Peran dan mahasiswa

Top PDF Peran dan mahasiswa:

Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Kampus

Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Kampus

petinggi-petinggi kampus seperti rektor, dekan, dosen dan sebagainya. Tidak selamanya keputusan yang di buat oleh petinggi kampus dapat diterima begitu saja oleh mahasiswa. Jadi sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi tersebut melalui organisasi inilah disampaikan. Coba saja bayangkan tanpa ada organisasi mungkin kebijakan apapun yang dikeluarkan pihak atasan mahasiswa akan ‘nrimo’ saja. Karena mereka tidak ada sarana untuk menyampaikan pendapat mereka. Sangat banyak kita saksikan perubahan yang dilakukan oleh mahasiswa yang bergabung di organisasi mahasiswa. Misalnya dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebagai media bagi mahasiswa untuk menyampaikan keluhan tentang mahalnya biaya kuliah, minimnya fasilitas kampus yang tidak seimbang dengan kenaikan biaya kuliah dan lain sebagainya. Dalam forum yang formal nanti perwakilan dari BEM ini akan menyampaikan keluhan mahasiswa ini kepada pihak rektorat contohnya. Nah, dari situ pihak rektorat dapat mengevaluasi kebijakan- kebijakan yang membebani mahasiswa. Maka dari itu pihak rektorat akan melakukan fungsicontrolling-nya. Tidak hanya BEM, organisasi kehamahasiswaan lainnya baik organisasi internal maupun organisasi eksternal kampus, juga bisa langsung menyampaikan aspirasinya, seperti yang sama-sama kita saksikan contohnya melakukan aksi damai menuntut kenaikan biaya kuliah. Memang realita yang kita saksikan tidak jarang aksi yang awalnya damai berujung dengan kericuhan karena pihak kampus mungkin tidak merespon kasi mereka. Namun itu hanyalah sebagian kecil dari contoh peran penting organisasi mahasiswa dikampus. Tidak dapat kita pungkiri keberadaan organisasi kemahasiswaan sangat lah penting di kampus sebagai fasilitator dan mediator antara mahasiswa dengan petinggi- petinggi kampus.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PELEMAHAN PERAN MAHASISWA AKIBAT DAMPAK

PELEMAHAN PERAN MAHASISWA AKIBAT DAMPAK

Penulis ingin mengingatkan kembali kepada kita mengenai isu tentang pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di tahun 2012. Isu pelemahan institusi KPK bukan sembarangan muncul kepermukaan masyarakat Indonesia. Melainkan, karena ada rencana untuk mungurangi dalam arti melemahkan peran dan kewenangan KPK sebagai motor penggerak pemberantasan korupsi di Indonesia. Hal ini juga yang menjadi latarbelakang mengapa penulis mengatakan dengan diterapkan program kuliah lima tahun untuk strata satu (S1) dalam menyelesaikan kuliahnya maka akan terjadi pelemahan peran mahasiswa (maha+siswa).
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa Indonesia Dalam Menghada

Peran Mahasiswa Indonesia Dalam Menghada

2. Kedua, mahasiswa adalah agent of change. Mahasiswa tidak hanya berkewajiban untuk merubah dirinya sendiri, akan tetapi juga berkewajiban untuk mengubah masyarakat sekitarnya agar semakin aware terhadap MEA. Disinilah peran sosial masyarakat sangat penting. Mahasiswa, sehari-harinya hidup dalam lingkungan sosial masyarakat. Mahasiswa berinteraksi dengan banyak pihak dan elemen masyarakat diantaranya: kos, warteg, masjid dan tempat-tempat ibadah lainnya, atasan dan sesama pegawai apabila bekerja part time, dan lain-lain. Kemudian, mahasiswa merupakan penghubung dari kehidupan kampus yang ilmiah dengan kehidupan sosial masyarakat yang sebenarnya. Maka gagasan-gagasan mahasiswa yang didiskusikan di dalam kampus, seharusnya dapat diterapkan setidaknya di lingkungan masyarakat yang terdekat, di sekitar kampus.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PERAN DAN FUNGSI ORGANISASI MAHASISWA

PERAN DAN FUNGSI ORGANISASI MAHASISWA

Diharapkan mahasiswa mampu memainkan peran yang strategis. Kesatuan visi, tekad, dan perjuangan untuk kepentingan masyarakat secara luas, menjadi pondasi utama peran tersebut saat ini atau nanti. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, sekali lagi, perlu pemetaan, perumusan, dan penelaahan metode penerapan fungsi mahasiswa dalam kancah epistemologi keumatan tersebut.

1 Baca lebih lajut

Peran dan Fungis Organisasi Mahasiswa

Peran dan Fungis Organisasi Mahasiswa

Sekali lagi, peran mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat sosial ditunggu. Diharapkan mahasiswa mampu memainkan peran yang strategis. Kesatuan visi, tekad, dan perjuangan untuk kepentingan masyarakat secara luas, menjadi pondasi utama peran tersebut saat ini atau nanti. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, sekali lagi, perlu pemetaan, perumusan, dan penelaahan metode penerapan fungsi mahasiswa dalam kancah epistemologi keumatan tersebut.

3 Baca lebih lajut

FUNGSI DAN PERAN MAHASISWA (1)

FUNGSI DAN PERAN MAHASISWA (1)

Berdasarkan berbagai potensi dan kesempatan yang dimiliki oleh mahasiswa, tidak sepantasnyalah bila mahasiswa hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya. Mahasiswa itu sudah bukan siswa yang tugasnya hanya belajar, bukan pula rakyat, bukan pula pemerintah. Mahasiswa memiliki tempat tersendiri di lingkungan masyarakat, namun bukan berarti memisahkan diri dari masyarakat. Oleh karena itu perlu dirumuskan perihal peran, fungsi, dan posisi mahasiswa untuk menentukan arah perjuangan dan kontribusi mahasiswa tersebut.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

OPTIMALISASI PERAN FUNGSI MAHASISWA SEBA

OPTIMALISASI PERAN FUNGSI MAHASISWA SEBA

OPTIMALISASI PERAN F UNGSI MAHASISWA SEBAGAI AGENT OF CHANGE DAN SOCIAL CONTROL DALAM PERMASALAHAN KETAHANAN PANGAN ASEAN 2015 Mahasiswa sebagai agent of change dan social control, memiliki tanggung jawab dalam memperhatikan kondisi ketaha nan pangan ASEAN sebagai langkah mempersiapkan Indonesia menghadapi ASEAN Economonic Community (AEC) 2015. Pembentukan kesadaran mengenai ketahanan pangan lokal harus dilakukan sebagai langkah memperkuat pondasi kesadaran masyarakat untuk tidak bergantung pada produk luar negeri. Pembentukan kesadaran masyarakat ini sebagai upaya untuk tidak melakukan impor berlebih dalam sektoral pangan. Dari segi pelaku sektoral pangan, harus dilakukan peningkatan mutu baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Mahasiswa sektoral pangan, dapat memberi kontribusi dari segi peningkatan mutu tersebut. Sedangkan, mahasiswa non sektoral pangan dapat berkontribusi dalam pembentukan kesadaran masyarakat tersebut. Pengoptimalan mahasiswa sebagai agent of change dan social control dilakukan dengan mengambil kontribusi nyata dalam solusi solutif untuk ketahanan pangan Indonesia dan ASEAN, pada umumnya. Kata Kunci : Ketahanan Pangan Indonesia, Mahasiswa, Agent of Change, Social Control, Kesadaran Masyarakat
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Pendidikan Politik Peran Mahasiswa dalam

Pendidikan Politik Peran Mahasiswa dalam

Meminjam istilah dari Haryo Setiyoko, Mantan Sekjen Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) di Era ‟98 yang juga mantan ketua BEM UGM, bahwa gerakan mahasiswa merupakan gerakan jalan tengah yang memikul moralnya secara proporsional (Hamzah, 1998:39) Dalam peran ini, mahasiswa menjadi pembawa aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah, serta mengoreksi penyimpangan serta kepincangan yang terjadi di tengah masyarakat.

11 Baca lebih lajut

Peran Aktif Sebagai Mahasiswa pkn

Peran Aktif Sebagai Mahasiswa pkn

Harus diakui, mahsiswa hanyalah salah satu aktor yang terlibat dalam setiap momentum perubahan yang terjadi. Walaupun demikian, gerakan mahasiswa dalam setiap kurun sejarah selalu mampu menempatkan dirinya menjadi aktor utama yang berada di garda depan perubahan. Hal ini yang membedakan mahasiswa dengan aktor perubahan lainnya, seperti kalangan cendekiawan, polisi, militer, dan elemen masyarakat lainnya. Keadaan ini sangat dimungkinkan karena posisi mahasiswa yang dianggap netral dan belum bersentuhan langsung dengan berbagai kepentingan politik praktis. Selain itu, sebagai kaum muda yang masih belum mempunyai ketergantungan dan tanggung jawab ekonomi kepada keluarga serta posisi mereka sebagai calon intelektual, maka peran sebagai penggagas ide awal, baik di tingkat praksis maupun wacana, menjadi sangat signifikan. Tetapi, banyak studi menyebutkan bahwa kondisi psikologis mereka sebagai kaum muda yang dinamis dan anti kemapanan serta rasa percaya diri yang tinggi sebagai mahasiswa, menjadi faktor penting dalam menempatkan mahasiswa di garda depan perubahan. Sementara elemen lain dalam masyarakat sering hanya menjadi kelompok pengikut (kelompok kesiangan) setelah perubahan berlangsung.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa Dalam Membangun Perekono

Peran Mahasiswa Dalam Membangun Perekono

hanya dengan menuntut pemerintah seperti demo yang berakhir rusuh tetapi juga ikut turun tangan dalam menuangkan pikiran dan keahliannya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa apabila mereka memiliki pikiran-pikiran kreatifnya sehingga dapat menjadi solusi masalah ekonomi yang ada. Misalnya, mahasiswa Ilmu Budaya dapat memanfaatkan kekayaan budaya Indonesia sebagai modal yang dapat dikembangkan menjadi sumber ekonomi nasional berupa wisata budaya atau pariwisata. Kemudian mahasiswa teknik dapat mengembangkan teknologi yang sudah ada atau bahkan menciptakan yang belum ada di Indonesia sehingga mampu meningkatkan produktivitas dunia industri. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting, semakin tinggi perkembangan teknologi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Dalam perekonomian Indonesia sektor sumber daya alam masih menjadi tumpuan, peran pemuda untuk megoptimalisasikan eksistensi sumber daya alam (SDA) yang memadai sangat dibutuhkan pula. Karena sejauh ini Indonesia belum mampu mengoptimalkan sumber daya alam yang ada menjadi sebuah insentif dan bernilai ekonomi bagi kemajuan negara. Sebagai contoh, mahasiswa MIPA dapat mencoba berbagai penelitian dan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru mengenai bahan dan mencari energi alternatif yang dapat membantu keterjangkauan bagi kalangan masyarakat yang kurang mampu, serta masih banyak lagi yang dapat dilakukan mahasiswa di bidangnya masing-masing.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PERAN KOPERASI MAHASISWA DALAM MENEGAKAN

PERAN KOPERASI MAHASISWA DALAM MENEGAKAN

Mahasiswa merupakan golongan dari kaum muda dan terdidik dan sebab itu mahasiswa mempunyai peran strategis dalam menegakan koperasi Indonesia sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang diharapkan koperasi Indonesia nantinya dapat bersaing di tatanan ekonomi global. Mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa. Yang pertama Sebagai Agent Of Change, mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut bersifat kritis dan diperlukan implementasi yang nyata. Peranan Mahasiswa yang kedua adalah sebagai Social Control, Mahasiswa sebagai penengah antara Pemerintah dan masyarakat, disinilah peranan mahasiswa sebagai pengontrol.Peran Mahasiswa yang ketiga adalah Iron Stock, yaitu mahasiswa diharapkan menjadi manusia – manusia tangguh yang memilik kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi – generasi sebelumnya. Dari ketiga peran itulah mahasiwa diharapkan dapat membangun koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat dan membagun koperasi Indonesia pada tatanan era ekonomi global khususnya pada Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang akan diberlakukan per 31 Desember 2015.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

PENINGKATAN PERAN RESIMEN MAHASISWA INDO

PENINGKATAN PERAN RESIMEN MAHASISWA INDO

melaksanakan pendidikan dasar, kemudian pendidikan dan kursus lanjutan lainnya.Menurut Agus Sutiyono (2012) Peran sebagai Resimen Pendidikan (Training Corps) haruslah bebas dari muatan politik dan kekuasaan serta primordialisme, sehingga menjadi wadah penggemblengan generasi muda, khususnya mahasiswa untuk mengahsilkan calon pemimpin yang berkualitas dan berwawasan kebangsaan serta membela Konstirusi Negara Kesatuan Republik Indonesia Dalam segi kegiatan pendidikan dan latihan, kemudian penulis mengutip apa yang disampaikan oleh Purek III UNJ bahwa “… .pendidikan jika ditinjau, maka kegiatan-kegiatan pendidikan dan latihan Menwa mengasah pada kemampuan softskills, dan akademis hardskills, hardskills adalah kegiatan pendidikan untuk menyiapkan kemampuan kognitif saja,tetapi lebih dari itu kegiatan softskill seperti kemampuan leadership, manajemen dan seperti itu Menwa memberikan penguatan pada softskill. (wawancara dengan Purek III UNJ, 7 Agustus 2015)
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa Dalam pengembangan kampus

Peran Mahasiswa Dalam pengembangan kampus

Dari teori yang telah kami sajikan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Korupsi adalah tindakan yang harus diberantas segera karena mengancam keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga perlu peran serta semua lapisan masyarakat. Mahasiswa adalah salah satu bagian masyarakat yang mempunyai pengaruh signifikan dalam memperngarhi kebijakan pemerintah dan menggerakkan lapisan masyarakat yang lain. Sehingga pemberantasan korupsi bisa lebih efektif. Upaya-upaya yang dilakukan mahasiswa adalah menciptakan lingkungan bebas dari korupsi di kampus, memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang bahaya melakukan korupsi dan menjadi alat pengontrol terhadap kebijakan pemerintah. Maka mahasiwa harus lebih berkomitmen dalam memberantas korupsi supaya upaya mereka berjalan semaksimal mungkin.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 3.7.1 3.7.2 3.7.3 3.7.4 Menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa politik dan lahirnya Gerakan Pelajar dan Mahasis

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 3.7.1 3.7.2 3.7.3 3.7.4 Menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa politik dan lahirnya Gerakan Pelajar dan Mahasis

Kita dapat melihat dua hal yang menjadi kelemahan Mahasiswa. Pertama, aksi reformasi mahasiswa yang turun kejalan ialah bentuk dari reakreasi politik atau trend demokrasi atas ketidak puasaan pemerintah kepada rakyatnya. Kedua, mahasiswa terpisah dari potensi kekuatan rakyat.Untuk memulai suatu pergerakan, tentunya Mahasiswa harus membentuk golongan mahasiswa yang benar-benar mengerti tentang peran mahasiswa dalam membangun Pemerintah yang demokratis.Dengan demikian terbentuknya kekuatan dari mahasiswa yang mampu menyuarakan suara rakyat akan mampu memberikan peran mahasiswa sendiri dalam membangun pemerintahan yang benar-benar adil terhadap rakyatnya secara menyeluruh.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa dalam Masyarakat dalam

Peran Mahasiswa dalam Masyarakat dalam

Begitu kompleksnya peran mahasiswa itu sebagai pembelajar sekaligus pemberdaya yang ditopang dalam tiga peran : agent of change, social control, and iron stock. Hingga suatu saat nanti, bangsa ini akan menyadari bahwa mahasiswa adalah generasi yang ditunggu-tunggu bangsa ini. Maka berjuanglah, belajarlah, dan berkaryalah dengan tulus – ikhlas, Bagi nusa dan bangsa tercinta ini. Diawali dari diri sendiri. Laksanakanlah tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya anda mampu laksanakan. Niscaya Tangan Tuhan akan membantu kita dengan Rahmat,Hidayah dan Ridho Nya. Untuk mewujudkan Indonesia dan dunia yang lebik baik, dalam segala aspek kehidupannya. --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Ahmad Almurobby
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PERAN KULTUR AKADEMIS HIMPUNAN MAHASISWA

PERAN KULTUR AKADEMIS HIMPUNAN MAHASISWA

Sebagai salah satu organisasi mahasiswa terbesar dan tertua di Indonesia, HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) yang berdiri sejak tahun 1947 memiliki peran yang signifikan dalam berbagai perubahan di Indonesia. Dan sebagai organisasi mahasiswa yang terbentuk dan tumbuh di kampus, HMI tentu memiliki kultur akademis yang berguna bagi mahasiswa yang menjadi anggotanya. Di UNJ sendiri HMI telah ada sejak masih bernama FKIP UI dan terus berkembang hingga saat ini. Sejarah HMI di UNJ sendiri tidak lepas dari peranannya dalam pengembangan kultur akademis bagi mahasiswa. Berdirinya LDK (Lembaga Dakwah Kampus) dan Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika tidak terlepas dari peran serta kader HMI. Begitu pula dengan banyaknya forum-forum diskusi yang dipelopori oleh kader-kader HMI UNJ. Selain itu kader-kader terbaik HMI UNJ juga banyak yang kemudian menduduki ketua BEM/Senat Mahasiswa baik di tingkat Jurusan, Fakultas Maupun Universitas.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa Melalui Gerakan Indonesi (1)

Peran Mahasiswa Melalui Gerakan Indonesi (1)

Dengan terbebasnya bangsa ini dari tragedi nol buku maka pembangunan bangsa ini dapat berjalan dengan lancar serta membawa bangsa ini kepada kejayaan dan kesejahteraan. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa yang akan menggantikan pemimpin-pemimpin bangsa nantinya sudah saatnya menjalankan nilai-nilai peran dan fungsi mahasiswa sehingga diharapkan nantinya nilai tersebut bisa menjadi pengontrol kita kelak ketika pada saatnya menggantikan posisi para pemimpin bangsa.

6 Baca lebih lajut

PERAN KOPERASI MAHASISWA DALAM MENEGAKKA

PERAN KOPERASI MAHASISWA DALAM MENEGAKKA

Assalamu’ala ikum Warahmatullahi Wabarakatuh puji syukur saya ucapkan kepada Allah swt dan tidak lupa salawat serta salam semoga selalu terucap kepada nabi kita Muhammad saw. Alhamdulillah karya tulis ilmiah yang dibuat untuk keikutsertaan lomba karya tulis ilmiah jambore koperasi pemuda dalam rangka memperingati Semarak Hari Koperasi (HARKOP) ke-67 Tingkat Provinsi Banten dan Kabupaten Serang Tahun 2104 dengan judul “ Peran Koperasi Mahasiswa Dalam Menegakkan Kembali Koperasi Indonesia Sebagai Soko Guru Perekonomian Indonesia Menghadapi ASEAN Economic Community 2015 .” Penulis dapat menyusun secara maksimal walaupun de ngan kendala waktu yang terbatas. Namun itu semua tidak menjadi kendala yang berarti sebab koperasi menjadi kekuatan bagi penulis dalam menyusun karya tulis ilmiah ini.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 3.7.1 3.7.2 3.7.3 3.7.4 Menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa politik dan lahirnya Gerakan Pelajar dan Mahasis

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 3.7.1 3.7.2 3.7.3 3.7.4 Menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa politik dan lahirnya Gerakan Pelajar dan Mahasis

Selain itu, Gerakan Mahasiswa Indonesia mendapatkan momentumnya saat terjadinya krisis moneter pada pertengahan 1997. Dimana harga-harga kebutuhan melambung tinggi, daya beli masyarakat pun berkurang dan tuntutan mundurnya Soeharto menjadi agenda nasional gerakan mahasiswa. Mahasiswa berada didepan perubahan sebuah sejarah demokrasi dunia. Mahasiswa merupakan sebuah entitas spirit yang menggunakan intelektualitas dan dialektika yang maha dasyat kekuatannya. Mahasiswa memiliki kekuatan energi penuh dengan sifat kreatif, kritis dan dinamis serta kepekaan yang tinggi pada masalah sosial. Mahasiswa yang merupakan satu satuan karakter, mampu menjadi satu gerakan besar yang bukan saja memperjuangkan suatu tujuan, namun berupaya membuat sejarah baru dalam sebuah pembangunan masa depan suatu bangsa. Sebagai bagian dari masyarakat, mahasiswa memiliki peran vital dan menyeluruh sehingga oleh para pakar mahasiswa dikelompokkan dalam tiga fungsi pokok, yaitu : agent of change, social control and iron stock. Seperti yang sudah dibahas diatas, peran mahasiswa di era reformasi, merupakan sebuah kekuatan yang sejak dulu hadir, dari mulai persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan hingga pada masa reformasi.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Peran Politik Mahasiswa di Kampus

Peran Politik Mahasiswa di Kampus

UNIT PELAKSANA TEKNIS HUMAS UNIVERSITAS DIPONEGORO KLIPING Klasifikasi : Universitas Diponegoro Tema : Peran Politik Mahasiswa di Kampus Surat Kabar / Majalah : Suara Merdeka Har[r]

1 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...