Neraca Perdagangan

Top PDF Neraca Perdagangan:

Dampak Neraca Perdagangan Pada Nilai Mat (1)

Dampak Neraca Perdagangan Pada Nilai Mat (1)

Secara sederhana neraca perdagangan atau trade balance adalah nilai total ekspor suatu negara dikurangi dengan nilai total impornya. Jika nilai total ekspor suatu negara lebih besar dari nilai total impornya maka neraca perdagangan dikatakan mengalami surplus. Dalam hal ini artinya negara tersebut mampu menjual produk-produk yang dihasilkan dengan nilai total lebih banyak dari nilai total yang dibelinya dari negara-negara lain. Pendapatan yang diperoleh dari total ekspor lebih besar dari pengeluaran untuk impor, sehingga mengalami surplus.

2 Baca lebih lajut

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NERACA PERDAGANGAN DI INDONESIA.

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NERACA PERDAGANGAN DI INDONESIA.

memasarkan suatu produk di luar negeri. Perusahaan yang melakukan FDI akan menjadi perusahaan multinasional (multinasional enterprise). Selama lebih dari 20 tahun yang lalu menunjukkan adanya peningkatan flow dan stockFDI dalam perekonomian dunia. Terjadinya peningkatan FDI banyak disebabkan oleh adanya perubahan politik dan ekonomi di Negara-Negara sedang berkembang. Globalisasi perekonomian dunia, merupakan fenomena yang juga mempunyai pengaruh positif terhadap volume FDI. Seperangkat teori mencoba menjelaskan mengapa perusahaan akan menguntungkan dengan melakukan investasi langsung dalam arti memasuki pasar luar negeri apabila terdapat dua alternatif lainnya, yaitu mengekspor dan melakukan lisensi. Ketidakstabilan sistem moneter akhir-akhir ini sangatlah mengkhawatirkan perekonomian Indonesia, peran aktif pemerintah dalam mengatasi hal ini sangatlah diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, mengingat bahwa moneter yang terjadi sangatlah berpengaruh besar terhadap pelaksanaan pembangunan. Dalam pengambilan kebijakan moneter, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta dapat mencegah dan mengendalikan tingkat inflasi,tingkat ekspor, serta terpeliharanya keseimbangan neraca perdagangan. (Rusdin,2002 : 2-10)
Baca lebih lanjut

100 Baca lebih lajut

Essay Neraca Perdagangan Indonesia di ka

Essay Neraca Perdagangan Indonesia di ka

Saat ini setelah tiga tahun berjalan, ACFTA seolah-olah menjadi momok yang mengancam keberadaan produsen lokal dan industri UKM di Indonesia. Banyak orang mengkhawatirkan bahwa dengan berlakunya ACFTA, produk murah dari Cina akan mulai membanjiri pasar dalam negeri. Hal tersebut pada akhirnya dapat berujung pada matinya industri dalam negeri dan hilangnya jutaan lapangan pekerjaan. Cukup wajar bila banyak orang takut. Selama dua tahun terakhir, neraca perdagangan Indonesia- Cina telah bernilai negatif. Selain itu, sangat nyata dalam kehidupan sehari-hari bahwa barang Cina telah membanjiri pasar dalam negeri. Cukup banyak pengusaha pun telah menyatakan kesulitannya untuk bersaing dengan produk-produk murah Cina dan beberapa ahli telah memperkirakan hilangnya ratusan ribu pekerjaan karena banyak perusahaan akan gulung tikar karena kalah dalam persaingan. Semua kondisi ini terlihat sangat menyudutkan Indonesia ketika dihadapkan dengan ACFTA.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Pengaruh Perubahan Nilai Tukar Terhadap Neraca Perdagangan Indonesia

Pengaruh Perubahan Nilai Tukar Terhadap Neraca Perdagangan Indonesia

Analisis panel FMOLS digunakan untuk melihat dampak jangka panjang pengaruh variabel nilai tukar terhadap neraca perdagangan setelah sebelumnya kedua syarat dalam penggunaan analisis panel FMOLS terpenuhi, yaitu terdapat variabel yang tidak stasioner pada level namun memiliki hubungan jangka panjang yang nyata atau dengan kata lain saling terkointegrasi. Singapura merupakan trader country di mana permintaan ekspor maupun impor negara tersebut sebagian digunakan untuk diekspor atau diimpor kembali. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bila Singapura dimasukan dalam analisis akan menghasilkan analisis yang kurang baik sebab neraca perdagangan Singapura tidak dipengaruhi oleh GDP negara tersebut. Oleh karena itu, dilakukan perbandingan antara anlisis dengan memasukan negara Singapura dan analisis tanpa negara singapura. Hasil analisis hubungan antara variabel Neraca Perdagangan (TB) dengan variabel lainnya menggunakan metode Panel FMOLS (weighted) dapat dilihat pada Tabel 4. Berdasarkan hasil analisis FMOLS pada Tabel 4, maka pengaruh pengurangan mitra dagang Singapura akan mengakibatkan meningkatnya nilai parameter (koefisien) yang dapat diartikan bahwa pengaruh ketiga variabel tersebut semakin nyata terhadap variabel terikat (Neraca Perdagangan).
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

ANALISIS NERACA PERDAGANGAN PETERNAKAN DAN SWASEMBADA DAGING SAPI ipi19678

ANALISIS NERACA PERDAGANGAN PETERNAKAN DAN SWASEMBADA DAGING SAPI ipi19678

Pada Gambar 2 tampak bahwa senjang produksi-konsumsi masih dialami oleh daging ruminansia besar (terutama daging sapi) dan susu, bahkan mungkin persoalan kesenjangan ini dalam waktu yang panjang belum dapat dipecahkan, sementara daging ayam dan telur sudah dapat memenuhi konsumsi domestik. Untuk meningkatkan kinerja neraca perdagangan internasional untuk sub sektor perternakan dihadapkan pada persoalan lain, yakni liberalisasi perdagangan. Liberalisasi perdagangan dunia dimana komitmen dalam WTO untuk menurunkan bentuk-bentuk proteksi baik tarif maupun non- tarif perdagangan hasil pertanian, termasuk produk peternakan, merupakan tantangan sekaligus peluang yang dapat dimanfaatkan secara optimal. Bagi negara yang mampu meningkatkan daya saingnya, terbuka peluang untuk memperbesar pangsa pasarnya baik di pasar internasional maupun pasar domestik. Sebaliknya negara-negara yang tidak mampu meningkatkan daya saingnya akan terdesak oleh para pesaingnya. Artinya liberalisasi perdagangan hanya akan menguntungkan kepada pihak yang sudah efisien dan berorientasi ekspor.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Analisis pengaruh ekspor-impor komoditas pangan utama dan liberalisasi perdagangan terhadap neraca perdagangan Indonesia

Analisis pengaruh ekspor-impor komoditas pangan utama dan liberalisasi perdagangan terhadap neraca perdagangan Indonesia

Aktivitas ekspor dan impor yang dilakukan suatu negara dirangkum dalam suatu neraca yang disebut neraca perdagangan. Neraca perdagangan merupakan bagian dari neraca pembayaran (Balance of Payment) yang mampu menggambarkan seberapa besar keuntungan atau kerugian yang diperoleh Indonesia dalam aktivitas perdagangan internasional. Neraca perdagangan yang surplus menandakan Indonesia mendapatkan devisa sedangkan jika neraca perdagangan defisit berarti devisa negara berkurang untuk membiayai impor yang lebih besar daripada ekspor. Aktivitas ekspor-impor khususnya ekspor-impor komoditas pertanian dewasa ini sangat liberal, dimana tarif yang dikenakan untuk komoditas-komoditas pertanian sangat rendah, jika Indonesia tidak menyiasati perkembangan ini, maka defisit perdagangan pangan Indonesia dapat terus berlangsung bahkan dapat bertambah besar. Kondisi tersebut tidak terlepas dari disetujuinya perjanjian perdagangan bebas yang diprakarsai oleh World Trade Organization (WTO) dan Indonesia sebagai anggota WTO memiliki komitmen untuk memenuhi kesepakatan tersebut.
Baca lebih lanjut

113 Baca lebih lajut

PENGARUH INFLASI DAN NERACA PERDAGANGAN TERHADAP KURS TUKAR RUPIAH

PENGARUH INFLASI DAN NERACA PERDAGANGAN TERHADAP KURS TUKAR RUPIAH

Neraca perdagangan antara 2 negara berisi semua pembayaran dari hasil jual beli barang dan jasa. Neraca perdagangan suatu negara disebut defisit bila negara tersebut membayar lebih banyak ke negara partner dagangnya dibandingkan dengan pembayaran yang diperoleh dari negara partner dagang. Dalam hal ini negara tersebut membutuhkan lebih banyak mata uang negara partner dagang, yang menyebabkan nilai tukar mata uang negara tersebut terhadap negara partnernya melemah. Keadaan sebaliknya disebut surplus, dimana nilai tukar mata uang negara tersebut menguat terhadap negara partner dagang.
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

Neraca Perdagangan Pasar Non Tradisional

Neraca Perdagangan Pasar Non Tradisional

Perdagangan internasional tidak hanya terdiri dari perdagangan dengan mengeluarkan barang dari dalam ke luar melewati batas pabean Indonesia dengan syarat – syarat tertentu, tetapi juga terdapat kegiatan memasukan barang dari luar negri kedalam wilayah pabean Indonesia dengan memenuhi ketentuan yang berlaku (Ahsjar djauhari. 2007:153). Semua itu akan tercatat dalam Neraca Perdagangan Indonesia, di mana dalam neraca tersebut kita juga dapat melihat defisit atau surplusnya suatu perdagangan dalam satu periode waktu tertentu.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

5 ekspor impor neraca perdagangan indone

5 ekspor impor neraca perdagangan indone

Nilai tersebut juga lebih tinggi dibandingkan dengan surplus perdagangan non- migas 2009 yang mencapai US $ 19,6 miliar. Pada paruh pertama 2010, neraca perdagangan menunjukkan surplus di atas 1 miliar USD, kecuali pada bulan April dan Juni. Selanjutnya pada paruh kedua, bulan Juli terjadi defisit namun surplus kembali di bulan Agustus. Pada bulan September hingga Desember 2010, surplus bulanan menembus 2 miliar USD, dengan catatan bulan Desember 2010 mencapai angka 3,7 miliar USD. Secara umum dapat disimpulkan bahwa ekspor non-migas Indonesia tahun 2010 menunjukkan kinerja yang sangat baik yang akhirnya memiliki dampak positif terhadap neraca perdagangan Indonesia tahun 2010.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

5 ekspor impor neraca perdagangan indone

5 ekspor impor neraca perdagangan indone

Nilai tersebut juga lebih tinggi dibandingkan dengan surplus perdagangan non- migas 2009 yang mencapai US $ 19,6 miliar. Pada paruh pertama 2010, neraca perdagangan menunjukkan surplus di atas 1 miliar USD, kecuali pada bulan April dan Juni. Selanjutnya pada paruh kedua, bulan Juli terjadi defisit namun surplus kembali di bulan Agustus. Pada bulan September hingga Desember 2010, surplus bulanan menembus 2 miliar USD, dengan catatan bulan Desember 2010 mencapai angka 3,7 miliar USD. Secara umum dapat disimpulkan bahwa ekspor non-migas Indonesia tahun 2010 menunjukkan kinerja yang sangat baik yang akhirnya memiliki dampak positif terhadap neraca perdagangan Indonesia tahun 2010.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NERACA PERDAGANGAN DI INDONESIA

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NERACA PERDAGANGAN DI INDONESIA

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat serta hidayah-Nya yang telah dilimpahkan sehingga peneliti bias menyelesaikan skripsi ini. Penyusunan skripsi ini merupakan salah satu kewajiban mahasiswa untuk memenuhi tugas dan syarat akhir akademis di Perguruan Tinggi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” JawaTimur Fakultas Ekonomi khususnya Jurusan Ekonomi Pembangunan. Dalam penulisan skripsi ini peneliti mengambil judul “ Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Neraca Perdagangan di Indonesia “. Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa didalam penyusunan skripsi ini masih banyak kekurangannya. Hal ini disebabkan karena masih terbatasnya kemampuan dan pengetahuan yang ada.Walaupun demikian berkat bantuan dan bimbingan dari Ibu Dra. Ec. NiniekImaningsih, MP.Selaku Dosen Pembimbing Utama yang dengan penuh kesabaran telah mengarahkan dari awal untuk memberikan bimbingan kepada peneliti, sehingga skripsi ini dapat tersusun dan terselesaikan dengan baik.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Analisis pengaruh perubahan nilai tukar rupiah terhadap neraca perdagangan Indonesia

Analisis pengaruh perubahan nilai tukar rupiah terhadap neraca perdagangan Indonesia

. Dengan adanya perdagangan internasional tersebut memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pendapatan nasional bagi negara yang bersangkutan. Terjadinya perdagangan internasional diharapkan mampu meningkatkan penerimaan negara terutama dari permintaan barang ekspor. Peningkatan nilai ekspor yang lebih besar dari nilai impor mampu memperbaiki nilai neraca perdagangan dan pada akhirnya akan mempengaruhi balance of payment. Ekspor sangat penting dalam menunjang perekonomian Indonesia, karena ekspor tidak saja sebagai sumber penerimaan devisa tetapi juga sebagai perluasan pasar bagi produksi barang-barang domestik dan penyerap tenaga kerja.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

NERACA PERDAGANGAN INDONESIA dengan SWIS

NERACA PERDAGANGAN INDONESIA dengan SWIS

Melihat dari data neraca perdagangan di atas dapat dilihat bahwasanya perdagangan yang terjadi antara Indonesia dan Swiss lebih banyak Indonesia mengalami defisit karena Indonesia masih lebih banyak mengimpor dibandingkan meng ekspor produk ke Swiss dan hal ini membuat cadangan devisa yang ada di Indonesia menipis.

7 Baca lebih lajut

Unduh IERO | Macroeconomic Dashboard

Unduh IERO | Macroeconomic Dashboard

barang terutama didukung oleh kenaikan surplus neraca perdagangan yang disebabkan oleh melambatnya impor nonmigas. Sedangkan penurunan defisit pada neraca perdagangan jasa disebabkan oleh berkurangnya pembayaran jasa freight yang sejalan dengan penurunan impor nonmigas. Selama ini diketahui bahwa dalam melakukan ekspor-impor, Indonesia menggunakan kapal berbendera asing. Perbaikan defisit neraca jasa juga sejalan dengan penurunan defisit neraca pendapatan. Neraca pendapatan kuartal III-2013 tercatat defisit USD 6,7 miliar lebih rendah dari defisit neraca pendapatan kuartal sebelumnya yaitu USD 7,1 miliar. Penurunan defisit neraca pendapatan didukung oleh penurunan pembayaran bunga dan deviden atas kepemilikan surat berharga oleh asing. Secara umum, meskipun terjadi perbaikan pada neraca transaksi berjalan, namun situasi ketidakpastiaan masih membayangi transaksi berjalan Indonesia. Ketidakpastiaan perekonomian global memperlambat kinerja neraca perdagangan Indonesia yang memiliki korelasi dengan komponen neraca transaksi berjalan yang lain. Hal ini menyebabkan tingginya defisit neraca transaksi berjalan belum dapat dihindari.
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Manajemen - S1

Manajemen - S1

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKKK) Ekonomi Internasional merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, 1. Gambaran Umum Ekonomi Internasional; 2. Pengaruh Ekonomi International Ter hadap Keseim bangan Ekonomi ; 3. Teori Perdagangan International ; 4. Kebijakan Ekonomi & Perdag Internasional ; 5. Lalu lintas pemba yaran International dan Sistem Keuangan International; 6. Neraca Pembayaran International dan Neraca Perdagangan Internasional; 7. Globalisasi dan Liberalisasi Perdagangan
Baca lebih lanjut

48 Baca lebih lajut

PROGRAM TAHUNAN.docx

PROGRAM TAHUNAN.docx

5 Dampak Interaksi Antar ruang terhadap Perdagangan dan mobilitas Penduduk Membuat grafik neraca perdagangan 4 jp 6 Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial Budaya Ÿ Buk[r]

3 Baca lebih lajut

Pokok bahasan pertemuan ke-13

Pokok bahasan pertemuan ke-13

Saldo TB adalah jumlah saldo dari neraca perdagangan NP yang mencatat ekspor X dan impor M barang, neraca jasa NJ, yang mencatat X dan M jasa termasuk pendapatan / pembayaran royalti d[r]

41 Baca lebih lajut

Dampak AFTA dalam Sektor Pertanian di IN

Dampak AFTA dalam Sektor Pertanian di IN

Meski demikian, peningkatan ekspor komoditas peratanian yang ditandai dengan surplus pada neraca perdagangan yang merupakan tolak ukur dari adanya perdangan bebas di kawasan ASEAN menunjukkan meski terjadi fluktuasi dalam neraca perdagangan, Indonesia mengalami surplus yang baik dari tahun 2008-2012. Pada tahun 2008 nilai neraca perdagangan sebesar US$ 17,96 milyar namun tahun 2009 surplus neraca perdagangan mengalami penurunan menjadi sebesar US$ 13,14 milyar walaupun volumenya meningkat menjadi 16,17 juta ton. Surplus neraca perdagangan ini terus meningkat hingga tahun 2012 menjadi US$ 19,76 milyar dengan volume sebesar 11,32 juta ton. Jika dilihat rata-rata pertumbuhannya per tahun, surplus volume neraca perdagangan tahun 2008 - 2012 terlihat mengalami peningkatan yaitu rata-rata sebesar 1,14% per tahun. Peningkatan laju ini terutama karena pertumbuhan volume ekspor yang meningkat sebesar 3,18% per tahun dan volume impor meningkat sebesar 13,15% per tahun. Demikian pula bila dilihat dari sisi nilai neraca perdagangan menunjukkan peningkatan surplus dengan rata-rata pertumbuhan per tahun sebesar 5,96%, di mana rata-rata pertumbuhan nilai ekspor sebesar 7,71% per tahun dan nilai impor meningkat sebesar 10,87% per tahun.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

NH Daily January 16 2019 (Bahasa)

NH Daily January 16 2019 (Bahasa)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Desember 2018 defisit USD1,1 miliar. Dengan demikian, defisit neraca perdagangan sepanjang 2018 tercatat sebesar USD8,57 miliar. Defisit tahun 2018 disebabkan defisit migas USD12,4 miliar. Utamanya didorong defisit minyak mentah dan hasil minyak, masing - masing sebesar USD4,04 miliar dan USD15,95 miliar. Sedangkan sektor non - migas surplus USD3,84 miliar. (Kontan)

6 Baca lebih lajut

Show all 9374 documents...