Pemanfaatan Limbah

Top PDF Pemanfaatan Limbah:

PEMANFAATAN LIMBAH KELAPA SAWIT SEBAGAI

PEMANFAATAN LIMBAH KELAPA SAWIT SEBAGAI

keberlanjutan (sustainable) penggunaan sumber daya alam dan penghematan (efisiensi) terutama bagi limbah yang mempunyai nilai ekonomi. Dengan menggunakan konsep zero emissions pada industri kelapa sawit maka dapat meningkatkan daya saing dan efisiensi kelapa sawit itu sendiri karena sumber daya digunakan secara maksimal yaitu memproduksi lebih banyak dengan bahan baku yang lebih sedikit.Salah satu pemanfaatan limbah pada industri kelapa sawit adalah pemanfaatan limbah sebagai land application. Land application atau aplikasi lahan adalah pemanfaatan limbah cair sebagai pupuk atau bahan penyubur tanah bagi tanaman kelapa sawit itu sendiri. Hal ini dikarenakan limbah cair tersebut mengandung unsur-unsur yang dapat menyuburkan tanah seperti nitrogen, phosphor, dan kalium. Jumlah kalium dan nitrogen dalam limbah tersebut sangat besar sehingga dapat digunakan sebagai nutrisi bagi tanaman kelapa sawit.
Show more

18 Read more

ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH TAHU APU KLATEN (Studi Kasus: CV. Tahu APU (Al Azhar Peduli Ummat) Jatinom, Klaten)  Analisis Pemanfaatan Limbah Tahu Apu Klaten (Studi Kasus: CV Tahu APU (AL Azhar Peduli Ummat) Jatinom, Klaten).

ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH TAHU APU KLATEN (Studi Kasus: CV. Tahu APU (Al Azhar Peduli Ummat) Jatinom, Klaten) Analisis Pemanfaatan Limbah Tahu Apu Klaten (Studi Kasus: CV Tahu APU (AL Azhar Peduli Ummat) Jatinom, Klaten).

Pada proses pemanfaatan padat dilakukan berdasarkan perhitungan ekonomi, dengan proses perhitungan nilai ekonomis menggunakan BEP ( Break Event Point ), NPV ( Net Present Value ), dan PP ( Payback P eriod ). Sedangkan limbah cair dengan melakukan perhitungan perbandingan harga. Hal ini bertujuan agar dalam proses pembuatan peralatan yang relatif mahal seperti pembuatan penampung limbah cair, mesin pengukus dan pengering untuk limbah padat tidak merugikan ukm, atau hasil dari proses pemanfaatan limbah cair dan padat dapat menutup investasi peralatan.
Show more

18 Read more

ppmpelatihan pemanfaatan limbah kertas

ppmpelatihan pemanfaatan limbah kertas

Pelatihan Pengolahan Limbah Kertas menjadi Benda Seni Kerajinan bagi Guru-Guru SD Jejeran Pleret Bantul ini bertujuan untuk memberikan pelatihan ketrampilan pemanfaatan seni limbah kertas pada guru seni budaya SD di kecamatan Pleret Bantul. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Metode Presentasi mengenai pengenalan materi pemanfaatan limbah kertas, pengenalan alat dan teknik pembuatan kerajinan bubur kertas, Metode demonstrasi mengenai pembuatan desain, teknik pembentukan dan pencetakan sesuai desain, dan teknik pewarnaan, dan diakhiri dengan metode praktek langsung secara mandiri dibawah bimbingan tim pengabdi.
Show more

23 Read more

PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN LIMBAH KERAM

PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN LIMBAH KERAM

Sebagian besar mata pencaharian warga Pagerjurang, adalah perajin keramik. Setiap hari mereka memproduksi ribuan keramik. Dalam proses produksi kemungkinan karya keramik mengalami kecacatan. Karya keramik yang cacat menjadi limbah dan hanya dibiarkan menumpuk di daerah tempat tinggal para perajin. Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai kreatifitas masyarakat Pagerjurang adalah dengan melakukan analisis tentang pengelolaan dan pemanfaatan limbah keramik tersebut. Limbah keramik perlu diolah supaya tidak menimbulkan efek negatif di lingkungan masyarakat. Limbah keramik diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan tangan yang menarik seperti aksesoris, souvenir, dan tile keramik. Metode penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan eksperimen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui latar belakang, manfaat, inovasi, serta cara pengolahan limbah keramik. Manfaat penelitian ini agar dapat menambah wawasan untuk para perajin keramik.
Show more

14 Read more

pemanfaatan limbah industri pakaian

pemanfaatan limbah industri pakaian

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di SLTP N 5 Depok Sleman Yogyakarta mulai tanggal 25 Agustus 2005 sampai dengan tanggal 22 September 2005. Kegiatan diselenggarakan selama 7 kali pertemuan. Setiap pertemuan kegiatan dilakukan dalam waktu 4 jam tatap muka dan 2 jam kegiatan terstruktur untuk melanjutkan pekerjaannya di luar jadwal. Bentuk kegiatan pelatihan meliputi ceramah, diskusi-informasi tentang pemanfaatan limbah industri pakaian untuk mengembangkan bahan ajar mulok keterampilan PKK, demonstrasi cara membuat aneka benda kerajinan rumah tangga, dan peserta pelatihan eksperimen mencoba membuat benda serupa dengan sentuhan hiasan yang bervariasi sesuai kreativitas masing-masing peserta.
Show more

18 Read more

PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN LIMBAH TEKSTI

PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN LIMBAH TEKSTI

Limbah rumah Sakit adalah semua limbah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah sakit dan kegiatan penunjang lainnya. Mengingat dampak yang mungkin timbul, maka diperlukan upaya pengelolaan yang baik meliputi pengelolaan sumber daya manusia, alat dan sarana, keuangan dan tatalaksana pengorganisasian yang ditetapkan dengan tujuan memperoleh kondisi rumah sakit yang memenuhi persyaratan kesehatan lingkungan (Said, 1999). Limbah rumah Sakit bisa mengandung bermacam-macam mikroorganisme bergantung pada jenis rumah sakit, tingkat pengolahan yang dilakukan sebelum dibuang. Limbah cair rumah sakit dapat mengandung bahan organik dan anorganik yang umumnya diukur dan parameter BOD, COD, TSS, dan lain-lain. Sedangkan limbah padat rumah sakit terdiri atas sampah mudah membusuk, sampah mudah terbakar, dan lain-lain. Limbah- limbah tersebut kemungkinan besar mengandung mikroorganisme patogen atau bahan kimia beracun berbahaya yang menyebabkan penyakit infeksi dan dapat tersebar ke lingkungan rumah sakit yang disebabkan oleh teknik pelayanan kesehatan yang kurang memadal, kesalahan penanganan bahan-bahan terkontaminasi dan peralatan, serta penyediaan dan pemeliharaan sarana sanitasi yang masib buruk (Said, 1999).
Show more

27 Read more

PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG SEBAGAI

PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG SEBAGAI

Kulit pisang merupakan bahan buangan (limbah buah pisang) yang cukup banyak jumlahnya. Pada umumnya kulit pisang belum dimanfaatkan secara nyata, hanya dibuang sebagai limbah organik saja atau digunakan sebagai makanan ternak seperti kambing, sapi, dan kerbau. Jumlah kulit pisang yang cukup banyak akan memiliki nilai jual yang menguntungkan apabila bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan. Limbah kulit pisang mengandung zat gizi yang cukup tinggi terutama pada vitamin dan mineralnya sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan dengan cara diolah menjadi tepung. Selain dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat makanan. Salah satunya adalah dengan membuat donat dari kulit pisang yang memiliki kandungan gizi yang baik karena kulit pisang memiliki kandungan air 68,9 g, KH 18,5 g, Protein 0,32 g, Lemak 2,11 g, kalsium 715 mg, Fosfor 117 mg, besi 1,6 mg, vitamin B 0,12 mg, dan vitamin C 17,5 mg (Balai Penelitian dan Pengembangan Industri (1982) dalam Suprapti 2005). Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada kulit pisang juga dapat dijadikan alasan untuk menciptakan produk pangan yang berbahan dasar kulit pisang ini, selain karena memanfaatkan limbah juga karena dari segi ekonomi jauh lebih menguntungkan karena kebangyakan pangan sumber kalsium memiliki harga yang cukup tinggi sehingga menyebabkan banyak orang enggan untuk mengkonsumsinya akibatnya keadaan defisiensi kalsium cukup tinggi di Indonesia, keadaan defesiensi kalsium tidak boleh terjadi terutama pada anak- anak karena mereka memerlukan zat ini untuk pembentukan tulang dan gigi mereka.
Show more

14 Read more

pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai

pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai

Sebelum membedah manfaat kulit pisang, tak ada salahnya memahami senyawa apa saja yang terdapat di dalam kulit yang sering dianggap limbah tersebut. Secara umum, kulit pisang banyak mengandung karbohidrat, air, vitamin C, kalium, lutein, anti-oksidan, kalsium, vitamin B, lemak, protein, beragam vitamin B kompleks di antaranya vitamin B6, minyak nabati, serat, serotonin dan banyak lagi lainnya. Semua komponen senyawa ini memiliki beragam khasiat yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, kupit pisang juga ternyata bisa menjadi sumber energi alternatif

54 Read more

Studi Pemanfaatan Limbah Makanan Sebagai

Studi Pemanfaatan Limbah Makanan Sebagai

pati menjadi lebih banyak produk molekul yang ringan. Pengolahan dengan asam encer dapat mengurangi berat molekul pada pati, yang kemudian meninggalkan struktur kristal dari dalam butiran pati yang tidak pecah (BeMiller dan Whistler, 2009). Penambahan HCl tidak selalu menghidrolisis sampel seiring dengan peningkatan konsentrasi melainkan prosesnya lebih bersifat acak. Efek konsentrasi terhadap kecepatan reaksi hanya dapat ditentukan melalui variasi konsentrasi reaktan (Miller, 1991). Menurut Judoamidjojo (1989), mekanisme kerja katalis asam dalam proses hidrolisis molekul pati bersifat acak, sehingga hasil hidrolisis pati menggunakan asam sulit diprediksikan. Dalam pelaksanaan penelitian selanjutnya digunakan HCl 7% untuk hidrolisis sampel limbah makanan. Penentuan tersebut diambil dari hasil konversi pati tertinggi pada uji pendahuluan dengan variasi konsentrasi 3%, 5%, 7%, 10%, 15% dan 20%.
Show more

8 Read more

PEMANFAATAN LIMBAH PADAT TAPIOKA SEBAGAI

PEMANFAATAN LIMBAH PADAT TAPIOKA SEBAGAI

Salah satu jenis industri yang cukup banyak menghasilkan limbah adalah pabrik pengolahan tepung tapioka (tepung singkong). Dari proses pengolahan singkong menjadi tepung tapioka, dihasilkan limbah sekitar 2/3 bagian atau sekitar 75% dari bahan mentahnya. Limbah ini biasa disebut onggok. Warga sekitar pabrik tapioka sangat akrab dengan Bahan yang bernama onggok dan tahu persis sedahsyat apa baunya. Dalam keadaan kering sekalipun, onggok sudah mengeluarkan bau tak sedap, apalagi dalam keadaan basah saat musim hujan. Tidak menghe- rankan bila sering terdengar keluhan para penduduk sekitar pabrik peng- olahan tepung tapioka seperti didae- rah Mesuji, Menggala, Way Jepara (Lampung), atau di sekitar Tayu (Pati), dan di Tasikmalaya (Jawa Ba- rat) (Amri, 1998). Onggok meru- pakan limbah atau hasil samping proses pembuatan tapioka.
Show more

10 Read more

PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI ENE

PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI ENE

Limbah pertanian atau dikenal sebagai biomassa mengandung bahan organik tinggi (yaitu selulosa, hemiselulosa dan lignin) yang memiliki kadar energi. Tetapi ketersediaan biomassa yang cukup melimpah tersebut masih diperlukan perlakuan khusus, karena perbandingan kandungan energi yang dimiliki oleh biomassa lebih kecil dari pada bahan bakar minyak. Rendahnya kandungan energi yang dimiliki oleh biomassa mengharuskan

6 Read more

PENDAHULUAN  Analisis Pemanfaatan Limbah Tahu Apu Klaten (Studi Kasus: CV Tahu APU (AL Azhar Peduli Ummat) Jatinom, Klaten).

PENDAHULUAN Analisis Pemanfaatan Limbah Tahu Apu Klaten (Studi Kasus: CV Tahu APU (AL Azhar Peduli Ummat) Jatinom, Klaten).

Melihat permasalahan di atas, maka ukm tersebut perlu adanya pemanfaatan dan pengolahan limbah tahu yang baik dan dapat memberikan nilai tambah dari limbah tersebut, untuk limbah padat akan di proses menjadi tepung dengan tujuan meningkatkan nilai tambah dari ampas tahu, kemudian harga jual tepung tepung lumayan tinggi. Selanjutnya limbah cair akan di proses menjadi biogas dengan cara menampung limbah cair dan menampungnya sehingga akan keluar gas metana, gas metana tersebut dapat dijadikan alternatif bakhan bakar. Sehingga dengan adanya pemanfaatan limbah padat dan cair akan meningkatkan pendapatan ukm tersebut, dan mampu mengurangi kerusakan lingkungan.
Show more

5 Read more

Pemanfaatan PEMANFAATAN LIMBAH KULIT SIN

Pemanfaatan PEMANFAATAN LIMBAH KULIT SIN

Beberapa sumber bahan baku pakan dari limbah adalah kulit singkong, kulit kentang dan kulit pisang. Secara nutrisi bahan pakan tersebut memiliki kandungan protein yang rendah, sehingga perlu dilakukan usaha manipulasi nutrisi untuk meningkatkan nilai protein bahan pakan tersebut. Manipulasi nutrisi tersebut dapat dilakukan dengan cara mikrobiologi, yaitu memanfaatkan mikroba yang mampu mengeluarkan enzim dan zat lain yang dapat meningkatkan kandungan nitrogen bahan pakan. 6)

8 Read more

potensi pemanfaatan limbah organik

potensi pemanfaatan limbah organik

Pengkomposan adalah proses biologi yang dilakukan oleh mikroorganisme untuk mengubah limbah padat organik menjadi produk yang stabil menyerupai humus. Pengomposan pada dasarnya merupakan upaya mengaktifkan kegiatan mikrobia agar mampu mempercepat proses dekomposisi bahan organik. Yang dimaksud mikrobia disini bakteri, fungi dan jasad renik lainnya.

Read more

Pengembangan Model Proses Produksi Tertutup Pabrik Kelapa Sawit

Pengembangan Model Proses Produksi Tertutup Pabrik Kelapa Sawit

Dari penilaian pakar mengenai pemanfaatan limbah padat, diketahui tandan kosong kelapa sawit (TKKS) adalah alternatif terbaik untuk dijadikan bahan bakar nabati (BBN) dengan bobot 25,7%. Limbah padat lain dapat digunakan sebagai pupuk (bobot 18,2%), mulsa (bobot 15,2%), pakan ternak (bobot 12,1%), bubur kertas (bobot 7,5%), biochar (bobot 5,4%), biofuel (bobot 5,4%), bahan industri (bobot 5,1%) dan briket (bobot 3,4%). Untuk pemanfaatan limbah cair diketahui POME adalah alternatif terbaik untuk menghasilkan gas metana dengan bobot 17,1%. Limbah cair lain dapat digunakan sebagai pupuk (bobot 16%), diproses untuk menghasilkan gas hidrogen (bobot 13,9%), karotin (12,2%), biodisel (bobot 11,1%), air bersih (bobot 10%), penisilin (bobot 10%), pelumas (bobot 5,8%) dan adsorben (bobot 3,9%). Hasil perhitungan ditunjukkan dengan hirarki pengolahan limbah padat dan cair kelapa sawit adalah; Teknologi (36%, 31%): Kelayakan teknis (29%, 27%), Keandalan (17%, 18%), Resiko teknis (11%, 11%), Jangka waktu tahap persiapan (5%, 5%), Jangka waktu tahap implementasi (7%, 8%) dan Kesinambungan kinerja (31%, 32%). Lingkugan (48%, 40%): Tingkat polusi (58%, 56%), Kebutuhan lahan (7%, 9%), Kebutuhan pembuangan limbah ( 35%, 35%). Sosial Budaya (6%, 9%): Keselarasan dengan kebijakan energi nasional ( 53%, 49%), Dukungan terhadap budaya ( 11%, 10%), Dukungan sosial (8%, 10%), Pengaruhnya terhadap karyawan (29%, 31%). Ekonomi (10%, 20%): Biaya implementasi (11%,13 %), Ketersediaan dana (48%, 46%), Nilai ekonomis (41%, 42%).
Show more

Read more

TEKNOLOGI PEMANFAATAN PAKAN BERBAHAN LIMBAH HORTIKULTURA UNTUK TERNAK KAMBING

TEKNOLOGI PEMANFAATAN PAKAN BERBAHAN LIMBAH HORTIKULTURA UNTUK TERNAK KAMBING

dilakukan oleh petani dalam skala kecil sesuai dengan kebutuhan ternak yang dimiliki. Disamping itu, hasil penelitian menunjukan bahwa respon kambing paling baik adalah jika penggunaannya sebagai pakan dasar untuk penyusunan pakan komplit dalam bentuk pelet. Proses pembuatan pelet membutuhkan peralatan khusus dan investasi modal, sehingga akan semakin sulit untuk dikembangkan ditingkat petani. Oleh karena itu, usaha pengolahan limbah menjadi pakan ternak sebenarnya dapat dilakukan oleh pabrik pengolah buah markisa atau nenas dalam rangka diversifikasi usaha. Hal ini dimungkinkan mengingat industri pengolahan buah markisa atau nenas telah memiliki modal yang cukup dan memiliki jangkauan potensi pasar yang lebih luas, sehingga pengolahan pakan dapat dilakukan dalam skala industri. Alternatif lain adalah munculnya usaha yang secara khusus memproduksi pakan ternak berbasis limbah yang disuplai oleh industri pengolah markisa atau nenas.
Show more

Read more

DARI LIMBAH UNTUK LIMBAH, PEMANFAATAN PASIR ZIRKON DARI LIMBAH TAMBANG TIMAH SEBAGAI FOTOKATALIS ZrO2-TiO2 UNTUK FOTODEGRADASI METILEN BIRU PADA LIMBAH PRODUKSI BATIK.

DARI LIMBAH UNTUK LIMBAH, PEMANFAATAN PASIR ZIRKON DARI LIMBAH TAMBANG TIMAH SEBAGAI FOTOKATALIS ZrO2-TiO2 UNTUK FOTODEGRADASI METILEN BIRU PADA LIMBAH PRODUKSI BATIK.

Surakarta sebagai kota budaya memiliki banyak industri yang bergerak di bidang produksi batik, baik industri skala pabrik maupun rumahan atau home industry. Banyaknya industri batik memberikan permasalahan tersendiri bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan proses pewarnaan pada pembuatan batik menghasilkan limbah -terutama kandungan metilen biru- yang memberikan dampak negatif bagi lingkungan perairan. Dalam hal ini digunakan suatu metode fotodegradasi dengan menggunakan semikonduktor fotokatalis dan sinar ultraviolet untuk mengatasi permasalahan limbah tersebut. Katalis yang umum digunakan untuk mendegradasi metilen biru adalah TiO 2 . Penggunaan TiO 2 yang
Show more

Read more

teknik pengolahan limbah elektroplating dengan pemanfaatan kembali limbah elektroplating

teknik pengolahan limbah elektroplating dengan pemanfaatan kembali limbah elektroplating

Proses elektroplating selain menghasilkan produk yang berguna, menghasilkan pula limbah padat, emisi gas dan cair. Limbah padat berasal dari proses penghilangan kerak, polishing, maupun kotoran sisa pada bak elektroplating. Limbah berupa emisi gas pada umumnya berasal dari penguapan larutan elektrolit, solven, uap asam, maupun cairan pembersih. Limbah cair berupa air limbah yang berasal dari pencucian, pembersihan dan proses elektroplating. Air limbah mengandung logam-logam terlarut, solven dan senyawa organik maupun anorganik terlarut lainnya.
Show more

Read more

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KONSENTRAT DAN UREA MOLASES BLOK (UMB) TERHADAP EFESIENSI PENGGUNAAN BIAYA UNTUK PRODUKTIVITAS SAPI POTONG

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KONSENTRAT DAN UREA MOLASES BLOK (UMB) TERHADAP EFESIENSI PENGGUNAAN BIAYA UNTUK PRODUKTIVITAS SAPI POTONG

Limbah hasil pertanian dan perkebunan cukup tersedia di Indonesia, namun potensinya belum dimanfaatkan secara optimal sebagai pakan ternak. Limbah pertanian dan perkebunan dapat diartikan sebagai bahan yang dibuang dari seektor pertanian dan perkebunan. Limbah pertanian dapat berupa jerami padi, jagung, kacang-kacangan, kedelai, ampas teh, kulit kopi dan lain-lain. Pemanfaatan limbah pertanian dan perkebunan sebagai pakan ternak baru mencapai 30-40% dari potensi yang tersedia saat ini, karena petani sering membakar dan membuang setelah panen. Permasalahan yang dihadapi dalam menggunakan pakan limbah pertanian dan perkebunan terdiri dari faktor pengetahuan peternak, kualitas pakan limbah pertanian dan perkebunan dan faktor lingkungan (cemaran). Untuk mengatasi kendala tersebut diperlukan dukungan teknologi dan sosialisasi tentang pemanfaatan limbah hasil pertanian sebagai pakan ternak secara berkesinambungan. Mutu pakan limbah hasil pertanian dan perkebunan dapat ditingkatkan dengan beberapa pendekatan, diantaranya melalui pengolahan (pretreatment) limbah hasil pertanian, suplementasi pakan dan pemilihan limbah pertanian/perkebunan. Pengolahan limbah hasil pertanian dilakukan dengan metoda fisik, kimia, biologis maupun kombinasinya 45 .
Show more

Read more

Pemanfaatan Darah dari Limbah RPH

Pemanfaatan Darah dari Limbah RPH

9 Darah juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pupuk (Gambar 70). Pemanfaatan darah kambing yang terlebih dahulu dibuat serbuk telah digunakan sebagai sumber unsur hara makro dan mikro pengganti pupuk pada tanaman anggrek tanah ( Vanda douglas ). Darah kambing mengandung kadar air 91,04%, bahan organik 8,07%, C-organik 4,68%, kalium 0,14%, pospor 0,70% dan nitrogen 0,07% (Rahayu, 2002 dalam Kurniawan, 2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian darah kambing kering berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman vanili dan tanaman cabai (Rahayu dan Setiowati, 1999) dalam Kurniawan (2009).
Show more

Read more

Show all 10000 documents...