Question Student Have (QSH)

Top PDF Question Student Have (QSH):

PENDAHULUAN  Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.

PENDAHULUAN Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.

Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut “ Bagaimanakah Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi

6 Baca lebih lajut

Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Konsep Gerak dengan Strategi Pembelajaran Question Student Have

Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Konsep Gerak dengan Strategi Pembelajaran Question Student Have

Analisis pertanyaan berdasarkan kuantitas siswa dilakukan dengan menghitung jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan secara lisan dan tertulis. Setelah dilakukannya penelitian dalam tiga kali pertemuan, didapatkan bahwa jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan secara lisan yaitu 23 orang (56,10%) dan secara tertulis sebanyak 41 orang (100%). Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa persentase jumlah siswa yang bertanya sudah di atas 50% atau setengah dari jumlah siswa sudah mampu mengajukan pertanyaan secara lisan dan tertulis. Hal ini membuktikan bahwa penggunakan strategi pembelajaran, yaitu strategi Question Student Have (QSH) dapat menstimulus siswa untuk bertanya baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Khasanah, dkk. yang menyatakan bahwa hasil analisis aktivitas siswa kelas eksperimen (menggunakan strategi QSH) pada setiap aspeknya menunjukkan bahwa 62,29% siswa aktif membuat, menulis dan menempel pertanyaan di papan tulis. 4
Baca lebih lanjut

274 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Question Student Have Pada Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.

PENDAHULUAN Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Question Student Have Pada Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.

Pada umumnya guru mengajar masih bersifat monoton yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centre) sehingga situasi belajarnya terpusat pada guru. Selain itu strategi yang digunakan tidak bervariasi (kurang menarik) sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dirasakan kurang tepat dan kurang menarik. Hal ini menyebabkan siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam mengajar atau tergolong siswa yang pasif dan hanya sebagai pendengar. Dalam proses belajar mengajar di kelas juga terlihat siswa tidak bersemangat dan siswa merasa bosan karena tidak dilibatkan dalam proses belajar mengajar. Hal ini juga menyebabkan siswa malu dan kurang percaya diri untuk mengemukakan pendapatnya. Untuk itu perlu diupayakan suatu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa agar menjadi lebih aktif dalam belajar. Salah satunya adalah Learning Start with a Question (LSQ) dan Question Student Have (QSH).
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE  Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Question Student Have (Ptk Pembelajaran Kelas Vii B Smp Karya Toroh).

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Question Student Have (Ptk Pembelajaran Kelas Vii B Smp Karya Toroh).

ini bertujuan untuk mengetahui adanya perilaku tindak belajar matematika siswa yaitu peningkatan pemahaman konsep matematika. Sedangkan metode bantu yang digunakan adalah (1) catatan lapangan digunakan untuk mengamati peristiwa yang terjadi pada saat penelitian yang digunakan sebagai catatan, dan (2) metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekolah dan identitas siswa antara lain seperti nama siswa, nomor induk siswa dengan melihat dokumen yang ada dalam sekolah serta foto-foto atau gambar yang diperoleh selama penelitian. Selanjutnya strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) yang telah dikembangkan, kemudian diaplikasikan pada pembelajaran garis dan sudut pada siswa kelas VII B SMP Karya Toroh dengan melibatkan guru mata pelajaran matematika .
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE  Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Question Student Have (Ptk Pembelajaran Kelas Vii B Smp Karya Toroh).

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Question Student Have (Ptk Pembelajaran Kelas Vii B Smp Karya Toroh).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VII B SMP Karya Toroh melalui metode Question Student Have (QSH). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Karya Toroh yang berjumlah 22 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMP Karya Toroh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep pada pokok bahasan garis dan sudut. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan siswa dalam menanggapi pertanyaan sebelum tindakan 18,18% dan meningkat menjadi 54,54%, (2) kemauan siswa dalam mengerjakan soal sebelum tindakan 54,54% setelah tindakan 86,36%, dan (3) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep sesuai materi ajar sebelum tindakan 18,18% setelah tindakan 63,63%. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas VII B SMP Karya Toroh.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION  Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Question Student Have Pada Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Question Student Have Pada Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VIII menggunakan strategi pembelajaran Learning Start with a Question dan Question Studen Have pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Hasil belajar siswa pada penelitian ini ditekankan pada perbedaan hasil belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran menggunakan strategi LSQ ) , VIIIB sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran dengan strategi QSH ) dan VIIIG sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Nilail rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi LSQ (71,50), QSH (71,50), dan kontrol (65,83) Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif yaitu analisis yang banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari penafsiran terhadap data, serta hasil belajar. Penelitian ini menggunakan uji analasis variansi satu jalan ( One Way Anova ) dan diperoleh nilai probabilitas yang sebelumnya menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas pada penelitian ini berdistribusi normal karena signifikansi dari penelitian ini lebih besar dari alpha (0,05), yaitu LSQ (0,200), QSH (0,085), kontrol (0,69), sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh sampel yang berasal dari populasi yang sama atau homogen, Hasil analisis data menggunakan Anova diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar biologi menggunakan strategi Learning Start with a Question dan Question Student Have pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia terdapat perbedaan yang signifikan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia melalui Strategi Question Student Have Di SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas.

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia melalui Strategi Question Student Have Di SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas.

Sebanyak 91% siswa lebih mudah memahami materi sistem reproduksi manusia melalui strategi Question Student Have sedangkan sebanyak 9% siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Hal ini kemungkinan disebabkan karena siswa kurang aktif terbiasa dengan keadaan santai dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Alternatif pemecahan yang dilakukan adalah lebih meningkatkan perhatian kepada siswa yang kurang cepat menerima pelajaran. Sesuai pendapat Dimyati (1994) bahwa perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai aktivitas yang dilakukan. Sebanyak 95% siswa dapat meningkatkan keaktifan selama mengikuti pembelajaran, karena strategi Question Student Have menuntut siswa untuk aktif bertanya, mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan dalam menyelesaikan permasalahan yang belum dimengerti.
Baca lebih lanjut

49 Baca lebih lajut

PENGARUH METODE QUESTION STUDENT HAVE BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VIII SMP

PENGARUH METODE QUESTION STUDENT HAVE BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VIII SMP

Materi gerak pada tumbuhan sebaiknya disajikan semenarik mungkin sehingga rasa ingin tahu siswa terhadap materi tersebut dapat meningkat dan tentunya berpengaruh terhadap hasil belajar mereka. Penerapan metode pembelajaran aktif seperti Question Student Have apabila dipadukan dengan media pembelajaran yang tepat akan menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan menyenangkan. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media animasi. Menurut Neo dan Neo (dalam Munir, 2013: 18), mendefinisikan animasi sebagai suatu teknologi yang dapat menjadikan gambar yang diam menjadi bergerak, kelihatan seolah-olah gambar tersebut hidup dan dapat bergerak. Kelebihan media animasi salah satunya yaitu dapat menjelaskan suatu kejadian secara sistematis dalam tiap waktu perubahannya (Arifin, 2013: 6). Menurut Munir (2013: 318), salah satu manfaat media animasi yaitu dapat menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkrit.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN  SISWA MELALUI PENERAPAN  STRATEGI  QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN IPS  Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Juwir

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN IPS Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Juwir

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap guru, 2) Siswa Turut dalam melaksanakan tugas belajarnya 3), Siswa bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalanyang dihadapinya, 4) Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapinya, 5) Siswa melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru . Hal ini berarti penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran ekonomi, peningkatn keaktifan belajar siswa pada akhir siklus I 50,55%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 76,11%.Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar siswa melebihi indikator keberhasiln yakni 75%.Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapenerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Question Student Have (Ptk Pembelajaran Kelas Vii B Smp Karya Toroh).

PENDAHULUAN Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Question Student Have (Ptk Pembelajaran Kelas Vii B Smp Karya Toroh).

Berdasarkan permasalahan yang muncul dalam penelitian ini, tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian tindakan kelas adalah penggunaan metode Question Student Have dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIIB SMP Karya Toroh.

6 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH), MEDIA INTERAKTIF EKOSISTEM, DAN KOMBINASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH), MEDIA INTERAKTIF EKOSISTEM, DAN KOMBINASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

NO Pernyataan 2 1 0 8 Strategi Question Student Have meningkatkan kualitas pertanyaan 9 Kegiatan – kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran melatih sikap kerjasama siswa dengan teman[r]

156 Baca lebih lajut

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN  SISWA MELALUI PENERAPANSTRATEGI  QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN IPS  Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Juwirin

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPANSTRATEGI QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN IPS Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Juwirin

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap guru, 2) Siswa Turut dalam melaksanakan tugas belajarnya 3), Siswa bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalanyang dihadapinya, 4) Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapinya, 5) Siswa melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru . Hal ini berarti penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran ekonomi, peningkatn keaktifan belajar siswa pada akhir siklus I 50,55%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 76,11%.Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar siswa melebihi indikator keberhasiln yakni 75%.Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapenerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011.

PENDAHULUAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011.

Dari berbagai macam strategi pembelajaran yang ada. Menurut Hisyam Zaini (2004: 1) menyatakan bahwa Question Student Have Strategy (pertanyaan dari siswa) merupakan teknik yang mudah dilakukan dan dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan serta harapan siswa. Teknik ini menggunakan elastisitas dalam memperoleh partisipasi siswa secara tertulis.

7 Baca lebih lajut

PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PEMBANGUNAN GALANG 1 TAHUN AJARAN 2011/2012.

PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PEMBANGUNAN GALANG 1 TAHUN AJARAN 2011/2012.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Pembangunan Galang 1 di Jl. Pendidikan Gg. SPG Lingkungan VII Galang, Deli Serdang tahun pembelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dan Beach Ball Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).

30 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA N 1 SANDEN BANTUL YOGYAKARTA DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE.

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA N 1 SANDEN BANTUL YOGYAKARTA DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE.

SMA N 1 Prambanan Klaten. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan skor dari pre-test ke pos-test. Kelas eksperimen yang diajar dengan teknik Herringbone mengalami peningkatan sebesar 3,58 sedangkan kelas kontrol yang diajar tanpa teknik Herringbone mengalami peningkatan sebesar 2,9. Persaamaan dalam skripsi ini dengan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti, yaitu sama-sama membuat pertanyaan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan pemahaman membaca dalam keterampilan membaca. Sedangkan perbedaan skripsi ini dengan penelitian yang akan peneliti lakukan, yaitu pada metode herringbone siswa dituntut membuat pertanyaan yang sudah ditentukan kata tanyanya sedangkan pada metode question student have siswa dituntut untuk membuat pertanyaan secara mandiri mengenai materi yang telah dipelajari. Kemudian pada skripsi ini menggunakan quasi experiment sedangkan pada penelitian yang akan dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas.
Baca lebih lanjut

264 Baca lebih lajut

PERBANDINGAN PEMBELAJARAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DENGAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN  Perbandingan Pembelajaran Strategi Question Student Have Dengan Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Po

PERBANDINGAN PEMBELAJARAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DENGAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN Perbandingan Pembelajaran Strategi Question Student Have Dengan Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Po

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Question Student Have dan strategi Learning Starts With A Question siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X2, X5 dan X6 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Penelitian ini membandingkan hasil belajar siswa dari penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dengan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penilaian ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada penerapan strategi pembelajaran Question Student Have (aspek kognitif 82,19 dan aspek afektif 11,42), nilai Learning Starts With A Question (aspek kognitif 76,25 dan aspek afektif 9,72), nilai konvensional (aspek kognitif 66,89 dan aspek afektif 7,39). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan strategi Question Student Have dan strategi Learning Starts With A Question. Question Student Have lebih baik daripada strategi Learning Starts With A Question dan strategi Learning Starts With A Question lebih baik daripada strategi Konvensional.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA  PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS XI TO 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 S

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS XI TO 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 S

Alhamdulillah, segala puji dan syukur dipanjatkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga dapat menyelesaikan penelitian dan penyusunan skripsi dengan judul “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS XI TO 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011”.

16 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Matematika (PTK Kelas VIIB MTs Al-Ishlah Pulokulon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013).

PENDAHULUAN Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Matematika (PTK Kelas VIIB MTs Al-Ishlah Pulokulon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013).

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan pada tingkat teoritis, kepada pembaca dan guru dalam meningkatkan keaktifan terhadap mata pelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Question Student Have.

7 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA   PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011.

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VB SD Negeri Gemolong 4 yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif mengajukan pertanyaan pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar 36,36 %, di akhir putaran mencapai 54,54 %, 2) aktif menjawab pertanyaan dari guru pada putaran I sebesar 13,63 %, pada putaran II sebesar 27,27 %, di akhir putaran mencapai 47,62 %, serta 3) nilai hasil belajar meningkat atau nilai > 70 pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar 31,82 %, di akhir putaran mencapai 61,90 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa pada putaran I mencapai daya serap 09,10 %, pada putaran II mencapai daya serap 31,82 % sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 61,90 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Question Student Have dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA  Implementasi Question Student Have Strategy Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Di Sd Negeri 2 Serenan Tahun Ajaran 2

IMPLEMENTASI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA Implementasi Question Student Have Strategy Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Di Sd Negeri 2 Serenan Tahun Ajaran 2

Student Have Strategy merupakan solusi yang tepat dengan materi ajar yang akan diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa terhadap mata pelajarann IPA. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi Question Student Have strategy strategi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...