penyebab efek rumah kaca sehingga memicu peningkatan pemanasan global adalah

Top PDF penyebab efek rumah kaca sehingga memicu peningkatan pemanasan global adalah:

Efek Rumah Kaca Penyebab Dampak dan Penc

Efek Rumah Kaca Penyebab Dampak dan Penc

Protokol Kyoto adalah sebuah amandemen terhadap Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), sebuah persetujuan internasional mengenai pemanasan global. Negara-negara yang meratifikasi protokol ini berkomitmen untuk mengurangi emisi/pengeluaran karbon dioksida dan lima gas rumah kaca lainnya, atau bekerja sama dalam perdagangan emisi jika mereka menjaga jumlah atau menambah emisi gas-gas tersebut, yang telah dikaitkan dengan pemanasan global. Jika sukses diberlakukan, Protokol Kyoto diprediksi akan mengurangi rata-rata cuaca global antara 0,02 °C dan 0,28 °C pada tahun 2050. (sumber: Nature, Oktober 2003)
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Efek Rumah Kaca terhadap (4)

Efek Rumah Kaca terhadap (4)

Seiring bertambahnya populasi manusia di muka bumi, maka semakin bertambah pula kebutuhan manusia. Demi kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari manusia menciptakan alat-alat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan mereka. Akan tetapi setiap alat yang diciptakan manusia memiliki efek positif dan efek negatif yang ditimbulkannya. Tanpa disadari dampak buruk yang akan terjadi bagi kehidupan di bumi terjadi seperti timbulnya pemanasan global dan perubahan iklim yang ekstrim. Pemanasan Global (Global Warming) adalah fenomena peningkatan temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi dari tahun ke tahun yang digambarkan seperti terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO 2 ) yang berasal dari kendaraan bermotor, metana
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Efek Rumah Kaca dan pemanasan (2)

Efek Rumah Kaca dan pemanasan (2)

Ada beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwa kontribusi Matahari mungkin telah diabaikan dalam pemanasan global. Dua ilmuan dari Duke University mengestimasikan bahwa Matahari mungkin telah berkontribusi terhadap 45-50% peningkatan temperatur rata-rata global selama periode 1900-2000, dan sekitar 25-35% antara tahun 1980 dan 2000.[10] Stott dan rekannya mengemukakan bahwa model iklim yang dijadikan pedoman saat ini membuat estimasi berlebihan terhadap efek gas-gas rumah kaca dibandingkan dengan pengaruh Matahari; mereka juga mengemukakan bahwa efek pendinginan dari debu vulkanik dan aerosol sulfat juga telah dipandang remeh.[11] Walaupun demikian, mereka menyimpulkan bahwa bahkan dengan meningkatkan sensitivitas iklim terhadap pengaruh Matahari sekalipun, sebagian besar pemanasan yang terjadi pada dekade-dekade terakhir ini disebabkan oleh gas-gas rumah kaca. Pada tahun 2006, sebuah tim ilmuan dari Amerika Serikat, Jerman dan Swiss menyatakan bahwa mereka tidak menemukan adanya peningkatan tingkat “keterangan” dari Matahari pada seribu tahun terakhir ini. Siklus Matahari hanya memberi peningkatan kecil sekitar 0,07% dalam tingkat “keterangannya” selama 30 tahun terakhir. Efek ini terlalu kecil untuk berkontribusi terhadap pemansan global.[12][13] Sebuah penelitian oleh Lockwood dan Fröhlich menemukan bahwa tidak ada hubungan antara pemanasan global dengan variasi Matahari sejak tahun 1985, baik melalui variasi dari output Matahari maupun variasi dalam sinar kosmis.[14]
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

12 ENG 03 Gas Rumah Kaca Bandung

12 ENG 03 Gas Rumah Kaca Bandung

nergi merupakan kebutuhan mutlak bagi sebuah sebuah p Emisi gas-gas rumah kaca sebagai hasil samping dari aktivitas ekonomi sebuah perusahaan, baik berupa industri maupun gedung komersial, menjadi penyebab terjadinya pemanasan global. Hal ini memicu timbulnya iklim ekstrim di seluruh dunia. Untuk itu perlu dilakukan suatu usaha yang sistematis dan berkelanjutan dalam rangka mencegah semakin memburuknya kondisi lingkungan di sekitar kita.

1 Baca lebih lajut

PELATIHAN PENINGKATAN MUTU GURU DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA

PELATIHAN PENINGKATAN MUTU GURU DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA

Pemanasan global dapat pula diakibatkan oleh variasi matahari. Suatu hipotesis menyatakan bahwa variasi dari matahari yang diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini (Marsh and Henrik, 2000). Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas matahari akan memanaskan stratosfer, sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer. Pendinginan stratosfer bagian bawah paling tidak telah diamati sejak tahun 1960, yang tidak akan terjadi bila aktivitas matahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini. Penipisan lapisan ozon juga dapat memberikan efek pendinginan tersebut tetapi penipisan tersebut terjadi mulai akhir tahun 1970-an. Fenomena variasi matahari dikombinasikan dengan aktivitas gunung berapi mungkin telah memberikan efek pemanasan dari masa pra-industri hingga tahun 1950, serta efek pendinginan sejak tahun 1950 (Hegerl, et al. 2007, Ammann, et al, 2007).
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

POLITIK LINGKUNGAN GLOBAL STUDI KASUS SI

POLITIK LINGKUNGAN GLOBAL STUDI KASUS SI

Efek rumah kaca merupakan suatu kondisi terperangkapnya radiasi matahari kedalam, oleh karena radiasi yang masuk ke dalam bumi sebagian di pantulkan kembali menuju menuju ke udara. Efek rumah kaca berasal dari kerusakan lapisan ozon di atmosfir oleh karena peningkatan aktifitas zat karbon dioksida (CO2) yang terlepas dari pabrik-pabrik, asap kendaraan, kebakaran hutan, dan lain-lain. Gas karbon yang terlepas ke atosmfer dapat menyebabkan semakin menipisnya lapisan hingga terjadi kebolongan di lapisan ozon, hal tersebut berdampak pada radiasi yang di lepaskan matahari langsung terpampar ke bumi tanpa melalui lapisan ini. Kondisi ini memicu perubahan iklim dan peningkatan suhu bumi.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Makalah Fisika  Pemanasan Global GLOBAL

Makalah Fisika Pemanasan Global GLOBAL

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata dunia baik di daratan, lautan maupun di atmosfer bumi. Pemanasan global disebabkan oleh efek rumah kaca dan efek umpan balik karena efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya, planet ini akan menjadi sangat dingin. Akan tetapi sebaliknya, apabila gas-gas tersebut telah berlebihan di atmosfer, akan mengakibatkan pemanasan global. Dan menurut Laporan Perserikatan Bangsa Bangsa tentang peternakan dan lingkungan yang diterbitkan pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa, “industri peternakan adalah penghasil emisi gas rumah kaca yang terbesar (18%), jumlah ini lebih banyak dari gabungan emisi gas rumah kaca seluruh transportasi di seluruh dunia (13%). ” Hampir seperlima (20 persen) dari emisi karbon berasal dari peternakan. Jumlah ini melampaui jumlah emisi gabungan yang berasal dari semua kendaraan di dunia.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Global Warming (Pemanasan Global)

Contoh Makalah Global Warming (Pemanasan Global)

Proses umpan balik yang terjadi mempengaruhi penyebab pemanasan global. Sebagai contoh adalah pada proses penguapan air. Pada kasus pemansan akibat bertambahnya gas-gas rumah kaca seperti CO2, pada awalnya pemanasan akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara sampai tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air. Efek rumah kaca yang dihasilkannya lebih besar bila dibandingkan oleh akibat gas CO2 sendiri. (Walaupun umpan balik ini meningkatkan kandungan air absolut di udara, kelembaban relatif udara hampir konstan atau bahkan agak menurun karena udara menjadi menghangat). Umpan balik ini hanya berdampak secara perlahan-lahan karena CO2 memiliki usia yang panjang di atmosfer.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

dampak efek rumah kaca dan pemanasan glo

dampak efek rumah kaca dan pemanasan glo

Efek Rumah Kaca adalah penyebab terutama pemanasan global dan perubahan iklim. Efek Rumah Kaca dapat divisualisasikan sebagai sebuah proses. Pada kenyataannya, di lapisan atmosfer terdapat selimut gas. Rumah kaca adalah analogi atas bumi yang dikelilingi gelas kaca. Yang kemudian, panas matahari masuk ke bumi dengan menembus gelas kaca tersebut berupa radiasi gelombang pendek. Sebagian diserap oleh bumi dan sisanya dipantulkan kembali ke angkasa sebagai radiasi gelombang panjang. Namun, panas yang seharusnya dapat dipantulkan kembali ke angkasa menyentuh permukaan gelas kaca dan terperangkap di dalam bumi. Layaknya proses dalam rumah kaca di pertanian dan perkebunan, gelas kaca memang berfungsi menahan panas untuk menghangatkan rumah kaca.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Makalah Global Warming Dan Isu Perubahan

Makalah Global Warming Dan Isu Perubahan

Pemanasan global telah menjadi permasalahan yang menjadi sorotan utama umat manusia. Fenomena ini bukan lain diakibatkan oleh perbuatan manusia sendiri dan dampaknya diderita oleh manusia itu juga. Untuk mengatasi pemanasan global diperlukan usaha yang sangat keras karena hampir mustahil untuk diselesaikan saat ini. Pemanasan global memang sulit diatasi, namun kita bisa mengurangi efeknya. Penanggulangan hal ini adalah kesadaran kita terhadap kehidupan bumi di masa depan. Apabila kita telah menanamkan kecintaan terhadap bumi ini maka pemanasan global hanyalah sejarah kelam yang pernah menimpa bumi ini.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

eBook pemanasan global dan efek rumah ka

eBook pemanasan global dan efek rumah ka

Perubahan iklim ataupun pemanasan g lo bal adalah isu yang masih asing bag i kita, o rang Indo nesia. Tanpa disadari dampak dari perubahan iklim itu sendiri sudah dap at kita rasakan. Musim ke marau yang se makin p anjang se rta musim hujan yang se makin p e nde k perio denya - namun semakin ting g i intensitasnya. Hal ini kemudian berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia, seperti kekeringan, gagal panen, krisis pangan dan air b e rsih, b anjir dan lo ng so r, wab ah pe nyakit tro pis, dsb. Pe rub ahan iklim je las me nye ng sarakan ke hidupan umat manusia. Ke rug ian mate ri dan jug a ko rban nyawa adalah akibat yang harus kita terima. Oleh karena itu, sudah saatnya kita, pemerintah, industri d an masyarakat , b ahu- me mb ahu b e rup aya unt uk meng hambat terjadinya perubahan iklim.
Baca lebih lanjut

80 Baca lebih lajut

Syllabus Mata Kuliah Meteorologi Laut

Syllabus Mata Kuliah Meteorologi Laut

berfungsi sebagai cermin dimana nilai albedo yang sangat kecil sehingga jumlah radiasi yang dipantulkan oleh awan sangat tinggi dan hanya lebih kecil daripada tutupan es didaerah kutub. Karena pesatnya proses curah hujan dan evaporasi, maka daerah tropis merupakan daerah yang paling lembab di muka bumi, terutama daerah tropis yang berada diatas pulau. Hal ini karena pulau-pulau berfungsi sebagai pusat aktivitas konveksi atau pusat pertumbuhan awan terutama didaerah pesisir. Untuk lautan, kuatnya proses hujan dan evaporasi mengakibatkan daerah tropis memiliki nilai salinitas yang rendah terutama pada waktu musim hujan dimana terdapat kontribusi besar aliran sungai didaratan. Perbedaan salinitas antara puncak musim hujan dan puncak musim kering tidak terlalu drastis jika dibandingkan oleh perbedaan suhu muka laut. Meskipun demikian perbedaan suhu muka laut didaerah tropis tidak sedemikian besar dibandingkan dengan daerah non tropis. Perbedaan terbesar dari normal untuk suhu muka laut lebih disebabkan oleh faktor luar seperti Cold Surge di laut Cina Selatan pada bulan januari hingga maret, ENSO atau Indian Dipole. Meskipun perbedaan suhu muka laut maksimum dan minimum tidak terlalu besar, tetapi pengaruh terhadap jumlah curah hujan sangat besar. Peningkatan suhu muka laut sedikit dapat mengakibatkan besarnya suplai uap air yang mendorong tingginya curah hujan. Dapat dikatakan, daerah tropis berada diambang kritis suhu muka laut yang mendorong curah hujan maksimum dan minimum. Karena faktor luar sangat tidak dominan, seperti siklon tropis, maka pengaruh perubahan suhu muka laut terhadap curah hujan lebih dominan. Sebagai hasilnya kemanapun perubahan atau peramalan cuaca dan iklim didaerah tropis jauh lebih baik untuk skala bulanan hingga semi tahunan dibandingkan untuk skala harian hingga bulanan.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

 M01590

M01590

Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Planet bumi telah menghangat (dan juga mendingin) berkali-kali selama 4,65 milyar tahun dalam sejarahnya. Pada saat ini, bumi menghadapi pemanasan yang cepat, yang oleh para ilmuwan menganggap bahwa hal ini disebabkan aktifitas manusia. Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batubara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca, ia menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipantulkan dari Bumi (Darsono, 1993).
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pem

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pem

Para ilmuan NASA kini telah menyadari bahwa semua dampak tersebut merupakan bukti- bukti bahwa planet bumi sedang dan terus memasas. Sebagai upaya negara-negara dibelahan dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yaitu kesepakatan Internasional Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC atau FCCC) yang ditujukan untuk melawan pemanasan global.

2 Baca lebih lajut

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL PENYEBAB DAMPAK

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL PENYEBAB DAMPAK

A. Latar Belakang Masalah ...................................................................... B. Rumusan Masalah ................................................................................ C. Tujuan .................................................................................................. BAB II PEMBAHASAN ............................................................................. A. Pengertian Pemanasan Global ............................................................ B. Penyebab Pemanasan Global ............................................................. C. Dampak Pemanasan Global ................................................................ D. Solusi Menaggulangi .......................................................................... BAB III PENUTUP ...................................................................................... A. Kesimpulan ......................................................................................... B. Saran ................................................................................................... Daftar Pustaka ........................................................................................................ Lampiran .................................................................................................................
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PEMANASAN GLOBAL MENGETAHUI PENYEBAB AKI

PEMANASAN GLOBAL MENGETAHUI PENYEBAB AKI

Industri menyumbang 20% gas emisi rumah kaca dunia dan kebanyakan berasal dari penggunaan bahan bakar fosil. Jenis industri yang membutuhkan banyak bahan bakar fosil sebagai contohnya besi, baja, bahan-bahan kimia, pupuk, semen, gelas, keramik, dan kertas.3 Oleh karena itu, jangan cepat membuang barang, lalu membeli yang baru. Setiap proses produksi barang menyumbang CO2.

22 Baca lebih lajut

Efek Rumah Kaca, Perubahan Iklim, Pemanasan Global, Atmosfer

Efek Rumah Kaca, Perubahan Iklim, Pemanasan Global, Atmosfer

Berbagai aktivitas manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil, penebang- an dan pembakaran hutan untuk pengalihfungsian menjadi lahan pertanian, pemukiman dan industri akan menyumbangkan CO 2 ke atmosfer dalam jumlah yang banyak. Lebih dari beberapa periode, CO 2 di atmosfer meningkat sekitar 20%. Meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca seperi CO 2 akan memengaruhi kadar panas di Bumi. Banyak dari radiasi Matahari yang menyinari permukaan Bumi, kemudian direfleksikan kembali ke angkasa.

15 Baca lebih lajut

Pemanasan global terhadap lingkungan hidup (5)

Pemanasan global terhadap lingkungan hidup (5)

Perubahan iklim berdampak bencana alam, seperti banjir yang menimbulkan masalah kesehatan.Peningkatan suhu bumi membuat jantung bekerja lebih keras mendinginkan badan dan meningkatkan kasus asma serta kanker kulit.Kenaikan suhu bumi juga bisa meningkatkan angka kasus penyakit dengan vektor nyamuk, seperti malaria, demam berdarah, chikungunya, japanes enchepalitis (radang otak), dan filariasis lantaran perubahan biomik nyamuk. Berdasarkan survei (WHO,1997) membuktikan angka kematian yang disebabkan oleh malaria cukup tinggi, sebesar 1-3 juta pertahun, dan 80 persennya balita serta anak-anak. Kaum lanjut usia pun tidak luput dari ancaman akibat perubahan iklim ini. Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 1995, diperkirakan 15 juta penduduk Indonesia menderita malaria dan 30 ribu diantaranya meninggal dunia (WHO,1996).
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Efek Rumah Kaca, Perubahan Iklim, Pemanasan Global, Atmosfer

Efek Rumah Kaca, Perubahan Iklim, Pemanasan Global, Atmosfer

4. Dampak pemanasan global yang telah nampak, di antaranya tem- peratur Bumi menjadi semakin tinggi, penguapan dan curah hujan yang tidak menentu, mencairnya glasier yang menyebabkan volume air laut meningkat, hilangnya terumbu karang, kepunahan spesies yang semakin meluas, kegagalan panen besar-besaran, dan penipisan lapisan ozon.

15 Baca lebih lajut

Makalah pemanasan global telaah histo  (6)

Makalah pemanasan global telaah histo (6)

Masalah lingkungan dan kesehatan manusia yang terkait dengan penipisan lapisan ozon sesungguhnya berbeda dengan resiko yang dihadapi manusia dari akibat Pemanasan Global. Walaupun begitu, kedua fenomena tersebut saling berhubungan. Beberapa polutan (zat pemcemar) memberikan kontribusi yang sama terhadap penipisan lapisan ozon dan pemanasan global. Penipisan lapisan ozon mengakibatkan masuknya lebih banyak radiasi sinar ultrafiolet (UV) yang berbahaya masuk ke permukaan bumi. Namun, meningkatnya radiasi sinar UV bukanlah penyebab terjadinya Pemanasan Global, melainkan kanker kulit, penyakit katarak, menurunnya kekebalan tubuh manusia dan menurunnya hasil panen.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...