Model Pertumbuhan

Top PDF Model Pertumbuhan:

MODEL PERTUMBUHAN LOGISTIK DENGAN WAKTU TUNDA - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

MODEL PERTUMBUHAN LOGISTIK DENGAN WAKTU TUNDA - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Setiap makhluk hidup selalu meng-alami perubahan dari waktu ke waktu, dimulai dari adanya kelahiran, perkembangan, hingga kematian. Untuk menggambarkan pertumbuhan suatu populasi, pada tahun 1838 Verhulst memperkenalkan suatu model per- tumbuhan yang sering disebut model pertumbuhan logistik [4,5,7,8]. Pada model pertumbuhan logistik ini diasumsikan bahwa tidak ada penunda- an waktu pada proses pertumbuhan populasi [7]. Selain itu pada model ini dihasilkan solusi yang berbentuk fungsi monoton (naik atau turun), dimana fungsi seperti ini memberikan penafsir- an bahwa jumlah populasi akan terus bertambah (tidak pernah berkurang) atau akan terus berkurang (tidak pernah bertambah).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pengembangan Model Pertumbuhan Ekonomi Solow

Pengembangan Model Pertumbuhan Ekonomi Solow

Pertumbuhan populasi (penduduk) tentunya selalu berubah-ubah, peruba- han yang terjadi sepanjang perjalanan waktu ada yang berlangsung cepat dan ada pula yang berlangsung lambat. Hal ini dikarenakan adanya persaingan setiap individu (manusia) untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya seperti per- saingan untuk mendapatkan makanan (mencari nafkah), tempat tinggal, maupun bahaya yang mungkin mengancam kehidupan seperti penyakit, politik, kriminal- isme dan sebagainya yang disebut dengan faktor penghambat pertumbuhan. Per- tumbuhan penduduk dari suatu kondisi ke kondisi berikutnya adalah merupakan suatu proses yang dinamis. Dengan kata lain laju pertumbuhan kelahiran maupun kematian tidak tumbuh secara konstan yang dapat mengakibatkan pertumbuhan penduduk menjadi tidak terbatas. Model pertumbuhan seperti ini disebut pertum- buhan model eksponensial dan pada kenyataannya model ini tidak dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan penduduk.
Baca lebih lanjut

55 Baca lebih lajut

MODEL PERTUMBUHAN IKAN BERONANG LINGKIS (Siganus canaliculatus) HASIL TANGKAPAN SERO DI PERAIRAN KEPULAUAN SELAYAR | Masyahoro | AGRISAINS 4149 13342 1 PB

MODEL PERTUMBUHAN IKAN BERONANG LINGKIS (Siganus canaliculatus) HASIL TANGKAPAN SERO DI PERAIRAN KEPULAUAN SELAYAR | Masyahoro | AGRISAINS 4149 13342 1 PB

Nilai 3,0 terletak dalam interval kepercayaan, hubungan panjang bobot (persamaan 1) disederhanakan dengan mengganti nilai dari estimasi dengan 3,0. Hal ini dapat berimplikasi dan harus dicari estimasi baru untuk intersept a dan nilai baru bagi q. Selanjutnya dilakukan simulasi model melalui metode interpolasi dan ekstrapolasi data. Menurut Masyahoro (2009), metode interpolasi dimaksudkan untuk menyatakan model pertumbuhan ikan yang sedang dikaji, sedangkan metode ekstrapolasi dimaksudkan untuk mengestimasi model pertumbuhan ikan pada masa datang. Selain itu, untuk mengetahui model pertumbuhan individu ikan beronang lingkis dilakukan melalui simulasi model pertumbuhan von Bertalanffy berbasis panjang dan bobot badan yang keduanya merupakan fungsi dari umur ikan (Masyahoro, 2007 b ) dengan persamaan:
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

ANALISIS MODEL PERTUMBUHAN LOGISTIK VERHULST DAN MODEL RICHARD - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

ANALISIS MODEL PERTUMBUHAN LOGISTIK VERHULST DAN MODEL RICHARD - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Sesuai dengan analisis ini diperoleh hasil bahwa model pertumbuhan logistik yang lebih tepat diterapkan pada data pertumbuhan sapi adalah model pertumbuhan logistik Verhulst, karena mode[r]

1 Baca lebih lajut

Analisis kestabilan model pertumbuhan kontinu dan model pertumbuhan diskret

Analisis kestabilan model pertumbuhan kontinu dan model pertumbuhan diskret

Berdasarkan waktu, model pertumbuhan populasi dapat dibagi menjadi model pertumbuhan kontinu dan model pertumbuhan diskret. Model yang dibahas dalam karya ilmiah ini adalah model pertumbuhan kontinu yang disebut sebagai persamaan logistik. Pada model ini, jika populasi awalnya sama dengan nol dan populasi awalnya sama dengan daya dukung lingkungannya yaitu batas atas ukuran populasi yang dapat didukung oleh sumber daya yang tersedia, maka populasi akan tetap konstan. Jika populasi awalnya kurang dari daya dukung lingkungan, maka populasi akan meningkat menuju daya dukung lingkungan. Dan jika populasi awalnya lebih dari daya dukung lingkungan, maka populasi akan semakin menurun dan menuju daya dukung lingkungan.
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

Model Pertumbuhan Ekonomi propinsi Neo

Model Pertumbuhan Ekonomi propinsi Neo

Profesor J. E. Meade dari Universitas Cambridge membangun suatu model pertumbuhan ekonomi Neo Klasik yang dirancang untuk menjelaskan bagaimana bentuk paling sederhana dari sistem ekonomi klasik akan berperilaku selama proses pertumbuhan ekuilibrium.

3 Baca lebih lajut

MODEL PERTUMBUHAN DAN PERBANDINGAN MODEL

MODEL PERTUMBUHAN DAN PERBANDINGAN MODEL

Penelitian ini ditunjukan untuk mencari bentuk model pertumbuhan pola perkembangan populasi Kota Surabaya yang paling tepat, Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian terdahulu ―εodel εatematis θerkembangan Jumlah θenduduk θropinsi Jawa Timur kurun waktu tahun 1985 - β00γ‖.

12 Baca lebih lajut

ANALISIS DINAMIK MODEL PERTUMBUHAN TUMOR

ANALISIS DINAMIK MODEL PERTUMBUHAN TUMOR

Abstrak. Pada artikel ini dibahas model pertumbuhan sel tumor yang dikendalikan oleh sistem imun dan kemoterapi. Komponen imun yang dimaksud dalam artikel ini yaitu sel CTL aktif dan sel T-helper. Pertumbuhan sel tumor dimodelkan sebagai sistem autonomous empat dimensi. Perilaku solusi sistem autonomous tersebut dianalisa melalui eksistensi titik kesetimbangan dan kestabilan lokal melalui proses linearisasi. Sebelum dilakukan analisis pada sistem dengan kemoterapi, dilakukan terlebih dahulu analisis pada sistem tanpa kemoterapi. Kedua sistem mempunyai enam titik kesetimbangan. Sistem tanpa kemoterapi mempunyai tiga titik kesetimbangan stabil jika memenuhi syarat tertentu, sedangkan sistem dengan kemoterapi semua titik kesetimbangan stabil jika memenuhi syarat tertentu. Hasil analisis diuji dan diilustrasikan melalui simulasi numerik. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kemoterapi dapat membantu sel imun untuk menghancurkan sel tumor dengan tetap mempertahankan keberadaan sel imun.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

MODEL PERTUMBUHAN POPULASI TUNGGAL

MODEL PERTUMBUHAN POPULASI TUNGGAL

Awalnya akan dimodelkan pertumbuhan eksponensial. Pada pertumbuhan eksponensial laju perubahan populasi dapat dihitung jika banyaknya kelahiran, kematian dan migrasi diketahui. Kemudian model pertumbuhan akan diperluas untuk memperhitungkan pertumbuhan bergantung pada kepadatan (pertumbuhan logistik). Model ini memasukkan batas untuk populasinya sehingga jumlah populasi dengan model ini tidak akan tumbuh secara tak berhingga. Laju pertumbuhan populasi terbatas akan ketersediaan makanan, tempat tinggal, dan sumber hidup lainnya. Dengan asumsi tersebut, jumlah populasi dengan model ini akan selalu terbatas pada suatu nilai tertentu.
Baca lebih lanjut

108 Baca lebih lajut

MODEL PERTUMBUHAN DUA SAMPEL - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

MODEL PERTUMBUHAN DUA SAMPEL - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Tulisan ini akan menentukan model kurva pertumbuhan pada dua sampel, yaitu mencari model pertumbuhan berat tikus yang diberi zat thyroxin dan berat tikus yang diberi zat thiouracil dengan lima kali waktu pengamatan. Pembahasannya pertama kali mendeteksi pencilan, menguji distribusi normal multivariate, memeriksa kehomogenan, pengusulan model, pencocokan model, dan menentukan taksiran model, serta kegunaan taksiran model.

9 Baca lebih lajut

Model Pertumbuhan Sapi Fries Holland dari Lahir sampai Siap Kawin

Model Pertumbuhan Sapi Fries Holland dari Lahir sampai Siap Kawin

utama yaitu umur dan bobot badan. Apabila perkawinan sapi perah dara terlalu cepat dengan kondisi tubuh yang terlalu kecil, maka akibat yang terjadi antara lain adalah, kesulitan melahirkan dan tubuhnya yang tetap kecil nantinya setelah menjadi induk sehingga dapat berakibat kemandulan dan rendahnya produksi susu. Sapi FH dara dan Brown Swiss memerlukan bobot badan 350 kg-375 kg untuk perkawinan yang pertama sedangkan Peranakan Fries Holland (PFH) pada bobot 300-325 kg. Sedangkan untuk kondisi di Indonesia sapi dara dapat dikawinkan pertama kali pada umur 15-18 bulan dengan bobot badan 285-300 kg (Alim, et al., 2006), Kurva pertumbuhannya dapat terlihat pada Gambar 6, kurva ini dapat digunakan sebagai kartu pertumbuhan sapi perah FH dari lahir sampai kawin pertama untuk usaha peternakan dan usaha perbibitan. Selain itu dari hasil analisis model pertumbuhan (Tabel 9) umur ketika titik infleksi dicapai pada umur 7.5 bulan dengan bobot badan 145.45 kg untuk model Logistic pencatatan 29 bulan dan 9.3 bulan dengan bobot badan 214.70 kg untuk model Logistic Baturraden, titik inflesi merupakan titik kecepatan pertumbuhan melaju seimbang dengan besarnya penghambatan pertumbuhan. Beberapa kejadian yang spesifik dapat ditemui pada titik infleksi tersebut, antara lain kecepatan pertumbuhan yang maksimal, saat terjadinya pubertas dan mortalitas yang paling rendah. Titik inflesi pada sapi tercapai pada umur enam bulan yang berarti 30 persen dari pertumbuhan dewasa telah dicapai (Brody, 1945).
Baca lebih lanjut

108 Baca lebih lajut

model Pertumbuhan Ekonomi solow (6)

model Pertumbuhan Ekonomi solow (6)

Adam Smith adalah ahli ekonomi yang menulis buku “The Wealth of Nation” (kemakmuran suatu negara) yang sangat terkenal. Ia merupakan tokoh yang mengemukakan pentingnya sistem ekonomi liberal (bebas), yakni sistem ekonomi yang bebas dari campur tangan pemerintah yang diperkuat dengan semboyan “Laissez Faire, Laissez Passer”. Adam Smith percaya bahwa dengan menggunakan sistem ekonomi liberal (bebas), pertumbuhan ekonomi dapat dicapai secara maksimum. Pertumbuhan ekonomi bisa dicapai dengan melibatkan dua unsur, yaitu:
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Agus Sugiyono Model Pertumbuhan Neoklasi

Agus Sugiyono Model Pertumbuhan Neoklasi

dengan g adalah pertumbuhan dari perkembangan teknologi per periode waktu t. Representasi ini merupakan penyederhanaan dengan mengabaikan kemungkinan terjadi perkembangan teknologi melalui investasi. Sebagai tambahan, tenaga kerja dapat juga menjadi lebih terampil sehingga dapat menaikkan efisiensi dan dalam kasus ini (seperti juga modal) dianggap bersifat tidak homogen. Asumsi lain yang digunakan model ini adalah sistem perekonomian berdasarkan pasar berkompetisi sempurna dengan faktor harga yang fleksibel serta sumber daya pada kesempatan kerja penuh.

16 Baca lebih lajut

Analisa Model Pertumbuhan Ekonomi Solow

Analisa Model Pertumbuhan Ekonomi Solow

Model Solow adalah sebuah model yang cukup terkenal dalam kajian pertumbuhan ekonomi yang mengandalkan fungsi produksi nonklasikal baku terhadap penurunan perolehan pada model. Model ini diharapkan dapat menaligkap sebagian besar dari variasi dalam data karena mencakup laju tabungan, laju pertumbuhan populasi, model awal dan variable-variabel yang berkolerasi dengan pertumbuhan ekonomi.

3 Baca lebih lajut

Print this article 299 957 1 PB

Print this article 299 957 1 PB

Model pertumbuhan adalah salah satu model regresi nonlinier yang digunakan untuk menggambarkan perilaku pertumbuhan karena peubah pada pertumbuhan cenderung berkorelasi satu dengan yang lain (Anindita et al ., 2014). Beberapa model pertumbuhan yang paling sering digunakan adalah Brody, Richard, Logistic, von Bertalanffy dan Gompertz. Model pertumbuhan ini sering digunakan karena relatif mudah dalam peroses perhitungan dan mempunyai kemampuan yang baik dalam menjelaskan data di lapangan dengan akurat serta dapat menjelaskan titik infleksi (Salman et al ., 2015), dari sekian banyak model pertumbuhan, model Gompertz dan Logistic dipilih untuk menganalisis pertumbuhan itik Magelang generasi ketiga. Manfaat penelitian ini yaitu memberikan informasi pola pertumbuhan yang tepat pada itik Magelang generasi ketiga di Balai Pembibitan Ternak Non Ruminansia Satuan Kerja Itik Banyubiru dari umur 0 sampai 2 bulan (60 hari).
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Pertumbuhan Populasi dinamika model (1)

Pertumbuhan Populasi dinamika model (1)

Model pertumbuhan populasi continous time cocok dengan pertumbuhan continue dan dalam kasus dimana laju kelahiran, laju kematian,dan ukuran berkolerasi dengan umur, seperti dalam banyak tumbuhan annual dan populasi. Namun populasi tumbuhan biasa menhgasilkan hanya dalam periode singkat selama setahun, dan tidak semua tumbuhan mencapai dewasa yang reproduktif.Pertumbuhan intermediate dalam tumbuhan membuat jumlah individu sebagai suatu indicator tak baik tentang kebutuhan sumber daya populasi.

8 Baca lebih lajut

artikel Nury Ardillah

artikel Nury Ardillah

(3) Penerapan model pertumbuhan peringkat pada UNS versi Webometrics menunjukkan pertumbuhan UNS mulai setimbang pada pemeringkatan Juli 2021 yaitu pada saat peringkatnya berada pada peringkat 1325. Hal tersebut dikarenakan lambatnya pertambahan dosen dengan gelar S3 dan masih besarnya rasio dosen dengan mahasiswa. Kendala dasar tersebut yang menjadikan pertumbuhan peringkat UNS berjalan lambat dan mulai konstan pada peringkat 1325 yang memerlukan 27 kali pemeringkatan versi Webometrics.

8 Baca lebih lajut

Kurva Pertumbuhan Lima Jenis Bambu

Kurva Pertumbuhan Lima Jenis Bambu

Kurva ‘S’ ini dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu fase muda, transisi dan dewasa (Husch et al 1982). Fase muda adalah saat bambu mengalami pertumbuhan yang meningkat tajam, pada kurva ditunjukkan dengan garis yang naik tajam ke atas. Fase transisi pertumbuhan saat laju pertumbuhan bambu meningkat konstan, dalam kurva ditunjukkan dengan garis linear ke atas. Fase tua adalah kondisi dimana bambu mengalami penurunan laju pertumbuhan atau bambu berhenti pertumbuhannya, dalam kurva ditunjukkan oleh garis lurus mendatar. Hasil dari pengolahan data dengan 4 kurva pertumbuhan didapatkan hasil yang berbeda antara model satu dengan lainya. Gardner et al (1991) menerangkan bahwa pemilihan jenis model pertumbuhan di titik beratkan pada analisis visual dimana dipilih satu model yang mendekati dengan keadaan bambu di lapangan yang sebenarnya. Pada penelitian kali ini, model dengan R 2 terbesar dipilih sebagai model terbaik. Bahtiar
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

materi 9 penilaian saham

materi 9 penilaian saham

MODEL PERTUMBUHAN TIDAK MODEL PERTUMBUHAN TIDAK MODEL PERTUMBUHAN TIDAK MODEL PERTUMBUHAN TIDAK MODEL PERTUMBUHAN TIDAK MODEL PERTUMBUHAN TIDAK MODEL PERTUMBUHAN TIDAK MODEL PERTUMBUHAN [r]

12 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects