Orang Eropa

Top PDF Orang Eropa:

Pengantar ilmu pengetahuan sosial (1)

Pengantar ilmu pengetahuan sosial (1)

ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. Terbentuklah ilmu antropologi dengan melalui beberapa fase. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya. Para ahli mendefinisikan antropologi sebagai berikut :

11 Baca lebih lajut

sejarahindo kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

sejarahindo kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

mengeluarkan ordonansi baru tahun 1754. Ordonansi ini mengatur kendaraan kebesaran. Misalnya kereta ditarik enam ekor kuda, hiasan berwarna emas dan kusir orang Eropa untuk kereta kebesaran gubernur jenderal, sedang untuk anggota dewan hindia, kuda yang menarik kereta hanya empat ekor dan hiasannya warna perak. Nampaknya para pejabat VOC sudah gila hormat dan ingin berfoya-foya. Sudah barang tentu ini juga membebani anggaran. Posisi jabatan dan berbagai simbol kehormatan tersebut tidaklah lengkap tanpa hadiah dan upeti. Sistem upeti ini ternyata juga terjadi di kalangan para pejabat, dari pejabat di bawahnya kepada pejabat yang lebih tinggi. Hal ini semua terkait dengan mekanisme pergantian jabatan di tubuh organisasi VOC. Semua bermuatan korupsi. Gubernur Jenderal Van Hoorn konon menumpuk harta sampai 10 juta gulden ketika kembali ke Belanda pada tahun 1709, sementara gaji resminya hanya sekitar 700 gulden sebulan. Gubernur Maluku berhasil mengumpulkan kekayaan 20-30 ribu gulden dalam waktu 4-5 tahun, dengan gaji sebesar 150 gulden per bulan. Untuk menjadi karyawan VOC juga harus “menyogok”. Pengurus VOC di Belanda memasang tarif sebesar f 3.500,- bagi yang ingin menjadi pegawai onderkoopman (pada hal gaji resmi per bulan sebagai onderkoopman hanya f.40,- perbulan), untuk menjadi kapitein harus menyogok f.2000,- dan untuk menjadi kopral harus membayar 120 gulden begitu seterusnya yang semua telah merugikan uang lembaga (baca Parakitri Simbolon, 2007) . Demikianlah para pejabat VOC terjangkit penyakit korupsi karena ingin kehormatan dan kemewahan sesaat. Beban utang VOC menjadi semakin berat, sehingga akhirnya VOC sendiri bangkrut dan gulung tikar. Bahkan ada sebuah ungkapan, VOC kepanjangan dari Vergaan Onder Corruptie (tenggelam karena korupsi) (R.Z. Leirissa. “Verenigde Oost Indische Compagnie (VOC)” dalam Indonesia dalam Arus Sejarah, 2012).
Baca lebih lanjut

266 Baca lebih lajut

SEJARAH ORANG BARBAR EROPA DI ZAMAN

SEJARAH ORANG BARBAR EROPA DI ZAMAN

Sejarah Eropa kuno biasanya diawali oleh cerita-cerita dari Pulau Kreta yang kemudian diikuti oleh kebudayaan Yunani dan Romawi. Kerajaan-kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya beberapa abad sebelum Masehi dan menjadi kebanggaan orang-orang barat hingga hari ini. Semua kerajaan ini terletak di sekitar Laut Tengah atau Laut Mediteran. Namun, sebenarnya orang barat bukan hanya orang yang berasal dari daerah ini. Ada orang- orang Eropa yang berada di bagian utara dan barat yang merupakan nenek moyang bangsa Eropa saat ini. Lalu, ada di mana mereka dalam peradaban umat manusia saat itu?
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

DAMPAK PERKEMBANGAN ATAU PERLUASAN KEANGGOTAAN UNI EROPA KE EROPA TIMUR BAGI KEAMANAN KAWASAN EROPA

DAMPAK PERKEMBANGAN ATAU PERLUASAN KEANGGOTAAN UNI EROPA KE EROPA TIMUR BAGI KEAMANAN KAWASAN EROPA

Setelah terbentuknya ECSC, ke enam negara tersebut sepakat untuk memperluas integrasi Eropa ke semua bidang ekonomi yakni pada tanggal 25 Maret 1957 melalui Traktat Roma membentuk European Economic Community “EEC” dengan prinsip menuju terciptanya “Common Market (CM)” adalah tahap intregrasi wilayah atau negara-negara dimana pergerakan barang, jasa, modal dan penduduk dibebaskan secara bertahap sampai tidak ada lagi hambatan. 12 Sampai saat ini proyek “CM” masih dalam tahap penyempurnaan, artinya pergerakan barang dagang, jasa, modal dan orang Eropa belum sepenuhnya bebas untuk semua negara anggota. Tahun 1973 merupakan tahun pertama ekspansi Uni Eropa dari 6 anggota menjadi 9 anggota dengan bergabungnya Denmark, Irlandia, dan Inggris. Setelah itu, ada Schengen Agreement yang ditndatangani olejh Belanda,
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

Lahirnya V O C Di Indonesia

Lahirnya V O C Di Indonesia

Datangnya orang Eropa melalui jalur laut diawali oleh Vasco da Gama, yang pada tahun 1497-1498 berhasil berlayar dari Eropa ke India melalui Tanjung Pengharapan (Cape of Good Hope) di ujung selatan Afrika, sehingga mereka tidak perlu lagi bersaing dengan pedagang- pedagang Timur Tengah untuk memperoleh akses ke Asia Timur, yang selama ini ditempuh melalui jalur darat yang sangat berbahaya. Pada awalnya, tujuan utama bangsa-bangsa Eropa ke Asia Timur dan Tenggara termasuk ke Nusantara adalah untuk perdagangan, demikian juga dengan bangsa Belanda. Misi dagang yang kemudian dilanjutkan dengan politik pemukiman (kolonisasi) dilakukan oleh Belanda dengan kerajaan-kerajaan di Jawa, Sumatera dan Maluku, sedangkan di Suriname dan Curaçao, tujuan Belanda sejak awal adalah murni kolonisasi (pemukiman). Dengan latar belakang perdagangan inilah awal kolonialisasi bangsa Indonesia (Hindia Belanda) berawal.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Makalah Sejarah tentang Kolonialisme dan

Makalah Sejarah tentang Kolonialisme dan

Sejak abad ke -13, rempah-rempah memang merupakan bahan dagang yang Sejak abad ke -13, rempah-rempah memang merupakan bahan dagang yang sangat menguntungkan. Hal ini mendorong orang-orang Eropa berusaha mencari harta sangat menguntungkan. Hal ini mendorong orang-orang Eropa berusaha mencari harta kekayaan ini sekalipun menjelajah semudera. Keinginan ini diperkuat dengan adanya kekayaan ini sekalipun menjelajah semudera. Keinginan ini diperkuat dengan adanya jiwa penjelajah. Bangsa Eropa dikenal sebagai bangsa penjelajah, terutama untuk jiwa penjelajah. Bangsa Eropa dikenal sebagai bangsa penjelajah, terutama untuk menemukan daerah-daerah baru. Mereka berlomba-lomba meninggalkan Eropa. menemukan daerah-daerah baru. Mereka berlomba-lomba meninggalkan Eropa. Mereka yakin bahwa jika berlayar ke satu arah, maka mereka akan kembali ke tempat Mereka yakin bahwa jika berlayar ke satu arah, maka mereka akan kembali ke tempat semula. Selain itu, orang-orang Eropa terutama Protugis dan Spanyol yakin bahwa di semula. Selain itu, orang-orang Eropa terutama Protugis dan Spanyol yakin bahwa di luar Eropa ada Prestor John (kerajaan dan penduduknya beragama Kristen). Oleh luar Eropa ada Prestor John (kerajaan dan penduduknya beragama Kristen). Oleh karena itu, mereka berani berlayar jauh. Mereka yakin akan bertemu dengan orang- karena itu, mereka berani berlayar jauh. Mereka yakin akan bertemu dengan orang- orang seagama.
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN DAN PENGOLAHAN BUAH SUKUN MENJADI TAPE SEBAGAI MAKANAN KHAS TRADISIONAL.

PEMANFAATAN DAN PENGOLAHAN BUAH SUKUN MENJADI TAPE SEBAGAI MAKANAN KHAS TRADISIONAL.

Sementara itu, sukun adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki tekstur yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai "buah roti" (Ingg.: breadfruit; Bld.: broodvrucht, dll.).

25 Baca lebih lajut

Nilai marxisme dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer - USD Repository

Nilai marxisme dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer - USD Repository

baiknya, sehormat-hormatnya”. Contoh kutipan yang mengandung nilai Marxisme (penghapusan strata sosial) yaitu ”Oh!” serunya pelan. ”Maafkan aku.” Ia terdiam sejenak. ”Tak punya pun baik, ” katanya kemudian. (Maksudnya tidak punya nama keluarga ). Contoh kutipan yang mengandung nilai Marxisme (rasa senasib- sepenanggungan) yaitu ”Keputusan Pengadilan Surabaya menerbitkan amarah banyak orang dan golongan. Serombongan orang Madura, bersenjata parang dan sabit besar, clurit telah mengepung rumah kami, menyerang orang eropa dan hamba negeri yang berusaha memasuki pelataran kami”. Contoh kutipan yang mengandung nilai Marxisme (multikulturalisme) yaitu ”Sikapmu, katanya, sepenuhnya Eropa, telah terlepas dari acuan budak Jawa dari jaman kekalahan semenjak orang Eropa menginjakkan di bumi kelahiranmu”. Contoh kutipan yang mengandung nilai Marxisme (anti-kapitalisme atau persamaan) yaitu ”Tak ada yang mati di jalanan. Dia pun dilindungi hukum Gubermen. Tak ada orang asing mati dikeroyok, hanya karena dia orang asing. Si asing juga dilindungi oleh hukum gubermen”. Kutipan yang berupa kalimat dalam uaraian diatas merupakan contoh data dan makna yang mengandung nilai Marxisme.
Baca lebih lanjut

112 Baca lebih lajut

Gambaran Kehidupan Awal dan Kebudayaan

Gambaran Kehidupan Awal dan Kebudayaan

Pada awalnya, Amerika merupakan tanah daratan yang tak berpenghuni yang luasnya lebih dari 9 juta kilometer persegi. Suku bangsa yang pertama kali menginjakkan kaki pada daratan tersebut bukanlah bangsa yang berasal dari Eropa, melainkan orang-orang yang berasal dari bangsa Asia yang kelak menjadi suku Indian. Orang-orang Eropa yang pertama tiba di Amerika Utara pada abad ke 16 menyebut orang Asia yang sebelumnya telah menempati daerah tersebut sebagai orang Indian, karena mengira mereka telah tiba di India.

7 Baca lebih lajut

Laporan Triwulan IV Tahun 2015 Deputi Ekonomi Bappenas

Laporan Triwulan IV Tahun 2015 Deputi Ekonomi Bappenas

Grafik di atas menunjukkan nilai dan pertumbuhan ekspor Indonesia dari triwulan pertama pada tahun 2014 hingga triwulan keempat tahun 2015. Nilai ekspor produk industri pada triwulan IV 2015 mencapai USD25,4 miliar. Jumlah tersebut lebih rendah 13,72 persen dari Triwulan IV pada tahun 2014 (YoY). Salah satu hal yang menyebabkan penurunan ekspor Indonesia ini adalah menurunnya permintaan dari pasar utama produk ekspor Indonesia, seperti Jepang, Eropa, dan Tiongkok. Penurunan ekspor industri yang sudah berlangsung selama lima kuartal berturut-turut haruslah menjadi hal yang mendapatkan perhatian serius bagi para pemangku kebijakan untuk segera mengeluarkan kebijakan khusus yang mampu untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia di tengah kondisi perekonomian global yang belum pulih sepenuhnya. Selain itu, pemerintah juga dapat menyiapkan alternatif kebijakan lainnya untuk mendukung penyerapan produk industri, yakni dengan cara memperkuat pasar domestik untuk mengkonsumsi hasil industri Indonesia.
Baca lebih lanjut

153 Baca lebih lajut

HUKUM PERDATA LENGKAP UII

HUKUM PERDATA LENGKAP UII

orang-orang yang dalam pergaulan hukum bertindak bersama-samasebagai suatu subyek hukum tersendiri. Karena itu, korporasiini merupakan badan hukum yang beranggota, tetapimempunyai hak-hak dan kewajiban- kewajiban sendiri yangterpisah dengan hak-hak dan kewajiban-kewajiban paraanggotanya. Misalnya: PT, koperasi dan sebagainya.

98 Baca lebih lajut

EVOLUSI PERKEMBANGAN KOTA SURABAYA pdf

EVOLUSI PERKEMBANGAN KOTA SURABAYA pdf

Pada tahun 1946 van imhoff yang ditunjuk menjadi Gezaghebber in den Oostthoek pada saat itu memerintahkan ir. Muller untuk memetakan daerah Surabaya. Dari sinilah awal peadaban perkotaan tentang peta pertama di Surabaya di buat. van imhoff juga menguatkan system-sitem pertahanan yang ada pada wilayah ini. Para kolonial ini merekrut paksa orang-orang pribumi yang ada di wilayah ini. Maka orang-orang yang tidak setuju terhadap paksaan belanda melakukan perpindahan ke daerah lain.

8 Baca lebih lajut

publikasi  40hari

publikasi 40hari

Di tahun-tahun belakangan, guru-guru Islam telah dipekerjakan di mesjid-mesjid dan sekolah-sekolah di Fiji. Sumber keuangan dari Saudi Arabia telah dipergunakan untuk mengatur perjalanan kaum Muslim lokal ke Mekah. Dalam 20 tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah orang Muslim yang mengenakan busana Arab (dipandang sebagai cara membuat mereka menjadi "Muslim sejati"). Tetapi mayoritas tetap sebagai Muslim tradisional, walaupun mereka biasanya bereaksi keras jika seseorang menjadi Kristen. Mayoritas Muslim tinggal di daerah barat dari pulau yang terbesar. Mesjid yang pertama dibangun di Navau pada tahun 1900, sekarang ada sekitar 200 mesjid dan mushola di Fiji. Komunitas Muslim di perkampungan dapat terlihat jika ada sebuah mesjid atau mushola. Tapi di perkotaan terutama di Ibukota Suva, kaum Muslim berbaur dengan yang orang lain.
Baca lebih lanjut

82 Baca lebih lajut

PENDIDIKAN ISLAM ANTARA INVESTASI EKONOM

PENDIDIKAN ISLAM ANTARA INVESTASI EKONOM

Saat ini, adanya ujian nasional yang dianggap menjadi tolak ukur kelulusan seseorang dalam menempuh pendidikan formal. Dengan materi yang diujikan rata-rata bersifat esakta bukan humaniora, serta jika kedua konsentrasi pengetahuan itu disandingkan maka yang mendapat perhatian yang lebih serius adalah pelajaran yang bersifat esakta seperta matematika, fisika, kimia. Ini menandakan bahwa setiap orang yang hidup di negeri ini seolah-olah diharapkan bisa menjadi tokoh ilmuan secara keseluruhan. Karena jika dikaji dari segi minat, peserta didik juga lebih tertarik untuk memahami ilmu yang bersifat esakta dibandingkan dengan yang bersifat humaniora.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Bahasa Jerman Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bahasa Jerman Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam kontinuum variasi bahasa di Eropa Tengah bagian utara, "bahasa Jerman" adalah semua bahasa yang telah mengalami pergeseran bunyi Germanik kedua. Dengan demikian, ke dalam lingkup ini masuk berbagai bahasa yang dipakai di Jerman selatan, sehingga bahasa Jerman dikenal pula sebagai bahasa Jerman Hulu.

7 Baca lebih lajut

Konsepsi Pemetaan Peradaban Islam Kawasa

Konsepsi Pemetaan Peradaban Islam Kawasa

Pertama, penduduk asli yang kemudian memeluk Islam. Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang Amerika Serikat tertarik terhadap agama Islam. Pertama, kehampaan hidup di antara warga Amerika, walaupun mereka hidup dalam kemewahan dan harta berlimpah, tetapi hal tersebut tidak diikuti dengan ketenangan batinnya. Kedua, Islam dianggap satu-satunya agama yang tidak membedakan ras, warna kulit, pekerjaan dan lain sebagainya. Ketiga, Islam dianggap sebagai agama yang dapat memberi

16 Baca lebih lajut

ANALISIS GEOPOLITIK PENOLAKAN JERMAN TERHADAP AKSESI FULL MEMBERSHIP TURKI MENUJU UNI EROPA PRADIPTA ADITYA SIAGIAN 071211233021 PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL, UNIVERSITAS AIRLANGGA ABSTRAK - ANALISIS GEOPOLITIK PENOLAKAN JERMAN TERHADAP AKSESI FUL

ANALISIS GEOPOLITIK PENOLAKAN JERMAN TERHADAP AKSESI FULL MEMBERSHIP TURKI MENUJU UNI EROPA PRADIPTA ADITYA SIAGIAN 071211233021 PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL, UNIVERSITAS AIRLANGGA ABSTRAK - ANALISIS GEOPOLITIK PENOLAKAN JERMAN TERHADAP AKSESI FUL

Keraguan ini mulai muncul di Jerman ketika kaum Euro-Skeptis mulai menyuarakan pendapatnya di pemerintahan Jerman dengan tujuan untuk dapat dibawa menuju politik Uni Eropa. Adanya pertumbuhan kaum Euro-Skeptis ini juga didukung oleh meratanya sebaran posisi dari kaum Euro-Skeptis tersebut di dalam pemerintahan (Taggart & Sczerbiak 2008). Kaum Euro-Skeptis sekarang lebih strategis posisinya, dan mulai dapat memainkan peranan penting dalam politik pemerintahan sebuah negara. Kaum Euro-Skeptis memang harus masuk melalui dari berbagai pihak, baik dari partai penguasa maupun partai oposisi, karena bila hanya berada di satu sisi saja, kemungkinan agenda mereka terdengar menjadi kurang (Taggart & Sczerbiak 2008). Berada pada dua kutub pemerintahan memungkinan kaum Euro-Skeptis untuk lebih dapat menguasai dinamika politik negara masing-masing. Fenomena menyebarnya kaum Euro-Skeptis ini tidak hanya dirasakan oleh Jerman saja, tetapi rata dengan semua neagra di Uni Eropa. Posisi kaum Euro-Skeptis menjadi semakin strategis apabila terdapat sinergi antar kaum-kaum yang ragu dengan Uni Eropa ini dalam politik Uni Eropa.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

DARI INDISCHE VEREENIGING HINGGA PERHIMP

DARI INDISCHE VEREENIGING HINGGA PERHIMP

Perlahan-lahan, jumlah orang Indonesia di negeri Belanda semakin meningkat terutama menjelang abad XX. Dibukanya Terusan Suez pada 1869 mempercepat lalu lintas manusia, modal dan barang dari Belanda ke Hindia Belanda dan sebaliknya. Perjalanan yang biasanya memakan waktu tiga bulan dengan kapal layar menjadi 40 hari, dan kemudian 17 hari (Simbolon, 2006). Pada saat yang hampir bersamaan, ide tentang hutang budi bangsa Belanda kepada penduduk Hindia Belanda yang mendasari politk etis mengemuka. Salah satu program politik etis yang diusulkan oleh van Deventer adalah edukasi yang mendorong banyak anak-anak dan pemuda Indonesia untuk mengenyam pendidikan hingga ke negeri Belanda maupun negara Eropa lainnya.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

THE WORLD UNTIL YESTERDAY (DUNIA HINGGA KEMARIN)

THE WORLD UNTIL YESTERDAY (DUNIA HINGGA KEMARIN)

Berlanjut dari pandangan agama di atas, Daimond menjelaskan fungsi agama menurut masyarakat tradisional pra-sains tentang segala sesuatu yang mereka jumpai, tentu saja tanpa kemampuan nubuat untuk membedakan antara penjelasan-penjelasan yang kini dianggap para ilmuwan alami dan ilmiah, yang kini dianggap para ilmuwan sebagai supranatural dan religius. Misalnya, masyarakat Papua yang menawarkan banyak penjelasan mengenai perilaku burung yang oleh ahli ornitologi modern dianggap tajam dan masih akurat (misalnya, berbagai fungsi kicauan burung) bagi ahli ornitologi tidak lagi diterima dan dianggap sebagai supranatural (misalnya, kicauan spesies burung tertentu merupakan suara orang yang telah berubah menjadi burung). Ada juga mitos asal usul, seperti mitos orang tribal dan kitab kejadian, tersebar luas untuk menjelaskan keberadaan alam semesta manusia dan keanekaragaman bahasa (hlm. 438).
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

 this  file 64 104 1 SM

this file 64 104 1 SM

proses dalam keluarga dan sosialisasi budaya yang dipengaruhi oleh budaya lain, dan perkembangan pribadi. Identitas sosial, dibangun dari identitas pribadi terdiri dari karakteristik yang membuat seseorang berbeda dari orang lain di kelompoknya. Karakteristik itu membuatnya unik dan bagaimana seseorag memandang dirinya sendiri. Markus dan Kitayama dalam Samovar (2010:192) menyatakan bahwa orang yang berasal dari budaya yang berbeda memiliki pandangan yang berbeda mengenai dirinya, orang lain, dan ketertarikan diantara keduanya. Orang yang berasal dari budaya individualis, seperti Amerika Serikat, dan Eropa Barat menunjukan perbedaaan dengan orang lain, namun mereka yang berasal dari budaya kolektif cendrung menekankan keanggotaan mereka dalam suatu kelompok atau hubungan mereka dengan yang lainnya. Identitas diri sebagai susunan gambaran diri anda sebagai seseorang. Dalam budaya Yunani, identitas di pahami sebagai sesuatu yang bersifat pribadi dan seseorang melihat diri bertentangan atau berbeda dengan identitas yang lain. Menurut Michael Hecht dan koleganya, teori komunikasi tentang identitas tergabunglah konsep individu, komunal dan publik. Menurut teori tersebut identitas merupakan penghubung utama antara individu dan masyarakat serta komunikasi merupakan mata rantai yang memperbolehkan hubungan ini terjadi. Identitas adalah “kode” yang mendefinisikan keanggotaan dalam komunitas yang beragam kode-kode yang terdiri dari symbol-simbol seperti bentuk pakaian, dan kepemilikan, status dan kata-kata seperti deskripsi diri atau benda yang biasanya anda katakan dan makna yang anda dan orang lain hubungkan terhadap benda-benda tersebut.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...