orang Tamil

Top PDF orang Tamil:

Tamil Cultural Centre (Arsitektur Simbiosis)

Tamil Cultural Centre (Arsitektur Simbiosis)

Meski tidak pasti, orang India di Sumatera Utara diperkirakan sudah bermukim sejak sebelum Masehi, yaitu membawa agama Hindu dan Buddha. Mereka selalu berkunjung pada masa arus angin dari India ke Barus pada tiap bulan November dan Desember. Lalu pada sekitar abad ke-4 atau ke-5 Masehi, gelombang dari India Selatan membawa agama Buddha ke Sumatera dan memperkenalkan aksara Nagari yang menjadi cikal bakal penulisan aksara Melayu Kuno, Batak, dan lain-lain. Besar kemungkinan, masyarakat India Tamil telah ikut dalam mobilitas tersebut. Kedatangan masyarakat India Tamil ke Sumatera Utara baru dapat dibuktikan jejaknya secara pasti sejak zaman Hindia Belanda melalui usaha dagang VOC (Verenigde Oost Indische Companie) pada 20 Maret 1602 hingga 31 Desember 1799. Pada saat itulah mereka menginjakkan kaki di ''negeri seberang'' ini. Keahlian membuat jalan dan bekerja di perkebunan tembakau, menjadi alasan pemerintah penjajahan Belanda ketika itu mendatangkan orang-orang dari India. Kedatangan pertama ini lalu disusul oleh gelombang kedatangan kedua pada tahun 1830 sebagai pekerja di perkebunan Belanda di Sumatera Utara (waktu itu Sumatra Timur). Namun, di masa perjuangan kemerdekaan RI, orang-orang India Tamil turut berpartisipasi bahu membahu bersama kaum pribumi untuk merebut kebebasan. Setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, banyak orang Tamil yang ingin kembali ke India. Sekitar tahun 1948, pemerintah India mendatangkan dua kapal, yaitu kapal Sidambaran dan Chandra Bus untuk mengangkut kepulangan mereka. Namun, ternyata banyak di antaranya yang turun di Malaysia dan Singapura saat perjalanan pulang, karena tertarik dengan dua negara yang pernah menjadi bagian wilayah Indonesia di zaman Kerajaan Hayam Wuruk dan patih Gajah Mada itu. Akhirnya banyak orang Tamil yang menetap dan bercocok tanam di sana hingga membuat komunitas sendiri sampai sekarang. Keturunan Tamil sampai sekarang ini masih tetap bertahan di Medan. Kulit hitam, hidung mancung dan kumis lebat menjadi ciri khas kebanyakan keturunan India Tamil di sana.
Show more

101 Read more

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI ETNIS TAMIL DI KISARAN.

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI ETNIS TAMIL DI KISARAN.

Pada masa kolonial orang-orang Tamil bermukim di sekitar lokasi-lokasi perkebunan yang ada di sekitar kota Medan dan Sumatera Timur. Setelah masa kemerdekaan, mereka pada umumnya berdiam di sekitar kota, yang terbanyak di kota Medan, juga di Binjai, Lubuk Pakam, dan Tebing Tinggi dan terus melakukan migrasi sampai ke Kisaran. Migrasi yang datang ke Kisaran untuk tujuan berdagang dan mengisi berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia. Gerak perpindahan kaum migran ke Kisaran tidak terlepas dari tarikan magnet pertumbuhan kota ini sebagai kemajuan ekonomi sehingga dijadikan sebagai tempat untuk perbaikan hidup.
Show more

25 Read more

SEJARAH ETNIS TAMIL DI KOTA BINJAI.

SEJARAH ETNIS TAMIL DI KOTA BINJAI.

Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa Sejarah etnis Tamil di Kota Binjai tidak terlepas dari perkebunan tembakau yang dibuka pada abad ke-19 di Sumatera Timur oleh kolonial Belanda yaitu Jacobus Nienhuys pada tahun 1863 di Deli. Pada masa pemerintahan Belanda, Kota Binjai masih dalam keresidenan Langkat dan menjadi lahan perkebunan. Melihat adanya Kuil Shri Mariamman dan Shri shivan Koil, maka keberadaan etnis Tamil di Kota Binjai sudah cukup berkembang. Kuil Shri Mariamman Kota Binjai berdiri pada tahun 1880 menjadi bukti sejarah yang menyatakan bahwa etnis Tamil sudah berada di Kota Binjai sebelum tahun 1880. Beberapa tempat yang banyak didiami oleh etnis Tamil yaitu di Kelurahan Timbang Langkat, Kelurahan Mencirim, dan Kelurahan Kartini. Sebagai sebuah kelompok etnis, Tamil juga melakukan adaptasi di lingkungan sekitar mereka. Sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern, perubahan-perubahan terjadi di bidang sosial, budaya dan ekonomi pada etnis Tamil di Kota Binjai disebabkan adanya proses adaptasi. Mengenai identitas etnis Tamil di Kota Binjai, mereka lebih suka dan merasa lebih tepat denga n sebutan “Orang India Tamil”, “Hindu Tamil” ataupun “Orang Tamil”. Penyebutan ini lebih sering digunakan karena langsung mengarah pada identitas budaya mereka sebagai etnis Tamil dan sebagai orang India. Mereka juga sudah menyebut dirinya sebagai orang Binjai karena lahir dan besar di Kota Binjai.
Show more

26 Read more

Strategi Bertahan Etnis India Tamil di Kota Medan (Studi Kasus Etnis India Tamil di Kampung Madras )

Strategi Bertahan Etnis India Tamil di Kota Medan (Studi Kasus Etnis India Tamil di Kampung Madras )

Orang-orang IndiaTamil yang datang secara mandiri ke kota Medan pada umumnya memiliki jenis mata pencaharian hidup sebagai pedagang. Di kawasan Kampung Madras banyak orang-orang Tamil yang menjual makanan misalnya martabak keling, rumah makan khas India dan menjual rempah-rempah. Pada saat hari-hari besar agama, orang-orang India ramai untuk berdagang kembang api yang berjejer di sepanjang Jalan Zainul Arifin. Di samping itu, mereka juga berdagang pernak-pernik India, berjualan koran dan majalah di tepitepi jalan, dan berdagang alat-alat olah raga.
Show more

9 Read more

Pangguni Uttiram (Suatu Ritual Hindu-Tamil di Kuil Shri Thendayudabani, Kota Lubuk Pakam, Sumatera Utara)

Pangguni Uttiram (Suatu Ritual Hindu-Tamil di Kuil Shri Thendayudabani, Kota Lubuk Pakam, Sumatera Utara)

Sami Kumberte itu dianggap suci oleh mereka. Dengan demikian tempat tersebut harus terhindar dari sesuatu yang tidak suci, misalnya orang yang sedang haid, atau orang yang belum membersihkan diri setelah melakukan hubungan suami-istri. Orang-orang yang masih dalam keadaan kotor tersebut dilarang masuk ke dalam ruangan atau tempat sembahyang tersebut. Untuk itulah orang Tamil selalu menyediakan sebuah ruangan khusus, kalaupun hanya sebuah peti, maka peti itu harus diletakkan di ruangan tidur anak-anak.

22 Read more

Organisasi Deli Hindu Sabba Di Medan 1913-1942

Organisasi Deli Hindu Sabba Di Medan 1913-1942

Menurut hasil penyelidikan Nilakanta Sastri, batu bertulis Lobu Tua sejaman dengan pemerintahan raja Cola, Kulottunga I yang menguasai wilayah Tamil di India Selatan. Pada waktu terjalin persahabatan kerajaan Cola dan Sriwijaya banyak orang- orang Tamil menetap di Barus. Ketika itu Barus berada di bawah pengaruh Sriwijaya. Sebelum hubungan baik itu, Cola menyerang Sriwijaya (1024), tetapi tidak berhasil menaklukkannya. Memang saat itu India Selatan punya hubungan erat dengan kepulauan Nusantara dan cukup berpengaruh dalam bidang politik, ekonomi, dan kebudayaan. 13
Show more

12 Read more

Gambaran Self Disclosure pada remaja etnis India Tamil

Gambaran Self Disclosure pada remaja etnis India Tamil

Sekarang, populasi Tamil di Sumatera Utara kira-kira 67.000. Mereka telah tinggal di Medan lebih dari dua generasi bahkan juga tinggal berdampingan dan menikah dengan kelompok etnik lainnya serta telah berwarga negara Indonesia (Bangkaru, 2000). Etnis India Tamil dalam kehidupannya sehari-hari telah mengikuti kebiasan lokal Indonesia pada umumnya, makan-makanan Melayu, Batak, Jawa, dan juga Tamil, serta menggunakan pakaian Indonesia sehingga mereka jarang memiliki konflik dengan etnis non India Tamil lainnya. Selain itu, mereka juga masih mempertahankan budaya dan adat istiadat mereka (Mani, 1987). Saat ini, kebanyakan etnis India Tamil bekerja di bidang perdagangan, seperti berjualan makanan, martabak keliling, bumbu, alat-alat olahraga, tekstil, dan sebagainya. Beberapa dari mereka juga bekerja menjadi kontraktor dan pegawai pemerintah walaupun dengan jumlah yang masih sedikit. Selain itu, terdapat sejumlah orang Tamil yang sukses sebagai pengusaha di level daerah maupun nasional (Lubis, 2005).
Show more

106 Read more

Cambridge O Level Tamil (3226)

Cambridge O Level Tamil (3226)

• candidates taking Cambridge O Level Sinhala (3205) may not also take Cambridge O Level Tamil (3206) • candidates taking Cambridge O Level Tamil (3226) may not also take Cambridge O Level Sinhala (3205) Please note that Cambridge O Level, Cambridge IGCSE and Cambridge International Level 1/Level 2 Certiicate syllabuses are at the same level.

26 Read more

Strategi Bertahan Etnis India Tamil di Kota Medan (Studi Kasus Etnis India Tamil di Kampung Madras )

Strategi Bertahan Etnis India Tamil di Kota Medan (Studi Kasus Etnis India Tamil di Kampung Madras )

Modal sosial adalah hubungan sosial yang terjalin dalam kehidupansehari- hari warga masyarakat. Hubungan sosial mencerminkan hasil interaksi sosialdalam waktu yang relatif lama sehingga menghasilkan jaringan, pola kerjasama,pertukaran sosial, saling percaya, termasuk nilai dan norma yang mendasari hubungansosial tersebut. Teori modal socialdi pakai untuk mengetahui bagai bagaimana cara etnis India Tamil yang bertahan di kampung Madras memeprtahankan Eksistensi mereka. Etnis India Tamil walau dalam kehidupan sosialnya berbaur menjadi satu dengan etnis lainnya dan etnis India Tamil sudah menghasilkan jaringan-jaringan social,saling percaya dan kerja sama dengan etnis lainNamun dalam hal semua itu hanya dalam bentuk kekerabatan. jaringan social kerja sama dan kepercayaan yang menghasilkan perekonomian, dalam hal ini etnis India Tamil tidak melakukan itu semua. Mereka dalam perekonomian berdiri sendiri, tidak ada jaringan atau kerja sama diantara mereka dalam segi Ekonomi. Bahkan sebenarnya Etnis India Tamil sangat menyedihkan jika di lihat dari perekonomian mereka.Hanya sedikit dari mereka yang kaya dan bisa berjualan di ruko yang besar.Hal ini di jelaskan Ibu Ritha Tambunan, seorang antropolog di Universitas Sumatera Utara yang melakukan penelitian mendalam mengenai Etnis India Tamil. Hasil berdiskusi dengan Ibu Ritha Tambunan pada tanggal 9 November 2016 beliau menjelaskan :
Show more

89 Read more

TAMIL NADU PUBLIC SERVICE COMMISSION

TAMIL NADU PUBLIC SERVICE COMMISSION

i. Two types of question papers will be set. One type of question paper will contain questions on General Studies (75 items), Aptitude and Mental Ability Test (25 items) and General English (100 items). The other will contain questions on General Studies (75 items), Aptitude and Mental Ability Test (25 items) and General Tamil (100 items). Candidates are given the option to choose either General Tamil or General English for answering the second 100 items apart from answering the first (75+25)100 items on General Studies.

24 Read more

SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN TAMIL MA

SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN TAMIL MA

̨Èó¾ Á¡½Å÷¸û ¦¸¡ñ¼ ¾Á¢úôÀûÇ¢¸û 1960- மக ஆணகட கவளயயநன ரஹகமநனக தலமபக கலகவய அறயககககயயலக அகமசகசரகவ ஆகணயயடகடநலக நதசயய வகக கதநடகககதக தமயழகபகபளகளயகளக நதசயய பளகளயகளநக மநறகறபகபடமக என வலயயறதகத[r]

13 Read more

Cambridge O Level Tamil (3226)

Cambridge O Level Tamil (3226)

• candidates taking Cambridge O Level Sinhala (3205) may not also take Cambridge O Level Tamil (3226) • candidates taking Cambridge O Level Tamil (3226) may not also take Cambridge O Level Sinhala (3205) Please note that Cambridge O Level, Cambridge IGCSE and Cambridge International Level 1/Level 2 Certiicate syllabuses are at the same level.

12 Read more

Cambridge O Level Tamil (3226)

Cambridge O Level Tamil (3226)

Detail Changes to assessment including changes to specimen papers From 2018 onwards, candidates will write their responses in combined question paper and answer booklets, rather th[r]

1 Read more

Perancangan Str Panitia Bahasa Tamil

Perancangan Str Panitia Bahasa Tamil

 Melahirkan pelajar yang mempunyai kecemerlangan akademik dalam bidang bahasa..  Memastikan pelajar dapat mengaplikasikan ilmu pengajaran dalam kehidupan.[r]

9 Read more

dsp bahasa tamil tingkatan 1

dsp bahasa tamil tingkatan 1

DSP BAHASA TAMIL TINGKATAN 1 16 MAC 2012 KEMENTERIAN PELAJARAN MALAYSIA 1.[r]

15 Read more

Pemilihan Bahasa Oleh Masyarakat India Tamil Di Kota Medan

Pemilihan Bahasa Oleh Masyarakat India Tamil Di Kota Medan

Jenjang pendidikan suku Tamil ini sudah ada perubahan dimana saat ini terjadi peningkatan yaitu minimal tamatan SMA dan yang tamat SD hanya sedikit sekali dan bisa dikatakan hampir sudah tidak ada lagi yang bersekolah hanya sampai tingkat SD. Hal ini bisa saja karena mereka menyadari pentingnya dunia pendidikan atau pengaruh ekonomi mereka yang semakin membaik. Namun, ini merupakan salah satu alasan mereka mengapa para Remaja Tamil kurang bisa berbahasa Tamil karena mereka telah bersentuhan dengan bahasa di luar bahasa ibu mereka. Kebanyakan waktu mereka habis di sekolah dan di luar rumah atau di lingkungan yang berbaur dengan berbagai macam suku.
Show more

143 Read more

DSKP KSSM BAHASA TAMIL TINGKATAN 1

DSKP KSSM BAHASA TAMIL TINGKATAN 1

Kurikulum berasaskan standard yang menjadi amalan antarabangsa telah dijelmakan dalam KSSM menerusi penggubalan Dokumen Standard Kurikulum dan Pentaksiran DSKP untuk semua mata pelaja[r]

48 Read more

TAMIL LANGUAGE SHIFT IN KAMPUNG MADRAS MEDAN.

TAMIL LANGUAGE SHIFT IN KAMPUNG MADRAS MEDAN.

Based on data transcript data above, it is clear that Tamil language shift occur shifting. It is caused by bilingualism. When Gayetri speaks Tamil language, but Simran answered by speaking Indonesia. It is marked with “ngomong Indonesia aja lha” (Simran).

16 Read more

SEKOLAH JENIS KEBANGSAAN TAMIL LADANG KU

SEKOLAH JENIS KEBANGSAAN TAMIL LADANG KU

3.7 Membina keyakinan murid bahawa mereka berpontensi untuk Berjaya dalam pelajaran serta menjadi individu, murid dan pemimpin yang cemerlang.. 4.0 JAWATANKUASA PELAKSANAAN Penasihat : [r]

4 Read more

Show all 10000 documents...