Pengantar Ilmu Hukum [Indonesia]

Top PDF Pengantar Ilmu Hukum [Indonesia]:

PENGANTAR ILMU HUKUM INDONESIA DIKTAT US (1)

PENGANTAR ILMU HUKUM INDONESIA DIKTAT US (1)

12 Dar i k et ent uan Pasal 59 ay at ( I ) ,( I I ) , dan ( I V) t er sebut t am pak j elas ber k ur angny a k ek uasaan r aj a t er hadap dar eah j aj ahan Belanda di I ndonesia. Per at ur an- per at ur an y ang m enat a daer ah j aj ahan t idak sem at a- m at a dit et apkan oleh r aj a dengan Koninklij k Belsuit - nya, t et api per at ur an it u dit et apkan ber sam a oleh r aj a dan par lem en. Dengan dem ikian, sist em Pem er int ahanny a ber ubah dar i m onar ki konst it usional m enj adi m onar ki konst it usional par lem ent er. Per at ur an dasar yang dibuat ber sam a oleh r aj a dan par lem an unt uk m engat ur Pem er int ahan daer ah j aj ahan di I ndonesia adalah Reger ings Reglem ent . Reger ings Reglem ent ini ber bent uk undang- undang dan diundangk an m elalui S.1855: 2 RR y ang selanj ut nya dianggap sebagai UUD Pem er int ah Jaj ahan Belanda. Polit ik huk um Pem er int ah j aj ahan Belanda yang m engat ur t ent ang t at a hukum dicant um kan dalam Pasal 75 RR dalam asasnya sam a seper t i yang dim uat dalam Pasal 11 AB, yait u bahw a dalam m enyelesaiakan per kar a per dat a hak im diper int ahk an unt uk m enggunakan hukum per dat a Er opa bagi golongan Er opa dan huk um adat bagi or ang bukan Er opa.
Baca lebih lanjut

135 Baca lebih lajut

Pengantar Ilmu Hukum Indonesia

Pengantar Ilmu Hukum Indonesia

12 Dari ket ent uan Pasal 59 ay at ( I ) ,( I I ) , dan ( I V) t ersebut t am pak j elas berkurangnya kekuasaan raj a t erhadap dareah j aj ahan Belanda di I ndonesia. Perat uran- perat uran yang m enat a daerah j aj ahan t idak sem at a- m at a dit et apkan oleh raj a dengan Koninklij k Belsuit - nya, t et api perat uran it u dit et apkan bersam a oleh raj a dan parlem en. Dengan dem ikian, sist em Pem erint ahannya berubah dari m onar ki konst it usional m enj adi m onarki konst it usional parlem ent er . Perat uran dasar yang dibuat bersam a oleh raj a dan parlem an unt uk m engat ur Pem erint ahan daerah j aj ahan di I ndonesia adalah Regerings Reglem ent . Regerings Reglem ent ini berbent uk undang- undang dan diundangkan m elalui S.1855: 2 RR yang selanj ut nya dianggap sebagai UUD Pem erint ah Jaj ahan Belanda. Polit ik hukum Pem erint ah j aj ahan Belanda yang m engat ur t ent ang t at a hukum dicant um kan dalam Pasal 75 RR dalam asasnya sam a sepert i yang dim uat dalam Pasal 11 AB, yait u bahwa dalam m enyelesaiakan perkara perdat a hakim diperint ahkan unt uk m enggunakan hukum perdat a Eropa bagi golongan Eropa dan hukum adat bagi orang bukan Eropa.
Baca lebih lanjut

135 Baca lebih lajut

PENGANTAR ILMU HUKUM INDONESIA id

PENGANTAR ILMU HUKUM INDONESIA id

Mengenai apakah hukum itu, menjadi pertanyaan pertama setiap orang yang mulai mempelajari tentang hukum. Sebenarnya sangat sulit untuk memberikan definisi tentang hukum. Karena menurut Prof. Mr. Dr. L.J. Van Apeldoorn dalam bukunya berjudul “Inleiding tot de studie van het Nederlandse Recht” adalah tidak mungkin memberikan suatu definisi tentang apakah yang disebut hukum itu. Hampir semua sarjana hukum memberikan pembatasan mengenai hukum yang berlainan. Beberapa ahli seperti

16 Baca lebih lajut

pengantar ilmu hukum 006

pengantar ilmu hukum 006

• Authoritative technique of developing and applying the precepts, and a body of recognized ideals as to the end or purpose of the legal order-what legal precepts ought to be and how they ought to be applied (ROSCOU POUND) (menyangkut doktrin hukum apa seharusnya dan bagaimana seharusnya hukum diterapkan)

13 Baca lebih lajut

Pengantar Ilmu Hukum 007

Pengantar Ilmu Hukum 007

kewajibannya kepada “Z” sedangkan “Z” menerima haknya, disamping melakukan kewajibannya menyediakan segala sesuatu yang diperlukan “A”. Tiap pagi “A” ke kampus naik becak, tawar menawar, ia naik sampai ke tempat tujuan tanpa pikir ia membayarnya. Lama kelamaan “A” mengenal tukang becak dengan baik, maka untuk kuliah begitu melihat tukang becak segera naik tanpa pikir-pikir ia bayar, malahan kadang2 ia hanya berkata bayarnya nanti saja sekalian seminggu. Ini dilihat dari “A” dan masyarakat sekelilingnya dan apabila pengalaman2 semacam ini digabungkan maka hubungan menjadi luas dan rumit, namun tetap terwujud keteraturan karena bekerjanya hukum yang mewarnai sikap tindak atau perilaku masing2 individu dalam masyarakat secara biasa. Disini hukum bekerja mengatur sikap tindak warga masyarakat sedemikian rupa sehingga hukum terlihat sebagai sikap tindak yang tanpak di dalam pergaulan sehari2, ia merupakan suatu kebiasaan (Hukum kebiasaan).
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI. docx

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI. docx

 Fungsi Hukum dan tujuan hukum saling melengkapi satu sama lain artinya bahwa untuk mencapai suatu tujuan hukum maka peranan fungsi hukum sangat diperlukan, begitu juga dengan fungsi hukum yang tidak akan bisa dilaksanakan dengan baik apabila tanpa adanya suatu tujuan hukum

6 Baca lebih lajut

Pengantar Ilmu Hukum 005

Pengantar Ilmu Hukum 005

Dalam hukum ada dua teori berkaitan yang dengan tujuan hukum diantaranya yaitu teori utilities dan teori etis. Teori utilities, yang menganggap hukum dapat memberikan manfaat kepada orang banyak dalam masyarakat. Sedangkan Teori Etis memiliki tolak ukur pada etika dimana isi hukum ditentukan oleh keyakinan kita yang sesuai dengan nilai etis tentang keadilan dan ketidakadilan. Dimana bertujuan untuk mencapai keadilan dan memberikannya kepada setiap anggota masyarakat yang menjadi haknya.

7 Baca lebih lajut

Pengantar Ilmu Hukum 008

Pengantar Ilmu Hukum 008

Jadi pada hakikatnya setiap manusia sejak ia lahir mempeoleh hak dan kewajiban. Apabila ia meninggal dunia maka hak dan kewajibannya akan beralih kepada ahli warisnya. Bahkan oleh hukum anak yang ada dalam kandungan seorang perempuanpun sudah mempunyai hak, karena dianggap telah dilahirkan dengan catatan jika kepentingannya menghendaki (hak waris). Hal diatur dalam pasal 2 ayat 1 KUHPerdata berbunyi “anak yg ada dalam kandungan seorang perempuan, dianggap sebagai telah dilahirkan, bilaman juga kepentingan si anak menghendakinya”. Pada ayat 2 berbunyi “mati sewaktu dilahirkan dianggap ia tak pernah ada”.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

PENGANTAR ILMU HUKUM 001

PENGANTAR ILMU HUKUM 001

Perbuatan menurut hukum publik bersegi satu, yaitu suatu perbuatan hukum yang dilakukan oleh aparat administrasi negara berdasarkan wewenang istimewa dalam hal membuat suatu ketetapan yang megatur hubungan antara sesama administrasi negara maupun antara administrasi negara dan warga masyarakat. Misalnya, ketetapan tentang pengangkatan seseorang menjadi pegawai negeri. Perbuatan menurut hukum publik bersegi dua, yaitu suatu perbuatan aparat administrasi negara yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih secara sukarela. Misalnya mengadakan perjanjian pembuatan gedung, jembatan dengan pihak swasta ( pemborong) .
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Pengantar Ilmu Hukum 002

Pengantar Ilmu Hukum 002

Contoh : Seseorang yang bertikai karena masalah tanah akan teratasi bila dibawa keperadilan supaya mendapat kepausan dan keadilan siapa pemilik tanah tersebut. 3) Sebagai penggerak pembangunan : Daya mengikat dan memaksa dari hukum dapat digunakan atau didayahgunakan untuk menggerakkan pembangunan. Disini hukum dijadikan alat untuk membawa masyarakat ke arah yang lebih maju. Contoh : Dalam melaksanakan peraturan di pasar akan membuat pasar tersebut rapi dan mempercepat pembangunan atau pergerakan pasar tersebut menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. 4) Kritis Hukum : Dr. Soedjono Dirdjosisworo, SH dalam bukunya Pengantar Ilmu Hukum, hal 155 mengatakan : “Dewasa ini sedang berkembang suatu pandangan bahwa hukum mempunyai fungsi kritis, yaitu daya kerja hukum tidak semata-mata melakukan pengawasan pada aparatur pengawasan pada aparatur pemerintah saja melainkan aparatur penegak hukum termasuk didalamnya”. Contoh : Penangkapan Mantan Ketua MK Akil Muchtar dalam kasus korupsi membuktikan bahwa fungsi dari kritis hukum berjalan karna Akil sebagai ketua lembaga penegak hukum di jerat oleh lemabag penegak hukum (KPK) sehingga fungsi hukum berjalan sebagaimana mestinya.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pengantar Ilmu Hukum 001

Pengantar Ilmu Hukum 001

3 o . dengan suatu cara menguntungkan salah seorang pemiutang pada waktu kepailitan atau penyelesaian, ataupun pada saat dia tahu bahwa kepailitan atau penyelesaian tadi tak dapat dicegah lagi; 4 o . tidak memenuhi kewajibannya untuk membuat catatan menurut pasal 6 alinea pertama Kitab Undang-undang Hukum Dagang atau pasal 27 ayat (1) ordonansi tentang maskapai andil Indonesia, dan tentang menyimpan dan memperlihatkan buku-buku, surat-surat dan tulisan- tulisan menurut pasal-pasal itu. (KUHP 35, 43, 392, 397, 405, 486; KUHD 6 dst., 36, 44 dst.; F. 1, 19, 22, 41 dst., 70; Coop. 30-33, 36, 39; Ord. Levensv. 97.)
Baca lebih lanjut

128 Baca lebih lajut

Makalah Pengantar Ilmu Hukum

Makalah Pengantar Ilmu Hukum

disesuaikan dengan keadaan dan posisi pihak-pihak. Bahkan bila perlu hokum dapat diterapkan dengan analogis atau menentukan kebijaksanaan untuk hal yang sama, atau hampir sama, serta penghalusan hukum. Selain tiu pula hal lain yang perlu diperhatiakn adalak faktor pelaksana penegak hukum, karena yang dibutuhkan dalam menegakkan hokum yang dibutuhkan adalah kecekatan, ketangkasan dan keterampilannya. Disamping fungsi hukum yang perlu diketahui pua adalah tujuan utama hukum adalah untuk menciptakan tatanan masyarakat yang tertib, menciptakan ketertiban dan keseimbangan dengan tercapainya ketertiban dan ketentraman dalam masyarakat dan diharapkan kepentingn manusia akan dpat terlindungi dalam mencapai tujuannya. Karena fungsi hukum adalah membagi hak dan kewajiban antar perorangan di dalam masyarakat dan juga membagi wewenang serta mengatur cara memcahakan masalah hukum.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

PENGANTAR ILMU HUKUM 004

PENGANTAR ILMU HUKUM 004

Surat kuasa ini diakui legalitasnya dan mendapat landasan hukumnya dalam Kitab Undang- Undang Hukum Perdata di Indonesia, yakni pasal 1792-1819. Jadi, aktivitas pemberian dan penerimaan surat kuasa ini sah secara hukum ketika digunakan untuk mengurusi berbagai keperluan. Meskipun memang, tetap ada pengecualian bahwa tidak semua urusan dapat dikuasakan, seperti; membuat surat wasiat, melaksanakan perkawinan, dan urusan pengangkatan anak.

9 Baca lebih lajut

Pengertian Ilmu Hukum dan Pengantar Ilmu

Pengertian Ilmu Hukum dan Pengantar Ilmu

sebanyak-banyaknya pada orang sebanyak-banyaknya. Pencetus teori ini adalah Jeremy Betham. Dalam bukunya yang berjudul “introduction to the morals and legislation” berpendapat bahwa hukum bertujuan untuk mewujudkan semata-mata apa yang berfaedah/mamfaat bagi orang.Apa yang dirumuskan oleh Betham tersebut diatas hanyalah memperhatikan hal-hal yang berfaedah dan tidak mempertimbangkan tentang hal-hal yang konkrit. Sulit bagi kita untuk menerima anggapan Betham ini sebagaimana yang telah dikemukakan diatas, bahwa apa yang berfaedah itu belum tentu memenuhi nilai keadilan atau dengan kata lain apabila yang berfaedah lebih
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Pengantar Ilmu Hukum Islam.

Pengantar Ilmu Hukum Islam.

masyarakat yang menganut sistem hukum kekeluargaan bilateral di pulau jawa, dikenal pembagian warisan “sagendong-sapikul” yang maknanya perbandingan bagian waris antara seorang anak wanita dengan seorang anak laki-laki adalah satu berbanding dua. Sama halnya dengan ketentuan Islam bagian waris untuk seorang anak wanita adalah setengah dari bagian anak laki-laki. Dengan kata lain bagian untuk anak laki-laki adalah dua kali bagian untuk anak wanita. Masalah adil atau tidak adil ketentuan Islam ataupun adat, di sini tidak dibahas. 2). Menurut hukum adat yang lama bahwa seorang janda
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

hukum Indonesia PENGANTAR ILMU HUKUM PEN

hukum Indonesia PENGANTAR ILMU HUKUM PEN

Pengantar ilmu hokum ( PHI) merupakan terjemahan dari mata kuliah inleiding tot de recht sweetenschap yang diberikan di Recht School ( RHS) atau sekolah tinggi hokum Batavia di jaman Hindia Belanda yang didirikan 1924 di Batavia ( Jakarta sek.) istilah itupun sama dengan yang terdapat dalam undang-undang perguruan tinggi Negeri Belanda Hoger Onderwijswet 1920.

65 Baca lebih lajut

Pengantar Ilmu Hukum ILMU HUKUM

Pengantar Ilmu Hukum ILMU HUKUM

Suatu pengendalian sosial yang baik dan berdaya guna serta mampu menjamin pelaksanaan lembaga-lembaga sosial yang ada dalam sistem sosial, ukuran memerlukan adanya sanksi. Dalam hubungan sosial, sanksi merupakan mekanisme pengendalian sosial, yang pada hakekatnya mempunyai fungsi untuk memulihkan kembali keseimbangan tatanan masyarakat yang terganggu dalam keadaan semula (rest it utio in integrum). Terganggunya tatanan masyarakat bukan hanya disebabkan terjadinya pelanggaran hukum, namun juga dapat sebagai akibat adanya orang yang sangat berjasa, tetapi sama sekali tidak dihargai. Sesuai dengan fungsinya tersebut, sanksi dapat dibedakan menjadi: sanksi positif sebagai reaksi terhadap perbuatan-perbuatan yang baik dan diwujudkan dalam bentuk pemberian hadiah, pemberian piagam atau tanda penghargaan yang lain; sanksi negatif sebagai reaksi terhadap perbuatan yang negatif atau suatu bentuk pelanggaran hukum dan diujudkan dalam bentuk hukuman atau pidana; sanksi responsif yang merupakan reaksi secara spontan dan keduabelah pihak untuk sesegera mungkin memulihkan ketidak seimbangan yang terjadi. Bentuk implementasi dan sanksi responsif, misalnya ada dua orang mengendarai sepeda motor di jalan kampung yang sempit, mereka bertabrakan tetapi tidak diketahui polisi dan mereka memang tidak menyerahkan penyelesaiannya kepada pihak yang berwajib, mereka saat itu juga saling bersepakat untuk menyelesaikan secara kekeluargaan, biaya perbaikan sepeda motor yang rusak ditanggung bersama, atau dengan perhitungan tertentu.
Baca lebih lanjut

105 Baca lebih lajut

PENGANTAR ILMU HUKUM ILMU HUKUM

PENGANTAR ILMU HUKUM ILMU HUKUM

Pada zaman Renaissance timbul teori yang mengajarkan bahwa dasar hukum itu adalah “ akal atau rasio “ manusia ( aliran Rasionalisme rakyat ). Menurut aliran Rasionalisme ini bahwa Raja dan penguasa negara lainnya memperoleh kekuasaanya itu bukanlah dari Tuhan , tetapi dari rakyatnya. e. Teori Kedaulatan Negara

19 Baca lebih lajut

Hukum Indonesia PENGANTAR ILMU HUKUM

Hukum Indonesia PENGANTAR ILMU HUKUM

Pengantar ilmu hokum ( PHI) merupakan terjemahan dari mata kuliah inleiding tot de recht sweetenschap yang diberikan di Recht School ( RHS) atau sekolah tinggi hokum Batavia di jaman Hindia Belanda yang didirikan 1924 di Batavia ( Jakarta sek.) istilah itupun sama dengan yang terdapat dalam undang-undang perguruan tinggi Negeri Belanda Hoger Onderwijswet 1920.

65 Baca lebih lajut

Pengantar ilmu hukum

Pengantar ilmu hukum

Mata kuliah pengantar ilmu hukum ini akan membahas tentang pengetahuan tentang teori-teori dasar hukum, aliran-aliran pemikiran hukum dengan berbagai dinamikanya, proses terjadinya hukum dan berlakunya hukum di masyarakat, sumber – sumber hukum, penggolongan hukum serta interprestasi hukum dengan benar.

3 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...