"orang sakit"

Top PDF "orang sakit":

Doa-doa Bagi Orang Sakit

Doa-doa Bagi Orang Sakit

Sungguh Islam datang menganjurkan untuk memperhatikan hak-hak orang sakit, menziarahinya, mendoakan kesembuhan dan kesehatan untuknya. Islam juga menjelaskan beberapa doa yang baik untuk diucapkan saat menjenguk orang sakit. Semua bentuk perhatian dan doa ini dikarenakan keberadaan orang-orang beriman adalah ibarat tubuh yang satu. Apa saja yang membahagiakan seorang mukmin akan membahagiakan kaum mukminin seluruhnya. Dan apa saja yang menyakiti seorang mukmin akan menyakiti kaum mukminin seluruhnya. Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari Nu’man bin Basyir Radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Baca lebih lanjut

69 Baca lebih lajut

STIGMA MASYARAKAT TERHADAP ORANG SAKIT JIWA

STIGMA MASYARAKAT TERHADAP ORANG SAKIT JIWA

Stigma negatif merupakan suatu noda atau cacat yang mengagap orang sakit jiwa sebagai orang yang di takuti di masyarakat . Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa lebih dari sebagian memiliki stigma negative berdasarkan penelitian hanya sebagian kecil memiliki stigma yang positif

5 Baca lebih lajut

Pastoral orang sakit bagi pasien kanker pasca kemoterap.

Pastoral orang sakit bagi pasien kanker pasca kemoterap.

Skripsi yang berjudul PASTORAL ORANG SAKIT BAGI PASIEN KANKER PASCA KEMOTERAPI dipilih karena dewasa ini semakin sedikit orang yang mau terjun di dalam pelayanan pendampingan pastoral terlebih kepada orang sakit. Pengalaman sakit bukanlah pengalaman yang membahagiakan. Orang cenderung merasa kesepian, merasa tidak berdaya dan tidak berguna karena segala keperluan untuk hidup dilayani oleh orang lain. Bahkan ada juga yang merasa bahwa pengalaman ini merupakan hukuman atas apa yang sudah dia lakukan selama ini di dunia, sehingga orang yang bersangkutan merasa dunia mengucilkannya. Penyakit yang cukup ditakuti oleh sejumlah orang di dunia adalah kanker. Kanker merupakan masalah kesehatan dari banyak negara di dunia yang menjadi perhatian serius di bidang kedokteran. Hal ini disebabkan oleh jumlah korban yang terus meningkat dari tahun ke tahun dan belum ditemukan cara yang efektif untuk pengobatannya. Terdapat sejumlah ragam pengobatan kanker yang selama ini sudah dicoba dilakukan untuk mengatasi penyakit kanker ini di antaranya adalah melalui pembedahan (operasi), penyinaran (radiasi), dan terapi kimia (kemoterapi). Salah satu yang menjadi perhatian dalam pembahasan ini adalah pengobatan dengan menggunakan metode kemoterapi. Dari sejumlah data-data hasil penelitian, diungkapkan bahwa pada penderita kanker yang menjalani pengobatan dengan radioterapi/terapi kimia (kemoterapi) akan menunjukkan efek samping yang cukup besar, seperti semakin memburuknya kemampuan fungsi seksual, lebih mudah mengalami gangguan somatisasi, dan timbulnya gangguan psikososial. Bertitik tolak pada permasalahan ini, maka skripsi ini dimaksudkan untuk membantu memberikan pendampingan secara spiritual kepada pasien kanker pasca kemoterapi.
Baca lebih lanjut

184 Baca lebih lajut

Panduan Ibadah Puasa Orang Sakit Di Bulan Ramadhan

Panduan Ibadah Puasa Orang Sakit Di Bulan Ramadhan

Beliau menjawab, “Iya Benar, Makna kalimat ini (hauqalah) adalah pengakuan manusia akan tidak berdaya serta lemahnya dirinya dan berharap agar Rabb-nya memberikan kekuatan padanya, seakan-akan ia (si sakit) berkata, ‘wahai Rabb- ku, hamba tidak memiliki daya dan tidak bisa mengubah keadaan, tidak pula memiliki upaya dalam melakukan amal kecuali dengan bantuan- Mu, Hamba membutuhkan taufik dan bantuan- Mu. Dalam kalimat ini terdapat pengakuan ketidakmampuan dalam daya dan upaya karena hanya Allah Ta’ala yang memilikinya. Ia membantu dan menolong hamba-Nya dalam urusan agama dan dunia.” 25
Baca lebih lanjut

114 Baca lebih lajut

PENDAMPINGAN PASTORAL ORANG MENJELANG AJAL

PENDAMPINGAN PASTORAL ORANG MENJELANG AJAL

Mengingat situasi dan keadaan orang sakit/pasien begitu kompleks kiranya rawatan fisik atau pelayanan secara medis belumlah cukup. Orang sakit juga membutuhkan kebutuhan ekonomis yaitu untuk biaya pengobatan dan keperluan lainnya. Kebutuhan sosial yaitu kebutuhan akan kehadiran orang lain sebagai teman yang memberikan rasa aman dan mengurangi rasa takut karena merasa sendirian. Kebutuhan emosional yaitu kebutuhan untuk diperhatikan, dilindungi dan dijaga. Orang sakit/pasien akan merasa aman apabila ada orang yang ikut serta dalam situasinya. Pasien sungguh peka terhadap perhatian orang-orang disekitarnya. Kebutuhan intelektual yaitu kebutuhan akan pengetahuan atau keterangan mengenai apa yang sedang dialaminya dan tindakan- tindakan yang dilakukan terhadap dirinya.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Promosi Kesehatan dan Di RS

Promosi Kesehatan dan Di RS

Ditinjau dari tempat pelaksanaan atau tatanan (setting) promosi kesehatan seperti telah diuraikan sebelumnya, rumah sakit adalah termasuk tatanan institusi pelayanan kesehatan. Dengan demikian maka promosi kesehatan ini adalah promosi kesehatan yang dikembangkan di rumah sakit dalam rangka untuk membantu orang sakit atau pasien dan keluarganya agar mereka dapat mengatasi masalah kesehatannya, khususnya mempercepat kesembuhan dari penyakitnya. Dari segi psikososial orang yang sedang sakit atau keluarga dari orang yang sakit adalah dalam kondisi ketidakenakan: rasa sakit, kekhawatiran, kecemasan, kebingungan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, mereka ini sangat memerlukan bantuan bukan saja pengobatan, tetapi bantuan lain seperti informasi, nasihat, dan petunjuk-petunjuk dari para petugas rumah sakit berkaitan dengan masalah kesehatan atau penyakit yang mereka alami.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Makalah Pendapat Empat Mazhab Tentang Sh

Makalah Pendapat Empat Mazhab Tentang Sh

Sebab kedua, adalah sakit. bagi orang sakit yang susah untuk berdiri pada setiap kali shalat atau ia susah untuk wudhu', seperti orang yang sakit perut, maka ia boleh menjama' antara Zhuhur dan Ashar, dan antara Maghrib dan Isya' secara simbolis, misalnya dengan cara melaksanakan Zhuhur pada akhir waktunya yang ikhtiyari dan melaksanakan Ashar pada awal waktunya yang ikhtiyari, serta melaksanakan shalat Maghrib sesaat sebelum hilangnya mega (merah) dan melaksanakan shalat Isya' pada awal hilangnya mega (merah). Ini bukanlah jama' hakiki, karena masing-masing shalat itu tetap dilaksanakan pada waktunya. Yang demikian itu hulnrmnya boleh, tidak makruh. Dan bagi orang yang melakukannya itu memperoleh keutamaan awal waktu. Berbeda halnya dengan orang yang tidak ada uzdur, sekalipun ia boleh melaksanakan shalat jama' secara simbolis, akan tetapi ia telah kehilangan fadilah (keutamaan) awal waktu.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PEMBERDAYAAN MUSTAD‘AFIN MELALUI FILANTROPI ISLAM

PEMBERDAYAAN MUSTAD‘AFIN MELALUI FILANTROPI ISLAM

Hutang bisa untuk kepen- tingan konsumtif maupun pro- duktif. Hutang di mana jum- lahnya sudah terlampau berat dan si gharim tidak memiliki kekayaan apa pun untuk me- nutupi hutangnya karena pailit (mughram), maka hutang se- macam ini dapat dibayar dari pembiayaan zakat (zakat fund) tanpa memandang apakah hutang tersebut berada di ba- wah kontrak untuk kepen- tingan pribadi atau untuk kepentingan umum. Beberapa contoh hutang dalam kontrak pertama adalah pinjaman untuk orang sakit, menikah, kerugian dalam bisnis atau kepemilikan, dan sebagainya. Contoh-contoh untuk hutang dalam kontrak kedua bisa berupa kasus-kasus di mana jaminan pembayaran atas nama orang lain seperti hutang karena kewajiban membayar uang tebusan atau diyat untuk pembunuhan tak disengaja, ganti rugi, dan orang tersebut tidak memiliki cukup kekaya- an untuk memenuhi tanggung jawabnya. Dalam sejarah kita mengenal bahwa orang-orang Yahudi, Roma, dan Arab pra Islam biasa mengijinkan per-
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Telah tersedia aplikasi Kisah Muslim untuk iPhone

Telah tersedia aplikasi Kisah Muslim untuk iPhone

Beberapa sahabat Nabi tersebut tidak ikut keluar dari Madinah (untuk berjihad) karena sakit atau uzur lainnya, namun mereka mendapat pahala sama dengan orang orang yang keluar berperang dengan raga dan harta bendanya. Yang demikian itu adalah karunia Allah yang diberikan Nya kepada siapa yang Dia kehendaki. Jadi, meraih karunia dan pahala dari Allah itu sesungguhnya dapat diperoleh dengan kemauan keras, ketulusan kehendak dan kebulatan tekad sekalipun tidak bisa beramal karena suatu uzur. Ibnu Rajab pernah berkata, “Keutamaan itu tidak diraih dengan banyaknya amal jasmani, akan tetapi diraih dengan ketulusan niat kepada Allah , benar lagi sesuai dengan sunnah (Nabi ) dan dengan banyaknya pengatahuan dan amalan hati.” ( % + halaman 52). Maka dari itulah Bakar bin Abdullah Al Muzani pernah mengatakan tetang rahasia di balik terdepannya Abu Bakar Ash Shiddiq atas semua sahabat Nabi, “Abu Bakar terdepan atas semua mereka bukan karena puasa atau shalat (yang ia lakukan), akan tetapi karena sesuatu yang terpancang kokoh di dalam dadanya.”
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN.

TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN.

Pelayanan kefarmasian termasuk pelayanan utama di rumah sakit, sebab hampir seluruh pelayanan yang diberikan kepada penderita di rumah sakit berintenvesi dengan sediaan farmasi dan/atau perbekalan kesehatan. Proses penghantaran pelayanan, terutama dalam pelayanan farmasi klinik, terdapat titik temu antara instalansi farmasi rumah sakit sebagai pemasok dan konsumen (penderita, dokter, perawat, professional kesehatan lain). Komponen dasar utama dalam farmasi klinik mensyaratkan adanya kegiatan komunikasi antara apoteker dengan penderita, perawat dan profesional kesehatan, konseling kepada penderita dan konsultasi mengenai obat oleh apoteker untuk profesional kesehatan lain (Siregar, 2003).
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Pertanggungjawaban Pidana Rumah Sakit Terkait Dengan Tindak Pidana Lingkungan Hidup Yang Dilakukan Pegawai Rumah Sakit

Pertanggungjawaban Pidana Rumah Sakit Terkait Dengan Tindak Pidana Lingkungan Hidup Yang Dilakukan Pegawai Rumah Sakit

sampai ada yang pengunjung yang jatuh dan menderita faktur, pasien anakjatuh dari tingkat atas mengingat rumah sakit bertingkat tinggi dan lain- lainnya. Di Amerika masalah ini di atur di dalam Occupier’s Liability Act. Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit, Pasal 46 menyebutkan bahwa rumah sakit bertanggungjawab secara hukum terhadap semua kerugian yang ditimbulkan atas kelalaian yang dilakukan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit. Akan tetapi Pasal 45 ayat 1 menyatakan bahwa rumah sakit tidak bertanggungjawab secara hukum apabila pasien dan/atau keluarganya menolak untuk menghentikan pengobatan yang dapat berakibat kematian pasien setelah adanya penjelasan medis yang komprehensif. Pasal 45 ayat 2 juga menyebutkan bahwa rumah sakit tidak dapat dituntut dalam melaksanakan tugas dalam rangka menyelamatkan nyawa manusia.31
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

Penerimaan diri pada penderita glaukoma

Penerimaan diri pada penderita glaukoma

Apabila seorang individu itu yang tidak memiliki konsep diri stabil, maka terkadang individu tersebut akan menyukai dirinya, dan kadang ia tidak menyukai dirinya sehingga akan sulit menunjukan pada orang lain siapa dirinya yang sebenarnya. Menurut Rogers ( dalam Alwisol, 2008 ) konsep diri merupakan konsepsi orang mengenai dirinya sendiri, ciri - ciri yang dianggapnya menjadi bagian dari dirinya. Konsep diri juga mengggambarkan pandangan diri dalam kaitannya dengan berbagai perannya dalam kehidupan dan hubungan interpersonal. Menurut Feist dan Feist ( 2010 ) konsep diri yang sudah terbangun tidak mungkin membuat perubahan sama sekali . Perubahan biasanya paling mudah terjadi ketika adanya penerimaan dari orang lain, yang membantu seseorang untuk mengurangi kecemasan dan ancaman serta untuk mengakui dan menerima pengalaman – pengalaman yang sebelumnya ditolak .
Baca lebih lanjut

259 Baca lebih lajut

Ketegangan sakit kepala adalah jenis yan

Ketegangan sakit kepala adalah jenis yan

frekuensi. Ketegangan sakit kepala kronis datang dan pergi selama jangka waktu lama. Rasa sakit biasanya berdenyut dan mempengaruhi bagian depan, atas, atau sisi kepala. Meskipun rasa sakit dapat bervariasi dalam intensitas sepanjang hari, rasa sakit hampir selalu hadir. Ketegangan sakit kepala kronis tidak mempengaruhi penglihatan, keseimbangan, atau kekuatan.

4 Baca lebih lajut

Gambaran Makna Hidup Pada Pelaku Percobaan Bunuh Diri

Gambaran Makna Hidup Pada Pelaku Percobaan Bunuh Diri

Saat nilai utama dalam sitem piramidal tersebut hilang, kedua partisipan mengalami perasaan yang tidak meyenangkan yang disertai dengan adanya reaksi atas kesulitan yang dialaminya. Perasaan tidak menyenangkan ini muncul pada partisipan I dalam bentuk perasaan tidak nyaman atas kondisi dirinya yang mengidap penyakit ginjal saat ini sedangkan pada partisipan II muncul dalam bentuk kesedihan mendalam yang berlangsung cukup lama sejak kematian neneknya. Penderitaan menimbulkan reaksi yang berbeda-beda pada orang yang mengalaminya, namun pada kedua partisipan diperoleh reaksi yang sama ata penderitaan, yaitu ”why me reaction”, hanya saja manifestasinya berbeda pada masing-masing partisipan. Partisipan I mempertanyakan pada Tuhan mengapa penyakit ginjal ini diberikan pada dirinya dan bukan pada orang yang banyak melakukan hal jahat, padahal ia sudah hidup dengan cara-cara yang diperintahNya. Sedangkan pada partisipan II, reaksi ini muncul dalam bentuk depresi, dan tidak perduli bahkan pada pemakaman neneknya tersebut. Penderitaan yang dialami oleh partisipan I ditimbulkan oleh rasa sakit (pain) yang diidapnya, dan penderitaan partisipan II ditimbulkan oleh kematian (death) orang yang disayanginya.
Baca lebih lanjut

151 Baca lebih lajut

Karakteristik Odha Yang Berkunjung Ke Klinik VCT Di Rsup H. Adam Malik Medan Tahun 2014

Karakteristik Odha Yang Berkunjung Ke Klinik VCT Di Rsup H. Adam Malik Medan Tahun 2014

Pada tahun 2014, terdapat 5 juta(4.5 juta-5.6 juta)orang hidup dengan HIV/AIDS di kawasan Asia dan Pasifik, serta Sebanyak 240.000 (140.000- 570.000)orang meninggal akibat AIDS. Selain itu, terdapat penambahan 340.000 (240.000–480.000) infeksi baru, dimana 78% diantaranya terdapat di Cina, Indonesia dan India. Serta Terdapat 21.000 (16.000-27.000)infeksi terbaru pada anak-anak di Asia dan Pasifik (UNAIDS, 2015).

7 Baca lebih lajut

Pelajaran 4 Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa

Pelajaran 4 Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa

Nazar merupakan janji yang wajib kita penuhi tetapi kadangkala kita idak sanggup memenuhi janji tersebut karena ada halangan. Contoh: Jika nani saya sembuh dari sakit, saya akan melaksanakan umrah. Apabila sakit yang kita derita selama ini sudah sembuh, kita wajib melaksanakan umrah. Namun, saat itu kita belum mempunyai ongkos untuk pergi umrah. Maka, kita boleh mengganinya dengan membayar idyah kepada sepuluh orang miskin. Jika idak mampu membayar idyah, kita wajib berpuasa selama iga hari.

19 Baca lebih lajut

KESABARAN ANAK DALAM MERAWAT ORANG TUA YANG SAKIT KRONIS  KESABARAN ANAK DALAM MERAWAT ORANG TUA YANG SAKIT KRONIS.

KESABARAN ANAK DALAM MERAWAT ORANG TUA YANG SAKIT KRONIS KESABARAN ANAK DALAM MERAWAT ORANG TUA YANG SAKIT KRONIS.

Masalah kesehatan merupakan masalah kompleks dari berbagai masalah lingkungan yang bersifat alamiah maupun masalah buatan manusia, sosial budaya, perilaku, populasi penduduk, genetika, dan sebagainya. Penyakit merupakan pengakuan sosial bahwa seseorang tidak dapat menjalankan peran normalnya secara wajar. Konsep sehat sakit, yakni suatu keadaan yang berhubungan dengan keadaan badan atau kondisi tubuh kelainan-kelainan serta gejala yang dirasakan. Sehat bagi seseorang berarti suatu keadaan yang normal, wajar, nyaman, dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan gairah. Sedangkan sakit dianggap sebagai suatu keadaan badan yang kurang menyenangkan, bahkan dirasakan sebagai siksaan sehingga menyebabkan seseorang tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari seperti halnya orang yang sehat. Konsep kejadian penyakit menurut ilmu kesehatan bergantung jenis penyakit. Secara umum konsepsi ini ditentukan oleh berbagai faktor antara lain parasit, vektor, manusia dan lingkungannya. Sakit kronis merupakan sakit yang sudah parah (Soejoeti, 2005).
Baca lebih lanjut

124 Baca lebih lajut

Istilah dalam Epidemiologi penyakit menu

Istilah dalam Epidemiologi penyakit menu

7. Kontak – Orang atau binatang sedemikian rupa mempunyai hubungan dengan orang atau binatang yang sakit atau dengan lingkungan yang tercemar yang menyebabkan mereka kemungkinan besar terkena infeksi 8. Kontaminasi – Ditemukannya bibit penyakit dipermukaan tubuh, pakaian, tempat tidur, mainan anak-anak, instrumen, duk atau pada benda-benad lainnya termasuk air dan makanan. Polusi berbeda dengan kontaminasi, dimana polusi diartikan adanya bahan pencemar dalam jumlah yang berlebihan di dalam lingkungan dan tidak harus berupa agen insfeksius. Kontaminasi permukaan tubuh manusia tidak berati orang tersebut berperan sebagai “carrier”.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Kondisi Sanitasi Ruang Rawat Inap Kelas III Dan Penggunaan Desinfektan Terhadap Jumlah Angka Kuman Lantai Di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Kota Padangsidimpuan tahun 2015

Kondisi Sanitasi Ruang Rawat Inap Kelas III Dan Penggunaan Desinfektan Terhadap Jumlah Angka Kuman Lantai Di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Kota Padangsidimpuan tahun 2015

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas. Pada saat ini ada empat macam pelayanan spesialis disediakan yakni pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak serta pelayanan kebidanan dan kandungan. Direncanakan rumah sakit tipe C ini akan didirikan di setiap ibukota kabupaten/kota ( regency hospital ) yang menampung pelayanan rujukan dari Puskesmas.

31 Baca lebih lajut

Ciri Orang Akan Menderita Sakit Wasir (hemoroid)

Ciri Orang Akan Menderita Sakit Wasir (hemoroid)

Bagaimana Cara Merawat Ambeien?? Dalam sebagian besar kasus, perawatan sederhana sementara akan meringankan gejala ambeien menjadi lebih baik tanpa pengobatan. Namun, obat-obatan dan bahkan operasi kadang-kadang diperlukan. Berikut adalah beberapa cara. Ciri Orang Akan Menderita Sakit Wasir (hemoroid)

8 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...