musik klasik

Top PDF musik klasik:

GEDUNG KONSER MUSIK KLASIK DI YOGYAKARTA LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG KONSER MUSIK KLASIK DI YOGYAKARTA.

GEDUNG KONSER MUSIK KLASIK DI YOGYAKARTA LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG KONSER MUSIK KLASIK DI YOGYAKARTA.

Hal lain yan tidak kalah pentingnya dalam perencanaan sebuah Gedung Konser Musik Klasik adalah segi fisik bangunan itu sendiri, seperti faktor pencahayaan, penghawaan, struktur, teknologi bangunan, utilitas, dan lain sebagainya. Selain dari segi fungsional faktor – faktor tersebut harus memperhatikan estetika dan mendukung suasana kegiatan di dalam Gedung Konser Musik Klasik tersebut. (Ardyanto, 2000)

10 Baca lebih lajut

GEDUNG PERTUNJUKAN MUSIK KLASIK DI JKT

GEDUNG PERTUNJUKAN MUSIK KLASIK DI JKT

Perkembangan yang pesat dalam dunia musik klasik di Indonesia tidak didukung dengan fasilitas yang memadai yang dapat memadai kegiatan insan seni musik klasik di Indonesia. Indonesia khususnya Jakarta memiliki banyak musisi yang potensial dan handal namun hal tersebut tidak diimbangi dengan kesempatan mereka untuk tampil sebagai individu-individu. Untuk menghadirkan sebuah orkestra, kita perlu mempunyai sebuah gedung konser, gedung konser di Indonesia masih sangat kurang serta kurang representative dibandingkan Singapura (Addie MS, Poskrip, Nteve, 19 Nopember 2000). Selain itu Jakarta memerlukan sebuah tempat khusus untuk pentas musik klasik, karena sering diadakannya even-even musik klasik yang biasanya menggunakan ruang-ruang pertemuan biasa.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Pengaruh Musik Klasik, Musik Rock, dan Musik New Age Terhadap Efisiensi Kerja.

Pengaruh Musik Klasik, Musik Rock, dan Musik New Age Terhadap Efisiensi Kerja.

Gelombang alfa yang dikeluarkan pada musik klasik menggambarkan keadaan yang tenang, santai, tidak mudah stress, menumbuhkan percaya diri dan positif lainnya. Gelombang alfa juga akan merangsang pengeluaran peptida yang disebut beta-endomorfin dan serotonin endogen. Beta-endomorfin akan berinteraksi dengan reseptor µ dan reseptor δ dalam otak manusia. Interaksi antara beta- endorfin dengan kedua reseptor ini akan memberikan efek menghambat pengeluaran neurotransmiter dopamine dan asetilkolin. Penurunan dopamine dan asetilkolin akan menyebabkan penurunan tonus simpatis. Serotonin endogen juga akan menyebabkan penurunan tonus simpatis sehingga akan didapatkan keadaan tenang. (www.wikipedia.com, 2006).
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN

PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN

Sejauh ini, musik yang benar-benar terbukti dan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan otak bayi adalah jenis musik klasik karya Wolfgang Amadeus Mozart. Dibandingkan gubahan musik klasik lainnya, melodi dan frekuensi yang tinggi pada karya-karya Mozart mampu merangsang dan memberdayakan daerah motivatif di otak. Kemurnian dan kesederhanaan musik Mozart sendiri dengan komposisi yang digubahnya telah berhasil menghadirkan kembali keteraturan bunyi yang pernah dialami bayi selama dalam kandungan. Irama musik Mozart memberikan efek yang secara fisik, mental, emosional, dan spiritual dapat mempertajam pikiran serta meningkatkan kreativitas dan menyehatkan tubuh anak. Oleh karena itu, tidak semua musik Mozart sama dan memberikan semua efek sama.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

EFEKTIFITAS TERAPI MUSIK KLASIK BEETOVEN

EFEKTIFITAS TERAPI MUSIK KLASIK BEETOVEN

Penelitian ini dilakukan pada klien stroke yang disebabkan karena hipertensi, yang diberikan terapi musik klasik Beethoven dengan judul Fur Elise. Awal sebelum dilakukan intervensi terapi musik klasik hasil pengukuran tekanan darah klien tinggi, dimana tekanan darah sitole klien berada di rentang dengan nilai rerata 157,5 mmHg. Tekanan darah diastole dengan interval, nilai rerata 98,4 mmHg. Tekanan darah 190/110 mmHg dialami responden yang berusia 53 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa tidak selamanya faktor usia berpengaruh terhadap peningkatan tekanan darah individu, masih ada faktor lain seperti gaya hidup yang dilakukan responden yang berusia 53 tahun yaitu kebiasaan merokok, disamping itu
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

”GEDUNG PAGELARAN MUSIK KLASIK DI SURABAYA”.

”GEDUNG PAGELARAN MUSIK KLASIK DI SURABAYA”.

Musik klasik ini bukan lagi musik yang patetis (dibuat-buat) dan berat (banyak mayor), namun musik klasik ini berusaha untuk menciptakan suatu ‘bahasa universal’ yang dapat dimengerti tidak hanya secara lokal tetapi secara internasional (maka terdapat banyak musik instrumental). Tema-tema sonata dan simfoni mirip dengan lagu rakyat, yang seimbang dalam melodi, ritmik dan harmonik. Baru dalam variasi-variasi dan development komponis memperlihatkan kekayaan yang tersembunyi dalam tema yang sederhana. Jadi musik klasik bukan hanya ditujukan untuk kelompok elite saja tetapi ditujukan juga untuk masyarakat umum (pada jaman sebelumnya, musik hanya ditujukan untuk kaum elite terutama di istana, gedung opera dan di gereja katedral).
Baca lebih lanjut

82 Baca lebih lajut

Sekolah Tinggi Musik Klasik di Surabaya | Olivia | eDimensi Arsitektur Petra 344 584 1 SM

Sekolah Tinggi Musik Klasik di Surabaya | Olivia | eDimensi Arsitektur Petra 344 584 1 SM

Musik klasik adalah musik seni yang berakar dari tradisi Barat. Biasanya, tradisi ini dikelompokkan antara tahun 1550 sampai 1900, yang juga dikenal sebagai jaman common practice. Jaman yang termasuk di dalamnya adalah jaman Barok (1600-1750), jaman Klasik (1750-1820), dan jaman Romantik (1820-1900). Mengapa musik klasik penting dan perlu dilestarikan? Karena jenis musik klasik ini adalah jenis musik yang memiliki nilai sejarah yang tinggi dan sampai sekarang masih diakui di dunia. Oleh karena itulah proyek Sekolah Tinggi Musik Klasik di Surabaya ini dipilih, dengan tujuan untuk mensosialisasikan musik klasik kepada masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat di Surabaya. Selain itu, juga diharapkan lahirnya lulusan- lulusan sebagai pemain musik klasik yang berkualitas dan tidak kalah dengan pemain musik dari dunia internasional.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PERANCANGAN INTERIOR PUSAT PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MUSIK KLASIK DI SOLO BARU

PERANCANGAN INTERIOR PUSAT PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MUSIK KLASIK DI SOLO BARU

Tujuannya ialah untuk merancang Pusat Pendidikan dan Pengembangan Musik Klasik yang mengedepankan keakuratan akustik ruang. Mampu merancang sebuah Pusat Pendidikan dan Pengembangan Musik Klasik yang ergonomis dan sesuai dengan kebutuhannya serta dapat merangkum kegiatan pendidikan maupun apresiasi musik klasik Sasarannya ialah semua penikmat musik klasik umumnya dan

146 Baca lebih lajut

ALAT MUSIK MODERN, KLASIK DAN TRADISIONAL

ALAT MUSIK MODERN, KLASIK DAN TRADISIONAL

Sitar (Urdu/Persia: راتههس ṣītār, adalah salah satu jenis alat musik yang berasal dari Asia Selatan. Alat musik klasik Hindustan yang menggunakan dawai/senar. Alat musik ini menggunakan dawai simpatetik bersama dengan dawai biasa dan ruang resonansi menggunakan gourd (sejenis buah-buahan yang dikeringkan dan berongga di dalamnya) sehingga menghasilkan suara yang unik. Sitar merupakan alat musik yang sering digunakan dalam seni musik klasik hindustan sejak Zaman Pertengahan.

Baca lebih lajut

SEJARAH MUSIK klasik barat JEPANG

SEJARAH MUSIK klasik barat JEPANG

Banyak di antara lagu-lagu ini biasanya memerlukan penekanan yang lebih pada beberapa suku kata tertentu serta teriakan bernada (kakegoe). Kakegoe pada umumnya merupakan teriakan kegembiraan dalam musik min'yō, Kakegoe sendiri sering dimasukkan sebagai bagian paduan suara. Ada banyak sekali variasi kakegoe dari satu wilayah ke wilayah lainnya. DI Okinawa sendiri sebagai contoh, teriakan itu berupa "ha iya sasa!" Di daratan Jepang sendiri teriakan itu berupa "a yoisho!," "sate!," atau "a sore!" serta "a donto koi!," dan "dokoisho!"

20 Baca lebih lajut

PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS TIDUR LANSIA

PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS TIDUR LANSIA

Hasil penelitian : Skor rata-rata kualitas tidur lansia sebelum dilakukan terapi musik klasik 30,19, musik tradisional 30,33 dan sesudah dilakukan terapi musik klasik 41,57, terapi tradisional 48,67 Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pemberian terapi musik terdapat peningkatan kualitas tidur lansia sebelum dan sesudah dengan nilai p-value 0,032.

Baca lebih lajut

Ayu Welly Jovita 22010112140035 Lap.Hasil BAB II

Ayu Welly Jovita 22010112140035 Lap.Hasil BAB II

Distraksi banyak diaplikasikan karena penggunaannya yang mudah. Contoh distraksi yang paling sederhana dan efektif adalah musik. Dekorasi ruangan, karya seni yang menarik dan akuarium ikan tropis juga bisa mengalihkan fokus pasien dan berguna untuk mengalihkan perhatian pasien dari stimuli rasa takut. Jika fokus pasien teralihkan, maka rasa cemas pasien juga akan berkurang. Pada penelitian kali ini penulis memilih metode distraksi dengan terapi musik sebagai pilihannya. Musik yang dipilih adalah musik klasik “Mozart” dan musik instrumental pop modern.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Terapi Musik - Dwi Rahayu Setyaningtyas BAB II

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Terapi Musik - Dwi Rahayu Setyaningtyas BAB II

Musik klasik disebut juga dengan dampak Mozart yaitu teori yang menyatakan bahwa dengan mendengarkan musik klasik akan mempunyai dampak yang dapat meningkatkan kecerdasan pada anak atau dengan kata lain musik klasik mempunyai elemen keindahan intelektual. Jika kita lebih banyak menikmati elemen intelektual dalam pengertian melodi, harmoni, atau aspek komposisi lainnya, maka bisa dikatakan musik klasik (Putra, 2008). Saat ini jenis musik klasik sudah sangat berkembang dengan unsur-unsur instrumen yang terkandung didalamnya seperti Kenny G, Yanni, Kitaro, Charlotte Curch, Enya, atau mungkin grup musik Bond, mereka juga mengusung aliran musik klasik, tergantung bagaimana kita menikmatinya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

TRY OUT MATEMATIKA SMP - 04

TRY OUT MATEMATIKA SMP - 04

15. Pada acara pendataan terhadap kegemaran jenis musik diperoleh data bahwa di kelas III, 15 orang gemar musik pop dan 20 orang gemar musik klasik. Bila 5 orang gemar musik pop dan klasik serta 10 orang tidak gemar musik pop maupun musik klasik, banyaknya siswa kelas III adalah …

Baca lebih lajut

Visualisasi Desain Classical Music Center Dengan Konsep Simfoni No. 5 Beethoven.

Visualisasi Desain Classical Music Center Dengan Konsep Simfoni No. 5 Beethoven.

Kata musik berasal dari bahasa Yunani yaitu mousikē, 'seni Muses' yang berarti seni suara yang dapat menghasilkan komposisi yang seimbang melalui unsur-unsur yang terdapat di dalamnya seperti melodi, harmoni, ritme, timbre, tempo, dan artikulasi. Musik klasik sendiri merupakan musik yang lahir dari budaya barat (Eropa), yang berakar dari musik barat liturgi dan musik sekuler. Muncul pada tahun 1750, musik klasik menjadi dasar dari perkembangan musik selanjutnya. Banyak sekali komposer hebat yang lahir pada periode ini, diantaranya Mozart, Bach, Beethoven, dan Joseph Haydn.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

SENI MUSIK NON KLASIK

SENI MUSIK NON KLASIK

Dengan melalui proses perjalanan yang cukup panjang bidang keahlian seni musik non klasik lahir, berdampingan dengan bidang keahlian musik klasik dan musik tradisi daerah lain, yang keberadaannya sudah lebih lama. Sudah sering kita saksikan bagaimana seni musik non klasik menjadi faktor penggerak yang positif bagi upaya pengembangan pendidikan apresiasi bagi masyarakat. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang universal dengan teori-teori yang sudah ada sejak masa lalu. Di sisi lain peran musik non klasik secara ekonomi ikut menggerakkan roda perekonomian melalui industri-industri musik, seperti : pertunjukan musik, arranger, rekaman dan pemain-pemain musik.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

SENI MUSIK NON KLASIK

SENI MUSIK NON KLASIK

Salah satu kemampuan yang dituntut dalam permainan musik non klasik dan wajib dimiliki oleh setiap musisi adalah melakukan improvisasi. Hal ini merupakan salah satu hal yang membedakan antara permainan musik klasik pada umumnya dan pemain musik non klasik. Karena kemampuan ini wajib dimiliki, maka diperlukan bekal untuk menguasai teknik dasar berimprovisasi. Kemampuan ini selain berfungsi untuk me-ngembangkan kemampuan musikalitas juga sangat dituntut oleh dunia kerja musik non klasik. Improvisasi berarti mengembangkan melodi yang merupakan nada-nada dari tangganada dalam suatu akor. Improvisasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh pemain musik non klasik. Dalam beberapa repertoar, seringkali dituntut tidak harus sama dengan lagu aslinya, namun kadang-kadang dituntut sama dengan lagu asli. Lagu yang sudah ditentukan akornya dianalisis, karena pada dasarnya setiap tingkatan akor masing- masing memiliki tangganada. Nada-nada dalam tangganada tersebut kemudian dirangkai sehingga membentuk melodi baru yang merupakan pengembangan dari nada-nada dalam tangga nadanya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

SENI MUSIK NON KLASIK

SENI MUSIK NON KLASIK

Dengan melalui proses perjalanan yang cukup panjang bidang keahlian seni musik non klasik lahir, berdampingan dengan bidang keahlian musik klasik dan musik tradisi daerah lain, yang keberadaannya sudah lebih lama. Sudah sering kita saksikan bagaimana seni musik non klasik menjadi faktor penggerak yang positif bagi upaya pengembangan pendidikan apresiasi bagi masyarakat. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang universal dengan teori-teori yang sudah ada sejak masa lalu. Di sisi lain peran musik non klasik secara ekonomi ikut menggerakkan roda perekonomian melalui industri-industri musik, seperti : pertunjukan musik, arranger, rekaman dan pemain-pemain musik.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Therisa Adareth 22010113120038 Lap.KTI BAB 1

Therisa Adareth 22010113120038 Lap.KTI BAB 1

Musik klasik memiliki peran dalam regulasi sistem tubuh. Stimulasi musik klasik memiliki efek positif terhadap sistem kardiovaskular, dan juga terbukti dapat menurunkan aktivitas sistem saraf simpatis. Musik klasik dapat membantu otak menginduksi gelombang alfa yang berperan dalam penangkapan berbagai informasi yang ada dan juga penurunan tekanan darah. 10 Oleh karena hal tersebut, musik klasik digunakan sebagai media untuk membantu proses belajar dan mengontrol respon tubuh terhadap stresor. 11
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Seni Musik Tradisional dan Musik Modern

Seni Musik Tradisional dan Musik Modern

Musik seni ini dapat dikatakan “tidak mudah menurut ukuran teknis, tidak murah menurut ukuran apresiasi, dan tidak rendah menurut ukuran estetika.” Artinya jika kita berpola pada ukuran-ukuran tersebut maka untuk menciptakan karya musik seni diperlukan musisi yang terampil, peka, dan berbakat tinggi, serta untuk menikmatinya diperlukan daya apresiasi yang mapan, setidak-tidaknya sejajar dan memiliki wawasan yang cukup luas dan lebih mendalam baik dengan pencipta ataupun penyajinya. Oleh karena itu, tidak heran sekamuinya dalam penyebarannya, musik seni dirasakan sangat lamban jika dibandingkan dengan penyebaran musik pop, musik dangdut atau pun musik lainnya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 6542 documents...