Partai Keadilan dan Persatuan

Top PDF Partai Keadilan dan Persatuan:

AKTIVITAS POLITIK DAN INTERNET DI INDONE

AKTIVITAS POLITIK DAN INTERNET DI INDONE

Penelitian ini dibatasi hanya pada aktivitas politik di internet oleh 12 partai politik yang mengikuti pemilihan umum legislatif Indonesia 2014. Yaitu, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Golongan Karya (Partai Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB). Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). 12 partai tersebut merupakan partai besar di Indonesia sehingga bisa dijadikan perwakilan dari partai-partai politik lainnya.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Agama Tentang Peran Partai Politik Islam dalam Pendidikan Islam

Contoh Makalah Agama Tentang Peran Partai Politik Islam dalam Pendidikan Islam

Di antara maraknya partai- partai baru yang muncul pada masa reformasi ini ialah lahirnya partai- partai yang menamakan diri sebagai partai Islam, pada masa reformasi tercatat kurang lebih 13 partai politik Islam yang telah berdiri. Namun hanya 8 partai yang mendaftar dan lolos seleksi untuk ikut dalam pemilihan umum 1999. Partai- partai tersebut adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Serikat Islam Indonesia 1905 (PSII 1905) dideklarasikan pada 21 Mei 1998, Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) didirikan 29 Mei 1998, Partai Umat Islam (PUI) pada tanggal 26 Juni 1998, Partai Bulan Bintang (PBB) tanggal 17 Juli 1998, Partai Keadilan (PK) 20 Juli 1998, Partai Politik Islam Masyumi pada tanggal 28 Agustus 1998, dan Partai Persatuan (PP) tanggal 3 Januari 1999. 11
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Sejarah pemilu indonesia Farhan XI Inter

Sejarah pemilu indonesia Farhan XI Inter

Sebanyak 121.588.366 pemilih yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia berpartisipasi dalam pileg 2009. Partai Demokrat yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono berhasil memenangi pileg 2009 dengan meraup 21.703.137 suara atau sebanyak 20,85 persen. Selain itu, ada 8 partai lainnya yang lolos parliamentary threshold, yakni, Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Gerindra.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Pandangan politisi Partai Persatuan Pembangunan terhadap kesetaraan gender

Pandangan politisi Partai Persatuan Pembangunan terhadap kesetaraan gender

Pada awal abad XX, selain perlawanan fisik, juga dilakukan perlawanan melalui gerakan-gerakan. Dalam perjuangan itu tumbuh gerakan-gerakan dengan menggunakan organisasi modern sebagai wadahnya, yang di dalam sejarah politik Indonesia dinamakan pergerakan kemerdekaan, yang bertujuan membebaskan agama dan bangsa dari belenggu penjajahan. Pergerakan berbentuk organisasi ini mulai tumbuh pada pemulaan abad XX. Syarikat Dagang Islam (1905) yang kemudian menjadi Partai Syarikat Islam, Muhammadiyah (1912), Nahdlatul Ulama (1926) dan lain-lain adalah organisasi-organisasi gerakan yang dilahirkan oleh tokoh-tokoh umat Islam dalam upaya memperjuangkan aspirasi umat pada masa penjajahan. Perlawanan yang dimulai secara sporadis, akhirnya terkoordinasi secara nasional dalam bentuk organisasi yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Berbagai macam motivasi telah menjadi penggerak semangat perjuangan tersebut. Tetapi motivasi yang paling mendalam adalah berjuang dengan harapan mendapatkan kemerdekaan dan kebahagiaan di dunia akhirat.
Baca lebih lanjut

115 Baca lebih lajut

DINAMIKA PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN PADA ERA ORDE BARU

DINAMIKA PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN PADA ERA ORDE BARU

Puji syukur ke hadirat Allah Swt. Atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “ Dinamika Partai Persatuan Pembangunan Pada Era Orde Baru ”. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan strata satu (S1) pada Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

12 Baca lebih lajut

DINAMIKA PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN PADA ERA ORDE BARU

DINAMIKA PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN PADA ERA ORDE BARU

bahwa Islam dijadikan sebagai asas partai. PPP sebagai partai yang baru berdiri menjadi wadah partai-partai Islam terdahulunya, menciptakan hentakan kuat dalam perpolitikan di Indonesia. Islam yang dijadikan asas utama PPP menjadi acuan program dan visi demi mencapai tujuan partai. Kemelut dengan pemerintah membuat PPP dianggap sebagai oposisi yang terkadang berkehendak lain dengan pemerintah yang didukung penuh oleh Golkar. Berbagai usaha PPP demi menjaga ideologinya menampakkan betapa gigih perjuangan PPP. Namun Keharmonisan dan kekompakan hubungan NU dan PPP mulai mengalami keretakan. Hal tersebut dapat dilihat dalam menghadapi masalah-masalah yang prinsip seperti RUU Pemilu, masalah Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dimana NU dengan tiga unsur PPP lainnya mempunyai pandangan dan sikap berbeda-beda. Timbulnya konflik internal di PPP disebabkan karena Penggabungan empat Partai Politik Islam sebelumnya bukanlah berdasarkan kehendak atau kepentingan Partai-Partai Islam itu sendiri melainkan karena keharusan untuk menyesuaikan dengan undang-undang yang ada yaitu UU No.3/1975 tentang penyederhanaan sistem partai di Indonesia yang baru berlaku tahun 1975 hal tersebut membuat PPP seakan mengalami krisis identitas. Perjalanan PPP dari masa fusi hingga akhir Pemilu 1997 penuh dengan goncangan yang membuat lika-liku PPP dalam menyongsong tiap pemilu. Dinamika yang muncul memberikan pelajaran bagi PPP dalam menghadapi masalah yang muncul baik intern maupun ekstern. Terlihat dalam perjuangan PPP untuk bisa melebarkan sayapnya kembali dalam perpolitikan Indonesia sehingga PPP menjadi partai yang dapat menjadi wadah dan tempat untuk menyampaikan aspirasi rakyat yang memilihnya.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA KADER PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (Studi Pada Keluarga Kader Partai Keadilan Sejahtera Desa Braja Harjosari, Kabupaten Lampung Timur)

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA KADER PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (Studi Pada Keluarga Kader Partai Keadilan Sejahtera Desa Braja Harjosari, Kabupaten Lampung Timur)

pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari empat orang yang semuanya anggota kader Partai Keadilan Sejahtera yang sudah menikah dan mempunyai anak. Teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display dan verifikasi.

3 Baca lebih lajut

CITRA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMBERITAAN MAJALAH BERITA MINGGUAN TEMPO.

CITRA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMBERITAAN MAJALAH BERITA MINGGUAN TEMPO.

This study aims to determine the image of the Partai Keadilan Sejahtera (PKS) in the main report of Tempo Weekly News Magazine, May 20-26 th , 2013 in terms of the elements of the preparation of the facts (syntactic structure), recounting the facts (the structure of the script), the writing of the facts (thematic structure), and suppression of facts (rhetorical structure). This study uses a constructivist paradigm with qualitative approach Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki’s framing analysis models towards four news published by Tempo.

2 Baca lebih lajut

Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik ( Studi Tentang Ormas Persatuan Indonesia menjadi Partai Persatuan Indonesia)

Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik ( Studi Tentang Ormas Persatuan Indonesia menjadi Partai Persatuan Indonesia)

Partai Politik dianggap sebagai atribut suatu negara dan mempunyai fungsi yang erat kaitannya dengan jalannya pemerintahan. Seperti yang diungkapkan sebelumnya bahwa Partai Politik dapat berfungsi untuk ikut serta dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Partai Politik adalah institusi yang berupa organisasi non- pemerintah, yang didirikan untuk memperjuangkan hak dan kewajiban warga negara dalam rangka mencapai kesejahteraan serta kedaulatan rakyat. Perbedaan Partai Tujuan khusus Partai Politik adalah memperjuangkan cita-citanya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang diwujudkan secara konstitusional. Perlu diterapkan bahwa partai berbeda dengan gerakan. Suatu gerakan merupakan kelompok atau golongan yang ingin mengadakan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga politik atau kadang-kadang malahan ingin menciptakan suatu tata masyarakat yang baru sama sekali, dengan memakai cara-cara politik. Dibanding dengan Partai Politik, gerakan mempunyai tujuan yang lebih terbatas dan fundamental sifatnya dan kadang-kadang malahan bersifat ideologi. Orientasi ini merupakan ikatan yang kuat di antara anggota-anggotanya dan dapat menumbuhakan suatu identitas kelompok yang kuat. Organisasinya kurang ketat dibandingkan dengan Partai Politik. Berbeda dengan Partai Politik, gerakan sering tidak mengadukan nasib dalam pemilihan umum
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Pragmatisme partai islam : studi tentang perekrutan calon legislatif artis oleh Partai Persatuan Pembangunan

Pragmatisme partai islam : studi tentang perekrutan calon legislatif artis oleh Partai Persatuan Pembangunan

PPP memanfaatkan kepopuleran artis dan model hanya untuk meraih suara terbanyak di pemilihan. Fenomena artis dan model terjun ke dunia politik ini sudah menjadi trend untuk partai Islam ataupun partai nasional, memang tidak semua caleg dari kalangan artis dan model gagal dalam pemilihan. “Sejauh ini memang PPP merekrut artis sebagai caleg untuk mengangkat popularitas.” 6 Secara teoritis PPP mencalonkan artis sebagai caleg adalah menunjukkan macetnya proses kaderisasi. 7 Beberapa penyebab macetnya kaderisasi 8 mengakibatkan orang yang mempunyai kemampuan tinggi namun karena minim dana akhirnya tidak bisa meniti jenjang karir secara mulus. Penyebabnya kaderisasi membuat PPP mengalami krisis ketersediaan kader yang handal jadi mau tidak mau PPP bersikap pragmatis dengan mengambil kandidat yang berasal dari luar yaitu artis yang mempunyai elektabilitas dan kemampuan dana yang memadai.
Baca lebih lanjut

99 Baca lebih lajut

POLITIK ISLAM DI INDONESIA PASCA KEMERDEKAAN HINGGA DEMOKRASI TERPIMPIN

POLITIK ISLAM DI INDONESIA PASCA KEMERDEKAAN HINGGA DEMOKRASI TERPIMPIN

Abdul Aziz Thaba ada tiga: pertama, golongan Islam yang menerima penghapusan tujuh kata tersebut atas lobbi M. Hatta dalam pembicaraan mereka pada pagi harinya tanggal 18 Agustus 1945.lagipula kata ketuhanan ditambahkan dengan “Yang Mahan Esa” menurut interpretasi golongan Islam tentang kalimat itu adalah nama lain dari tauhid dalam Islam, sebab Islam lah yang mengenal keesaan Tuhan (tauhid). Kedua, suhu politik sehari setelah proklamasi, terutama di Jakarta, sangat tinggi, maka tidak harus mengalami perdebatan-perdebatan yang mengancam persatuan bangsa. Ketiga, golonggan Islam berharap setelah enam bulan setelah proklamasi akan diadakan pemilihan umum dimana mereka akan ikut serta dan yakin akan memenangkannya mengingat jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Ibid, 157.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Strategi Partai Keadilan Sejahtera PKS S

Strategi Partai Keadilan Sejahtera PKS S

Di banyak negara demokrasi, politik sebagian besar dikuasai oleh pertimbangan-pertimbangan taktis, perilaku taktis serta tindakan yang bersifat jangka pendek dan seringkali terlalu dangkal. Hal ini juga terjadi dalam masyarakat di masa transisi seperti indonesia. Sejak pemilu terakhir, para pengamat politik dan masyarakat menjadi saksi beberapa langkah taktis yang brilian yang dilancarkan para politisi dan partai-partai politik Indonesia. Tetapi, para politisi seringkali menolak adanya pola pikir yang militeristik dengan alasan ’kita tidak dalam keadaan perang, tapi dalam perundingan politik yang damai dan proses-proses lain’ dan ’para lawan politik kami bukanlah musuh’. Padahal, setiap ide politik yang baru (seperti menciptakan atau membubarkan sebuah departemen, pemberian subsidi, dan lain-lain) akan membingungkan masyarakat karena akan mengubah status quo, dan tidak setiap anggota masyarakat mendapat keuntungan
Baca lebih lanjut

92 Baca lebih lajut

Citra Partai Keadilan Sejahtera di Pemilu 2014 (Analisis Wacana Pemberitaan Partai Keadilan Sejahtera pada Media Online Detikcom)

Citra Partai Keadilan Sejahtera di Pemilu 2014 (Analisis Wacana Pemberitaan Partai Keadilan Sejahtera pada Media Online Detikcom)

Melalui pemberitaan tersebut, Detikcom mengemas bagaimana Partai Keadilan Sejahtera yang tengah menghadapi kasus hukum berupaya penyelamatkan citra partainya di masyarakat. Upaya tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan kesolidan antar sesama kader melalui beragam kegiatan yang telah menjadi rutinitas dan perubahan slogan partai menjadi cinta, kerja harmoni. Berdasarkan pengamatan peneliti, pada pemberitaan tersebut, Detikcom pun juga ingin menjelaskan kekuatan kader loyalis yang dimiliki Partai Keadilan Sejahtera. Partai Keadilan Sejahtera dapat bangkit dari keterpurukan usai kasus korupsi import daging sapi. Dengan berbagai kegiatan dan agenda yang dilakukan oleh partai, dirasa telah membangkitkan semangat kader untuk menghadapi pemilu 2014. Hal ini terbukti dengan pencapaian partai yang awalnya diprediksi
Baca lebih lanjut

182 Baca lebih lajut

Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik ( Studi Tentang Ormas Persatuan Indonesia menjadi Partai Persatuan Indonesia)

Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik ( Studi Tentang Ormas Persatuan Indonesia menjadi Partai Persatuan Indonesia)

9. Bapak Rudi Zulham Hasibuan, selaku Ketua DPW Partai Perindo Sumatra utara, Bapak Effendy Syahputra Selaku ketua DPW Ormas Perindo Sumatera Utara, bapak Dr.Bobby Susilo, selaku ketua departemen sosial Ormas perindo Sumatera Utara, Bapak Joko Soekardi selaku wakil sekertaris Ormas Perindo, Ahmad iskandar selaku wakil ketua Pemuda Perindo Sumatera Utara. Yang telah meluangkan waktunya untuk di wawancarai oleh penulis.

7 Baca lebih lajut

Pengaruh Pemikiran Hasan Al Banna tentang Agama dan Politik Terhadap Idiologi Partai Keadilan Sejahtera

Pengaruh Pemikiran Hasan Al Banna tentang Agama dan Politik Terhadap Idiologi Partai Keadilan Sejahtera

Hasan Al Banna adalah seorang pemikir dan pembaharu Islam. Ia adalah seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam periodesasi kebangkitan islam dari segi perpaduan agama dan politik. Pemikiran Hasan Al Banna banyak di adopsi oleh gerakan-gerakan dan partai-partai yang berbasis keislaman, karena dianggap dinamis dan toleran terhadap sistem yang berlaku. Partai Keadilan Sejahtera adalah Partai yang berdiri pada era proses transisi demokrasi di Indonesia. Partai Keadilan Sejahtera didirikan oleh para aktivis dakwah dan sarjana lulusan timur tengah yang secara tidak langsung banyak mendapatkan inspirasi pemikiran dari Hasan Al Banna. Dalam hal ini sejauh mana pemikiran Hasan Al Banna berpengaruh terhadap Idiologi Partai Keadilan Sejahtera, sehingga Partai Keadilan Sejahtera yang bernafaskan islam bisa bertahan dan masih tetap berkiprah di perpolitikan Indonesia, ditengah partai-partai lain yang bernafaskan islam mulai tenggelam di kancah perpolitikan Indonesia.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Keadilan sosial Etika dan Persatuan Tang

Keadilan sosial Etika dan Persatuan Tang

Bagian dari keadilan organisasi yang focus kepada kehidupan sesorang yang berkaitan dengan penerimaan jumlah yang adil dalam penghasilan. Orang-orang percaya jika mereka diberi perjanjian dengan distribusi yang tidak adil, maka akan menimbulkan ketidakpuasan terhadap pekerjaan mereka.

5 Baca lebih lajut

Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik ( Studi Tentang Ormas Persatuan Indonesia menjadi Partai Persatuan Indonesia)

Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik ( Studi Tentang Ormas Persatuan Indonesia menjadi Partai Persatuan Indonesia)

“Untuk pilot project, kami telah membuat branding Partai Perindo pada 10 becak bermotor (Betor) yang mudah-mudahan ini akan mampu mempromosikan Partai Perindo sehingga semakin disukai dan dicintai oleh seluruh warga masyarakat Sumut termasuk di Kota Medan. Selain membuat branding Partai Perindo, juga memberikan terval baru dan perbaikan bak becak gratis untuk membantu abang becak pemilik Betor. Target kami semua Betor di Kota Medan akan terbranding oleh Partai Perindo. Kita sudah dapat 10 becak dulu untuk pilot project yang akan dibawa ke Jakarta. Dan ini terus akan kita lanjutkan, saat ini Partai Perindo juga telah menyediakan sebanyak 440 gerobak Partai Perindo. Selain itu akan membuat koperasi Perindo yang bertujuan agar dapat membantu para pemilik betor untuk meringankan ekonomi mereka saat butuh dana untuk perbaikan Betor atau usaha lainnya. Karena Partai Perindo hadir untuk mensejahterakan rakyat Indonesia. Partai Perindo lahir bukan untuk pribadi Ketua Umum, namun untuk seluruh masyarakat Indonesia.” 56
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik ( Studi Tentang Ormas Persatuan Indonesia menjadi Partai Persatuan Indonesia)

Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik ( Studi Tentang Ormas Persatuan Indonesia menjadi Partai Persatuan Indonesia)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ormas perindo yang bertanformasi menjadi partai politik khususnya di Sumatera Utara yang akan berdampak pada sistem demokrasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai untuk mengetahui keterangan atau informasi segala yang berkaitan tentang perubahan ormas perindo menjadi partai perindo

1 Baca lebih lajut

Tiga Tesis Mengapa PRP Berpeluang Menjad

Tiga Tesis Mengapa PRP Berpeluang Menjad

Itulah argumentasi mengapa kita membutuhkan partai kelas pekerja! Mengapa Partai kelas pekerja tetap relevan dan signifikan pada zaman sekarang? Tanpa adanya partai kelas pekerja, siapa yang akan memimpin satuan-satuan organisasi massa buruh, serikat tani, serikat nelayan, dan kaum perempuan di dalamnya, untuk membangun persatuan kelas, untuk menciptakan syarat perjuangan kelas? Partai kelas pekerja memperjuangkan kekuasaan politik kelas pekerja dengan kepemimpinan kelas pekerja yang terorganisir, dan ideologi kelas pekerja yang memberikan panduan bagi tindakan-tindakan politik kelas pekerja. Kekuasaan politik kelas pekerja menuju pada proyek terwujudnya rezim Sosialisme untuk menggantikan rezim kapitalisme-neoliberal, yang saat ini menindas dan menghisap rakyat demi kepentingan dan keberlanjutan sistem kapitalisme.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

MODEL REKRUTMEN DAN KADERISASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) (Studi di Kantor DPD PKS Kabupaten Lamongan)

MODEL REKRUTMEN DAN KADERISASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) (Studi di Kantor DPD PKS Kabupaten Lamongan)

Partai Keadilan Sejahtera adalah partai dakwah, dalam mewujudkan dakwah tidaklah semuda yang kita bayangkan, artinya dalam melakukan dan mewujudkan dakwah sangat di butuhkan kader-kader dakwah yang berkualitas baik secara Normatif – teoritik dan juga secara praktis- aplikatif, hal ini terkait dengan peluang dan tantangan yang cukup besar yang di hadapi bangsa Idonesia, sebagai bangsa yang mayoritas beragama Islam. Untuk bisa menjawab peluang dan tangtangan tersebut sangan dibutuhkan sosok kader dakwah atau aktivis dakwah yang memiliki kapasitas-kapasitas yang di butuhkan oleh kader pendakwah yaitu, kapasitas Interan yaitu
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...