Nilai pendidikan

Top PDF Nilai pendidikan:

skripsi tuti nilai nilai pendidikan islam

skripsi tuti nilai nilai pendidikan islam

Diantara kesemua judul skripsi diatas memiliki kemiripan bahan kajian dengan judul skripsi yang akan penulis bahas. Akan tetapi yang paling mirip adalah skripsinya Yahya yang berjudul ; “Tinjauan Psikologis Terhadap Kandungan Hadist Perintah Shalat Bagi Anak Usia 7 dan 10 Tahun”. Maka di sini perlu lebih dijelaskan perbedaan diantara keduanya. Dalam skripsinya Yahya cenderung menjelaskan muatan psikologisnya, tanpa menekankan nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang ada di dalamnya. Akan tetapi dalam skripsi penulis nantinya akan lebih dijelaskan tentang nilai-nilai pendidikan Islam di dalam hadist perintah shalat tersebut sekaligus pembahasan tentang nilai-nilai pendidikan tersebut.
Baca lebih lanjut

124 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM  DALAM FILM SERDADU KUMBANG  Nilai-nilai pendidikan islam dalam film serdadu kumbang.

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM SERDADU KUMBANG Nilai-nilai pendidikan islam dalam film serdadu kumbang.

Nilai pendidikan tidak hanya bisa didapat melalui media cetak, kajian-kajian, maupun di Sekolah, tetapi juga bisa diperoleh lewat film. Film serdadu kumbang tidak sekedar mengikuti selera pasaran, mengikuti perintah produser atau sekedar ikut-ikutan trend. Di dalam film ini memuat nilai- nilai pendidikan Islam yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini, untuk menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt.

18 Baca lebih lajut

Kepentingan Nilai nilai Pendidikan islam

Kepentingan Nilai nilai Pendidikan islam

sebagai penyelidikan tindakan adalah meragukan. Sama ada dalam bentuk pengajaran atau penyelidikan, ia menggabungkan pengajaran dan penyelidikan dalam satu aktiviti. Dalam hal ini, maka sebenarnya tiada alasan bagi mereka yang tidak mempunyai masa untuk melakukan penyelidikan. Apabila strategi pengajaran dilihat sebagai suatu penyiasatan yang hipotetikal untuk merealisasikan nilai-nilai pendidikan, maka strategi tersebut merupakan aktiviti utama dalam proses penyelidikan tindakan: satu proses yang mesti sentiasa dibezakan daripada penyelidikan pendidikan yang dilakukan oleh orang luar (bukan golongan guru atau pendidik). Penyelidikan pendidikan bertujuan untuk merealisasikan nilai-nilai pendidikan dalkam amalan bekerja. Penyelidikan yang dilakukan ke atas pendidikan (research on education) pula bertujuan untuk menjana ilmu pengetahuan mengenai amalan. Penyelidikan pendidikan boleh menggunakan penyelidikan atas pendidikan tetapi akibatnya ialah penjanaan saranan ilmu pengetahuan untuk mendapatkan pemahaman jitu ke atas situasi yang praktikal menjadi kurang penting atau diketepikan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER bangsa

NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER bangsa

Berdasarkan telaah pustaka yang penulis lakukan, ada beberapa skripsi yang memiliki kajian hampir sama dengan bahasan penelitian ini. Pertama, skripsi saudari Rukhayatun Niroh, mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2011, yang berjudul Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surat Al-Hujur ā t ayat 11- 15 (Telaah Tafsir Al-Misbah dan Al-Azhar). Dalam skripsi ini dikaji tentang nilai nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Q.S Al-Hujur ā t ayat 11-15. Hasilnya dalam ayat tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan karakter antara lain, saling menghormati, taubat, positif thinking, saling mengenal, persamaan derajat, dan kejujuran. Nilai-nilai tersebut kemudian diaplikasikan metodenya pada pendidikan Islam. 13
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

Nilai nilai Pendidikan Islam dalam Falsa

Nilai nilai Pendidikan Islam dalam Falsa

pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya. Begitu banyaknya nilai- pendidikan Islam yang bisa diterapkan dalam kehidupan masyarakat, mulai dari nilai ketuhan yang mengenalkan keesaan Tuhan dan tidak menyekutukan-Nya, kemudian nilai akhlak yang dapat diterapkan dalam bermasyarakat untuk berbuat baik dan berperilaku jujur. Masyarakat Lampung mempunyai filsafat hidup yang dianut oleh masyarakat Lampung filsafat hidup yang disebut Piil Pesenggiri. Filsafat menjadi inspirasi bagi seluruh aktifitas kehidupan masyarakat Lampung, semua aktifitas tersebut mengcu nilai yang menjiwai seluruh nilai-nilai luhur filsafat hidup Piil Pesenggiri. Jika nilai-nilai filosofis budaya Lampung diaktualisasikan secara tulus, benar dan konsisten maka relevan dengan sikap dan perilaku produktif masyarakat serta berguna bagi pembangunan. Secara menyeluruh, dan mendasar dengan berbagai nilai-nilai filsafat hidup yang relevan dengan nilai-nilai pancasila, bahkan sejajar dengan nilai-nilai Islam, atau nilai- nilai filsafat hidup tersebut sarat dengan nuansa keIslaman. Misalnya nilai ke- Tuhanan, nilai kemanusiaan, nilai kehidupan dan nilai yang diturunkan dari ketiga nilai-nilai itu.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

NILAI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM

NILAI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM

salah satu tujuan pokok diturunkannya Al - Qur’an adalah untuk memperbaiki akidah seseorang agar kembali kepada agama tauhid, tidak menyekutukan tuhan. oleh sebab itu, ada sebagian kisah yang mengandung dan memperkokoh nilai-nilai pendidikan tauhid. S ebagai contoh adalah kisah nabi Ibrahim ketika berdebat dengan kaumnya raja namruz. Bahkan kisah penyembelihan sapi betina juga mengundang nilai pendidikan tauhid, yaitu bahwa dengan disembelihnya sapi orang-orang Israil yang tadinya menyembah patung sapi harus segera berakhir, sebab “tuhan” mereka telah mati yang disimbolkan pada peristiwa penyembelihan sapi betina 8 .
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB

Salah satu kitab karangan Kyai Haji Sholeh Darat adalah kitab Majmū‘a h As-Sy arī‘ah Al- Kāfiyah lil ‘Awām merupakan salah satu karya penting berbahasa Jawa dengan huruf Arab (Arab pegon). Penelitian ini lebih fokus dan mendalam mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak kitab Majmū‘ah As- Syarī‘ah Al - Kāfiyah lil ‘Awām , dimana kitab ini merupakan kitab untuk orang awam (pemula) sehingga lebih mudah untuk dicerna bahasanya. Dengan isi kitab menggunakan huruf Arab Pegon mempermudah dalam mempelajarinya terlebih jika seseorang tersebut belum menguasai Bahasa Arab. Perbedaan dan sekaligus keunggulan dari kitab tersebut yaitu kitab ini juga masuk kategori tasawuf, karena dengan tasawuf akhlak itu sendiri akan merefleksikan dari penerapan ilmu tasawuf sehingga tingkah laku dan perbuatan kita sama dengan perilakunya Rasulullah SAW. Disamping itu Kyai Sholeh Darat pengajaran yang diajarkan dengan kultur budaya lokal yang mudah diterima masyarakat luas dan terbukti beliau melahirkan ulama-ulama besar terkenal seperti K.H. Hasyim As’ari, K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Mahfudz
Baca lebih lanjut

123 Baca lebih lajut

NILAI NILAI PENDIDIKAN DALAM SEJARAH PER

NILAI NILAI PENDIDIKAN DALAM SEJARAH PER

Maka dalam makalah ini akan dikemukakan tentang nilai-nilai pendidikan dalam sejarah perkembangan Islam di Minangkabau sebagai potret dinamikan masyarakat merspon perubahan sosial. Pada awal Islam disampaikan ke Indonesia penerimaan masyarakat banyak terhadap aspek keyakinan atau kepercayaan. Dimana perubahan yang terjadi adalah mainstream (pola pikir) dari menyembah ruh leluhur berubah kepada menyembah Allah. Aspek ritual seperti ibadah shalat dan puasa pada awal penyebaran Islam masih sebatas informasi dan belum sampai pada tahap taklif (pembebanan). Secara perlahan tapi pasti, proses Islamisasi terus berlangsung tanpa mengenal batas waktu, sehingga pada akhirnya Islam mampu mempengaruhi perubahan masyarakat, baik dari aspek sosial, politik dan budaya. Begitu juga sebaliknya, dengan perubahan masyarakat juga terlibat mempengaruhi agama. Maka pada tataran ini, mesti dipahami bahwa Islam tidak statis tetapi Islam adalah agama dinamis yang mampu hidup dimana dan sampai kapanpun. Dengan meyakini agama memiliki seribu nyawa 5 dapat dipastikan Islam tidak pernah kosong
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM  DALAM FILM SERDADU KUMBANG  Nilai-nilai pendidikan islam dalam film serdadu kumbang.

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM SERDADU KUMBANG Nilai-nilai pendidikan islam dalam film serdadu kumbang.

Nilai pendidikan tidak hanya bisa didapat melalui media cetak, kajian-kajian, maupun di Sekolah, tetapi juga bisa diperoleh lewat film. Film serdadu kumbang tidak sekedar mengikuti selera pasaran, mengikuti perintah produser atau sekedar ikut-ikutan trend. Di dalam film ini memuat nilai-nilai pendidikan Islam yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini, untuk menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt.

13 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER   Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Habibie Dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie.

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Habibie Dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie.

Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel “Habibie dan Ainun” beserta klasifikasinya. Yaitu; nilai religius yang termasuk klasifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Nilai jujur, disiplin, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, bertanggungjawab dan kerja keras termasuk nilai-nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan diri sendiri. Nilai demokratis, cinta damai, komunikatif, dan menghargai prestasi nilai-nilai pendidikan karakter berhubungan dengan orang lain. Serta nilai peduli sosial dan peduli lingkungan yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter terhadap lingkungan. Klasifikasi terakhir adalah nilai toleransi, nasionalis dan cinta tanah air yang termasuk pada nilai-nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan bangsa dan negara.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL   Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata.

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata.

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan manusia. Pendidikan juga menjadi sarana atau jembatan dalam pelestarian, pengembangan kebudayaan dan kehidupan sesuai dengan tuntutan masyarakat. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mendekati pendidikan intelektual saja, tetapi juga memperhatikan aspek moral dan akhlaq sehingga tidak terkesan hanya mentransferkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi memberikan nilai-nilai kehidupan berupa akhlaq dan moral kepada peserta didiknya. Pendidikan Islam sarat dengan nilai- nilai yang dikandungnya, dimplementasikan oleh semua muslim dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai tersebut juga tersirat maupun tersurat, terdapat dalam proses belajar mengajar, sumber belajar, dan media pembelajaran termasuk novel. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi, dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan novel Sang Pemimpi dalam perspektif pendidikan Islam.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL   Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata.

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata.

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan manusia. Pendidikan juga menjadi sarana atau jembatan dalam pelestarian, pengembangan kebudayaan dan kehidupan sesuai dengan tuntutan masyarakat. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mendekati pendidikan intelektual saja, tetapi juga memperhatikan aspek moral dan akhlaq sehingga tidak terkesan hanya mentransferkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi memberikan nilai-nilai kehidupan berupa akhlaq dan moral kepada peserta didiknya. Pendidikan Islam sarat dengan nilai- nilai yang dikandungnya, dimplementasikan oleh semua muslim dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai tersebut juga tersirat maupun tersurat, terdapat dalam proses belajar mengajar, sumber belajar, dan media pembelajaran termasuk novel. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi, dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan novel Sang Pemimpi dalam perspektif pendidikan Islam.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar.

Nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar.

Setyarini,Fita.2009. Nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar .skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs Widodo, Pembimbing II : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum.

2 Baca lebih lajut

Makalah Nilai Nilai Pendidikan Membentuk Karakter

Makalah Nilai Nilai Pendidikan Membentuk Karakter

Sedangkan nilai-nilai pendidikan merupakan upaya terencana dalam mengembangkan potensi peserta didik, sehingga mereka memiliki sistem berpikir, nilai, moral, dan keyakinan yang diwariskan masyarakatnya dan mengembangkan warisan tersebut ke arah yang sesuai untuk kehidupan masa kini dan masa mendatang. Design yang dikembangkan Kemendiknas (2010), secara psikologis dan sosial kultural pembentukan karakter dalam diri individu merupakan fungsi dari seluruh potensi individu manusia (kognitif, afektif, konatif, dan psikomotorik) dalam konteks interaksi sosial kultural (dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat) dan berlangsung sepanjang hayat. Konfigurasi karakter dalam konteks totalitas proses psikologis dan sosial-kultural tersebut dapat dikelompokkan dalam: Olah Hati (Spiritual and emotional development) , Olah Pikir (intellectual development), Olah Raga dan Kinestetik (Physical and kinestetic development), dan Olah Rasa dan Karsa (Affective and Creativity development).
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

GAGASAN NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

GAGASAN NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

Berdasarkan kajian terhadap relevansi nilai-nilai Pendidikan Karakter yang ditawarkan dalam Wasiat Renungan Masa Pengala- man Baru sebagaimana narasi tersebut, maka dapat dipertegas bahwa nilai-nilai pendidikan karakter TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid sesungguhnya berbasis pada nilai-nilai religius (religious- ethic). Nilai religius ini secara substansi memiliki relevansi yang kuat dalam pengembangan pendidikan karakter di Indonesia karena menjadi pilar utama dalam membangun moralitas peserta didik. Hal ini senafas dengan amanah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 yang menegaskan bahwa fungsi Pen- didikan Nasional adalah membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia. Kedua kata kunci ini tentu saja
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAL

NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAL

C. Analisis nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pendidikan islam Kompetensi Dasar Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah pada surat keputusan Direktur Jenderal Pendididikan Islam Nomor : 2676 Tahun 2013 Kurikulum 2013.

3 Baca lebih lajut

NILAI NILAI PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM

NILAI NILAI PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM

NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERE LIYE : KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA PROPOSAL SKRIPSI EKA WANISPA NIM 13132008 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHAS[r]

1 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KALIMAT AZAN

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KALIMAT AZAN

Nilai pendidikan dalam kalimat azan meliputi beberapa unsur antara lain, pertama, nilai pendidikan tauhid, menanamkan nilai-nilai ketauhidan kepada anak yang diharapkan akan memiliki keyakinan yang kuat, berakidah kepada Allah saja dan terhindar dari perbuatan syirik. Kedua, nilai pendidikan ubudiyah, yang melalui azan pada anak ketika lahir diharapkan dapat menjadi anak yang selalu menjaga kebersihan, disiplin, tertib, suka menolong orang lain, tidak menyusahkan, selalu berbuat baik kepada sesama, tidak berbuat jahat, bisa berguna dan bermanfaat bagi orang lain, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan beragama. Ketiga, nilai pendidikan akhlaqiyah, nilai ini ditanamkan kepada anak yang baru lahir agar anak mempunyai kepribadian yang terpuji baik kepada Allah, kepada sesama manusia, maupun kepada binatang dan alam sekitar. Dan supaya anak dapat berusaha, berbuat di jalan yang benar, tapi tidak merusak. Kalimat azan yang disampaikan kepada anak yang baru lahir bisa di terapkan karena banyaknya hikmah dan nilai pendidikan yang terdapat dalam kalimat azan. Karena, suara yang pertama kali diterima pendengaran manusia adalah kalimat-kalimat seruan Yang Maha Tinggi yang mengandung kebesaran Tuhan, juga syahadat sebagai syarat pertama masuk Islam.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AQIDAHDALAM PERANG BADAR NILAI-NILAI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM PERANG BADAR.

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AQIDAHDALAM PERANG BADAR NILAI-NILAI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM PERANG BADAR.

Penulis sangat bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat hidayah dan taufik-Nya serta nikmat sehat dan waktu luang sehingga skripsi dengan judul Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah dalam Perang Badar dapat diselesaikan, guna memenuhi salah satu syarat mendapatkan gelar sarjana S-1 pada Fakultas Agama Islam program studi Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

13 Baca lebih lajut

View of Pendidikan Pesantren dalam Mempertahankan Nilai-nilai Pendidikan Islam

View of Pendidikan Pesantren dalam Mempertahankan Nilai-nilai Pendidikan Islam

Dengan tradisi pendidikan yang hingga saat ini masih dipertahankan tersebut, pesantren memiliki potensi untuk menjadi pusat peradaban Islam di Indonesia. Nilai-nilai kemandirian, keikhlasan, dan paradigma progresif dalam menuntut ilmu yang dimiliki sangat memungkinkan bagi pesantren untuk mencetak para intelektual Muslim. Yakni, ilmuan profesional yang dalam jiwanya tertanam jiwa, nafas, dan komitmen terhadap nilai-nilai luhur ke-Islaman sehingga memiliki ghirah untuk memenuhi panggilan Tuhan untuk melakukan amar ma’ruf nahiy munkar; dengan segala kemampuan dan keterampilannya, mereka memiliki tanggung jawab untuk mencari dan menegakkan kebenaran dan mewujudkan kahidupan yang lebih baik, adil, dan sejahtera. Para intelektual yang demikianlah yang dinilai mampu menjalankan tugas kekhalifahan di muka bumi secara sempurna. Para intelektual seperti itu adalah peribadi-pribadi ideal yang mampu membangun peradaban Islam modern di Indonesia.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...