Minat berwirausaha

Top PDF Minat berwirausaha:

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA DIFABEL   Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Minat Berwirausaha Pada Difabel.

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA DIFABEL Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Minat Berwirausaha Pada Difabel.

Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangan termasuk diciptakannya mereka yang mengalami difabel. Penderita difabel tentu akan mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang sama dengan anak normal lainnya. Namun, difabel masih dipandang sebelah mata dan dipadang rendah. Mereka dianggap tidak bisa bekerja, tidak bisa berpendidikan, tidak bisa belajar, tidak bisa naik transportasi, tidak bisa mandiri, selalu perlu bantuan, dan dianggap bahwa semua kaum difabel menderita cacat parah. Di Indonesia ketersediaan lapangan kerja masih saja menjadi problem. Buktinya, hingga kini jutaan penduduk Indonesia masih menganggur terutama kaum difabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan minat berwirausaha. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara efikasi diri dengan minat berwirausaha. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 60 subjek, sedangkan populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh penyandang difabel yang berada di BBRSBD “Prof. Dr. Soehar so Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana variabel efikasi diri merupakan variabel bebas dan variabel tergantungnya adalah minat berwirausaha. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA   Hubungan Antara Resiliensi Dengan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa.

HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA Hubungan Antara Resiliensi Dengan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di uraikan seluruhnya, dapat diambil kesimpulan bahwa; 1) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara resiliensi dengan minat berwirausaha pada mahasiswa. Semakin tinggi resiliensi maka semakin tinggi minat berwirausaha pada mahasiswa dan sebaliknya semakin rendah resiliensi maka semakin rendah minat berwirausaha pada mahasiswa. 2) Minat berwirausaha pada mahasiswa tergolong tinggi. 3) Resiliensi pada mahasiswa tergolong tinggi. 4) Peranan atau sumbangan efektif resiliensi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa tingkat akhir sebesar 34,4 %, sedangkan sisanya sebesar 65,6 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di uraikan seluruhnya, sehingga peneliti menyarankan; 1) Bagi subjek, khususnya mahasiswa tingkat akhir semester 7 untuk memulai suatu usaha kecil – kecilan seperti online shop atau yang lain walaupun memegang resiko gagal, karena jika tidak mencoba kita tidak akan pernah mengetahui sejauh mana kemampuan kita. 2) Kepada dosen, agar selalu memotivasi dan mendukung mahasiswanya untuk memulai sutau usaha baru dan menarik untuk ditawarkan oleh masyarakat. 3) Bagi Fakultas diharapkan meningkatkan kualitas pengajaran terutama kewirausahaan dan menyediakan sarana prasarana yang mendukung program kewirausahaan, sehingga akan dapat mendorong mahasiswa untuk lebih percaya diri dalam minat berwirausaha. 4) Bagi peneliti lain disarankan untuk lebih bisa banyak mengungkap dengan beberapa indikator lain yang belum diteliti, dengan penulisan aitem skala yang lebih spesifik dengan variabel, pemilihan tempat penelitian yang berbeda dan melibatkan beberapa subjek sehingga hasil penelitian lebih maksimal, serta dapat mengembangkan penelitian tentang pemberian informasi karir yang lebih jelas tentang peluang berwirausaha. Sehingga memberikan gambaran yang lebih luas tentang kewirausahaan.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 IPB di Bidang Wisata Alam

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 IPB di Bidang Wisata Alam

Institut Pertanian Bogor sebagai salah satu perguruan tinggi negeri telah berupaya untuk mendorong minat berwirausaha mahasiswa, salah satunya dengan menyelenggarakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk menjaring potensi wirausaha di kalangan mahasiswa agar kelak bisa berkarir sebagai seorang wirausahawan. Saat ini kewirausahaan yang sudah dikembangkan oleh mahasiswa IPB adalah usaha pembudidayaan ternak, perikanan, dan hortikultura, sedangkan usaha yang bergerak di bidang wisata alam masih sedikit. Padahal Indonesia memiliki potensi wisata alam yang melimpah. IPB juga telah memiliki mata kuliah Rekreasi Alam dan Ekowisata yang memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk dapat mengembangkan potensi alam untuk keperluan wisata. Sehingga mahasiswa IPB yang telah mendapatkan mata kuliah Pengantar Kewirausahaan dan mata kuliah Rekreasi Alam dan Ekowisata diharapkan dapat mulai mengembangkan kewirausahaan di bidang wisata alam.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

PENGMINA Pengaruh Kreativitas Dan Sikap Mandiri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta.

PENGMINA Pengaruh Kreativitas Dan Sikap Mandiri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis pertama yaitu uji normalitas yang digunakan untuk mengetahui apakah data data berasal dari populasi yang memiliki sebaran atau distribusi normal. Uji normalitas data dalam penelitian ini menggunakan metode Lilliefors melalui uji Kolmogrov-Smirnov dalam program SPSS 15.0. Untuk menolak atau menerima hipotesis dengan cara membandingkan nilai probabilitas dengan taraf signifikansi ( α ) =5%. Jika nilai probabilitas > 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa data berdistribusi normal. Adapun ringkasan hasil uji normalitas menyimpulkan bahwa ketiga data yaitu minat berwirausaha mahasiswa, kreativitas, dan sikap mandiri kesemuanya berdistribusi normal. Dengan nilai signifikansi untuk variabel minat berwirausaha mahasiswa yaitu 0,057 > 0,05. Variabel kreativitas dengan nilai signifikansi yaitu 0,074 > 0,05. Variabel sikap mandiri dengan nilai signifikansi yaitu 0,063 > 0,05.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Lingkungan Keluarga Dan Sikap Terhadap Peluang Usaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010/2011.

PENDAHULUAN Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Lingkungan Keluarga Dan Sikap Terhadap Peluang Usaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010/2011.

Minat berwirausaha tidaklah tumbuh secara instan, akan tetapi memerlukan tahap dan proses sesuai dengan kepribadian masing-masing orang. Oleh karena itu, langkah yang paling mudah adalah minat berwirausaha harus dipupuk sejak muda. Dan waktu kuliah adalah waktu yang ideal untuk menumbuhkan minat tersebut. Karena dengan semangat anak muda yang dimiliki dan dibandingkan dengan tingkat kecerdasan dan kemandirian yang dimiliki akan lebih mendukung untuk dapat tumbuhnya minat berwirausaha. Semakin muda maka semakin kuat pula fondasi minat berwirausaha yang dimiliki, sehingga kelak akan menjadi seorang wirausahawan yang handal. Menurut Soedjono dalam Suryana (2011:62) mengungkapkan bahwa:
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

DETERMINAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SUMATERA SELATAN Eni Cahyani Novita Sari

DETERMINAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SUMATERA SELATAN Eni Cahyani Novita Sari

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kondisi dan mengetahui determinan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa PTS di Sumatera Selatan dilanjutkan akses modal sebagai variabel moderating. Metode penelitian dengan survey lapangan dan studi pustaka, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Teknik analisa menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggambarkan mahasiswa berminat berwirausaha sebesar 81,17%, proses pembelajaran mata kuliah kewirausahaan menerapkan praktek 25% dan 75% sebesar 35,36% sehingga kegiatan praktek perlu ditingkatkan. Pencapaian hasil pembelajaran 58,3% mendapatkan nilai B. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan sosialisasi, pelatihan, seminar dan sebagainya sebesar 25,2%, membuat proposal bisnis sebesar 22,9% sehingga perlu ditingkatkan untuk merangsang karakteristik wirausaha. Hasil persamaan pertama variabel faktor internal (personal dan kreaktivitas) dan faktor eksternal berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa PTS di Sumatera Selatan. secara simultan variabel faktor internal variabel dan faktor ekternal berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa PTS di Sumatera Selatan. Hasil Uji statistik Persamaan kedua sebagai variabel akses modal tidak berpengaruh terhadap minat minat berwirausaha mahasiswa PTS di Sumatera Selatan. baik variabel faktor internal dan eksternal yang dimoderating oleh variabel akses modal tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa PTS di Sumatera Selatan.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

MINAT BERWIRAUSAHA IBU-IBU RUMAH TANGGA DI VILA MUTIARA CIKARANG BEKASI.

MINAT BERWIRAUSAHA IBU-IBU RUMAH TANGGA DI VILA MUTIARA CIKARANG BEKASI.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang diolah menggunakan bantuan program computer SPSS_13, dapat diketahui nilai Rerata (M) yang diperoleh sebesar 63,17 ; Median 63,00 ; Modus 60,00 dan Standar Deviasi 3,57. Selain itu berdasarkan tabel diatas dapat juga diketahui bahwa data minat berwirausaha ibu-ibu rumah tangga pada kategori sangat tinggi sebanyak 12 ibu-ibu rumah tangga (65%), kategori tinggi sebanyak 3 ibu-ibu rumah tangga (15%), kategori sedang sebanyak 2 ibu-ibu rumah tangga (10%), dan kategori rendah sebanyak 2 ibu-ibu rumah tangga (10%). Dengan demikian untuk nilai rerata (M) = 63,17 apabila dilihat berdasarkan tabel V, maka nilai tersebut dalam kategori tinggi yang dicapai oleh 12 ibu-ibu rumah tangga (65%). Data tersebut menunjukkan bahwa tingkat minat berwirausaha ibu-ibu rumah tangga di Vila Mutiara Cikarang Bekasi yang memiliki tingkat pendidikan SMP pada kategori sangat tinggi.
Baca lebih lanjut

101 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI  DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA DIFABEL  Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Minat Berwirausaha Pada Difabel.

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA DIFABEL Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Minat Berwirausaha Pada Difabel.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan minat berwirausaha. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara efikasi diri dengan minat berwirausaha. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 60 subjek, sedangkan populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh penyandang difabel yang berada di BBRSBD “Prof. Dr. Soeharso Surakarta . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana variabel efikasi diri merupakan variabel bebas dan variabel tergantungnya adalah minat berwirausaha. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah - PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KOPERASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA - Repository Fakultas Ekonomi UNJ

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah - PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KOPERASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA - Repository Fakultas Ekonomi UNJ

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama berkuliah di Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi dan Administrasi, mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Universitas Negeri Jakarta, menunjukkan adanya hasil yang kurang maksimal dalam menanamkan dan menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Hal ini disebabkan masih adanya pengaruh dari berbagai faktor yang menggantungkan masa depan pekerjaan mereka sebagai pegawai. Minat menjadi entrepreneur hanya sebatas “ikut - ikutan” tren yang ada. Para mahasiswa umumnya takut mengambil risiko dari usaha yang akan diambilnya meskipun mereka saat ini telah dibekali oleh mata kuliah kewirausahaan. Rata-rata mahasiswa juga beranggapan bahwa faktor modal yang menjadi penghambat dalam berwirausaha selain dari faktor motivasi untuk berwirausaha. Selain itu, lingkungan keluarga yang kurang mendukung untuk berwirausaha menyebabkan seseorang tidak memiliki keyakinan akan berhasil menjadi seorang wirausahawan. Keluarga tersebut cenderung mengambil “jalan aman” untuk menjadi pegawai dan beranggapan bahwa menjadi
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera utara

Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera utara

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara yang berjumlah 164 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Stambuk 2012 dan 2013 dengan total 41 responden yang ditentukan dengan teknik proportional sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama efikasi diri dan motivasi berwirausaha berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Nilai R 2 0,559 berarti 55,9% minat berwirausaha mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara dapat dijelaskan oleh variabel efikasi diri dan motivasi berwirausaha. Sedangkan sisanya 44,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera utara

Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera utara

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara yang berjumlah 164 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Stambuk 2012 dan 2013 dengan total 41 responden yang ditentukan dengan teknik proportional sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama efikasi diri dan motivasi berwirausaha berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Nilai R 2 0,559 berarti 55,9% minat berwirausaha mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara dapat dijelaskan oleh variabel efikasi diri dan motivasi berwirausaha. Sedangkan sisanya 44,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera utara

Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera utara

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara yang berjumlah 164 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Stambuk 2012 dan 2013 dengan total 41 responden yang ditentukan dengan teknik proportional sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama efikasi diri dan motivasi berwirausaha berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Nilai R 2 0,559 berarti 55,9% minat berwirausaha mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara dapat dijelaskan oleh variabel efikasi diri dan motivasi berwirausaha. Sedangkan sisanya 44,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Baca lebih lanjut

102 Baca lebih lajut

MINAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI MOTIVASI BERWIRAUSAHA                                                                                                 DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA  Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Motivasi Berwir

MINAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Motivasi Berwir

Lampiran 2 Daftar Nama Sebagai Uji Try Out 88 Lampiran 3 Hasil Uji Try Out Angket Minat Berwirausaha 89 Lampiran 4 Uji Validitas Try Out Angket Minat Berwirausaha 90 Lampiran 5 Uji Reliabilitas Try Out Angket Minat Berwirausaha 91 Lampiran 6 Hasil Try Out Angket Motivasi Berwirausaha 92 Lampiran 7 Uji Validitas Try Out Angket Motivasi Berwirausaha 93 Lampiran 8 Uji Reliabilitas Try Out Angket Motivasi Berwirausaha 94

17 Baca lebih lajut

BAB II LANDASAN TEORI A. Minat Berwirausaha 1. Definisi Minat Berwirausaha - Hubungan Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Dengan Minat Berwirausaha Pada Etnis Tionghoa

BAB II LANDASAN TEORI A. Minat Berwirausaha 1. Definisi Minat Berwirausaha - Hubungan Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Dengan Minat Berwirausaha Pada Etnis Tionghoa

Etnis Tionghoa memerankan peranan yang cukup penting dalam dunia perekonomian di Indonesia. Mengingat bahwa banyak sekali masyarakat etnis Tionghoa yang sukses secara financial dengan berbisnis dan berwirausaha (Ismail, 2012). Berwirausaha memang merupakan suatu mata pencaharian yang paling penting pada etnis Tionghoa (Vasanty dalam Koentjaraningrat, 2007). Untuk menjadi wirausaha, etnis tionghoa harus memiliki minat berwirausaha yang tinggi terhadap pembukaan unit usaha yang baru. Minat merupakan faktor pendorong yang menjadikan seseorang lebih giat bekerja dan memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan mengoptimalkan potensi yang tersedia (Walgito, 2003).
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

View of PENGARUH KEPRIBADIAN WIRAUSAHA, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASSWA/I AKADEMI MINYAK DAN GAS BALONGAN INDRAMAYU JAWA BARAT

View of PENGARUH KEPRIBADIAN WIRAUSAHA, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASSWA/I AKADEMI MINYAK DAN GAS BALONGAN INDRAMAYU JAWA BARAT

Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Lingkungan terhadap Minta Berwirausaha Mahasiswa/i Akamigas Balongan. Tujuan penelitian untuk mengungkapkan pengaruh potensi kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Penelitian menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi adalah Mahasiswa/i Akamigas Balongan. Sampel sebanyak 103 responden ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen angket dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensia. Penelitian menunjukkan minat berwirausaha relatif rendah (48,67%), potensi kepribadian wirausaha memberi pengaruh cukup berarti terhadap minat berwirausaha (27,3%), pengetahuan kewirausahaan berpengaruh berarti terhadap minat berwirausaha (13,7%), lingkungan keluarga memberi pengaruh yang berarti terhadap minat berwirausaha (22%). Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara potensi kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga sebesar 42,2 persen terhadap minat berwirausaha.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGARUH PENGALAMAN BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA  Pengaruh Pengalaman Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhamma

PENGARUH PENGALAMAN BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA Pengaruh Pengalaman Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhamma

Peran keluarga sangatlah penting dalam menumbuhkan minat berwirausaha pada mahasiswa. Pendidikan berwirausaha dapat berlangsung sejak usia dini dalam lingkungan keluarga. Memiliki seorang ibu dan ayah yang berwirausaha dapat memberikan inspirasi kepada anak untuk menjadi wirausahawan. Anak terinspirasi karena memang dilatih sejak kecil, diminta membantu mulai dari pekerjaan yang ringan atau mudah sampai yang rumit dan kompleks. Terlatih dan terinspirasi sehingga mempengaruhi minatnya untuk berwirausaha, melalui keluarga pola pikir kewirausahaan terbentuk. Minat berwirausaha tumbuh dan berkembang dengan baik pada seseorang yang hidup dan tumbuh dilingkungan keluarga wirausahawan.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL INTERNAL DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA  Hubungan Antara Locus Of Control Internal dengan Minat Berwirausaha.

HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL INTERNAL DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA Hubungan Antara Locus Of Control Internal dengan Minat Berwirausaha.

mempunyai minat berwirausaha yang tinggi. Minat berberwirausaha yang tinggi terlihat pada mahasiswa yang memang sebagian sudah ada yang membuka usaha di lingkungan kampus, seperti berjualan aneka produk (pakaian, kosmetik, sepatu, tas dan lain-lain) baik jualan di toko maupun jualan secara online, punya usaha cucian motor, serta menerima jasa pengetikan komputer dan jasa penterjemahan bahasa.

16 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA MOTIF BERPRESTASI  DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA Hubungan Antara Motif Berprestasi dengan Minat Berwirausaha.

HUBUNGAN ANTARA MOTIF BERPRESTASI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA Hubungan Antara Motif Berprestasi dengan Minat Berwirausaha.

Minat berwirausaha merupakan rasa tertariknya perhatian atau rasa senangnya seseorang untuk melakukan kegiatan kewirausahaan. Mereka yang memiliki minat berwirausaha cukup tinggi akan memiliki cukup kesadaran bahwa wirausaha bersangkut paut pada dirinya sehingga ia lebih banyak memberi perhatian dan lebih senang melakukan kegiatan kewirausahaan. Banyak faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha, salah satunya adalah motif berprestasi.

Baca lebih lajut

Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha | Wulandari | Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 2706 9705 1 PB

Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha | Wulandari | Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 2706 9705 1 PB

3. Pengertian Minat Berwirausaha Yudrik Jahja (2011: 63) menjelaskan minat sebagai suatu dorongan yang menyebabkan terikatnya perhatian individu pada objek tertentu seperti pekerjaan, pelajaran, benda, organisasi. Ada pula W.S Winkel (2002: 105) yang mengartikan minat sebagai kecenderungan subyek yang menetap untuk merasa tertarik pada bidang studi atau pokok bahasan tertentu dan merasa senang mempelajari materi itu. Sehingga minat dapat disimpulkan sebagai ketertarikan dan gairah yang tinggi akan suatu hal atau kegiatan.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGARUH PENGALAMAN BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA  Pengaruh Pengalaman Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Sura

PENGARUH PENGALAMAN BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA Pengaruh Pengalaman Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Sura

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mengetahui pengaruh pengalaman berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 3) untuk mengetahui pengaruh pengalaman berwirausaha dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...