Pembuatan Hiasan

Top PDF Pembuatan Hiasan:

Handout Pembuatan Hiasan

Handout Pembuatan Hiasan

Hand out tusuk dasar dan sulaman ini merupakan rangkuman dasar penunjang dalam mempelajari mata pelajaran pembuatan hiasan. Dalam hand out ini berisi pengertian tentang pengertian tusuk dasar, tusuk variasi dan sulaman sampai contoh gambar dan cara pengerjaan dari tusuk dan sulaman tersebut.

11 Baca lebih lajut

PENERAPAN HASIL BELAJAR DESAIN HIASAN BUSANA PADA PEMBUATAN HIASAN LEKAPAN ADIBUSANA.

PENERAPAN HASIL BELAJAR DESAIN HIASAN BUSANA PADA PEMBUATAN HIASAN LEKAPAN ADIBUSANA.

Abstrak: Perkembangan hiasan lekapan semakin meningkat, sehingga menuntut seseorang untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan desain hiasan busana khususnya hiasan lekapan adibusana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mewujudkan desain hiasan dengan teknik lekapan yang tepat pada adibusana dan memperoleh data mengenai penerapan hasil belajar Desain Hiasan Busana pada pembuatan hiasan lekapan adibusana yang ditinjau dari konsep dasar, jenis hiasan serta unsur dan prinsip hiasan lekapan adibusana. Metode yang digunakan yaitu metode survey, dengan alat pengumpul data berupa angket. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh berjumlah 47 orang pada mahasiswa Konsentrasi Manajemen Butik Program Studi Pendidikan Tata Busana PKK FPTK UPI angkatan 2009 dan 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada umumnya responden sudah menerapkan hasil belajar Desain Hiasan Busana baik pada konsep dasar, jenis serta unsur dan prinsip desain hiasan busana teknik lekapan pada adibusana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa responden telah memiliki kemampuan dalam menerapkan hasil belajar Desain Hiasan Busana pada pembuatan hiasan lekapan adibusana dan hanya sebagian kecil yang belum menerapkan pengetahuan dan keterampilan tersebut.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

PENERAPAN HASIL BELAJAR SULAMAN BERWARNA PADA PEMBUATAN HIASAN BUSANA PESTA WANITA.

PENERAPAN HASIL BELAJAR SULAMAN BERWARNA PADA PEMBUATAN HIASAN BUSANA PESTA WANITA.

Penelitian ini membahas tentang penerapan hasil belajar sulaman berwarna pada pembuatan busana pesta wanita. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Pendidikan Tata Busana, Jurusan PKK, FPTK UPI angkatan 2009 dan 2010. Sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan jumlah 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: lebih dari setengah responden mengetahui penerapan hasil belajar sulaman berwarna pada busana pesta wanita, ditinjau dari penguasaan kompetensi pemilihan bahan dan alat, membuat desain hiasan busana, memindahkan motif hias pada kain, membuat hiasan pada busana dan mengemas busana yang sudah dihias. Rekomendasi ditujukan pada mahasiswa agar hasil penelitian dapat dijadikan bahan masukan untuk mengembangkan dan meningkatkan wawasan, sikap dan keterampilan mengenai membuat sulaman berwarna, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembuatan hiasan busana pesta wanita, dan kepada dosen mata kuliah desain hiasan busana, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran membuat sulaman berwarna.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN KERANG LAUT UNTUK

PEMANFAATAN KERANG LAUT UNTUK

Peluang usaha pembuatan hiasan maupun asesoris juga masih memiliki pangsa pasar yang tidak sedikit. Hal ini didasarkan pada pengalaman pribadi, maupun banyaknya teman di lingkungan sekitar yang sangat antusias jika membeli barang-barang hiasan. Hal ini dikarenakan hiasan merupakan suatu yang dapat mempercantik barang yang lain. Artinya ada keterkaitan antara benda yang satu dengan benda yang lain. Misalnya rumah akan terlihat lebih menarik jika kita memberikan hiasan seperti jam dinding pada salah satu dinding rumah, dan masih banyak lagi. Dengan kreativitas yang kita miliki, dapat menjadikan hiasan maupun aksesoris lebih unik dan terlihat lebih indah. Pada usaha yang akan kita bangun, kami memanfaatkan kerang laut untuk membuat hiasan dan aksesoris. Mulai dari jam dinding, tirai, hingga hiasan untuk tempat tisue. Selain menyediakan barang dan aksesoris yang siap pakai, kami juga memproduksi barang setengah jadi yang telah siap untuk dikombinasikan dengan barang lain. Sehingga para pembeli juga dapat menghias barang-barang yang telah mereka miliki dengan aksesoris setengah jadi.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

590699846.doc 155.00KB 2015-10-12 00:18:01

590699846.doc 155.00KB 2015-10-12 00:18:01

Jerami padi saat ini hanya dibuat untuk pakan sapi saja, dan masih banyak sisa yang masih terbuang dan dibakar sia-sia,tapi bagaimana jika limbah jerami padiyang bertumpukan tersebut dibuat sebagai bahan pembuatan hiasan dinding rumah, tentunya merupakansebuah inovasibaru saat ini yang perlu dikembangkan. Meningkatnya minat konsumen pada produk hiasan rumahsaat ini menjadi peluang besar untuk mengembangkan usaha ini.Sangat disayangkan juga tumpukan jerami padi yang semakin hari semakin banyak dan limbah jerami padi yang terbuang dan dibakar sia-sia itu juga tidak dimanfaatkan. Maka dari itu juga kami bermaksud membuat berbagai jenishiasan dinding yang berbahan baku limbah jerami padi. Selain kita dapat menjual lagi bahan jerami padi yang diubah menjadi sesuatu yang lebih bernilai ekonomisdan mendidik yaitusebagai hiasan dinding yang memberikan nilai edukasi berupa penanaman moral bagi para konsumennya,kita juga bisa mengurangi limbah jerami padi yang tidak terpakai dan terbuang sia-sia tersebutkhususnya yang berada di kota Semarang.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Silabus Desain Hiasan Busana.docx

Silabus Desain Hiasan Busana.docx

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dasar desain hiasan busana, pembuatan macam- macam tusuk hias dasar dan variasinya, pembuatan fragmen berbagai teknik hias sulaman putih, sulaman berwarna pada kain polos dan sulaman berwarna pada kain bagi, serta aplikasi teknik hias sulaman putih dan sulaman berwarna pada busana serta pengembangan desain hiasan sulaman putih dan sulaman berwarna untuk diaplikasikan pada pembuatan hiasan busana pesta wanita.

3 Baca lebih lajut

S PKK 0901611 Table of content

S PKK 0901611 Table of content

2.1 Jenis Jarum, Ukuran, dan Pemakaian ........................................ 8 4.1 Alasan Memilih Sekolah Menengah Kejuruan ......................... 50 4.2 Tujuan masuk SMK Jurusan Busana Butik .............................. 50 4.3 Penerapan Pengetahuan Jenis Jarum dan Pemakaian nya pada Pembuatan Hiasan Busana Pesta Anak .................................... 51 4.4 Penerapan Fungsi Gunting Bordir pada Pembuatan Hiasan

6 Baca lebih lajut

S PKK 0901611 Chapter1

S PKK 0901611 Chapter1

Hasil belajar Membuat Hiasan pada Busana dapat diterapkan dalam menghias busana pesta anak pada mata diklat busana anak, dengan menerapkan pengetahuan yang di peroleh meliputi: alat dan bahan pembuatan hiasan busana, macam-macam tusuk hias dasar dan macam-macam jenis sulaman pada busana pesta anak. Busana pesta anak adalah busana yang digunakan untuk kesempatan pesta, pesta merupakan suatu acara perayaan yang di selenggarakan untuk merayakan sesuatu, seperti: pesta ulang tahun, pesta pernikahan, dsb.

6 Baca lebih lajut

S PKK 0901611 Abstract

S PKK 0901611 Abstract

Kajian masalah dalam penelitian ini mengenai penerapan hasil belajar membuat hiasan busana pada pembuatan busana pesta anak yang dilakukan di SMK Negri 6 Garut Pada Peserta Didik kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau data hasil belajar membuat hiasan busana ditinjau dari kopetensi pengetahuan alat dan bahan pembuatan hiasan busana, motif hiasan, pola hiasan, desain hiasan, unsur hiasan, macam-macam tusuk hias dasar, dan macam-macam sulaman pada pembuatan hiasan busana pesta anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptip yang menggunakan strategi kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampel total berjumlah 27 orang. Alat pengumpul data menggunakan angket. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan hasil belajar “Membuat Hiasan pada Busana” di tinjau dari penerapan pengetahuan alat dan bahan pembuatan hiasan busana, motif hiasan, pola hiasan, desain hiasan dan unsur hiasan busana, serta pemilihan tehnik hiasan yang sesuai dengan karakteristik busana pesta anak sebagian besar peserta didik telah mampu menerapkan materi hiasan busana pada pembuatan busana pesta anak, dan sebagian kecil masih ada peserta didik yang belum dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan membuat hiasan busana pada pembuatan busana pesta anak dengan baik. Saran yang diajukan adalah peserta didik agar mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dengan cara banyak berlatih membuat macam-macam bentuk desain hiasan, pola hiasan dengan teknik sulaman pada pembuatan hiasan busana pesta anak.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PENERAPAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA PADA PEMBUATAN BUSANA PESTA ANAK.

PENERAPAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA PADA PEMBUATAN BUSANA PESTA ANAK.

Hasil penelitian menunjukan sebagian besar peserta didik telah mampu menerapkan materi hiasan busana pada pembuatan busana pesta anak, namun dengan demikian sebagian kecil masih ada peserta didik yang belum dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan membuat hiasan busana pesta anak dengan baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk memotivasi peserta didik agar dapat mengembangkan dan meningkatkan wawasan, sikap dan keterampilan dengan cara banyak berlatih, dan mempelajari buku sumber mengenai hiasan busana, sehingga dapat meningkatkan kualitas hiasan sulaman dan peserta didik lebih siap untuk mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pembuatan hiasan busana pesta anak.
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

S PKK 0901611 Chapter3

S PKK 0901611 Chapter3

Uraian definisi-definisi tersebut menjadi acuan penulis dalam menguraikan definisi operasional Penerapan hasil belajar membuat hiasan busana pada pembuatan hiasan busana pesta anak, yaitu yang memuat pengetahuan sikap dan keterampilan peserta didik dalam menerapkan berbagai hiasan dan terampil dalam memilih dan menghias busana yang dihasilkan dari pengalaman hasil belajar membuat hiasan busana pada pembuatan busana pesta anak.

8 Baca lebih lajut

S PKK 0901611 Chapter5

S PKK 0901611 Chapter5

Hasil penelitian menunjukan sebagian besar peserta didik telah mampu menerapkan materi hiasan busana pada pembuatan busana pesta anak, namun dengan demikian sebagian kecil masih ada peserta didik yang belum dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan membuat hiasan busana pesta anak dengan baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk memotivasi peserta didik agar dapat mengembangkan dan meningkatkan wawasan, sikap dan keterampilan dengan cara banyak berlatih, dan mempelajari buku sumber mengenai hiasan busana, sehingga dapat meningkatkan kualitas hiasan sulaman dan peserta didik lebih siap untuk mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pembuatan hiasan busana pesta anak.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN SULAMAN APLIKASI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN DI SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN.

PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN SULAMAN APLIKASI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN DI SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN.

Penelitian pengembangan modul pembuatan sulaman aplikasi pada mata pelajaran membuat h iasan di SMK Ma’arif 2 Piyungan ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R & D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk. Menurut Sugiyono (2009:3) “ pengembangan berarti memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada ” . “ Penelitian pengembangan atau research based development (R & D) adalah aktifitas riset dasar untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna (needs assessment), kemudian dilanjutkan kegiatan pengembangan (development) untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut”, (Sugiyono, 2009:297). Menurut Borg dan Gall yang dikutip oleh Sugiyono (2009:4) dalam dunia pendidikan penelitian dan pengembangan merupakan proses yang digunakan untuk mengembangkan atau menvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Sedangkan menurut Anik Ghufron (2007:2) “ penelitian dan pengembangan adalah model yang dipakai untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran yang mampu mengembangkan berbagai produk pembelajaran. ”
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

RPP MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA

RPP MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA

Karbon jahit/kertas karbon untuk memindahkan desain pola yang tergambar pada kertas minyak ke kain yang akan disulam (karbon jahit digunakan untuk memberi tanda pada bahan/memindahkan desain hiasan dengan menggunakan rader). Gunakan karbon jahit yang mendekati warna bahan sulaman. Warna karbon tidak menempel/mudah hilang dijentik jari/dicuci dan tidak menimbulkan kotor pada kain/busana.

Baca lebih lajut

S PSR 1000620 chapter1

S PSR 1000620 chapter1

Motif Navajo berbentuk geometris membuat lebih menarik dan tampak modis pada balutan pakaian dan aksesoris, tidak hanya pakaian kini motif Navajo mulai merambah untuk berbagai dekorasi interior rumah. Seperti lukisan, keramik, dan sebagainya disesuaikan dengan konsep ruangan tersebut. Penulis mencari informasi lebih banyak lagi mengenai motif Navajo dan dirasa menarik ketika penulis melihat berbagai motif Navajo yang memiliki makna dari setiap bentuknya. Dari alasan tersebut penulis menjadikan motif Navajo sebagai objek berkarya seni grafis. Ini merupakan cara penulis untuk bereksperimen dalam pembuatan karya motif Navajo dengan mengunakan teknik-teknik yang terdapat pada seni grafis dengan media canvas sebagai hiasan dinding, karena motif Navajo ini lebih banyak digunakan dalam hal fashion atau karpet dan masih cukup sedikit dalam bentuk dekorasi interior rumah, dengan ini semoga akan muncul kreatifitas lebih banyak lagi untuk berbagai benda – benda dengan motif Navajo yang menghiasi berbagai sudut rumah.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR SENI RUPA PERKEMBANGAN SEJA

TUGAS AKHIR SENI RUPA PERKEMBANGAN SEJA

Kebutuhan akan perabot dan didukung oleh kekayaan alam Indonesia memungkinkan untuk berkembangnya seni kerajinan sejak awal zaman batu. Pada zaman batu menengah telah dimulai dikerjakan benda gerabah. Hasil peninggalan berupa gerabah dapat diketahui dari peninggalan yang terdapat di daerah Sumatera Utara berupa pecahan gerabah yang tergali dari bukit kerang. Teknik pembuatan gerabah yang dikenal pada zaman itu sangat sederhana, yaitu dengan cara memilin tanah liat kemudian menumpuknya (coiled pottery) dan dengan cara membentuk dengan tangan (Moulding), teknik pembakarannya juga dilakukan dengan sederhana. Perkembangan teknik pembuatan dan disain kerajinan gerabah baru terjadi pada akhir zaman batu menengah. Tanda-tanda perkembangannya terlihat dari hiasan yang diterapkan pada benda gerabah, seperti goresan pada dinding gerabah, dengan membuat teraan bahan tenunan atau kulit kerang serta dengan membubuhi warna tanpa melalui proses pembakaran. Pada zaman ini juga diperkirakan telah ada kerajinan tenun ini dilihat dari caranya memberi hisan pada benda gerabah yaitu teraan tenunan. Benda kerajinan yang lain dihasilkan zaman batu berupa perhiasan seperti cincin dari batu dan manik-manik.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Buku Pegangan Siswa Prakarya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 1

Buku Pegangan Siswa Prakarya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 1

kebun-kebun sekitar rumah. Ayam kampung disukai orang karena dagingnya yang kenyal dan tidak berlemak sebagaimana ayam broiler. Berbagai masakan Indonesia banyak yang tetap menggunakan ayam kampung karena dagingnya tahan pengolahan (tidak mudah hancur saat diolah). Keunggulan ayam kampung memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi, yaitu memiliki 19 jenis protein dan asam amino yang tinggi. Kadar lemaknya relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan daging ayam bloiler. Selain diambil dagingnya, ayam kampung juga menghasilkan telur. Kandungan protein telur ayam kampung cukup tinggi. Kegiatan memelihara ayam kampung ini sebagai budi daya dan sumber pangan ataupun karena hobi untuk hiasan, contohnya memelihara ayam kate atau ayam cemani.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

S PKK 0901564 Chapter5

S PKK 0901564 Chapter5

Saran penelitian disusun berdasarkan kesimpulan hasil penelitian. Penulis mengajukan saran yang sekiranya dapat dipertimbangkan untuk dijadikan bahan masukan bagi pihak yang berkepentingan di dalam pembelajaran Membuat Hiasan Pada Busana. Saran ini penulis tunjukkan kepada peserta didik kelas XII Busana SMK Negeri 3 Cimahi tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Membuat Hiasan Pada Busana pada kompetensi konsep dasar hiasan pada busana, pemilihan bahan pembuatan decorative trims pada busana, pembuatan desain motif hias sulaman, teknik memindahkan desain motif hias pada kain atau busana, dan teknik pembuatan sulaman atau hiasan pada busana pada umumnya berada pada kriteria cukup. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar Membuat Hiasan Pada Busana berada pada kriteria cukup antara lain disebabkan oleh pembuatan hiasan busana yang membutuhkan usaha yang lebih banyak di sisi keuletan, ketelitian, ketekunan, dan waktu pengerjaan yang lebih lama. Hasil penelitian tersebut hendaknya dijadikan motivasi agar peserta didik mampu meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan sikap dalam membuat hiasan busana dengan cara memanfaatkan potensi yang ada dan senantiasa dapat dijadikan bekal pada membuka usaha sulaman.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Pembuatan Busana Pesta Dengan Menggunakan Hiasan Dari Limbah Gelas Plastik.

Pembuatan Busana Pesta Dengan Menggunakan Hiasan Dari Limbah Gelas Plastik.

Wahyuni Setia Anggraini. 2011 “ Pembuatan Busana Pesta Dengan Menggunakan H iasan Dari Limbah Gelas Plastik” . Laporan Tugas Akhir. Program Studi Tata Busana. Jurusan Teknologi Jasa Produksi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dra. Sri Endah Wahyuningsih, M.Pd.

1 Baca lebih lajut

HASIL BELAJAR “MENGGAMBAR ORNAMEN” PADA PEMBUATAN MOTIF HIASAN BUSANA ANAK.

HASIL BELAJAR “MENGGAMBAR ORNAMEN” PADA PEMBUATAN MOTIF HIASAN BUSANA ANAK.

Kajian masalah dalam penelitian ini mengenai penerapan hasil belajar menggambar ornamen pada pembuatan motif hiasan busana anak yang dilakukan di SMK Negeri 14 Bandung pada peserta didik kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar menggambar ornamen ditinjau dari kompetensi dasar menjelaskan berbagai jenis ornamen, menggambar ornamen primitif, menggambar ornamen klasik dan tradisional, dan menggambar ornamen moderen pada pembuatan motif hiasan busana anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel total berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan hasil belajar menggambar ornamen ditinjau dari kompetensi dasar menjelaskan berbagai jenis ornamen, menggambar ornamen primitif, menggambar ornamen klasik dan moderen, serta menggambar ornamen moderen pada pembuatan motif hiasan busana anak kurang dari setengahnya responden memahami penerapan materi teori menggambar ornamen pada pembuatan motif hiasan busana anak. Rekomendasi yang diajukan adalah peserta didik agar mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dengan cara banyak berlatih menggambar ornamen pada pembuatan motif hiasan busana anak.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects