Peserta Didik

Top PDF Peserta Didik:

Silabus Perkembangan Peserta Didik

Silabus Perkembangan Peserta Didik

Mata kuliah ini membahas perkembangan peserta didik yang meliputi : konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan individu: faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan individu; tugas-tugas perkembangan individu; pertumbuhan fisik anak; perkembangan intelektual dan bahasa anak; perkembangan sosial anak.perkembangan afeksi anak; perkembangan moral dan agama anak; pertumbuhan fisik remaja; perkembangan intelektual dan bahasa remaja; perkembangan sosial remaja; perkembangan afeksi remaja; perkembangan moral dan agama remaja; implikasi pertumbuhan dan perkembangan individu terhadap pendidikan.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

ANALISIS PESERTA DIDIK “Karakteristik Umum Peserta Didik (Usia, Gender, Latar Belakang)”

ANALISIS PESERTA DIDIK “Karakteristik Umum Peserta Didik (Usia, Gender, Latar Belakang)”

Dalam penyelenggaraan pendidikan, perlu diperhatikn sarana dan prasarana yang ada jangan sampai menimbulkan gangguan pada peserta didik. Misalnya: tempat didik yang kurang seuai, ruangan yang gelap dan terlalu sempit yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Disamping itu juga perlu diperhatikan waktu istirahat yang cukup. Penting juga untuk menjaga supaya fsik tetap sehat adanya jam-jam olah raga bagi peserta didik di luar jam pelajaran. Misalnya: melalui kegiatan ekstra kurikuler kelompok olah raga, bela diri, dan sejenisnya.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Makalah Peserta Didik revisi Makalah

Makalah Peserta Didik revisi Makalah

Berdasarkan hal tersebut secara singkat dapat dikatakan bahwa setiap peserta didik memiliki eksistensi atau kehadiran dalam sebuah lingkungan, seperti halnya sekolah, keluarga, pesantren bahkan dalam lingkungan masyarakat. Dalam proses ini peserta didik akan banyak sekali menerima bantuan yang mungkin tidak disadarinya, sebagai contoh seorang peserta didik mendapatkan buku pelajaran tertentu yang ia beli dari sebuah toko buku. Dapat anda bayangkan betapa banyak hal yang telah dilakukan orang lain dalam proses pembuatan dan pendistribusian buku tersebut, mulai dari pengetikan, penyetakan, hingga penjualan.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

PERANAN KEGIATAN MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK (MOPD) DALAM MENYIAPKAN PESERTA DIDIK BARU

PERANAN KEGIATAN MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK (MOPD) DALAM MENYIAPKAN PESERTA DIDIK BARU

Berdasarkan hasil wawancara tersebut terlihat bahwa dengan diadakanya Masa Orientasi Peserta Didik penanaman nilai religius kepada peserta didik sangat ditekankan. Selain penanaman nilai religius, pendidikan karakter pun juga ditanamkan kepada peaserta didik baru lewat kedisplinan dan moral. Sebagai contoh selama kegiatan Masa orientasi peserta didik mereka berangkat sekolah lebih dan yang berangkat tidak tepat waktu akan dikenakan sanksi, sanksi disini bukan dengan kekerasan melainkan sanksi yang mendidik (memunguti sampah). Contoh yang lain selama kegiatan itu peserta didik diajarkan untuk bersikap dan bertingkah laku yang sopan kepada siapa saja, karena sikap dan perilaku peserta didik baru yang masih terbawa-terbawa suasana SLTP, jadi dengan kegiatan masa orientasi peserta didik para peserta didik baru menjadi lebih baik dalam segala hal dan menambah wawasan peserta didik baru.
Baca lebih lanjut

98 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN PESERTA DIDIK

PENGELOLAAN PESERTA DIDIK

Akhir-akhir ini sedang hangat diperbicangkan masalah pendidikan bahwa berfikir harus ditanamkan pada siswa SD atau SLTP. Masalah tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan konsep berpikir dalam proses belajar mengajar. Salah satu contoh dalam materi IPA, dikembangkan proses, sedangkan pada pendidikan bahasa, dikembangkan pendekatan komunikatif. Beberapa pendekatan yang dikembangkan dalam proses belajar mengajar, pada dasarnya untuk meningkatkan kualitas peserta didik secara efektif. Proses kelanjutan dari penerapan kurikulum ini yang mengembangkan metode dan sistem evaluasi, mengarah pada tuntutan ilmu dan teknologi. Dengan demikian partisipasi guru dalam palayanan peserta didik perlu memperhatikan kebutuhan murid secara umum, diantaranya : a. Penyesuaian bidang-bidang studi yang akan dipelajari;
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

1. Peningkatan Layanan pada Peserta Didik - Peningkatan Layanan pada Peserta Didik

1. Peningkatan Layanan pada Peserta Didik - Peningkatan Layanan pada Peserta Didik

Layanan Peserta Didik bagi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan M enengah yang direncanakan dalam peta jalan RBI priode 2015-2019 antara lain: a) Peningkatan kualitas layanan perizinan bagi siswa W N A, W N I, penyetaraan ijazah, sekolah luar negeri yang berbasis T IK jenjang pendidikan dasar dan menengah; b) peningkatan kualitas penyediaan bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik kurang mampu melalui Program Indonesia Pintar (PIP); c) peningkatan penumbuhan budi pekerti (PBP); d) peningkatan kualitas pelaksanaan ekstrakurikuler; e) peningkatan penyelarasan pendidikan kejuruan dengan kebutuhan dunia kerja.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

SILABUS peserta didik

SILABUS peserta didik

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep pendekatan, landasan, strategi, teknik, jenis, dan pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling, diagnostic dan remedial teaching, dasar-dasar pemahaman peserta didik, dan bimbingan bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

3 Baca lebih lajut

Pengembangan Peserta dan Peserta Didik

Pengembangan Peserta dan Peserta Didik

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan yang berjudul “Tugas dan Fase Perkembangan”. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik oleh Dosen Pengampu Bapak Wahyudin Arif, M.Pd

11 Baca lebih lajut

perkembangan peserta didik.

perkembangan peserta didik.

KD301, Perkembangan Peser t a Didik, 2 sks. M at a kuliah ini merupakan mat a kuliah dasar kependdikan yang w ajib diikut i semua mahasisw a kependidikan pada pr ogram S1. Sel esai mengikut i mat a kuliah ini mahasisw a dihar apkan mampu menjelaskan dan m engaplikasikan dalam pendidikan t ent ang konsep perkembangan, mencakup penger t ian, prinsip, pendekat an, dan t ahapan perkembangan; perspekt is psikologi dalam memahami perkembangan, m encakup perspekt if biologis, behaviorisme, kognit if, dan fenom enoogis (humanism); fact or-fakt or yang m empengaruhi perkembangan, m encakup aliran nat ivism e, empirism e, konvergensi dan kont empor er, konsep dan t ugas perkembangan berdasarkan t ahapan perkembangan, meliput i penger t ian t ugas perkembangan, sumber t ugas perkembangan, t ugas perkembangan masa kanak-kanak, masa anak, masa remaja, dan masa dew asa; karakt erist ik perkembangan psiko fisik pesert a didik dan implikasinya dalam pendidikan, mencakup perkembangan fisik dan psikomot orik, social dan kepribadian, kognit if dan bahasa, moralit as dan agama, kemandirian dan karier; isu yang t erkait dengan permasalahan anak/ remaja.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

pendidik dan peserta dan didik

pendidik dan peserta dan didik

Peserta didik adalah objek para pendidik dalam melakukan tindakan yang bersifat mendidik. Peserta didik dapat dilihat dari beberapa segi, yaitu usia, kondisi ekonomi keluarga, kondisi ekonomi, juga minat dan bakat anak didik serta tingkat intelegensinya. Dengan mengetahui itu semua,tindakan pendidik akan menggunakan fleksibilitas dalam mendidik.

Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Manajemen Kesiswaan - BAB II SARAS PANGESTIKA PAI'15

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Manajemen Kesiswaan - BAB II SARAS PANGESTIKA PAI'15

Misi utama PAI adalah membina kepribadian peserta didik secara utuh dengan harapan kelak mereka akan menjadi ilmuwan yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, mampu mengabdikan ilmunya untuk kesejahteraan umat manusia (Syahidin, 2011 : 1). Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam juga termasuk salah satu faktor tercapainya mutu output sekolah dari segi intelektual, emosional, dan spiritual agama Islam.

Baca lebih lajut

KECUKUPAN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL.

KECUKUPAN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL.

Berdasarkan hasil observasi menunjukan bahwa ruang kelas Jurusan Tunarungu yang ada di SLB Negeri 1 Bantul kondisinya baik. Seluruh ruang kelas dalam keadaan berfungsi penuh karena digunakan untuk tempat kegiatan pembelajaran teori maupun praktik dengan alat sederhana. Pencahayaan yang terdapat di ruang kelas tersebut sudah baik karena pada setiap ruang kelas memiliki jendela yang memungkinkan pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan untuk memberikan pandangan ke luar ruangan, selain itu tersedia lampu pada masing-masing kelas yang dapat berfungsi dengan baik. Jurusan Tunarungu memiliki ruang kelas dengan jumlah 10 ruang kelas, namun jumlah ruang kelas tersebut tidak sesuai dengan jumlah rombongan belajar yaitu 14 rombongan belajar padahal seharusnya jumlah minimum ruang kelas sama dengan banyaknya rombongan belajar. Hal tersebut terjadi karena kurangnya ruangan yang dimiliki, sehingga terdapat beberapa ruang kelas digunakan lebih dari satu rombongan belajar. Selain itu terdapat dua ruang rombongan belajar yang melebihi kapasitas maksimum kelas. Pada kelas 10 dan 12 SMALB Jurusan Tunarungu terdapat lebih dari 9 peserta didik untuk ruang kelas.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGELOLAAN DAN PESERTA DAN DIDIK

PENGELOLAAN DAN PESERTA DAN DIDIK

Guru menjadi sosok yang ideal bagi siswanya hal ini dibuktikan apabila ada orang tua yang memberikan argumen yang berbeda dengan gurunya maka siswa tersebut akan menyalahkan argumen si orangtua dan membenarkan seorang guru. Guru adalah acuan bagi peserta didiknya oleh karena itu segala tingkah laku yang dilakukannya sebagian besar akan ditiru oleh siswanya. Guru sebagai demonstrator dapat diasumsikan guru sebagai tauladan bagi siswanya dan contoh bagi peserta didik.

Baca lebih lajut

PESERTA DAN DIDIK DAN KARAKTERISTIKNYA

PESERTA DAN DIDIK DAN KARAKTERISTIKNYA

Esensinya tidak ada peserta didik di muka bumi ini benar-benar sama. Hal ini bermakna bahwa masing-masing peserta didik memiliki karakteristik tersendiri. Karakteristik peserta didik adalah totalitas kemampuan dan perilaku yang ada pada pribadi mereka sebagai hasil dari interaksi antara pembawaan dengan lingkungan sosialnya, sehingga menentukan pola aktivitasnya dalam mewujudkan harapan dan meraih cita- cita. Karena itu, upaya memahami perkembangan peserta didik harus dikaitkan atau disesuaikan dengan karakteristik siswa itu sendiri. Utamanya, pemahaman peserta didik bersifat individual, meski pemahaman atas karakteristik dominan mereka ketika berada di dalam kelompok juga menjadi penting.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MODEL MADRASAH INKLUSIF (Studi atas Kesiapan dan Model Pengembangan Kurikulum Madrasah Inklusif MI AL-Hidayah Margorejo Surabaya) | Mukaffa | Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 2051 8105 1 PB

PENGEMBANGAN MODEL MADRASAH INKLUSIF (Studi atas Kesiapan dan Model Pengembangan Kurikulum Madrasah Inklusif MI AL-Hidayah Margorejo Surabaya) | Mukaffa | Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 2051 8105 1 PB

Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah secara keseluruhan memiliki 57 (lima puluh tujuh) peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bu Chonik wali kelas IV, dari ke-57 orang peserta didik MI Al-Hidayah, ada 6 peserta didik yang mengalami hambatan belajar dan memerlukan pelayanan khusus. Akan tetapi, setelah diadakan pemeriksaan psikologi tentang taraf kecerdasan awal peserta didik MI Al-Hidayah, ditemukan lebih dari 6 orang peserta didik yang memerlukan pelayanan khusus yang diakaibatkan karena taraf kecerdasannya di bawah rata-rata. Oleh sebab itu, berdasarkan identiikasi awal yang dilakukan tim peneliti, dari ke-57 peserta didik yang berada di MI Al-Hidayah dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertama peserta didik reguler dan beberapa peserta didik yang memerlukan pelayanan khusus. Berdasarkan hasil pemeriksaan psikologi, ciri-ciri peserta didik yang memiliki taraf kecerdasan awal di bawah rata-rata yaitu:
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...