pengertian seni

Top PDF pengertian seni:

Pengertian seni rupa 2 dimensi dan seni

Pengertian seni rupa 2 dimensi dan seni

Pengertian Seni Rupa 2 dimensi dan 3 dimensi – Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog tuntasterbuka.blogspot.com Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Pengertian Seni Rupa 2 dimensi dan 3 dimensi, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

7 Baca lebih lajut

PENGERTIAN SENI SUARA DAN SENI MUSIK

PENGERTIAN SENI SUARA DAN SENI MUSIK

Kesenian mengikut definisi Herberth Read adalah suatu usaha untuk mencipta bentuk-bentuk yang menyenangkan dan seni itu dijalankan pula daripada estetika. Dalam seni suara kesenian Melayu dapat dibahagikan kepada dua bahagian iaitu : Seni VokalSeni Vokal lahir daripada pita suara yang boleh memberi kepuasan kepada pendengar. Setiap seni vokal itu berbeza mengikut masyarakat. Dalam masyarakat Melayu terdapat seni vokal tanpa muzik dan seni vokal yang bergabung dengan muzik.

3 Baca lebih lajut

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli.

Musik dangdut berasal dari Indonesia, jadi musik dangdut ini musik asli Indonesia. Suara khasnya yaitu gendang dan serulingnya. Musik dangdut merupakan musik bergaya semangat. Tokoh-tokoh dari musik dangdut ini yakni Rhoma Irama (Bang Haji), Elvi Sukaisih (Umi), A. Rafi, dan masih banyak lagi. Seni musik merupakan salah satu jenis seni yang banyak disukai. Musik bisa menjadi media ekspresi seseorang baik itu ekspresi kebahagiaan, ekspresi kesedihan, dan berbagai jenis ekspresi diri seseorang.

12 Baca lebih lajut

Seni Rupa Pengertian Seni Menurut Ahli (1)

Seni Rupa Pengertian Seni Menurut Ahli (1)

 Media (bahan/alat) yang digunakan umumnya bahan alami dn yang mudah didapat dari daerah setempat. Contoh media seni terapan tradisional (daerah setempat) umumnya menggunakan yang harganya murah, mudah terjangkau masyarakat umum/luas, bambu, kayu, tanah liat, jenis rumput-rumputan (untuk anyaman), eceng gondok, tempurung (batok) kelapa, kulit kerang, kulit hewan, batu marmer, batu andesit, dan daun-daunan.  Teknik (cara) yang digunakan dalam pembuatan karya seni terapan daerah setempat atau

23 Baca lebih lajut

 Sapel Dan Rpp Modul Seni Budaya x Smk Semester 1 2010 2011

Sapel Dan Rpp Modul Seni Budaya x Smk Semester 1 2010 2011

- Guru memberi penjelasan memberi penjelasan mengenai seni rupa terapan. Pembahasan dalam materi ini meliputi: pengertian seni rupa terapan, pengertian apresiasi, keunikan gagasan dan teknik seni terapan (keunikan gagasan seni kriya, dan keunikan teknik seni kriya), sifat-sifat dasar seni rupa, dan unsur-unsur seni rupa, serta fungsi dan tujuan seni (fungsi individual, fungsi sosial)

31 Baca lebih lajut

Super Lengkap - Model Kurikulum Sekolah di Berbagai Jenjang Sekolah | Guru Modern | Blog Edukasi 23d7. RPP Seni Rupa

Super Lengkap - Model Kurikulum Sekolah di Berbagai Jenjang Sekolah | Guru Modern | Blog Edukasi 23d7. RPP Seni Rupa

IV. INDIKATOR : Menyebutkan pengertian seni dan seni rupa, tujuan penciptaan seni, fungsi seni, sifat seni, dan cabang-cabang seni rupa.

4 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 5 SLEMAN Karangasem, Pandowoharjo, Sleman Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah PPL.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 5 SLEMAN Karangasem, Pandowoharjo, Sleman Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah PPL.

Mendeskripsikan pengertian seni rupa dan unsur unsur seni rupa. Guru menyampaikan salam dan doa. Guru mengecek kehadiran siswa, kemudian guru memotivasi siswa untuk siap melakukan pembelajaran. Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa pelajaran minggu lalu . Guru mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber. guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain. memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.dan memberi penugasan dalam membuat karya seni kombinasi garis
Baca lebih lanjut

265 Baca lebih lajut

MATERI SENI RUPA KELAS IX SMP SEMESTER 1

MATERI SENI RUPA KELAS IX SMP SEMESTER 1

Merupkan salah satu cabang dari seni rupa yang berdimensidua. Melukis adalah kegiatan membubuhkan cat (kental maupun cair) diatas bidang yang datar. Dari pembubuhan cat tersebut diharapkandapat mengekspresikan berbagai makna atau nilai subjektif. Nilai-nilai yang melekat pada lukisan dipengaruhi oleh budaya yang dimiliki pelukisnya. Seni lukis daerah sudah tentu mengandung nilai-nilai dudaya daerah yang bersangkutan.

26 Baca lebih lajut

Bab 16 Kritik Teater

Bab 16 Kritik Teater

Setiap hari, Kalian melihat kejadian peristiwa, mendengar khabar berita, baik, melalui; pengalaman langsung, tontonan televisi maupun siaran radio. Berangkat dari pengalaman Kalian, baik secara langsung maupun melalui media, pasti tidak semua pengalaman menarik hati dan Kalian tanggapi dengan serius. Tetapi, sebaliknya bagi orang lain, pengalaman yang sama dengan Kalian, justru menjadi hal menarik dan penting untuk dibicarakan. Oleh sebab itu, perbedaan dalam menanggapi terhadap suatu pengalaman adalah akibat dari perbedaan kepekaan seseorang. Kepekaan sebagai kemampuan Kalian dalam menanggapi, termasuk menanggapi karya Teater adalah hal penting dalam pembelajaran kritik. Kritik terhadap karya Teater, diperlukan kepekaan seni dan kepekaan intelektual. Kepekaan seni diperlukan ketajaman rasa seni melalui indra pendengaran dan penglihatan. Kepekaan intelektual adalah ketajaman dalam memahami dan menemukan makna, pesan moral yang terkandung, tersembunyi, implisit di dalam nilai bentuk karya seni, karya Teater. Dengan demikian, belajar tentang kepekaan di dalam menanggapi karya Teater adalah belajar tentang kritik Teater. Kritik, terhadap karya Teater merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan apresiasi.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

BAB 1 SENI RUPA TIGA DIMENSI

BAB 1 SENI RUPA TIGA DIMENSI

Latar belakang kami menulis makalah ini ialah untuk menjelaskan karya seni rupa tiga dimensi secara lebih rinci. Penjelasan karya seni rupa tiga dimensi akan meliputi media dan teknik pemuatan. Di dalam makalah ini juga kami menampilkan gambar-gambar yang merupakan contoh karya seni rupa tiga dimensi.

1 Baca lebih lajut

APRESIASI DAN KRITIK SENI (1)

APRESIASI DAN KRITIK SENI (1)

Apresiasi dalam seni memiliki manfaat atau fungsi. Seperti yang sudah disebutkan mengenai pengertian dari apresiasi pada seni, terdapat kegiatan mengenali, memberi penilaian, juga menghargai di mana akan memperngaruhi karya seni tersebut serta seniman atau pembuat seni yang terlibat.Ada empat fungsi yang menjadi utama dan dapat kamu kenali agar lebih memahami mengenai apresiasi pada seni. Keempat fungsi tersebut sebagai berikut: 1. Untuk Meningkatkan Kecintaan Terhadap Karya Seni

16 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 JETIS.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 JETIS.

Mahasiswa praktikan dalam micro teaching dibimbing langsung oleh dosen pembimbing dari jurusan yang bersangkutan. Untuk prodi Pendidikan Seni Rupa dibagi menjadi beberapa kelas kecil dengan dosen pembimbing yang berbeda. Setiap kelompok terdiri dari 7-11 mahasiswa, dalam setiap kali pertemuan 2-3 mahasiswa latihan mengajar secara bergantian, sedangkan teman yang lainnya sebagai murid. Materi yang dijadikan bahan pengajaran mikro adalah materi pelajaran Seni Rupa tingkat SMP dan SMA se-derajat sehingga mahasiswa dapat lebih mempersiapkan diri sebelum praktik mengajar di sekolah.
Baca lebih lanjut

172 Baca lebih lajut

DIKTAT PENGANTAR DAN PENDIDIKAN SENI

DIKTAT PENGANTAR DAN PENDIDIKAN SENI

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengemukakan tentang SK dan KD pendidikan seni, budaya, dan keterampilan menjelaskan bahwa pendidikan seni musik sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Pada bahasan ini dikaitkan dengan pendidikan seni musik. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan Mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk (Depdiknas, 2006: 611).
Baca lebih lanjut

75 Baca lebih lajut

PASAR SENI DI BANDA ACEH

PASAR SENI DI BANDA ACEH

Pasar Seni merupakan salah satu usaha untuk menyatukan para perajin dan seniman yang ada di Aceh, serta untuk ajang promosi dan pengenalan hasil kebudayaan Aceh berupa kerajinan dan kesenian khas Aceh. Di dalamnya akan diproduksi dan diperkenalkan berbagai karya kerajinan yang dihasilkan oleh perajin lokal Aceh, serta beberapa pengetahuan tentang kerajinan dan kesenian tersebut. Tempat ini ditujukan bagi seluruh masyarakat Aceh, masyarakat kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh juga wisatawan asing serta wisatawan nusantara yang datang ke Aceh. Permasalahan yang dikaji adalah memanfaatkan lahan di area Pasar Seni sehingga mampu mengakomodir segala aktivitas yang ada di dalamnya.
Baca lebih lanjut

109 Baca lebih lajut

2.1.  SENAM DAN SENI TARI 2.1.1. Pengertian senam artistic  PUSAT PENGEMBANGAN SENAM DAN SENI TARI.

2.1. SENAM DAN SENI TARI 2.1.1. Pengertian senam artistic PUSAT PENGEMBANGAN SENAM DAN SENI TARI.

Abad ke-18 merupakan periode di mana standar teknis balet menjadi sangat maju. Pada masa ini pula balet menjadi bentukan seni drama yang serius dan setara dengan opera. Kemajuan ini disebabkan oleh karya penting dari Jean- Georges Noverre yang berjudul Lettres sur la danse et les ballets (1760), yang merintis berkembangnya ballet d'action di mana penari diharuskan mengekspresikan karakter dan menampilkan narasi cerita. Musik balet itu sendiri berkembang sangat pesat pada masa itu oleh komponis sepertiChristopher Gluck. Pada akhir masa itu, opera menjadi terbagi tiga teknik formal yaitu sérieux, demi- caractère dan comique , dan balet turut menjadi bagian di dalam opera sebagai pengantar adegan yang diistilahkan sebagai divertissements .
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

 SEPUTAR PENDIDIKAN 2012

SEPUTAR PENDIDIKAN 2012

Seni merupakan ciptaan manusia, oleh sebab itu senantiasa ada kesesuaian dengan sifat-sifat manusia yang menciptakannya. Demikian juga halnya dengan seni kanak-kanak. Keindahan yang terdapat dalam berbagai perwujudan seni kanak-kanak ada kesesuaiannya dengan jiwa dan perasaan anak, yang minat dan perhatiannya senantiasa tertuju kepada segala sesuatu yang bersifat indah dan menyenangkan baginya. Jiwa dan sifat anak-anak tercermin dalam “perbuatan seni”-nya dan mempunyai keindahan yang khas. Kenyataan ini menuntut pengertian, penghargaan dan penilaian yang lain sifatnya dalam pendidikan.
Baca lebih lanjut

51 Baca lebih lajut

BATASAN DAN PENGERTIAN  GEDUNG PERTUNJUKAN SENI DI YOGYAKARTA.

BATASAN DAN PENGERTIAN GEDUNG PERTUNJUKAN SENI DI YOGYAKARTA.

Selain itu Gedung Pertunjukan Seni sendiri diharapkan mampu untuk mengembangkan dan meningkatkan daya cipta dalam karya seni para seniman lokal. Kualitas gedung yang baik dan mendukung akan diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan, baik pada diri seniman – seniman untuk menghasilkan sebuah karya maupun juga pada masyarakat setempat untuk lebih menghargai dan melestarikan seni budaya. Dan pada akhirnya Gedung Pertunjukan Seni juga diharapkan mampu mengembangkan dan melestarikan kesenian tradisional yang hampir tidak lagi terasa akrab di telinga masyarakat sekarang, terutama pada generasi mudanya.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

PENGERTIAN KEBUDAYAAN DAN SENI

PENGERTIAN KEBUDAYAAN DAN SENI

b. Dalam kecenderungan perkembangan seni dewasa ini, keindahan positif tidak lagi menjadi tujuan yang paling penting dalam berkesenian. Sebagai seniman beranggapan lebih penting menggoncang publik dengan nilai estetis legatif (ugliness) daripada menyenangkan atau memuaskan mereka. Fenomena semacam ini akan kita jumpai pada karya-karya seni primitir atau karya seni lainnya yang tidak mementingkan keidahan tampilan visual namun lebih mementingkan makna simboliknya. “Ugliness” dalam karya seni termasuk nilai estetis yang negatif. Jadi sesungguhnya dalam karya seni terdapat nilai estetis yang positif dan negatif.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pengertian iptek dan seni docx

Pengertian iptek dan seni docx

Dalam bahasa latin abad pertengahan, ada terdapat istilah-istilah ars, artes, dan artista. Ars adalah teknik atau craftsmanship, yaitu ketangkasa dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu; adapun artes berarti kelompok orang-orang yang memiliki ketangkasan atau kemahiran;artista adalah anggota yang ada didalaam kelompok kelompok itu. Ars inilah yang kemudiaan berkembang menjadi I’arte (italia), I’art (prancis), elarte (spanyol), dan art (inggris), dan bersamaan dengan itu isinya pun berkembang sedikit demi sedikitkearah pengertiannya yang sekarang. Tetapi di deropa ada juga istilah-istilahyang lain, orang jerman menyebut seni dengan kunst dan orang belanda dengan kunst, yang berasal dari kata lain
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Pengertian Topeng dan Blantek Seni Yang

Pengertian Topeng dan Blantek Seni Yang

Topeng Blantek berkembang dan disebar luaskan oleh para pedagang keliling jaman dulu, sambil menunggu pagi dan dagangannya laku mereka suka bercerita diantara sundung dagangannya. Sejak jaman dulu, para penggarap Topeng Blantek kebanyakan bertani dan berdagang pada siang harinya, itupun jika diantara mereka tidak manggung pada malam harinya. Sejak tahun 1950-an aktivitas Topeng Blantek vakum. Dan mulai tahun 70-an Pemda DKI Jakarta mulai menggali kembali blantek. Namun setelah banyaknya seni pertunjukan asing masuk, maka kesenian budaya Betawi semakin menghilang dan diantara kesenian budaya Betawi mulai dikenal masyarakat Betawi dan ditayangkan kembali oleh TVRI, serta menjadi akrab kembali. Lebih-lebih Topeng Betawi dan Topeng Blantek yang disajikan diruang terbuka di halaman dengan arena terbentuk oleh kerumunan para penontonnya hingga merupakan lingkaran atau tapal kuda jika penonton menghadap ke layar tunggal. Dengan bentuk yang demikian, maka posisi pemain dan penonton tanpa batas selama pertunjukan berlangsung. Terkadang terjadi dialog antara para pemain dengan para penonton secara spontan dalam beberapa saat. Pada dasarnya Topeng Blantek dengan Topeng Betawi adalah sama. Perbedaannya terletak pada iringan musiknya. Topeng Betawi diiringi oleh musik Gamelan Topeng berbau gaya Sunda yang ditambah oleh iringan gesekan Rebab, sedangkan Topeng Blantek diiringi oleh Rebana Biang yang terdiri dari 3 buah Rebana (Biang, Ketok, Kotek).
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects