bisa berperan sebagai ilmuwan. Siswa diajak untuk bisa memiliki inisiatif untuk mengamati dan menayangkan gejala alam, mengajukan penjelasan-penjelasan tentang apa yang mereka lihat, merancang dan melakukan pengujian untuk menunjang atau menentang teori-teori mereka, menganalisis data, menarik kesimpulan dari data eksperimen, merancang dan membangun model. Dengan model pembelajaran inkuiri akan lebih efektif jika dipadukan dengan menggunakan media yang tepat. Media yang dapat diterapkan adalah media riil dengan menggunakan laboratorium dan media virtual dengan menggunakan computer.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Alternatif Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Media Pohon Matematika

Alternatif Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Media Pohon Matematika

Guna mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya suatu pendekatan dalam pembelajaran matematika sehingga dapat membantu mengembangkan kreativitas mahasiswa. . Dalam pembelajaran matematika, pengajuan masalah (problem posing) menempati posisi yang strategis. Pengajuan masalah merupakan tugas kegiatan yang mengarah kepada sikap kritis dan kreatif. Selain problem posing, pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended juga bermanfaat dalam meningkatkan cara berpikir mahasiswa. Pembelajaran dengan pendekatan open ended dapat memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk berpikir secara aktif dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan (Suherman, 2003).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika

This study aims to test the feasibility of media-based learning Blog in learning mathematics on trigonometric subjects. This development research uses 8 stages from 10 stages of borg and gall method that are potential and problem, data collection, product design, product validation, product revision, product test, product revision and mass production. Learning media blogs are developed with the help of adobe flash which aims to provide some animation. This research was conducted in SMA Negeri 1 Batanghari class X students. The assessment instrument used was questionnaire of feasibility test by media expert, Expert of Material, and Questionnaire of student response. The results of the research are: 1) Based on the validation of material expert judgments obtained an average score of 4.65 is located in the category of "Very Good". Validation of expert media judgment obtained an average score of 4.35 in the category of "Very Good". Validation of the linguist's assessment obtained an average score of 4.5 that is in the category of "Very Good". In addition, the results of small-scale test responses of learners obtained a score of 4.23 on the criteria of "Very Good", and while on a large-scale test the learners' response to get an average score of 4, 19 is on the criteria of "Good". Thus it can be concluded learning media berbantuan blog is in good category and can be used in learning, especially on Trigonometry material.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengumpulkan informasi bahwa diperlukan adanya multimedia pembelajaran di sekolah. Analisis kebutuhan ini dilakukan dengan cara observasi langsung, angket, dan wawancara. Wawancara adalah suatu teknik untuk mendapatkan data dengan mengadakan komunikasi verbal dengan nara sumber. Wawancara dalam penelitian ini ditujukan kepada guru mata pelajaran fisika kelas X. Wawancara terhadap guru mata pelajaran dilakukan bertujuan untuk menggali informasi tentang ketersediaan sumber, media dan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran serta laboratorium fisika khususnya untuk pembelajaran pada materi alat-alat optik.
Baca lebih lanjut

68 Baca lebih lajut

Media Pembelajaran Matematika SMP Lengkap (Power Point) Gratis 13 OPERASIALJABAR

Media Pembelajaran Matematika SMP Lengkap (Power Point) Gratis 13 OPERASIALJABAR

PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SUKU-SUKU SEJENIS Penjumlahan Suku-Suku Sejenis Penjumlahan suku-suku sejenis dapat dilakukan jika suku-suku tersebut memiliki: a... PENJUMLAHAN DAN[r]

53 Baca lebih lajut

PENERAPANBILANGANBULAT

PENERAPANBILANGANBULAT

Dalam suatu tes d itetapkan bahwa setiap jawaban benar mendapat nilai 4, jawaban salah mendapat nilai -1 dan jawaban kosong mendapat nilai 0, Jika Andi berhasil menjawab 70 soal dengan[r]

32 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII DI SMP N 21 BANDAR LAMPUNG - Raden Intan Repository

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII DI SMP N 21 BANDAR LAMPUNG - Raden Intan Repository

diwawancarai pendidik mengaku belum pernah melihat dan melakukan pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis inkuiri terbimbing dan beliau pun menyatakan perlu dikembangkannya modul berbasis inkuiri terbimbing. Pada tahap ini yang penting dilakukakan adalah analisis terhadap kebutuhan terhadap produk yang akan dikembangkan melalui wawancara terhadap pendidik bidang studi matematika SMP N 2 Bandar Lampung Ibu Sri Hastuti bahwa di kelas VII pendidik menggunakan buku paket dalam pembelajaran namun buku paket yang digunakan hanya sebagai alat bantu dalam pembelajaran karena buku paket yang tersedia belum menanamkan minat peserta didik secara mendalam, dan peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi matematika karena bahasa yang digunakan tidak mudah dimengerti.
Baca lebih lanjut

101 Baca lebih lajut

T MTK 1402021 Chapter5

T MTK 1402021 Chapter5

3. Hendaknya setelah produk dikembangkan, maka peneliti melanjutkan untuk menentukan keefektifan produk tersebut melalui kegiatan eksperimentasi, dimana ada kelas eksperimen yang menggunakan produk komik dibanding- kan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan komik dalam pembelajar-an matematika.

3 Baca lebih lajut

MODUL MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA WAYA

MODUL MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA WAYA

Salah satu konsep matematika yang harus dikuasai siswa adalah bangun ruang, akan tetapi masih banyak siswa yang kesulitan memahami bentuk-bentuk bangun ruang. Dasar permasalahan siswa adalah siswa hanya memahami bentuk bangun ruang dilihat dari satu sisi, tetapi siswa tidak mampu memahami bentuk bangun ruang yang sama ketika ditransformasikan atau disajikan dari sisi yang berbeda.

43 Baca lebih lajut

Pencarian Media Pembelajaran Matematika di GeogebraTube

Pencarian Media Pembelajaran Matematika di GeogebraTube

Geogebra merupakan salah satu software pembelajaran matematika yang cukup handal. Geogebra dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran geometri, aljabar, kalkulus serta statistik. Software yang pertama kali dikembangkan oleh Markus Hohenwarter ini dapat membuat media pembelajaran berupa lembar kerja yang dinamis (dynamic worksheet). Geogebra dapat diperoleh secara gratis dari http://geogebra.org. Untuk menjalankan Geogebra diperlukan Java Runtime Environtment (JRE) yang dapat diunduh dari http://java.com/getjava.

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...