Operasi Bilangan Pecahan

Top PDF Operasi Bilangan Pecahan:

ANALISIS KESALAHAN  DALAM PENYELESAIAN SOAL OPERASI BILANGAN  PECAHAN  Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan ( Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede).

ANALISIS KESALAHAN DALAM PENYELESAIAN SOAL OPERASI BILANGAN PECAHAN Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan ( Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede).

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan pecahan (2) mendeskripsikan penyebab siswa melakukan kesalahan (3) Mendeskripsikan persentase tiap kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karanggede yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan Triangulasi yaitu dengan membandingkan data hasil tes dan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan memahami konsep dengan presentase sebesar 42%. Kesalahan menerima informasi dengan persentase kesalahan 44% dan kesalahan dalam menghitung dengan persentase kesalahan 52%. Penyebab siswa melakukan kesalahan siswa bingung dengan cara merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, siswa beranggapan bahwa cara menyelesaikan perkalian dan pembagian pada operasi pecahan menggunakan cara yang sama, siswa tidak terbiasa dengan soal-soal yang sudah diaplikasikan, siswa tidak teliti dan tergesa- gesa dalam mengerjakan soal.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ANALISIS KESALAHAN DALAM PENYELESAIAN SOAL OPERASI  BILANGAN PECAHAN   Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan ( Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede).

ANALISIS KESALAHAN DALAM PENYELESAIAN SOAL OPERASI BILANGAN PECAHAN Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan ( Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede).

Analisa diperoleh dari hasil tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui persentase kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi bilangan pecahan yang dilakukan siswa dengan rumus

16 Baca lebih lajut

SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENJUMLAHAN PADA BILANGAN PECAHAN DAN REVERSIBILITAS

SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENJUMLAHAN PADA BILANGAN PECAHAN DAN REVERSIBILITAS

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kesalahan yang dilakukan siswa terletak pada penjumlahan pecahan yang terkait dengan reversibilitas. Lemahnya reversibiltas siswa dalam operasi penjumlahan pecahan salah satunya disebabkan karena siswa hampir tidak pernah diberikan soal penjumlahan pecahan terkait dengan reversibilitas. Selain itu, kesalahan siswa dalam operasi penjumlahan pecahan juga melibatkan beberapa jenis kesalahan, antara lain: Kesalahan yang ditemukan berdasarkan hasil kerja siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan bilangan pecahan dan operasi bilangan pecahan terkait reversibilitas, yaitu antara lain: (1) Siswa masih memendang bahwa penjumlahan pecahan sama seperti aturan dalam penjumlahan bilangan bulat; (2) Lemahnya kemampuan siswa dalam membalikan pemikiran mereka dalam menggambarkan kondisi awal penjumlahan berdasarkan hasil yang diketahui dari penjumlahan tersebut; (3) Lemahnya kemampuan siswa dalam menggambarkan penjumlahan dua pecahan yang melibatkan bilangan negative berdasarkan hasil penjumlahan yang telah diketahui; (4) Lemahnya kemampuan siswa dalam membangun hubungan yang reversibel.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN

PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN

Arti dan model penyajian dengan alat peraga atau gambar pada operasi perkalian dan pembagian bilangan pecahan biasa yang telah kita bahas tidak berbeda dengan pada operasi perkalian dan pembagian bilangan pecahan desimal. Selanjutnya bagian ini kita akan fokus pada pembahasan penyelesaian operasi perkalian dan pembagian bilangan pecahan desimal secara algoritmik. Kita mempunyai paling sedikit dua buah cara menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian bilangan pecahan desimal. Cara pertama, kita melakukan pembagian cara panjang dan cara kedua kita merubah dahulu bilangan-bilanagn pecahan desimal itu ke dalam bentuk pecahan biasa. Akan ditunjukkan contoh penggunaan cara kedua, yaitu merubah dahulu bulangan pecahan desimal itu ke dalam bentuk pecahan biasa. (untuk cara pertama, silahkan anda baca sendiri di buku rujukan bahan belajar mandiri ini!). Contoh soalnya adalah sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

39 Baca lebih lajut

OK Silabus Matematika

OK Silabus Matematika

Menerapkan operasi pada bilangan riil  Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan dijumlah, dikurang, dikali, dibagi sesuai dengan prosedur  Dua atau lebih bilangan pecahan, diopera[r]

23 Baca lebih lajut

KKM SMP MTK KELAS VII SMT 1 DAN 2

KKM SMP MTK KELAS VII SMT 1 DAN 2

Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah  Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat..  Menggu[r]

16 Baca lebih lajut

T1 202012055 BAB III

T1 202012055 BAB III

23 yang melibatkan koefisien bilangan bulat dan bilangan pecahan positif dan konstanta yang terletak pada ruas kanan dengan melibatkan operasi penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk = [r]

10 Baca lebih lajut

kkm matematika teknik kls x

kkm matematika teknik kls x

Menerapkan operasi pada bilangan riil  Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan dijumlah, dikurang, dikali, dibagi sesuai dengan prosedur  Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperas[r]

9 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Skim Penambahan Bilangan Pecahan T1 202008090 BAB V

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Skim Penambahan Bilangan Pecahan T1 202008090 BAB V

Pokok dari penelitian ini adalah andaian bahwa siswa-siswa membangun skim penambahan bilangan pecahan sendiri. Menurut perspektif ini pembelajaran penambahan bilangan pecahan harus berdasarkan skim penambahan bilangan pecahan yang dimiliki oleh siswa-siswa dan bukan berdasarkan dari skim penambahan bilangan pecahan yang dipunyai oleh guru (Steffe, Cobb, & Von Glasersfeld, 1987 dalam Sutriyono, 2002: 167). Mengetahui skim penambahan bilangan pecahan yang dimiliki oleh siswa adalah sangat penting karena dengan mengetahui skim tersebut yang dimiliki oleh siswa pengajar dapat secara tepat membantu siswa mengubah skim penambahan bilangan pecahan yang sudah da menjadi lebih canggih melalui pemberian konflik kongnitif dengan strategi tertentu. Misalnya, siswa yang menggunakan skim penambahan pembilang memerlukan pengajaran yang berbeda dengan siswa yang menggunakan skim penambahan pembilang dan penyebut. Hal ini mengingat bahwa siswa yang menggunakan skim penambahan pembilang dan penyebut melakukan penambahan pembilang dengan pembilang dan penambahan penyebut dengan penyebut, persepsi siswa tersebut jauh berbeda dengan siswa yang menggunakan skim penambahan pembilang, siswa melakukan penambahan pembilang dengan pembilang saja dengan memperhatikan penyebut yang sudah sama atau yang sudah disamakan.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

silabus teknik smk kelas x

silabus teknik smk kelas x

- Menjelaskan operasi matriks antara lain : penjumlahan dan pengurangan matriks, perkalian skalar dengan matriks, dan perkalian matriks dengan matriks - Menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan matriks, perkalian skalar dengan matriks, serta perkalian matriks dengan matriks - Menyelesaikan

30 Baca lebih lajut

Pegangan Belajar Matematika 1 Kelas 7 A Wagiyo F Surati Irene Supradiarini 2008

Pegangan Belajar Matematika 1 Kelas 7 A Wagiyo F Surati Irene Supradiarini 2008

Kita sudah mengenal dan mempelajari bilangan pada saat kita duduk di bangku Sekolah Dasar. Cobalah kamu perhatikan gambar di atas! Gambar itu menunjukkan seorang anak laki- laki yang sedang menggunakan sebuah swipoa lengkung (abakus lop). Swipoa adalah alat yang b erb entu k b ingkai u ntu k membantu perhitungan aritmetika sederhana. Pada gambar swipoa di atas terdapat bilangan-bilangan yang digunakan untuk menjelaskan nilai tempat angka.

261 Baca lebih lajut

BENTUK AKAR DAN LOGARITMA SMA

BENTUK AKAR DAN LOGARITMA SMA

√ a , dengan a adalah bilangan pokok/basis dan n adalah indeks/eksponen akar. Bentuk akar dan pangkat memiliki kaitan erat. Bentuk akar dapat diubah menjadi bentuk pangkat dan sebaliknya. Sebelum mempelajari bentuk akar, kamu harus memahami konsep bilangan rasional dan irrasional terlebih dahulu.

21 Baca lebih lajut

pendekatan matematika realistik pada pembelajaran pecahan di smpmateri penataran pada pelatihan nasi

pendekatan matematika realistik pada pembelajaran pecahan di smpmateri penataran pada pelatihan nasi

Kita dapat menelaah Bilangan Pecah dalam pembelajaran matematika SMP melalui 2 (dua) sisi yaitu kedudukan formal Bilangan Pecah dalam konteks kurikulum dan silabus, dan kajian substantif bilangan pecah itu sendiri. Di dalam Pedoman Pengembangan KTSP disebutkan bahwa dalam pembelajaran matematika dapat dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Tujuan pembelajaran bilangan pecahan di SMP dapat disebutkan sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Skim Penambahan Bilangan Pecahan T1 202008090 BAB IV

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Skim Penambahan Bilangan Pecahan T1 202008090 BAB IV

Skim pemecahan bilangan ini digunakan oleh subyek dalam menyelesaikan soal yang diberikan secara simbolik, figuratif, dan soal cerita. Pencentus untuk skim pemecahan bilangan ini yaitu adanya keyakinan bahwa setiap bilangan harus berupa bilangan pecahan. Tindakan operasi untuk skim ini melibatkan aktifitas mengubah bentuk bilangan yang bukan pecahan kedalam bentuk pecahan yang selanjutnya ditambahkan antara bilangan pecahan dengan bilangan pecahan. Hasil untuk skim adalah hasil penambahan bilangan bulat yang sudah dijadikan pecahan dengan bilangan pecahan. Skim pemecahan bilangan ini digunakan oleh 3 subyek.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Kisi Kisi UTS Matematika Kelas 7 Semester 1 KURTILAS   www.soalbagus.com

Kisi Kisi UTS Matematika Kelas 7 Semester 1 KURTILAS www.soalbagus.com

10 Diberikan soal cerita Penjumlahan Bilangan Bulat, siswa dapat menyelesaikannya 11 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan Bilanga[r]

4 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN PENINGKATAN KETRAMPILAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DAN PECAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Jipangan I Boyolali)Sub Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengur

PENDAHULUAN PENINGKATAN KETRAMPILAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DAN PECAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Jipangan I Boyolali)Sub Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengur

sekolah dasar pada pembelajaran operasi hitung dalam pemecahan masalah melalui optimalisasi pengunaan alat peraga, memberikan peningkatan efektifitasnya pada proses kegiatan belajarnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada strategi pembelajaran kelas V sekolah dasar, serta mampu mengoptimalkan pemanfaatan alat peraga sebagai media pembelajaran.

7 Baca lebih lajut

PPT.KK C PROF SD.Awal

PPT.KK C PROF SD.Awal

OVERVIEW MODUL Topik I: Bilangan Cacah dan Operasinya Topik I: Bilangan Cacah dan pada bil cacah KB 3: operasi hitung campuran Topik II: Pecahan Topik II: Pecahan KB 1: lambang pec[r]

134 Baca lebih lajut

PROFIL PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA SEKOLAH MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER VI Marfi Ario Universitas Pasir Pengaraian Email: marfi.ario.92gmail.com Abstract - PROFIL PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA SEKOLAH MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER V

PROFIL PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA SEKOLAH MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER VI Marfi Ario Universitas Pasir Pengaraian Email: marfi.ario.92gmail.com Abstract - PROFIL PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA SEKOLAH MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER V

tingkat SMA adalah Bilangan Real; Aljabar; Geometri dan Transformasi; Dasar-dasar Trigonometri; Limit fungsi Aljabar; Matriks; Kombinatorika; Statistika dan Peluang; Turunan Fungsi Aljabar; Program Linear; Geometri Ruang; Bunga Majemuk, Angsuran, Anuitas; Pertumbuhan dan Peluruhan; Matriks dan Vektor; Induksi matematika; Integral; Logika.

8 Baca lebih lajut

Buku Guru Matematika SMP Penilaian (0035100250) Bab 1

Buku Guru Matematika SMP Penilaian (0035100250) Bab 1

• menyatakan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat dan pecahan, • menyelesaikan operasi hitung: tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada bilangan bulat dan pecahan b[r]

70 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...