Obat batuk

Top PDF Obat batuk:

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN OBAT BATUK BEBAS DI MASYARAKAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA PROPINSI LAMPUNG.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN OBAT BATUK BEBAS DI MASYARAKAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA PROPINSI LAMPUNG.

Dilihat dari besarnya persentase pemilihan pengobatan sendiri oleh masyarakat dan meningkatnya penjualan obat-obat flu, batuk, dan obat-obat bebas untuk penyakit akibat perubahan musim serta jumlah penderita batuk di Lampung Utara serta mengenai keresahan masyarakat Lampung mengenai Informasi Obat Flu Dan Batuk Yang Mengandung Phenylpropanolamine (PPA) maka penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan obat batuk bebas di Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pengobatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan di bidang kesehatan.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

ANALISIS PEMETAAN PRODUCT POSITIONING OBAT BATUK CAIR BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI JEMBER

ANALISIS PEMETAAN PRODUCT POSITIONING OBAT BATUK CAIR BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI JEMBER

Puji Syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-NYA, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “ Analisis Product Positioning Obat Batuk Cair Berdasarkan Persepsi Konsumen di Jember “. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1) pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

18 Baca lebih lajut

PROFIL TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP PENGGUNAAN OBAT BATUK UNTUK ANAK  DI  Profil Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Penggunaan Obat Batuk Untuk Anak Di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen.

PROFIL TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP PENGGUNAAN OBAT BATUK UNTUK ANAK DI Profil Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Penggunaan Obat Batuk Untuk Anak Di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen.

Penggunaan obat batuk berperan penting pada kesehatan anak. Orang tua biasanya memberikan obat batuk kepada anaknya karena faktor lingkungan sekitar. Selain itu sebagian ibu-ibu di wilayah Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen menyatakan faktor utama yang berpengaruh pada pemilihan obat batuk adalah iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan ibu dengan penggunaan obat batuk untuk anak dan mengetahui praktek ibu tentang pemilihan obat batuk.

12 Baca lebih lajut

Indeks kemampuan proses ganda untuk produksi sirup obat batuk

Indeks kemampuan proses ganda untuk produksi sirup obat batuk

Data kadar Dextromethorphan HBr dan Doxylamine Succinate jika dibandingkan dengan batas spesifikasi di atas sebenarnya tidak ada masalah karena semua data-data tersebut masih terdapat dalam selang spesifikasi. Hal ini dapat dilihat secara visual pada Gambar 7 di bawah ini. Akan tetapi, tidak diketahui peluang seberapa besar sirup obat batuk X yang tidak sesuai dengan spesifikasi dalam produksi tersebut.

23 Baca lebih lajut

Segmentasi dan Analisis Citra Produk Obat Batuk

Segmentasi dan Analisis Citra Produk Obat Batuk

Visualisasi pada Gambar 3 memperlihatkan bahwa segmen yang terbentuk pada merek obat batuk A dapat dilihat dari empat sisi demografi yaitu, tingkat pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, usia, dan tingkat ekonomi. Perilaku data pada merek obat batuk A belum mampu memperlihatkan adanya asosiasi dengan status responden. Dari sisi tingkat ekonomi, merek obat batuk A lebih dekat dengan responden yang berasal dari golongan menengah ke atas (minimal tingkat ekonomi ke-3), sedangkan dari sisi jenis pekerjaan lebih dekat dengan responden yang bekerja sebagai PNS dan Pelajar/Mahasiswa. Selain itu, dari sisi tingkat pendidikan terakhir responden, merek obat batuk A lebih banyak dikonsumsi oleh responden dengan tingkat pendidikan terakhirnya minimal Diploma. Sedangkan dari sisi usia, merek obat batuk A lebih dekat dengan responden yang berusia lebih dari 35 tahun.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

HUKUM PENGGUNAAN ALKOHOL SEBAGAI PELARUT (SOLVET) DALAM OBAT BATUK DITINJAU DARI HADIS NABI

HUKUM PENGGUNAAN ALKOHOL SEBAGAI PELARUT (SOLVET) DALAM OBAT BATUK DITINJAU DARI HADIS NABI

Mahrus Ali (w. 1985 M) mengungkapkan bahwa, maraknya obat batuk yang mengandung alkohol karena illat darurat sangat tidak cocok dan tidak relevan, sebab obat batuk yang halal untuk digunakan masih banyak dijumpai disekitar kita. Pengobatan tersebut contohnya seperti dengan cara pijat refleksi, meminum obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan langsung tanpa proses penyulingan, demikian juga dengan akar-akaran (herbal) dan bekam. Alternatif-alternatif halal yang ada tersebut membuat tidak sepantasnya alasan darurat digunakan dalam pengobatan batuk. Ketika menggunakan bahan yang haram sebagai pengobatan, kemudian masuk ke dalam tubuh, maka harus mempunyai dalill yang jelas atas kehalalannya. Sampai saat ini, belum didapati adanya dalil yang menyatakan perintah berobat dengan sesuatu yang haram, dalil yang rajih adalah dari Abu Darda r.a., Rasulullah saw bersabda:
Baca lebih lanjut

103 Baca lebih lajut

Hubungan tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan dengan perilaku swamedika penyakit batuk oleh ibu-ibu di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hubungan tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan dengan perilaku swamedika penyakit batuk oleh ibu-ibu di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari tabel XXIV nomor 10, diketahui responden mengobati batuk beserta penyakit penyertanya dengan obat yang berbeda. Diungkapkan oleh responden bahwa penyakit yang sering menyertai batuk adalah pilek dan influenza. Dalam melakukan swamedikasi terhadap batuk, penyakit penyerta mempengaruhi pemilihan terhadap obat yang digunakan. Sebagian responden, yaitu sebanyak 19,23% responden mengobati batuk beserta penyakit penyertanya dengan obat yang berbeda. Hal ini dapat menjadi salah, misalnya saja dalam menangani batuk dan pilek seperti yang diungkapkan oleh Hardon (WHO, 2004b) bahwa saat mengalami batuk dan pilek banyak orang menggunakan obat batuk dan pilek yang mengandung beberapa zat aktif secara bersamaan. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa obat-obat yang digunakan untuk mengatasi batuk dan pilek memiliki kandungan zat aktif yang memiliki mekanisme kerja saling berlawanan. Misalnya salah satu kandungannya bekerja menekan batuk nonproduktif dan kandungan zat aktif yang lain bekerja dengan mengencerkan mukus. Oleh sebab itu dalam menangani batuk beserta penyakit penyertanya, perlu diperhatikan kandugan obat yang digunakan agar tidak terdapat kandungan yang sama maupun kandungan obat dengan indikasi yang sama serta perlunya konsultasi dengan apoteker bila ditemui adanya penyakit penyerta ketika batuk. Selain itu apoteker memiliki kewajiban untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk membeli obat batuk yang mengandung zat aktif untuk mengatasi keluhan atau gejala yang dialami saja (WHO, 2004b).
Baca lebih lanjut

204 Baca lebih lajut

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PEMILIHAN OBAT PADA SWAMEDIKASI BATUK DI MASYARAKAT KABUPATEN  Hubungan Pengetahuan Dengan Pemilihan Obat pada Swamedikasi Batuk di Masyarakat Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah Tahun 2014.

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PEMILIHAN OBAT PADA SWAMEDIKASI BATUK DI MASYARAKAT KABUPATEN Hubungan Pengetahuan Dengan Pemilihan Obat pada Swamedikasi Batuk di Masyarakat Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah Tahun 2014.

  debu, lembab berlebihan sebagainya. Batuk tidak berdahak (batuk kering) yaitu batuk yang terjadi karena tidak adanya sekresi saluran nafas, iritasi pada tenggorokan, sehingga timbul rasa sakit (Djunarko & Hendrawati, 2011). Menurut Merianti (2013) menyatakan bahwa obat batuk merupakan obat yang mudah diperoleh masyarakat di pasaranatau dikenal sebagai obat bebas. Beberapa jenis obat batuk yang banyak beredar dipasaran adalah jenis ekspektoran dan antitusif yang keduanya memiliki kegunaan yang berbeda pada batuk. Ekspektoran pada batuk berdahak dan antitusif batuk yang tidak berdahak (Merianti et al., 2013).
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Efektivitas madu untuk gejala batuk pada anak dengan rinitis

Efektivitas madu untuk gejala batuk pada anak dengan rinitis

Latar Belakang. Batuk merupakan salah satu gejala rinitis (selesma) dengan insidensi 80%. Gejala ini menjadi alasan orangtua mencari pertolongan medis dan menggunakan obat over the counter (OCT), walaupun efektivitas OTC belum terbukti secara klinis. Madu potensial sebagai obat batuk yang mudah didapat, murah dan diterima secara luas.

2 Baca lebih lajut

Hubungan tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan dengan perilaku swamedika penyakit batuk oleh ibu-ibu di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta - USD Repository

Hubungan tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan dengan perilaku swamedika penyakit batuk oleh ibu-ibu di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta - USD Repository

Dari tabel XXIV nomor 10, diketahui responden mengobati batuk beserta penyakit penyertanya dengan obat yang berbeda. Diungkapkan oleh responden bahwa penyakit yang sering menyertai batuk adalah pilek dan influenza. Dalam melakukan swamedikasi terhadap batuk, penyakit penyerta mempengaruhi pemilihan terhadap obat yang digunakan. Sebagian responden, yaitu sebanyak 19,23% responden mengobati batuk beserta penyakit penyertanya dengan obat yang berbeda. Hal ini dapat menjadi salah, misalnya saja dalam menangani batuk dan pilek seperti yang diungkapkan oleh Hardon (WHO, 2004b) bahwa saat mengalami batuk dan pilek banyak orang menggunakan obat batuk dan pilek yang mengandung beberapa zat aktif secara bersamaan. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa obat-obat yang digunakan untuk mengatasi batuk dan pilek memiliki kandungan zat aktif yang memiliki mekanisme kerja saling berlawanan. Misalnya salah satu kandungannya bekerja menekan batuk nonproduktif dan kandungan zat aktif yang lain bekerja dengan mengencerkan mukus. Oleh sebab itu dalam menangani batuk beserta penyakit penyertanya, perlu diperhatikan kandugan obat yang digunakan agar tidak terdapat kandungan yang sama maupun kandungan obat dengan indikasi yang sama serta perlunya konsultasi dengan apoteker bila ditemui adanya penyakit penyerta ketika batuk. Selain itu apoteker memiliki kewajiban untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk membeli obat batuk yang mengandung zat aktif untuk mengatasi keluhan atau gejala yang dialami saja (WHO, 2004b).
Baca lebih lanjut

202 Baca lebih lajut

Perilaku Masyarakat dalam Menyimpan dan Menggunakan Obat

Perilaku Masyarakat dalam Menyimpan dan Menggunakan Obat

merata.Memperhatikan takaran pemakaiannya. Takaran pakai obat akan sangat mempengaruhi keberhasilan suatu terapi. Meminum sirup obat batuk dari wadahnya harus menggunakan sendok takar dan tidak menggunakan sendok makan yang ada dirumah.Jika aturan pakai obat sirup dalam takaran sendok teh maka berarti harus mengonsumsinya sejumlah 5 mL, jika dalam takaran sendok makan maka jumlah yang harus dikonsumsi adalah 15 mL.Sendok makan dirumah bukanlah alat takar yang sesuai untuk hal itu sehingga gunakan alat takar yang ada dalam produk obat.Memperhatikan lama pemakaian.Obat sirup tertentu misalnya antibiotik harus dikonsumsi sampai tuntas, sedang obat sirup yang membantu meredakan gejala seperti batuk, pilek, panas maupun alergi hanya digunakan secukupnya saja hingga gejala mereda.Untuk itu perlu ditanyakan kepada dokter atau apoteker tentang lama pemakaian obat sirup tersebut.Pemakaian jangka panjang suatu obat tanpa indikasi penyakit yang jelas dapat menyebabkan timbulnya penyakit baru seperti gangguan liver dan ginjal, oleh karena itu gunakan obat dengan bijak.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

219207233 Minyak Atsiri Dan Tanamannya

219207233 Minyak Atsiri Dan Tanamannya

Obat batuk tradisional menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan sintetis atau kimia. Hal ini disebabkan obat batuk tradisional dianggap lebih aman dan tidak mempunyai efek samping karena diracik dengan menggunakan bahan alami yang tumbuh di sekitar kita. Bila batuk tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan memperburuk keadaan karena biasanya orang yang terserang penyakit batuk tidak punya nafsu makan sehingga ini akan membuat ia menjadi kurus. Apalagi bila batuk ini menyerang anak-anak. Lantas, bahan alami apa saja yang dapat digunakan sebagai obat batuk tradisional?
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Tanaman Obat Infeksi Paru Paru

Tanaman Obat Infeksi Paru Paru

komplikasi penyakit paru hari yang lalu Cara pemesanan obat batuk menahun Pneumonia, juga dikenal dengan paruCara pemesanan obat batuk menahunparu basah, merupakan satu dari sekian banyak penyakit yang kerap membuat ibuCara pemesanan obat batuk menahunibu di Indonesia resah bagaimana cara pemesanan obat herbal Menurut data WHO, radang bagaimana cara pemesanan obat herbal bagaimana cara pemesanan obat herbal bagaimana cara pemesanan obat herbal Pengobatan di rumah sakit dapat mencakup pemberian antibiotik intravena (IV) dan terapi pernapasan bagaimana cara pemesanan obat herbal Untuk kasus pneumonia bagaimana cara pemesanan obat herbal bagaimana cara pemesanan obat herbal bagaimana cara pemesanan obat herbal
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

LABORATORIUM FARMASEUTIKA FAKULTAS FARMA. docx

LABORATORIUM FARMASEUTIKA FAKULTAS FARMA. docx

hewan terutama kucing. Antara lain penyebab akibat penyakit respiratori adalah seperti asma, postnasal drip, penyakit pulmonal obstruktif kronis, bronkiektasis, trakeitis, croup, dan fibrosis interstisial. Batuk juga bisa terjadi akibat dari refluks gastro-esofagus atau terapi inhibitor ACE (angiotensin-converting enzyme). Selain itu, paralisis pita suara juga bisa mengakibatkan batuk akibat daripada kompresi nervus laryngeus misalnya akibat tumor.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PROFIL PERILAKU SWAMEDIKASI PASIEN DI APOTEK PADA TERAPI BATUK (Studi di Wilayah Kecamatan Kedungkandang Kota Malang)

PROFIL PERILAKU SWAMEDIKASI PASIEN DI APOTEK PADA TERAPI BATUK (Studi di Wilayah Kecamatan Kedungkandang Kota Malang)

Analisa data dilakukan dengan mengolah data ke dalam bentuk persentase (%) pada setiap variabel yang di ukur. Variabel yang di ukur ada 3 yaitu variabel fakor predisposisi yang terdiri dari pengetahuan (pengertian batuk, jenis batuk, jenis obat batuk, aturan minum obat batuk, batuk yang tak kunjung sembuh) dengan kategori baik, sedang dan kurang baik dan sikap (dalam memilih obat batuk, menghindari pemicu batuk, aturan pakai obat batuk, mengenali obat yang rusak, batuk yang tak kunjung sembuh) dengan menggunakan skala model Likert, variabel faktor pendukung (kelengkapan persediaan obat, kebersihan dan kenyamanan tempat, lokasi apotek, tempat parkir apotek) dimana didapat persentase (%) pada setiap indikatornya, dan faktor pendorong (informasi obat dari petugas apotek, pelayanan petugas apotek, informasi penyimpanan obat, saran untuk periksa ke dokter) dengan menggunakan skala model Likert.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Gambaran Tingkat Kepuasan Pegawai Gedung Administrasi Pusat (GAP) Maranatha Terhadap pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Maranatha Bandung Tahun 2010.

Gambaran Tingkat Kepuasan Pegawai Gedung Administrasi Pusat (GAP) Maranatha Terhadap pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Maranatha Bandung Tahun 2010.

apa, nah gitu. Nah itu masalah diobatnya, udah kita harus bayar si claim-nya itu udah kita bayar duluan claimnya ngak dibayar full, cuma beberapa persen 30% terus harus nuggu lagi, mending kalau kita punya duit, karyawan Maranatha kan berapa ngakjinya, nah kasihannya gitu, harus nebus obat dulu yang ngak masuk ke ASKES, ngak ada didaftar obat, apalagi itu lagi harus beli total nanti di claim, nah itu kalau 10ribu ngak masalah kalau udah ratusan ribu udah gitu nunggu penggantiannya lagi cuma 30%, kebayang ngak, percuma aja mending yang dulu kita ditanggung, nah itu. Dari sisi saya lebih merugikan, buat karyawan merugikan mungkin buat Maranatha juga lebih rugi, sekarang kan ngak tahu presentasinya gimana, sekian ribu pegawai Maranatha kan ngak semua orang sakit kan, kalau dulu gini lah kalau kita sakit yang lainnya ngak sakit, uang Maranatha tetap ada di Maranatha kalau sekarangkan masuk di ASKES, sekian ratus juta masuk ke ASKES misalkan, karyawan yang berobat hanya 10 orang ya, tapi kan peraturan tetap perorang „ya in i karena yang lainnya ngak berobat ya udah kasihin ke yang ini‟ kan ngak kan. Kalau bisa dikelolah sendiri sama yang udah ada, apalagi kita kan punya fakultas kedokteran punya Poli sendiri masalah rumah sakit baru itu kerjasama, dibanding ini sekarang diurusin orang lain lebih rugi kata saya sih. Apalagi sekarang kasihan dokternya meriksa cuma 4500, masih mending dulu 15000, kalau sekarang 4500 kebayangkan kita juga kan, malu difasilitasi sama dokter, apalagi dokter yang katakan dokter X nyampe telaten cuma 4500 kasihan dokter, lebih merugikan semua ini mah. Ya kebayang ngak dokter dikasih 4500, jadi itu kan biayanya ratusan juta, 4500 sekarang ya ini mah kerjasama sama ASKES ini mah, kita juga kasihan gitu.
Baca lebih lanjut

107 Baca lebih lajut

Berita Acara Dan Presentasi Portofolio

Berita Acara Dan Presentasi Portofolio

Pasien datang ke IGD dengan keluhan demam. Demam dirasakan sejak 4 hari SMRS. Sehari sebelumnya pasien bermain seperti biasa dengan teman-teman disekitar rumahnya. Menurut ibu pasien didepan rumah terdapat saluran pembuangan air yang mampat. Malam harinya pasien mulai mengeluh tidak enak badan, pusing, nyeri perut, mual dan demam. Ibu pasien sudah memberikan obat penurun panas yang dibeli di warung lalu demam mulai turun tapi setelah efek obat hilang maka demam kembali muncul.

17 Baca lebih lajut

Pada Stadium erupsi, Coryza dan batuk-batuk

Pada Stadium erupsi, Coryza dan batuk-batuk

Kasus: Pasien laki-laki, 6 tahun, beragama Hindu, Suku Bali, datang dengan keluhan panas badan sejak 5 hari yang lalu. Panas badan tidak diukur dengan termometer. Panas dirasakan naik turun, membaik dengan obat penurun panas. Keluhan timbul bintik merah dirasakan sejak 1 hari yang lalu. Awalnya bintik merah ditemukan muncul di daerah leher kemudian ke wajah dan dada. Timbulnya bintik merah disertai dengan rasa gatal dan panas. Keluhan ini disertai dengan mimisan 1 hari yang lalu , batuk berdahak sejak 5 hari yang lalu dan mata merah sejak 1 hari yang lalu. Pasien baru pertama kali merasakan keluhan seperti ini. Memiliki riwayat pemakaian ARV rutin sejak usia 1,5 tahun.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN OBAT AKIBAT ADANYA PENYIMPANGAN IKLAN OBAT (STUDI KASUS: OBAT MEREK BODREX FLU & BATUK PE).

PENDAHULUAN PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN OBAT AKIBAT ADANYA PENYIMPANGAN IKLAN OBAT (STUDI KASUS: OBAT MEREK BODREX FLU & BATUK PE).

Mudahnya memperoleh obat dalam upaya pemulihan kesehatan di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa masyarakat Indonesia dapat melakukan pengobatan mandiri legal. Pengobatan sendiri (self medication) merupakan salah satu upaya masyarakat untuk mengatasi keluhan atau gejala penyakit, sebelum memutuskan mencari pertolongan ke pusat kesehatan maupun petugas pelayanan kesehatan. Namun berbagai penelitian yang telah dilakukan di Indonesia menunjukkan bahwa motivasi terbesar untuk melakukan self medication adalah berdasarkan pertimbangan kemanfaatan ekonomi (cost effectiveness). Dengan demikian secara sepintas dapat dibayangkan bahwa self medication mungkin terutama dilakukan oleh masyarakat yang berada dalam status ekonomi sedang/kurang meskipun tidak berarti masyarakat dari status yang lebih tinggi tidak melakukan self medication. 4
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

“Fasal Obat”: Suntingan Teks dan Tinjauan Fitoterapi jurnal skripsi

“Fasal Obat”: Suntingan Teks dan Tinjauan Fitoterapi jurnal skripsi

Berdasarkan hasil deskripsi, analisis data, dan evaluasi, peneliti menarik simpulan secara deduktif dan induktif. Cara berpikir indukif adalah pengambilan simpulan melalui data-data khusus, kemudian ditarik simpulan yang bersifat umum. Cara berpikit deduktif adalah pola pikir yang berangkat dari pengetahuan umum, kemudian dinilai untuk mencari hal-hal yang bersifat khusus. Cara berpikir deduktif digunakan dalam analisis isi tinjauan fitoterapi, sedangkan cara berpikir induktif digunakan dalam penarikan simpulan terhadap keseluruhan hasil penelitian teks Fasal Obat.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...