politik dan ekonomi indonesia pada masa reformasi

Top PDF politik dan ekonomi indonesia pada masa reformasi:

Bab 5 Sistem dan Struktur Politik Ekonomi Indonesia Masa Reformasi (1998 sekarang)

Bab 5 Sistem dan Struktur Politik Ekonomi Indonesia Masa Reformasi (1998 sekarang)

Sementara itu, sesuai dengan hasil Pemilu ke-6 yang diselenggarakan pada tanggal 29 Mei 1997, Golkar memperoleh suara 74,5 persen, PPP 22,4 persen, dan PDI 3 persen. Setelah pelaksanaan pemilu tersebut perhatian tercurah pada Sidang Umum MPR yang dilaksanakan pada Maret 1998. Sidang umum MPR ini akan memilih presiden dan wakil presiden. Sidang umum tersebut kemudian menetapkan kembali Soeharto sebagai presiden untuk masa jabatan lima tahun yang ketujuh kalinya dengan B.J. Habibie sebagai wakil presiden. Dalam beberapa minggu setelah terpilihnya kembali Soeharto sebagai Presiden RI, kekuatan-kekuatan oposisi yang sejak lama dibatasi mulai muncul ke permukaan. Meningkatnya kecaman terhadap Presiden Soeharto terus meningkat yang ditandai lahirnya gerakan mahasiswa sejak awal 1998. Gerakan mahasiswa yang mulai mengkristal di kampus-kampus, seperti ITB, UI dan lain-lain semakin meningkat intensitasnya sejak terpilihnya Soeharto. Demonstrasi-demonstrasi mahasiswa berskala besar di seluruh Indonesia melibatkan pula para staf akademis maupun pimpinan universitas. Garis besar tuntutan mahasiswa dalam aksi-aksinya di kampus di berbagai kota, yaitu tuntutan penurunan harga sembako (sembilan bahan pokok), penghapusan monopoli, kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) serta suksesi kepemimpinan nasional.
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

BAB V Sistem dan Struktur Politik- Ekonomi Indonesia Masa Reformasi (1998-sekarang) - Bab 5 Sistem dan Struktur Politik Ekonomi Indonesia Masa Rformasi (1998 sekarang)

BAB V Sistem dan Struktur Politik- Ekonomi Indonesia Masa Reformasi (1998-sekarang) - Bab 5 Sistem dan Struktur Politik Ekonomi Indonesia Masa Rformasi (1998 sekarang)

Revolusi Hijau merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian melalui kebijakan modernisasi pertanian. Kebijakan ini secara nasional dan intens baru dilakukan pada masa Orde Baru. Namun kalau kita lihat apa yang dilakukan oleh Orde Baru, ide modernisasi pertanian pertama kali dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Indonesia pada 1960 dalam kegiatan Demonstrasi Masal (DEMAS). Demas merupakan suatu upaya untuk memaksimalkan hasil pertanian untuk memperoleh keuntungan yang tinggi dengan menerapkan prinsip-prinsip bertani modern pada sekelompok petani tradisional. Dalam pelaksanaan modernisasi pertanian ini, program Demas ini menerapkan penggunaan varietas unggul, pupuk kimia, pestisida, perbaikan tata cara bertanam dan penyediaan sarana irigasi yang baik. Aktivitas tersebut dikenal sebagai Panca Usaha Tani. Pemerintah pada tahun 1964 kemudian memformulasikan program tersebut menjadi program pembangunan pertanian dengan nama Bimbingan Massal (Bimas).
Baca lebih lanjut

56 Baca lebih lajut

Makalah Politik Dan Ekonomi Indonesia Pa

Makalah Politik Dan Ekonomi Indonesia Pa

Dalam makalah ini, kami membahas tentang politik dan ekonomi yang berkembang pada masa reformasi sebagai bentuk perbandingan dari masa sebelumnya, yaitu orde baru, sehingga dapat memunculkan pandangan – pandangan yang dapat menjadi acuan sebagai generasi muda yang akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa.

4 Baca lebih lajut

Hubungan Stabilitas Politik Dan Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia pada Masa Reformasi

Hubungan Stabilitas Politik Dan Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia pada Masa Reformasi

Sedangkan kata politik secara etimologis berasal dari bahasa Yunani/Latin yaitu politicus dan politicos ‘relating to citizen’. 12 Politik juga berasal dari kata polis (Negara Kota). Dari kata ini muncul beberapa kata seperti polities (Negara Kota), politikos (Kewarganegaraan), politike tehne (Kemahiran Politik), politike episteme (Ilmu Politik). secara terminoligis banyak para ahli yang memberi arti politik dalam bahasa yang berbeda, sehingga ada banyak arti yang melekat pada kata politik, seperti power (Kekuasaan), Justice (Keadilan), order (Tatanan Masyarakat). Berdasarkan keterangan-keterangan tersebut dalam pemahaman arti politik bisa ditinjau dari dua segi. Pertama kepentingan umum. Kedua kebijakan. Segi pertama politik mengandung pengertian media individu atau kelompok untuk melakukan segala macam aktifitas, yang masing-masing individu atau kelompok memiliki kepentingan sendiri dan ide sendiri. Sedangkan politik dari sudut pandang kedua mengandung pengertian penggunaan pertimbangan- pertimbangan tertentu yang dianggap lebih menjamin bisa dilaksanakannya satu usaha, cita-cita keinginan bersama dan bukan kepentingan individu, perorangan atau kelompok.
Baca lebih lanjut

70 Baca lebih lajut

Politik Dan Ekonomi Indonesia pada Masa

Politik Dan Ekonomi Indonesia pada Masa

Pada pemerintahan B.J.Habibie beliau membentuk kabinet bernama Kabinet Reformasi dan pembangunan Pemerintahan Habibie berhasil menurunkan laju inflasi dan distribusi kebutuhan pokok mulai kembali berjalan dengan baik. Pada Periode Pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid beliau mengadakan pemulihan hak minoritas keturunan Tionghoa untuk menjalankan keyakinan mereka yang beragama Konghucu melalui Reputusan Presiden No. 6 tahun 2000 mengenai pemulihan hak-hak sipil penganut. Pada Periode Pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri melanjutkan upaya reformasi di bidang pers yang ditandai dengan dikeluarkannya Undang-undang Pers dan Undang-undang Penyiaran. Pada Periode Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengupayakan reformasi birokasi yang mengedepankan aspek transparasi, partisipasi dan akuntabilitas dan menciptkan good governance. Dan pada Periode Pemerintahan Presiden Joko Widodo berlaku keras terhadap pencurian ikan illegal seperti mengadakan razia dan memberikan sanksi berupa penenggelaman kapal asing yang melanggar aturan.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

MATERI : KEHIDUPAN SOSIAL BANGSA INDONESIA PADA MASA ORDE BARU SAMPAI REFORMASI

MATERI : KEHIDUPAN SOSIAL BANGSA INDONESIA PADA MASA ORDE BARU SAMPAI REFORMASI

Lahirnya era orde baru dilatarbelakangi oleh runtuhnya orde lama. Tepatnya pada saat runtuhnya kekuasaan Soekarno yang lalu digantikan oleh Soeharto. Salah satu penyebab yang melatarbelakangi runtuhnya orde lama dan lahirnya orde baru adalah keadaan keamanan dalam negri yang tidak kondusif pada masa orde lama. Terlebih lagi karena adanya peristiwa pemberontakan G30S PKI. Hal ini menyebabkan presiden Soekarno memberikan mandat kepada Soeharto untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di indonesia melalui surat perintah sebelas maret atau Supersemar. Pemerintahan Soeharto sendiri bertahan selama 32 tahun dengan berbagai kebijakan yang dilakukan untuk mencapai cita-cita bangsa. Pada era ini pemerintahan Soeharto banyak memfokuskan pembangunan pada bidang perekonomian dan penguatan Pancasila. Soeharto kemudian Mengundurkan diri pada tahun 1998 akibat pergerakan rakyat yang kemudian dikenal dengan gerakan reformasi. Reformasi merupakan gerakan yang dilakukan oleh rakyat bersama dengan mahasiswa untuk memperbaiki kondisi sosial, ekonomi dan politik Indonesia. Puncak pimpinan berganti ke tangan B.J Habibie, Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarno Putri pasca gerakan reformasi. Modul ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya: Pendahuluan; Capaian pembelajaran; Materi; Rangkuman; Tugas, Tes dan Daftar Pustaka. Proses pembelajaran untuk materi kehidupan sosial, ekonomi, politik masa orde baru sampai reformasi yang sedang anda ikuti saat ini, dapat berjalan dengan lebih lancar bila Anda mengikuti langkah-langkah belajar sebagai berikut ini:
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

SISTEM POLITIK INDONESIA ERA REFORMASI (1)

SISTEM POLITIK INDONESIA ERA REFORMASI (1)

Selama pasca orde baru, kehidupan politik di tandai dengan ketidakpastian di tingakat massa, dan konflik politik yang tinggi di tingkat elit. Oleh karena itu, proses sosialisasi politik merupakan sesuatu yang tegarap secara baik dan teroganisir. Hal ini di sebabkan karena elit-elit politik dan elit-elit strategis terjebak dalam proses “adu kekuatan” yang melibatakan massa. Kasus Pamswakarasa merupakan contoh bagaimana proses sosialisasa politik kurang. Pada akhirnya, masa yang sebelumnya mengalami pelemahan daya beli akibat krisis ekonomi pada tahun 1997 akhir, terlibat dalam blok-blok konflik yang diciptakan para elit, tanpa mereka mengetahui secara nyata maupun laten, akan maksud politik yang ada di dalamnya. Kasus terpenting dari hal ini adalah terjadinya berbagai bentrokan Mahasiswa dengan massa dan aparat. Kasus Trisakti dan Semanggi, setidaknya dapat dianggap sebagai refrensentasi kan lemahnya sosialisasi pada pasca orde baru.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Transisi Ekonomi dan Reformasi Indonesia

Transisi Ekonomi dan Reformasi Indonesia

di tangan pejabat yang berkuasa yang mendapat keuntungannya dari bayaran-bayaran para pebisnis yang secara politis tak terorganisasi. Namun seiring berjalannya waktu, Orde Baru juga menjadi inkubator dari kelas kapitalis baru yang akan menentang bentuk administrative patrimonial Orde Baru yang merugikannya 2 . Selama masa pergolakan politik yang bermuara

3 Baca lebih lajut

BAB 11 INDONESIA MASA ORBA DAN REFORMASI

BAB 11 INDONESIA MASA ORBA DAN REFORMASI

9 multidimensional yang melanda bangsa Indonesia telah mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Suharto. Ketidakmampuan pemerintah dalam membangun kehidupan politik yang demokratis, menegakkan pelaksanaan hukum dan sistem peradilan, dan pelaksanaan pembangunan ekonomi yang berpihak kepada rakyat banyak telah melahirkan krisis kepercayaan. Terjadinya ketimpangan sosial yang sangat mencolok menyebabkan munculnya kerusuhan sosial. Muncul demonstrasi yang digerakkan oleh mahasiswa, tuntutan utama demonstran adalah perbaikan ekonomi dan reformasi total. Demonstrasi besar-besaran dilakukan di Jakarta pada tanggal 12 Mei 1998. Pada saat itu terjadi peristiwa Trisakti, yaitu meninggalnya empat mahasiswa Universitas Trisakti akibat bentrok dengan aparat keamanan. Empat mahasiswa tersebut adalah Elang Mulya Lesmana, Hery Hariyanto, Hendriawan, dan Hafidhin Royan. Keempat
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

TAP.COM -   INDUSTRIALISASI DALAM EKONOMI DAN POLITIK INDONESIA PADA ERA ... 854 1785 1 SM

TAP.COM - INDUSTRIALISASI DALAM EKONOMI DAN POLITIK INDONESIA PADA ERA ... 854 1785 1 SM

Dalam industri manufaktur, peningkatan terbesar masih didominasi oleh industri ringan yaitu kelompok industri padat karya dan padat kekayaan alam, padahal di masa mendatang kebijaksanaan industri yang dikaitkan dengan proteksi semakin ditinggalkan karena bertentangan dengan arah perdagangan tanpa hambatan yang kini terus digodok dan diimplementasikan melalui forum WTO. Reformasi yang dilakukan pemerintah selama lebih dari satu dasawarsa terakhir ini, termasuk menggeser orientasi agar ekonomi kita lebih melihat Out Ward Looking (pasar global), dengan hasil- hasilnya yang nyata seperti telah banyak dilaporkan dalam berbagai data statistik. Memang harus diakui bahwa dinamika pertumbuhan ekonomi pasca reformasi, sebagian besar disumbangkan oleh kinerja swasta bersama oleh pemerintah dan birokrasi yang telah terbarukan. Tapi jika kemudian kita berkesimpulan sebagaimana visi kalangan neo-liberalis bahwa semakin minimum intervensi negara akan semakin baik. Yang diperlukan sesungguhnya adalah, dalam rangka menggeser orientasi ekonomi nasional yang lebih dominan melihat keluar, suatu credible government (pemerintahan yang bersih, efisien, dan efektif) atau yang kini dikenal sebuah reinventing government yang kinerjanya dapat menjamin berfungsinya mekanisme pasar secara optimal. Dengan visi yang demikianlah, agenda reformasi yang diajukan kiranya akan lebih memenuhi sasaran agar supaya ekonomi nasional kita memiliki OWL (orientasi keluar) yang lebih dominan, dalam kerangka merealisasikan kepentingan ekonomi nasional kita dalam konteks untuk memanfaatkan secara proaktif dan agresif dinamika pasar global.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

BIROKRASI PEMERINTAHAN REFORMASI BIROKRA docx

BIROKRASI PEMERINTAHAN REFORMASI BIROKRA docx

Birokrasi berasal dari kata bureau yang berarti meja dan cracy yang berarti kekuasaan. Menurut Max Weber birokrasi adalah suatu bentuk organisasi yang penerapannya berhubungan dengan tujuan yang hendak dicapai. Sedangkan menurut Fritz Morstein Marx, birokrasi adalah tipe organisasi yang dipergunakan pemerintah modern untuk melaksanakan tugas-tugasnya yang bersifat spesialis, dilaksanakan dalam system administrasi dan khususnya oleh aparatur pemerintah. Jadi birokrasi merupakan suatu organisasi besar yang terdiri dari sub-sub struktur yang memiliki keterkaitan satu sama lain, yang memiliki fungsi, peran, wewenang dalam melaksanakan tugas dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Sedangkan reformasi adalah proses pembentukan kembali suatu tatanan kehidupan lama diganti dengan tatanan baru. Jadi reformasi birokrasi pemerintahan merupakan suatu upaya untuk pembaharuan dan pembentukan kembali terhadap dasar system penyelenggaraan pemerintahan menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan, dan sumber daya manusia (aparatur).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Perkembangan Pendidikan Zaman Reformasi Reformasi

Perkembangan Pendidikan Zaman Reformasi Reformasi

Reformasi pendidikan merupakan hukum alam yang akan mencari jejaknya sendiri, khususnya memasuki masa millennium ketiga yang mengglobal dan sangat ketat dengan persaingan. Agar kita tidak mengalami keterkejutan budaya dan merasa asing dengan dunia kita sendiri, refleksi pendidikan ini setidaknya merupakan sebuah potret diri agar dikemudian hari kita tidak lupa dengan wajah diri kita sendiri (Suyanto&Hisyam, 2000: 2).Perubahan yang sangat menonjol pada era reformasi adalah UU No. 22/1999 tentang pemerintahan daerah. Lebih lanjut, tantangan yang berkaitandenganregulasiadalahkondisi UU No. 2/1989 tentang system pendidikan nasional (UU SPN) yang menganut manajemen pendidikan sentralistis/k dan masih lebih menitik beratkan penyelenggaraan pendidikan pada pemerintah, yang tidak lagi sesuai dengan prinsip otonomi daerah.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

TUGAS POLITIK INDONESIA POLITIK LOKAL

TUGAS POLITIK INDONESIA POLITIK LOKAL

Masa pemerintahan Habibie ditandai dengan dimulainya kerjasama dengan Dana Moneter Internasional untuk membantu dalam proses pemulihan ekonomi. Selain itu, Habibie juga melonggarkan pengawasan terhadap media massa dan kebebasan berekspresi. Setelah Habibie membebaskan tahanan politik, tahanan politik baru muncul. Sejumlah aktivis mahasiswa diadili atas tuduhan menghina pemerintah atau menghina kepala negara. Desakan meminta pertanggungjawaban militer yang terjerat pelanggaran HAM tak bisa dilangsungkan karena kuatnya proteksi politik. Kejadian penting dalam masa pemerintahan Habibie adalah keputusannya untuk mengizinkan Timor Timur untuk mengadakan referendum yang berakhir dengan berpisahnya wilayah tersebut dari Indonesia pada Oktober 1999.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA.

LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA.

Budaya politik yang mempunyai sikap mental yang absolut memiliki nilai-nilai dan kepercayaan yang dianggap selalu sempurna dan tak dapat diubah lagi. Usaha yang diperlukan adalah intensifikasi dari kepercayaan, bukan kebaikan. Pola pikir demikian hanya memberikan perhatian pada apa yang selaras dengan mentalnya dan menolak atau menyerang hal-hal yang baru atau yang berlainan (bertentangan). Budaya politik yang bernada absolut bisa tumbuh dari tradisi, jarang bersifat kritis terhadap tradisi, malah hanya berusaha memelihara kemurnian tradisi. Maka, tradisi selalu dipertahankan dengan segala kebaikan dan keburukan. Kesetiaan yang absolut terhadap tradisi tidak memungkinkan pertumbuhan unsur baru.
Baca lebih lanjut

275 Baca lebih lajut

kkm sejarah kelas xii ips

kkm sejarah kelas xii ips

1.2 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi  Menganalisis perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 melalui studi pustaka  Menganalisis kondisi sosial[r]

6 Baca lebih lajut

POLITIK PERTANIANAGRARIA DI INDONESIA) Dari Masa ke Masa

POLITIK PERTANIANAGRARIA DI INDONESIA) Dari Masa ke Masa

(2) Memang, dipandang dari satu sisi perjanjian Linggarjati itu secara strategis menguntungkan kita. Karena, walaupun hanya berupa pengakuan de facto atas Jawa dan Sumatra, namun “pengakuan” itu sendiri kemudian menarik perhatian dunia, dan memberi peluang kepada Indonesia untuk bermanuver dalam pentas internasional. Namun jika dilihat dari sisi lain, jika ditarik garis sejak Linggarjati, Renville sampai Roem-Royen, ternyata semua itu prinsip isinya sama, yaitu menuju kepada isi KMB. Apa isi KMB? Isi pokoknya, secara ringkas adalah sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

SISTEM POLITIK INDONESIA PASCA REFORMASI

SISTEM POLITIK INDONESIA PASCA REFORMASI

Sementara itu, Easton menyatakan ada 4 (empat) asumsi yang mendasari bangunan pemikirannya yang bersifat umum dalam mengkaji suatu sistem politik sebagai berikut. Pertama, ilmu pengetahuan memerlukan suatu konstruksi atau bangunan yang sistematis untuk mensistematisasikan (menyusun) fakta atau data yang ditemukan. Kedua, para pengkaji kehidupan politik harus memandang sistem politik sebagai keseluruhan (sistem), bukan parsial atau bagian- bagian yang terpisah satu sama lain. Ketiga, riset sistem politik terdiri atas dua jenis data, yaitu data psikologis dan data situasional. Data psikologis terdiri atas karaktersitik personal serta motivasi para partisipan politik. Data situasional terdiri atas semua aktivitas yang muncul akibat pengaruh lingkungan. Pengaruh lingkungan ini muncul dari lingkungan isik (topograi, geograi), lingkungan organis nonmanusia (lora, fauna), dan lingkungan sosial (rakyat, aksi, dan reaksinya). Keempat, sistem politik harus dianggap berada dalam suatu disequilibrium (ketidakseimbangan). 4
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Masa Depan Politik Indonesia (1)

Masa Depan Politik Indonesia (1)

Jika kita sudah mengetahui mengapa politik itu bisa ada di masyarakat, tentunya kita pasti kita sudah ada gambaran untuk menjawab pertanyaan bagaimana politik itu seharusnya. Politik terbentuk karena adanya kebutuhan dari masyarakat akan pengatur dan pembatas dalam pemenuhan kebutuhan. Sebenarnya tidak hanya pemenuhan kebutuhan fisiologis yang menjadi latar belakang tetapi juga karena faktor psikis yaitu berupa rasa aman. Jika kebutuhan sudah diketahui maka tinggal implementasinya bagaimana.

4 Baca lebih lajut

SMA KLAS XII kkm sejarah kelas xii ipa

SMA KLAS XII kkm sejarah kelas xii ipa

 Menyajikan hasil analisis berbagai kebijakan politik luar negeri secara tertulis 1.2.Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi  Menyajikan hasil identifik[r]

6 Baca lebih lajut

Perkembangan Politik dan Ekonomi Masa Pe

Perkembangan Politik dan Ekonomi Masa Pe

Pada masa pemerintahan Presiden Megawati, MPR kembali melakukan amandemen terhadap UUD 1945 pada tanggal 10 November 2001. Amandemen tersebut meliputi penegasan Indonesia sebagai negara hukum dan kedaulatan berada di tangan rakyat. Salah satu perubahan penting terkait dengan pemilihan umum adalah perubahan tata cara pemilihan presiden dan wakil presiden yang dipilih langsung oleh rakyat dan mulai diterapkan pada pemilu tahun 2004. Dengan demikian rakyat akan berpartisipasi dalam pemilihan umum untuk memilih calon anggota legislatif, presiden dan kepala daerah secara terpisah.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...