museum yang paling sering dikunjungi

Top PDF museum yang paling sering dikunjungi:

View of Strategi Pengelolaan Museum Sebagai Daya Tarik Wisata Warisan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta

View of Strategi Pengelolaan Museum Sebagai Daya Tarik Wisata Warisan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta

Abstrak. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beragam suku dan budaya. Namun seiring perkembangan zaman keberagaman suku dan budaya mulai menghilang. Museum memiliki peran strategis karena memiliki amanat untuk mencerdaskan bangsa. Namun dalam kenyataannya, masih terdapat hambatan dalam pengembangan dan pengotimalan fungsi museum, salah satunya adalah fungsi museum yang tidak diimbangi profesionalitas SDM serta belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi. Kesadaran akan identitas masyarakat atau bangsa terhadap perkembangan budaya dapat dicerminkan dari antusiasme masyarakat terhadap perkembangan museum. Namun, di era globalisasi ini, museum sudah jarang dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang beranggapan bahwa berkunjung ke museum itu merupakan hal yang kuno dan membosankan, padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan berkunjung ke museum, mulai dari melihat benda-benda bersejarah secara langsung sehingga mendapatkan deksripsi secara lengkap, dan juga dapat memahami nilai-nilai warisan. Pemanfaatan cagar budaya khususnya usaha museum sebagai area publik diklaim harus mampu mengantarkan program dan kegiatan yang bersifat edukatif dan suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan pengamatan terhadap museum di Yogyakarta sebagai sarana untuk meningkatkan daya tarik wisata budaya dengan melihat karakteristik pengelolaan Museum sebagai daya tarik wisata heritage di kawasan Istimewa Yogyakarta. Analisis ini digunakan dalam analisis deskriptif dan analisis korelasi Spearman. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan citra museum dan tanggal di setiap museum memiliki hubungan antara harga tiket dengan jumlah pengunjung. Analisis analisis deskriptif digunakan. Analisis ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran pengelolaan museum. Hasil analisis yang didapat paling banyak pengunjungnya adalah Museum Benteng Vredeburg 2014-2016. Padahal, jumlah pengunjung terendah adalah pergerakan wanita. Benteng Vredeburg memiliki jumlah pengunjung terbanyak karena museum ini memiliki koleksi lengkap mengikuti Museum Gunung Merapi yang melakukan promosi dengan baik. Kemudian, dalam analisis korelasi tersebut, diperoleh hasil 0,1 berarti antara harga tiket tidak berpengaruh terhadap jumlah pengunjung.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

EKSISTENSI MUSEUM SIMALUNGUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KOTA PEMATANGSIANTAR.

EKSISTENSI MUSEUM SIMALUNGUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KOTA PEMATANGSIANTAR.

diharapkan dari sumbangan pengunjung dan pemerintah Kabupaten Simalungun dan Pemerintah Kota Pematangsiantar. Museum Simalungun sangat banyak membantu siswa-siswa dan juga masyarakat di Pematang Siantar, dimana para siswa dan mahasiswa dapat menambah ilmu pengetahuan melalui benda-benda bersejarah yang tersimpan dalam museum tersebut. Benda-benda bersejarah dapat menjadi sumber penggalian tentang sejarah dan budaya khususnya kehidupan penduduk Pematang Siantar serta tingginya nilai budaya yang dimiliki oleh masyarakat pada masa yang lalu. museum ini sering dikunjungi oleh masyarakat dan tamu-tamu dari mancanegara yang melakukan kunjungan wisata ke Pematang Siantar.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN DAN PERAN MUSEUM SAINS DI I

PERKEMBANGAN DAN PERAN MUSEUM SAINS DI I

Setelah didirikan PP IPTEK dengan cepat menjadi salah satu museum idola bagi masyarakat untuk dikunjungi. Rasa haus masyarakat Indonesia terobati dengan hadirnya museum ini. Tiba-tiba masyarakat menjadi dekat dan paham tentang teknologi-teknologi sederhana yang mereka jumpai dalam kehidupan sehari-sehari lewat semua benda koleksi atau alat peraga yang dapat dipraktekkan langsung oleh para pengunjung. Alat peraga teknologi yang ditampilkan bervariasi, mulai dari angklung elektronik, gelombang suara, peraga mesin mobil dan motor, bahkan ruang kemudi pilot pesawat N-250 produksi PT. DI pun ada disini. Ada satu lokasi atau ruangan di PP IPTEK yang mengingatkan kita dengan Smithsonian Museum di Amerika, dimana sebuah replika bumi dengan satelit yang mengelilinginya dan sebuah helikopter tergantung di langit-langit serta beberapa alat peraga lain, hal ini memberikan kesan sangat spesial bagi pengunjung, terutama para pelajar.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Museum Batik Indonesia di TMII - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR) BAB I Museum Batik

Museum Batik Indonesia di TMII - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR) BAB I Museum Batik

Tersusunnya usulan langkah-langkah pokok proses perencanaan dan perancangan Museum Batik Indonesia yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sehingga dapat mewadahi segala aktifitas yang ada di dalamnya berdasarkan atas aspek-aspek panduan perancangan.

4 Baca lebih lajut

Perencanaan Museum Istana Balla Lompoa Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan.

Perencanaan Museum Istana Balla Lompoa Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan.

Kedua adalah buku yang berjudul “ Museum Basic ” oleh Timothy Ambrose and Crispian Paine, USA and Canada by Routledge 270 Madison Ave, New York, Ny 10016 tahun 2006. Buku ini menjelaskan tentang pentingnya museum, jenis- jenis museum, pekerja museum dalam memasuki era globalisasi, teknologi internet di museum. Pengelolan koleksi yang efektif diawali dengan perencanaan sebelum benda digolongkan menjadi koleksi sampai koleksi tersebut dipamerkan dan disimpan di ruang penyimpanan koleksi. Museum yang baik untuk pengunjung adalah memberikan pelayanan prima tentang informasi mengenai koleksi, fasilitas informasi yang dilengkapi dengan teknologi melalui media cetak, elektonik, dan internet. Perencanaan bangunan museum juga harus memperhatikan keamanan bagi bangunan itu sendiri, koleksi, pengunjung museum, dan pengelola museum. Buku ini menjelaskan pentingnya perencanaan museum sebelum didirikan adalah memiliki status hukum yang jelas, prosedur administrasi, sumber daya manusia, dan perencanaan manajemen.
Baca lebih lanjut

216 Baca lebih lajut

A. Definisi Museum - TIPOLOGI MUSEUM

A. Definisi Museum - TIPOLOGI MUSEUM

British Museum didirikan pada tahun 1753, yang bermula dari koleksi milik seorang dokter dan ilmuwan bernama Sir Hans Sloane. Museum ini pertama kali dibuka kepada publik pada 15 Januari 1759 di Montagu House di Bloomsbury, yang menjadi lokasi museum ini sekarang. Pengembangan museum tersebut selama dua setengah abad merupakan hasil dari rekaman berkembangnya kolonial Inggris dan mengakibatkan terciptanya beberapa institusi, yang pertama adalah British Museum (Natural History) di South Kensington pada tahun 1887. Beberapa koleksi yang terkenal di antaranya Elgin Marbles dari Parthenon, yang menjadi kontroversi mengenai kepulangan benda tersebut ke negara asalnya.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

TINJAUAN TENTANG MUSEUM MUSEUM ULOS DI MEDAN.

TINJAUAN TENTANG MUSEUM MUSEUM ULOS DI MEDAN.

Bangunan yang akan dididesain harus nyaman, aman dan menggembirakan supaya ini menjadi tujuan pengalaman bagi para pengunjung Museum. Pentingnya kenyamanan dimensi manusia terhadap bangunan itu sendiri berguna akan bentuk- bentuk yang mudah dikenal, dan bentuk yang bebas digunakan untuk menarik perhatian pengunjung. Keterkaitan antara skala manusia dengan kehadiran pengunjung mmberikan masukan akan hubungan antara bentuk bangunan, tata massa, detail, material, dan tata taman. Sebuah pameran merupakan pencerminan dari arsitektur sebuah museum yang mampu mengubah image gedung itu sendiri.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

9 tempat yang harus dikunjungi dalam 3 h

9 tempat yang harus dikunjungi dalam 3 h

Jika Anda hanya mempunyai waktu 3 hari saja di kota Gudeg ini, pasti Anda akan sangat bingung untuk mengatur waktunya, memilih tempat yang harus Anda kunjungi! Ya.. karena Jogja merupakan kota dengan seribu tempat yang layak dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari alamnya yang sejuk dengan orang sekitar yang ramah, Batiknya, jajanan kulinernya, pantainya yang juga menawarkan keindahan dan makanan yang akan menggoyang lidah Anda semua, dan masih banyak lagi. Dari sederetan tempat yang harus dikunjungi, ini adalah 9 tempat favourite para wisatawan: Hari pertama:

6 Baca lebih lajut

E-MUSEUM SEBAGAI MEDIA MEMPERKENALKAN CAGAR BUDAYA DI KALANGAN MASYARAKAT

E-MUSEUM SEBAGAI MEDIA MEMPERKENALKAN CAGAR BUDAYA DI KALANGAN MASYARAKAT

Pada dasarnya museum merupakan tempat pelestarian, bukan hanya secara fisik, tetapi dalam sistem nilai dan norma. Tujuan pelestarian adalah agar masyarakat tidak melupakan kekayaan budaya atau tidak mengenal lagi akan kebudayaan mereka. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memberikan pembelajaran tentang museum kepada generasi muda. Upaya yang dapat ditempuh adalah membangun system informasi museum yang dapat memberikan gambaran dan isi dari museum. Dengan adanya informasi ini, tentunya akan didapat gambaran apa isi dari museum sehingga diharapkan akan mendorong untuk melakukan kunjungan ke museum.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Museum Buddhist (Simbolism Architecture)

Museum Buddhist (Simbolism Architecture)

Sejalan dengan visi dari BlIA YAD Indonesia yaitu untuk pendidikan dan penyebaran Buddha Dharma kepada muda – mudi dan perkembagan BLIA YAD yang semakin maju. Sehingga Vihara Dharma Shanti – Berastagi memerlukan pengembangan kearah pendidikan serta tidak keluar dari penyebaran Buddha Dharma. Oleh karena itu, Vihara Dharma Shanti – Berastagi berkeinginan untuk mengembangkan komplek vihara dengan membangun Museum Buddhis dimana fungsi ini dapat menampung kegiatan dari BLIA YAD dan sekaligus dapat menyebarkan Buddha Dharma kepada seluruh kalangan. Selain itu juga ada fungsi tambahan untuk mendukung museum tersebut, seperti area meditasi, cafeteria.
Baca lebih lanjut

139 Baca lebih lajut

Perancangan Diorama Sebagai Media Informasi Lokananta Solo

Perancangan Diorama Sebagai Media Informasi Lokananta Solo

Padahal sebagai makhluk sosial seharusnya ada interaksi secara langsung dengan sesama, contoh sederhana dengan mengunjungi ruang publik, seperti berkunjung ke museum, selain dapat memanfaatkan ruang publik juga dapat menggali sumber informasi dan wawasan dari museum tersebut namun kembali kepada informasi pada masa ini sangat mudah didapat hanya dengan mengakses internet, namun informasi yang disuguhi belum tentu lengkap dan akurat. Informasi yang berada di internet sebagian besar hanya informasi umum dan tidak mendetail dikarenakan informasi tersebut hanya didapat dari orang yang berkompeten dibidang tersebut sementara informasi yang berada di-internet cenderung copy paste dari situs ke situs.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

Pengaruh Interior terhadap Perilaku Pengunjung Museum House of Sampoerna Surabaya | Limantara | Intra 5920 11150 1 SM

Pengaruh Interior terhadap Perilaku Pengunjung Museum House of Sampoerna Surabaya | Limantara | Intra 5920 11150 1 SM

Selain menjadi sarana rekreasi, museum juga merupakan pusat informasi dan sarana yang bersifat edukatif bagi masyarakat [1]. Pengunjung diharapkan mendapatkan pengetahuan melalui koleksi-koleksi yang dihadirkan di dalam museum. Aspek interior museum memiliki peran yang penting dalam mengedukasi pengunjung. Hal-hal seperti penempatan koleksi dengan sarana penyampaian cerita sejarah yang menarik dan “mengundang” pengunjung untuk ingin tahu sehingga dapat menambah pengetahuan mereka mengenai koleksi yang dipajang di dalam museum. Namun tidak semua pengunjung mendapatkan pengetahuan secara lengkap dan menyeluruh saat mengunjungi Museum House of Sampoerna. Salah satu faktor yang diduga menyebabkan hal tersebut adalah penempatan koleksi yang acak dan tidak runtut, serta media penyampaian makna cerita dari tiap-tiap koleksi yang kurang menarik sehingga pengunjung cenderung hanya melihat-lihat dan berfoto, sedikit yang memperhatikan tulisan yang ada di tiap koleksi.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR DESAIN INTERIOR MUSEUM SENI TARI TRADISI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN HISTORICISM

TUGAS AKHIR DESAIN INTERIOR MUSEUM SENI TARI TRADISI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN HISTORICISM

Penyimpanan informasi dalam bentuk susunan yang teratur rapi dan pembaharuan dalam prosedur, serta cara dan penanganan koleksi. Museum dapat didirikan oleh Instansi Pemerintah, Yayasan, atau Badan Usaha yang dibentuk berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia, maka pendirian museum harus memiliki dasar hukum seperti Surat Keputusan bagi museum pemerintah dan akte notaris bagi museum yang diselenggarakan oleh swasta. Bila perseorangan berkeinginan untuk mendirikan museum, maka harus membentuk yayasan terlebih dahulu.
Baca lebih lanjut

140 Baca lebih lajut

kbli klasifikasi baku lapanganusaha indonesia

kbli klasifikasi baku lapanganusaha indonesia

9232 MUSEUM DAN PENINGGALAN SEJARAH 92321 Museum pemerintah Kelompok ini mencakup kegiatan pemerintah dalam usaha memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang jasa museum un[r]

118 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  Pembangunan Aplikasi Pencarian Lokasi Museum Terdekat di Yogyakarta Berbasis Mobile.

TINJAUAN PUSTAKA Pembangunan Aplikasi Pencarian Lokasi Museum Terdekat di Yogyakarta Berbasis Mobile.

9 itu IMUTER juga memiliki fitur pengelolahan data seperti Tambah Museum yang dilakukan oleh pengguna dan fitur Approve Museum, Pengelolaan data museum (edit dan delete museum), dan pengelolaan data transportasi (tambah transportasi, cari transportasi, edit transportasi, dan delete transportas) yang dilakukan oleh admin.

4 Baca lebih lajut

4 2 satuan pendukung kunjungan rumah

4 2 satuan pendukung kunjungan rumah

Anggota keluarga yang akan dikunjungi dan apa yang diharapkan dari mereka masing-masing :... Catatan Khusus : Mengetahui, Jakarta, ……….[r]

2 Baca lebih lajut

Museum Istiqlal dan Identitas Keislaman di Indonesia

Museum Istiqlal dan Identitas Keislaman di Indonesia

Berdasarkan konsep museologi baru, sebuah museum berfungsi sebagai institusi edukasi yang tujuannya adalah membuat masyarakat sadar akan identitasnya, menguatkan identitas, dan keyakinan akan potensi dirinya untuk dapat berkembang menjadi lebih maju. Museum Istiqlal sebagai museum yang merepresentasikan keislaman di Indonesia diharapkan dapat menjadi tempat pembelajaran bagi masyarakat tentang bagaimana Islam di Indonesia, menyangkut kehidupan sosial, kehidupan sehari-hari, kerukunan beragama, Islam yang inklusif, keragaman budaya Islam di Indonesia, dan lain-lain.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Trik Jitu Agar Pameran Ramai diKunjungi

Trik Jitu Agar Pameran Ramai diKunjungi

Namun Anda jang terkecoh pula dengan jawaban ramai, karena biasanya EO tak mau rugi dan ingin modal mereka kembali sehingga mereka menginginkan CARITAHUTARGETMARKETACARATERSEBUT Anda p[r]

16 Baca lebih lajut

Show all 3645 documents...