PEMBENTUKAN SIKAP DAN MOTIVASI

Top PDF PEMBENTUKAN SIKAP DAN MOTIVASI:

Analisa Dampak Kuliah Umum Kewirausahaan Terhadap Pembentukan Sikap dan Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa Unand Padang1).

Analisa Dampak Kuliah Umum Kewirausahaan Terhadap Pembentukan Sikap dan Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa Unand Padang1).

Perjalanan kuliah umum kewirausahaan Unand sudah berlangsung selama dua tahun terhitung sejak pertama kali dilaksanakan pada tanggal 20 Nopember 2007 yang lalu. Melihat perkembangannya yang begitu bagus serta terlihat semakin banyak mahasiswa Unand dan juga mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang mengikuti kuliah umum ini menyebabkan penulis menjadi tertarik untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasisawa Unand tentang kuliah umum kewirausahaan ini dan bagaimana dampaknya terhadap pembentukan sikap dan motivasi kewirausahaan mereka. Untuk lebih pahammnya kita mengenai penelitian ini, sebelumnya penulis ingin mengetengahkan beberapa pengertian penting sebagai kata kunci dari penelitian ini yaitu persepsi, sikap, motivasi, dan kewiraushaan. Persepsi adalah suatu proses yang ditempuh individu-individu untuk mengorganisasikan dan menafsirkan kesan-kesan indera mereka agar memberikan makna bagi lingkungan mereka (Robbins,2001:88)” Motivasi adalah proses pengerahan intensitas, tujuan, dan kegigihan usaha seseorang terhadap pencapaian suatu tujuan (Robbins,2003:155). Motivasi juga meruapakan apa yang menggerakkan anda, apa yang anda cari, atau apa yang akan memberikan anda kepuasan (Shell Live Ware (Perusahaan Shell:2008:13). Sikap (attitude) merupakan pernyataan penilaian terhadap yang disukai dan tidak disukai mengenai benda, orang, atau kejadian. Sikap juga merupakan ncerminan bagaimana perasaan seseorang terhadap sesuatu (Robbins, 2003:71). Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses dimana seseorang mengejar peluang tanpa memperhatikan sumber daya yang ada padanya (Barringer, 2006:5).
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Analisa Dampak Kuliah Umum Kewirausahaan Terhadap Pembentukan Sikap dan Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa Unand Padang1.

Analisa Dampak Kuliah Umum Kewirausahaan Terhadap Pembentukan Sikap dan Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa Unand Padang1.

Desain penelitian ini meliputi unsure-unsur: (1) penetapan masalah yang akan penulis teliti yaitu “analisis menegenai persepsi mahasiswa tentang kuliah umum kewirausahaan dan melihat dampaknya terhadap pembentukan sikap dan motivasi kewirausahaan mahasiswa Unand”, (2) penjelasan rincian studi: a) sifat studi: eksploratif, b) jenis investigasi: melihat hubungan atau korelasi antara persepsi mengenai kuliah umum kewirausahaan dengan pembentukan sikap dan motivasi kewirausahaan mahasiswa Unand, c) tingkat intervensi peneliti: yaitu untuk mempelajari peristiwa yang ditimbulkan akibat kuliah umum kewirausahaan terhadap sikap dan motovasi kewirausahaan mahasiswa Unand, d) konteks studi: direncanakan, e) unit analisis: yaitu mahasiswa Unand yang mengikuti kuliah umum kewirausahaan, f) desain sampel: random, g) horizon waktu: one shot; (3) pengukuran variable dengan menggunakan skala likert (Sekaran, 2006:31); (4) metoda pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner; (5) analisa data bersifat kuantitatif dengan menggunakan metoda SPSS.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENGARUH PEMBERIAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP AKTIVITAS FISIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI BANDUNG Delia Sri Yusfikasari1 , Laras Sitoayu2 , Mury Kuswari3 Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehata

PENGARUH PEMBERIAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP AKTIVITAS FISIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI BANDUNG Delia Sri Yusfikasari1 , Laras Sitoayu2 , Mury Kuswari3 Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehata

motivasi dari dalam (diri individu) maupun dari luar (orang tua dan guru) untuk mendorong dan mengarahkan pada sikap yang positif. Selain itu, faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan sikap siswa adalah kebudayaan, media massa dan institusi atau lembaga pendidikan. Salah satu unsur dalam kebudayaan suatu daerah adalah bahasa yang terdapat pada daerah setempat, dengan demikian penggunaan bahasa dapat pula memengaruhi perubahan pada sikap seseorang (Marlina, Shaleh, & Lumintang, 2009).

8 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER TERHADAP  PERILAKU KADER DALAM PENYULUHAN GIZI BALITA   Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Kader Terhadap Perilaku Kader Dalam Penyuluhan Gizi Balita Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali.

PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER TERHADAP PERILAKU KADER DALAM PENYULUHAN GIZI BALITA Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Kader Terhadap Perilaku Kader Dalam Penyuluhan Gizi Balita Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali.

Hasil penelitian membuktikan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap perilaku kader dalam penyuluhan gizi balita. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Eka, dkk (2014) pengetahuan signifikan berpengaruh terhadap perilaku. Penelitian lain yang menguatkan penelitian ini adalah hasil dari penelitian Latif (2011) juga menyatakan bahwa pengetahuan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap praktik kader dalam pelaksanaan posyandu. Pengetahuan kader berpengaruh pada ketrampilan kader terhadap materi apa yang hendak disampaikan. Pengetahuan kader mempengaruhi sikap yang positif, kemudian membentuk perilaku yang baik ketika kader melakukan penyuluhan tentang gizi balita
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

T PKN 1201476 Abstract

T PKN 1201476 Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai sikap dan tindakan bela negara siswa etnik Tionghoa di Kota Pekanbaru dan pola pembinaan yang dilakukan untuk pembentukan sikap dan tindakan bela negara. Secara teoritik sikap dan tindakan bela negara merupakan sikap dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berkelanjutan yang dilandasi oleh kecintaan terhadap tanah air serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara”. Secara konstitusional bentuk-bentuk sikap dan tindakan bela negara diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 mengenai pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara. Sedangkan pola pembinaan sikap dan tindakan bela negara merupakan bagian dari pembentukan rasa nasionalisme Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sikap dan tindakan bela negara dan pola pembinaannya, karakteristik siswa etnik Tionghoa serta faktor- faktor determinan seperti guru, lingkungan sekolah dan peer group serta pengaruhnya dalam pembentukan sikap dan tindakan bela negara siswa etnik Tionghoa di SMA kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan penelitian survei Cross Sectional dengan menggunakan simple random sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi yang diolah menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis korelasi. Hasil temuan yang didapat adalah sikap dan tindakan bela negara siswa etnik Tionghoa dengan kategori baik penjabaran indeks prestasinya 69%. Pola pembinaan sikap dan tindakan bela negara siswa etnik Tionghoa dengan kategori baik penjabaran indeks prestasinya 74%. Karakteristik siswa etnik Tionghoa dikaji dari etnosentris dan eksklusif dengan kategori baik penjabaran indeks prestasinya 74%. Faktor-faktor determinan seperti guru, lingkungan sekolah dan peer group yang berkontribusi dalam pembentukan sikap dan tindakan bela negara siswa etnik tionghoa dengan kategori baik penjabaran indeks prestasinya 73%. Pengujian analisis korelasinya yaitu pola pembinaan sikap dan tindakan bela negara siswa etnik Tionghoa berpengaruh signifikan terhadap pembentukan sikap dan tindakan bela negara siswa etnik Tionghoa dengan nilai korelasi 0,745. Dapat disimpulkan bahwa kecenderungan sikap dan tindakan bela negara siswa etnik Tionghoa dipengaruhi oleh pola pembinaan yang diselenggarakan di sekolah, sementara kontribusi guru kurang berperan secara maksimal sebagai media peningkatan sikap dan tindakan bela negara siswa etnik Tionghoa. Peer group sebagai lintas pergaulan dalam kultur sekolah cenderung masih eksklusif dan etnosentris.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

An attitude is a disposition to responds favourably or unfavourably to an object, person, institution or event (azjeen, 1988)

An attitude is a disposition to responds favourably or unfavourably to an object, person, institution or event (azjeen, 1988)

penghargaan, seperti pujian, hadiah, dan pengakuan dari anggota keluarga kalau kita setuju dengan sikap yang diekspresikan mereka. Oleh karena itu, peneguhan yang dilakukan orang tua sejak dinibisa membentuk sikap yang dibawa sampai besar nanti, termasuk diantaranya nilai-nilai politik dan

72 Baca lebih lajut

Psikologi pendidikan Perkembangan dan Intele

Psikologi pendidikan Perkembangan dan Intele

Anak yang selalu diajarkan hal-hal yang baik, seperti menolong orang lain, meolong orang tua di rumah dan juga saling menghormati satu sama lainnya, akan menumbuhkan sikap tanggung jawab dan juga rasa toleransi yang baik untuk masa yang akan datang. Apabila anak sejak kecilnya sudah diberikan rasa tanggung jawab, maka jiwanya merasa adanya sikap memiliki terhadap hal lainnya, tidak adanya rasa acuh tak acuh dalam dirinya. Contoh lainnya, anak laki- laki berusia 5 tahun, sudah diajarkan oleh ayahnya untuk shalat berjamaah di mesjid, sampai ia berusia 8 tahun dia masih mengikuti ayahnya. Pada saat usianya 10 tahun, dia akan tergerak dengan sendirinya untuk melangkahkan kakinya ke mesjid untuk shalat berjamaah meskipun ayahnya tidak ke mesjid. Dalam hal ini, jiwanya sudah merasa nyaman dengan hal itu, dan apabila dia tidak melakukannya ada rasa gundah padadirinya, dan itu berpengaruh terhadap perkembangan agamanya. Jelas dalam islam dinyatakan bahwa laki-laki baiknya melakukan shalat jamaah di mesjid, dan itu sudah tertanam pada dirinya sejak kecil dan menjadi kebiasaan pada saat dia dewasa.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Pengaruh Sikap Bahasa Arab Dan Motivasi

Pengaruh Sikap Bahasa Arab Dan Motivasi

Dalam penelitian ini, beberapa butir angket disusun berdasarkan pertanyaan yang akan dijawab responden dengan pilihan jawaban sesuai dengan kondisi siswa. Untuk penulis menyusun instrument penelitian, yaitu instrumen sikap Bahasa siswa terhadap Bahasa Arab sebanyak 20 Kuesioner sikap Bahasa siswa terhadap Bahasa Inggris sebanyak 20 dan motivasi belajar siswa terhadap Bahasa Arab sebanyak 25 serta motivasi belajar siswa terhadap Bahasa Inggris berupa angket yang terdiri 20 butir soal, Untuk instrument nilai diambil dengan cara dokumentasi berupa daftar nilai ujian akhir semester ganjil.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

SIKAP DAN MOTIVASI MURID MELAYU DALAM PE

SIKAP DAN MOTIVASI MURID MELAYU DALAM PE

Penyelidik mencadangkan kepada pihak sekolah dan guru-guru agar dapat menyediakan suatu sistem dan kaedah pengajaran dan pembelajaran yang dapat menarik minat murid-murid agar mereka dapat membentuk sikap dan motivasi yang positif ketika mempelajari kedua-dua bahasa kedua tersebut. Dalam era ICT, kebanyakan sekolah rendah kebangsaan sudah pun dilengkapi dengan alat teknologi dalam setiap bilik darjah. Oleh itu, pihak sekolah perlu memantau agar guru-guru dapat menggunakan alat tersebut seoptimum yang mungkin bagi merangsang minat dan motivasi murid-murid dalam mempelajari bahasa kedua khususnya Bahasa Arab.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN.

PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi yang nyata dan akurat mengenai pengaruh sikap kewirausahaan terhadap motivasi kewirausahaan mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan populasi berjumlah 3,196 orang responden dan sampel berjumlah 97 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah koefisien korelasi pearson dan analisis regresi sederhana.

44 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013.

PENDAHULUAN Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013.

Prestasi belajar itu sendiri merupakan puncak dari pencapain pembelajaran. Seperti yang dikemukakan oleh Tirtonegoro (2001:43) “Prestasi belajar adalah hasil dari pengukuran serta penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu”. Sedangkan menurut Sukmadinata (2003:101) “prestasi belajar adalah realisasi atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang”. Masing-masing individu memiliki perbedaan satu sama lain. Perbedaan prestasi belajar bagi siswa disebabkan oleh faktor-faktor antara lain kematangan akibat kemajuan, umur kronologis, latar belakang pribadi, sikap dan bakat terhadap suatu bidang pelajaran atau jenis mata pelajaran yang diberikan, motivasi belajar serta kemandirian belajar yang masing-masing siswa tidak sama. Tujuan pendidikan akan benar- benar terwujud secara sempurna apabila prestasi yang dimiliki siswa sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh pemerintah serta prestasi yang diperoleh pun benar-benar murni hasil dari usaha masing-masing siawa itu sendiri.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengelolaan Penilaian Sikap Sosial dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa di Kelas II SDN Bayan No 216 Surakarta.

PENDAHULUAN Pengelolaan Penilaian Sikap Sosial dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa di Kelas II SDN Bayan No 216 Surakarta.

Muatan lokal diajarkan dengan tujuan untuk membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk : a. mengenal dan mencintai lingkungan alam, sosial, budaya, dan spiritual di daerahnya. b. melestarikan dan mengembangkan keunggulan dan kearifan daerah yang berguna bagi diri sendiri dan lingkungannya dalam rangka menunjang pembangunan nasional (Permendikbud, 2013)

6 Baca lebih lajut

Pengaruh Motivasi Sikap Minat dan Gaya B

Pengaruh Motivasi Sikap Minat dan Gaya B

Distribusi tingkat motivasi, sikap, minat, dan gaya belajar statistik matematika mahasiswa terhadap kemampuan menganalisis persoalan penelitian dari 51 orang mahasiswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Karena ini adalah persamaan regresi, maka secara bersama- sama datanya harus normal dengan terlebih dahulu mencari nilau residunya kemudian diuji apakah residunya normal atau tidak. Apabila normal, maka datanya secara bersama-sama terdistribusi secara normal. Distribusinya dapat dilihat pada Tabel 6 berikut.

9 Baca lebih lajut

Prestasi Lebih - NGATIMIN

Prestasi Lebih - NGATIMIN

TEORI MOTIVASI DARI TEORI MOTIVASI DARI McCLELLAND McCLELLAND Setiap manusia memiliki tiga jenis kebutuhan • NEED OF ACHIEVEMENT nAch Mengarahkan perilaku dengan titik berat penca[r]

17 Baca lebih lajut

Hubungan Antara Kredibilitas Guru dengan Pembentukan Sikap Siswa terhadap Belajar di Madrasah Tsanawiyah.

Hubungan Antara Kredibilitas Guru dengan Pembentukan Sikap Siswa terhadap Belajar di Madrasah Tsanawiyah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kredibilitas guru yaitu guru MTs Asih Putera Bandung yang terdiri dari keahlian, sifat dapat dipercaya, dinamisme dan sosiabilitas terhadap pembentukan sikap siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan konatif di MTs Asih putera bandung.

2 Baca lebih lajut

PERAN SIGNIFICANT OTHERS DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI (Studi Kasus tentang Peran Romo dalam Pembentukan Konsep Diri Kaum Muda melalui Komunikasi Interpersonal di Gereja Paroki Santa Maria Assumpta Babarsari).

PERAN SIGNIFICANT OTHERS DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI (Studi Kasus tentang Peran Romo dalam Pembentukan Konsep Diri Kaum Muda melalui Komunikasi Interpersonal di Gereja Paroki Santa Maria Assumpta Babarsari).

masing. Konsep diri Kaum muda merujuk pada perasaan yang dialami olehnya, berhubungan pula dengan sikap pribadinya yakni tidak tegas, sangat bergantung pada mood, dan egois. Selain itu konsep diri kaum muda dapat dilihat dari kondisi emosional yang dirasakan Konsep diri yang telah ditemukan dalam diri kaum muda disadari betul oleh masing-masing kaum muda. Setiap kaum muda mampu mengenali konsep diri mereka, hal ini dikarenakan bahwa kaum muda juga melakukan interaksi dalam lingkungan sosialnya.

15 Baca lebih lajut

PERANAN MOTIVASI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK

PERANAN MOTIVASI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK

Hubungan orang tua yang tak harmonis akan mengganggu sisi kejiwaan anak, karena kehidupan rumah tangga yang kehilangan kehangatan, keakraban, kasih sayang, kebahagiaan jiwa, dan sebagainya menjadi petunjuk akan bekunya pribadi suami istri. Jelas sekali, sikap yang beku terhadap pendamping hidup akan membawa sikap yang dingin pula terhadap anak-anak-anak dan semua manusia. Kebekuan ini akan memberikan pengaruh negatif bagi kepribadian anak-anak dan tertanam kuat pada dirinya.

18 Baca lebih lajut

SIKAP SISWA TERHADAP EKSTRA KURIKULER (Studi deskriptif di SMP Negeri 18 Malang)

SIKAP SISWA TERHADAP EKSTRA KURIKULER (Studi deskriptif di SMP Negeri 18 Malang)

ekstrakurikuler, hal ini dapat dibuktikan dari jawaban -jawaban yang diberikan pada angket. Di dalam aspek-aspek yang mendukung pembentukan sikap siswa terhadap ekstrakurikuler di dapat sikap yang positif tertinggi yaitu penyaluran hobi dan minat dalam komponen kognitif sebanyak 95 % dan sikap negatif yang tertinggi yaitu sikap siswa terhadap penyaluran hobi dan minat siswa dalam komponen konatif sebanyak 52 %.

2 Baca lebih lajut

Peranan Sikap, Perilaku Dan Motivasi Pasien Terhadap Keberhasilan Perawatan Prostodontik

Peranan Sikap, Perilaku Dan Motivasi Pasien Terhadap Keberhasilan Perawatan Prostodontik

Evi Imelda Pelawi : Peranan Sikap, Perilaku Dan Motivasi Pasien Terhadap Keberhasilan Perawatan Prostodontik, 2000... Evi Imelda Pelawi : Peranan Sikap, Perilaku Dan Motivasi Pasien Terh[r]

49 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...