pengawas pendidikan

Top PDF pengawas pendidikan:

PENGARUH EFEKTIVITAS PELATIHAN DAN PROFESIONALISME PENGAWAS TERHADAP KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA DI PROVINSI PAPUA.

PENGARUH EFEKTIVITAS PELATIHAN DAN PROFESIONALISME PENGAWAS TERHADAP KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA DI PROVINSI PAPUA.

Profesionalisme pengawas pendidikan agama merupakan tuntutan, agar lebih mampu memberikan bantuan layanan kepada guru pendidikan agama dalam melaksanakan pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran berkualitas dapat terwujud mana kala dilakukan oleh guru berkualitas dan guru yang berkualitas antara lain mendapatkan bimbingan oleh pengawas pendidikan yang profesional dalam supervisi akademik. “Pengawas merupakan salah satu komponen tenaga kependidikan yang bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan” (Depag. RI, 2003 :27).
Baca lebih lanjut

60 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI MADYOTAMAN               Pengelolaan Supervisi Akademik Pengawas Satuan Pendidikan Di Sd Negeri Madyotaman Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI MADYOTAMAN Pengelolaan Supervisi Akademik Pengawas Satuan Pendidikan Di Sd Negeri Madyotaman Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

Penelitian lain tentang supervisi dilakukan oleh Almannie (2015) dalam penelitian yang berjudul “ Leadership Role of School Superintendents in Saudi Arabia ”. Penelitian yang dilakukan oleh Almannie mengkaji tentang praktek pelaksanaan pengawas sekolah ditinjau dari lima peranan yaitu: lingkungan pekerjaan, peraturan dan perundangan, implementasi teknologi, akuntabilitas, dan pengembangan profesional pengawas di distrik sekolah. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 276 pengawas yang bekerja di 30 distrik sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden (pengawas pendidikan) memandang peranan kepemimpinan merupakan peranan terendah di antara kelima peranan tersebut. Hasil akhir menunjukkan bahwa kepemimpinan pengawas sekolah perlu dikembangkan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara menawarkan pelatihan yang lebih baik dalam kelima peranan tersebut. Kementrian Pendidikan harus memberdayakan pengawas sekolah dengan cara mendesentralisasikan pengambilan keputusan-keputusan penting kepada pengawas sekolah sehingga mereka dapat lebih aktif dalam mengarahkan perubahan dan melaksanakan kepemimpinan mereka di distrik sekolah di mana mereka bertugas.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

t adpen 0802389 chapter3

t adpen 0802389 chapter3

Teknik pengolahan data untuk uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi, baik regresi sederhana maupun regresi ganda. Dalam pengolahan data hasil penelitian digunakan analisis kecendrungan distribusi data, dan analisis korelasi serta dilanjutkan dengan uji regresi. Untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan, maka digunakan uji statistik dengan analisis statistik ganda dan analisis varians atau uji – F untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis deskriptif berupa presentase juga digunakan untuk mengetahui berapa besar korelasi dan determinasi Efektivitas Pelatihan dan Profesionalisme Pengawas terhadap Kinerja Pengawas pendidikan agama di Provinsi Papua.
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI KELAS DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD SWASTA MUHAMMADIYAH PANCURBATU KABUPATEN DELI SERDANG - Repository UIN Sumatera Utara

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI KELAS DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD SWASTA MUHAMMADIYAH PANCURBATU KABUPATEN DELI SERDANG - Repository UIN Sumatera Utara

Sebagai guru PAI yang tergabung dalam MGMP PAI, saya melihat bahwa pelaksanaan supervisi di SD Swasta Muhammadiyah Pancurbatu selama ini adalah lebih berfokus pada pelaksanaan kunjungan kelas, yang biasanya dilakukan oleh kepala sekolah, dan pengawas pendidikan agama Islam. Selain itu, pelaksanaan pengawasan pendidikan agama Islam juga melalui bimbingan individual kepada guru-guru PAI setelah melakukan observasi kelas, dan juga pengawasan klinis terhadap guru PAI. Tujuan kegiatan ini terasa bermanfaat bagi kami guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah meningkatkan keterampilan mengajar sehingga strategi dan metode-metode baru dapat kami laksanakan setelah mengikuti pengawasan pendidikan agama Islam di SD Swasta Muhammadiyah Pancurbatu. 13
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI PENGAWAS TERHADAP KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif Analisis Kuantitatif Tentang Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Pengawas Terhadap Kinerja Pengawas Sekolah Dasar di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bekasi).

PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI PENGAWAS TERHADAP KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif Analisis Kuantitatif Tentang Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Pengawas Terhadap Kinerja Pengawas Sekolah Dasar di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bekasi).

Dalam Undang Undang Nomor 20 pasal 39 tahun 2003 juncto Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2007 antara lain dijelaskan bahwa untuk dapat diangkat sebagai pengawas sekolah adalah seseorang yang wajib memenuhi standar Pengawas Sekolah yang berlaku secara nasional. Berkewajiban menilai dan membina penyelenggaraan pendidikan dalam rangka pembinaan, pengembangan, perlindungan, peningkatan mutu, dan pelayanan sekolah. Selanjutnya, Berdasarkan PP N0. 19 Tahun 2005 oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tentang pengawas pendidikan wajib memiliki kompetensi, yakni kompetensi persyaratan rekrutmen, kompetensi profesi dan kompetensi personal.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI RIAU (STUDI TENTANG KEBIJAKAN PERMENDIKNAS NOMOR 12 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH).

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI RIAU (STUDI TENTANG KEBIJAKAN PERMENDIKNAS NOMOR 12 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan standar pengawas sekolah pada Pengawas Satuan Pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Riau, melalui: (1) mendeskripsikan proses komunikasi dalam implementasi kebijakan standar pengawas satuan pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Riau; (2) mendeskripsikan kesiapan sumber daya dalam implementasi kebijakan standar pengawas satuan pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Riau; (3) mendeskripsikan proses disposisi dalam implementasi kebijakan standar pengawas satuan pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Riau; dan (4) mendeskripsikan faktor struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan standar pengawas satuan pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Riau mulai Januari 2016 s.d Mei 2016. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan informan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kabid dikmenti Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Koordinator Pengawas Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, dan Pengawas Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi dokumentasi, observasi dan triangulasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

07B Pedoman Pemilihan Pengawas Sekolah Penerima   Satyalencana Pendidikan 2016

07B Pedoman Pemilihan Pengawas Sekolah Penerima Satyalencana Pendidikan 2016

Sumber daya manusia pendidikan, termasuk di dalamnya guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, tenaga administrasi sekolah, tenaga laboratorium, dan tenaga atau petugas perpustakaan memiliki peran yang strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional. Dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradab, diperlukan pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi seperti yang dipersyaratkan dalam ketentuan yang berlaku. Agar potensi pendidik dan tenaga kependidikan tersebut dapat dicapai secara optimal, pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan, kompetensi, pembinaan karier, kesejahteraan, serta penghargaan dan perlindungan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS DI DABIN 7   UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PURWODADI  Pengelolaan Supervisi Manajerial Pengawas Di Dabin 7 Uptd Pendidikan Kecamatan Purwodadi.

PENGELOLAAN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS DI DABIN 7 UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PURWODADI Pengelolaan Supervisi Manajerial Pengawas Di Dabin 7 Uptd Pendidikan Kecamatan Purwodadi.

Penelitian ini sama penelitian yang dilakukan oleh Isa Yuguda Kotirde (2014).Penelitian bermaksud untuk membuat review pada beberapa masalah yang berkaitan dengan pengawasan menekankan profil profesional dan peran dalam sistem pendidikan, khususnya dalam kualitas perbaikan sekolah dan juga menyoroti konsep pengawasan dapat meningkatkan kualitas mutu serta kualitas dalam mengajar dan belajar. Oleh karena itu, disarankan agar pengawas sebagai katalis harus memfasilitasi pelaksanaan berbagai peran yang akan memperbaiki mutu pendidikan.

17 Baca lebih lajut

SAKIP | Inspektorat Kota Dumai BAB IV

SAKIP | Inspektorat Kota Dumai BAB IV

c. Perlu adanya peningkatan kualitas Sumber Daya Aparatur melalui pengiriman aparat pengawas untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan Jabatan Fungsional Auditor dan Jabatan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah maupun pendidikan dan pelatihan subtantif lainnya baik yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan maupun yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kota Dumai.

2 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS DI DABIN 7 UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PURWODADI  Pengelolaan Supervisi Manajerial Pengawas Di Dabin 7 Uptd Pendidikan Kecamatan Purwodadi.

PENGELOLAAN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS DI DABIN 7 UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PURWODADI Pengelolaan Supervisi Manajerial Pengawas Di Dabin 7 Uptd Pendidikan Kecamatan Purwodadi.

Pelaksanaan supervisi manajerial pengawas sekolah dalam rangka membantu kepala sekolah guna meningkatkan mutu dan efektifitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Supervisi managerial menitik beratkan pada pengamatan aspek-aspek pengelolaan dan administrasi Sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran.

14 Baca lebih lajut

FUNGSI PENGAWAS DALAM PEMENUHAN STANDAR PENDIDIKAN MADRASAH DI KOTA SERANG BANTEN

FUNGSI PENGAWAS DALAM PEMENUHAN STANDAR PENDIDIKAN MADRASAH DI KOTA SERANG BANTEN

luas lahan sesuai ketentuan; memiliki gedung sekolah sendiri; memiliki ruang Kepa la Sekolah dengan ruang TU; sarana/ prasarana belajar yang cukup; ada ruang labora torium (IPA Bio- logi, IPA Fisika, Ruang Perpus takaan dan Ruang Keterampilan; ada ruang Bimbingan Konseling, Organisasi Siswa Intra Sekolah, Palang Merah Remaja / Usaha Kesehatan Madrasah; ada ru- ang guru; ada tempat ibadah; ada fasilitas olah raga (alat dan lapangan); dan terdapat terda- pat gudang dan aula. Kenyataannya program pengawas yang terkait sarana prasarana hanya memiliki satu item program yang menyang- kut standar saranaprasarana yaitu program pemenuhan sarana prasarana sesuai standar akreditasi nasional. Targetnya 80% madrasah harus me miliki sarana sesuai dengan standar sarana dan parasarana akreditasi. Tetapi ca- paian programnya baru 60% madrasah yang telah memenuhi standar sarana prasana sesuai akreditasi. Artinya terdapat 40% madrasah di Kota Serang yang standar sarana prasarananya berada dibawah standar akreditasi.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI MADYOTAMAN   Pengelolaan Supervisi Akademik Pengawas Satuan Pendidikan Di Sd Negeri Madyotaman Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI MADYOTAMAN Pengelolaan Supervisi Akademik Pengawas Satuan Pendidikan Di Sd Negeri Madyotaman Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

SATUAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI MADYOTAMAN KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA Dengan ini kami menilai tesis tersebut dapat disetujui untuk diajukan dalam sidang ujian tesis pada Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

17 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS DI DABIN 7 UPTD PENDIDIKAN PURWODADI

PENGELOLAAN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS DI DABIN 7 UPTD PENDIDIKAN PURWODADI

Supervisi adalah kegiatan yang di- lakukan oleh pengawas satuan pendidikan dalam rangka membantu kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Supervisi ditujukan pada dua aspek yaitu manajerial dan akademik.Supervisi manajerial menitik beratkan pada pengamatan pada aspek- aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran. Sementara supervisi akademik menitik beratkan pada pengamatan supervisor terhadap kegiatan akademik, berupa pem- belajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Menurut Sudjana ( 2012:54 ) kompetensi pengawas sekolah seharusnya berangkat dari
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

ADMINISTRASI UJIAN NASIONAL MTS

ADMINISTRASI UJIAN NASIONAL MTS

2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran: (a) kelompok mata pelajaran agama dan ahlak mulia, (b) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, (c) kelompok mata pelajaran estetika, dan (d) kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penilaian akhir untuk masing-masing kelompok mata pelajaran dilakukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan hasil penilaian peserta didik oleh pendidik.

146 Baca lebih lajut

2012 2 Pengumuman PEMENANG Pengawas Pemb Gedung Pendidikan

2012 2 Pengumuman PEMENANG Pengawas Pemb Gedung Pendidikan

Toddopuli 22 Blok 35 No.87, Makassar Harga Penawaran : Rp.88.800.000,- Delapan Puluh Delapan Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah sebagai Penyedia Jasa atas Pekerjaan Pengadaan Jasa Konsul[r]

1 Baca lebih lajut

13 hu supervisi pendidikan dan pengawas sekolah

13 hu supervisi pendidikan dan pengawas sekolah

pengawas dan guru (Glickman, et al., 2013). Supervisi menurut (Daresh, 1989; Glickman, et al; 2007) adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Supervisi menurut Sullivan dan Glanz (2005: 27), ”Supervision is the process of engaging teachers in instructional dialogue for the purpose of improving teaching and increasing student achievement.” (Supervisi adalah proses melibatkan guru dalam dialog pembelajaran untuk mencapai tujuan yaitu peningkatan mengajar dan pencapaian hasil belajar siswa). Delano dan Shah (2007: 7) menyatakan, “Supervision is a professional relationship that provides support, education, monitoring of quality, and create a safe forum to reflect on professional practice.” (Supervisi adalah hubungan profesional yang memberikan dukungan, pendidikan, kualitas pemantauan, dan menciptakan forum yang aman sebagai bahan refleksi praktik profesional). Sejalan dengan kedua pendapat di atas, Killminister et al. (2007: 2) menyatakan bahwa supervisi, ‘The provision of guidance and feedback on matters of personal, professional and educational development.” (Upaya pembimbingan dan umpan balik yang terjadi pada personal, professional, dan pengembangan pendidikan). Selanjutnya, Morzano (2011: 2) menyatakan supervisi sebagai proses “enhancement of teachers’ pedagogical skills, with the ultimate goal of enhancing student achievement.” (peningkatan keterampilan pedagogik guru dalam rangka mencapai tujuan utama yaitu meningkatkan prestasi siswa). Berdasarkan kelima pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi adalah kegiatan bantuan profesional kepada guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

 Artikel dan Makalah Pendidikan | tentang PENDIDIKAN | n 6 Naskah KTI Pengawas

Artikel dan Makalah Pendidikan | tentang PENDIDIKAN | n 6 Naskah KTI Pengawas

Bentuk kegiatan pengembangan profesi yang paling banyak dilakukan oleh pengawas sekolahpada saat iniadalah membuat KTI.Namun, informasi yang benar dan dapat memotivasi tentang caramembuat KTI masih terbatas. Akibatnya, banyak pengawas sekolah yang tidak atau kurang mampu, dan juga engganuntuk membuat KTI sebagai bagian wajib dalam kegiatan pengembangan profesinya. Apalagi jika dikaitkan dengan selisih gaji yang diterima setelah naik ke satu jenjang pangkat dan golongan ruang di atasnya yang besarnya tidak signifikan atau kurang sesuai dengan jerih payah yang dilakukan ketika membuat KTI.
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...