Putaran Motor

Top PDF Putaran Motor:

Pengukur Kecepatan Putaran Motor Penggerak Sepeda Motor Secara Nirkabel Berbasis Rangkaian Digital

Pengukur Kecepatan Putaran Motor Penggerak Sepeda Motor Secara Nirkabel Berbasis Rangkaian Digital

Pengukur kecepatan putaran motor penggerak sepeda motor, disini disebut dengan RPM meter, adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui besarnya putaran mesin pada kendaraan bermotor. Pengukuran putaran mesin sepeda mootor ini sangat penting untuk dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi motor dalam keadaan baik atau tidak, dilakukan terutama oleh bengkel saat melakukan servis. RPM meter yang sudah ada adalah dengan media transmisi menggunakan kabel dan dengan display analog yang kurang praktis dan potensi pembacaan yang kurang teliti. Artikel ini memaparkan penelitian yang sudah dilakukan yaitu perancangan dan implementasi RPM meter nirkabel dengan penampil digital berbasis rangkaian digital. Pada alat yang dirancang, sinyal gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari proses pengapian busi sepeda motor diukur secara nirkabel menggunakan antena. Sinyal yang terukur, yang berupa sinyal analog, kemudian dikuatkan dengan menggunakan rangkaian penguat transistor dan diubah menjadi sinyal kotak oleh rangkaian pengkondisi sinyal. Kemudian gelombang kotak ini diukur jumlahnya dengan menggunakan rangkaian counter yang dibangun dari komponen BCD counter. Hasilnya merupakan data desimal dalm bentuk biner yang merpresentasikan besarnya hasil perhitungan counter tersebut. Kemudian data ini ditampilkan dalam penampil digital yaitu penampil 7 segmen. Pengujian dilakukan dengan cara menggunakan RPM meter yang dibuat untuk mengukur kecepatan motor penggerak pada sepeda motor dengan merek dan jenis yang berbeda-beda dan hasilnya dibandingkan dengan alat ukur yang selama ini digunakan. Hasil pengukuran menunjukkan alat dapat menghasilkan pengukuran yang sama dengan alat yang digunakan selama ini. Media pengukuran nirkabel memudahkan proses pengukuran dan penampil digital 7 segmen sangat memudahkan pembacaan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Listr

Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Listr

Industri minyak goreng yang berasal dari minyak sawit mentah/CPO (Crude Palm Oil) berkembang dengan pesatnya dengan bertambahnya jumlah kebutuhan minyak goreng dalam negeri dan bertambahnya produksi bahan baku. Selain beberapa industri besar ada juga Industri mini minyak goreng salah satunya adalah Pabrik Mini minyak goreng Politeknik Kampar. Pabrik ini didirikan untuk menunjang proses belajar mengajar berbasis industri. Proses pembuatan minyak goreng dari minyak sawit mentah/CPO (Crude Palm Oil) secara garis besar terbagi menjadi dua bagian yaitu proses refining (pemurnian) dan fractionating (fraksionasi) atau pemisahan. Proses fraksionasi adalah proses membagi bahan baku menjadi 2 fraksi/bagian yaitu fraksi olein (minyak goreng) dan fraksi stearin (ampas). Pada pabrik mini minyak goreng Politeknik Kampar, proses fraksionasi menggunakan 1 unit motor listrik 3 phasa yang digunakan untuk mendorong bahan baku ke membran filter sehingga mendapatkan 2 fraksi yaitu olein dan stearin. Proses fraksionasi sangat menentukan kwalitas minyak goreng, sehingga proses ini banyak melibatkan operator. Untuk mengurangi kontribusi operator pada proses fraksionasi maka diterapkan logika Fuzzy Tsukamoto untuk mengatur kecepatan putaran motor listrik 3 phasa, dengan mempertimbangkan suhu dan campuran pada bahan baku.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENGATURAN KECEPATAN PUTARAN MOTOR DC PENGUAT SENDIRI DENGAN MENGGUNAKAN THYRISTOR

PENGATURAN KECEPATAN PUTARAN MOTOR DC PENGUAT SENDIRI DENGAN MENGGUNAKAN THYRISTOR

Pengaturan kecepatan motor DC penguat sendiri dilakukan dengan tujuan agar kecepatan putaran motor tetap konstan meski dengan beban yang bervariasi, karena didunia industri khususnya banyak sekali menggunakan motor dengan berbagai macam beban. Agar mendapatkan hasil yang maksimal putaran pada motor, maka perlu dilakukan sebuah penelitian cara pengaturan kecepatan putaran motor, dan salah satunya adalah thyristor yang akan penulis bahas pada laporan akhit ini. Pengaturan kecepatan putaran motor arus searah penguat sendiri dengan menggunakan thyristor dilakukan dengan mengubah sudut penyalaan (α) dari thyristor. Pada penelitian ini sudut penyalaan (α) adalah 0 0
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

MEMBALIKAN ARAH PUTARAN MOTOR LISTRIK 3 (1)

MEMBALIKAN ARAH PUTARAN MOTOR LISTRIK 3 (1)

Dengan menggunakan motor induksi, banyak hal yang bisa dilakukan dengan motor tersebut. Salah satunya adalah dengan membalik arah putarannya sesuai dengan yang kita inginkan. Cara yang sering dilakukan dalam pembalikan arah putaran adalah dengan menukar salah satu fasa dengan fasa yang lainnya yang terhubung pada belitan stator motor induksi. Dalam hal ini, jenis motor yang digunakan adalah motor induksi tiga fasa. akan membahas tentang rangkaian kendali dan rangkaian daya dari pembalikan arah putaran dari sebuah motor induksi tiga fasa. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membalik arah putaran sebuah motor induksi adalah jangan langsung membalik arah putaran motor ketika motor tersebut sedang dalam keadaan berputar terutama jika motor tersebut sedang berada pada kecepatan maksimumnya. Jika hal itu dilakukan, maka akan menyebabkan kejutan pada motor sehingga dapat memperpendek life time dari motor itu sendiri dan juga dapat membuat motor tersebut jadi panas (menimbulkan arus urutan negatif). Untuk itu, kita harus men-stop putaran motor terlebih dahulu sebelum membalik arah putarannya.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

15. Prosiding semnas Akprind variasi putaran motor

15. Prosiding semnas Akprind variasi putaran motor

Pengujian deskripsi kerja prototipe pengaturan variasi putaran motor listrik AC berbasis MC, PLC dan mikrokontroler menggunakan remote control dilakukan sebanyak tiga kali yang ternyata dari ketiga kali pengujian tersebut meghasilkan data deskripsi kerja prototipe yang sama, yang pengujian dan datanya diuraikan seperti berikut ini. Pegujian deskripsi kerja prototipe diawali dengan pengoperasian tombol utama yakni pemijitan tombol power dan tombol “remote” pada unit receiver, kemudian tombol power remote control ditekan dari jarak 4 meter dengan posisi lurus terhadap unit reciever. Hasil pengoperasian tersebut prototipe siap dioperasikan lebih lanjut yang ditandai dengan lampu led menyala. Langkah berikutya jika diinginkan pengendalian prototipe berbasis MC maka tombol 1 remote control ditekan, untuk pengendalian prototipe berbasis PLC maka tombol 2 ditekan, pengendalian prototipe berbasis mikrokontroler maka dilakukan penekanan tombol 3, sedangkan jika diinginkan remote control pasif kembali maka tombol power ditekan lagi. Penekanan tombol 1 menghasilkan prototipe siap bekerja dengan basis pengendalian MC yang ditandai dengan munculnya tulisan “Coil” pada penampil 7 segment. Jika yang ditekan adalah tombol 2 akan menghasilkan prototipe siap bekerja dengan basis kedali PLC yang ditandai dengan tulisan “PLC” pada penampil 7 segment, sedangkan jika yang ditekan adalah tombol 3 menunjukkan prototipe siap bekerja dengan basis pengendalian mikrokontroler yang ditandai dengan tulisan “n-ikro” pada penampil 7 segment.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Pengaturan Variasi Putaran Motor

Pengaturan Variasi Putaran Motor

Dengan ditandai rata-rata nilai akhir yang dicapai oleh peserta pelatihan pengaturan variasi putaran motor berbasis PLC dan mikrokontroler menggunakan remote control yaitu 73,85 maka dapat dikatakan bahwa guru Jurusan Listrik SMK yang mengikuti kegiatan ini telah menguasai kompetensi: (1) mengenal transmiter dan reciever, basis kendali PLC dan mikrokontroler serta unit drive; (2) memasang perangkat keras transmiter dan reciever, basis kendali PLC dan mikrokontroler serta unit drive; (3) membuat program PLC dan mikrokontroler; (4) mengoperasikan pengaturan variasi putaran motor dan (5) melakukan trouble shoting terhadap pengaturan variasi putaran motor listrik berbasis PLC dan mikrokontroler menggunakan remote control.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI KECEPATAN PUTARAN MOTOR INDUKSI

PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI KECEPATAN PUTARAN MOTOR INDUKSI

Neural network observer berfungsi sebagai estimator fluksi sehingga fluksi rotor yang merupakan variabel keadaan dari model motor induksi dapat diketahui dan dimanfaatkan dalam sistem pengendalian. Persamaan (2.20) digunakan neural network observer untuk menirukan dinamika persamaan variabel motor induksi sehingga dengan pembelajaran data-data yang diperoleh, neural network observer dapat mengestimasi fluksi dan kecepatan rotor.

9 Baca lebih lajut

Pembuatan Modul Inverter sebagai Kendali Kecepatan Putaran Motor Induksi

Pembuatan Modul Inverter sebagai Kendali Kecepatan Putaran Motor Induksi

There are several ways you can do to control the rotational speed induction motors are among the control voltage and frequency are known to control V / f constant. Control V / f constant is one way to control the rotary speed of an induction motor by changing voltage and frequency, but maintain a constant ratio of the two. It is most common in the application of this way is to use a device known as an inverter. Therefore in this study the authors designed the inverter, especially single-phase inverter with control V / f constant, which is applied to control the rotary speed of an induction motor. Based on test results, the average value of the constant ratio of V / f obtained is 2.34. Inverter has been designed capable of regulating the rotational speed induction motor with a good range of settings that can be achieved very wide, from 262 rpm with a frequency of 10 Hz up to 1826 rpm at a frequency of 60 Hz in the absence of load increase and decrease every 1 Hz. While the motor can be subtle changes, an average of 31.2 rpm / Hz.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

SIMULASI KENDALI PUTARAN MOTOR DC BERBASIS LOGIKA FUZZI.

SIMULASI KENDALI PUTARAN MOTOR DC BERBASIS LOGIKA FUZZI.

Untukmengatur/mengontrolkecepatan motor dc dengan mempergunakan logika fuzzi secara simulasi/simulink. Simulink adalah program aplikasi yang mengandung sejumlah fungsi berbentuk simbol yang siap bekerja dengan cara menghubungkan (link) setiap simbol tersebut. Ada 6 kelompok simbol yang tersedia sebagai library simulink, yaitu : Source, sink, discrete, liniar, non liniar, connections.Source library adalah simbol atau fungsi yang berfungsi sebagai masukan untuk sistem, seperti : constant, signal generator, step function, ramp, sinus wave repeating, sequence, discrete, pulse generator, chirp signal, clock, digital clock.Discrete library adalah fungsi-fungsi diskrit seperti : unit delay, discrite-time integrator, zero order hold, first order hold, discrete state-space, discrete filter,.Linier library adalah merupakan fungsi linier seperti : gain, sum, integrator, transfer function, state space, zero pole, derivative, dot product.Non linier library adalah merupakan fungsi non linier seperti : absolute, trigonometric function, math function, relational operator, fuzzy logic function.Connection library adalah merupakan fungsi penghubung yang terdiri dari : mux, demux, display, to work space, stop simulation.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Implementasi Fuzzy Logic Pada Microcontoller Untuk Kendali Putaran Motor DC

Implementasi Fuzzy Logic Pada Microcontoller Untuk Kendali Putaran Motor DC

Alat pembuat gerabah yang direncanakan diputar oleh motor DC Servo yang dikontrol oleh mikrokontroler 8031 dan metode pengaturan yang digunakan adalah fuzzy logic. Fuzzy logic yang dirancang memiliki 2 input (Err & ∆ Err) dan 1 output ( ∆ output). Masing-masing membership function memiliki 5 label. Disini digunakan 25 fuzzy if-then rule yang terdiri atas 9 rule pokok/utama, 10 rule tambahan dan 6 rule pelengkap. Sedangkan proses fuzzy logic terdiri dari fuzzifikasi, evaluasi rule dan yang terakhir defuzzifikasi. Penggerak motor (driver motor) menggunakan sistem PWM (Pulse Width Modulation). Input setting point dilakukan melalui pedal (foot switch) yang dikonversi ke tegangan dan kemudian oleh ADC 0808 diubah ke besaran digital. Input Setting Point dibatasi antara 0 sampai dengan 255 RPM sesuai dengan yang dibutuhkan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA JURUSAN TEKNIK MESIN PALEMBANG 2016

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA JURUSAN TEKNIK MESIN PALEMBANG 2016

Penggunaan buah kelapa dan tanaman umbi – umbian memiliki banyak manfaat, terutama pada olahan makanan dan minuman tradisional Indonesia. Salah satu cara mengelolah buah kelapa dan tanaman umbi – umbian menjadi bahan baku makanan dan minuman adalah dengan diparut. Kebutuhan alat pemarut yang mudah digunakan, mudah dibawa, mudah dalam perawatan dan ekonomis sangat dibutuhkan bagi ibu rumah tangga dan industri rumahan (home industry) oleh karena itu perlu sebuah alat teknologi tepat guna yang terjangkau oleh penggunanya, sehingga dari hal tersebut maka dibuatlah rancang bangun Mesin Pemarut Serbaguna yang berguna untuk memudahkan para ibu rumah tangga dan industri rumahan (home industry) dalam membuat makanan dan minuman agar lebih praktis dalam melakukan pemarutan buah kelapa dan tanaman umbi – umbian. Selain itu mesin pemarut serbaguna ini menggunakan motor listrik yang memanfaatkan barang bekas berupa motor mesin cuci kapasitas 7 kg sebagai penggeraknya kemudian putaran motor listrik akan diteruskan ke poros yang akan memutar pulley pemarut dan memarut bahan yang telah dimasukkan pada body pemarut lalu hasil parutan akan langsung jatuh ke wadah hasil parutan pada bagian bawah.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Analisis Karakteristik Torsi-Putaran Pada Motor Sinkron Tiga Phasa

Analisis Karakteristik Torsi-Putaran Pada Motor Sinkron Tiga Phasa

Pada motor sinkron, hal ini tidak terjadi karena ketika masih bekerja maka rotor motor sinkron akan selalu terikat atau terkopel secara magnetis dengan medan putar dan dipaksa untuk turut berputar dengan kecepatan sinkronnya. Dengan demikian, penambahan beban tidak berpengaruh terhadap putaran motor. Namun jika penambahan beban melebihi batas kekuatan kopel rotor dan medan putar stator maka rotor motor akan berhenti bekerja.

54 Baca lebih lajut

Pengaruh Pengaturan Tahanan Shunt Dan Seri Terhadap Putaran Dan Efisiensi Motor Arus Searah Kompon

Pengaruh Pengaturan Tahanan Shunt Dan Seri Terhadap Putaran Dan Efisiensi Motor Arus Searah Kompon

Motor arus searah adalah suatu mesin yang berfungsi mengubah tenaga listrik arus searah menjadi tenaga gerak atau tenaga mekanik berupa putaran rotor. Putaran dan efisiensi merupakan besaran yang menentukan kinerja dari suatu motor arus searah. Dengan pengaturan tahanan shunt, putaran motor arus searah kompon panjang rata-rata lebih cepat 7,78% dibanding motor arus searah kompon pendek dengan tegangan terminal 50 V. Sedangkan dengan pengaturan tahanan seri, putaran motor arus searah kompon panjang rata-rata hanya lebih cepat 0,847% dibanding motor arus searah kompon pendek dengan tegangan terminal 150 V. Efisiensi motor arus searah kompon panjang lebih baik dibanding motor arus searah kompon pendek dengan pengaturan tahanan seri, sebaliknya efisiensi motor arus searah kompon pendek lebih baik dibandingkan motor arus searah kompon panjang dengan pengaturan tahanan shunt.
Baca lebih lanjut

66 Baca lebih lajut

DAFTAR ISI - ELEKTRONIKA-INDUSTRI kapasitor bank

DAFTAR ISI - ELEKTRONIKA-INDUSTRI kapasitor bank

Akibat dari Polaritas dari Komponen Harmonik Urutan Pengaruh pada Motor Pengaruh pada sistem distribusi Positif  Arah putaran motor berubah Nol Tidak ada  Panas  Menimbulkan/men[r]

13 Baca lebih lajut

Pengaruh Variasi Tebal Shim Pegas Katup Terhadap Torsi Dan Daya Motor pada Motor 4 Langkah 4 Silinder 1500 cc.

Pengaruh Variasi Tebal Shim Pegas Katup Terhadap Torsi Dan Daya Motor pada Motor 4 Langkah 4 Silinder 1500 cc.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan shim pegas katup yang divariasi tebalnya akan berpengaruh secara nyata terhadap daya dan torsi motor, hal ini ditunjukkan pada grafik hubungan daya dan putaran motor pada beberapa variasi tebal shim. Hasil analisis menunjukkan kenaikan daya tertinggi jika dirata-rata terjadi pada pemakaian shim pegas katup 2 mm sebesar 1,08 kW. Dan pada grafik hubungan torsi motor dengan putaran motor pada beberapa variasi tebal shim dapat dilihat kenaikan torsi motor tertinggi terjadi pada penggunaan shim pegas katup 2 mm sebesar 3,48 Nm. Daya motor tertinggi pada setiap pengujian variasi tebal shim terjadi pada putaran motor 2600 rpm karena pengujian ini menggunakan ¾ bukaan throtle. Torsi motor tertinggi pada setiap pengujian variasi tebal shim terjadi pada putaran motor 1800 rpm.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

BAB IV PERHITUNGAN DAN PERANCANGAN ALAT 4.1 Perhitungan Rencana Pemilihan Motor 4.1.1 Data motor Data motor yang digunakan pada mesin pelipat kertas adalah: Merek : Multi Pro Model

BAB IV PERHITUNGAN DAN PERANCANGAN ALAT 4.1 Perhitungan Rencana Pemilihan Motor 4.1.1 Data motor Data motor yang digunakan pada mesin pelipat kertas adalah: Merek : Multi Pro Model

Putaran untuk papan pelipat kertas direncanakan ± 70 Rpm, untuk memperoleh putaran 70 Rpm dari putaran motor 1400 Rpm dilakukan dengan memakai reduser yang mempunyai perbandingan 1 : 40 selanjutnya putaran yang keluar dari reduser adalah:

42 Baca lebih lajut

PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC DENGAN KONTROLER PID MENGGUNAKAN REMOTE CONTROL.

PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC DENGAN KONTROLER PID MENGGUNAKAN REMOTE CONTROL.

Motor DC adalah suatu mesin yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, energi gerak tersebut berupa putar an rotor. Pengubahan bentuk energi tadi berdasarkan kejadian suatu penghantar yang dialiri arus listrik dan berada di dalam medan magnet. Bila tegangan diberikan pada kumparan maka akan timbul medan magnet yang menyebabkan kumparan berputar. Putaran kumparan akan tergantung pada arus dan tegangan yang diberikan pada dirinya, ini semua disebut dengan prinsip dasar motor yang mengunakan kumparan yang berputar. Kecepatan motor DC mempunyai selang kecepatan yang lebar yaitu antara kecepatan awal putaran per menit hingga beberapa putaran maksimal. Karena putaran motor tergantung pada tegangan yang diberikan pada motor tersebut, maka dalam sistem kontrol motor DC memang yang paling mudah dikendalikan dibanding dengan motor AC. Jadi , salah satu kelebihan dari motor DC yaitu kecepatan kerja dari motor DC mudah diatu r dalam suatu rentang kecepatan yang lebar atau pengaturan yang teliti pada keluaran motornya.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PERANCANGAN POWERTRAIN PADA SEGWAY Suyanto Dharma

PERANCANGAN POWERTRAIN PADA SEGWAY Suyanto Dharma

Cara kerja sistem electric power steering adalah ketika Segway dinyalakan, control module memperoleh arus listrik untuk kondisi standby, bersamaan indikator EPS pada panel instrumen akan nyala. Saat mesin hidup, noise suppressor akan menginformasikan pada control module untuk mengaktifkan motor listrik dan clutch akan menghubungkan motor dengan batang setir. Salah satu sensor yang terletak pada steering rack bertugas memberi informasi pada control module ketika setir mulai dimiringkan yang dinamakan torque sensor, alat ini akan memberikan informasi kepada control module sejauh mana setir dimiringkan dan seberapa cepat putarannya. Dengan informasi tersebut control module akan mengirimkan arus listrik sesuai kebutuhan motor listrik untuk mengatur kecepatan dan arah putaran motor [8].
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGONTROLAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI PADA MESIN CUCI MENGGUNAKAN INVERTER BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535 CONTROLLING ON INDUCTION MOTOR SPEED OF WASHING MACHINE USE INVERTER BASED ON MICROCONTROLLER ATMEGA 8535

PENGONTROLAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI PADA MESIN CUCI MENGGUNAKAN INVERTER BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535 CONTROLLING ON INDUCTION MOTOR SPEED OF WASHING MACHINE USE INVERTER BASED ON MICROCONTROLLER ATMEGA 8535

Dewasa ini, pengunaan mesin cuci adalah hal yang wajib di setiap rumah tinggal. Mesin cuci yang digunakan di rumah tinggal saat menyala besar kecepatan putaran motor induksi pada mesin cuci langsung menjadi tinggi sehingga mengakibatkan biaya untuk membayar listrik menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini penulis akan membuat besar putaran kecepatan motor induksi pada mesin cuci pertama – tama kecil terlebih dahulu kemudian naik secara bertahap sehingga biaya listrik menjadi lebih murah.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects