Perkembangan politik

Top PDF Perkembangan politik:

Perkembangan Politik Di Indonesia. docx

Perkembangan Politik Di Indonesia. docx

Pada awal Kemerdekaan, situasi politik Indonesia masih mencari bentuknya. Hal ini ditandai dengan pembentukan struktur pemerintahan, perubahan bentuk negara menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS), serta perubahan bentuk negara kembali menjadi negara kesatuan. Pada masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin, perekonomian Indonesia masih menghadapi berbagai masalah ekonomi, seperti beban ekonomi dan keuangan yang harus ditanggung oleh Indonesia. Perubahan-perubahan tersebut tentu saja membawa pengaruh terhadap perkembangan politik di Indonesia. Berikut ini perkembangan politik di Indonesia sejak awal Kemerdekaan
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN POLITIK DI INDONESIA (1)

PERKEMBANGAN POLITIK DI INDONESIA (1)

Makalah yang ditulis ini adalah sebuah pembelajaran untuk memahami, menganalisa dan mendalami proses perkembangan politik diindonesia, mengingat maraknya partai politik diindonesia ini mulai dari Era Orde lama Hingga Era Demokrasi seperti pada saat ini, makalah ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pembaca sebagai pembelajaran tentang perkembangan politik diIndonesia ini. Karena faktanya banyak Warga negara Indonesia yang mengaku dirinya WNI tetapi tidak tahu sejarah peradaban Indonesia terutama dibidang politik dan kebudayaan.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Sistem Perkembangan Politik dan Ekonomi

Sistem Perkembangan Politik dan Ekonomi

mewujudkan kedaulatan rakyat atas Negara untuk dijalankan oleh pemerintah Negara tersebut . Konsep demokrasi menjadi sebuah kata kunci tersendiri dalam bidang ilmu politik . Sebab demokrasi saat ini di sebut – sebut sebagai indikator perkembangan politik suau Negara . Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki banyak pengalaman tentang demokrasi . Sudah ada tiga jenis demokrasi yang pernah diterapkan di Indonesia , yaitu Presidensial , Terpimpin dan Parlementer . Dari ketiga jenis demokrasi itu yang menjadi pembuka lembaran sejarah Indonesia adalah demokrasi parlementer yang dimulai sejak tanggal 14 November 1945 sampai dengan 5 Juli 1959 .
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

ISLAM DAN PERKEMBANGAN POLITIK DI INDONE

ISLAM DAN PERKEMBANGAN POLITIK DI INDONE

Nasionalisme tidaklah dijahit dari sepotong pakaian seragam . Ide-ide religius juga memainkan peranan kunci dalam sejumlah gerakan nasionalisme pada abad 20, termasuk di Eropa Barat- meskipun banyak teori Barat yang mengisyratkan sebaliknya. Sebagai konsekuensinya gagasan religius kedalam konsep nasionalisme menjadi lahan perdebatan yang seru dibanding dengan dunia Islam lainnya. Lebih dari seabad umat Islam bergumul dengan persoalan bagaimana mempertemukan politik Islam dengan gagasan kebangsaan dan kewarganegaraan. Ini semakin terbukti pada akhir abad 20 dalam pertarungan antara nasionalisme sekuler dan nasionalisme Islam.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PESANTREN DAN PERKEMBANGAN POLITIK PENDI (1)

PESANTREN DAN PERKEMBANGAN POLITIK PENDI (1)

Perkembangan yang terakhir adalah peraturan Kementerian Agama tentang Pesantren Muadalah. Bahwa pesantren muadalah adalah satuan pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh lembaga pesantren dengan mengembangkan kurikulum kekhasan pesantren. 62 Dengan adanya peraturan ini tidak perlu lagi pesantren mengikuti standar yang ditetapkan kementerian pendidikan Nasional. Namun kesetaraannya tetap diakui. Ada peluang yang bisa ditangkap oleh kalangan pesantren dari peraturan ini. Pertama Pesantren mempunyai kewenangan mengelola kurikulum pendidikan sendiri. Kedua pesantren tidak hilang jati dirinya. Ketiga pesantren mendapatkan pengakuan setara dengan pendidikan sederajat. Sehingga tidak ada alasan lagi pesantren terhambat dari aturan-aturan yang membelenggu seperti sebelumnya. Peluang besar yang bisa dikembangkan adalah pesantren mengembalikan kejayaannya seperti pada abad 17 yang banyak melahirkan Ulama yang produktif menulis hingga dikenal di dunia Internasional karyanya. Peluang yang didepan mata untuk era sekarang adalah mengembangkan integrasi keilmuan Islam dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpas menghilangkan nilai tradisi dan budaya lokal.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Lekra dalam perkembangan Politik di Indonesia 1950-1965.

Lekra dalam perkembangan Politik di Indonesia 1950-1965.

Selama lima belas tahun berdiri, banyak sumbangan Lekra bagi negeri ini baik dalam bidang politik maupun sosial. Dalam bidang politik, Lekra menjadi lembaga kebudayaan yang memiliki banyak massa pendukung. Pergerakannya bersama dengan Partai Komunis Indonesia membuat Lekra berkarya tidak hanya terbatas di bidang seni, tetapi juga mampu memperjuangkan nasib rakyat melalui karya.Pemikiran kebudayaannya yang memuat nasionalisme, patriotisme, dan berkepribadian nasional telah menjadi watak dalam menghadapi imperialisme, kolonialisme, dan feodalisme.Sikap Lekra yang tidak mengenal kompromi kepada mereka dianggap sebagai musuh dari revolusi.Sesuai dengan prinsipnya, Politik sebagai Panglima, kehadiran Lekra dalam mendukung jalannya revolusi banyak dimanfaatkan berbagai pihak baik dalam menjalin kerja sama maupun menjadi lawannya.
Baca lebih lanjut

138 Baca lebih lajut

Perkembangan Politik dan Ekonomi Masa Pe

Perkembangan Politik dan Ekonomi Masa Pe

Presiden Megawati Soekarno Putri mengawali tugasnya sebagai presiden kelima Republik Indonesia dengan membentuk Kabinet Gotong Royong. Kabinet ini memiliki lima agenda utama yakni membuktikan sikap tegas pemerintah dalam menghapus KKN, menyusun langkah untuk menyelamatkan rakyat dari krisis yang berkepanjangan, meneruskan pembangunan politik, mempertahankan supremasi hukum dan menciptakan situasi sosial kultural yang kondusif untuk memajukan kehidupan masyarakat sipil, menciptakan kesejahteraan dan rasa aman masyarakat dengan meningkatkan keamanan dan hak asasi manusia.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN POLITIK DI FILIPINA PADA ER

PERKEMBANGAN POLITIK DI FILIPINA PADA ER

Amerika telah mengubah corak pentadbiran Filipina kearah politik berperlembagaan. Perkara ini dapat dibuktikan melalui tindakan Amerika yang membenarkan penubuhan Parti- parti Politik bercorak sederhana oleh rakyat Filipina. Politik berperlembagaan adalah undang-undang dasar yang menentukan corak dan kuasa sesebuah kerajaan. Perkara ini menjadi peraturan yang akan menentukan bagaimana sesebuah negara ditadbir dan juga akan menentukan pembahagian kuasa antara bidang pemerintahan dan pelaksanaannya. Filipina telah menyistiharkan perlembagaannya sendiri pada November 1935, yang mana perlembagaan yang diishtiharkan itu adalah mirip Perlembagaan kerajaan Amerika Syarikat. 4
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Sejarah Perkembangan Politik Zaman Moder

Sejarah Perkembangan Politik Zaman Moder

terkenalnya antara lain The Social Contract yang ditulis pada tahun 1762 dimana sebelumnya sudah dibahas oleh John Locke dan Thomas Hobbes. Banyak pikiran menarik dan orisinal terdapat dalam tulisan-tulisan politik Rousseau. Tetapi yang paling menonjol dari kesemuanya itu adalah gairahnya yang berkobar- kobar terhadap terjelmanya persamaan hak dan derajat, dan perasaan yang membawa bahwa struktur masyarakat yang ada merupakan sesuatu yang tak tertahankan ketidakadilannya. ("Manusia dilahirkan merdeka; dan di mana-mana dia terbelenggu oleh rantai"). Rousseau sendiri tidak menganjurkan tindak kekerasan, tetapi jelas dia menggoda orang lain memilih revolusi kekerasan untuk mencapai perbaikan tingkat demi tingkat.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

A. Perkembangan Politik Islam Indonesia1

A. Perkembangan Politik Islam Indonesia1

Tahun 1938-1945 terjadi Perang Dunia II. Sebagai penjajah, Jepang jauh lebih kejam daripada Belanda. Pada awal kedatangan Jepang, timbul simpati dan harapan baru bangsa Indonesia. Jepang menerapkan politik mendekati golongan Islam, tetapi tidak terhadap kelompok nasional secular, Jepang mendorong dan memberi prioritas kepada kalangan Islam untuk mendirikan organisasi-orgaisasi Islam.

8 Baca lebih lajut

SEJARAH PERKEMBANGAN POLITIK HUKUM DI IN

SEJARAH PERKEMBANGAN POLITIK HUKUM DI IN

Sejarah hukum yang dimaksudkan dalam penulisan makalah ini adalah sebagaimana dimaksud Munir Fuady dalam bukunya Sejarah Hukum, maupun John Gilissen dan Frits Gorle dalam bukunya Sejarah Hukum; Suatu Pengantar. Jika kedua buku tersebut membahas sejarah hukum secara luas dan hanya menyasar sejarah-sejarah hukum “besar” dimulai dari Sejarah Hukum Babilonia, Mesir Kuno, India, Budha dan Cina Klasik, Yunani dan Romawi, maka penulisan makalah ini membatasi diri pada bahasan bagaimana pengaruh sejarah hukum: pertama, India (Hindu) dan China (Budha) terhadap sejarah hukum kerajaan-kerajaan di Nusantara sebelum masa penjajahan Belanda. Kedua, pengaruh sejarah hukum romawi yang dibawa penjajah Belanda terhadap perkembangan sejarah hukum di Hindia Belanda dan Indonesia pasca Kemerdekaan.
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

Lekra dalam perkembangan Politik di Indonesia 1950 1965

Lekra dalam perkembangan Politik di Indonesia 1950 1965

terbentuk atas anjuran Presiden Soekarno yang mendorong semua partai memiliki lembaga kebudayaannya sendiri.Lekra berpendapat bahwa hal sangat penting dalam revolusi tidak hanya pergerakan politik, tetapi juga memerdekakan rakyat dari pola pikir yang merasa terbelakang dan terjajah. Rakyat bebas dalam berekspresi, hak atas pendidikan dan kehidupan yang layak. Fokus utama Lekra terletak pada kehidupan rakyat-rakyat kecil. Usaha untuk memperjuangkan kelayakan hidup bagi rakyat kecil yang tertindas dan menderita dilakukan Lekra melalui karya-karyanya. Beban revolusi menjadi tanggungan bersama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Karena jika revolusi tersebut tidak sesuai dijalurnya maka rakyatlah yang menanggung dari segala beban penderitaan.
Baca lebih lanjut

136 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN POLITIK HUKUM ADAT

PERKEMBANGAN POLITIK HUKUM ADAT

Dengan resolusi tanggal 7 nopember 1754 gubernur jenderal mossel memerintahkan kepada gocommitteeerde freyer menyusun suatu kitab hukum perundangan bagi peradilan di daerah-daerah jajaha[r]

10 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN POLITIK DAN EKONOMI doc

PERKEMBANGAN POLITIK DAN EKONOMI doc

Pemerintah belum membentuk tentara yang bersifat nasional karna pertimbangan politik. Pembentukan tentara yang bersifat nasional akan mengundang sikap permusuhan dari Sekutu dan Belanda. Pertimbangan tersebut diambil karena kekuatan nasional belum mampu menghadapi gabungan tentara sekutu di satu pihakdan jepang di pihak lain. Para pemuda juga kurang setuju dengan pembentukan BKR. Mereka menghendaki pembentukan tentara nasional. Pada tanggal 5 Oktober 1945 dikeluarkan maklumat perintah yang menyatakan berdirinya Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Sebagai pimpinan TKR ditunjuk

10 Baca lebih lajut

Perkembangan Politik dan Ekonomi di Kesu

Perkembangan Politik dan Ekonomi di Kesu

Kerajaan dan kesultanan di Indonesia berbeda sistem dengan bentuk-bentuk politik di Eropa/negara-negara barat. Kerajaan Indonesia menggunakan konsep dewa raja, dimana raja diterima sebagai utusan dan perwujudan dwa di bumi. Seluruh rakyat harus mengikuti perintah dan tunduk patuh atas semua kebijakan-kebijakan yang dibuatnya. Siapa yang melanggar perintah/membangkang atas keputusannya dianggap menyalahi aturan dewa dan akan mendapat hukum karma 1 . Hal yang sama terjadi pada sistem kesultanan, hanya saja

6 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN POLITIK DAN EKONOMI PADA MA

PERKEMBANGAN POLITIK DAN EKONOMI PADA MA

Puncaknya pada tanggal 12 Mei 1998 di UniversitasTrisakti dalam aksi unjuk rasa mahasiswa, terjadi bentrokan dengan aparat keamanan yang menyebabkan tertembaknya empat mahasiswa hingga [r]

11 Baca lebih lajut

Tugas Perkembangan Ilmu Manajemen ilmu politik

Tugas Perkembangan Ilmu Manajemen ilmu politik

Perkembangan pada teori manajemen sangatlah pesat, sama seperti perkembangan bidang studi lainnya. Manajemen adalah bidang studi yang tidak memiliki teori yang dapat diterapkan pada semua situasi, masalah-masalah yang ada pada ilmu manajemen selalu dinamis dan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Dalam perkembangannya terdapat 3 teori dan 2 pendekatan dalam manajemen. Adalah aliran klasik (terbagi menjadi manajemen ilmiah dan teori organisasi klasik), aliran hubungan manusia (neoklasik), dan aliran manajemen modern. Kemudian pendekatannya adalah pendekatan sistem dan pendekatan kontingen (contingency approach). Kedua pendekatan ini digunakan untuk mengintegrasikan teori-teori manajemen. Revolusi industri yang terjadi pada abad ke-19lah yang menyebabkan peningkatan kebutuhan akan suatu pendekatan manajemen yang sistematis. Usaha-usaha pengembangan teori-teori dan prinsip ilmu manajemenpun dilakukan oleh para teoritisi. Berikut adalah tabel sejarah perkembangan teori manajemen;
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

sejarah perkembangan   falsafah sejarah ilmu politik

sejarah perkembangan falsafah sejarah ilmu politik

tersebut memberikan kemungkinan bagi masuknya perwakilan kepentingan dalam MPR sehinngga angkatan Darat dapat berperann didalamnya. Sedangkan soekarno, mendukung karena dengan diberlakukan kembali UUd 1945 membuka peluang tampilnya Kabinet Presidensial yang kuat. Konfigurasi politik pada era demokrasi terpemimpinan ditandai oleh tarik tambang antara tiga kekuatan politik utama, yaitu: Soekarnno, Anngkatan Darat, PKI. Soekarno memerlukan PKI untuk mengahadapi kekuatan Angkatan Darat, PKI memerlukan PKI untuk menndapatkan perlindungan daei presidenn dalam melawann Angkatannn Darat, sedangkan Angkatan Darat membutuhkan Soekarno untuk mendapatkan legitimasi bagi keterlibatannnya di dalam politik. Seperti yang tertuanng dalam Tap MPRS No. VIII/MPRS/1965, mengenai pengambilan keputusan berdasarkan “musyawarah untuk mufakat”, apabila mufakat bulat tidak dapat dicapai, maka keputusan tenntang masalah yang dimusyawarahkan itu diserahkann kepada pimpinan utnuk menentukannya. Tetapi mekanisnme pengambilan keputusan dalam semua proses politik lebih didominasi oleh Soekarno. Dari uraian di atas dapat memberikan kualifikasi bahwa konfigurasi pada era demokrasi terpimpin adalah otoriter, sentralistik, dann di tanngan Presiden Soekarno.Afan Gahar menyebutkan, dengan kondisi kepartaian seperti ini, maka dapat dikatakan pada demokrasi terpimpin itu di Indonesia sebenarnya tidak ada system kepartaian. Bahkan DPR yang dibentuk melalui pemilu 1955 dibubarkan oleh presiden pada tahun 1960, Karena menolak rancangan APBN yang dibuat oleh pemerintah. Melaui Penpres No. 4 Tahun 1960 membentuk DPR-GR yang anggotanya diangkat oleh Soekarno.Berbalik denngann posisi DPR dan partai-partai posisi eksekutif pada era demokrasi terpimpin sangat kuat.Gagasan- gagasan politiknya menggunakan Dewan Pertimbangann Agung dimana dalam UUD 1945 merupakan council of state. Dewan yang sederajat dengan eksekutif dan diberi peran besar dalam bidang pemerintahan serta berwenang mutlak memberikan pertimbangan lebih dulu bagi setiap rancangan UU yang akan disampaikan oleh DPR dipimpin oleh Soekarno.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...