Nabi Yusuf

Top PDF Nabi Yusuf:

2006 ivlana nabi yusuf

2006 ivlana nabi yusuf

Lagu Nabi Yusuf diciptakan sebagai salah satu wujud dakwah yang berisi ungkapan kekaguman pada perilaku nabi Yusuf yang begitu mulia ditunjukkan dengan kesabaran, ketegaran, dan kerendahan hati, tidak dendam, serta keikhlasan dalam menerima cobaan. Kisah nabi Yusuf tersebut merupakan kisah teladan yang dapat dijadikan rujukan dalam menghadapi dan menjalani hidup.

10 Baca lebih lajut

Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Film Kisah Nabi Yusuf As Di Televisi Republik Indonesia (Tvri)

Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Film Kisah Nabi Yusuf As Di Televisi Republik Indonesia (Tvri)

53 1) Yusuf menolong orang yang telah menyakiti dan memukulinya sampai mengucurkan darah. Disaat orang tersebut mendapatkan balasan atas perlakuannya terhadap Yusuf dengan tangan yang terasa sangat sakit, kemudian yusuf mendekatinya dan berkata sungguh aku dan tuhan ku telah memaafkan mu wahai lelaki. Diusaplah tangan lelaki tersebut yang sedang memegang tuhannya yang terbuat dari patung, lalu dengan izin Allah sembuhlah seperti semuala penyakit tersebut dan seketika orang tersebut mengucapkan bahwa Dia kini telah berpindah keyakinan seperti keyakinan yang dimiliki Nabi Yusuf. (Rukun islam kategori ibadah).
Baca lebih lanjut

78 Baca lebih lajut

KISAH NABI YUSUF DALAM AL-QUR’AN

KISAH NABI YUSUF DALAM AL-QUR’AN

Alh}amdulila>h penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia yang dilimpahkan-Nya, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik. Skripsi ini mengungkapkan akhlak nabi Yusuf, dengan fokus kajian pada kisah nabi Yusuf dalam Qs. Yusuf.

19 Baca lebih lajut

NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA KISAH  NABI YUSUF DALAM AL-QUR’AN  Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an.

NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA KISAH NABI YUSUF DALAM AL-QUR’AN Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an.

Imam Ibnu Katsir mengatakan, ketika Nabi Yusuf masih kecil dan belum mencapai usia baligh, ia pernah bermimpi seakan melihat sebelas bintang, dan sebelas bintang itu diumpakanan sebagai kesebelas saudara-sadaraunya yang lain, lalu ia juga melihat matahari dan bulan yang diumpakanan sebagai ayah dan ibunya, namun kesemuanya itu tunduk tersujud kepadanya, ia pun menjadi bingung dengan arti dari mimpi tersebut. Nilai-nilai pendidikan akhlak kisah nabi Yusuf dapat dijadikan sebagai landasan dasar dalam meningkatkan keimanan, walaupun ada berbagai macam godaan-godaan. Hal ini mengandung pengertian bahwa akhlak Nabi Yusuf dapat dijadikan sebagai salah satu landasan dasar dalam meningkatkan pendidikan akhlak.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA KISAH  NABI YUSUF DALAM AL-QUR’AN  Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an.

NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA KISAH NABI YUSUF DALAM AL-QUR’AN Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : Kisah nabi Yusuf dalam Al Qur’an surat Yusuf ayat 4 – 10 mengisahkan tentang tabir mimpi suatu saat nanti Yusuf akan menjadi orang yang terhormat walaupun saudara kandungnya tidak senang dan berencana untuk melenyapkannya. Nabi Yusuf pada usia 12 tahun sudah menerima wahyu dari Allah SWT lewat mimpi karena memiliki kemurnian jiwa. Nabi Yusuf seorang yang sabar dan tabah pada saat dibuang ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya yang tidak senang keberadaan Nabi Yusuf karena dinilai sangat dicintai oleh ayahnya. Nabi Yusuf memiliki keimanan yang kuat pada saat di goda oleh Zulaikha yang cantik jelita, tetapi tetap dalam keimanan walaupun masuk ke dalam penjara. Nabi Yusuf menolak jabatan dari raja ketika menafsirkan tabir mimpinya sebelum fitnah yang menimpa dirinya dengan Zulaikha benar-benar bersih atau dapat dibuktikan. Nabi Yusuf memiliki sifat amanah dan profesional kerja serta mampu menahan amarah ketika saudara kandung yang membuangnya datang untuk meminta bantuan. Nabi Yusuf merupakan sosok nabi yang memiliki sifat amar ma’ruf nahi mungkar, hal ini terbukti ketika saudaanya meminta bantuan walaupun dahulu yang membuang ke sumur segera dibantu dan dibimbing supaya betaubat.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Analisis Struktural   Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an

Analisis Struktural Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an

Surah Yusuf merupakan surah Makiyyah karena diturunkan di Mekkah sebelum Nabi Muhammad saw hijrah dan surah ke-12 yang terdiri dari 111 ayat. Kisah nabi Yusuf dalam Qs. Yusuf terbagi atas beberapa bagian yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Surat ini dinamakan surat Yusuf adalah karena titik berat surat ini mengenai riwayat nabi Yusuf alaihi salam. Cara penuturan kisah nabi Yusuf ini kepada nabi Muhammad saw berbeda dengan kisah-kisah nabi yang lain yaitu dalam kisah nabi-nabi yang lain Allah menitikberatkan pada tantangan yang bermacam-macam dari kaum mereka. Kemudian mengakhiri kisah itu dengan kemusnahan para penantang para nabi- nabi itu. Sedang dalam kisah nabi Yusuf as, Allah menonjolkan akibat yang baik dari pada kesabaran dan bahwa kesenangan itu datangnya sesudah penderitaan. Allah menguji Nabi Ya’qub dengan kehilangan putranya Yusuf as dan penglihatannya. Menguji ketabahan dan kesabaran Yusuf as dengan dipisahkan dari orang tua dan keluarga, di buang ke sumur dan diperdagangkan sebagai budak. Kemudian allah menguji imannya dengan godaan wanita cantik lagi bangsawan dan akhirnya dimasukkan ke dalam penjara. Dan Allah melepaskan Yusuf dan ayahnya dari segala penderitaan dan cobaan dengan mengumpulkan mereka kembali, mengembalikan penglihatan Ya’qub dan menghidupkan lagi cinta kasih antara Yusuf, kedua orang tuanya dan saudara-saudaranya.
Baca lebih lanjut

57 Baca lebih lajut

Bab 8 Kisah Teladan Nabi Yusuf AS

Bab 8 Kisah Teladan Nabi Yusuf AS

Berkatalah Nabi Yusuf menguraikan takbirnya bagi mimpi Raja:” Negara akan menghadapi masa makmur, subur selama tujuh tahun, di mana tumbuh-tumbuhan dan semua tanaman gandum, padi dan sayur mayur akan mengalami masa panen yang baik yang membawa hasil makanan berlimpah-ruah, kemudian menyusul musim kemarau selama tujuh tahun berikutnya dimana sungai Nil tidak memberi air yang cukup bagi ladang- ladang yang kering, tumbuh-tumbuhan dan tanaman rusak dimakan hama sedang persediaan bahan makanan, hasil panen tahun-tahun subur itu sudah habis dimakan. Akan tetapi, Nabi Yusuf melanjutkan keterangannya, setelah mengalami kedua musim tujuh tahun itu akan tibalah tahun basah di mana hujan akan turun dengan lebatnya menyirami tanah-tanah yang kering dan kembali menghijau menghasilkan bahan makanan dan buah- buahan yang lezat yang dapat dipanen untuk dinikmati.”
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Nabi Yusuf AS (8).doc 34KB Jun 13 2011 06:28:22 AM

Nabi Yusuf AS (8).doc 34KB Jun 13 2011 06:28:22 AM

penjara, kalau nama baiknya tidak dipulihkan. Sikap Yusuf mementingkan kebersihan nama daripada pembebasan dari penjara ini mendapatkan pujian dari Rasulullah SAW. Ibn Katsîr (II:592-3) mengutip beberapa riwayat tentang pujian Rasulullah SAW terhadap sikap Nabi Yusuf ini. Di dalam Shahihain diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: …”Kalau aku berada di dalam penjara sebagaimana Yusuf, maka aku akan segera menerima tawaran pembebasan itu.”. Dalam Musnad Imam Ahmad diriwayatkan dari Abu Hurairah juga, Rasulullah SAW bersabda: “Kalau aku, akan segera aku terima pembebasan tanpa permintaan apa pun”. Dalam sebuah hadits mursal ‘Abd ar-Razâq
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an.

PENDAHULUAN Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an.

seluruh isinya berkisar pada cerita Nabi Yusuf dan saudara-saudaranya beserta orang tua mereka. Cara penuturan kisah Nabi Yusuf ini kepada Nabi Muhammad berbeda dengan kisah-kisah nabi-nabi yang lain, yaitu kisah Nabi Yusuf ini khusus diceritakan dalam satu surat sedang kisah-kisah nabi-nabi yang lain disebutkan dalam beberapa surat. Isi dari kisah Nabi Yusuf ini berlainan pula dengan kisah-kisah nabi-nabi yang lain. Dalam kisah nabi-nabi yang lain Allah menitik beratkan kepada tantangan yang bermacam-macam dari kaum mereka, kemudian mengakhiri kisah itu dengan kemusnahan para penantang para nabi itu. Didalam kisah Nabi Yusuf ini, Allah menonjolkan akibat yang baik daripada kesabaran, dan bahwa kesenangan itu datangnya sesudah penderitaan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

BUKU | SAIDNA ZULFIQAR BIN TAHIR (VIKAR) kisah nabi yusuf

BUKU | SAIDNA ZULFIQAR BIN TAHIR (VIKAR) kisah nabi yusuf

1. Dakwah para Nabi dan Rasul adalah satu, yakni mengajak umat manusia kepada tahuid, yaitu hanya menyembah kepada Allah saja, dan tidak menyekutukan Allah dengan segala sesuatu. Lihatlah bagaimana Nabi Yusuf, se elu e e itaka ta i i pi kedua o a g pe uda itu, terlebih dahulu mengingkari tuhan-tuhan yang mereka sembah, dan mengajak mereka untuk menyembah Allah saja, sebagaimana agama Na i Ya u , Na i Ishak, da Na i I ahi  .

47 Baca lebih lajut

Nabi Yusuf AS (9).doc 38KB Jun 13 2011 06:28:24 AM

Nabi Yusuf AS (9).doc 38KB Jun 13 2011 06:28:24 AM

Dengan kewenangan yang ada ditangannya, Yusuf mengintensifkan pertanian di seluruh Mesir. Kepada seluruh rakyat diperintahkan supaya jangan ada tanah yang kosong yang tidak ditanami. Gudang-gudang besar dibangun untuk menyimpan hasil tanaman. Hasil tanaman disimpang dalam gudang dengan batang-batangnya supaya tahan lama. Apabila datang musim kemarau yang panjang, simpanan dalam gudang diambil sedikit demi sedikit. Semua rakyat diminta untuk hidup hemat yang diberi contoh oleh Raja dan para pembesar kerajaan. Demikianlah Mesir dapat mengatasi musim kemarau yang panjang dibawah pimpinan Nabi Yusuf AS.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM KISAH NABI YUSUF A.S SKRIPSI

NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM KISAH NABI YUSUF A.S SKRIPSI

Latar belakang penelitian, adanya arus globalisasi yang ditandai dengan kehidupan yang serba teknikal dan profesional, diramalkan banyak orang yang mengabaikan dimensi moral dan agama dalam kehidupan. Masyarakat akan bertumpu pada sendi-sendi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang seharusnya diimbangi dengan moral dan religi, agar tidak melunturkan kerendahan hati manusia. Setiap muncul problem dalam kehidupan bermasyarakat, obat penyembuhnya diharapkan dari pendidikan. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya pendidikan karakter untuk menumbuh kembangkan sikap manusia agar menjadi lebih sempurna secara moral dan menjadikan manusia berakhlak. Untuk itu hal yang dapat dilakukan dalam Pendidikan Karakter adalah pengkajian nilai-nilai pendidikan karakter. Salah satu metode yang kreatif dan mudah diterima oleh masyarakat yaitu metode bercerita. Suatu keteladanan mempunyai posisi yang tanpa disadari mampu mempengaruhi jiwa seseorang. Apalagi kisah tersebut terkandung dalam al-Qur’an, seperti Kisah Nabi Yusuf. Dalam surat tersebut diungkapkan mengenai nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh Yusuf dan beberapa di dalamnya, seperti saudara-saudara Yusuf, sang raja, istri al-aziz, dan lainnya.
Baca lebih lanjut

145 Baca lebih lajut

Kisah Nabi Yusuf ‘alaihissalam dan Nabi Ya’qub ‘alaihissalam

Kisah Nabi Yusuf ‘alaihissalam dan Nabi Ya’qub ‘alaihissalam

10. Dalam kisah ini dit erangk an bet apa besar anugerah y ang Allah Subhanahu w a Ta'ala berik an kepada Yusuf berupa ilm u, hilm ( k elem ahlem but an/ t idak t ergesa- gesa) , ak hlak y ang m ulia, berdak w ah k epada Allah Subhanahu w a Ta'ala dan k epada agam a- Ny a. Juga pem berian m aaf y ang segera dilak uk anny a t erhadap saudara- saudarany a y ang bersalah. Hal it u sem akin lengk ap k et ik a beliau m engat ak an bahw a t idak ada cercaan at as m erek a sesudah pem aafan ini. Kem udian k ebaj ik anny a y ang besar k epada k edua ibu bapakny a, lim pahan k ebaik anny a kepada saudara- saudarany a sert a m ak hluk Allah Subhanahu w a Ta'ala pada um um ny a. Sem ua ini sangat j elas t ergam bar dalam sej arah hidup Nabi Yusuf ‘alaihissalam .
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya Kisah Nabi Yusuf

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya Kisah Nabi Yusuf

Ketika masih kecil, Nabi Yusuf pernah melihat 11 bintang, bulan, dan matahari semuanya sujud kepadanya. Setelah bangun tidur Nabi Yusuf menceritakan mimpi tersebut kepada Nabi Ya’kub, maka ayahnya tahu sesuatu yang besar bakal terjadi pada diri anaknya, yakni semua saudaranya, ayah dan ibunya akan tunduk kepada Nabi Yusuf.

3 Baca lebih lajut

Pelajaran 6 Kisah Keteladanan Nabi Yusuf dan Nabi Syuaib

Pelajaran 6 Kisah Keteladanan Nabi Yusuf dan Nabi Syuaib

Tidak lama kemudian, ada saudagar yang melewati sumur itu dan mampir untuk mengambil air. Ketika menurunkan timbanya, Nabi Yusuf a.s. berpegangan pada timba dan ikut ditarik ke atas. Saudagar itu terkejut bukan kepalang mendapati anak kecil bergelantung di timbanya, “Oh, ini ada seorang anak yang bisa kita bawa dan kita jual sebagai barang dagangan.” Sesampainya di pasar, Yusuf dijual. Pembelinya adalah penguasa di negeri itu. Sang pembeli meminta kepada isterinya, Zulaikha, agar memperlakukan Yusuf dengan baik. Waktu berjalan terus. Lambat laun, Yusuf menjadi pemuda yang cerdas.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Biografi Nabi Yaqub as dan Nabi Yusuf as

Biografi Nabi Yaqub as dan Nabi Yusuf as

Selama tahun-tahun yang diramalkan paceklik, saudara-saudara Yusuf datang ke Mesir untuk meminta makanan. Mereka diperbolehkan menghadap Yusuf yang mengenal mereka, namun mereka tidak. Yusuf meminta mereka jika ingin meminta makanan lagi, mereka diharuskan membawa adik laki-laki bungsu mereka. Mereka akhirnya membawa adik bungsu mereka pada pertemuan berikutnya. Pada adik bungsunya itulah, Yusuf mengungkapkan kisahnya bahwa ia dipelakukan jahat oleh kakak-kakaknya. Yusuf akhirnya bekerja sama dengan adiknya. Adiknya untuk sementara ditinggal bersamanya. Yusuf berpura-pura bahwa adiknya ditahan karena mencuri gelas minum raja. Pada saat itu juga, Yaqub kehilangan penglihatannya karena merasa kehilangan Yusuf dan saudaranya.Ketika saudara-saudara Yusuf datang lagi kepadanya, Yusuf mengungkapkan jati dirinya pada mereka. Saudara-saudara Yusuf akhirnya meminta maaf atas tindakan mereka. Yusuf kemudian meminta mereka membawakan bajunya kepada ayahnya dan mengusapkan pada wajah ayahnya untuk memulihkan penglihatannya dan juga memerintahkan mereka untuk membawa orangtua dan keluarga mereka ke Mesir. Setelah tiba di Mesir, orang tua dan saudara-saudaranya bersujud untuk menghormatinya. Yusuf kemudian mengingatkan akan mimpinya di masa muda yang ditafsirkan oleh ayahnya; sebelas planet, matahari, dan bulan bersujud padanya.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Nabi Yusuf AS (5).doc 36KB Jun 13 2011 06:28:16 AM

Nabi Yusuf AS (5).doc 36KB Jun 13 2011 06:28:16 AM

KEMBALI kepada Yusuf. Menyadari Zulaikha sudah tidak dapat lagi mengendalikan dirinya, tidak ada cara lain untuk menyelamatkan diri dari amukan nafsu syahwat perempuan itu kecuali melarikan diri. Maka segera dia lari menuju pintu yang tadinya (beserta jendela-jendela ) ditutup rapat oleh Zulaikha. Akan tetapi, Zulaikha yang akal sehatnya sudah tertutupi oleh nafsu syahwat itu tidak kalah sigap

8 Baca lebih lajut

KISAH NABI YUSUF As. (IBRAH DAN IMPLEMENTASI KONSEPTUAL DALAM PENDIDIKAN)

KISAH NABI YUSUF As. (IBRAH DAN IMPLEMENTASI KONSEPTUAL DALAM PENDIDIKAN)

dengan ilham dari Allah bahwa Yūsuf masih hidup meski belum tahu dimana keberadaannya. 148 Nabi Ya‟qub berpikir seandainya Yūsuf sudah meninggal, dia tidak akan berlarut-larut dalam kedukaan sehingga matanya sampai putih. Allah memberi tahu tentang apa yang saudara-saudara Yūsuf tidak ketahui, maka Nabi Ya‟qub memutuskan untuk tidak mengeluh kepada orang lain dan mengadukan kesedihannya kepada Allah seraya memohon agar dilepaskan semua kesedihan yang dia hadapi. Ilham yang diterima Nabi Ya‟qub merupakan pemahaman yang diperoleh secara langsung dari Allah, tanpa perantara, tanpa rentetan dalil dan susunan kata, serta tanpa melalui langkah-langkah logika satu demi satu. 149 Pemahaman yang diperoleh langsung dari Allah tersebut disebut dengan istilah intuisi atau ḥ ads. Intuisi dianugerahkan Allah kepada orang-orang yang bersih
Baca lebih lanjut

182 Baca lebih lajut

17tafsi yunahar (nabi yusuf 6)

17tafsi yunahar (nabi yusuf 6)

Dalam pandangan Zulaikha, tidak sepantasnya Yusuf menolak keinginannya, Bukankah dia hanya seorang budak yang dibeli oleh suaminya. Sudah seharusnya seorang budak menuruti apa saja kemauan majikannya. Dia lupa, Yusuf bukanlah seorang budak biasa, tetapi dia mempunyai kepribadian yang mulia. Dia punya sikap dan pendirian yang selalu dipertahankannya, apa pun resikonya. Sikap teguh hati Yusuf untuk selalu menjaga kesucian diri diartikan oleh Zulaikha sebagai sebuah kesombongan, sehingga dia bertekad menjadikan Yusuf orang hina dina dengan memasukkannya ke penjara. Demikianlah watak buruk orang besar yang angkuh, semua keinginannya harus dipenuhi, kalau keinginannya ditolak--lebih-lebih jika yang menolaknya orang yang dianggapnya kecil, rendah,--dia dapat melakukan apa saja, tidak peduli benar atau salah.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Nabi Yusuf AS (5).doc 35KB Jun 13 2011 06:28:14 AM

Nabi Yusuf AS (5).doc 35KB Jun 13 2011 06:28:14 AM

Al-‘Azîz kaget melihat Yusuf bergegas hendak keluar, sementaranya di belakangnya ada Zulaikha. Zulaikha tentu lebih kaget lagi. Tidak hanya kaget, tetapi juga takut, khawatir perbuatannya diketahui suaminya. Tetapi perempuan itu cerdik sekali, tepatnya licik, segera dia pasang aksi seolah-olah dia yang jadi korban. Sebelum suaminya bertanya, dia segera melapor dengan gaya bertanya: “"Apakah pembalasan terhadap orang yang bermaksud berbuat serong dengan isterimu, selain dipenjarakan atau (dihukum) dengan azab yang pedih?"

8 Baca lebih lajut

Show all 3394 documents...