media penghantar panas

Top PDF media penghantar panas:

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KOMODITAS PANGAN LOKAL PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA PENGHANTAR PANAS DI SMKN 1 CIDAUN.

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KOMODITAS PANGAN LOKAL PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA PENGHANTAR PANAS DI SMKN 1 CIDAUN.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif penggunaan media penghantar panas dengan memanfaatkan komoditas pangan lokal. Oleh karena itu, dilakukan penelitian “ Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Komoditas Pangan Lokal pada Kompetensi Dasar Melakukan Prinsip Penggunaan Media Penghantar Panas di SMKN 1 Cidaun ”.

33 Baca lebih lajut

Pemodelan Matematik Pindah Panas dan Massa pada Penggorengan dengan Pasir sebagai Media Penghantar Panas | Siswantoro | Agritech 9661 17747 1 PB

Pemodelan Matematik Pindah Panas dan Massa pada Penggorengan dengan Pasir sebagai Media Penghantar Panas | Siswantoro | Agritech 9661 17747 1 PB

Penggorengan merupakan salah satu metode tertua dari proses pemasakan dan pengeringan pangan. Proses penggorengan berlangsung melalui kontak dengan media penghantar panas dan dilakukan pada suhu tinggi. Proses penggorengan biasanya digunakan minyak sebagai media penghantar panas, akan tetapi pada penelitian ini digunakan pasir sebagai media penghantar panas. Meskipun penggorengan merupakan suatu proses pemasakan pangan yang sudah lama dilakukan, tetapi proses tersebut banyak yang belum diungkap secara ilmiah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model matematik pindah panas dan massa yang meliputi koe fi sien kontak panas permukaan (h) antara kerupuk dan pasir, konstanta pindah panas (K p ), perubahan suhu dan kandungan air produk (kerupuk) selama penggorengan. Penelitian dilakukan dengan eksperimen laboratorium, bahan yang digunakan adalah pasir sungai, pasir besi, plat Aluminium, dan kerupuk (sebagai sample produk). Kisaran diameter pasir yang digunakan, untuk pasir sungai adalah 0,25 mm sampai dengan 2,00 mm, dan pasir besi adalah 0,10 mm sampai dengan 0,40 mm. Peralatan yang digunakan terdiri dari peralatan untuk mengukur sifat fi sik dan termis bahan, mesin penggoreng dengan pasir, ayakan, neraca, gelas ukur, tachometer, thermokopel, data logger, interface, dan computer. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa, presentase kesalahan rata-rata nilai prediksi dengan penggunaan model matematik lebih kecil dari 10 %. Hasil ini menunjukkan bahwa model matematik yang telah dikembangkan mempunyai tingkat ketepatan yang cukup baik untuk digunakan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

S PTA 1102811 Chapter1

S PTA 1102811 Chapter1

Penggunaan media penghantar panas dalam proses pengolahan merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menyajikan berbagai materi ajar untuk memahami konsep media penghantar panas di dalam proses pengolahan produk pangan. Pada kompetensi dasar ini siswa dituntut untuk memahami teori dan mampu mendeskripsikan prinsip dari masing-masing media penghantar panas. Dalam prosesnya, dibutuhkan peran aktif siswa untuk mendukung tercapainya penguasaan terhadap kompetensi dasar yang berujung pada hasil belajar siswa. Selain itu, dukungan lingkungan serta sarana dan prasarana sangat dibutuhkan guna menunjang kegiatan pembelajaran siswa di sekolah.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEKNIK PENGOLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PENGHANTAR PANAS DI SMKN 2 INDRAMAYU.

PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEKNIK PENGOLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PENGHANTAR PANAS DI SMKN 2 INDRAMAYU.

Industri yang paling pasri menggunakan metode penyangraian adalah industri pengolahan kopi. Kunci dari proses produksi kopi bubuk adalah penyangraian. Proses ini merupakan tahapan pembentukan aroma dan citarasa khas kopi dari dalam biji kopi dengan perlakuan panas. Biji kopi secara alami mengandung cukup banyak senyawa organik calon pembentuk citarasa dan aroma khas kopi.Waktu sangrai ditentukan atas dasar warna biji kopi sangrai atau sering disebut derajat sangrai.Makin lama waktu sangrai, warna biji kopi sangrai mendekati cokelat tua kehitaman.
Baca lebih lanjut

84 Baca lebih lajut

Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pengolahan Menggunakan Media Penghantar Panas Di Smkn 2 Indramayu.

Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pengolahan Menggunakan Media Penghantar Panas Di Smkn 2 Indramayu.

Penerapan produk bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode/media tersebut apakah lebih efektif dan efesien jika dibandingkan dengan metode mengajar yang lama.Pengujian dilakukan dengan memberikan soal terhadap siswa-siswa setelah menggunakan modul. D. Instrument Penelitian

17 Baca lebih lajut

S PTA 1102811 Abstract

S PTA 1102811 Abstract

This research done due to the process of learning and practicum activity in SMKN 1 Cidaun was not run optimally, it is caused the less maximum competence of students achieved. The abundance of Cidaun local food commodities which untapped maximally was also be the reason of this research. The purpose of this research was to determined students learning outcomes by implementing project based learning models based on local food commodities. The method used is pra - experiment method with one group pre test-post test design. The research conducted in X grade of TPHP expertise program in SMKN 1 Cidaun. The results shows that the learning outcomes by implementing project based learning model based on local food commodities in practice the principles of heat media basic competences has average value in N-Gain with medium category. Students learning outcomes as a whole has reached the minimum completeness criteria which has been determined. Based on the research results, project based learning models based on local food commodities can help students in achieving competence and improving students learning outcomes. Project based learning models can be applied in any other basic competence or any other productive subjects to improve students learning outcome and help students in achieving competence.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

S PTA 1102811 Chapter5

S PTA 1102811 Chapter5

2. Penerapan model project based learning berbasis komoditas pangan lokal pada kompetensi dasar melakukan prinsip penggunaan media penghantar panas di SMKN 1 Cidaun ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan N-Gain yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada kriteria sedang.

3 Baca lebih lajut

Karakteristik Aliran Panas dalam Logam Penghantar Listrik

Karakteristik Aliran Panas dalam Logam Penghantar Listrik

Abstrak —Aplikasi matematika banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah analisa aliran panas yang terjadi pada logam penghantar listrik. Dalam tugas akhir ini membahas mengenai karakteristik aliran panas dalam logam penghantar listrik. Mulai dengan analisa persamaan aliran panas, penyelesaian dengan transformasi Laplace, simulasi dengan MATLAB dan visualisasinya dengan Surfer. Sehingga diperoleh berbagai macam karakteristik logam penghantar listrik yang mempengaruhi perubahan panas dalam penghantar listrik. Dari hasil tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa logam tembaga cukup baik untuk dijadikan sebagai logam penghantar listrik karena sifatnya yang tidak menghasilkan panas terlalu besar namun memiliki daya hantar listrik yang cukup besar.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

bahan-bahan listrik #Bahan Penghantar

bahan-bahan listrik #Bahan Penghantar

• Penggunaan aluminium yang lain adalah untuk busbar, dan karena alasan tertentu misalnya ekonomi, maka dibuat penghantar aluminium yang berisolasi, seperti : ACSR – OW. Menurut ASA (American Standard Association), paduan aluminium diberi tanda seperti berikut.

Baca lebih lajut

S PKK 1003097 Appendix3

S PKK 1003097 Appendix3

Saya memohon bantuan Bapak/ Ibu untuk mengisi angket ini.Angket ini ditujukan untuk mengetahui pendapat Bapak/ Ibu tentang “Modul Teknik Pengolahan Menggunakan Media Penghantar Panas”.Aspek penilaian materi modul ini dari komponen penilaian aspek kelayakan isi oleh BSNP. Penilaian, saran dan koreksi dari Bapak/ Ibu akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas modul ini. Atas perhatian dan kesediaannya untuk mengisi angket ini, saya ucapkan terima kasih.

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...