post operasi sectio caesarea

Top PDF post operasi sectio caesarea:

View of PENGARUH MOBILISASI DINI TERHADAP TINGKAT NYERI PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RUANG MELATI RSUD GUNUNG JATI KOTA CIREBON TAHUN 2017

View of PENGARUH MOBILISASI DINI TERHADAP TINGKAT NYERI PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RUANG MELATI RSUD GUNUNG JATI KOTA CIREBON TAHUN 2017

Mobilisasi dini ialah cara untuk menurunkan tingkat nyeri post operasi sectio caesarea. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak mobilisasi dini atas tingkatan nyeri pasien post operasi sectio caesarea di ruang melati RSUD gunung jati kota Cirebon. Rancangan penelitian menggunakan metode quasi experiment design melalui pola pendekatan one group pre test - post test design. Sampel penelitian adalah 32 ibu post operasi sectio caesarea yang berada di ruang melati RSUD gunung jati kota Cirebon, dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Analisa data yang dipergunakan disini ialah analisa univariat dan bivariat. Menurut penelitian yang telah dilakukan pada fase pre test sebagian besar nyerinya ada di tingkat sedang ada17 orang (53.1%) serta nyeri berat terkontrol yaitu 15 orang (46,9%). Berdasarkan hasil post test sebagian besar nyeri berada pada tingkat ringan yaitu 29 orang (90,6%). Rata-rata tingkatan rasa nyeri pada pasien sebelum meneapkan mobilisasi dini sebesar 6,00 dan setelah menerapkan mobilisasi dini sebesar 3.44 dengan t hitung 13,475 >
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

13 PENGARUH RELAKSASI PROGRESIF TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA PADA HARI KE 1-2

13 PENGARUH RELAKSASI PROGRESIF TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA PADA HARI KE 1-2

Populasi penelitian ini adalah 38 pasien post operasi sectio caesarea yang mengalami nyeri pada hari ke 1-2. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah sebagian ibu post operasi sectio caesarea yang mengalami nyeri pada hari ke 1-2 yaitu sebanyak 9 responden. Pada penelitian ini tekhnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dimana tehnik penetapan sampel dengan cara memilih sampel diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti sesuai dengan kriteria penelitian. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif, yaitu pengamatan terhadap tabel frekuensi. Tabel frekuensi terdiri dari kolom – kolom yang memuat frekuensi dan persentase untuk setiap kategori.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA KASUS POST OPERASI SECTIO CAESAREA KARENA PLASENTA PREVIA DI RSUD  Penatalaksanaan Terapi Latihan Pada Kasus Post Operasi Sectio Caesarea Karena Plasenta Previa Di RSUD DR. Moewardi Surakarta.

PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA KASUS POST OPERASI SECTIO CAESAREA KARENA PLASENTA PREVIA DI RSUD Penatalaksanaan Terapi Latihan Pada Kasus Post Operasi Sectio Caesarea Karena Plasenta Previa Di RSUD DR. Moewardi Surakarta.

Tujuan: karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui proses penatalaksanaan terapi latihan pada kasus post operasi sectio caesarea karena plasenta previa, menambah pengetahuan, dan penyebarluasan peran fisioterapi. Serta mengetahui bagaimana terapi latihan dapat mengurangi nyeri di sekitar luka incisi, meningkatkan kekuatan otot abdomen, dan meningkatkan kemampuan aktivitas fungsional.

19 Baca lebih lajut

Kepatuhan Perawat dalam Penerapan Protap Perawatan Luka Post Operasi Sectio Caesarea (SC) di RSUD Langsa

Kepatuhan Perawat dalam Penerapan Protap Perawatan Luka Post Operasi Sectio Caesarea (SC) di RSUD Langsa

Jenis SC berikutnya yang dilakukan di abdomen adalah sc ektra peritonealis, yaitu tanpa membuka peritoneum parietalis dengan demikian tidak membuka cavum abdominal. Dilakukan dengan melakukan sayatan melintang konkat pada segmen bawah rahim (low servical transversal) kira-kira 10 cm. Kelebihannya adalah penjahitan luka lebih mudah, penutupan luka dengan reperitonealisasi yang baik, tumpang tindih dari peritoneal flap baik sekali untuk menahan penyebaran isi uterus ke rongga peritoneum, perdarahan tidak begitu banyak, dan kemungkinan ruptur uteri spontan berkurang atau lebih kecil. Sedangkan kekurangannya adalah luka dapat melebar kekiri, kanan, dan bawah sehingga dapat menyebabkan uteri pecah sehingga mengakibatkan perdarahan banyak, keluhan pada kandung kemih post operasi tinggi (Manuaba, 2001).
Baca lebih lanjut

87 Baca lebih lajut

View of PENGARUH TEKNIK AKUPRESURE TERHADAP PERUBAHAN SKALA NYERI PADA KLIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSUD 45 KUNINGANTAHUN 2017

View of PENGARUH TEKNIK AKUPRESURE TERHADAP PERUBAHAN SKALA NYERI PADA KLIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSUD 45 KUNINGANTAHUN 2017

Sectio caesarea adalah metode yang digunakan untuk menyelamatkan bayi dan ibu dalam persalinan. Salah satu pihak berpendapat bahwa kejadian sectio caesarea terus mengalami peningkatan, terutama di negara maju. Berdasarkan data di RSUD 45 Kuningan, jumlah persalinan dengan sectio caesarea sangat tinggi dibandingkan dengan persalinan normal. Rasa sakit adalah salah satu keluhan yang paling umum dialami setelah operasi. Teknik manajemen nyeri non farmakologis salah satunya dengan teknik akupresure. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik akupresur untuk mengubah skala nyeri pada klien sectio caesarea pasca operasi di RSUD 45 Kuningan 2017.Jenis penelitian dilakukan dengan desain pre-experiment dengan satu kelompok pre-test post-test tanpa kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi, dengan 31 responden. Instrumen dalam bentuk kuesioner data demografi, kuesioner skala skala nyeri sebelum dan sesudah diberi intervensi, teknik SOP akupresur. Penilaian skala nyeri menurut Wong-Baker Menghadapi Penilaian Nilai Nyeri dan Skala Nilai Numerik. Uji statistik menggunakan uji t berpasangan.Berdasarkan hasil uji statistik yang diperoleh Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh mean sebelum 5,97 dan berarti 4,90; SD sebelum 1.752 dan SD setelah 1.788; Dengan p = 0,000 (p <0,05) sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh teknik akupresur untuk mengubah skala nyeri pada klien sectio caesarea pasca operasi di Ruang Dahlia RSUD 45 Kuningan.Dianjurkan untuk bedah sesar klien sectio caesarea untuk menggunakan teknik non-farmakologis teknik akupresur dalam mengurangi skala nyeri yang dirasakan, bukan sebagai terapi penggantian farmakologis namun sebagai terapi tambahan pada terapi farmakologis.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA KONDISI POST OPERASI SECTIO CAESAREA KARENA FETAL DISTRES DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA.

PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA KONDISI POST OPERASI SECTIO CAESAREA KARENA FETAL DISTRES DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA.

Mengingat pasien pasca persalinan melalui operasi sectio caesarea mengalami penurunan kondisi umum yang menyangkut kapasitas fisik dan kemampuan fungsional, sehingga perlu mendapatkan pelayanan fisioterapi. Fisioterapi sebagai salah satu tenaga kesehatan, dapat berperan untuk mengembalikan kebugaran tubuh serta kondisi umum yang menyangkut kapasitas fisik dan kemampuan fungsional pada ibu pasca melahirkan dengan tujuan agar ibu setelah melahirkan dapat beraktivitas normal kembali.

8 Baca lebih lajut

HUBUNGAN STATUS NUTRISI IBU NIFAS DENGANPROSES PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA   Hubungan Status Nutrisi Ibu Nifas Dengan Proses Penyembuhan Luka Post Operasi Sectio Caesarea Di RSUD Dr. Moewardi.

HUBUNGAN STATUS NUTRISI IBU NIFAS DENGANPROSES PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA Hubungan Status Nutrisi Ibu Nifas Dengan Proses Penyembuhan Luka Post Operasi Sectio Caesarea Di RSUD Dr. Moewardi.

penyembuhan luka baik. Herlina (2011) Faktor-faktor Yang Mempegaruhi Penyembuhan LukaPost Operasi Sectio Caesarae (SC). Dari hasil analisa statistik dengan uji regresi linier didapatkan luka post operasi SC di RS PKU Muhammadiyah Gombong adalah personal hygiene (p = 0,000) kemudian disusul oleh status gizi dengan nilai probabilitas (Sig) 0,004 dan yang terakhir adalah penyakit DM dengan nilai probabilitas (Sig) 0,007. Faktor paling dominan yang mempengaruhi penyembuhan luka post sperasi SC di RS PKU Muhammadiyah Gombong adalah personal hygiene.Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Chi-Square, yang digunakan untuk mengetahui hubungan status nutrisi ibu nifas dengan proses penyembuhan luka post sectio caesarea di RSUD Dr. Moewardi. Menunjukkan p value 0,003 (<0,05) maka Ho ditolak. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan status nutrisi ibu nifas dengan proses penyembuhan luka post sectio caesarea di RSUD Dr. Moewardi. Berdasarkan pengukuran hubungan membuktikan terdapat hubungan tetapi lemah karena Contingency Coefficient value 0,436(<0,5). Penelitian ini mendukung penelitian Latifah (2008), menyatakan bahwa status nutrisi berpegaruh terhadap proses penyembuhan luka sectio caesarea, semakin normal status nutrisi ibu nifas semakin baik proses penyembuhan luka sectio caesarea.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Perbedaan efektivitas pemberian teknik relaksasi nafas dalam dengan teknik relaksasi genggam jari terhadap skala intensitas nyeri pada pasien Post Operasi Sectio Caesarea di Rumah Sakit Ibu dan Anak Lombok Dua Dua Surabaya - Widya Mandala Catholic Univers

Perbedaan efektivitas pemberian teknik relaksasi nafas dalam dengan teknik relaksasi genggam jari terhadap skala intensitas nyeri pada pasien Post Operasi Sectio Caesarea di Rumah Sakit Ibu dan Anak Lombok Dua Dua Surabaya - Widya Mandala Catholic Univers

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat Rahmat, dan Karunia-Nya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “ PERBEDAAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM DENGAN TEKNIK RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP SKALA INTENSITAS NYERI PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK LOMBOK DUA DUA SURABAYA”

20 Baca lebih lajut

HUBUNGAN TINGKAT NYERI DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSU PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

HUBUNGAN TINGKAT NYERI DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSU PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

Dalam studi pendahuluan di rumah sakit PKU Muhammadiyah Gombong diperoleh data bahwa pada bulan april sampai juni 2009 terdapat 110 pasien sectio caesarea yang menjalani operasi dan 99 pasien (90%) mengalami nyeri dan 90 pasien (82%) mengalami kecemasan, hasil pengamatan yang telah dilakukan penulis selama ini didapatkan bahwa sebagian

8 Baca lebih lajut

KARYA TULIS ILMIAH  Asuhan Keperawatan Pada Ny.S Dengan Post Operasi Sectio Caesarea Atas Indikasi Ketuban Pecah Dini Diruang Annisa RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

KARYA TULIS ILMIAH Asuhan Keperawatan Pada Ny.S Dengan Post Operasi Sectio Caesarea Atas Indikasi Ketuban Pecah Dini Diruang Annisa RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Kesimpulan: Dalam pemberian asuhan keperawatan pada pasien post sectio caesarea atas indikasi ketuban pecah dini dimulai dari tahap pengkajian, menentukan diagnosa dan prioritas masalah sesuai dengan masalah yang muncul, menentukan tindakan keperawatan yang akan dilakukan bersadarkan prioritas masalah, melaksanakan tindakan keperawatan yang telah direncankan dan mengevaluasinya.

15 Baca lebih lajut

PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSUD PURBALINGGA

PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSUD PURBALINGGA

pada bulan Januari 2008. Kriteria eksklusi: sampel menderita diabetes mellitus, menolak dijadikan subyek penelitian, sedang mendapatkan terapi steroid, antikoagulan, peka pada Gentamisin anetesi maupun Iodine Povidone 10 %. Sampel ditentukan sesuai kriteria inklusi yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A : kelompok intervensi perawatan luka dengan Gentamisin anestesi. Kelompok B : kelompok kontrol perawatan luka dengan Iodine Povidone 10 %. Penggunaan obat dilakukan mulai hari ke-3 post operasi sesuai standar prosedur perawatan luka di RSUD Purbalingga. Efektifitas Gentamisin anestesi dan Iodine Povidone 10 % di nilai dengan lembar observasi pada hari ke-5 post operasi sectio caesarea. Item yang diobservasi pada hari ke-5 yaitu komplikasi luka yang sering terjadi di bangsal kebidanan dan kandungan di RSUD Purbalingga. Komplikasi tersebut antara lain nyeri, perdarahan, infeksi dan fistule. Skala data yang digunakan yaitu nominal dengan menilai “ada” atau “tidak” komplikasi tersebut. Dikatakan terjadi komplikasi apabila pada hari ke-5 post operasi sectio caesarea terdapat > 2 dari 4 item komplikasi. Analisa data yang digunakan untuk mengetahui efektifitas Gentamisin anestesi dan Iodine Povidone 10 % menggunakan uji Chi Square (X 2 ).
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

HUBUNGAN STATUS NUTRISI IBU NIFAS DENGAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA  DI RSUD DR. MOEWARDI  Hubungan Status Nutrisi Ibu Nifas Dengan Proses Penyembuhan Luka Post Operasi Sectio Caesarea Di RSUD Dr. Moewardi.

HUBUNGAN STATUS NUTRISI IBU NIFAS DENGAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSUD DR. MOEWARDI Hubungan Status Nutrisi Ibu Nifas Dengan Proses Penyembuhan Luka Post Operasi Sectio Caesarea Di RSUD Dr. Moewardi.

Background. Childbirth is the last phase of the most important in the process of pregnancy. This period that many thrilling a woman who gave birth, also his partner. Therefore, labor is the culmination of all processes and efforts that have been done so that everything ended well, that his mother can give birth to her baby are healthy and perfect. Sectio caesarea generally is defined as the birth of the fetus through an incision in the abdominal wall (laparotomy) and uterus wall. Total operating sectio caesarea has increased in 30 years ago one of the 12 ends with a surgical delivery section caesarean now this ratio is 1 of 3 delivery.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA (SC)

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA (SC)

penyembuhan luka. Misalnya adanya sejumlah besar lemak subkutan dan jaringan lemak (yang memiliki sedikit pembuluh darah). Pada orang-orang yang gemuk penyembuhan luka lambat karena jaringan lemak lebih sulit menyatu, lebih mudah infeksi, dan lama untuk sembuh. Jaringan lemak kekurangan persediaan darah yang adekuat untuk menahan infeksi bakteri dan mengirimkan nutrisi dan elemen-elemen selular untuk penyembuhan. Apabila jaringan yang rusak tersebut tidak segera mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan maka proses penyembuhan luka juga akan terhambat. Hal ini dikarenakan IMT (Indeks Masa Tubuh) pasien bukan merupakan faktor utama yang mempengaruhi proses penyembuhan luka post operasi SC tetapi hanya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka. Hubungan antara faktor Status Gizi (Konsumsi) dengan penyembuhan luka post operasi SC.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. S POST SECTIO CAESAREA ATAS INDIKASI KETUBAN PECAH DINI DI RUANG MAWAR I RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA.

PENDAHULUAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. S POST SECTIO CAESAREA ATAS INDIKASI KETUBAN PECAH DINI DI RUANG MAWAR I RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA.

Perawat harus memahami hal tersebut, harus mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien post operasi sectio caesarea. Melakukan pengkajian pada pasien, menentukan diagnosa yang bisa atau mungkin muncul, menyusun rencana tindakan dan mengimplementasikan rencana tersebut serta mengevaluasi hasilnya. Pasien post operasi sectio caesarea tidak hanya membutuhkan obat-obatan dari dokter saja tetapi sangat penting mendapatkan perawatan untuk kesembuhan.

4 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang - LUTVIAN FIRMAN SYAH BAB I

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang - LUTVIAN FIRMAN SYAH BAB I

Operasi Sectio Caesarea di Rsud Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment Design dengan rancangan non randomized pre- posttest with control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data hasil penelitian ini adalah Skala nyeri post sectio caesarea sebelum teknik relaksasi genggam jari pada kelompok eksperimen sebagian besar menyatakan nyeri sedang yaitu 9 responden (56,2%) dan sesudah teknik relaksasi genggam jari pada kelompok eksperimen sebagian besar menyatakan nyeri ringan yaitu 8 responden (50%). Skala nyeri post operasi sectio caesarea sebelum pada kelompok kontrol sebagian besar menyatakan nyeri sedang dan berat yaitu 8 responden (50%) dan sesudah pada kelompok kontrol sebagian besar menyatakan nyeri berat yaitu 10 responden (62,5%).Ada pengaruh teknik relaksasi genggam jari terhadap perubahan skala nyeri pada pasien post operasi sectio caesarea di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto dengan nilai p value sebesar 0,000 (p < α ). Perbedaan dengan penelitian sebelumnya dengan penelitian ini adalah meneliti kepada pasien yang terdapat terapi intravena. 3. Pinandita, Purwanti, Utoyo (2011). Pengaruh Teknik Relaksasi
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pengaruh Terapi Audio Murattal Ar-Rahmaan Terhadap Perubahan Skala Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea

Pengaruh Terapi Audio Murattal Ar-Rahmaan Terhadap Perubahan Skala Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea

Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian quasi exsperimen, definisi dari penelitian quasi eksperimen yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Untuk mengetahui pengaruh terapi audio murattal Ar- Rahmaan terhadap perubahan skala nyeri post operasi sectio caesarea menggunakan desain quasi eksperimen dengan menggunakan desain one group pre-test and post-test. Cara melakukannya satu kali pengukuran didepan/
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

BAB 1 PENDAHULUAN - ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. S P2A0 DENGAN MASALAH KEPERAWATAN NYERI AKUT POST SECTIO CAESAREA HARI KE-0 ATAS INDIKASI RIWAYAT POST SECTIO CAESAREA DAN KETUBAN PECAH DINI DI RUANG BOUGENVIL RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

BAB 1 PENDAHULUAN - ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. S P2A0 DENGAN MASALAH KEPERAWATAN NYERI AKUT POST SECTIO CAESAREA HARI KE-0 ATAS INDIKASI RIWAYAT POST SECTIO CAESAREA DAN KETUBAN PECAH DINI DI RUANG BOUGENVIL RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

Masa nifas (post partum) merupakan masa pemulihan dari sembilan bulan kehamilan dan proses kelahiran. Pengertian lainnya yaitu masa nifas yang biasanya disebut masa puerperineum ini dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali keadaan seperti hamil. Masa nifas ini berlangsu selama kira-kira 6 minggu. Pada masa ini terjadi perubahan-perubahan fisiologis maupun psikologis seperti perubahan laktasi / pengeluaran air susu ibu, perubahan sistem tubuh dan perubahan psikis lainnya. Karena pada masa ini ibu-ibu yang baru melahirkan mengalami berbagai kejadian yang sangat kompleks baik fisiologis maupun psikologis (Williams, 2011)
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Akupresur Efektif Mengatasi Intensitas Nyeri Post Sectio Caesarea

Akupresur Efektif Mengatasi Intensitas Nyeri Post Sectio Caesarea

Background: The number of labor with sectio caesarea in Central Java in every year has increased. Problems that may appear after the sectio caesarea is pain. Lemon Aromatherapy is a kind of aromathic therapy which can use for against the pain and anxiety with linalool contens. Acupressure can also be used to treat the pain. Objective: This study aimed to analyze the effectiveness of lemon aromatherapy and acupressure in against pain intensity of post sectio caesarea. Methods: This research used Quasi Experiment method with two group pret-test and post-test design. The number of samples of research were 40 person, 20 person were in group of lemon aromatherapy and 20 person were in group of acupressure. The sampling techniques used consecutive sampling. Lemon aromatherapy and acupressure were given in 2 days, aromatherapy inhaled for 15 minutes and acupressure performed 30 times during 10 minutes. The measuring instrument which used was Numeric Rating Scale (NRS). Result: This study showed that lemon aromatherapy and acupressure were effective to against the pain scale of post sectio caesarea with p value = 0,001 (p < 0,05). Conclusions: Lemon aromatherapy and acupressure were effective to against the pain scale of post sectio caesarea, but acupressure therapy was more effective to against the pain of post sectio caesarea with mean value of acupressure 1,15 bigger than mean of lemon aromatherapy 1,10. Suggestion: both of these therapies can be used as an alternative therapy to against the pain of post sectio caesarea.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA TERAPI LATIHAN  PADA  POST OP SECTIO CAESAREA  Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Terapi Latihan Pada Post Op Sectio Caesarea Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta.

PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA TERAPI LATIHAN PADA POST OP SECTIO CAESAREA Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Terapi Latihan Pada Post Op Sectio Caesarea Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta.

Penulis menyarankan kepada pasien pasca operasi sectio caesaria untuk melakukan latihan penguatan otot perut waktu di rumah dengan cara pasien tidur terlentang kemudian pasien disuruh melihat jari – jari kakinya. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan antara lain melakukan gerakan sit up, mengangkat benda berat dengan membungkuk. Selain itu, ibu di harapkan menyusui bayi dengan ASI, menunda kehamilan selama 2 tahun, dan rutin kontrol dokter pada kehamilan berikutnya.

Baca lebih lajut

T1__BAB V Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Pengaruh Komunikasi Terapeutik terhadap Kecemasan Pasien Pre Sectio Caesarea di Rumah Sakit Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang T1  BAB V

T1__BAB V Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Pengaruh Komunikasi Terapeutik terhadap Kecemasan Pasien Pre Sectio Caesarea di Rumah Sakit Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang T1 BAB V

Dengan adanya dukungan komunikasi terapeutik yang baik maka pasien dapat memiliki kepercayaan diri yang baik dalam menghadapi proses operasi. Selain itu perlu ada keyakinan bahwa proses operasi dilakukan secara profesional serta mengikuti standar operasional prosedur sehingga berbagai resiko yang tidak dikehendaki dapat diminimalkan atau dihindari.

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...