Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Top PDF Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia:

Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam M

Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam M

Salah satu permasalahan yang dapat diidentifikasi dalam penelitian ini adalah permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan SDM di PD Kebersihan Kota Bandung, yang ditandai dengan kurangnya tenaga kerja yang bekerja di lapangan serta tentu saja tingkat keterampilan SDM di PD Kebersihan. Pengembangan SDM ini tentunya mengacu pada perencanaan/manajemen strategik yang disusun oleh PD Kebersihan dalam kerangka melaksanakan kebijakan publik yang ditentukan oleh pemerintah daerah dan pusat. Dengan melihat tiga aspek dalam pengembangan SDM, yaitu (1) aspek perencanaan, (2) aspek implementasi, dan (3) aspek evaluasi SDM di PD Kebersihan Kota Bandung, dapat diduga bahwa hal-hal tersebut sangat berdampak pada peningkatan pelayanan pengelolaan sampah yang dilakukan PD Kebersihan Kota Bandung. Dalam hal ini, pengembangan sumberdaya manusia memang belum menjadi faktor determinan dalam kebijakan dan strategi PD Kebersihan Kota Bandung walaupun disadari bahwa faktor pengembangan SDM tersebut sangatlah penting dalam meningkatkan layanan pengelolaan sampah di Kota Bandung. Di sini tercakup kebijakan dan strategi dalam menangani masalah pengelolaan sampah harus direncanakan, dirumuskan, diimplementasikan, dan dievaluasi agar dapat meningkatkan layanan pengelolaan sampah. Peningkatan layanan pengelolaan sampah dapat dilihat dari enam aspek, yaitu: (1) effectiveness, (2) efficiency, (3) adequacy, (4) equity, (5) responsiveness dan (6) appropriateness.
Baca lebih lanjut

123 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ... 1 SM

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ... 1 SM

Beberapa pengertian di atas, dapat dikatakan bahwa pengembangan SDM adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh organisasi dalam memfasilitasi pegawai agar memiliki pengetahuan, keahlian, dan/ atau sikap yang dibutuhkan dalam menangani pekerjaan saat ini atau yang akan datang. Aktivitas yang dimaksud, tidak hanya pada aspek pendidikan dan pelatihan saja, akan tetapi menyangkut aspek karier dan pengembangan organisasi. Dengan kata lain,pengembangan sumber daya manusia berkaitan erat dengan upaya meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan/ atau sikap anggota organisasi serta penyediaan jalur karier yang didukung oleh fleksibilitas organisasi dalam memcapai tujuan organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya manusia berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Berlian Kharisma Pasifik Manado. Artinya setiap peningkatan dan penurunan kinerja karyawan di pengaruhi peningkatan atau penurunan pengembangan sumber daya manusia di PT. Berlian Kharisma Pasifik Manado. Kinerja kerja para pegawai yang baik dan berkualitas dipengaruhi oleh peningkatan pengembangan sumber daya manusia di perusahaan. Hasil penelitian ini juga didukung oleh penelitian Siregar (2010), Arifin (2014). Dimana pada penelitian-penelitian tersebut sama-sama menemukan bahwa pengembangan karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada organisasi mereka. Penelitian tersebut memperkuat hasil penelitian ini. Hasil ini mengindikasikan bahwa pengembangan sumber daya manusia penting bagi peningkatan kinerja karyawan yang juga akan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Pengembangan yang dilaksanakan secara komprehensif akan meningkatkan kinerja para karyawan di suatu organisasi atau perusahaan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pondok Pesantre

Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pondok Pesantre

Temuan penelitian lintas kasus rekrutmen SDM meliputi: (a) rekrutmen SDM dilakukan atas dasar kebutuhan SDM yang berkualitas, (b) melalui proses analisis kebutuhan pengembangan SDM, (c) umum- nya dilakukan melalui penunjukan langsung oleh Kyai atas rekomendasi dari pembantu-pembantunya, (d) Calon tenaga pengajar biasanya diambil dari alumni yang dianggap memiliki kemampuan sehingga layak untuk ditugaskan di pesantren, (e) calon tenaga peng- ajar yang berasal dari luar pesantren akan ditelusuri rekam jejaknya oleh pengurus untuk mengetahui akti- vitas calon sehingga layak untuk mengajar dipesan- tren, (f) rekrutmen umumnya tidak menggunakan pendekatan formal, akan tetapi lebih menekankan pada pendekatan spiritual calon yang berkaitan de- ngan kedalaman ilmu agama, kepribadian serta kesa- lehan dalam beragama.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERJIWA

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERJIWA

Pengembangan SDM berjiwa Kepemimpinan Wirausaha di Indonesia dapat ditempuh dengan 2 pendekatan yaitu pendekatan Makro dan Mikro. Pada tahap makro ini merupakan ranah pemerintah dalam mengembangkan SDM secara global melalui perencanaan program pendidikan dan pelatihan dalam skala nasional. Pada tahap mikro ini merupakan ranah organisasi seperti perusahaan dimana setiap perusahaan melakukan pendidikan dan pelatihan Leadership dan Entrepreneurship kepada karyawan sehingga perusahaan nantinya akan dapat mencetak karyawan dengan jiwa Kepemimpinan Wirausaha yang berguna bagi perusahaan kelak dikemudian hari, sekaligus menjawab tantangan bagi perusahaan untuk bersaing secara global.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA INDONES

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA INDONES

PeneliPiMn ini menggunMkMn j enis peneliPiMn kuMli PMPif yMng berPujuMn unPuk mendMpMPkMn gMmbMrMn mendMlMm PenPMng pengembMngMn sumber dMyM mMnusiM ( SDM ) di lembMgM kursus dMn pelMPi hMn ( L K P) . PMdM sMMP ini bMnyMk sekMli lembMgM kursus yMng berMdM di K MbupMPen C ilMcMp. DMlMm dMfPMr lembMgM kursus di K MbupMPen C ilMcMp berjumlMh 124 lembMgM. DMri jumlMh sebMnyMk i Pu, peneliPi ingin mengePMhui MpMkMh lembMgM PersebuP sudMh mengembMngkMn sumber dMyM mMnusiM unPuk insPrukPur dMn pengelolM lembMgM kursus, serPM MpMkMh lembMgM kursus PersebuP sudMh mencePMk PenMgM professi onMl yMng dibuPuhkMn oleh duni M usMhM dMn duni M indusPri.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Pengembangan Sumber Daya Manusia indonesia

Pengembangan Sumber Daya Manusia indonesia

Masalah penting yang menjadi perhatian berbagai kalangan berkaitan dengan pendidikan adalah masalah kualitas. Sejalan dengan perkembangan zaman dan persaingan global, tuntutan akan kualitas pendidikan semakin mengemuka. Kekhawatiran akan beratnya persaingan sumber daya manusia Indonesia di era global mendatang menjadi salah satu alasan tuntutan tersebut. Oleh karena itu upaya melahirkan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif, dan berkarakter merupakan sebuah keharusan untuk dapat bersaing di era global itu.

17 Baca lebih lajut

08.00 Pengumuman Pemenang   ATK 2017   Upload

08.00 Pengumuman Pemenang ATK 2017 Upload

Pada hari ini, Jum’at, tanggal tujuh belas bulan Maret tahun dua ribu tujuh belas, yang bertanda tangan dibawah ini Ketua Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, berdasarkan Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran pada Satuan Kerja Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Nomor : 02 K/73/KPA/2017 Tanggal 3 Januari 2017 tentang Pengangkatan Anggota Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Satuan Kerja Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, sesuai Surat Penetapan Pemenang Lelang Pekerjaan Pengadaan ATK Peserta Diklat Nomor : 01/VII/LS-BRG/91.03/POKJA- PPSDMA/2017 tanggal 17 Maret 2017, dengan ini Kami umumkan bahwa Pemenang Lelang pekerjaan tersebut adalah sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

08.00 Pengumuman Pemenang Renovasi Wisma Lt. 4

08.00 Pengumuman Pemenang Renovasi Wisma Lt. 4

Pada hari ini, Jum’at, tanggal tiga bulan November tahun dua ribu tujuh belas, yang bertanda tangan dibawah ini Ketua Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, berdasarkan Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran pada Satuan Kerja Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Nomor : 02 K/73/KPA/2017 Tanggal 3 Januari 2017 tentang Pengangkatan Anggota Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Satuan Kerja Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, sesuai Surat Penetapan Pemenang Lelang Pekerjaan Renovasi Interior Ruang Aula Lt. 4 Wisma PPSDM Aparatur Nomor : 03/91.03/VII/PL/POKJA-BPAU/2017 tanggal 3 November 2017, dengan ini Kami umumkan bahwa Pemenang Lelang pekerjaan tersebut adalah sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN DAYA SAING ORGANISASI: SEBUAH REVIEW ERA PERSAINGAN BERBASIS PENGETAHUAN ipi148079

MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN DAYA SAING ORGANISASI: SEBUAH REVIEW ERA PERSAINGAN BERBASIS PENGETAHUAN ipi148079

Era pengetahuan menuntut adanya perubahan pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Hal ini disebabkan pengaruh besar yang diberikan oleh SDM sangat diperlukan untuk memberikan kontribusi bagi tercapainya organisasi lebih efektif. SDM harus mampu memperkenalkan pemikiran baru dalam mengelola organisasi melalui pengetahuan yang dimilikinya (Karl, 2003). SDM diharapkan dapat meningkatkan aktivitas-aktivitasnya, tidak hanya bertanggung jawab terhadap aktivitas-aktivitas seperti rekruitmen, seleksi, kompensasi, serikat pekerja dan lainnya, tapi juga perlu melaksanakan aktivitas-aktivitas baru seperti mengembangkan keterampilan kepemimpinan, mengembangkan kreativitas dan inovasi, melakukan menajemen perubahan dan transformasi, menjadikan organisasi pembelajar, dan lainya (Raich, 2002). Aktivitas dan tanggung jawab dari sumber daya manusia di Era Pengetahuan dapat dilihat pada Tabel 2.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA dan

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA dan

Pengembangan SDM adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh organisasi dalam memfasilitasi pegawai agar memiliki pengetahuan, keahlian, dan/atau sikap yang dibutuhkan dalam menangani pekerjaan saat ini atau yang akan datang. Aktivitas yang dimaksud, tidak hanya pada aspek pendidikan dan pelatihan saja, akan tetapi menyangkut aspek karir dan pengembangan organisasi. Dengan kata lain, PSDM berkaitan erat dengan upaya meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan/atau sikap anggota organisasi serta penyediaan jalur karir yang didukung oleh fleksibilitas organisasi dalam mencapai tujuan organisasi.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Pengembangan Sumber Daya manusia (1)

Pengembangan Sumber Daya manusia (1)

pelatihan yang bertujuan untuk memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu untuk kebutuhan sekarang, sedangkan pengembangan bertujuan untuk menyiapkan pegawainya siap memangku jabatan tertentu di masa yang akan datang .Motode peningkatan Sumber Daya Manusia;1) yaitu pelatihan dan;2) Training;3) Kursus dapat diterapkan kepada karyawan di dalam organisasi atau perusahaan.

12 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDEKA

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDEKA

Mengelola HRD di era globalisasi bukan merupakan hal yang mudah. Karenanya, pelbagai macam suprastruktur dan infra- struktur perlu disiapkan untuk mendukung proses terwujudnya HRD yang berkualitas. Organisasi yang ingin tetap eksis dan me- miliki citra positif di mata masyarakat tidak akan mengabaikan aspek pengembangan kualitas HRD-nya. Oleh karena itu peran manajemen sumber daya manusia dalam organisasi tidak kecil, bahkan dapat menjadi sentral penyuplai sumber daya bagi de- partemen lainnya.

14 Baca lebih lajut

Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatu

Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatu

Kekayaan yang paling berharga dalam suatu organisasi ialah sumber daya manusia (SDM). Sumber Daya Manusia merupakan investasi sangat berharga bagi sebuah organisasi yang pelu dijaga dan dipelihara. Setiap organisasi harus mempersiapkan program yang berisi kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM supaya organisasi bisa bertahan dan berkembang sesuai dengan lingkungan organisasi. Untuk mencapai produktifitas yang maksimum, organisasi harus menjamin dipilihnya tenaga kerja yang tepat dengan pekerjaan serta kondisi yang memungkinkan mereka berkeja secara optimal.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

MAKALAH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

MAKALAH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Pengembangan SDM pada intinya diarahkan dalam rangka meningkatkan kualitasnya, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan produktivitas. Hasil berbagai studi menunjukkan, bahwa kualitas SDM merupakan faktor penentu produktivitas, baik secara makro maupun mikro. Sumber Daya Manusia (SDM) secara makro adalah warga negara suatu bangsa khususnya yang telah memasuki usia angkatan kerja yg memiliki potensi untuk berperilaku produktif (dengan atau tanpa pendidikan formal) yg mampu memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan keluarganya yang berpengaruh pada tingkat kesejahteraan masyarakat di lingkungan bangsa atau negaranya.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATU

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATU

Selama ini memang tidak ada standar kompetensi di negara kita, sehingga kadar mutu seseorang hanyalah memberi (given), sebuah pemberian dan bukan ssesuatu yang harus direbut. Tolok ukur yang dipakai untuk mengukur kadar mutu sumber daya manusia (SDM) aparatur bukanlah dari sudut kompetensi tetapi lebih kepada lama kerja dan jabatan. Celakanya, banyak orang/pegawai yang telah mengantongi jam kerja yang tinggi selalu merasa lebih baik kompetensinya dari pegawai yang baru masuk. Inovasi dan kreativitas tidak akan pernah mendapatkan tempat.

6 Baca lebih lajut

Pengaruh Rintangan-rintangan Potensial Opersional Program Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Kepuasan Kerja dan Loyalitas Pegawai Di Lingkungan Pemda Kabupaten Ciamis.

Pengaruh Rintangan-rintangan Potensial Opersional Program Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Kepuasan Kerja dan Loyalitas Pegawai Di Lingkungan Pemda Kabupaten Ciamis.

Dari dua ungkapan di atas, dapat terlihat bahwa loyalitas lebih mengarah pada perilaku yang ditunjukkan dengan pembelian rutin yang didasarkan pada unit pengambilan keputusan. Karakteristik pembeli yang loyal antara lain adalah melakukan pembelian (jasa) yang berulang-ulang, hanya membeli produk (jasa) dari perusahaan tersebut, menolak produk (jasa) lain, dan menunjukkan kekebalan (tidak terpengaruh) oleh daya tarik produk (jasa) sejenis dari perusahaan pesaing. Dalam hal organisasi jasa (non profit) , maka pembelian berulang-ulang diidentikkan dengan berkerja secara terus menerus dengan sangat sedikit melakukan kemangkiran, sedangkan tidak terpengaruh oleh produk (jasa) lain adalah diidentikan tidak terpengaruh dan tergoda oleh keinginan untuk bekerja ditempat lain.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN ALFALAH BAKALAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATENJEPARA ipi7087

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN ALFALAH BAKALAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATENJEPARA ipi7087

Dalam pelaksanaan modernisasi ditubuh Pondok Pesantren Alfalah diperlukan kerjasama dari semua stakeholder untuk menjamin kelancarannya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah manajemen sumber daya manusia (MSDM) yang meliputi: perencaaan meliputi Job analisis dan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaanmeliputi rekrutmen, seleksi, orientasi, pelatihan, dan pengendalian melipui penilaian dan kompensasi, sebagai usaha untuk memberdayakan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka pencapaian tujuannya, menghasilkan output yang baik yaitu santri yang berkualitas sebagai calon intelektual muslim yang handal. Untuk mengupas masalah ini perlu diungkap hal-hal sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

EVALUASI KINERJA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PT. BANK XYZ DENGAN HUMAN RESOURCE SCORECARD ipi58668

EVALUASI KINERJA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PT. BANK XYZ DENGAN HUMAN RESOURCE SCORECARD ipi58668

Pengukuran kinerja SDM yang dilakukan menghasilkan penilaian dimana 16.67% kinerja karyawan sangat baik, 44.44% kinerja karyawan baik dan 38.89% kinerja karyawan berada pada tingkat rata-rata. Penelitian ini memberikan usulan kepada pihak perusahaan khususnya manajemen SDM dalam melakukan penilaian kinerja. Berdasarkan indikator lagging dan indikator leading yang memperhatikan keseimbangan antara usaha dapan pencapaian target, dapat dilakunan perbaikan dan peningkatan kinerja kedalam strategi perusahaan dalam meningkatkan produktivitas perusahaan pada umumnya dan peningkatan kinerja SDM pada khususnya dengan mengevaluasi usaha seperti komunikasi dan kerja sama yang dilakukan oleh SDM itu sendiri disamping mengevaluasi pencapaian target. Hal ini berbeda dengan penilaian kinerja SDM yang berlangsung di perusahaan yang tertuang dalam MK yang hanya melihat output dari pekerjaan SDM yaitu target yang dicapai. Dengan menerapkan HRSc, diharapkan dapat meningkatkan kinerja manajemen SDM PT. Bank XYZ sehingga tujuan, visi dan misi organisasi tercapai. Peningkatan kinerja secara organisasi dapat dilakukan melalui pengawasan pelaksanaan tata kelola perusahaan yang menegaskan hubungan dan kerjasama dalam organisasi yang dituangkan dalam suatu struktur organisasi
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR PEMERINTAH DAERAH ipi59786

PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR PEMERINTAH DAERAH ipi59786

Setiap Organisasi Pemerintahan, baik tingkat propinsi maupun daerah, memerlukan penataan organisasi sumber daya manusia agar organisasinya dapat berjalan secara sistematis dan eisien. Kenyataannya, masih banyak pemerintah daerah yang belum mengembangkan sistem manajemen sumber daya manusia yang komprehensif, padahal manajemen sumber daya manusia merupakan sesuatu yang penting dalam organisasi untuk menanggapi dengan baik dan tepat perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan eksternal organisasi. Daya adaptabilitas organisasi pada perubahan lingkungan eksternal dapat dikembangkan melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia bermakna perwujudan tanggung jawab sosial suatu organisasi, termasuk organisasi pemerintahan.
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

Model Analisis Kesenjangan di Bidang Manajemen Sumberdaya Manusia

Model Analisis Kesenjangan di Bidang Manajemen Sumberdaya Manusia

ang, C sebanyak 20, D sebanyak 10 orang dan E sebanyak 30 orang. Jadi model 1 ini akan lebih baik dipakai bila distribusi jawabannya mempunyai simpangan yang kecil. Bila dilihat dari distribusi jawaban tersebut, maka akan terkait dengan validitas dari item pertanyaan dari kuisioner. Item pertanyaan yang dipakai dalam penelitian yaitu item pertanyaan yang valid; dan item pertanyaan yang valid akan mempunyai distribusi jawaban yang mengumpul/ mengarah kesalah satu pilihan jawaban.

6 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...