Perencanaan Bahasa

Top PDF Perencanaan Bahasa:

MASYARAKAT TIMOR TIMUR DI SUMEDANG DAN BAHASA TETUN: kajian tentang sikap dan perencanaan bahasa.

MASYARAKAT TIMOR TIMUR DI SUMEDANG DAN BAHASA TETUN: kajian tentang sikap dan perencanaan bahasa.

Penelitian ini menjelaskan sikap bahasa dan perencanaan bahasa Tetun oleh masyarakat Timor Timur di Sumedang. Upaya mempertahankan sebuah bahasa minoritas terkait erat dengan keinginan penuturnya untuk tetap mempertahankan nilai-nilai budaya dan bahasa mereka. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan (1) pemilihan bahasa pada masyarakat Timor di Sumedang; (2) sikap bahasa masyarakat Timor di Sumedang terhadap bahasa Tetun; dan (3) perencanaan bahasa yang dimiliki masyarakat Timor di Sumedang terkait bahasa Tetun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode langsung. Metode langsung mengharuskan responden menanggapi pertanyaan dalam angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa masyarakat Timor di Sumedang menggunakan bahasa Tetun, bahasa Indonesia, dan bahasa Sunda pada peristiwa komunikasi sehari-hari. Pemilihan ketiga bahasa tersebut tergantung pada situasi kebahasaan. Selain itu, responden menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Tetun. Sikap positif ditandai oleh tiga ciri pokok, yaitu kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa, dan kesadaran akan norma bahasa. Perencanaan bahasa Tetun oleh masyarakat Timor meliputi perencanaan status dan perencanaan pemerolehan. Bentuk perencanaan status ialah menjadikan bahasa Tetun sebagai bahasa “ resmi ” kalangan masyarakat Timor di Sumedang. Sementara itu, perencanaan pemerolehan menitikberatkan pada pengajaran dan pembelajaran bahasa pada tingkat keluarga dan kelompok. Penulis menyarankan penelitian ini dilanjutkan oleh peneliti lain yang tertarik mengkaji sikap dan perencanaan bahasa minoritas.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

MEDIA TELEVISI, PEMERTAHANAN DAN PERENCANAAN BAHASA INDONESIA I KOMANG SULATRA

MEDIA TELEVISI, PEMERTAHANAN DAN PERENCANAAN BAHASA INDONESIA I KOMANG SULATRA

Dominasi sebuah variasi dapat dianalisis melalui analisis kuantitatif tingkat frekuensi penggunaan sebuah variasi. Tingginya tingkat penggunaan bentuk non baku dapat dijadikan dasar pertimbangan bahwa diperlukan sebu ah usaha untuk melakukan perencanaan bahasa melalui pembinaan bahasa. Ada fenomena yang perlu menjadi sebuah catatan penting, yaitu penggunaan kata ganti orang pertama jamak ragam baku, yaitu kata kami yang dalam ragam nonbaku disejajarkan dengan kata kita. Ditemukan Penggunaan kata kami hanya84 %sedangkan penggunaan kata kita bermakna kami yaitu 16%. Walaupun frekuensinya masih rendah tetapi bentuk kata kita memiliki kecenderungan akan berkembang luas di masyarakat. Sama halnya dengan kata kami yang disejajarkan dengan kata saya seringkali digunakan oleh masyarakat umum ketika menyampaikan pendapat ataupun saran. Hal ini disebabkan oleh nilai rasa ketika menganggap sesuatu yang disampaikan itu tidak hanya mengacu pada pendapat pribadi melainkan pendapat orang banyak (Sulatra, 2012:131)
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Bahasa Nasional dan Perencanaan Bahasa

Bahasa Nasional dan Perencanaan Bahasa

Asal Bahasa Indonesia Ki Hajar Dewantara dalam Kongres Bahasa Indonesia I 1939 di Solo “jang dinamakan 'Bahasa Indonesia' jaitoe bahasa Melajoe jang soenggoehpoen pokoknja berasal da[r]

52 Baca lebih lajut

Perencanaan Bahasa Sunda Ke Depan Untuk Mendukung Bahasa Sunda Sebagai Media Transformasi Budaya Sunda.

Perencanaan Bahasa Sunda Ke Depan Untuk Mendukung Bahasa Sunda Sebagai Media Transformasi Budaya Sunda.

Pembinaan, pengembangan, dan pelindungan bahasa haruslah berpijak pada landasan yang benar. Untuk mendapatkan pijakan yang benar, diperlukan masukan yang sahih atau valid. Masukan yang sahih hanya dapat diperoleh melalui pengamatan atau penelitian yang benar. Oleh karena itu, untuk memperoleh masukan yang sahih terkait dengan pemakaian bahasa Sunda khususnya oleh anak-anak dan remaja, pada hemat penulis perlu dilakukan penelitian ulang. Raung lingkup penelitian berkaitan dengan keberadaan, fungsi, manfaat, dan gengsi atau prestise bahasa di kalangan anak-anak dan remaja Sunda dan bagaimana minat dan sikap mereka terhadap bahasanya. Di samping itu, perlu diteliti ulang kurikulum pembelajaran bahasa daerah pada jenjang sekolah dasar dan menengah. Demikian pula perlu diteliti pemakaian dan ragam bahasa Sunda di kalangan remaja. Apa pengaruh pemakaian SMS dan pace book terhadap pemakiana bahasa Sunda mereka? Masukan yang diperoleh dari penelitian ini tidak hanya
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Bahasa nasional dan perencanaan bahasa

Bahasa nasional dan perencanaan bahasa

Dalam sosiolinguistik perbedaan antara bahasa nasional dan bahasa resmi umumnya dibuat sepanjang referensial dimensi afektif, atau lebih tepatnya dimensi instrumen ideologis. Sebuah bahasa nasional adalah bahasa unit politik, budaya dan sosial. Hal ini umumnya dikembangkan dan digunakan sebagai simbol persatuan nasional . Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi bangsa dan menyatukan orang-orang dari bangsa . Bahasa resmi , sebaliknya , itu hanya bahasa yang dapat digunakan untuk bisnis pemerintah . Fungsinya terutama utilitarian daripada simbolis . Hal ini dimungkinkan untuk satu bahasa untuk melayani kedua fungsi .
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Perencanaan Bahasa   Bahasa Inggris Perl

Perencanaan Bahasa Bahasa Inggris Perl

Kemunculan bahasa Inggris, bisa jadi kemunduran bahasa Indonesia. Namun, itu jika tidak adanya penyeimbangan untuk memerdekakan bahasa Indonesia. Bisa jadi dengan masuknya bahasa Inggris, intelektualisasi bangsa Indonesia semakin terasah dan dengan begitu kemajuan untuk bangsa Indonesia.

2 Baca lebih lajut

Peningkatan Status Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional: Sudah Lebih Mantapkah Perencanaan Bahasanya.

Peningkatan Status Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional: Sudah Lebih Mantapkah Perencanaan Bahasanya.

Pendekatan ini berawal dari pemikiran masalah sosial yang terkait dengan bahasa. Para sarjana yang berorientasi pada pendekatan ini tidak berupaya untuk mengembangkan nilai estetis dan fungsional bahasa sebagaimana dilakukan pendekatan instrumental. Namun, lebih melihat bahasa sebagai sumber yang dapat digunakan dalam pengembangan kehidupan sosial. Cara perencanaan bahasa yang praktis ini mencoba menetapkan alaternatif apa dari bahasa yang sangat tepat untuk memperbaiki situasi bermasalah. Selanjutnya, diambillah langkah yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Para sarjana yang berpandangan sosiolinguistik sangat skeptis terhadap gagasan kaum instrumental, yang menganggap bahwa merupakan pekerjaan yang
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Kuasa Politik Bahasa Indonesia Menjelang

Kuasa Politik Bahasa Indonesia Menjelang

Tantangan yang hendak dihadapi bahasa Indonesia di tengah Komunitas ASEAN 2015 ini merupakan persoalan serius bagi pendidik/pemerhati/praktisi bahasa nasional. Oleh karenanya, diperlukan sebuah usaha cerdas melalui “ perencanaan bahasa”. Jernudd dan Das Gupta (1971:211) mengartikan usaha perencanaan bahasa ini sebagai kegiatan politis dan administratif demi menghimpun dan menyelesaikan persoalan bahasa dalam masyarakat 4 . Usaha perencanaan bahasa sebetulnya telah dilalui bangsa Indonesia pada masa lampau. Contoh klasiknya ialah Sumpah Pemuda 1928: iktikad pengikraran kolektif bangsa — masih dikenal nusantara pada kala itu — dengan lambang kebahasaan negara yang akan diperjuangkan, yakni bahasa Indonesia, sehingga terwujud sebuah legitimasi “sakral”; Satu Bangsa, Bangsa Indonesia|Satu Negara, Negara Indonesia| Satu Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia 5 .
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

LANGUAGE PLANNING-S3.doc

LANGUAGE PLANNING-S3.doc

Mata kuliah tingkat lanjut ini mempersyaratkan mahasiswa telah lulus mata-mata kuliah reviu linguistik, semantik/ pragmatic dan metedologi pengajaran bahasa. Dengan mengikuti mata kulia ini, mahasiswa diharapkan mampu: (1) menjelaskan ihwal perencanaan bahasa, (2) mengidentifikasi langkah-langkah perencanaan bahasa, menganalisis perencanaan bahasa di sebuah negara atau provinsi, dan (3)

1 Baca lebih lajut

1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang - PENERAPAN VARIASI PENGAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MA AL-HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES (Studi Kasus Dalam Meningkatkan Kognitif Peserta Didik) - Unissula Repository

1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang - PENERAPAN VARIASI PENGAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MA AL-HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES (Studi Kasus Dalam Meningkatkan Kognitif Peserta Didik) - Unissula Repository

Bab II berisi tentang pendidikan agama Islam, variasi pengajaran, peningkatan kognitif, dan mata pelajaran bahasa Arab. Pendidikan agama Islam terdiri atas: pengertian pendidikan agama Islam, dasar-dasar pendidikan agama Islam, tujuan pendidikan agama Islam, metode pendidikan agama Islam, meteri pendidikan agama Islam, fungsi pendidikan agama Islam. Variasi pengajaran terdiri atas: pengertian variasi pengajaran, tujuan variasi pengajaran, komponen- komponen variasi pengajaran. kognitif terdiri atas: pengertian kognitif, macam-macam ranah kognitif. Mata pelajaran bahasa Arab terdiri atas:, tujuan, dan ruang lingkup mata pelajaran bahasa Arab.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA  SISWA KELAS XI DI RINTISAN SEKOLAH  BERTARAF  Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Xi Di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Batik 1 Surakarta.

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI DI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Xi Di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Batik 1 Surakarta.

Dalam jurnal internasional, penelitian yang dilakukan oleh Reza Zabihi and M aryam Tabataba’ian (2011) dengan penelitian yang berjudul “Teachers’ Evaluation And Use Of Teacher’s Guides in Foreign Language Classes.” Hasil dari penelitian ini adalah Panduan guru belum cukup dievaluasi oleh para profesional di ELT sampai saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki penggunaan panduan guru yang banyak digunakan untuk mengevaluasi kegunaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan data dikumpulkan melalui pengamatan dari 15 kelas bahasa Inggris dan mew aw ancarai 17 guru bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Firdausi University di M asyhad, sebuah kota di timur laut Iran. Jelas bahw a penggunaan panduan guru berbeda dengan para guru umumnya. M eskipun guru menggunakan panduan yang berbeda, mereka semua ingin lebih baik, yang lebih logis.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas

Kepala sekaligus Menteri PPN Inspektorat Utama Sekretariat Utama sekaligus Sekretariat Kementerian PPN Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan Deputi Bidang Politik, Hukum, Per[r]

1 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI TAMAN KANAK – KANAK : Penelitian Deskriptif pada Kelompok B TK Negeri Pembina Citarip Kotamadya Bandung Tahun Ajaran 2014–2015.

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI TAMAN KANAK – KANAK : Penelitian Deskriptif pada Kelompok B TK Negeri Pembina Citarip Kotamadya Bandung Tahun Ajaran 2014–2015.

Kondisi tersebut tidak bisa diabaikan, jika anak – anak tidak dibekali dengan bahasa ibunya, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti, bahasa Sunda akan pudar dan punah ditengah arus perubahan zaman. Apabila satu per satu bahasa pendukung budaya nasional pudar dan musnah, maka lambat laun pilar penyangga budaya nasionalpun akan roboh dan hal ini berarti kebudayaan nasional juga mengalami ancaman yang sangat serius. Apakah jadinya sebuah bangsa yang tidak lagi memiliki kebudayaannya? Bangsa kita akan terjebak menjadi bangsa tanpa kepribadian. Hal ini jelas akan memperlemah tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara ini akan menjadi negara yang gagal (the fail state).
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

Pendahuluan  LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT BAHASA DI YOGYAKARTA.

Pendahuluan LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT BAHASA DI YOGYAKARTA.

Dalam perkembangan zaman saat ini, manusia dituntut untuk dapat mengimbangi dan mengikuti perkembangan teknologi. Saat ini teknologi berkembang sangat pesat dan berbagai macam informasi dapat diperoleh dengan seketika. Berkembangnya teknologi juga berpengaruh terhadap dunia internasional, dimana setiap negara dapat saling berhubugan dengan lebih cepat dan intensif. Negara-negara yang saling berhubungan tersebut dijembatani oleh bahasa. Bahasa terdiri dari tutur kata dan simbol/tulisan. Saat ini dikenal bahasa internasional yang banyak digunakan diseluruh dunia yaitu Bahasa Inggris.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN ADMINISTRASI PENGAJARAN DI MTs MANBA’UL ‘ULUM DESA SILEBU KEC. PANCALANG KAB. KUNINGAN - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN ADMINISTRASI PENGAJARAN DI MTs MANBA’UL ‘ULUM DESA SILEBU KEC. PANCALANG KAB. KUNINGAN - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Sebagaimana dikatakan Yusak Burhanudin (1998 : 15), bahwa “ pada hakikatnya guru berperan aktif dalam seluruh proses administrasi sekolah.” Peran aktif guru dalam administrasi sekolah, terlihat dari keterlibatannya dalam proses pembelajaran. Proses itu dapat berlangsung lancer manakala guru dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan. Untuk itu guru dapat melaksanakan dan merencanakan kegiatan pembelajaran, mengevaluasi aktifitas belajar untuk melaksanakan administrasi pengajaran. Ruang lingkup administrasi pengajaran meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kegiatan tentang pendataan mata pelajaran/mata kuliah yang diajarkan/dipasarkan, waktu jam yang tesedia, jumlah guru beserta pembagian jam pelajaran, jumlah kelas, penjadwalan, kegiatan belajar-mengajar, buku-buku yang dibutuhkan, program semester, evaluasi, program tahunan, kelender pendidikan, perubahan kurikulum maupun inovasi-inovasi dalam pengembangan kurikulum. 68. H. Haadari Nawawi. Administrasi Pendidikan. (Jakarta: CV Haji Masagung, 1989). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam proses pembelajaran antara guru dengan administrasi pengajaran di sekolah, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Baca lebih lanjut

165 Baca lebih lajut

PENGGUNAAN SAPAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN 2 GUMPANG LOR PABELAN KARTASURA TAHUN AJARAN 2009 / 2010.

PENGGUNAAN SAPAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN 2 GUMPANG LOR PABELAN KARTASURA TAHUN AJARAN 2009 / 2010.

Berkomunikasi dengan bahasa dan berkomunikasi dengan orang lain itu tidak sekedar memahami dan dapat berbicara, tetapi ada prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan. Prinsip-prinsip yang dimaksud adalah kerukunan dan prinsip kehormatan. Dalam melakukan komunikasi, setiap orang pasti menggunakan bahasa sebagai media utamanya.

9 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA  Strategi Membangun Persepsi Konsumen Pada Rumah Makan “Ayam Geprek Spesial” Cabang Yogyakarta Dan Surakarta.

DAFTAR PUSTAKA Strategi Membangun Persepsi Konsumen Pada Rumah Makan “Ayam Geprek Spesial” Cabang Yogyakarta Dan Surakarta.

Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.. Manajemen Pemasaran, Ed12.[r]

4 Baca lebih lajut

ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 BUKATEJA

ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 BUKATEJA

Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, pembelajaran didefinisikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan proses dari interaksi antara guru dan siswa. Guru dituntut untuk menyampaikan materi kepada siswa, sedangkan siswa dituntut untuk bisa menerima materi yang disampaikan guru. Proses inilah yang menjadikan terjadinya hubungan antara guru dan siswa. Dalam proses ini juga guru harus mampu memberikan motivasi positif agar siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan menyenangkan. Terlebih dalam pembelajaran bahasa Jepang, bagi pembelajar awal, bahasa Jepang dirasa sulit karena pengucapan dan pola kalimat yang berbeda dengan bahasa ibu. Oleh karena itu, diperlukan sebuah metode dan media yang interaktif antara guru dan siswa yang akan menciptakan kondisi menyenangkan dalam kelas sehingga siswa tidak merasa bosan dan menjadi lebih perhatian terhadap pembelajaran. Alur pembelajaran bahasa Jepang yang dikeluarkan oleh Japan Foundation sudah mencakup tentang bagaimana proses pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM).
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

perencanaan pembelajaran

perencanaan pembelajaran

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA FAKULTAS : FAKULTAS BAHASA DAN SENI JURUSAN : PENDIDIKAN BAHASA BALI DAFTAR PESERTA KULIAH DAN NILAI AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Mata K[r]

1 Baca lebih lajut

TAP.COM -   PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN ... - JURNAL UNTAN 5874 19293 1 PB

TAP.COM - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN ... - JURNAL UNTAN 5874 19293 1 PB

hadapi, sehingga orang lain dapat mendengar serta memahami intisari sebuah teks yang kita baca. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan kegiatan membaca nyaring. Menurut Rahmanto, (2013http : // tulusblog – belajar bersama. blogspot. com). Aspek - aspek yang perlu diperhatikan ketika melakukan kegiatan membaca nyaring yaitu: 1) Lafal adalah cara seseorang dalam mengucapkan bunyi-bunyi bahasa. Dalam membaca nyaring harus diperhatikan kejelasan dan ketepatan dalam pengucapan setiap huruf, kata, dan kalimatnya; 2) Intonasi atau lagu kalimat adalah tinggi rendahnya nada yang kita gunakan dalam melakukan percakapan. Intonasi yang baik tentunya akan dapat mempermudah orang atau teman dalam menyimak sesuatu yang kita baca; dan 3) Jeda merupakan waktu berhenti atau hentian sebentar dalam membaca. Jeda memiliki pengaruh pada perubahan makna sebuah bacaan bagi yang mendengar. Jeda juga memerikan kesempatan bagi seorang pembaca untuk mengatur nafas agar lebih teratur.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...