Orde Lama

Top PDF Orde Lama:

MATERI I Paradigma Perekonomian Indonesia Orde Lama Orde Baru Reformasi

MATERI I Paradigma Perekonomian Indonesia Orde Lama Orde Baru Reformasi

 Hal ini dapat dipahami karena pada masa itu dapat dikatakan sebagai masa transisi dari Orde Lama ke Orde Baru yang memang perekonomian pada masa tersebut tidak stabil, khususnya yang berkaitan dengan infasi. Keadaan ini berbeda dengan Pelita Il (1974- 1979) yang mengurutkan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi sebagai prioritas pertama, diikuti oleh pemerataan hasil-hasil pembangunan, dan stabilitas perekonomian.

48 Baca lebih lajut

Pancasila pada orde lama orde baru dan r

Pancasila pada orde lama orde baru dan r

PANCASILA DI MASA ORDE LAMA • PADA MASA INI, PANCASILA DIPAHAMI BERDASARKAN PARADIGMA YANG BERKEMBANG PADA SITUASI DUNIA YANG KETIKA ITU DILIPUTI OLEH KEKACAUAN DAN KONDISI SOSIAL-BUDA[r]

10 Baca lebih lajut

INDONESIA PADA MASA ORDE LAMA

INDONESIA PADA MASA ORDE LAMA

Orde Lama berlangsung dari tahun 1945 hingga 1965 dibawah pemerintahan Ir. Soekarno. System pemerintahan yang dianut adalah demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin. Yang menarik adalah pembangunan politik lebih di utamakan daripada pembangunan ekonomi pada masa orde lama. Orde lama membentuk badan – badan negara dengan menyesuaikan fungsinya. Namun dalam proses pasca pembentukan fungsi masing-masingnya belum maksimal, badan eksekutif masih lebih mendominasi. Penekanan pada pembangunan politik membuat munculnya berbagai macam ideology politik yang kemudian ideologi-ideologi tersebut berkompetisi dengan ketat.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PERS PADA MASA ORDE LAMA

PERS PADA MASA ORDE LAMA

Pembreidelan suratkabar juga acapkali dilakukan oleh pemeritah seperti Indonesia Raya, Harian Rakjat, Merdeka, dan lainnya.“Bahasa adalah kekuasaan”, maka pada masa orde baru suratkabar kembali tersandera hampir dalam semua lini dan aspek. Bahasa yang beragam yang hadir pada koran-koran masa orde lama pun harus mandek dengan Ejaan Yang Disempurnakan ala Orde Baru.

5 Baca lebih lajut

Partisipasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Dalam Perubahan Orde Lama – Orde Baru

Partisipasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Dalam Perubahan Orde Lama – Orde Baru

Penelitian ini mencoba menguraikan tentang partisipasi organisasi PMKRI dalam perubahan orde lama menuju orde baru di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap perjalanan dan perjuangan yang dilakukan organisasi-organisasi mahasiswa khususnya oleh PMKRI. Oleh sebab itu skripsi ini lebih melihat bagaimana organisasi mahasiswa memiliki posisi tawar dalam transisi perubahan orde lama menuju orde baru. Peneliti juga melihat adanya pengaruh PKI yang menghegemoni di Indonesia yang menjadi tantangan terbesar di masa itu. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode studi pustaka dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data dan penelitian ini mengandalkan hasil analisis dari data pustaka dan fakta yang diperoleh dari wawancara tokoh-tokoh yang berperan pada masa itu.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

sistem pemerintahan orde lama orde baru

sistem pemerintahan orde lama orde baru

5. Kasimo Plan yang intinya mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Dengan swasembada pangan, diharapkan perekonomian akan membaik (mengikuti Mazhab Fisiokrat : sektor pertanian merupakan sumber kekayaan). Orde Lama telah dikenal prestasinya dalam memberi identitas, kebanggaan nasional dan mempersatukan bangsa Indonesia. Namun demikian, Orde Lama pula yang memberikan peluang bagi kemungkinan kaburnya identitas tersebut (Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945). Beberapa peristiwa pada Orde Lama yang mengaburkan identitas nasional kita adalah; Pemberontakan PKI pada tahun 1948, Demokrasi Terpimpin, Pelaksanaan UUD Sementara 1950, Nasakom dan Pemberontakan PKI 1965.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Partisipasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Dalam Perubahan Orde Lama – Orde Baru

Partisipasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Dalam Perubahan Orde Lama – Orde Baru

Hal ini diperkuat dengan pernyataan sesuai dengan wawancara saya bersama Cosmas Batubara tentang partisipasi PMKRI di masa peralihan orde lama menuju orde baru. Menurutnya, pada saat itu katolik dianggap berperan penting dalam membangun kemerdekaan bangsa.PPMI melakukan kongres ke 5 di jakarta dan pada saat itu pimpinan sidang dianggap jadi presidium karena tidak mencapai kesepakatan. Sikap PMKRI jelas menolak PPMI tergabung dalam IUS, organisasi yg berhaluan kiri. Dengan GMKI karena dari dulu kita jadi observer. Teman-teman dari CGMI dan GMNI. Sikap PMKRI yg paling jelas adalah ketika rapat PPMI mengenai tuduhan- tuduhan CGMI dan GMNI bahwa HMI merupakan organisasi kontrarevolusi. PMKRI membela karena menurutnya HMI bukan organisasi kontrarevolusi yang tidak boleh dibubarkan. Kemudian setelah G30S/PKI PPMI dibawa2 namanya ke dewan revolusi oleh ketuanya bambang dan tergabung ke dalam saudara untung ke PKI. Karena itu organisasi ini dinilai tidak bisa digunakan lagi sebagai perjuangan mahasiswa. Karena itu dibentuklah KAMI dan PMKRI menjadi orang kedua setelah M.Zamroni dari PMII. Presidium pada saat itu periodik bergantian dan saya selaku presidium sering memimpin aksi 10 januari-16 maret dan dipimpin langsung oleh saya. Langkah khusus yang dilakukan PMKRI ketika MPA dan kongres tahun 1967 di bandung yang mengeluarkan deklarasi perlu melakukan perombakan politik. Hasilnya deklarasi mengeluarkan keputusan dimana PMKRI menilai partai politik harus program orientasi tidak perlu menggunakan katolik. Berpolitik tidak boleh dikaitkan dengan agama namun lebih dikaitkan dengan programnya karena PMKRI merupakan organisasi pengkaderan bukan sebagai tujuan. Artinya, PMKRI merupakan tempat mendidik dan melatih insan-insan yang ditempah untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Dia juga mengatakan menurutnya PMKRI sangat mengutuk dengan ideologi komunis karena gereja dimatikan di indonesia china unisoviet. Perjuangan menolak komunis sudah sangat lama dilakukan dan CGMI sebagai salah satu anak organisasi dari PKI tidak pernah setuju dengan kehadiran mereka. Karena pmkri merasa ideologi komunis sangat bertentangan dengan ideologi pancasila karena mengajarkan folosofi materialis dan atheis sehingga kader PMKRI selalu menolak kehadiran ideologi komunis. 57
Baca lebih lanjut

112 Baca lebih lajut

MAKALAH POLITIK DI ERA ORDE LAMA ORDE BA

MAKALAH POLITIK DI ERA ORDE LAMA ORDE BA

Walaupun pengesahan hasil Pemilu 1999 sempat tertunda, secara umum proses pemilu multi partai pertama di era reformasi jauh lebih Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber) serta adil dan jujur dibanding masa Orde Baru. Hampir tidak ada indikator siginifikan yang menunjukkan bahwa rakyat menolak hasil pemilu yang berlangsung dengan aman. Realitas ini menunjukkan, bahwa yang tidak mau menerima kekalahan, hanyalah mereka yang tidak siap berdemokrasi, dan ini hanya diungkapkan oleh sebagian elite politik, bukan rakyat.

11 Baca lebih lajut

PERBEDAAN ANTARA ORDE LAMA DAN ORDE BARU

PERBEDAAN ANTARA ORDE LAMA DAN ORDE BARU

Tugas Dosen : Hj.TITIN DUNGGIO SE.Msi Ilmu Administrasi Publik SUNARTY LABADJO NPM : P136312024 PROGRAM PASCASARJANA STIA BINA TARUNA.[r]

1 Baca lebih lajut

PENYIMPANGA PADA ORDE LAMA ORDE BARU DAN

PENYIMPANGA PADA ORDE LAMA ORDE BARU DAN

Korporatisme ialah sistem kenegaraan dimana pemerintah dan swasta saling berhubungan secara tertutup satu sama lain, yang ciri-cirinya antara lain keuntungan ekonomi hanya dinikmati oleh[r]

6 Baca lebih lajut

Pancasila Pada Orde Lama Orde Baru Dan R

Pancasila Pada Orde Lama Orde Baru Dan R

Widjaja, Indonesia Asia Afrika Non Blok Politik Bebas Aktif Jakarta: Bina Aksara, 1986, hlm.[r]

11 Baca lebih lajut

Islam Pluralis Sebagai Teori Resolutif a

Islam Pluralis Sebagai Teori Resolutif a

Islam dalam perkembangannya sangatlah kental dengan perbedaan, itu nampak dari pandangan keagamaannya, contohnya saja Fiqih (kajian pemahaman dalam hukum Islam), Kalam yang sejak semula telah berbeda-beragam, ini menunjukkan Islam memiliki ruang keterbukaan secara intelektual, tak heran bila Islam melahirkan banyak mazhab darinya. Menariknya di Indonesia, secara historis hampir diketahui banyaknya komunitas, partai, golongan, kelas, paham keislaman yang terklasifikasikan itu merupakan gerak pertumbuhan yang wajar dan konteks; pada mulanya Islam hadir melalui jejaring Ulama Nusantara hingga melewati masa pra kemerdekaan-pasca kemerdekaan, lalu menembus atmosfir pembaharuan dan pembangunan Indonesia baik periode Orde Lama, Orde baru, Reformasi hingga sekarang dari berbagai aspeknya itu merupakan jahitan-sulaman yang tak bisa dinafikan sebagai perkembangannya yang nampaknya masih relative muda. Tak pula dilupakan, bahwa tanah air ini pun mulanya telah menampung beragam kelestarian ajaran dan khasanah tradisi intelektual di dalamnya.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

pertumbuhan ekonomi inklusif ekonomi ilmu

pertumbuhan ekonomi inklusif ekonomi ilmu

Pada awal masa orde baru, stabilisasi ekonomi dan stabilisasi politik menjadi prioritas utama yang dapat mengendalikan masyarakat itu sendiri, karena pada masa orde lama stabilisasi ekonomi dan politik sangat tidak dapat dikendalikan. Maka dari itu, program pemerintah memiliki orientasi pada usaha pengendalian inflasi, penyelamatan keuangan negara dan pengamanan kebutuhan pokok rakyat. Pada awalnya, hal yang paling diutamakan adalah pengendalian inflasi. Sebab pengendalian inflasi mutlak dibutuhkan, karena pada awal 1966 terjadi tingginya tingkat inflasi hingga mencapai kurang lebih 650 % per tahun.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

MAKALAH DAN ORDE DAN BARU.docx

MAKALAH DAN ORDE DAN BARU.docx

Orde Baru adalah sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia. Orde Baru menggantikan Orde Lama yang merujuk kepada era pemerintahan Soekarno.Salah satu penyebab yang melatarbelakangi runtuhnya orde lama dan lahirnya orde baru adalah keadaan keamanan dalam negeri yang tidak kondusif pada masa Orde Lama. Terlebih lagi karena adanya peristiwa pemberontakan G30S/PKI. Hal ini menyebabkan presiden Soekarno memberikan mandat kepada Soeharto untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di Indonesia melalui surat perintah sebelas maret atau Supersemar. Orde Baru hadir dengan semangat "koreksi total" atas penyimpangan yang dilakukan oleh Soekarno pada masa Orde Lama. Orde Baru berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998. Dalam jangka waktu tersebut,ekonomi Indonesia berkembang pesat meskipun hal ini terjadi bersamaan dengan praktik korupsi yang merajalela di negara ini. Selain itu, kesenjangan antara rakyat yang kaya dan miskin juga semakin melebar.
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

PANCASILA DALAM KAJIAN SEJARAH BANGSA IN

PANCASILA DALAM KAJIAN SEJARAH BANGSA IN

PADA ERA ORDE BARU • Setelah orde lama dilengserkan oleh orde baru .Orde baru berkehendak ingin melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 sebagai kritik terhadap orde lama yang telah menyimpa[r]

17 Baca lebih lajut

Makalah Sejarah Lahirnya Orde Baru

Makalah Sejarah Lahirnya Orde Baru

Segala puji hanya milik Allah SWT pemilik segala ilmu pengetahuan. Sebuah prestasi dan kebanggaan tatkala saya dapat menyelesaikan makalah ini denga judul “Lahirnya Orde Baru”. Makalah ini berisikan tentang sejarah bangsa Indonesia, khususnya sejarah Indonesia pada Masa Orde Baru. Lahirnya era orde baru dilatarbelakangi oleh runtuhnya orde lama. Tepatnya pada saat runtuhnya kekuasaan Soekarno yang lalu digantikan oleh Soeharto. Salah satu penyebab yang melata rbelakangi runtuhnya orde lama dan lahirnya orde baru adalah keadaan keamanan dalam negeri yang tidak kondusif pada masa orde lama.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Pertemuan 8 Pemerintahan Orde  dan Orde Baru

Pertemuan 8 Pemerintahan Orde dan Orde Baru

Orde Lama Orde lama adalah sebutan bagi orde pemerintahan sebelum orde baru yang dianggap tidak melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen yang ditandai deng[r]

20 Baca lebih lajut

Narasi tragedi kemanusiaan 1965 pada masa orde baru dan pasca orde baru.

Narasi tragedi kemanusiaan 1965 pada masa orde baru dan pasca orde baru.

dengan adanya pemahaman yang sama terhadap Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 diharapkan persatuan dan kesatuan nasional akan terbentuk dan terpelihara. Melalui penegasan tersebut opini rakyat akan mengarah pada dukungan yang kuat terhadap pemerintah Orde Baru. Sejak tahun 1985 pemerintah menjadikan Pancasila sebagai asas tunggal dan kehidupan berorganisasi. Semua bentuk organisasi tidak boleh menggunakan asasnya selain Pancasila. Menolak Pancasila sebagai sebagai asas tunggal merupakan pengkhianatan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian Penataran P4 merupakan suatu bentuk indoktrinasi ideologi, dan Pancasila menjadi bagian dari sistem kepribadian, sistem budaya, dan sistem sosial masyarakat Indonesia. Pancasila merupakan prestasi tertinggi Orde Baru, dan oleh karenanya maka semua prestasi lainnya dikaitkan dengan nama Pancasila. Mulai dari sistem ekonomi Pancasila, pers Pancasila, hubungan industri Pancasila, demokrasi Pancasila, dan sebagainya. Dan Pancasila dianggap memiliki kesakralan (kesaktian) yang tidak boleh diperdebatkan. 20
Baca lebih lanjut

85 Baca lebih lajut

NARASI TRAGEDI KEMANUSIAAN 1965 PADA MASA ORDE BARU DAN PASCA ORDE BARU

NARASI TRAGEDI KEMANUSIAAN 1965 PADA MASA ORDE BARU DAN PASCA ORDE BARU

dengan koran, majalah ataupun film yang muncul dimasa Orde Baru memiliki peran sangat krusial dalam membentuk opini di masyarakat. Bagaimana dilustrasikan di dalam film mengenai peran masing-masing pihak yang terkait dengan peristiwa tersebut. Lebih menarik lagi adalah jika kita sedikit membandingkan dengan narasi-narasi yang ada pada saat ini, pasca rezim Orde Baru runtuh, saat di mana arus informasi relatif lebih beragam dan informasi mengenai peristiwa jauh lebih terbuka. Jika kita telaah informasi dari kedua era tersebut (Orde Baru dan masa setelah Orde Baru runtuh) terdapat perbedaan narasi di dalamnya, inilah kenapa penulis memandang bahwa studi ini menarik dan penting untuk dikaji, dengan harapan me mberi sedikit “terang” di “gelap” nya peristiwa 1 Oktober 1965 dan tragedi kemanusian yang mengikutinya.
Baca lebih lanjut

83 Baca lebih lajut

Show all 1463 documents...

Related subjects